11 Daerah Wisata Kendari, Mulai Dari Pulau Menawan Sampai Teladas Terindah

Tempat wisata Kendari, mempunyai keindahan alam yang sangat menarik dan pastinya sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat Liburan. Pengunjung kota ini bisa mengunjungi objek wisata jenis, pulau, pantai, wisata bawah maritim, hingga wisata dataran tinggi berupa taman selfie dan riam.

Tempat wisata Kendari memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan pastinya sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata saat Liburan.
Tempat Wisata Kendari. Image via: kendari.simda.online

Sekilas Soal Kendari

Kendari merupakan kota terbesar di Pulau Sulawesi sekaligus ibukota dan pintu gerbang untuk memulai petualangan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kota ini memiliki populasi terbesar keempat di Sulawesi. Penduduk aslinya ialah Tolaki, Morunene, Buton, Mudan dan Bajo.

Berbagai atraksi menarik ditawarkan oleh kota ini, baik di sepanjang bahari maupun daratannya. Salah satunya Teluk Kendari yang dihuni oleh 100.000 orang. Mayoritas wilayah Kendari ditumbuhi hutan alam, di mana terdapat perkebunan luas dengan kayu jati dan ulin. Tanaman itu dioleh perajin setempat.

Warga Kendari secara umum dikuasai berbahasa Tolaki untuk melestarikan bahasa wilayahnya. Namun, masyarakat di kota ini juga mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Suhu udara di kota ini dapat dipengaruhi banyak sekali macam, diantaranya perbedaan ketinggian dari permukaan laut, tempat pegunungan dan kawasan pesisir.

Kota Kendari mampu dicapai dengan penerbangan yang mendarat di Bandara Haluoleo.Jalur maritim mampu dilakukan menggunakan kapal dari beberapa daerah menuju Pelabuhan Kota Kendari. Pelabuhan ini melayani kapal penumpang dan bongkar muat barang.

11 Tempat Wisata Kendari

  1. Pulau Labengki

Tempat wisata Kendari Kepulauan Labengki sering disebut sebagai miniatur Raja Ampat di Sulawesi.
Pulau Labengki. Image via: mytrip.co.id

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Tempat wisata Kendari Kepulauan Labengki sering disebut sebagai miniatur Raja Ampat di Sulawesi. Kepulauan yang terdiri dari 5 pulau besarm yakni Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay dan Mauang.

Pulau-pulua di daerah wisata Kendari ini memperlihatkan keindahan pantai, kerjenihan maritim, laguna hijau toska, gua, teluk, view from the hill dan keramahan suku Bajo yang menempati Labengki Kecil. Laguna Blue Lagoon, dikelilingi barisan karang tajam berwarna hitam keabuan ini airnya berwarna hijau toska.

Tidak hanya keindahan di atas air saja yang disajikan oleh pulau menawan kawasan wisata Kendari ini. Keindahan bawah airnya juga sangat indah untuk dikagumi. Berbagai biota laut yang hidup disini dan masih terjaga kealamianya.

Selain berputar-putar mengelilingi pulau-pulau, menyelam ataupun snorkling di Labengki, pengunjung bisa juga beraktivitas memancing disini. Berbagai ikan bisa anda dapatkan dengan memancing disini mirip Barakuda, Kerapu, Tuna Sirip Kuning, Kakap Merah ataupun Ikan Layar.

Lokasi: Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tiket: 400.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulu Bokori

Pulau Bokori yakni sebuah pulau tempat wisata Kendari yang sangat indah dan bersih. Pulau ini berada tak jauh dari kota Kendari.
Pulu Bokori. Image via: backpackerjakarta.com

Pulau Bokori yakni sebuah pulau daerah wisata Kendari yang sangat indah dan higienis. Pulau ini berada tak jauh dari kota Kendari. Pulau Bokori sebenaranya masuk kedalam wilayah kabupaten Konawe. Namun banyak yang mengenalnya sebagai salah satu pulau wisata kota Kendari.

Selain menjadi pulau wisata untuk berlibur bersama keluarga, pulau Bokori juga bjsa menjadi salah satu lokasi Gethring  Kantor atau perusahaan. Pemilihan daerah wisata Kendari ini sebab lokasinya cukup luas dan juga fasilitas yang ada sangat lengkap. Di sana sudah dibangun resort, penginapan, amphiteater, area gazebo, sport zone, kantin, toilet sampai akomodasi penyebrangan yang aman.

Pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas akan membuat siapapun yang tiba ke pulau Bokori betah. Apalagi pantainya yang tenang menciptakan kita dan keluarga bisa bermain ombak dan pasir dengan aman.

Di pulau Bokori Juga ada Jembatan yang menghubungkan gazebo satu dengan yang lainya diantara rimbunya pohon mangroove yang juga ada di pulau Ini. Lengkap kan, pastinya kamu gak akan menyesal datang kepulau anggun ini.

Lokasi: Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Sulawesi tenggara

Tiket: 30.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Air Terjun Moramo

Air terjun tempat wisata Kendari ini juga memiliki beberapa kolam yang bisa kita jadikan tempat untuk pemandian/berendam.
Air Terjun Moramo. Image via: citilink.co.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Singkawang

Air Terjun Morama memilki ketinggian sekitar 100 meter yang berupa air tejun berundak. Terdapat lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil. Air terjun tempat wisata Kendari ini juga mempunyai beberapa bak yang mampu dijadikan tempat untuk pemandian/berendam.

Air terjun yang meluncur deras pada batuan granit yang terbentuk selama ribuan tahun lalu ini terasa lebih istimewa dengan warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir. Air terjun Moramo kawasan wisata Kendari ini juga memilki keunikan lain. Airnya mengandung sulfur dan alkali serta dinding-dinding batunya yang tidak licin sebab lumut sulit tumbuh.

Air terjun Moramo berhulu dari sungai Biskori yang berasal dari pegunungan Tambolosu dan digunakan untuk membantu terusan irigasi warga yang kebanyakan para transmigran dari Jawa dan Bali. Karena itu jangan heran bila kita banyak menemukan sesajen-sesajen di Sanggah, ialah kawasan sajennya orang Hindu Bali.

Tempat wisata Kendari ii ada dalam wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa, yang memiliki luas sekitar 38.937. Selain mempunyai salah satu air tejun terindah di Indonesia dan tanaman fauna yang beragam, tempat ini juga mempunyai kandungan marmer terbesar di dunia.

Lokasi: Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Mangrove Bungkutoko

kawasan tempat wisata Kendari ini dari hari ke hari semakin diminati. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesejukan hutan bakau tanpa harus berbasah-basah atau berjalan di atas.
Mangrove Bungkutoko. Image via: wisatasulawesitenggara

Wisata Mangrove (hutan bakau) yang berada di Kelurahan Bungkutoko ini benar-benar memanjakan pengunjungnya. Tak heran jikalau kawasan daerah wisata Kendari ini dari hari ke hari semakin diminati. Pengunjung mampu menikmati keindahan dan kesegaran hutan bakau tanpa harus berbasah-lembap atau berjalan di atas.

Pengunjung cukup melewati jembatan dengan berjalan kaki, kita sudah berada di dalam hutan bakau yang hijau tanpa harus kotor.  Tracking mangrove Bungkutoko memiliki panjang sekitar 500 meter dengan track yang memutar lengkap dengan pintu masuk.

Di dalam daerah tempat wisata Kendari ini juga ada akomodasi penunjang, mirip gazebo, toilet, pos jaga dan menara pantau. Di dalam­nya selain gazebo, terdapat juga menara atau gardu pandang. Pengunjung yang hobi foto mampu mengambil gambar dari puncak gardu pandang.

Dari atas Gardu pandang di tempat wisata kendari ini, pengunjung mampu untuk memantau hutan secara keseluruhan. Gazebo-gazebo juga cukup cantik untuk menjadi tempat beristirahat sehabis memutari kawasan tracking.

Lokasi: Bungkutoko, Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tiket: 3.000

Jam Buka:09.00-18.00

  1. Pantai Nambo

Pantai tempat wisata Kendari ini, sangat cocok untuk mandi dan berenang di laut.
Pantai Nambo. Image via: travel.detik.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Sabang

Pantai Nambo ialah destinasi wisata paling favorit di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Pantai ini punya hamparan pasir putih yang membentang lebih dari 300 meter. Ombaknya damai, airnya pun jernih. Pantai kawasan wisata Kendari ini, sangat cocok untuk mandi dan berenang di laut.

Di Pantai Nambo ini, para pengunjung selain bersantai mampu juga untuk menyempatkan bermain pasir, bermain air laut , voli pantai, berlari-lari di sekitar pantai, dan aneka macam acara lainnya. Di pagi maupun sore hari, lokasi pantai ini ideal menikmati suasana sunrise maupun sunset.

Dari kejauhan, pengunjung kawasan wisata Kendari ini mampu melihat pemukiman nelayan Suku Bajo. Kalau beruntung, pengunjung bisa lihat mereka mencari ikan di lautan tak jauh dari garis Pantai Nambo. Keindahan alam ini makin tepat sambil menikmati segarnya kelapa muda. Padanan yang pas dalam bingkai suasana pantai tropis.

Deretan penjual di masing-masing lapaknya menyuguhkan kelapa muda yang segar. Tak hanya itu, keramahan penjualnya pun jadi bonus tersendiri dalam liburan.

Lokasi: Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kendari, Sulawesi Tenggara

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Taipai

Pantai tempat wisata Kendari ini terkenal dengan beraneka jenis mangga yang bisa dinikmati bila berkunjung ke Pantai Tanjung Taipa.
Pantai Taipai. Image via: zonasultra.com

Pantai tempat wisata Kendari ini populer dengan beraneka jenis mangga yang bisa dinikmati kalau berkunjung ke Pantai Tanjung Taipa. Namun tentu sajam hal ini hanya bisa terjadi kalau mengunjunginya saat musim mangga datang. Itulah kenapa pantai ini dinamai dengan Taipa yang dalam bahasa setempat berarti mangga.

Pantai Tanjung Taipa yang landai membuat Anda mampu berenang atau sekedar bermain air. Pantai ini juga ramai dengan kepiting yang berlari-larian di bibir pantai. Selain pasir putih dan pemandangan luas Laut Banda yang menawan, di sekitar pantai ini juga sering dijumpai acara Burung Maleo.

Burung endemik Sulawesi bertingkah unik ini akan menemani menghabiskan hari di Pantai Tanjung Taipa. Di pantai tempat wisata Kendari ini juga terdapat tebing dan bukit yang mampu didaki oleh pengunjung yang memiliki jiwa petualangan.

Tepian Pantai ini dipenuhi oleh gugusan nyiur yang berjejer. Di antara pohon nyiur ada tempat peristirahatan atau gazebo. Sembari menikmati pesona pantai pengunjung mampu juga menikmati kuliner khas Pantai Tanjung Taipa adalah gogos.

Lokasi: Taipa, Lembo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

Tiket: –

Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Toronipa

Tempat wisata Kendari Pantai Toronipa, adalah tempat santai yang indah yang menghadap ke Laut Banda yang indah
Pantai Toronipa. Image via: @musniumar

Simak juga: 11 tempat wisata Banyumas

Tempat wisata Kendari Pantai Toronipa, adalah daerah santai yang indah yang menghadap ke Laut Banda yang indah. Toronipa sendiri berasal dari kata Bugis “toro nipa” yang berarti “pohon nipa lentur” yang menghiasi sebagian besar pantai.

Pantai tempat wisata Kendari ini mempunyai sekitar 4 km pantai berpasir putih yang membentang tanpa henti di seluruh teluk. Luasnya hamparan pasir lembut ini mampu menampung sejumlah besar pengunjung. Hal ini mungkin adalah alasan mengapa Toronipa menjadi favorit Pantai Kendari.

Lokasinya di ujung timur teluk, menciptakan Toronipa menjadi kawasan yang sempurna untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Banyak pengunjung tiba secara khusus untuk menikmati dan menangkap momen magis ketika matahari terbit atau tenggelam di cakrawala, sementara alam melukis beberapa karya seni berwarna-warni yang paling indah.

Tempat wisata Kendari ini yaitu pantai yang tepat untuk semua anggota keluarga. Dengan hamparan pasir putih yang melebar luas, membangun istana pasir, bermain bola voli pantai, sepak bola pantai, dan aktivitas menyenangkan lainnya di pasir niscaya akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Bagi mereka yang menginginkan sedikit aksi mendebarkan, ada sejumlah operator banana boat yang siap memberi sedikit percikan ketegangan serta kegembiraan.

Lokasi: Toronipa, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Tiket: 3.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Pemandian Air Panas Wawolesea

Wawolosea terletak di antara pegunungan kapur. Di tempat wisata Kendari ini ada ratusan mata air panas tak henti-hentinya mengeluarkan air panas dari perut bumi.
Pemandian Air Panas Wawolesea. Image via: panasbuminews.com

Wawolosea terletak di antara pegunungan kapur. Di daerah wisata Kendari ini ada ratusan mata air panas tak henti-hentinya mengeluarkan air panas dari perut bumi.  Perbedaannya dengan wisata air panas lain, air panasnya disini rasanya asin.

Ada yang unik dari penampilan tempat wisata Kendari berupa pemandian air panas ini. Dari sumur air panas, air mengalir ke kolam-kolam yang terbentuk alami dan membentuk sengke yang bertangga-tangga. Mirip pola terasering sawah di Ubud Bali.

Jika belum puas hanya dengan mandi air panasnya, maka pengunjung dapat naik ke  bukit. Di area tersebut, pengunjung mampu menyaksikan eksotisme pemandangan maritim yang berada di sebelah timur kolam air panas ini.

Satu hal yang menarik lagi yakni dengan daerah yang dikelilingin vegetasi pinus kalau kita beruntung kata penduduk setempat maka akan banyak melihat kera, burung dan rusa yang tiba menyapa anda.

Banyak pengunjung datang berobat di daerah ini, alasannya adalah kandungan belerangnya efektif untuk mengobati penyakit kulit. Pengunjung dapat berendam air panas berdasarkan kadar air panas yang tersebar di beberapa kolam.

Lokasi: Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Kebun Raya Kendari

Kebun raya tempat wisata Kendari itu ditata berdasarkan pola-pola klasifikasi taksonomi, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersebut
Kebun Raya Kendari. Image via: portalsultra.com

Simak juga: 11 tempat wisata Bintan

Kebun Raya Kendari berada di tempat hutan konservasi seluas 96 hektare. Sebelumnya, Pemkot mengusulkan perizinan luasan lahan kebun raya sebanyak 118 hektare kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk dikelola.

Dari 96 hektare area kawasan wisata Kendari ini yang masuk dalam kawasan perizinan, 18 hektare diantaranya merupakan hutan lindung dan 78 hektare lainnya berada di daerah hutan produksi.

Jika berkunjung kekawasan yang dikelola Pemda tersebut, akan ditemukan bermacam-macam jenis flora khas Sultra. Begitu pula binatang yang mendiami kawasan tersebut. Berbagai jenis fauna endemic juga mampu ditemukan di kebun raya ini, seseperti primata Sultra jenis Maccaca ocreata SP, rangkong, ayam hutan wajah biru, ular piton serta jenis binatang lainnya.

Kebun raya daerah wisata Kendari itu ditata menurut contoh-teladan klasifikasi taksonomi, tematik atau kombinasi dari acuan-teladan tersebut. Untuk tujuan aktivitas konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.

Lokasi: Jalan Kebun Raya Nanga-Nanga, Anduonohu, Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Tiket: –

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Taman Kota Kendari

Taman kota Kendari yang berada ditengah-tengah kota Kendari. Tempat wisata kendari ini merupakan salah satu tempat kunjungan andalan anak-anak remaja Kendari
Taman Kota Kendari. Image via: tempatwisataunik.com

Taman kota Kendari yang berada ditengah-tengah kota Kendari. Tempat wisata kendari ini merupakan salah satu kawasan kunjungan andalan belum dewasa sampaumur Kendari. Hal ini karena  tempatnya yang nyaman, indah dan bersih.

Taman kota kendari yang mempunyai kawasan sejuk dan indah, sehingga menciptakan pengunjung betah untuk menikmati wisata anda di taman walikota kendari ini bersama keluarga atau sahabat anda. Pepohonan yang berada di taman kota tempat wisata Kendari ini sudah ada yang memiliki umur belasan tahun.

Di taman kota juga terdapat kantin kecil sehingga mereka-mereka yang memilih kawasan ini untuk sekedar jalan-jalan, kumpul bersama sahabat-sobat, mencar ilmu kelompok , dan berolahraga bisa pribadi mengobati rasa lapar dan dahaga di kawasan itu juga tanpa harus keluar area taman.

Bagi pengunjung yang mengajak keluarga, khususnya anak kecil, tidak perlu ragu tiba ke tman tempat wisata Kendari ini. Di sini ada daerah permainan bagi belum dewasa. Terdapat mainan Ayunan, jungkat-jungkit, dan aneka jenis lain.

Lokasi: Kendari, Sulawesi Tenggara.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Puncak ST

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, udara terasa segar jika berada di puncak wisata ini.
Puncak ST. Image via: mistertraveller07

Simak juga: 11 kawasan wisata Pati

Puncak Safiul Tamburaka (ST) menjadi lokasi wisata hits terbaru bagi kalangan anak muda dan keluarga di Kota Kendari. Wisata ini mampu menjadi pilihan alternatif terbaru untuk mengisi liburan di simpulan pekan. selain lokasi terjangkau,  pemandangan alam dari tempat wisata Kendari ini sangat indah.

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, udara terasa segar jikalau berada di puncak wisata ini. Puncak ST juga menyediakan banyak pilihan spot swa foto misalnya papan love, papan bundar dan rumah pohon. Fasilitas pendukung yang juga disediakan untuk memberikan pelayanan prima kepada pengunjung mirip kamar mandi, dingklik dan meja serta kantin senderhana.

Area tempat wisata Kendari ini dipenuhi oleh bermacam buah-buahan tropis. Uniknya lagi, tidak kalah dengan lokasi wisata yang terkenal di jawa, di sini juga disediakan spot-spot foto yang lagi ngehits juga rumah pohon.

Untuk menghabiskan waktu, pengunjung mampu bersantai di hammock yang sudah disediakan. Hammock yang dipasang di antara pohon buah. Pengunjung bisa mencoba pengalaman memetik rambutan pribadi dari pohon.

Lokasi: Abeli Dalam, Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni