11 Daerah Wisata Trenggalek, Tanah Kampung Halaman Kripik Tempe

Jika mencari daerah wisata Trenggalek Jawa Timur, terdapat sangat banyak pilihan. Lokasi wisata di Trenggalek tersedia mulai dari penderasan, pantai, Air terjun di Pantai, Goa, Taman, Hingga puncak-puncak gunung nan menawan.

Jika mencari tempat wisata Trenggalek Jawa Timur, terdapat sangat banyak pilihan.
Tempat Wisata Trenggalek. Image via: idntimes.com

Sekilas Soal Trenggalek

Secara Geografi Trenggalek berada di pesisir selatan dimana Trenggalek berbatasan dengan kota sekitar dari sisi barat Pacitan dengan nasi tiwulnya, sisi timur dengan Tulungagung, sisi utara dengan Ponorogo. Letak Geografi Kota Trenggalek ini yang menyuguhkan pesona alam yang memukau.

Ada beberapa jenis cemilan khas yang bisa dijumpai di sentra buah tangan di Kabupaten Trenggalek. Tapi, di antara semuanya, dua cemilan yang paling tersohor, adalah kripik tempe dan alen-alen. Dua jajanan ini merupakan Icon kebanggaan kabupaten Trenggalek.

Kabupaten Trenggalek tidak memiliki gunung berapi yang masih aktif, yang ada hanya gunung-gunung kecil yang tidak aktif dan lebih seperti disebut perbukitan.

Seperti Kabupaten lainnya di Jawa Timur yang memiliki perubahan Iklim sebanyak 2 jenis setiap tahun, yakni isu terkini kemarau dan trend penghujan. Bulan September- April merupakan trend penghujan, sedangkan animo kemarau terjadi pada bulan Mei-Agustus.

Untuk persoalan transportasi, Trenggalek belum memiliki stasiun kereta api maupun bandara. Untuk penerbangan, memakai bandara Juanda- Surabaya. Untuk kereta api, mengguankan Statsiun Tulung agung. Dari sana dilanjutkandnegan Bis menuju Trenggalek.

11 Tempat Wisata Trenggalek

  1. Air Terjun Pantai Pelang

Objek di tempat wisata trenggalek ini yang paling terkenal di Pantai Pelang yaitu air terjun yang berada sekitar 300 meter dari pesisir Pantai
Air Terjun Pantai Pelang. Image via: catatannobi.com

Simak juga: 11 Tempat Wisata Pekalongan

Objek daerah wisata Trenggalek yang paling terkenal di Pantai Pelang adalah jeram yang berada sekitar 300 meter dari pesisir Pantai. Air terjun ini kerap dikunjungi pengunjung untuk sekedar bermain air jika ombak sedang pasang. Untuk hingga di penderasan, perlu berjalan kaki di pesisir Pantai.

Di Pantai yang berada di barat Trenggalek ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan lokasi parkir dengan bibir Pantai. Dari jembatan ini akan terlihat pemandangan Pantai yang mengesankan sehingga Anda dapat berfoto disini.

Pantai Pelang berada di barat kota Trenggalek sehingga cocok dijadikan pilihan utama spot untuk menikmati matahari tenggelam. Pengunjung dapat memotret dikala-saat matahari mulai pergi dan petang datang memakai kamera atau samrtphone.

Objek wisata lain yang ada di kawasan wisata Trenggalek ini adalah hutan pinus, hutan ini berada di jalanan menuju Pantai. Pengunjung dapat berhenti sejenak di hutan pinus untuk menikmati segarnya udara hutan yang asri sembari berfoto. Hutan ini berada di sekitar jalan menuju Pantai Pelang dengan panorama pinus hijau tinggi menjulang.

Lokasi: Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Tiket:Rp 8.000

Jam Operasional: 24 Jam

  1. Air Terjun Kedung Maron

Berkonsep alami dengan memadukan sentuhan kekinian menjadikan lokasi tempat wisata trenggalek ini semakin populer.
Air Terjun Kedung Maron. Image via: wisatatempatku.com

Wisata Alam Putri Maron ini merupakan daerah wisata nan asri dengan penderasan yang jernih. Berawal dari sosial, warga sekitar berbagi wisata ini. Berkonsep alami dengan memadukan sentuhan kekinian menimbulkan tempat wisata Trenggalek ini semakin populer.

Nama Putri Maron sendiri berasal dari kata Putri yang berarti wanita. Sedangkan maron berarti kedung atau bak alami. Menurut kisah di masyarakat, tempat ini pernah disinggahi putri dari kerajaan Kediri, sehingga menggunakan nama putri.

Di pinggir kedung kawasan wisata Trenggalek ini dipenuhi batuan purbakala. Oleh alasannya itu banyak wisatawan yang menyebutnya lokasi ini sebagai Putri Maron Kali Batu Purba. Banyaknya pohon disekeliling kedung juga menunjukkan nuansa sejuk, teduh dan nyaman.

Setelah puas bermain dan berkeliling, pengunjung disediakan Gazebo untuk beristrahat. Hawa yang sejuk dan nuansa asri akan semakin lengkap dengan menikmati aneka macam kuliner di sekitar tempat Putri Maron. Salah satu yang patut dicoba ialah Sego Gegog khas Trenggalek yang nikmat.

Lokasi: Beji, Gandusari, Trenggalek

Tiket : Rp 2.000

Jam Operasional: 07.00-17.00

  1. Pantai Pasir Putih Trenggalek

Tempat wisata Trenggalek ini yang memiliki pantai dengan hamparan pasir putih bersih dengan ombak laut yang tenang
Pantai Pasir Putih. Image via: faktualnews.co

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

Obyek wisata pantai di Trenggalek ini yang memiliki pantai dengan hamparan pasir putih higienis dengan ombak laut yang damai, sehingga setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi pantai mampu main dan berenang sambil mandi di tepi lautnya.

Di daerah wisata Trenggalek Pantai Pasir Putih Trenggalek, hampir sama sekali tidak menemukan ombak yang besar. Jadi pantai ini sangat rekomended dan cocok untuk pengunjung yang hobi dan suka berenang atau olah raga air. Bahkan orang renta yang megajak anak juga mampu hening melepas anaknya main air pantai.

Bagi pengunjung yang suka dengan waterspot, Pantai tempat wisata Trenggalek ini mempunyai fasilitas dan sarana olah raga air mirip banana boat, kemudian perlengapan untuk berenang mirip life jacket atau ban dalam kendaraan banyak kita jumpai disini.

Pantai Pasir Putih Trenggalek Jawa Timur ialah terdapatnya dermaga kecil untuk kawasan berlabuhnya kapal. Namun, sepertinya dermaga kapal tersebut telah beralih fungsi sebagai tempat untuk melompat bagi para wisatawan yang ingin menyeburkan diri ke maritim atau hanya sekedar untuk foto-­foto.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Tiket: Rp 10.000

Jam Operasional: 07.00-18.00

  1. Pantai Cengkrong

keistimewaan pantai tempat wisata trenggalek ini terletak pada pasirnya yang lembut. Warnanya putih sedikit kecoklatan, cocok untuk tempat bermain
Pantai Cengkrong. Image via: wisatabaru.com

Pantai Cengkrong berada di sebelah barat Pantai Prigi dan di sebelah timur Gunung Kumbokarno. Letak pantai ini cukup strategis untuk dikunjungi alasannya adalah berada di tepi Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa yang melewati Kabupaten Trenggalek. Lama perjalanan sekitar 2-3 jam dengan kendaraan berkecepatan sedang.

Sesuai namanya, keistimewaan pantai ini terletak pada pasirnya yang lembut. Warnanya putih sedikit kecoklatan, cocok untuk kawasan bermain. Pengunjung dapat menikmati angin sepoi-sepoi lembap menerpa. Sembari duduk-duduk lesehan di bawah pohon menikmati indahnya pantai.

Pantai tempat wisata Trenggalek Cengkrong, merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi alasannya pesona keindahannya tidak ada duanya. Pantai Cengkrong merupakan bagian dari deretan pantai selatan pulau Jawa.

Ombaknya tidak terlalu besar, sebab Pantai Cengkrong di halangi oleh perbukitan karang yang menahan ganasnya ombak laut selatan. Pada bagian barat pantai terdapat bukit karang menjulang, yang dibawahnya mengalir sungai air payau dari hutan mangrove.

Di daerah wisata Trenggalek ini juga bisa berkeliling ke pantai sekitar memakai kapal, hanya dengan membayar 15.000/orang. Bisa juga menaiki banana boat, dll. Untuk yang tidak membawa tikar, disana juga disediakan sewa tikar dengan harga 10.000

Lokasi: Desa Karanggandu, Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Tiket: Rp 5.000

Jam Operasional: 24 jam

  1. Pantai Karanggongso

Ombak di Pantai tempat wisata trenggalek ini ramah bersahabat sehingga tidak diberlakukan larangan berenang untuk siapa pun.
Pantai Karanggongso. Image via: wisatadiindonesia.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Wonosobo

Pantai ini berjarak 38 kilo meter dari pusat kota Trenggalek dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih beberapa menit saja. Pantai Karanggongso ialah Pantai dengan warna Pasir Putih yang bersih dan warna bahari yang membiru indah.

Ombak di Pantai daerah wisata Trenggalek ini ramah bersahabat sehingga tidak diberlakukan larangan berenang untuk siapa pun. Pengunjung diizinkan berenang dengan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang sekitar Anda. Bila tidak bisa berenang, namun tetap ingin main air, mampu menyewa ban yang disediakan oleh pedagang dengan harga terjangkau.

Di pantai kawasan wisata Trenggalek ini tersedia persewaan bahtera dengan harga yang relatif murah. Pengunjung akan diajak berkeliling lokasi sekitar Pantai Karanggongso dengan bahtera. Dengan melihat keindahan pantai dari dalam perairan, memeberikans udut pandang baru dari keindahanpantai ini.

Acara berkemah atau ngecamp biasa dilakukan di pantai ini. Pengunjung bebas tiba kemari kapan saja kalau ingin berkemah, bisa mulai dari siang atau malam hari. Tempatnya yang nyaman dan pemandangannya yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengunjungnya.

Lokasi: Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Tiket: Rp 10.000

Jam Operasional: 08.00-18.00

  1. Goa Lowo

Pengunjung goa tempat wisata trenggalek ini akan dibuat takjub oleh keindahan dan panorama yang ada di dalam goa.
Goa Lowo. Image via: trenggalekkab.go.id

Goa tempat wisata Trenggalek ini terkenal sebagai goa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara ini masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan. Sebutan terpanjang didapat menurut penelitian yang dilakukan oleh mahir goa asal Perancis, panjang Goa Lawa Trenggalek ini berkisar 2 km.

Di depan goa terdapat patung unik. Patung ratu dengan sayap kelelawar di belakangnya. Warga sekitar menyebut patung ini dengan sebutan Sri Ratu Lowo. Dinamakan Sri Ratu Lowo sebab patung ini menyimbolkan Ratu dari semua kelelawar yang ada di dalam goa Lowo Trenggalek.

Ketika memasuki ekspresi goa, pengunjung kawasan wisata Trenggalek ini tidak akan merasakan suasana yang mistis mirip pada goa–goa pada umumnya. Pengunjung malah akan dibuat takjub oleh keindahan dan panorama yang ada di dalam goa.

Ruangan yang luas bagaikan aula dengan ketinggian langit–langit goa yang berkisar 20 – 50 meter menjadi pemandangan pertama yang dilihat oleh pengunjung. Lebar dari ruangan ini cukup besar ialah sekitar 50 meteran dengan bentuk dinding goa yang beraneka ragam.

Lokasi:  Kambe, Watu Agung, Watu Limo, Trenggalek

Tiket: Rp 4.000

Jam Opersional: 08.00-17.00

  1. Gunung Prongos

Pemandangan alam yang ada di tempat wisata trenggalek ini sangat luar biasa, hamparan  hutan pinus dan perumahan penduduk
Gunung Prongos. Image via: Angelina Kusuma

Simak juga: 11 kawasan wisata Tawangmangu

Lokasi daerah wisata Trenggalek ini dulunya ialah bekas pertambangan watu gamping yang sudah tidak diexplorasi lagi. Luas kawasan wisata puncak Gunung Prongos tersebut  sekitar  100 meter persegi, dengan ketinggian sekitar 550 Mdpl.

Lokasi wisata ini berada di tengah – tengah kawasan hutan milik perhutani. Pemandangan alam yang ada di lokasi tersebut sangat luar biasa, hamparan  hutan pinus dan perumahan penduduk menambah keindahan tersendiri yang dimiliki oleh lokasi wisata ini.

Cekungan-cekungan kecil  menyerupai telaga menambah daya tarik tersendiri bagi daerah wisata Trenggalek ini. Pohon-pohon pinus yang berada di lokasi memperlihatkan keindahan serta kesegaran udara di sekitar lokasi tersebut.

Selain memiliki keindahan alam yang sangat indah di lokasi tersebut juga mempunyai akomodasi menara pohon. Menara pohon tersebut memiliki kapasitas hanya dua orang saja. Apabila pengunjung ingin mencoba naik ke atas menara pohon tersebut harus bergantian.

Selain itu di lokasi wisata Puncak Gunung Prongos ini terdapat sebuah daerah gembok harapan atau nama kerenya Hope Lock. Pengunjung yang ingin memasang gembok di daerah Hope Lock sebaiknya bawa dari rumah.

Lokasi: Bendoagung, Kampak, Trenggalek, Jawa Timur

Tiket: Rp 4.000

Jam Operasional: 24 jam

  1. Puncak Jaas

Pemandangan tempat wisata trenggalek ini akan semakin indah bila ke puncak gunung Jaas menjelang sore hari.
Puncak Jaas. Image via: pesonatamanan

Kawasan tempat wisata Trenggalek ini, selain menjanjikan beragam pesona alam yang asri, juga mempunyai daya tarik tersendiri. Bagi wisatawan, tidak perlu repot- repot membawa perbekalan. Karena sepanjang rute menuju puncak telah tersedia banyak sekali sajian khas Trenggalek.

Tempat ini sangat indah dan mampu menunjukkan sensasi yang berbeda dengan aktivitas sehari hari. Disamping itu penduduk lokal juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan abnormal.

Pemandangannya akan semakin indah bila ke puncak gunung Jaas menjelang sore hari. Tidak hanya itu kita juga disuguhkan dengan banyak spot  hiburan, rest area dan aneka hewan, seperti merak, rusa, kera landak dan banyak sekali burung atau di sebut Kebun Binatang Mini

Kendati puncak gunung tersebut tidak tinggi, hanya berkisar 303 mdpl, butuh tekad berpengaruh semoga mampu sampai di puncak tempat wisata Trenggalek ini. Sebab, bagi orang yang baru pertama mendaki, niscaya letih dan keringatnya bercucuran. Ada bagian tertentu yang menanjak sehingga diperlukan tenaga yang ekstra.

Lokasi:  Darang, Tamanan, Trenggalek, Jawa TImur

Tiket: Rp 4.000

Jam Operasional: 24 Jam

  1. Bukit Banyon

tempat wisata trenggalek Bukit Banyon yang katanya punya negeri di atas awan jadi perbincangan hangat di kalangan para pejalan akhir-akhir ini.
Bukit Banyon. Image via: superadventure.co.id

Simak juga: 11 tempat wisata Cibubur

Bukit Banyon yang berada pada ketinggian sekitar 1.175 mdpl ini merupakan daerah yang cukup tinggi. Sehingga dari sini pemandangannya cukup memukau. Pengunjung bisa melihat hamparan awan putih membentang sepanjang mata memandang. Tak heran jika seperti bukit ini ada di atas awan.

kawasan wisata Trenggalek Bukit Banyon punya negeri di atas awan, yang jadi perbincangan hangat di kalangan para pelancong akhir-simpulan ini. Bagaimana tidak, daerah ini punya pemandangan yang fantastis, terutama saat sunrise dan sunset dikala cuaca sedang cerah.

Bukit yang terletak di tempat pegunungan ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat apik. Cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati sejuknya pemandangan alam sekaligus hunting foto-foto keren untuk di upload ke instagram.

Matahari akan terbit di Bukit Banyon Trenggalek sekitar pukul 5.30 pagi, jadi baiknya pengunjung sudah ada di lokasi sekitar pukul 5 pagi agar tidak ketinggalan momen indah tersebut. Waktu terbaik untuk melihat sunset di Bukit Banyon Trengalek adalah sekitar pukul setengah 6 sore.

Keindahan Bukit daerah wisata Trenggalek ini juga tak kalah apiknya dikala malam hari. Dari ketinggian puncak bukit, pengunjung mampu menyaksikan indahnya jutaan lampu yang ada di pemukiman warga di sepanjang kota. Pengunjung seperti melihat bintang-bintang.

Lokasi: Widoro, Gandusari, Kw. Ladang, Karanganyar, Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

TIjet: Rp 5.000

Jam Opersional: 24 Jam

  1. Hutan Taman Kota

tempat wisata trenggalek di tengah kota ini sukses menarik para perhatian warga dan ramai setiap harinya
Hutan Taman Kota. Image via: travelingyuk.com

Wisata alam yang ada di tengah kota ini sukses menarik para perhatian warga dan ramai setiap harinya. Suasana tempat wisata Trenggalek ini sangat asri dengan pepohonan di sekitarnya. Tak perlu ke jauh-jauh deh untuk mencari hawa sejuk khas pegunungan.

Akses menuju ke kawasan wisata Trenggalek ini juga gampang. Cukup jalan kaki 11 menit dari Alun-Alun Kota atau naik kendaraan tidak sampai 5 menit. Kota satu ini relatif kondusif dan tidak macet jadi bisa menikmati sekitar dengan kalem.

Di dalam Hutan Kota ini juga disediakan juga kemudahan outbond. Seperti berjalan di atas bambu. Selain untuk berolahraga, cukup lucu juga untuk spot foto-foto. Bagi yang mengaku berjiwa petualang, dapat mencoba mengendarai ATV yang bisa disewa untuk berkeliling hutan.

Yang paling seru, di kawasan wisata Trenggalek ini sudah dilengkapi Amphitheater yang biasanya digunakan sebagai lokasi pertunjukkan seni khas kawasan ini.  Tak kalah hits dengan kota lainnya, terlihat juga lukisan 3D yang keren dijadikan latar belakang foto-foto.

Lokasi: Jalan hayamwuruk, Trenggalek, Jawa Timur.

Tiket: Gratis

Jam Operasional: 24 Jam

  1. Banyu Nget

di tempat wisata trenggalek ini Ada kolam pemandian alami yang diberi nama Banyu Nget, beberapa air terjun, serta kawasan bumi perkemahan
Banyu Nget. Image via: traveltodayindonesia.com

Simak juga: Wisata di seputaran gunung Kelud

Di kawasan wisata Banyu Nget terdapat beberapa titik lokasi khusus bagi para pengunjung yang wajib dinikmati. Di kawasan wisata Trenggalek ini ada bak pemandian alami yang diberi nama Banyu Nget, beberapa riam, serta kawasan bumi perkemahan.

Saat akan masuk lokasi, pengunjung menyeberangi sungai dengan memanfaatkan kemudahan jembatan gantung. Jembatan gantung ini diberi nama jembatan Kangen. Konon apabila sekali melintasi jembatan ini bakal terus teringat dengan sensasi goyangan jembatan gantung ini.

Di dalam lokasi berbagai kemudahan yang tersedia, mulai kantin, kawasan ibadah kamar mandi serta gazebo untuk melepas lelah sambil menikmati goresan dedaunan yang tertiup angin serta gemerijik anutan sungai yang dipenuhi bebatuan.

Di ujung perjalanan, pengunjung dimanjakan dengan sebuah riam dengan ketinggian sekitar 20 meter dan kedalaman mencapai 3 meter. Air terjun ini merupakan puncak dari semua titik pemandangan yang ada di dalam kawasan wisata alam Banyu Nget.

Guna menambah kelengkapan berwisata di daerah wisata Trenggalek, pengunjung bisa menikmati buah durian lokal, yang rasanya sangat nikmat. Apa lagi disantap di lokasi sekitar pohon durian sambil menikmati segarnya alam Banyu Nget.

Lokasi: Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Tiket: Rp 5.000

Jam operasional: 07.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni