11 Daerah Wisata Madiun, Jalan-Jalan Menikmati Indahnya Kota Pecel

Selain dikenal sebagai kota Gadis, ternyata, daerah wisata Madiun juga banyak dan berfariasi. Semuanya tampil eksotis dan menakjubkan. Kata “gadis” disematkan pada Madiun mengacu pada abreviasi dari perdagangan, pendidikan, dan industri.

selain dikenal sebagai kota Gadis. Ternyata, tempat wisata Madiun juga banyak dan berfariasi
Taman Obor, Tempat Wisata Madiun. Image via: madiuntoday.id

Sekilas Soal Madiun

Madiun yaitu sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 160 km sebelah barat Surabaya, atau 111 km sebelah timur Surakarta. Karena banyaknya potensi kota ini, madiun memperoleh banyak julukan. Diantaranya Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel, dan Kota Budaya.

Kota Madiun terletak pada daratan dengan ketinggian 63 meter sampai 67 meter. Daratan dengan ketinggian 63 mdpl terletak di tengah, sedangkan daratan dengan 67 mdpl terletak di sebelah di selatan. Rentang temperatur udara antara 20 °C sampai 35 °C.

Salah satu makanan khas Madiun yaitu Pecel Madiun, serta sambal pecel madiun. Kota Madiun juga merupakan pelestari budaya tradisional, yaitu pencak silat. Di mana merupakan salah satu kekayaan seni beladiri di Indonesia. Setia Hati  merupakan salah satu perguruan pencak silat tertua di Indonesia.

Madiun dilintasi oleh Jalan raya Yogyakarta-Surabaya. sehingga memiliki Terminal Bus Purboyo yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, Madiun. Kota Madiun juga dilalui oleh rel kereta api, yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta Surabaya, yang berpusat di Stasiun Madiun.

11 Tempat Wisata Madiun

  1. Wana wisata Grape

Tempat wisata Madiun ini bernuansa alami dan sejuk, cocok untuk memulihkan hati dan jiwa serta refreshing dari hiruk pikuknya kehidupan kota.
Wana wisata Grape. Image via: wartawisata.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Ungaran

Lokasi taman rekreasi ini berada di tepi hutan jati yang merupakan wilayah dari KPH Madiun. Taman wisata Grape memilki luas area sekitar 1.5 hektar. Tempat wisata Madiun ini bernuansa alami dan sejuk, cocok untuk memulihkan hati dan jiwa serta refreshing dari hiruk pikuknya kehidupan kota.

Saat pengunjung datang di taman tempat wisata madiun ini, akan terlihat sawah terasiring yang unik. Semakin akrab lagi akan ada air sungai yang sangat bening walaupun sedang ekspresi dominan hujan. terasa semilir angin yang bertiup dari sela-sela pepohonan. Ada pohon jati, nangka dan trembesi.

Pengunjung bisa coba juga menyewa sepeda untuk menuju PLTA Golang yang jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Namun, asyiknya terdapat pepohonan di kanan kiri yang membuat suasana jadi lebih mendukung untuk bersepeda ria.

Ada 2 kawasan rumah makan, yang utama di tengah-tengah kebun jati dan warung makan lesehan yang terletak di pinggir sungai. Menu yang disajikan bermacam-macam, mulai dari aneka ikan seperti nila, gurame, wader dan daging ayam.

Lokasi: Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kare, Madiun, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka:08.00-17.00

  1. Waduk Kedungbrubus

Waduk tempat wisata Madiun ini mempunyai debit air melimpah ketika musim hujan tiba
Waduk Kedungbrubus. Image via: koran.id

Waduk Kedungbrubus merupakan sebuah bendungan yang menampung aliran Sungai Kedungbrubus. Waduk daerah wisata Madiun ini memiliki debit air melimpah saat isu terkini hujan datang. Waduk Kedungbrubus telah difungsikan secara maksimal baik sebagai objek wisata ataupun sarana irigasi.

Sebelum hingga di Area Waduk, pengunjung tempat wisata madiun ini akan disuguhi pemandangan hutan jati sepanjang 4 km sebelum memasuki areal Waduk Kedungbrubus. Pemandangan di perjalanan itu tentu mneinggalkan kesan sejuk dan teduh.

Hampir setiap hari tempat wisata Madiun ini ramai dikunjungi oleh para penghobi memancing. Terutama di dikala malam dan hari libur. Di sekitar tempat Waduk Kedungbrubus juga banyak sekali ditemukan fosil purba.

Pengunjung yang hobi berfoto mampu memilih beberapa spot foto di sekitar waduk. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang dari waduk tersebut. Jika ingin imbas yanglebih dramatis, pengambilan foto mampu dilakukan sore hari, dengan langit sore yang menemani.

Rest area juga telah tersedia di sekitar area Waduk untuk pengunjung yang ingin melepas penat ataupun sekedar bersantai selama berada di sana, tak lupa juga dengan toilet yang dipakai untuk buang air kecil maupun besar.

Lokasi: Dawuhan, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Tiket: 2.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Waduk Bening Widas

Selain berfungsi sebagai bendungan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air, bendungan ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat wisata Madiun.
Waduk Bening Widas. Image via: news.detik.com

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Waduk ini merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai Brantas. Selain berfungsi sebagai bendungan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air, bendungan ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat wisata Madiun.

Dengan suasana alam yang masih alami dan areal yang luas, Bendungan Bening kerap kali diadakan kegiatan rekreasi. Di sini, pengunjung mampu menikmati waktu dengan memancing, canoing, dan berkemah.

Hampir di sepanjang pinggiran waduk merupakan area memancing, bahkan ada sebagian pemancing yang rela memancing sampai agak ketengah dengan menceburkan diri sambil menunggu umpannya disambar ikan, atau mampu juga memanfaatkan bahtera-perahu kecil.

Ditempat ini juga disediakan dermaga bagi para pengunjung yang ingin menikmati waduksambil menaiki bahtera. Disisi lain waduk juga terdapat kandang rusa, walaupun jumlah hanya beberapa ekor. Masih dilokasi terbut terdapat arena outbond bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berbeda.

Di waduk kawasan wisata madiun ini, tiap tahun ada acara larung tumpeng Bogomulyo. Yakni  berbentuk ikan raksasa seberat 200 kg dihanyutkan dalam waduk Bening Widas. Acara yang dihadiri oleh ribuan masyarakat ini dimeriahkan oleh sejumlah pahlawan silat asal Madiun, Reog Ponorogo dan Tari Dongkrek.

Lokasi: Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timu

Tiket: 7.500

Jam Buka: 24 Jam

  1. Taman Wisata Umbul

Taman rekreasi tempat wisata Madiun ini terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dari permukaan laut, dan diapit jurang dikedua sisinya
Taman Wisata Umbul. Image via: putratravel.net

Taman Rekreasi Umbul, merupakan taman peninggalan Belanda yang digunakan untuk peristirahatan. Taman rekreasi ini dilengkapi dengan fasilitas wisata seperti, bak renang, kebun hewan mini, pesanggrahan, penginapan, rumah makan, daerah bermain anak dan sumber air welirang.

Taman rekreasi daerah wisata Madiun ini terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dari permukaan laut, dan diapit jurang dikedua sisinya. Taman wisata ini mempunyai keindahan yang sangat manis dengan kesejukan udara yang sejuk dan air yang jernih.

Tempat wisata Madiun ini juga mempunyai kebun binatang kecil. Ada 115 koleksi binatang. Meski tak selengkap kebun binatang di kota lain, tapi cukup memadai. Di antaranya ada monyet Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, harimau, singa, kelelawar raksasa dan masih banyak lagi.

Di Madiun Umbul Square juga ditemukan sejumlah arca peninggalan kebudayaan Hindu dan Buddha. Total ada 8 arca yang masih tersimpan dan terawat dengan baik di daerah wisata tersebut. Kedelapan arca tersebut antara lain Patung Dewi Sri, Dewi Durga, dua arca pancuran juala dan jala, lingga yoni, miniatur lumbung padi, serta dua arca lembu andini.

Lokasi:  Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Tiket: 15.000

Jam Buka: 08.00-23.00

  1. Situs Nglambangan

Lokasi tempat wisata Madiun ini sering dipergunakan untuk upacara ritual pada saat bulan Sura.
Situs Nglambangan. Image via: koran-jakarta.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Magetan

Peninggalan Sejarah Nglambangan, merupakan situs peninggalan bersejarah, berjarak delapan kilometer ke arah timur dari kota Madiun menuju desa Dungus. Lokasi daerah wisata Madiun ini sering dipergunakan untuk upacara ritual pada saat bulan Sura.

Di kawasan ini terdapat peninggalan-peninggalan yang dipercaya berasal dari zaman Majapahit. Antara lain berupa: Pura Lambangsari, Pesiraman dan daerah-tempat yang dianggap keramat oleh warga sekitarnya.

Punden Nglambangan atau yang juga dikenal dengan sebutan Punden Lambang Kuning ini merupakan sa­lah satu peninggalan Ke­rajaan Majapahit dari zaman Hindu Jawa. Adat istiadat Jawa Hindu memang masih kental mewarnai penduduk. Meski­pun secara umum dikuasai masyarakatnya pemeluk Islam, namun warga tetap menjalankan ritual ke­budayaan leluhur.

Sejak pintu gerbang situs yang berwujud gapura dari tumpukan watu bata, aura kuno langsung menyambut setiap yang datang. Sebagian bangunan dan benda-benda di lingkungan situs banyak yang telah ditutupi lumut. Sementara itu, pohon-pohon berukuran besar tumbuh di sekitar situs, menghadirkan suasana segar dan sejuk.

Pohon-pohon yang ada dalam lingkungan situs tempat wisata madiun ini telah berusia ratusan tahun. Sebut saja pohon adem, sonokel­ing, mentaos, kosambi, dan trembesi. Serunya lagi, wisatawan mampu menikmati nuansa “lawas” yang ada itu dengan cuma-cuma.

Lokasi: Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Krecekan Danu

Air terjun tempat wisata madiun ini mempunyai ketinggian kurang dari 20 meter.
Air Terjun Krecekan Danu. Image via: wisatabaru.com

Air terjun kawasan wisata madiun ini mempunyai ketinggian kurang dari 20 meter. Memang tidak terlalu tinggi tapi pesona alam sekitarnya masih sangat asri dan juga terawat dengan baik. Pengunjung yang tiba kesana mampu menyegarkan pikiran dari penat sehabis berkutat dengan pekerjaan sehari-hari.

Untuk medan lokasi menuju riam krecekan para pengunjung dapat melalui jalan setapak yang terdiri dari turunan yang berundak-undak serta melalui sungai dengan pemandangan perbukitan yang hijau.

Perjalanan ke lokasi air terjun tempat wisata Madiun ini memang cukup menantang, tapi dijamin hal itu akan tergantikan dengan pemandangan alam dan kesegaran Air Terjun Krecek Ndenu yang alami ini. pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak yang sudah di rabat beton.

Lokasi: Desa Kepel, Kecamatan Grape, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Seweru Serondo

Di tempat wisata Madiun ini juga terdapat dua air terjun dengan tinggi yang sama, deras nyaris sama dan saling berhadap-hadapan
Air Terjun Serondo. Image via: nusantaranews.co

Simak juga: 11 tempat wisata Tuban

Air terjun Seweru memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Hal itu membuatnya mampu dilihat dari kejauhan. Di tempat wisata Madiun ini juga terdapat dua riam dengan tinggi yang sama, deras nyaris sama dan saling berhadap-hadapan. Itulah yang membuat riam dengan nama lain Kedung Malem ini dinilai unik.

Air terjun Seweru bersembunyi di balik pegunungan serta perkebunan kopi, sehingga belum ter-explore oleh banyak orang. Namun, jikalau pengunjung sudah sampai ke sana pasti akan terkagum-kagum dengan pesona yang dimilikinya.

Saat perjalanan semakin akrab, pengunjung akan mendengar suara khas teladas yang deras disertai fatwa air sungai. Sumber mata air tersebut asalnya dari bawah gunung dan muncul di atas pohon. Air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter ini memang tiada duanya.

Keberadaan jeram tempat wisata madiun ini dikelilingi bukit batu dan di puncak gerojokan terdapat kerikil alam besar yang terlihat menggantung. Sembari melihat-lihat pemandangan, pengunjung bisa foto-foto, bermain air atau sekedar bersantai menikmati sejuknya udara yang dihasilkan pepohonan rindang di sekitarnya.

Lokasi: Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Dumilah Waterpark

keceriaan di tempat wisata Madiun ini diperoleh dari keseruan dalam menikmati berbagai wahana yang ada.
Dumilah Waterpark. Image via: putratravel.net

Kota Madiun juga memiliki wahana permainan keluara yang berbasis Air. Seperti halnya daerah wisata sejenis lainnya, keceriaan di kawasan wisata Madiun ini diperoleh dari keseruan dalam menikmati banyak sekali wahana yang ada.

Dumilang Water Park mempunyai beragam wahana yang sangat diminati pengunjung mirip kiddy pool, bak tanding, bak arus, dan seluncuran atau perosotan yang akan menambah keceriaan pengunjung selama berada di sini.

Selain bak renang, terdapat juga Garden Zone yang menyajikan kesejukan dan keasrian dengan pepohonan dan tanaman bunga yang beraneka warna. Kamu juga dapat mengikuti out bound dengan mengambil salah satu paket yang telah disediakan dalam Dumilang Water Park dengan harga yang tentunya terjangkau.

Selama bermain di daerah wisata madiun ini pra orang bau tanah tidak perlu mengkhawatirkan faktor keselamatan anak-anaknya. Semua wahana yang tersedia telah didesain sesuai dengan standar keamanan para pengguna.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.99, Klegen, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur

Tiket: 20.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Tirtonirmolo Waterpark

Area kolam untuk anak meliputi kolam renang anak, kolam mandi bola, kolam kuda laut, kolam laba-laba, kolam air mancur, dan kolam songsong gora
Tirtonirmolo Waterpark. Image via: tripjalanjalan.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Cilacap

Banyak anak-anak yang suka datang ke waterpark ini juga karena banyak patung-patung hewan. Wahana permainnya juga berbentuk yang lucu-lucu dan beraneka warna sehingga menarik perhatian di kawasan wisata Madiun ini.

Area bak untuk anak mencakup bak renang anak, bak mandi bola, kolam kuda bahari, kolam laba-keuntungan, bak air mancur, dan kolam songsong gora. Kolam-bak tematik ini memang mempunyai ciri masing-masing sesuai namanya.

Kolam untuk cukup umur mencakup bak renang cukup umur dan kolam arus. Kolam dengan kedalaman sekitar 1,2 meter ini menjadi daerah terbaik bagi pengunjung usia cukup umur dan cukup umur alasannya mampu berenang sepuas hati baik dengan ban ataupun tanpa ban.

Kolam bejana tumpah menjadi salah satu area yang paling digemari oleh semua kalangan usia. Pengunjung mampu menunggu di bawah ember besar untuk diguyur oleh air yang tumpah. Sensasi terguyur air dalam jumlah besar inilah yang selalu dinantikan-tunggu.

Di kawasan wisata Madiun, Tirtonirmolo Waterpark Galuh terdapat cukup banyak jenis seluncuran dari yang lurus, berkelok setengah bulat, sampai yang spiral. Ketinggiannya juga bermacam-macam dari yang 5 meter, 10 meter, sampai sekitar 12 meter.

Lokasi: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Jawa Timur

tiket: 20.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Sun City and Theme Park

Di sana tersedia beragam wahana menarik sob, mulai dari kolam renang olympic, waterboom, kereta api mini, bom bom car, dan masih banyak lagi yang lainnya
Sun City and Theme Park. Image via: tripjalanjalan.com

Adalah Suncity Water & Theme Park Madiun yang terletak di dalam superblok Suncity Mall Madiun. Lokasinya menjadi satu dengan mall, masjid, ruko, The Sun Hotel dan planning ke depannya akan dilengkapi juga dengan kemudahan lainnya. Tempat wisata Madiun satu ini bersebelahan dengan sentra perbelanjaan Careffour Madiun.

Sun City Waterpark ini sangat cocok buat kamu yang hobi berenang dan menikmati wahana air. Di sana tersedia bermacam-macam wahana menarik sob, mulai dari kolam renang olympic, waterboom, kereta api mini, bom bom car, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di kawasan wisata Madiun ini ada beberapa tipe bak, diantaranya: kolam anak, kolam cukup umur  dan bak ombak. Kolam anak dilengkapi seluncuran yang sesekali akan ada busa disemprotkan petugasnya. Meski di bawah terik matahari, belum dewasa tetap bersemangat menikmati wahana itu.

Sementara menunggu anak-anak bermain air di bak anak, pengunjung mampu penunggu sembari ngemil jajanan yang dijajakan di deretan food court yang ada. Di sana tersedia kentang goreng, pempek, siomay, sosis bakar dan jamur crispy.

Lokasi: Jl. S. Parman No.2, Sukosari, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur

Tiket: 20.000

Jam Buka: 08.00-17300

  1. Makam dan Masjid Kuno Taman

Masjid tempat wisata MAdiun ini dikenal para jemaah dan pengunjung sebagai Masjid Besar Kuno Madiun.
Makam dan Masjid Kuno Taman. Image via: gefmmadiun.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Masjid ini bangunan utamanya terbuat dari kayu jati dengan ukuran cukup besar. Masjid kawasan wisata Madiun ini dikenal para jemaah dan pengunjung sebagai Masjid Besar Kuno Madiun. Masjid yang dibangun oleh Kiai Ageng Misbach tahun 1754 itu semula bernama Masjid Donopuro.

Baru setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981 silam, maka namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

Masjid yang bangunan utamanya terbuat dari kayu jati dengan ukuran cukup besar. Bangunan ini beratap tajug dengan tiga pintu masuk utama. Sampai dikala ini masjid kuno tersebut tidak pernah direnovasi, kecuali hanya penambahan kanopi jikalau jemaah membeludak.

Di komplek masjid daerah wisata Madiun ini terdapat makam para mantan bupati Madiun, mulai dari Raden Rongga Prawiradirja I dan penasihatnya Kyai Ageng Misbach, sampai sejumlah bupati Madiun penerusnya.

Di masjid ini dilaksanakan sejumlah tradisi yang menjadi sarana syiar agama. Tradisi tersebut antara lain perayaan 1 Muharam yang diwarnai dengan pembacaan Al Qur’an serta hidangan masakan jenang sengkala, nasi liwet, sayur bening, dan lauk-pauk tradisional seperti tahu dan tempe.

Lokasi: Jalan Asahan, Taman, Madiun, Madiun, jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni