11 Daerah Wisata Serang, Indahnya Alam Kampung Para Pendekar Debus

Ada banyak pilihan daerah wisata Serang yang bsai dinikmati di salah satu kota di Banten ini. Ada sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan  dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga tidak banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan wisata alam Serang.

Ada banyak pilihan tempat wisata Serang yang bsai dinikmati di salah satu kota di Banten ini
Tempat Wisata Serang. Image via: seputarbantenonline

Sekilas Soal Serang

Kota Serang yaitu sebuah kota di Provinsi Banten. Serang merupakan ibukota Provinsi Banten dengan sentra pemerintahan berada di Kecamatan Kota Serang. Secara umum wilayah Kabupaten Serang berada pada ketinggian kurang dari 500 meter dpl dan tersebar pada semua wilayah.

Debus merupakan salah satu atraksi kesenian kebanggaan yang tumbuh subur di wilayah Serang. Permainan Debus bernuansa magis, dan kadang dan kadang membuat miris dan ngeri yang melihatnya. Permainan ini sebagai bukti betapa insan mampu bertahan asalkan beriman dan bertakwa.

Iklim di sini yaitu tropis. Serang yakni kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di bulan terkering terdapat banyak hujan.  Bahasa Jawa yakni bahasa yang dipakai oleh sebagian besar kawasan Banten utara, Serang, cilegon sampai tempat tanara, balaraja dan sekitarnya.

Untuk menuju ke Kota Serang dari Bandara Soekarno Hatta dapat memakai angkutan Bus Damri dengan tujuan ke Kota Cilegon. Bus Damri ini memang mempunyai tujuan akhir ke Cilegon, namun dalam perjalanannya bus tersebut akan singgah ke Terminal Bus Pakupatan Serang.

11 Tempat Wisata Serang

  1. Kawasan Wisata Banten Lama

Banten Lama merupakan sebuah tempat wisata Serang yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 2 jam dari Jakarta. Kawasan ini penuh dengan destinasi wisata sejarah,
Kawasan Wisata Banten Lama. Image via: ibnuasmara.com

Simak juga: 11 daerah wisata Sumenep

Banten Lama merupakan sebuah tempat wisata Serang yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sekitar 2 jam dari Jakarta. Kawasan ini penuh dengan destinasi wisata sejarah, daerah napak tilas periode lalu mulai dari zaman Belanda sampai era kerajaan Banten yang berdiri di sini.

Benteng Speelwijk merupakan wisata budaya di Banten Lama. Benteng kawasan wisata Banten ini dibangun pada periode ke-17 oleh Hendrick Loocaszoon Cardeel. Bneteng untuk melindungi diri dari kemungkinan serangan penduduk Banten pengikut Sultan Agung Tirtayasa.

Ada juga Keraton Surosowan disebut juga Benteng Surosowan merupakan pusat Kerajaan Banten pada abad Sultan Maulana Hasanudin. Keraton berfungsi sebagai daerah tinggal sultan dan keluarganya. Pengunjung tempat wisata Serang ini mampu menyaksikan sendiri sisa-sisa masa kejayaan Kerajaan Banten.

Keraton Kaibon merupakan wisata budaya di Banten Lama setidaknya 20 menit dari pusat Kota Serang. Keraton Kaibon merupakan kawasan tinggal ibu dari Sultan Banten yang ke-21, serta menjadi keraton kedua sesudah Keraton Surosowan di Banten. Pengunjung masih bisa menyaksikan pilar-pilar dari bangunan keraton, serta bab-bab lain salah satunya tangga di dalam bangunan ini.

Lokasi: Kecamatan Kaseman, Kabupaten Serang, Banten

Tiket:-

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Masjid Agung Banten

Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid tempat wisata Serang ini adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima.
Masjid Agung Banten. Image via: pesona.travel

Salah satu kekhasan yang tampak dari masjid tempat wisata Serang ini adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima. Mirip pagoda Tiongkok yang juga merupakan karya arsitek Tionghoa yang berjulukan Tjek Ban Tjut.

Di masjid ini juga terdapat kompleks pemakaman sultan-sultan Banten serta keluarganya. Yaitu makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar.

Masjid Agung Banten juga mempunyai paviliun embel-embel yang terletak di sisi selatan bangunan inti Masjid ini. Paviliun dua lantai ini dinamakan Tiyamah. Berbentuk persegi panjang dengan gaya arsitektur Belanda kuno. bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Hendick Lucasz Cardeel.

Menara yang menjadi ciri khas Masjid Banten terletak di sebelah timur masjid. Menara ini terbuat dari watu bata dengan ketinggian kurang lebih 24 meter. Diameter bagian bawahnya kurang lebih 10 meter. Untuk mencapai ujung menara, ada 83 buah anak tangga yang harus ditapaki dan melewati lorong yang hanya dapat dilewati oleh satu orang.

Lokasi: Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten

Tiket:-

Jam Buka: 24 jam

  1. Pulau Lima

Pulau lima merupakan tempat wisata Serang yang terkenal dengan keindahan alam pesisir yang tidak ada duanya. Pulau lima memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan halus dilengkapi dengan pemandangan hamparan mangrove di sekitarnya
Pulau Lima. Image via: citragardenbmw.com

Simak juga: 11 daerah wisata Sleman

Pulau lima merupakan tempat wisata Serang yang terkenal dengan keindahan alam pesisir yang tidak ada duanya. Pulau lima mempunyai pasir berwarna putih yang lembut dan halus dilengkapi dengan pemandangan hamparan mangrove di sekitarnya.

Luas pulau ini sekitar 3,5 hektar dengan jarak tempuh 20 menit memakai kapal dari Pelabuhan Karangantu. Pulau lima juga menjadi bab dari deretan Kepulauan Mojan, sehingga pengunjung pun bisa menikmati indahnya pemandangan gugusan pulau tersebut mulai dari Pulau Mojan Besar, Pulau Tiga Pulau EMpat, dan Pulau Pamujan Kecil.

Pulau Lima menjadi daerah yang sangat cocok untuk menghabiskan tamat pekan atau dikala liburan tiba. Selain pemandangan yang indah, pengunjung kawasan wisata Serang ini juga akan bertemu dengan penduduk lokal yang sangat ramah terhadap setiap wisatawan yang berkunjung.

Bersantai di pesisir dengan memanfaatkan gazebo-gazebo yang telah disediakan sambil menyantap masakan dan minuman menjadi kegiatan favorit banyak wisatawan disini. Hempasan ombak dan semilir angin sepanjang waktu semakin menambah pesona Pulau Lima ini.

Lokasi: kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

Tiket: 100.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Rumah Hutan

Kawasan Rumah Hutan merupakan salah satu tempat wisata Serang yang dapat digunakan untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan
Rumah Hutan. Image via: lifestyle.okezone.com

Kawasan Rumah Hutan merupakan salah satu daerah wisata Serang yang dapat dipakai untuk berlibur bersama keluarga di final pekan. Rumah tersebut lebih seperti anjungan rumah yang berada di tengah hutan.

Rumah Hutan memang mempunyai sensasi yang berbeda. Jika malam datang, pengunjung tidak menemukan gemerlap lampu seperti yang ada di kota-kota. Melainkan sinar alami dari kunangkunang yang beterbangan di sekitar lokasi.

Belum lagi aneka suara satwa seperti katak semakin menciptakan indahnya suasana malam di kawasan Rumah Hutan Cidampit. Di pagi hari, pengunjung daerah wisata Serang ini juga mampu bersepeda ria mengelilingi kawasan tersebut.

Selain mencari keringat dengan berolahraga, mereka juga mampu menikmati kondisi alam yang indah di tempat destinasi wisata Rumah Hutan Cidampit. Yang terperinci, destinasi wisata tersebut mempunyai keindahan yang sangat menarik sehingga sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Rumah Hutan Cidampit sangat sesuai untuk mengisi kegiatan liburan atau sekadar jalan-jalan sore bersama orang tersayang.

Lokasi: Bukit Cidampit, Kampung Bojong, Desa Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten

Tiket: –

Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Anyer

Di kawasan wisata anyer terdapat beberapa pantai. Namun di area tempat wisata Serang ini, yang paling ramai di kunjungi adalah Pantai Sambolo Anyer
Pantai Anyer. Image via: pantainesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Kupang

Di tempat wisata anyer terdapat beberapa pantai. Namun di area daerah wisata Serang ini, yang paling ramai di kunjungi yakni Pantai Sambolo Anyer. Bersantai menikmati keindahan daerah Pantai Anyer, Pengunjung mampu memanfaatkan jasa penyewaan sepeda yang tersedia.

Pengunung  juga mampu berjalan kaki menyusuri kawasan pantai memandang eksotisnya panorama pantai. Para pedagang juga memberikan kawasan bersantai dengan saung maupun tikar-tikar pada pasir pantai.

Di kawasan wisata ini terdapat sebuah mercusuar setinggi 16 lantai. Dari puncaknya, pengunjung mampu menikmati pemandangan sekitar pantai dari atas ketinggian. Di sini, akan terlihat hamparan luas maritim lepas dengan latar Anak Gunung Krakatau.

Air laut di tempat Pantai Anyer daerah wisata Serang ini masih higienis dan alami. Jernihnya air bahari menciptakan wisatawan mampu melaksanakan acara snorkeling di area pantai ini. Di area perairan tepi pantai yang kondusif, pengunjung mampu berenang.

Pada bagian pantai yang berkarang, tentu acara renang tidak diperbolehkan demi keamanan dan keselamatan. Perairan tempat ini juga banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menyelam.

Lokasi: Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Baten.

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Pantai Lontar

Pantai lontar salah satu tempat wisata Serang yang tampil unik dengan keberadaan pohon pohon yang sering dikatakan oleh orang cina adalah tanaman obat
Pantai Lontar. Image via: instazu.com

Pantai lontar salah satu daerah wisata Serang yang tampil unik dengan keberadaan pohon pohon yang sering dikatakan oleh orang cina adalah tanaman obat. Mereka mampu ngolah tumbuhan ini menjadi aneka macam macam olahan obat mirip obat kulit, gatal gatal, dan juga obat untuk kulit menjadi putih dan higienis.

Di bawah pohon inilah pengunjung  bisa menikmati keindahan pantai sekaligus melihat cara menanam atau budidaya rumput bahari. Sepanjang jalan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan atau hamparan budidaya rumput laut. Dari mulai proses hingga penjualan.

Pantai ini memeilki tempat Mangrove yang masih terjaga dengan baik. Tempat wisata Serang ini memperlihatkan sensasi jembatan labirin di celah-celah hutan bakau yang rimbun. Sensasi sejuk akan terasa dikala memasuki hutan bakau yang diberikan akomodasi jembatan kayu bercat warna-warni.

Pengunjung mampu melihat proses pembuatan industry rumahan yang berbahan rumpput laut. Di sini ada perjuangan kerupuk rumput laut, ceker rumput bahari, stik rumput laut, dodol rumput laut, manisan rumput maritim dan masih banyak lagi jenis jenis olahannya.

Lokasi:  Lontar, Tirtayasa, Serang, Banten

Tiket: 20.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Tunda

Walaupun belum terlalu diekspose, pulau tempat wisata Serang ini menyuguhkan berbagai kegiatan wisata alam yang menarik. Karena masih terjaga, backpacker ke pulau tunda akan sangat menarik untuk dilakukan.
Pulau Tunda. Image via: penawisata.com

Simak juga: 11 tempat wisata Situbondo

Walaupun belum terlalu diekspose, pulau tempat wisata Serang ini menyuguhkan berbagai aktivitas wisata alam yang menarik. Karena masih terjaga, backpacker ke pulau tunda akan sangat menarik untuk dilakukan.

Pemandangan pantai sangat indah dan berhamburan dengan pasir putih di sepanjang pantai. Pengunjung daerah wisata Serang ini bisa menikmati indahnya sunset dan juga hamparan pantai yang indah membentang.

Tersedia juga aktivitas yang berbeda di Pulau Tunda ini. Bisa menikmati wahana maritim bawah bahari. Beberapa kegiatannya adalah berupa snorkeling dan diving dengan harga yang terjangkau. Tipsnya ialah dengan melakukan snorkeling pada pagi hari sampai maksimal jam 12 siang saja. Karena, pemandangan di sekitar waktu tersebut yakni pemandangan terbaik untuk menikmati bawah laut.

Selain aktivitas snorkeling dan diving, pengunjung kawasan wisata Serang ini juga mampu menikmati aktifitas yang menarik lainnya. Salah satunya adalah memancing. Pulau Tunda merupakan salah satu spot terbaik untuk memancing. Mancing di pulau tunda akan memperlihatkan kesan yang berbeda karena dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih sangat sejuk dan alami.

Lokasi: Serang, Banten

Tiket: 50.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Bumi

Tempat wisata Serang, Curug Bumi di Padarincang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya
Curug Bumi. Image via: resonansi.id

Tempat wisata Serang, Curug Bumi di Padarincang merupakan daerah wisata yang harus anda kunjungi alasannya pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Serang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Objek Wisata Curug Bumi di Padarincang Serang Banten ini memeiliki beberapa air terjung kecil. Air terjun di tempat wisata Seang ini mempunyai ketinggian kurang lebih tiga sampai lima meter dengan air yang cukup jernih .

Pemandangan sekitar curug masih asri dan tempatnyapun cukup bersih sebab masih jarang didatangi oleh para wisatawan. Untuk mencapai kawasan wisata Serang ini, pengunjung Perjalanan dengan berjalan kaki selama tiga puluh menit, melewati perkebunan warga dan sungai.

Objek Wisata Curug Bumi di Padarincang Serang Banten ini anda juga mampu bermain cliff diving dari tebing di ketinggian. Kondisi yang masih alami didukung oleh lokasinya yang masih tersembunyi. Untuk menemukan curug indah ini traveler perlu kerja ekstra keras melintasi medan ekstrim.

Lokasi: Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Banten

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Rawa Arum

Danau tempat wisata Serang ini memiliki panorama yang indah dengan latar belakang bukit-bukit.
Rawa Arum. Image via: citragardenbmw.com

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Situ Rawa Arum merupakan danau yang tidak memiliki sumber mata air. Danau kawasan wisata Serang ini memiliki panorama yang indah dengan latar belakang bukit-bukit. Di atas danaunya banyak tumbuh bunga teratai putih. Aroma bunga teratai putih ini akan lebih menyengat dikala malam datang.

Di danau tempat wisata Serang ini, pengunjung mampu menikmati pemandangan eksotis dengan hamparan air yg cukup luas sekitar 10 hektar. Terdapat juga wisata air seperti belibis-bebekan dan juga rakit. Selain itu jangan lupa untuk mengabadikan foto bersama sahabat di sini.

Menurut dongeng masyarakat lokal, danau daerah wisata Serang ini terbentuk ketika Krakatau meletus 1883. Letusan gunung dengan imbas 130.000 kali bom atom Hiroshima dan Nagasaki itu menimbulkan tsunami besar dan meluluhlantakkan Desa Tegalega.

Desa yang sebelumnya menjadi tempat tinggal itupun tertutup oleh air laut. Tampaknya, gempa bumi dari letusan vulkanik Gunung Krakatau telah membuat Desa Tegalega amblas dan kemudian terisi air laut yang terbawa oleh tsunami dan terbentuklah sebuah bak besar.

Lokasi: Linkungan Tegalwangi, Rawa Arum, Provinsi Banten.

Tiket:-

Jam Buka:  24 jam

  1. Pulau Sangiang

Pulau tempat wisata Serang ini dahulu adalah wilayah konservasi dan cargar alam yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi.
Pulau Sangiang. Image via: @explorebantentravel

Pulau sangiang, sebuah pulau kecil di ujung barat pulau jawa. Pulau kawasan wisata Serang ini dahulu ialah wilayah konservasi dan cargar alam yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Dengan lingkungan pulau yang masih hijau alami dengan hutan tropis, pantai berpasir putih dengan airnya yang biru dan hening seakan menambah keeksotisan pulau sangiang.

Pulau Sangiang  terletak di Selat Sunda yang memisahkan antara pulau jawa dan pulau sumatera.  Pulau Sangiang yang awalnya nya yaitu sebuah  Cagar Alam dengan luas 700,35 Ha. Pada tahun 1991Dirubah menjadi wisata perairan dengan total luas 720 HA.

Yang menjadi andalan pulau tempat wisata Serang ini yakni pantai yang masih alami dengan pasir putih dan air bahari yang biru jernih. Juga area diving yang memiliki keragaman jenis ikan dan beraneka terumbu karang. Ditambah lagi keadaaan pulau sangiang yang masih hijau alami.

Pulau sangiang bukanlah pulau dengan aneka macam kemudahan yang lengkap, pulau sangiang hanya sebuah pulau alami yang masih jarang di jamah.  Namun, justru itulah hal yang menarik di pulau sangiang. Pengunjung yang mendatangi pulau sangiang akan di suguhkan dengan kondisi alam yang masih alami dengan pantai-pantai pasir putih serasa pantai eksklusif.

Lokasi: Kampung Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Tiket: –

Jam Buka: 24 jam

  1. Danau Tasikardi

Asal nama Tasikardi merupakan gabungan dari dua suku kata dari bahasa Sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang artinya Danau Buatan. Dasar dari Danau buatan tempat wisata Serang ini terbuat dari ubin batu bata.
Danau Tasikardi. Image via: detikbanten.com

Simak juga: 11 daerah wisata Kendari

Asal nama Tasikardi merupakan campuran dari dua suku kata dari bahasa Sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang artinya Danau Buatan. Dasar dari Danau buatan kawasan wisata Serang ini terbuat dari ubin batu bata.

Danau yang mempunyai luas area 5 ha dengan kedalaman 1 meter dan airnya bersumber dari Sungai Cibanten tersebut, dibangun pada kurun pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf (1570 – 1580 M). Danau Tasikardi sebagai tanda cinta Sultan Maulana Yusuf bagi Sang Ibunda.

Dulunya berfungsi sebagai pemasok air higienis untuk Kota Surosowan, Banten Lama. Selain itu Danau yang dahulu juga dikenal dengan nama Situ Kardi ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan Sultan beserta keluarganya dan irigasi persawahan yang menggunakan pipa-pipa tanah liat.

Air danau kawasan wisata Serang ini damai, bergerak mengikuti hembusan angin. Deretan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar menciptakan cocok sebagai sarana rekreasi, mencari suasana hening atau mencari ide. Nuansa agraris hadir dengan adanya persawahan yang terdapat di sekitar Danau Tasikardi.

Di danau kawasan wisata Serang ini juga terdapat banyak ikan, sehingga dipakai juga sebagai arena memancing. Jika tidak membawa peralatan pancing, bisa mendapatkannya dengan membeli di toko atau kantin yang juga menyiapkan perlengkapan memancing di sana.

Lokasi:  Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Provinsi Banten

Tiket: 2.500

Jam Buka: 09.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni