11 Daerah Wisata Pemalang, Dari Kehangatan Pantai Hingga Kesejugan Perbukitan

Dengan memiliki kontur tanah yang bergelombang, membuat tersedianya berbagai macam tempat wisata Pemelang. Di Pemalang terdapat wisata pantai hingga wisata pegunungan, maupun wisata buatan.

Dengan memiliki kontur tanah yang bergelombang, membuat tersedianya berbagai macam tempat wisata Pemelang
Tempat Wisata Pemalang. Image via: travelingyuk.com

Sekilas Soal Pemalang

Kabupaten Pemalang terletak di pantai utara Jawa Tengah. Ibu kota kabupaten ini ialah Kota Pemalang, yang terletak di ujung barat laut wilayah kabupaten dan berbatasan pribadi dengan Kabupaten Tegal.

Kabupaten Pemalang mempunyai topografi bervariasi. Bagian utara merupakan dataran rendah, berupa tempat pantai dengan ketinggian berkisar antara 1-5 mdpl. Bagian selatan merupakan dataran tinggi berupa pengunungan yang subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16–925 mdpl.

Silakupang ini yakni kesenian Khas dari Kabuapaten Pemalang. Silakupang merupakan kesenian berjenis kuda kepang namun dalam pertunjukanya dipadukan dengan kesenian lain, yakni laes, sintren, kuntulan dan kuda kepang. Dalam pertunkujukan dipimpin oleh seorang dalang yang memimpin dan memandu jalanya pertunjukan.

Kabupaten ini berjarak kira-kira 135 km ke arah barat dari Semarang. Bisa ditempuh dengan kendaraan darat memakan waktu lebih kurang 3-4 jam. Kabupaten Pemalang berada di jalur pantura Jakarta-Semarang-Surabaya. Selain itu terdapat pula jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten ini dengan Kabupaten Purbalingga.

11 Tempat Wisata Pemalang 

  1. Kedung Bening

Bak Oase di terik Pantura yang menyengat, tempat wisata Pemalang ini jadi primadona ketika melewati jalur PANTURA
Kedung Bening. Image via: wisatadipemalang.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Bojonegoro

Kedung Bening ini Terletak di Kabupaten Pemalang yang merupakan salah satu Kabupaten di wilayah PANTURA. Bak Oase di terik Pantura yang menyengat, tempat wisata Pemalang ini jadi primadona dikala melewati jalur PANTURA.

Kedung Bening yang terbentuk karena adanya proses erosi bebatuan oleh sungai dan air hujan sampai membentuk sebuah cekungan. Dimusim kemarau, cekungan ini membentuk telaga yang berubah warna menjadi hijau bening karena imbas reaksi mineral di dalamnya.

Di tempat wisata Pemalang ini, pengunjung bisa bermain air sepuasnya pada cekungan telaga kecil tersebut. Tak puas hanya dengan berenang di cekungan telaga kecil tersebut, anda bisa mencoba untuk menantang adernalin dengan meloncat dari atas bebatuan yang ada disekitar kedung ini.

Selain itu, pemandangan yang ditawarkan di daerah ini begitu indah, hal ini tentu mampu memperlihatkan sensasi luar biasa bagi anda. Kedung Bening ini sering disebut – sebut sebagai Grand Canyon-nya Pemalang yang merupakan Kabupaten di PANTURA Jawa Tengah.

Lokasi: desa majalangu kecamatan watukumpul Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka:24 Jam

  1. Kedung Bunder

Di tempat wisata Pemalang ini, pengunjung bisa menemukan sebuah pemandangan yang sangat eksotis bikin kagum
Kedung Bunder. Image via: wisatadipemalang.com

Kedung bunder yang berada di kawasan batu kumpul Kota Pemalang. Di daerah wisata Pemalang ini, pengunjung mampu menemukan sebuah pemandangan yang sangat eksotis bikin kagum. Dan pastinya sangat cocok untuk pengunjung abadikan sebagai foto selfie yang mampu diunggah ke media umum Instagram.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dikala berada di daerah wisata Pemlaang ini. Selain melihat keindahan suasana alam yang sangat luar biasa di sini, pengunjung juga bisa menikmati perairan dan berenang di Kedung bunder yang sangat eksotis.

Untuk mencapai lokasi Kedung Bunder ini memang diharapkan kerja yang ekstra. Dari arah kota Pemalang, kamu perlu berjalan ke selatan. Sampai di desa Semingkir, kecamatan Randudongkal, ambillah jalan ke kiri ke arah kecamatan Watukumpul. Lokasinya tak jauh dari Kedung Bening.

Suasana lingkungan yang hijau penuh dengan pepohonan sangat menyejukkan, Di sekitar area ini penduduk juga berkebun dengan aneka macam flora. Perpaduan semua out membentuk suasana yang asri dan menenangkan jiwa.

Lokasi: Desa Bodas kecamatan Watukumpul Kab Pemalang

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Hutan Mangrove Pemalang

. Lokasi tersebut dikembangkan sebagai salah satu tempat wisata Pemalang, khususnya wisata Hutan Bakau.
Hutan Mangrove Pemalang. Image via: tempatwisata.co

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Di ujung kali kali comal terdapaat harta karun yang sangat indah ialah berupa hutan bakau yang masih alami membentang luas dan berbatasan langsung dengan jaut jawa atau maritim utara pulau jawa. Lokasi tersebut dikembangkan sebagai salah satu kawasan wisata Pemalang, khususnya wisata Hutan Bakau.

Suasana hutan asri dengan diiringi bunyi deburan ombak dan angin yang bertiup sepoi-sepoi.  Hal itu mengakibatkan daerah ini sangat cocok dipakai sebagai kawasan wisata alam. Tempat  yang sangat ideal untuk melepas penat dari banyak sekali rutinitas kehidupan kita sehari-hari.

Di kawasan wisata Pemalang hutan mangrove ini, terdapat beberapa jenis tanaman mangrove yang hidup subur antara lain bakau, api-api, pedada, dan tancang. Selain ada beberapa spesies mangrove, ada juga spesies burung yang berhabitat di hutan mangrove tersebut. Jenis burung tersebut antara lain bebek, bangau, kuntul blekok, dan trintil.

Akses menuju daerah wisata ini penggunjung memakai perahu. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah dengan adanya tambak-tambak budidaya bandeng dan udang vanamei.

Lokasi: Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Propinsi Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Rafting di Sungai Comal

mengikuti kegiatan di tempat wisata Pemalang satu ini dibutuhkan keberanian dan ketangkasan untuk melewati trek rafting.
Rafting di Sungai Comal. Image via: kompasiana.com

Wisata ekstrem Rafting berada di Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Tidak hanya sekadar rekreasi, wisata alam ini juga cukup menguji keberanian dan anrenalin. Sebab, mengikuti kegiatan di tempat wisata Pemalang satu ini diharapkan keberanian dan ketangkasan untuk melewati trek rafting.

Lokasi arung jeram ini adalah di anutan Sungai Comal, Kabupaten Pemalang. Meski ketika ini isu terkini kemarau, namun fatwa sungainya cukup deras sehingga cukup menantang pengunjung untuk menaklukannya.

Bagi pengunjung pemula, tempat wisata Pemalang ini menyediakan akomodasi yang mempermudah. Selama mengikuti penjelajahan ajaran sungai ini, pengunjung pemula akan didampingi guide. Untuk track-nya sendiri ada dua, ialah track 6 kilometer dan 9 kilometer.

Perahu karet yang disiapkan pengelola mempunyai kapasitas tujuh orang. Yakni lima orang pengunjung dan dua orang guide yang memandu selama perjalanan. Para pengunjung harus menjaga konsentrasi dan kekompakan selama perjalanan supaya selamat hingga finis.

Dengan perjalanan kurang lebih dua jam, pengunjung akan melewati penderasan-teladas yang menantang dan seru. Selain itu, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Bahkan, ada beberapa titik batuan berstruktur yang seolah ditatah dan diberi nama kerikil mahkota raja.

Lokasi: Jl. Randudongkal-Moga, Desa No.99, Kamulihan, Kecepit, Kec. Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Tiket: 135.000

Jam Buka: 08.00-16.30

  1. Goa Gunung Wangi

Goa tempat wisata Pemalang ini luasnya kira-kira 0,5 hektare
Goa Gunung Wangi. Image via: masyog.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Ungaran

Goa Gunung Wangi sejatinya yakni deretan goa yang terdiri dari Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Siluman dan Goa Bandung. Goa kawasan wisata Pemalang ini luasnya kira-kira 0,5 hektare. Jalan yang dilalui tidak hingga ke goa. Masih ada sisa 50 meter Jalan Kaki melalui belukar.

Terdapat sumber mata air yang sangat sejuk dan jernih. Sumber mata air tersebut masih dan selalu di gunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh para masyarakat dusun SIPANJANG. Dusun SIPANJANG yaitu lokasi paling terdekat dengan lokasi GOA GUNUNG WANGI Tersebut.

Keindahan goa ini begitu aktual meskipun belum dikelola layaknya kawasan wisata. Di dalam goa terdapat stalaktit yang sangat mempesona. Di beberapa area muncul suasana mistis yang membuatnya cocok untuk traveler yang suka petualangan.

Akses jalan menuju goa daerah wisata Pemalang ini penuh semak belukar yang membuatnya jarang dikunjungi, bahkan oleh warga sekitar. Akan tetapi, buat traveler yang menyukai petualangan penuh resiko, perjalanan ke goa ini menjadi tantangan tersendiri.

Lokasi: Desa Glandang Kecamatan Bantarbolang, Kota Pemalang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Telaga Rengganis

Telaga tempat wisata Pemalang yang sejuk dan tenang bisa jadi pilihan destinasi untuk kabur sejenak dari rutinitas perkotaan yang padat
Telaga Rengganis. Image via: situpatenggangciwidey.com

Telaga tempat wisata Pemalang yang sejuk dan tenang mampu jadi pilihan destinasi untuk kabur sejenak dari rutinitas perkotaan yang padat. Salah satu telaga yang suasananya damai, bisa ditemukan di Pemalang, Jateng.

Tempat wisata ini memenuhi gambarana kan ‘Land above the clouds’. Istilah yang menggambarkan indahnya sebuah wilayah yang ada di atas awan. Bahkan disini ada lebihnya. Yang pengunjung temui di atas awan itu ternyata ialah sebuah telaga yang indah, dengan barisan pohon pinus yang menyapa.

Dengan luas 1 ha, telaga tempat wisata Pemalang ini nampak bagus dengan air yang masih segar dan jernih. Dikelilingi pepohonan pinus yang rindang dan bukit-bukit yang ada di sampingnya, memanjakan penggemar hiking dan kemping.

Di sana, pengunjung dapat dengan mudah mendirikan tenda sambil menikmati ikan yang dipancing dari telaga sambil memandang alam di masa senja. Jarak dan medan yang ditempuh menuju lokasi pun terbayar tuntas dengan indahnya pemandangan di sini.

Lokasi: Kecamatan Watukumpul, Pemalang, jawa Tengah.

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Telaga Indah Gambuhan

Di sekitar telaga tempat wisata Pemalang ini lahan pertanian warga, dengan jenis tanaman jagung dan sayur-sayuran
Telaga Indah Gambuhan. Image via: malaspulang.com

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Telaga Indah merupakan salah satu lokasi wisata, yang ada di Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari. Telaga tersebut diperkirakan berukuran sekitar 2,5 hektare dan merupakan telaga alami yang memiliki banyak manfaat bagi warga Gambuhan, serta sering dikunjungi.

Di sekitar telaga tempat wisata Pemalang ini lahan pertanian warga, dengan jenis tumbuhan jagung dan sayur-sayuran. Keberadaan perkebunan ini menambah keindahan suasana disekitar lokasi tersebut. Selain itu, pemandangan perbukitan yang terlihat sangat indah, dengan rerimbunan pepohonan disekitarnya.

Telaga indah memang menjadi lokasi favorit warga, yang menginginkan kenyamanan, kedamain, kesejukan dan keindahan, sehingga sangat sempurna dikunjung. Di sepanjang perjalanan menuju telaga banyak tumbuhan warga, yang tumbuh dengan subur dan terawat dengan baik.

Pemerintahan desa setempat terus mengupayakan eksistensi telaga kawasan wisata Pemalang yang indah tersebut terjaga kelestariannya, serta semakin berkembang dengan baik.

Jalan menuju lokasi telaga juga mudah dilalui, dan bisa dijangkau dengan memakai kendaraan bermotor, lalu jalan kaki sekitar 500 meter. Jalan tersebut memiliki lebar sekitar 3 meter, sehingga kondusif dikala dilalui.

Lokasi: Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Widuri

Mengunjungi pantai tempat wisata Pemalang ini bisa diisi dengan bermain di pantainya yang cantik
Pantai Widuri. Image via: adiasindo.com

Pantai Widuri menyediakan kesegaran. Khususnya  bagi mereka yang merasa lelah dikala perjalanan pulang kampung. Saat isu terkini perjalanan jauh dari Jakarta, Pantai Widuri biasa diserbu banyak pengunjung yang singgah sejenak. Hal tersebut bisa memudahkan ketika mencari lokasi pantai ini.

Selain terkenal sebagai pantai kawasan wisata Pemalang yang cantik, Pantai Widuri punya legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Nama Widuri ternyata diambil dari seorang wanita yang manis jelita. Dulu dia tinggal di desa akrab Pantai Widuri dikala ini.

Mengunjungi pantai daerah wisata Pemalang ini mampu diisi dengan bermain di pantainya yang elok. Di bawah teduhnya pohon kelapa, Pengunjung  mampu duduk sambil menyaksikan indahnya pantai di utara Jawa. Semilir angin akan membawa ketenangan. Biarkan tubuh merasakan kesejukan dan kedamaian Pantai Widuri.

Aneka ragam kuliner hasil maritim juga bisa pengunjung nikmati lengkap dengan segelas es kelapa muda. Selain itu, ada juga berbagai wahana air yang mampu mengisi rehat Anda kali ini. Bagi yang membawa anak, Pantai Widuri juga mempunyai arena bermain dan panggung hiburan untuk pagelaran musik.

Lokasi: Jl. Laksada Yos Sudarso, Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Joko Tingkir

Pantai tempat wisata Pemalang ini  yang mempunyai luas 1,5 Hektar. Pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan alam pantai
Pantai Joko Tingkir. Image via: wisatadipemalang.com

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Kondisi alam yang masih alami menjadi salah satu daya pikat di pantai Joko Tingkir. Pantai kawasan wisata Pemalang ini  yang memiliki luas 1,5 Hektar. Pengunjung bisa leluasa menikmati keindahan alam pantai yang luar biasa indah saat berada di pantai ini.

Air laut di pantai Joko Tingkir berwarna biru cerah. Di lokasi ini, pengunjung bisa melihat burung cemara dan beberapa perahu nelayan yang hilir pulang kampung. Pegunjung pantai akan mendapati formasi pohon cemara yang sangat rimbun di sepanjang pantai sehingga bisa menjadi tempat berteduh.

Di pantai daerah wisata Pemalang ini, ada juga tersedia bermain ayunan, perosotan, dan beberapa akomodasi untuk mengakomodasi keperluan anak-anak. Semua fasilitas Palayground itu tertata indah dengan tepi pantai yang menawan sebagai background nya..

Pengunjung pantai tempat wisata Pemalang ini, selain mampu menikmati pemandangan alam juga bisa berinteraksi dengan warga setempat yang sangat ramah kepada para wisatawan yang berasal dari luar kawasan maupun luar negeri.

Lokasi: Jalan Desa Kendal-Doyong, Nyamplungsari, Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Kukusan

Dari titik tempat wisata Pemalang ini, pengunjung bisa melihat gagahnya gunung setinggi 3.428 mdpl tersebut dengan jelas saat cuaca cerah.
Bukit Kukusan. Image via: bernas.id

Bukit Kukusan mampu diibaratkan dengan Puncak Paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu atau juga kawasan setenar Kalibiru andalah wisata Jogja. Setelah sampai di atas bukit, pengunjung akan dihadapkan pada hamparan lembah dan pemukiman di kejauhan.

Dominasi warna hijau dari alam tentu sangat memanjakan. Spot ini juga berfungsi sebagai pos pengamatan Gunung Slamet. Dari titik daerah wisata Pemalang ini, pengunjung mampu melihat gagahnya gunung setinggi 3.428 mdpl tersebut dengan terperinci saat cuaca cerah.

Saat siang hari, Bukit Kukusan didatangi oleh mereka yang ingin melihat penampakan alam berupa persawahan hingga hutan-hutan di lereng pegunungan. Lalu begitu malam tiba seperti bintang jatuh dan berhamburan di daratan sebab cahaya lampu kota menyala dengan terperinci.

Saat ini wisata bukit atau gunung sedang terkenal dan banyak diminati banyak sekali kalangan terutama generasi muda yang masih semangat melihat tempat gres. Pengelola tempat wisata Pemalang ini melakukan penambahan spot foto mirip gardu pandang dan rumah pohon.

Lokasi: Cikadu, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Curug Sibedil

Nama Curug Sibedil muncul karena di sekitar tempat wisata Pemalang ini terdapat batu berbentuk moncong senapan
Curug Sibedil. Image via: jalantraveller

Simak juga: 11 kawasan wisata Tuban

Ketinggian anutan air di curug ini hanya sekitar 10 meter, sehingga debit airnya tidak terlalu besar. Terdapat kolam kecil jernih yang mampu digunakan untuk berenang dan bermain air. Tempat wisata Pemalang ini lumayan populer, sehingga kerap ramai pengunjung di periode liburan.

Daya tarik lain Curug Sibedil terletak pada jumlah air terjunnya.  Beberapa penderasan yang berjejer rapi dari ukuran kecil sampai besar. Selain itu, penduduk lokal juga terkenal sangat ramah kepada pengunjung yang datang.

Nama Curug Sibedil muncul sebab di sekitar kawasan wisata Pemalang ini terdapat batu berbentuk moncong senapan. Menurut dongeng sesepuh desa, konon setiap malam Jumat kliwon selalu terdengar bunyi tembakan dari watu tersebut.

Curug Sibedil berada di lembah gunung Slamet, hingga bisa makan waktu perjalanan sekitar 35 menit kalau berangkat dari kota Pemalang. Deretan pohon pinus menjadi sahabat dalam perjalanan menuju curug sibedil.

keluar masuk pedesaan dan bertanya kepada warga setempat bisa dilakukan biar terhindar dari tersesat. Senyum ramah nrimo terpancar dari raut muka mereka, mereka menjawab dan menjelaskan arah curug sibedil dengan logat jawa yang kental  dan penuh sopan santun.

Lokasi: Jl. Kyai Abdurrosyid Rt.01 / Rw.03, Dusun Karangbulu, Sima,Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni