11 Daerah Wisata Di Phuket, Dari Lokasi Religius Hingga Ladyboy

Tempat Wisata di Phuket banyak yang bergerak di bidang jenis pelayanan. Seperti pijat, hairstyling, perawatan langsung, pedikur, manikur dan masih banyak yang lainnya. Seperti yang mungkin sudah  ketahui, bahwa Thailand terkenal dengan pijat.

tempat wisata di Phuket beranega ragam, mulai dari lokasi religius, alam, hingga pementasan budaya
Tempat Wsiata di Phuket. Image via: https://www.traveloka.com/en/activities/thailand/region/phuket-10000077

SImak juga: Tempat wisata di Singapura

Phuket Bukan Tempat Wisata Belanja

Selain keindahan alam dan pantainya, kawasan Wisata di Phuket juga populer dengan kemudahan yang relatif murah, pulau yang indah, air bahari jernih, dan masih banyak lagi.  Selain dari Indonesia wisatawan ajaib dari aneka macam belahan dunia juga sangat ingin bersenang-senang di Phuket.

Biasanya turis aneh yang datang dari aneka macam cuilan dunia, bersenang-senang di Phuket dalam 4 hari bahkan lebih. Selama waktu tersebut mereka mampu melakukan cukup banyak hal, banyak tur dan eksplorasi. Sebagaian besar para wisatawan, datang ke sebuah tempat tidak hanya untuk menikmati alam atau budaya setempat, namun juga menjadi alang belanja.

Memang di Phuket barang-barang yang diperdagangkan harganya cukup terjangkau, tidak sedikit para wisatawan yang membeli tas bermerek, pakaian dan lainnya. Tapi, perlu sekali untuk berhati-hati dan be a smart buyer jangan hingga membeli barang yang ternyata fake  atau kw alias palsu.

11 Tempat Wisata di Phuket

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur di pulau ini, berikut artikel ini akan membahas mengenai wisata di Phuket yang mampu menjadi rekomendasi bagi pembaca sekalian.

  1. Pantai Kata

tempat wisata di phuket untuk pengunjunng yang menginginkan pantai indah namun relatif sepi dan jauh dari glamor hura hura dunia malam
Pantai Kata. Image via: booking.com

Tempat wisata di Phuket Pantai Kata merupakan pantai berpasir putih dengan air maritim yang jernih. Kata Beach punya suasana yang lebih sepi dibandingkan Pantai wisata lain di Phuket. Walau lebih sepi bukan berarti pemandangan di sini tak seindah pantai-pantai lain yang ada di Phuket.

Untuk pengunjung yang kurang suka keramaian maka Kata Beach sangat cocok untuk didatangi. Di sepanjang pantai daerah wisata di phuket ini ada banyak jajanan, sehingga pengunjung mampu menikmati suara deru ombak sambil bersantap di tepi pantai.

Patai Kata sangat populer sebagai kawasan wisata di Phuket yang ramah pada wisata keluarga. Restoran di pantai Kata cukup ramai oleh pengunjung, namun jauh dari kehidupan kehidupan malam. Pantai ini mempunyai pilihan akomodasi bervariasi yang semua bersahabat dengan pantai.

Dari Mei hingga Oktober peselancar berduyun-duyun ke pantai ini untuk berselancar dan dari November hingga April pantai menjadi lebih ramai. Pengunjung bisa menemukan banyak toko-toko, dari gerai kuliner siap saji serta juga mini-mart lokal.

  1. Pantai Nai Harn

Pantai Nai Harn sebuah tempat wisata di phuket yang lengkapd engan berbagai wahana permainan air
Pantai Nai Harn. Image via: phuket.com

SImak juga: tempat wisata di Melaka

Berada di sekitar hutan tropis dan lagoon inland, Pantai Nai Harn menjadi salah satu dari formasi pantai cantik di Phuket. Tempat wisata di Phuket ini Airnya jernih dan berkualitas anggun, masih belum terkontaminasi. Rata-rata suhu air disini sekitar 29°C, sehingga tidak terlalu panas dan tidak terlalu masbodoh.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, contohnya snorkeling atau sekedar berenang di tepian. Pada bulan Juni hingga Oktober ialah saat yang tepat untuk berselancar. Biasanya para peselancar menuju ujung utara untuk memulai kegiatan surfing. Jika ingin bermain jetski, di sini juga ada tempat persewaannya.

Unutk fasiliats berjemur, pantai kawasan wisata di Phuket ini menyediakan sunbeds sepasang lengkap dengan payung. Fasilitas ini disewakan hanya dengan harga 200 baht. Jika kelaparan, disini tersedia banyak sekali restaurant. Beberapa sajian yang ditawarkan diantaranya ialah masakanThailand, sandwich, ice cream, dan beberapa cuilan buah. Untuk minuman, disini tersedia soft drink, jus, hingga beer.

  1. Patong Beach

Patong Beach sebuah tempat wisata di phuket yang indah memanjang sejauh 3 km
Patong Beach. Image via: yuktravel.com

Patong yaitu pantai pertama di Phuket yang dikembangkan untuk menjadi daerah wisata di Phuket, yang melayani wisatawan lokal dan internasional. Tiga kilometer di sepanjang pantai merupakan pusat wisata Phuket dengan pilihan kebanyakan dari akomodasi, restoran, spa, layanan terkait wisata dan tempat belanja.

Getaran yang dirasakan sangat dinamis sehingga memikat lebih dari turis muda yang suka pengalaman menyenangkan dan olahraga air seperti jet ski, wind surfing dan parasailing. Di pusat tempat wisata di phuket ini terdapat kehidupan malam yang terkenal di jalan Bang La.

Bila lapar, tak perlu khawatir, alasannya adalah sepanjang pantai terdapat banyak cafe dan restoran yang menunjukkan banyak sekali makanan khas Negeri Gajah Putih. Walau selalu dipadati oleh wisatawan, namun pantai ini tetap terlihat higienis, lho. Menikmati sunset di Patong Beach juga jadi aktivitas seru yang dihentikan pengunjung lewatkan selama berada di sini.

  1. Siam Nirmit

sebuah tempat wisata di phuket berupa seni teaterikal dengan pertunjukan tari dan drama yang luar biasa.
Siam nirmit. Image via: java-wisata.co.id

SImak juga: daerah wisata di Johor Bahru

Siam Niramat Show adalah seni teaterikal dengan pertunjukan tari dan drama yang luar biasa. Tempat wisata di Phuket ini berupa Show yang dikemas dengan begitu megah dan indah. Mulai dari tatanan panggung, kostum, special effect sampai pawai gajah yang meramaikan acara ini. Nuansa yang eksoties, tradisional ini terlihat sangat keren.

Pertunjukan di Siam Niramit Phuket dibagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama menceritakan perihal sejarah Thailand, kisah kerjasama perdagangan antara Thailand dan China.  Sampai ijab kabul antara masyarakat kedua negara tersebut dan melahirkan etnis gabungan.

Sesi kedua menampilkan sisi eksentrik dari kebudayaan Thailand adalah sudut pandang mereka akan tiga dunia yaitu neraka, nirwana dan hutan mistis Himapaan yang ada di tengah-tengahnya.

Sesi ketiga menampilkan pekan raya-bazar khas Thailand. Di dalam sesi ini pengunjung bisa melihat atraksi spektakuler mulai dari tarian-tarian energik yang indah hingga para kru yang berterbangan bebas di atas panggung.

Jadwal pertunjukan di daerah wisata di phuket ini terbagi dalam: Jam makan buffet: 17:30-20:30, Pre show entertainment: 19:20-20:05,  Show Mulai: 20:30 (durasi 80 menit). Show Siam Niramit diadakan setiap hari.

Harga Tiket Siam Niramit Phuket, Silver Rp 530 ribu, Gold Rp 575 ribu, Platinum Rp 625 ribu. Ini masih ditambah tranfer Rp 110 ribu dan dinner Rp 100 ribu.

  1. Fantasea

sebuah tempat wisata di phuket yang merupakan satu-satunya night time cultural theme park yang berlokasi di Phuket.
Fantasea. Image via: joglowisata.com

Phuket FantaSea ini merupakan satu-satunya night time cultural theme park yang berlokasi di Phuket. Saat memasuki daerah wisata di Phuket ini pengunjung sudah mampu mencicipi aura keseruan yang ditawarkan.

Disini terdapat berbagai hal unik. Tak jauh sesudah lokasi pintu masuk, pengunjung dapat menemukan bangunan Tiger Adventure Safari dan Similan Entertainment Center yang beririsan dengan Hanuman’s Lai. Di sana Pengunjung mampu melihat hutan buatan yang dikreasikan dalam 12 tema.

Selain live music dan opening ceremony yang ditampilkan diluar palace, masih ada 11 segmen pertunjukan yang ditawarkan. Mulai dari The Awakening yang mengisahkan wacana kembalinya Pangeran Kamala dan Gajah Iyara dari wujud batu, Circle of Life yang berisi ihwal petualangan sang Pangeran, serta segmen Mystical Kinnaree yang sekilas mirip dongeng Jaka Tarub.

Termpat wisata di phuket ini buka setiap hari mulai pukul 17.30. Namun pada hari kamis, pertunjukan ditiadakan.

  1. Phuket Weekend Market

tempat wisata di phuket yang seperti namanya hanya buka di akhir pekan saja, dan itupun sore hari
Phuket Weekend Market. Image via: absoluteworld.com

SImak juga: daerah wisata di Penang

Jika sudah berencana liburan ke Phuket, maka rencanakanlah liburan hingga akhir pekan. Karena ada daerah wisata di Phuket Weekend Market yang rugi jikalau pengunjung lewatkan. Sesuai namanya, pasar ini hanya buka pada simpulan pekan saja.

Tempat wisata di phuket yang hanya buka pada dikala akhir pekan ini merupakan salah satu kawasan wisata belanja dan kuliner yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini, wisatawan mampu menemukan banyak sekali oleh-oleh khas Thailand dari mulai pakaian atau aksesoris dengan desain yang sangat menarik.

Ada banyak hal yang bisa pengunjung temukan di sini. Mulai dari kuliner, kerajinan tangan, pernak-pernik, dan lain sebagainya. Harganya pun murah meriah. Pengunjung mampu sekalian memborong oleh-oleh di sini.

  1. Phi Phi Island

tempat wisata di Phuket yang mendunia semenjak dipopulerkan dalam film the beach
PhiPhi Island. Image via: yudatama.com

Kepulauan Phi Phi menjadi salah satu tujuan tempat wisata di phuket yang paling terkenal. Kepulauan Phi Phi berada sekitar 40 Km dari Phuket. Kepulauan ini terdiri dari enam pulau dengan pulau terbesar Phi Phi Don.

Popularitas kepulauan ini semakin melambung berkat film The Beach yang dibintangi oleh Lenardo Di Caprio. Film The Beach memakai Phi Phi Island sebagai salah satu lokasi syutingnya. Dalam film tersebut, tampilan pulau ini kolam nirwana yang membuat setiap orang ingin mengunjunginya.

Namun sayang untuk sementara ini, daerah ini tertutup untuk pariwisata. Hal ini alasannya tingkat kunjungan wisatawan yang mencapai 5000 orang per hari mengakibatkan kerusakan pada terumbu karang dan ekosisitem setempat. Jadi paling tidak untuk 5 tahun ke depan, kawasan wisata di phuket ini ditutup untuk menunjukkan kesempatan pada alam untuk memperbaiki dirinya.

  1. Karon View Point

tempat wisata d phuket yang memungkinkan pengunjung mengamati keseluruhan wilayah wisata ini hanya dari 1 titik
Karon View Point. Image via: airpaz.com

SImak juga: kawasan wisata di Kuala Lumpur

Karon View Point merupakan salah satu daerah strategis untuk merasakan menawannya Phuket sekaligus menghemat budget liburan Anda. Dari kawasan wisata di Phuket ini pengunjung  mampu menyaksikan cantiknya panorama pantai Patong, Kata, dan Karon dari ketinggian.

Karon viewpoint sendiri ialah sebuah bangunan tinggi dengan sudut pandang lepas pantai. Dari sini Anda mampu merasakan keindahan sepanjang pantai dari seluruh penjuru. Tidak heran daerah ini ialah salah satu gardu pandang yang paling sering dikunjungi oleh para pelancong dalam negeri ataupun mancanegara.

Ketika di daerah wisata di phuket ini Jangan lupa untuk mengabadikan momen terindah di lokasi ini. Banyak spot menarik mirip pemandangan alam, pantai yang menawan dan panorama keindahan perbukitan perpaduan pantai yang membentang dari ketinggian. Sangat menakjubkan.

Bagi pengunjung yang penggemar fotografi, tentunya akan kecewa apabila lupa membawa kamera untuk mengabadikanya. Dengan mengambil Paket tour Phuket type City Tour, Pengunjung akan diajak ke daerah ini dan melihat pesona alam yang membentang di depan mata Anda.

  1. Wat Chalong

Kuil tempat wisata di Phuket ini merupakan Wat yang terbesar.
Wat Chalong. Image via: easybook.com

Wat Chalong, dulunya dikenal dengan nama Wat Chaiyathararam. Kuil kawasan wisata di Phuket ini merupakan Wat yang terbesar. Selain jalan-jalan, di sini pengunjung mampu mencar ilmu banyak soal budaya Thailand.

Komplek Wat Chalong terdiri dari banyak bangunan dan struktur mengagumkan. Salah satunya yakni stupa (chedi) setinggi 60 meter yang melindungi bab tulang Buddha. Dinding dan langit-langitnya dihiasi aneka lukisan indah yang menggambarkan momen penting dalam perjalanan kehidupan Buddha.

Tiap lantai dipenuhi gugusan patung emas hasil pemberian sejumlah pihak. Stupa Wat Chalong sendiri terdiri dari tiga lantai. Teman Traveler mampu naik ke lantai teratas untuk menikmati panorama indah sekitar dari ketinggian.

Berikutnya ada The Grand Pagoda yang berhiaskan lukisan dinding bertema penggambaran kisah hidup Buddha. Di salah satu lokasi paling sejuk dan terkenal di Wat Chalong ini, Pengunjung bisa melihat aneka penggambaran Buddha.

Wat Chalong buka tiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Tidak ada biaya masuk alias gratis. Namun Pengunjung mampu memberi perlindungan sukarela untuk biaya pemeliharaan komplek kuil.

  1. Big Buddha

tempat wisata di phuket yang menampilkan salahs atu patung budha duduk terbesar di dunia
Big Buddha. Image via: 108jakarta.com

Simak juga: tempat wisata di Malaysia

Patung Buddha setinggi 45 meter ini dibangun di bukit Nakkerd antara Katan Chalong, 400 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di phuket ini juga merupakan salah satu viewpoints yang menunjukkan 360 derajat pemandangan terbaik dari seluruh pulau Phuket, meliputi Phuket Town, Kata Town, Pantai Karon, dan Teluk Chalong.

Untuk melihat lebih erat dengan patung tersebut, bisa naik melalui anak-anak tangga. Sesampainya di puncak Blackpals akan merasakan kemegahan sang Buddha. Patung tersebut terbuat dari marmer putih sebagai pencerminan hati sang Buddha yang bersih dan bijaksana.

Selain itu, terdapat patung Buddha yang lebih kecil setinggi 12 meter yang terbuat dari kuningan. The Big Buddha ini dibangun untuk memperlihatkan penghormatan kepada sang Buddha serta membentuk suatu organisasi amal yang ditujukan untuk membuatkan agama Buddha.

Tempat wisata di phuket ini buka mulai pukul 08.00 – 19.30. Bagi pengunjung yang  ingin mengabadikan sunset dari salah satu daerah terbaik di Thailand, cobalah tiba di sana sebelum pukul 18.30.

  1. Bangla Road

Bangla Road, tempat wisata di phuket yang terkenal dengan keramaian ladyboy
Lady Boy Bangla road. Image via: Travel Richie

Bangla Road merupakan pusat kehidupan malam di Phuket. Ruas jalan ini berada di daerah Patong Beach. Sebagian besar turis ajaib biasanya memilih menginap di kawasan wisata di Phuket ini. Karena tersedia beragam jenis penginapan, mulai dari hotel bintang lima, hingga kelas backpacker.

Suasana malam di tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai atmosfer heboh dan hobi berpesta. Ingin bertemu atau bahkan berfoto dengan para ladyboy mampu dilakukan di sini. Untuk mampu berfoto dengan para lady boy berparas cantik tersebut, pengunjung harus memberi tips minimal 100 baht.

Saat siang, Bangla Road bisa dilintasi kendaraan dengan normal. Namun saat hari mulai gelap dan waktu memperlihatkan pukul enam sore, jalanan akan ditutup sepenuhnya dari mobil maupun sepeda motor. Setiap sudut akan ganti dibanjiri oleh pejalan kaki. Meski berasal dari negara berbeda, semuanya mengusung satu tujuan: ingin menikmati malam dan bergoyang hingga pagi.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni