11 Daerah Wisata Di London, The Smoke City Yang Justru Cemerlang

Tempat wisata di London ber-spektrum cukup luas. Mulai dari istana kuno yang masih aktif, gereja kuno nan megah, sampai pasar Barang Antik. Walau di Masa awal industrialisasi, kota ini berjuluk The Smoke, tapi sekarang malah berubah derastis. Menjadi kota indah cemerlang dengan kualitas udara yang sangat sehat.

Tempat wisata di London ber-spektrum cukup luas. Mulai dari istana kuno yang masih aktif, gereja kuno nan megah, hingga pasar Barang Antik.
Tempat Wisata di London. Image via: holidaytracker.nu

Simak juga: kawasan wisata di Inggris

Sekilas Soal London

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya, merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya dan juga zona perkotaan terluasdi Uni Eropa. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama dua milenium sejak didirikan oleh Romawi pada kala ke-1 dengan nama Londinium.

Kota London di penuhi dengan gedung gedung bau tanah yang masih sangat terawat dan masih di gunakan. Seperti banyaknya istana istana besar yang masih bangun megah di kota London. Rumah rumah bau tanah jaman victoria yang di renovasi berkali kali dan masih di gunakan untuk kawasan tinggal.

London berada di tenggara Kerajaan dan cenderung lebih hangat dan jarang ada hujan salju. Kadang ada namun tidak banyak. Memiliki curah hujan yang banyak namun ringan dan acuh taacuh. Langit  hampir selalu gelap dan gray all year kecuali animo panas.

Berbagai macam transportasi yang mampu di gunakan ketika di berada di London. Seperti, kereta (Tube), Bus, Black Cab ( Taxi ), Tram. Tetapi Tram hanya berada di beberapa daerah saja. Perlu di ketahui bahwa di Bus tidak memakai cash melainkan hanya memakai Oyster Card.

11 Tempat Wisata di London

  1. Tower Bridge

Tempat wisata di London  Tower Bridge adalah situs warisan dunia berukuran panjang 244m dan tinggi 65m.
Tower Bridge. Image via: medium.com

Simak juga: tempat wisata di Jerman

Tempat wisata di London  Tower Bridge yaitu situs warisan dunia berukuran panjang 244m dan tinggi 65m. Bersama dengan Big Ben dan Buckingham Palace, Tower Bridge adalah salah satu dari tiga ikon utama kota London.

Jembatan dengan gaya arsitektur khas Victoria tersebut menopang sebuah jalan raya yang melintasi Sungai Thames untuk lebih dari 40.000 orang per hari, baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan. Saat ini tercatat bahwa Tower Bridge dikunjungi lebih dari 600.000 orang per tahun.

Tower Bridge yang dibangun dalam kala waktu 8 tahun, diresmikan oleh Pangeran Wales Edward VII tahun 1894. Saat itu London sedang berkembang pesat ke arah timur menuju Pool of London dan membutuhkan penyeberangan baru sebagai alternatif dari London Bridge.

Jembatan tempat wisata di London ini berat lebih 1.000 ton, dapat dibuka kurang dari 5 menit dengan menggunakan sistem hidrolik untuk dilewati kapal besar. Di atas menaranya terletak dua jalan setapak dengan lantai kaca.

Pengunjung kawasan wisata di London ini dikenakan tiket masuk GBP 9 untuk cukup umur dan GBP 3.90 untuk bawah umur. Tower Bridge buka setiap hari dari jam setengah 10 sampai 5 sore.

  1. Big Ben

Hal yang menarik dari menara jam tempat wisata di London ini adalah ketepatan waktu yang sangat bisa dihandalkan
Big Ben. Image via: turismocuatro.com

Menara jam Big Ben terletak di Gedung Parlemen di Westminser, London, Inggris Raya. Ia merupakan menara jam terbesar kedua di dunia sesudah Royal Clock Tower di Mekkah. ‘Big Ben’ bahu-membahu nama lonceng di dalam menara yang beratnya lebih dari 13 ton. Menaranya sendiri bernama Menara Santo Stephen.

Hal yang menarik dari menara jam daerah wisata di London ini adalah ketepatan waktu yang sangat mampu dihandalkan. Jam ini nyaris tidak pernah berhenti. Bahkan dikala ada bom yang menghancurkan ruang Commons pada Perang Dunia II, Big Ben terus berdetak.

Lonceng Big Ben pertama kali disiarkan oleh BBC pada tanggal 31 Desember tahun 1923. Tradisi itu berlanjut hingga kini. Pada Juni 2012, House of Commons mengumumkan bahwa menara jam tersebut harus berganti nama menjadi Menara Elizabeth (Elizabeth Tower) untuk menghormati Ratu Elizabeth.

Tidak saja unik alasannya adalah menjadi landmark kota, tempat wisata di London ini juga menjadi perbincangan karena kondisi tanah di kawasan beliau bangkit tidak stabil. Itu sebabnya Menara Big Ben sedikit miring ke barat maritim sejauh 220 milimeter. Setiap tahun Big ben mengalami pergerakan tersebut dikarenakan efek thermal.

  1. London Eye

London Eye, tempat wisata di London paling laris yang ada di ibu kota negara.
London Eye. Image via: madeformums.com

Simak juga: tempat wisata di Paris

London Eye, kawasan wisata di London paling laris yang ada di ibu kota negara. Objek ini berupa roda raksasa yang berputar dengan bagus. Letak nya di South Bank tepatnya di tepi sungai Thames menghadap ke istana Westminster dan Big Ben yang berada di seberang nya.

London Eye termasuk ferris wheel terbesar di Eropa, dengan ketinggian 135 m, dan roda berdiameter 120 m. Terdapat 32 kapsul glamor dan nyaman yang akan berotasi di tepi sungai Thames dan akan memakan waktu 30 menit.

Dengan menaiki London Eye, kamu akan di sajikan dengan pemandangan kota London. Pemandangan akan lebih baik lagi kalau cuaca cerah dan kamu mampu melihat kota London dengan jarak pandang sampai 40 km.

London Eye, Objek Wisata Terlaris ini selalu menjadi sentra untuk petunjukan kembang api pada saat tahun baru datang. Orang orang bisa melihat pertunjukan kembang api di sekitar London Eye dari seberang sungai Thames.

Untuk menaiki London Eye, kawasan wisata di London terlaris, pengunjung dikenakan tiket  £20.

  1. Buckingham Palace

Istana Buckingham atau Buckingham Palace adalah istana termegah di Inggris yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris
Buckingham Palace. Image via: commons.wikimedia.org

Istana Buckingham atau Buckingham Palace yakni istana termegah di Inggris yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris. Istana ini adalah kawasan untuk kejadian-kejadian kenegaraan, kawasan menyambut tamu negara, dan menjadi destinasi wisata.

Istana kawasan wisata di London yang terletak di kota Westminser, London tersebut memang di buka untuk umum. Nah, waktu yang sempurna untuk mengunjungi Buckingham Palace ialah saat trend panas atau pada bulan Juni sampai Agustus. Pada trend ini biasanya aneka macam acara yang diadakan.

Terdapat banyak ruangan, lorong dan taman yang sangat luas yang bisa dijelajahi. Ruangan-ruangan dalam istana ini memiliki ciri khas dinding putih dan keemasan dengan karpet merah terhampar. Hal ini menciptakan ruangan terkesan megah dan elegan. Jika melihat keluar jendela istana daerah wisata di London ini, tampak pemandangan taman yang luas dan indah.

Untuk menikmati keramahtamahan dan suasana Istana kawasan wisata di London ini pengunjung mampu membeli tiket masuk. Harga tiket bervariatif, untuk akil balig cukup akal dikenakan biaya 19 pounds, bawah umur di bawah 17 tahun dikenakan biaya 10,85 pounds. Sedangkan untuk anak di bawah 5 tahun tidak perlu membeli tiket alias gratis.

  1. Kensington Garden

Tempat wisata di London Kensington Gardens adalah taman istana Kensington Palace yang diambil dari area Hyde Park bagian barat.
Area Italian di Kensington Garden. Image via: royalparks.org.uk

SImak juga: daerah wisata di Perancis

Kensington gardens merupakan satu dari delapan royal park di London yang terletak di sebelah timur Kensington Palace dan berbatasan eksklusif dengan tepi barat Hyde Park. Taman ini mencakup area seluas 111 hektar.

Tempat wisata di London Kensington Gardens yakni taman istana Kensington Palace yang diambil dari area Hyde Park bagian barat. Taman ini pertama diperluas oleh Queen Anne dengan mengambil 13,9 hektar dari Hyde Park dan kemudian diperluas lagi 10 kali lipatnya oleh Queen Caroline.

Taman ini terkenal sebagai taman untuk berjemur dan piknik ketika cuaca cerah. Jalan tamannya biasa digunakan untuk jogging, lari, dan bahkan bersepeda dengan rute khusus. Pengunjung mampu memilih jalan taman Kensington Gardens sebagai rute berjalan kaki yang sehat, berudara segar, dan tenang dikala berangkat atau pulang kerja.

Selain area taman yang hijau dan jalan taman yang nyaman, Kensington Gardens mempunyai banyak fitur yang menjadi daya tarik lain para pengunjung. Italian Garden, salah satu dari banyak daya tarik di Kensington Gardens

Jam Buka kawasan wisata di London Kensington Garden yakni pukul 06.00 – 18.30 dan tidak ada tiket masuk.

  1. Windsor Castle

Luas kastil tempat wisata di London ini mencapai 5,3 hektar. Ada banyak area yang terdapat di dalam Windsor Castle ini. Mulai dari The Round Tower, The State Apartments dan juga Private Apartments
Windsor Castle. Image via: handluggageonly.co.uk

Aslinya Kastil Windsor ini bukan sebuah istana, namun benteng pertahanan. Kastil Windsor yang didirikan pada tahun 1070 ini digunakan untuk benteng pertahanan dan juga lokasi strategis guna mengawasi sungai Thames. Ketika masa kepemimpinan Raja Henry I barulah kastil ini diubah menjadi istana kerajaan Inggris hingga dikala ini.

Luas kastil tempat wisata di London ini mencapai 5,3 hektar. Ada banyak area yang terdapat di dalam Windsor Castle ini. Mulai dari The Round Tower, The State Apartments dan juga Private Apartments. Ada juga area St. George’s chapel dan juga The Long Walk serta Norman Gate

Kastil Windsor ini biasanya dipakai untuk program kenegaraan. Ratu Inggris biasa menerima tamu petinggi negara-negara lain di kastil ini. Seperti ketika mendapatkan kedatangan Presiden Barack Obama. Biasanya di ruang St. George’s Hall yang ada di kastil ini dijadikan kawasan pertemuan tersebut.

Di dalam kastil ini ada banyak koleksi barang-barang berharga. Tercatat ada sekitar 1.794 koleksi barang berharga di sini. Mulai dari lukisan, kawasan tidur, patung pahat raja hingga cangkir dan juga baju berlapis baja yang menjadi kepunyaan dari Raja Henry VIII.

  1. Westminister Abbey

Penobatan raja/ratu Inggris yang sudah dilakukan di tempat wisata di London ini sejak tahun 1066.
Westminister Abbey. Image via: getyourguide.com

Simak juga: tempat wisata di Swiss

Westminster Abbey ialah salah satu gereja penting dan populer di London. Gereja tempat wisata di London ini seringkali menjadi kawasan berlangsung program-acara penting keluarga kerajaan Inggris. Karena statusnya memang sebagai gereja istimewa yang melayani langsung kepentingan-kepentingan Raja.

Banyak program-program penting kerajaan Inggris yang secara rutin dilakukan di gereja Westminster Abbey. Penobatan raja/ratu Inggris yang sudah dilakukan di tempat wisata di London ini semenjak tahun 1066. Terhitung juga sudah ada 16 ijab kabul kerajaan yang dilakukan di Westminster Abbey sejak tahun 1100.

Westminster Abbey pertama kali dibangun pada era ke-10 dan dibangun kembali pada tahun 1517. Berbeda dengan gereja St. Paul yang mempunyai gaya arsitektur Baroque style Inggris, Westminster Abbey dibangun dengan gaya arsitektur gothic style, sama seperti Westminster Palace, yang berada tepat di sebelah barat-nya.

Pada tahun 2018 Westminster Abbey membuka sebuah area yang sebelumnya tertutup untuk umum, untuk memamerkan sekitar 300 barang koleksi, termasuk surat nikah Pangeran William.

Untuk mengunjungi gereja indah ini pengunjung bisa tiba Senin-Sabtu pada jam 09.30-18.00. Dengan terlebih dahulu membeli tiket seharga £20 untuk cukup umur, dan £17 untuk belum dewasa.

  1. British Museum

British Museum adalah salah satu museum tertua di dunia. Bangunan ini didirikan pada tahun 1753.
British Museum. Image via: tiqets.com

British Museum ialah salah satu museum tertua di dunia. Bangunan ini didirikan pada tahun 1753. British Museum juga sempat mengalami perpindahan sampai di tahun 1997 menempati lokasi yang sekarang.

Salah satu koleksi terbaik yang ada di kawasan wisata di London ini ialah mumi Mesir. Bukan hanya satu, di sana ada sekitar 140 koleksi mumi dan peti matinya. Mumi-mumi tersebut ditaruh di dalam kotak beling. Beberapa diantaranya bahkan utuh dengan balutan perban ribuan tahun.

Koleksi lain yang menjadi pujian museum ini adalah papan catur The Lewis Chessmen dari era ke-12. Papan catur ini ditemukan di Skotlandia tahun 1831 dan diklaim sebagai yang tertua. Selain papannya, terdapat juga 93 bidak yang terbuat dari gading gajah laut atau walrus.

Tempat wisata di London ini juga mempunyai banyak sekali artefak dari Indonesia. British Museum mempunyai koleksi patung Budha kecil dari Candi Jago, gesekan dari Jawa serta Kepala Budha dari Borobudur. Koleksi lainnya adalah barang-barang peradaban Islam di aneka macam negara.

Museum ini buka setiap hari kecuali tanggal 1 Januari dan 24-26 Desember, pukul 10.00 hingga 17.30. Tapi setiap hari Jumat museum akan buka sampai pukul 20.30. Seperti umumnya museum di Inggris, tiket masuk Gratis.

  1. Madame Tussauds London

Museum tempat wisata di London ini dibagi menjadi 10 zona yang masing-masing memiliki tema, yaitu A-List Party, Marvel Super Heroes, Bollywood Stars, Premiere Night, Sports Zone, A Royal Appointment, Culture, Music Megastars, Scream, dan Spirit of London.
Madame Tussauds London. Image via: visitbritainshop.com

SImak juga: daerah wisata di Ansterdam

Museum Madame Tusaauds berlokasi di Marylebone Road, tak jauh dari Baker Street. Museum daerah wisata di London ini memamerkan berbagai patung lilin dari tokoh-tokoh dunia dengan tingkat kemiripan mendekati 100%.

Museum kawasan wisata di London ini dibagi menjadi 10 zona yang masing-masing memiliki tema, adalah A-List Party, Marvel Super Heroes, Bollywood Stars, Premiere Night, Sports Zone, A Royal Appointment, Culture, Music Megastars, Scream, dan Spirit of London.

Di daerah ini pengunjung bebas untuk berfoto bersama patung-patung lilin orang ternama di seluruh dunia, mulai dari artis-artis Hollywood mirip Kate Winslet dan artis Bollywood mirip Shah Rukh Khan sampai tokoh kenegaraan seperti Barack Obama.

Hal seru lainnya di Museum Madame Tussauds, London, yaitu Marvel Super Heroes 4D, di mana pengunjung mampu menikmati pengalaman seru bertema petualangan tokoh-tokoh super hero dari Marvel Comics. Ada Hulk, Spider-Man, Wolverine, dan Iron Man.

Museum Madame Tussauds dibuka pada pukul 09.30 hingga pukul 17.30 pada hari biasa (Senin-Jumat). Pada tamat pekan, hari Sabtu dan Minggu, museum ini dibuka pada pukul 09.00 pagi hingga dengan pukul 18.00 petang. Tiket biasa dijual seharga ₤30 untuk akil balig cukup akal atau ₤25.80 untuk anak-anak.

  1. Kebun Binatang ZSL London

kebun binatang tempat wisata di London yang terletak di Regent’s Park, London ini merupakan rumah bagi 650 spesies binatang yang berbeda.
Kebun Binatang ZSL London. Image via: groupon.co.uk

Kebun bintang London atau yang dikenal dengan ZSL (Zoological Society of London) yakni kebun hewan tertua di dunia. Kebun binatang ini dibuka pada tanggal 27 April 1828. Pada awalnya kawasan tersebut dipakai untuk mengumpulkan objek dan hasil penelitian ilmu pengetahuan.

Saat ini kebun hewan daerah wisata di London yang terletak di Regent’s Park, London ini merupakan rumah bagi 650 spesies hewan yang berbeda. Koleksi seluruhnya meliputi lebih dari 12.000 individu.

Taman ini merupakan kebun binatang satu-satunya di London di mana pengunjung mampu melihat binatang besar mirip gorilla. Selain itu di kawasan ini juga mengadakan banyak sekali macam acara yang siap menghibur para wisatawan. Disini Anda merasa mirip benar-benar masuk ke dalam hutan belantara.

Pengunjung daerah wisata di London ini berkesempatan untuk memberi makan eksklusif penguin di kandang. Pengunjung juga dapat mencari tahu lebih lanjut ihwal hewan lainnya yang ada di ZSL Zoo London dari penjaga kebun hewan yang berpengalaman.

Kebun binatang ini buka setiap hari mulai jam 10.00-18.00 waktu setempat. Untuk masuk pengunjung dikenakan tiket masuk sampaumur £21.36, anak-anak £15.45. Untuk anak di bawah 3 tahun gratis.

  1. Portobello  Road Market

Selain barang yang di jual, kondisi antik tempat wisata di London ini ditegaskan oleh situasi bangunan-bangunan yang sangat antik juga.
Portobello  Road Market. Image via: alamy.com

Simak juga: tempat wisata di Belanda

Portobello Market berada di Nothing Hill, London. Tempat wisata di London tersebut menjadi tujuan utama bagi penggemar belanja dan pelancong. Pasar ini berada sempurna di Portobello Road. Anda akan melihat bangunan bergaya London tempo dulu disana.

Pada hari Sabtu pagi, pasar ini akan dipenuhi oleh penjual barang-barang antik mulai dari furnitur, pakaian hingga tambahan. Setelah lelah berbelanja, Anda juga bisa bersantai di bar dan restoran yang ada di area tersebut..

juga dapat berjalan-jalan atau berbelanja aneka barang unik di Portobello Market. Disana Anda akan menemukan barang-barang antik mirip kamera bau tanah, topi lingkaran yang dipakai kebanyakan laki-laki pada abad victorian dan benda antik lainnya.

Selain barang yang di jual, kondisi antik tempat wisata di London ini ditegaskan oleh situasi bangunan-bangunan yang sangat antik juga. Bagi turis yang ingin wisata belanja, Portobello yakni salah satu daerah yang paling nyaman dikunjungi, apalagi harganya juga sangat bersaing.

Pasar ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 16.00, dan di final pekan tutup sampai pukul18.00.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni