11 Daerah Wisata Singkawang, Ibu Kota Para Tatung Di Tanah Borneo

Berlibur ke Singkawang jangan hanya untuk merayakan imlek, tapi kunjungi juga sederet daerah wisata Singkawang yang hits. Mulai dari wisata dataran tinggi, hingga pantai indah berbatu. Ada juga pasar tradisional yang seperti dengan Suasana Pasar tradisional di Hongkong.

Berlibur ke Singkawang jangan hanya untuk merayakan imlek, tapi kunjungi juga sederet tempat wisata Singkawang yang hits
Tempat Wisata, pameran CapGoMeh . Image via: haloindonesia.co.id

Sekilas Soal Singkawag

Kota Singkawang atau San Khew Jong yakni sebuah kota Kalimantan Barat.  Kota ini terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat.

Kota Singkawang sendiri berasal dari kata San Kew Jong atau biasany dibaca Shan Kou Yang. Kata ini mempunyai arti gunung mulut maritim. Yang artinya Kota Singkawang merupakan kota yang berada di antara gunung dan maritim.

Kota yang tiap tahunnya selalu dibanjiri puluhan ribu pengunjung untuk menyaksikan perhelatan tahun gres imlek. Atraksi para tatung merupakan pertunjukan yang paling dinantikan dalam Festival Cap Go Meh di Singkawang. Biasa menjadi incaran para fotografer untuk diabadikan dalam foto.

Jarak dari Pontianak ke Singkawang sekitar 151 kilometer. Jarak ini bsia ditempuh selama empat jam perjalanan darat. Untuk pengunjung luar pulau, bisa mengguankan moda udara, dengan mendarat di Bandar Udara Internasional Supadio, dan dilanjutkan lewat darat

11 Tempat Wisata Singkawang

  1. Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam merupakan bukit tempat wisata Singkawang, dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut
Bukit Rindu Alam. Image via: wisatasia.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Sabang

Bukit Rindu Alam merupakan bukit kawasan wisata Singkawang, dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan bahari. Dari sini pengunjung dapat menikmati sejuknya puncak Gunung Kota, Gunung Besar dan Gunung Lapis yang terlihat menyatu. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya Pantai Bajau dari atas ketinggian.

Bersantai sembari menikmati kopi di gubug menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengunjung. Selain itu ada pula yang sengaja tiba saat sore hari. Selain asyik untuk bersantai, menikmati senja Laut Natuna menjadi aktivitas yang sayang dikala berkesempatan menikmati kesejukan Bukit Alam Rindu.

Untuk mempercantik suasana, bukit ternama di Singkawang ini juga ditanami aneka bunga yang semakin menambah indah suasana.

Utuk hingga di puncak, pengunjung berjalan kaki menyusuri anak tangga yang tersedia. Menariknya, di sepanjang tangga kawasan wisata Singakwang ini terdapat aneka patung binatang. Seperti iguana, kodok, banteng serta kura-kura. Tidak jarang pengunjung mengambil foto di sekitar patung-patung tersebut.

Lokasi:  Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Bukit Bougenville

Sesuai dengan namanya, taman tempat wisata Singkawang ini didominasi dengan panorama bunga bougenville
Bukit Bougenville. Image via: ksmtour.com

Bukit Bougenville merupakan sebuah taman cantik ternama yang berada di tempat Singkawang. Sesuai dengan namanya, taman daerah wisata Singkawang ini didominasi dengan panorama bunga bougenville. Setidaknya ada sekitar 46 spesies bunga bougenville  dari dalam ataupun luar negeri.

Selain Bougenville, pengunjung juga dapat melihat tanaman hias khas Kalimantan yang melegenda seperti anggrek hitam, aneka tanaman kantung semar, anggrek kuping gajah, anthurium dan yang lainnya.

Selain menarik untuk dipakai berselfie, taman cantik ini cocok menjadi lokasi wisata para pecinta bunga. Karena keindahan alamnya yang memukau, ada pula yang mengakibatkan Taman Singkawang sebagai lokasi untuk mengambil foto pre wedding.

Taman seluas 1,5 hektar ini juga dilengkapi dengan adanya kebun buah. Aneka buah-buahan ada di taman kawasan wisata Singkawang ini. Mulai dari durian, rambutan, alpukat dan yang lainnya. Di Taman Bougenville juga terdapat hutan Homogen yang ditumbuhi pohon gaharu. Jenis pohon yang dikenal sebagai salah satu flora termahal di dunia.

Lokasi: Desa Sijangkung, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Tiket:10.000

Jam Buka: 09.00-21.00

  1. Danau Biru

Air danau tempat wisata Singkawang ini berwarna biru, terlihat cantik. Dihias dengan pepohonan hijau di sekitarnya.
Danau Biru. Image via: merahputih.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Banyumas

Sesuai dengan namanya, danau dengan air berwarna biru ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Singkawang. Air danau daerah wisata Singkawang ini berwarna biru, terlihat manis. Dihias dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Air danau yang berwarna biru toska dan suasana sekeliling yang hijau, bisa menawan hati siapa pun yang datang. Itu sebabnya Danau Biru sering menjadi objek foto-foto wisatawan. Bahkan, seringkali warga Singkawang melaksanakan foto pre-wedding di Danau Biru.

Pengunjung dihentikan bermain air di Danau Biru. Berenang yaitu kegiatan yang dihentikan di danau ini.  Dulunya, Danau Biru ini pernah digunakan untuk pembersihan penggalian tambang emas. Akibatnya, air di danau ini bantu-membantu mengandung banyak materi-materi kimia.

Meski begitu, Danau Biru tempat wisata Singkawang ini masih bisa dinikmati pemandangannya. Bagi para fotografer yang suka berfoto pemandangan, di sinilah kawasan yang sangat bagus untuk foto sunrise ataupun bintang-bintang di langit pada subuh hari.

Lokasi: Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang.

Tiket: 5.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Pasar Hongkong

Pasar tempat wisata Singkawang ini dinamakan Pasar Hongkong karena kemiripannya dengan Hongkong
Pasar Hongkong. Image via: seputarkotasingkawang

Pasar daerah wisata Singkawang ini dinamakan Pasar Hongkong sebab kemiripannya dengan Hongkong. Baik itu alasannya adalah orang-orang yang berjualan di dominasi oleh etnis keturunan China sampai kuliner-makanan yang di jajakan pun kebanyakan khas Tionghoa.

Pada siang hari di sepanjang jalan ini, suasana pertokoan yang menjual aneka macam hal akan menjadi hidangan utama. Tetapi, semua itu akan berubah pada dikala senja datang. Toko-toko dan kesibukan siang hari akan berkembang menjadi lebih semarak pada malam hari dengan aneka gerobak penjaja kuliner berbaur dengan pasar rakyat.

Sebagai sebuah kawasan yang memperlihatkan hampir semua jenis masakan khas Tionghoa mirip Chinesse Food, Bakso, Martabak, Choi Pan, Bakmie, Kwetiau, Cap Cay hingga makananan rakyat mirip Nasi Campur Singkawang, Tahu dan Bubur Tahu khas Singkawang.

Pasar Hongkong Singkwang sering kali dijadikan tujuan melepas lelah, dahaga dan lapar oleh mereka-mereka yang lelah sehabis seharian berjalan-jalan mengunjungi berbagai objek wisata di Kota Singkawang, atau sebagai kawasan melewati malam dan bercengkerama dengan sobat-teman dan teman sambil menikmati suasana malam di Pasar Hongkong Singkawang.

Lokasi:  Jalan Setia Budi maupun Jalan Bawal, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tiket: –

jam Buka: 18.00-24.00

  1. Air Terjun Sibohe

. Di bawah air terjun tempat wisata Singkawang ini terdapat semacam kolam untuk pengunjung bisa mandi dan berendam
Air Terjun Sibohe. Image via: wisatalengkap.com

Simak juga: 11 daerah wisata BIntan

Air Terjun Sibohe masih alami dengan dikelilingi pepohonan serta airnya yang jernih dan sejuk. Di bawah penderasan daerah wisata Singkawang ini terdapat semacam bak untuk pengunjung bisa mandi dan berendam. Hal ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke jeram di Singkawang ini.

Air terjun daerah wisata Singkawang ini juga memperlihatkan pemandangan alam yang mempesona. Panorama alamnya kian menarik dengan hawa udara yang segar dan sejuk.

Letak teladas ini ada pemukiman penduduk lengkap dengan kolam renang bidadari. Pengunjung bisa menyaksikan puncak keindahan air terjun pada jam 1 siang. Hal ini dikarenakan sinar matahari tampak masuk ke bak tersebut.

Dimana sisi kiri kanannya terdapat kerikil dan akar pohon yang memiliki ketinggian 9 meter dengan lebar bak yang luasnya 18 meter persegi. Sinar matahari tersebut membuat warna merah yang indah. Ketika menyambangi Sibohe, pastikan tidak melewatkan momen ini.

Lokasi: Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tiket: 10.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Pantai Palm Beach

Pantai Tempat wisata Singkawang Palm Beach, sebenarnya sebuah resort yang berada di dekat Pantai.
Pantai Palm Beach. Image via: phinemo.com

Pantai Tempat wisata Singkawang Palm Beach, bergotong-royong sebuah resort yang berada di bersahabat Pantai. Namun pengunjung umum yang tidak menginap di resort juga tidak dilema untuk masuk Aare pantai ini. Palm Beach ini ada atraksi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung selain tamu resort.

Panorama alam yang ditawarkan Palm Beach tentu saja pantai dengan segala keindahan yang dimilikinya. Hamparan pasir putih, air maritim yang segar dan jejeran pohon kelapa yang menambah suasana hening dan nyaman ketika berada di Palm Beach ini.

Bagi pengunjung daerah wisata Singkawang ini yang tidak ingin menikmati kesegaran air lautnya, mampu menikmati acara lain.  Misalnya mengambil foto dengan latar belakang pantai ini atau bebatuan yang dapat menambah koleksi foto di hp pribadi atau social media.

Di sekitar pantai tempat wisata Singkawang ini juga tersedia akomodasi offroad. Juga ada  volley pantai, camping ground, bumi perkemahan dan lainnya ada disini. Objek wisata Palm Beach ini juga biasanya dipakai untuk kegiatan gathering, outbound, games dan masih banyak lagi.

Lokasi: Pasir Panjang, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tiket: 25.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang ini memiliki hamparan pasir yang membentang luas dan juga sangat bersih. Ini memebuat pantai tempat wisata Singkawang ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat berlibur keluarga.
Pantai Pasir Panjang. Image via: infopromodiskon.com

Simak juga: 11 daerah wisata Pati

Pantai Pasir Panjang Singkawang ini memiliki hamparan pasir yang membentang luas dan juga sangat higienis. Ini menciptakan pantai daerah wisata Singkawang ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tempat berlibur keluarga.

Pantai ini juga memiliki air bahari yang higienis dan sangat jernih. Dengan demikian, mendukung untuk pengunjung yang ingin melakukan acara berenang atau menyelam di pantai ini. Selain itu, pengunjung tempat wisata Singkawang ini mampu melakukan sejumlah kegiatan olahraga mirip voli pantai atau sepakbola pantai.

Pantai ini juga sangat cocok untuk melaksanakan aktivitas memancing atau berselancar. Hal ini dikarenakan, pantai di Singkawang ini mempunyai ombak yang cukup besar, dan hal itu membuatnya menjadi rumah bagi para ikan.

Di Pantai Pasir Panjang, pengunjung dapat menikmati keindahan detik-detik terbenamnya matahari. Pemandangan terlihat lebih indah alasannya sunset  jatuhnya di balik pulau-pulau yang terdapat di tempat pantai tersebut. Pengunjung mampu menikmati suasana melihat sunset di pantai, atau mampu juga melihat dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat pada tempat tersebut.

Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Batu burung

Pantai Batu Burung, pantai tempat wisata Singkawang ini terletak di sedau Singkawang selatan.
Pantai Batu burung. Image via: jalanwisata.id

Pantai Batu Burung, pantai daerah wisata Singkawang ini terletak di sedau Singkawang selatan. Lebih dikenal dengan kampung nelayan sebab di kawasan ini terdapat banyak nelayan yang mencari ikan. Yang membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi yakni watu-watu granit yang banyak berantakan di pantai ini.

Terdapat jembatan yang menghubungkan pengunjung ke kerikil granit tersebut. Jaman sebelum adanya jembatan penghubung dari daratan, masyarakat sekitar umumnya berjalan kaki memanfaatkan air yang surut dikala dipagi hari.

Bibir pantai nya memang tidak terlalu luas dan dibatasi dengan batu-batu berbentuk kotak untuk menghindari abrasi pantai. Jika kita memandang ke sekeliling pantai dihiasi dengan pemandangan hijau yang indah. Semakin memanjakan mata.

Di tempat daerah wisata Singkawang Pantai Burung, telah disediakan pendopo-pendopo berukuran sekitar 2 × 2 meter untuk bersantai bersama keluarga. Deburan ombak, dengan angin sepoi-sepoi tentu menjadi kenikmatan sendiri bagi para pengunjung.

Lokasi: Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat

tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Hutan Mangrove Setapuk

Keberadaan tempat wisata Singkawang berupa Hutan Mangrove, merupakan hasil jerih payah Kelompok Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri yang di pimpin oleh bapak Jumadi.
Hutan Mangrove Setapuk. Image via: nyero.id

Simak juga: 11 daerah wisata Sumba

Keberadaan kawasan wisata Singkawang berupa Hutan Mangrove, merupakan hasil jerih payah Kelompok Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri yang di pimpin oleh bapak Jumadi. Berkat kerja keras bapak Jumadi , tahun 2015 kemudian pernah menjadi nominator kalpataru.

Tidak sulit untuk tiba ke Hutan Mangrove Singkawang, sebab hutan ini bisa ditempuh 15 menit perjalanan dari sentra kota Singkawang.

Banyak aktivitas wisata di lokasi hutan Mangrove Singkawang ini. Diantaranya Wisata hutan dengan pilihan kegiatan terdiri dari berkemah, wisata alam, out bond, hunting foto, dan penelitian. Ada juga Wisata air memancing. Konservasi acara penanam mangrove. Dapat juga menyusuri Hutan Mangrove dengan naik speedboat

Di hutan mangrove daerah wisata Singkawang ini dibangun sebuah tower menara pandang. Pengunjung bisa naik ke atas tower yang tingginya 9 meter. Untuk menikmati pemandangan hutan mangrove dari atas tower ini dengan kapasitas hanya untuk 4-5 Orang.

Lokasi: Setapuk Besar, Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Randayan

Pantai di pulau tempat wisata Singkawang ini memiliki pasir berwarna putih yang menambah keindahan di pulau ini
Pulau Randayan. Image via: panduanwisata.id

Pulau ini menunjukkan panorama alam yang indah dan kehidupan bawah bahari yang eksotis. Pantai di pulau tempat wisata Singkawang ini mempunyai pasir berwarna putih yang menambah keindahan di pulau ini. Dengan luas sekitar 4,5 hektar, Pulau Randayan dikenal sebagai salah satu surga bagi penikmat Pantai.

Menginjakan kaki di Pulau Randayan kita mirip dimanjakan dengan alam yang sangat indah. Selain pantainya yang berpasir putih, air pantai yang bening dan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini.

Selain bersantai di tepian pantai berpasir putih, Pulau Randayan juga menawarkan bermacam-macam acara wisata laut mulai dari memancing, diving sampai snorkeling. Pulau Randayan memiliki luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar.

Dengan hidangan kondisi seperti ini, akan menarik siapa saja yang mempunyai hobi snorkeling maupun diving untuk melakukan eksplorasi keindahan bawah laut yang eksotis di pulau daerah wisata Singkawang ini.

Lokasi: Laut Cina Selatan dan bab timur pulau Kalimantan, diakses dari teluk Suak.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Sinka Island Park

Tempat wisata Singkawang ini terletak di dekat Pantai Simping dan juga Pantai Bajau.
Sinka Island Park. Image via: getborneo.com

Simak juga: 11 daerah wisata Banjarnegara

Selain memperlihatkan bermacam-macam fasilitas menarik seperti arena bermain dan juga kebun binatang mini, Sinka Island Park juga terbilang strategis. Tempat wisata Singkawang ini terletak di erat Pantai Simping dan juga Pantai Bajau.

Di Sinka Island Park, pengunjung mampu mengunjungi Sinka Zoo. Konsep wisata di Sinka Island Park tergolong cukup menarik karena menggabungkan konsep wisata pantai dengan kebun hewan. Dua objek wisata yang digemari banyak keluarga di Indonesia. Belum banyak rasanya kawasan wisata yang memiliki konsep seunik ini.

Untuk bisa puas menikmati liburan di kawasan wisata Singkawang ini, sebaiknya datang di pagi hari. Selain dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai, Sinka Island Park juga dilengkapi dengan beberapa kios yang menjajakan masakan dan minuman.

Di Sinka Zoo  Anda dapat mengelilingi area kebun binatang memakai kendaraan. Selain itu juga mampu berfoto atau memberi makan satwa yang dipelihara di sana. Petugas kebun menyediakan masakan hewan di depan kandang.

Seperti halnya kebun binatang lain, di kawasan wisata Singkawang ini, pengunjung dapat melihat beragam satwa seperti gajah, kerbau, beruang madu, harimau, singa, burung merak, kakatua dan yang lainnya.

Lokasi: Jl. Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni