11 Daerah Wisata Di Korea Selatan Yang Populer Seiring Demam K-Pop

Seiring Demam K-Pop melanda dunia, Tempat wisata di Korea Selatan juga menjadi mempunyai daerah tersendiri di hati kalangan pelancong seluruh dunia. Meski Korea Selatan lebih kecil dibanding Korea Utara, namun negara ini memiliki bermacam-macam destinasi. Mulai dari keindahan alam, wisata budaya, sampai Belanja dan masakan.

Seiring Demam K-Pop melanda dunia, Tempat wisata di Korea Selatan juga menjadi memiliki tempat tersendiri di hati kalangan pelancong seluruh dunia
Tempat Wisata di Korea Selatan. Image via: touropia.com

Sekilas Soal Korea Selatan

Luas Korea Selatan ialah 100.339 km2 lebih kecil dibanding Korea Utara. Keadaan topografinya sebagian besar berbukit dan tidak rata. Pegunungan di wilayah timur umumnya menjadi hulu sungai-sungai besar, mirip sungai Han dan sungai Naktong.

Korea memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik. Negara ini termasuk negara maju yang mempunyai infrastruktur jaringan kereta api bawah tanah. Khususnya di Seoul mempunyai jaringan kereta bawah tanah terpanjang di dunia adalah 508 kilometer.

Korea Selatan yang memiliki mata uang Won. Penukaran mampu dilakukan di Money Changer. Namun bila selama di Korea kehabisan uang Won, pengunjung asal Indoensia mampu mengambil uang di ATM yang berlogo Indonesia (mastercard, visa, atau cirrus).

Iklim Korea selatan dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia dan memiliki 4 demam isu. Di Korea Selatan Musim Dingin biasanya terjadi pada Desember sampai Februari, dengan suhu paling rendah pada Januari yang mencapai minus 3 hingga 6 derajat Celcius.

11 Tempat Wisata di Korea Selatan

  1. Gyeongbokgung Palace

Istana tempat wisata di Korea Selatan yang sudah dibangun sejak tahun 1395 ini merupakan istana utama Dinasti Joseon.
Gyeongbokgung Palace. Image via: lonelyplanet.com

Simak juga: tempat wisata di Perth

Gyeongbokgung Palace atau Istana Gyeongbokgung. Istana yang sudah dibangun sejak tahun 1395 ini merupakan istana utama Dinasti Joseon. Nuansa kerajaan yang megah di daerah wisata di Korea Selatan ini sangat terasa. Selain bangunan istana yang luas, ada penjaga istana dengan pakaian khas era Dinasti Joseon

Jam buka istana ini berbeda-beda. Bulan November hingga Februari buka jam 9 pagi sampai 5 sore. Bulan Maret hingga Mei buka jam 9 pagi hingga 6 sore. Bulan Juni sampai Agustus buka jam 9 pagi sampai 6.30 sore. Sedangkan bulan September sampai Oktober buka jam 9 pagi sampai 6 sore.  Selasa Tutup.

Saat berkunjung ke daerah wisata di Korea Selatan ini ada beberapa jenis biaya yang harus dibayar. Pengunjung internasional belum dewasa yang berusia 7 hingga 18 tahun cukup membayar 1.500 won, sedangkan orang sampaumur usia 19-64 tahun wajib membayar 3.000 won.

Yang Unik dari kawasan wisata di Korea Selatan ini, jika pengunjung memakai Hanbok atau pakaian tradisional Korea. pengunjung dari segala usia dan daerah akan bebas dari biaya masuk.

  1. Changdeokgung Palace

Keistimewaan arsitektur istana tempat wisata diKorea Selatan ini adalah karena berhasil memadukan elemen-elemen arsitektur era tiga kerajaan yakni Kerajaan Goguryeo, Baekje dan Silla yang harmonis dengan alam.
Changdeokgung Palace. Image via: koreatimes.co.kr

Changdeokgung atau Istana Changdeok adalah istana megah peninggalan pemerintahan Raja Taejo yang paling terawat sampai sekarang. Tempat wisata di Korea Selatan ini didesain dengan begitu indah dan detail. Istana terdiri dari 3 bagian, ialah area publik, Area keluarga raja dan taman belakang yang luas.

Keistimewaan arsitektur istana ini yaitu alasannya berhasil memadukan elemen-elemen arsitektur kala tiga kerajaan adalah Kerajaan Goguryeo, Baekje dan Silla yang serasi dengan alam. Setiap elemen arsitektur yang akan Anda temui disini menyimpan aneka makna yang sarat dengan nilai-nilai filosofis.

Elemen pertama yang akan pengunjung lihat adalah Gerbang Donhwa yang merupakan gerbang utama Istana Changdeok yang berarti “Gerbang Transformasi Kebenaran”. Gerbang ini memiliki 5 lorong namun hanya 3 koridor yang mampu dilewati oleh pengunjung.

Jam buka Changdeokgung Palace berbeda-beda setiap animo. Bulan Februari hingga Mei dan September sampai Oktober, buka jam 09.00 hingga 18.00. Bulan Juni sampai Agustus, buka jam 09.00 hingga 18.30. Sedangkan pada November hingga Januari, buka dari jam 09.00 sampai 17.30.

Harga tiket masuk Changdeokgung Palace cukup umur seharga  3.000 won, sedangkan anak anak membayar 1.500 won.

  1. Pulau Jeju

Di tempat wisata di Korea Selatan Jeju ini, pengunjung dapat menemukan tempat-tempat menarik seperti kuil, museum, restaurant, tempat belanja.
Pulau Jeju. Image via: scmp.com

Simak juga: daerah wisata di Canberra

Jeju terletak di bab selatan Korea Selatan. Jeju, yang juga sering disebut sebagai Cheju. Pulau ini berada di lepas pantai dari pulau utama Korea Selatan. Namun mirip halnya Korea Selatan, Jeju juga masih menyimpan keramah-tamahan modern dan dilengkapi dengan layanan bandara internasional.

Di daerah wisata di Korea Selatan Jeju ini, pengunjung mampu menemukan daerah-kawasan menarik mirip kuil, museum, restaurant, kawasan belanja, kawasan-daerah untuk travelling dan menikmati petualangan, dan wilayah-wilayah lain yang belum terjelajahi.

Objek-objek wisata yang ada di pulau daerah wisata di Korea Selatan ini menunjukkan kesenangan bagi para pelancong untuk memanjakan diri sendiri. Pemandangan alam yang luar biasa indah – mulai dari pantai, riam dan puncak tertinggi – ialah daya tarik utama dari pulau ini.

Dari puncak Halla-San, pengunjung mampu menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan dikala matahari terbit dan karam. Jika bersemangat untuk ber hiking, ada cukup banyak area untuk trekking yang mampu pengunjung nikmati.

Pengalaman berpetualang akan digenapi dengan makanan-makan yummy yang ditawarkan oleh restauran-restauran dan warung-warung di pulau ini. Masakan Jeju disebut-sebut terus berkembang selama ratusan tahun akhir pengaruh dari Jepang dan juga Cina.

  1. The demilitarized zone

Sebagai salah satu peninggalan sejarah dari Perang Dingin, kawasan The Demilitarized Zone menjadi salah satu tempat wisata di Korea Selatan
President Trump di The demilitarized zone. Image via: wionews.com

Sebagai salah satu peninggalan sejarah dari Perang Dingin, tempat The Demilitarized Zone menjadi salah satu destinasi wisata para pengunjung manca negara. Terlepas dari penjagaan yang ketat, tempat wisata ini banyak direkomendasikan sebab keunikannya yang membantu memahami konflik yang terjadi di Korea.

Kunjungan ke kawasan wisata di Korea Selatan ini, biasanya memperlihatkan pemandangan alam yang indah dan wisata sejarah. Pengunjung mampu singgah ke menara pandang atau ke salah satu terowongan. Ada juga Panmunjeom, area keamanan bersama yang sering dijadikan sebagai tempat melakukan negosiasi.

Ketika berkunjung ke ruang konferensi di JSA, jangan menyentuh barang apa pun. Jangan berbicara atau menciptakan gerakan yang ditujukan kepada pihak lawan, alasannya adalah akan memicu respon berupa tembakan atau ancaman.

Pengunjung harus mengenakan pakaian resmi, sebab jeans, kemeja tanpa lengan, sandal, rok mini dan celana pendek tidak diperbolehkan dipakai di area ini. Ini untuk menghormati para tentara.

Yang seram dari kunjungan ke daerah wisata di Korea Selatan ini ialah, pengunjung harus menandatangani surat pernyataan kesediaan diri menerima resiko apa pun, termasuk luka bahkan akhir hayat kalau terjadi konflik selama waku kunjungan.

  1. Bulguksa Temple

Kuil tempat wisata di Korea Selatan ini  menggambarkan tempat tinggal duniawi dan surgawi.
Bulguksa Temple. Image via: localguidesconnect.com

SImak juga: kawasan wisata di New South Wales

Bulguksa, kuil dari Sang Budha yang ada di bumi, terletak di Gyeongju di tengah lereng Gunung Tohamsan. Pebangunannya berlangsung di bawah pengawasan Perdana Menteri Kim Dae-seong pada tahun 751, pada jaman Raja Gyeongdeok berkuasa di Kerajaan Silla.

Kuil tempat wisata di Korea Selatan ini  menggambarkan daerah tinggal duniawi dan surgawi. Dunia duniawi ditandai dengan patung Budha dalam posisi Lotus Sutra. Surga yang diatur oleh Amithaba Budha digambarkan dalam buku Hidup yang Konstan.

Seokgatap dan Dabotap yaitu dua bangunan yang paling menarik perhatian alasannya gaya arsitektur. Keduanya ditujukan untuk menghormati Shakyamuni Budha dan Prabhutaratna, Sang Budha bagi Harta yang melimpah. Kedua pagoda ini menggambarkan Sang Budha tinggal di dalam kuil.

Pada bagian timur lereng Gunung Tohamsan, terselip Seokguram Grotto, sebuah pertapaan di Bulguksa yang lalu diketahui juga dibangun oleh Dae-seong.  Tempat suci dari kerikil granit ini menambah cita rasa religious di daerah ini.

Tempat wisata di Korea Selatan ini terbuka untuk pengunjuk mulai pukul 07.00 – 18.00 setiap hari. Untuk biaya masuknya, Dewasa sebesar 3.000 Won, cukup umur  sebesar 2.000 won, anak-anak 1.500 Won,  dan untuk anak di bawah 7 tahun Gratis.

  1. Namiseom Island

Pulau tempat wisata di Korea Selatan ini menawarkan berbagai pemandangan dan suasana indah alamnya yang begitu romantis.
Namiseom Island. Image via: viator.com

Nami Island yaitu salah satu pulau kecil yang sangat terkenal di Korea Selatan. Pulau ini berhasil menjadi salah satu destinasi favorit di Korea Selatan berkat aneka macam drama Korea yang berlokasi shooting di sini.

Pulau tempat wisata di Korea Selatan ini memberikan aneka macam pemandangan dan suasana indah alamnya yang begitu romantis. Terdapat jejerang pohon-pohon besar yang dijamin menciptakan perjalanan wisatawan terasa menyenangkan.

Aktivitas rekomendasi di sini ialah menyewa sepeda untuk berkeliling dan mengeksplor Nami Island. Selain bersepeda masih banyak kegiatan seru lainnya di kawasan wisata di Korea Selatan ini. Pengunjung mampu mengunjungi beberapa ruangan ekspo yang menarik.

Sering pula ada pertunjukkan lokal di berbagai panggung. Berbagai taman yang indahpun menunggu untuk dikunjungi. Bagi yang suka wisata budaya, terdapat aneka macam workshop menarik. Bahkan kadang ada seminar yang dilaksanakan di sana.

Yang unik di pulau ini ada berbagai patung menarik yang pastinya keren untuk difoto. Salah satu yang paling populer ialah patung 2 tokoh utama Winter Sonata.

Biaya masuk ke Nami Island yaitu 10.000 won untuk orang remaja.

  1. Huwon Secret Garden

Taman tempat wisata di Korea Selatan yang dibangun saat Raja Taejong berkuasa pada awalnya dikhususkan untuk keluarga kerajaan dan para perempuan Istana.
Huwon Secret Garden. Image via: greatruns.com

Simak juga: kawasan wisata di Melbourne

Huwon, sejatinya berarti Taman Belakang, mengambil lahan seluas 32 hektar di belakang Istana Changdeokgung dan Istana Changgyeonggung yang berada disisinya. Taman yang dibangun saat Raja Taejong berkuasa pada awalnya dikhususkan untuk keluarga kerajaan dan para perempuan Istana.

Setiap pondok kecil, kawasan-tetirah, bak teratai dan pepohonan yang berjumlah 26.000 spesies, sepertinya hanya mampu berdiam diri selama ratusan tahun menyimpan diam-diam para manusia yang pernah hidup di dekatnya.

Gerbang masuk Huwon kawasan wisata di korea selatan the Secret Garden yang berada di belakang Istana Changdeokgung. Peraturan sangat ketat untuk Huwon, tak seorangpun diperkenankan memasuki tempat Huwon kalau tidak dalam rombongan yang mempunyai pemandu resmi.

Melewati gerbang Hamnyangmun, pengunjung mampu berjalan pelan sambil mengabadikan Huwon yang dikenal sebagai tempat istirahat raja-raja Dinasti Joseon dengan tamannya yang memiliki pohon raksasa berusia ratusan tahun. Sambil melangkah, mata dan jiwa rasanya sangat dimanjakan oleh pemandangan dedaunan yang sedang berganti warna, rasanya mirip sedang melangkah di negeri cerita.

Jam Buka kawasan wisata di korea selatan ini,  Februari –Mei dan September-Okttober jam 09:00-18:00. Juni-Agustus jam 09:00-18:30. November-Januari jam 09:00-17:30. Harga Tiket Dewasa 3.000 won dana nak anak 1.500 won.

  1. Hwaseong Fortress

Benteng kokoh tempat wisata di Korea Selatan ini membentang sepanjang 5,52 km dan memiliki fasilitas militer yang beragam.
Hwaseong Fortress. Image via: whc.unesco.org

Hwaseong Fortress yang merupakan milik istana Haeng Gung ini dibangun untuk menjadi kediaman sementara raja di luar istana utama yang berada di Ibukota. Selain itu, benteng ini juga menjadi semacam ibukota kedua dari Dinasti Joseon.

Benteng kokoh daerah wisata di Korea Selatan ini membentang sepanjang 5,52 km dan mempunyai fasilitas militer yang bermacam-macam. Empat gerbang benteng Hwanseong menghadap ke setiap mata angin mirip pintu janganmun yang menghadap ke utara, paldalmun mengarah ke Selatan, changnyongmun ke arah Timur dan hwaseomun menghadap ke Barat.

Pengunjung dapat naik ke benteng dari pintu manapun. Pengunjung akan melihat panorama kota Suwon dari atas. Ini ialah salah satu sudut yang paling baik untuk melihat keseluruhan pemandangan kota. Benteng Hwaseong juga pernah menjadi lokasi syuting drama Daejanggeum.

Pengunjung daerah wisata di Korea Selatan ini bahkan dapat mencoba olahraga panahan tradisional Korea. Jika tiba pada hari Minggu di bulan Mei hingga November, pengunjung mampu menyaksikan upacara militer tradisional yang dilakukan oleh tentara-tentara berkostum.

Pada ekspresi dominan panas benteng buka jam 09.00-18.00. Pada isu terkini hambar buka jam 09.00-17.00. Untuk pengunjung akil balig cukup akal membayar tiket 1.000 Won, cukup umur 700 Won dan 500 Won untuk belum dewasa.

  1. Hallasan National Park

Hallasan National Park menjadi salah satu alternatif tempat wisata di korea selatan di area Pulau Jeju yang terkenal itu
Hallasan National Park. Image via: visualizepicture.com

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Hallasan National Park menjadi salah satu alternatif wisata di Pulau Jeju yang terkenal itu. Hallasan merupakan sebuah gunung vulkanik muda kurun Kenozoikum keempat. Gunung ini berada pada ketinggian sekitar 1.950 di atas permukaan bahari. Karea ketinggiannya pulalah, gunung ini memecahkan rekor sebagai gunung tertinggi di Korea.

Uniknya kawasan wisata di Korea Selatan ini yaitu akan berubah warna sesuai dengan vegetasi flora yang sedang tumbuh subur sesuai ekspresi dominan. Berbagai keunikan memebuat pada tanggal 24 Maret 1970 tempat ini ditetapkan sebagai Taman Nasional

Hallasan mempunyai pemandangan unik berupa ratusan oreums, sebutan untuk parasitic cone volcanoes yang terbentuk banyak sekali titik. Dengan lebih dari 360 oreums dan keanekaragaman vegetasinya, gunung ini membentuk lanskap yang spektakuler lengkap dengan pemandangan alam yang bagus.

Seperti kebanyakan gunung lainnya, Gunung Hallasan juga menunjukkan wisata alam yang menarik, salah satunya ialah trekking. Ada beberapa jalur trekking yang dibuka di kawasan kawasan wisata di Korea Selatan ini. Salah satu yang terpopuler Eorimok Trail. Trekking melalui Eorimok Trail menempuh jarak sekitar 6,8 kilometer dengan jarak tempuh normal sekitar tiga jam.

  1. Seoraksan National Park

tiga hal paling menarik dari tempat wisata di Korea Selatan ini. Yakni bentukan batu granit yang memesona, keindahan alam musim gugur dan air terjun yang berada di kawasan ini.
Seoraksan National Park. Image via: flickr.com

Soeraksan adalah gunung tertinggi ke-3 di Korea Selatan sehabis Gunung Halla di Jeju dan Gunung Giri di Gyeongsang Selatan. Selain sebagai tempat wisata, oleh Unesco Soeraksan ditasbihkan sebagai daerah pelestarian Biosfer.

Ada tiga hal paling menarik dari tempat wisata di Korea Selatan ini. Yakni bentukan batu granit yang memesona, keindahan alam ekspresi dominan gugur dan teladas yang berada di kawasan ini.

Batu granit di Soeraksan tampak mirip ditata dengan indah. Inilah daya tarik yang menciptakan pengunjung daris leuruh dunia berdatangan ke kawasan wisata di Korea Selatan ini. Walaupun bertitel pegunungan, namun jalur pendakian tidak terlalu tajam dan sudah terbangun trek khusus untuk pengunjung.

Jika berkunjung pada animo gugur, pengunjung daerah wisata di Korea Selatan ini akan menerima suplemen keindahan. Aneka dedaunan tidak hanya berwarna hijau namun juga merah dan kuning. Berterbangan disela dinginnya cuaca Seoraksan yang bisa sampai 12 derajat celcius.

Daya tarik ketiga adalah jeram Bieryeong. Kendati tidak menjulang tinggi, namun riam Bieryeong sangat indah. Didampingin aneka pepohonan serta cuaca yang mendukung, gemiricik air Bieryeong betul-betul menyegarkan.

  1. Myeongdong

tempat wisata di Korea Selatan ini banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang dengan harga sedang sampai mahal dari produksi dalam negeri maupun internasional.
Myeongdong. Image via: myeongdong-guesthouse.com

Simak juga: daerah wisata di Australia

Myeongdong yakni salah satu distrik belanja Seoul yang terbesar, banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang dengan harga sedang hingga mahal dari produksi dalam negeri maupun internasional.

Outlet kosmetik Korea yang terkenal mirip Etude dan Face Shop juga tersebar di kawasan wisata di Korea Selatan ini. Berbagai restoran fast food internasional seperti McDonald dan KFC mampu ditemukan di Myeongdong.

Ketika berbelanja di Myeongdong, jangan lupa untuk meminta Tax Free di counter. Jika membeli barang dalam jumlah banyak terutama barang-barang mahal, jika tidak meminta Tax Free akan dikenakan pajak yang tinggi. Tentu hal ini akan merugikan kau ketika berbelanja di Korea.

Ketika berada di Myeongdong semua toko selalu memperlihatkan barang gratis atau sampel. Pengunjung boleh menolaknya, akan tetapi sangat sayang tentu saja kalau kau menolak barang gratis tersebut. Pasalnya barang atau sampel yang ditawarkan benar-benar gres dan belum pernah dipakai.

Tidak ada salahnya untuk mencoba street food di tempat wisata di Korea Selatan ini. Harganya jauh lebih murah dan rasanya tidak kalah nikmat dengan restoran di tempat wisata tersebut.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni