11 Daerah Wisata Ungaran, Dari Teladas Hingga Sanggar Seni

Artikel ini akan membicarakan 11 daerah wisata ungaran paling menarik dan indah. Selain 11 yang ada di daftar ini, sesungguhnya masih banyak tempat wisata ungaran lain yang juga tidak akan rugi jika didatangi.

Artikel ini akan memebicarakan 11 tempat wisata ungaran paling menarik dan indah
Tempat Wisata Ungaran. Image via: tempatwisata.co

Sekilas Soal Ungaran

Kota Ungaran ialah ibu kota Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak sempurna di sebelah selatan Kota Semarang. Wilayah perkotaan Ungaran mencakup kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah Kota, merupakan kawasan padat penduduk.

Kota Ungaran memiliki peninggalan berupa gedung-gedung. Misalnya Gedung Kuning dan Benteng Diponegoro. Selain itu di kota ini juga terdapat makam Gatot Soebroto yang terletak di Kelurahan Sidomulyo, Ungaran Timur.

Di Kota Ungaran juga terdapat batik khas dengan nama motif Kopi Pecah. Terdapat ruang pamer Batik Classic Pramoedya di Jalan M.T. Haryono.

Kota ini memiliki iklim tropis. Ungaran memiliki sejumlah besar curah hujan sepanjang tahun. Hal ini berlaku bahkan untuk bulan terkering.

Untuk berkunjung ke ungaran, dengan pesawat anda lebih cepat hingga dibandingkan dengan sarana transportasi lainnya. Perjalanan udara mampu melalui Bandara Internasional Ahmad Yani.

11 Tempat Wisata Ungaran

  1. Air Terjun Semirang

Curug Semirang merupakan sebuah tempat wisata ungaran yang cukup populer. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 45 meter
Air Terjun Semirang. Image via: eksapedia.com

Simak juga: 11 daerah wisata Bangka

Air Terjun Semirang atau juga dikenal dengan nama Curug Semirang merupakan sebuah kawasan wisata ungaran yang cukup populer. Dengan ketinggian riam yang mencapai 45 meter, penderasan ini memberikan keindahan dan kesegaran sebuah penderasan.

Lahan wisata alam ini mempunyai luas kurang-lebih 10 hektar. Pengunjung tempat wisata Ungaran ini yang travelling, tantangan, fotografi, refreshing, hiking, atau olahraga, patut menengok si gerojokan tersembunyi ini. Tidak hanya main sendiri, pengunjung bisa juga datang bersama rekan dan keluarga.

Suasana lingkungan sangat segar. Ada berbagai jenis pepohonan rindang yang mungkin pengunjung tidak tahu namanya. Belum lagi selalu ada kicauan burung dan kadal melintas sesekali di bersahabat kaki. Ada jenis satwa langka yang dilindungi tinggal di sini, yakni jenis bajing (bajing) berekor panjang.

Dari pintu masuk tempat wisata Ungaran ini, pengunjung perlu berjalan kaki mendaki bukit kira-kira 1 kilometer jauhnya.Sepanjang perjalanan, pengunjung akan mendengar gemericik air dan menyeberangi sungai kecil yang sebetulnya bermuara pada teladas.

Di tepi jalan disediakan daerah duduk bila perlu beristirahat. Bahkan, terdapat pula beberapa pedagang yang menjajakan makanan.

Lokasi: Hutan, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Lawe

tempat wisata Ungaran Curug Lawe menyajikan pesona air terjun yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran
Curug Lawe. Image via: garasisemarang.com

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata Ungaran Curug Lawe menyajikan pesona gerojokan yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran, wisata alam yang satu ini menjadi potensi wisata yang nggak boleh dilewatkan.

Dikelilingi hutan lebat yang sangat hijau, pengunjug bisa menyapa banyak sekali jenis hewan liar yang sering melintas di area teladas. Kebanyakan burung-burung yang tengah mencari makanan berupa ikan di kolam curug maupun kembali ke sarangnya di atas pohon tertinggi.

Keunikan Curug Lawe terdapat pada jernihnya air yang jatuh dari ketinggian 10 meter. Berasal dari sungai yang mengalir deras dari Gunung Ungaran. Curug Lawe membalut diri dengan tebing melingkar, seakan-akan pengunjung berada di sebuah sumur yang dalam.

Daya tarik Curug Lawe itu sendiri adalah teladas yang berada di tengah dari cekungan sebuah tebing. Selain itu, debit air di curug ini juga terbilang cukul deras. Sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak terlalu erat dengan riam kalau tidak ingin kebasahan.

Di ketika trekking menuju Curug kawasan wisata Ungaran ini, pengunjung akan melewati jembatan. Jembatan ini disebut sebagai Jembatan Romantis. Pengunjung suka berfoto di jembatan tersebut. Selama perjalanan, pengunjung juga akan menemui warung penjual kuliner.

Lokasi: Kalisidi, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-15.00

  1. Curug Benowo

Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 70 meter, pengunjung tempat wisata Ungaran ini bisa mendengarkan gemuruh air yang cukup deras
Curug Benowo. Image via: inibaru.id

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Dengan ketinggian penderasan yang mencapai 70 meter, pengunjung kawasan wisata Ungaran ini bisa mendengarkan gemuruh air yang cukup deras dan memanjakan indera pendengaran. Bagi yang bahagia berswafoto, pengelola juga menyediakan jembatan kayu yang bisa dijadikan latar swafoto.

Curug Benowo berlokasi di kawasan yang masih alami sehingga udaranya pun dipastikan masih segar. Ditambah dengan pemandangan alam sekitarnya yang masih hijau, Curug Benowo cocok untuk dijadikan kawasan melepas penat dan menghilangkan stres.

Berada di satu sisi lereng gunung Ungaran, Curug Benowo merupakan salah satu teladas yang relatif masih alami, menyajikan pemandangan yang penuh eksotisme. Keunikan dari Curug Benowo ini adalah memiliki banyaknya sekungan tebing yang begitu tinggi. Kalau bisa di hitung maka total yang ada sekitar 25 buah tebing.

Curug Lawe dan Curug Benowo punya pintu masuk yang sama. Kendati begitu, jalur menuju Curug Benowo cenderung jauh lebih sulit dibandingkan dengan Curug Lawe. Untuk menuju Curug Benowo, pengunjung harus melalui jalur yang sedikit menanjak dan dipenuhi dengan bebatuan.

Lokasi: Kalisidi, RT.01 / RW.06, Ungaran Barat, Hutan, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 4.000

Jam Buka: 06.30-15.15

  1. Taman Unyil

taman unyi merupakan Tempat wisata Ungaran berupa Sebuah Taman kota yang hanya berukuran kurang dari setengah hektar
Taman Unyil. Image via: mansarpost.com

Tempat wisata Ungaran berupa Sebuah Taman kota yang hanya berukuran kurang dari setengah hektar ini menyediakan banyak sekali permainan sederhana khusus untuk anak anak. Mungkin alasannya luasnya tidak seberapa maka Taman kota ini dinamakan Taman Unyil oleh masyarakat Ungaran dan sekitarnya.

Taman Unyil letaknya cukup strategis karena erat jalur utama Semarang -Solo-jogja  sehingga sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Area taman yang cocok untuk daerah anak-anak dibawah umur mengekspresikan k energikannya.

Pengunjung anak-anak akan merasa bebas bermain di area ini sebab dikelilingi pagar pembatas setinggi 1 meteran. Dilengkapi juga dengan aneka jenis patung hewan dan ayunan yang memanjakan dunia anak. Khusus bagi para orangtua tidak perlu kuatir dengan keselamatan mereka. Sangat gampang memantau anak – anak kita bermain di daerah wisata Ungaran ini.

Di taman daerah wisata ungaran Pengunjung biasanya berfoto ria bersama sibuah hati. Dengan narsis dan berbagai gaya selfidi luapkan di taman kawasan ini. Taman Unyil telah menjadi satu-satunya daerah Wisata Ungaran yang khusus Untuk Anak- Anak.

Lokasi: Bandarjo, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

jam Buka: 24 Jam

  1. Wana Wisata Penggaron

Pengamatan burung menjadi salah satu kegiatan yang diminati pengunjung tempat wisata Ungaran ini.
Wana Wisata Penggaron. Image via: exploresemarang.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Tuban

Lokasi Hutan tempat Wisata Ungaran ini gampang dijangkau. Dari Kota Semarang ke arah selatan sekitar 18 km, atau hanya 2km dari Kota Ungaran. Wana Wisata ini satu diantara hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

lokasi Hutan Penggaron cocok untuk objek foto-foto atau video prewedding. Sering digunakan untuk daerah kemah dan tentu saja outbond. Banyak burung liar di sini. Tersedia wahana jungle tracking, outbound pelatihan, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.

Pengamatan burung menjadi salah satu kegiatan yang diminati pengunjung tempat wisata Ungaran ini. Di sana terdapat kurang lebih 97 spesies burung liar. Beberapa di antaranya seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, dan Kadalan Kembang.

Menuju ke lokasi ini relatif gampang. Dari Kota Semarang ke selatan, sesudah Taman Unyil Ungaran maju terus. Setelah Bappeda Kabupaten Semarang belok kiri, terus belok kiri lagi lantas belok kanan.

Lokasi:  Desa Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah.

tiket:6.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Watu Gunung

Tempat wisata Ungaran Watu Gunung menawarkan wisata alam dengan nuansa khas Jawa.
Watu Gunung. Image via: brobali.com

Tempat wisata Ungaran Watu Gunung memperlihatkan wisata alam dengan nuansa khas Jawa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa bangunan joglo yang ada di objek wisata. Bangunan joglo ini dilengkapi dengan pernak – pernik etnik wayang.

Melihatnya mengingatkan akan nuansa Jawa pedesaan pada era kemudian. Yang mana suasana seperti ini sudah sangat jarang ditemui. Apalagi, bangunan joglo ini bangun di setiap sudut objek wisata seluas 3,5 hektar ini.

Bangunan joglo yang ada di sini bukan hanya sekedar bangunan. Sang pemilik juga menawarkan nama unik untuk setiap bangunannya. Seperti rumah etnik Jawa Bali yang dinamai Progo. Di belakang Salah Satu Joglo, pengunjung mampu mendengar gemericik air. Air yang melintasi bebatuan yang tersusun indah layaknya lintasan air.

Di tengah-tengah lokasi kawasan wisata Ungaran ini, terdapat danau buatan yang cukup luas. Luasnya sekitar 60 meter dengan kedalaman 2 meter. Keberadaan danau ini menambah keasrian suasana area sekitar.

Pengunjung mampu bersantai dengan duduk di atas watu kali. Menikmati pemandangan dan sejuknya udara, sembari mengabadikan momen dengan berfoto. Suasana semakin meriah tatkala burung – burung berkicau dengan merdunya.

Lokasi:  Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 20.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah adalah tempat wisata Ungaran yang menawarkan para pengunjungnya sebuah kolam renang yang airnya bersumber dari pegunungan Ungaran.
Bukit Lerep Indah. Image via: bukitlerepindah

Simak juga: 11 tempat wisata Cilacap

Bukit Lerep Indah adalah tempat wisata Ungaran yang menunjukkan para pengunjungnya sebuah kolam renang yang airnya bersumber dari pegunungan Ungaran. Jadi air dari kolam ini merupakan air yang masih orisinil dan jernih dan tentunya akan menciptakan Anda nyaman.

Air sumber ini akan memanjakan badan Anda alasannya adalah kemurnian air ini yang begitu sejuk. Kesejukan air inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini. Sehingga tidak heran jika banyak para wisatawan berkunjung ke Bukit Lerep Indah.

Salah satu bak tempat wisata Ungaran ini mempunyai kedalaman hanya 1,5 meter. Sehingga bagi pengunjung yang merasa belum begitu andal berenang, tetap mampu menikmati kesejukan air dari Gunung Ungaran.

Kesegaran air di Bukit Lerep Indah tidak bisa dibandingkan dengan air di swimming pool pada umumnya. Tentu kesegaran air tanpa kandungan bahan kimia komplemen mirip kaporit akan lebih segar. Bukit Lerep Indah berada di sekitar pegunungan dengan kondisi alam yang asri dan sangat terjaga

Dan seandainya lapar sesudah berenang, di dalam tempat BLI juga ada warung-warung kecil yang menyediakan kuliner, minuman atau sekedar makanan ringan.

Lokasi: Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 7.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Sanggar Seni Gedong Songo

Sanggar tempat wisata Ungaran ini digunakan untuk fokus beraktivitas di bidang seni rupa.
Sanggar Seni Gedong Songo. Image via: moslemlifestyle.com

Sanggar Seni Gedong Songo, yakni studio seni milik seniman ternama MA Sutikno. Sanggar kawasan wisata Ungaran ini dipakai untuk fokus beraktivitas di bidang seni rupa. Patung, lukis, dan pahat adalah beberapa dari deretan karya yang dihasilkan oleh team kreatif didikan Sutikno.

Misi Sanggar Seni Gedong Songo antara lain, menjadi solusi wisatawan dalam mencari kerajinan khas Ungaran dan Kabupaten Semarang, melayani masyarakat dengan kualitas terbaik serta harga terjangkau masyarakat umum, dan mengenalkan masyarakat lokal terhadap produk dalam negeri dan terdorong lebih naik daripada produk luar negeri.

Saat memasuki kawasan wisata Ungaran ini pengunjung disambut 2 bauh gapura. Gapura setinggi 9 meter dengan bentuk gunungan dan di padukan dengan patung yang berceritakan legenda Baru Klinting yang ada hubungannya dengan cerita pembuatan candi Gedong Songo di zaman Kalingga.

Gambaran gunungan adalah korelasi yang selalu sinergi secara alami, korelasi kita antara manusia dengan alam semesta serta mahkluk lainnya yang selalu berafiliasi dengan Allah sebagai  penciptanya.

Gapura setinggi 7 meter dengan bentuk daun pakis dan bunga teratai menggambarkan kesuburan wilayah Kabupaten Semarang, khususnya gunung Ungaran yang bio energinya terbaik se Asia Tenggara.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.36, Sidomulyo, Kec. Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka: 09.00-23.00

  1. Candi Gedong Songo

Candi tempat wisata Ungaran ini dibangun sebagai tujuan pemujaan terhadap para dewa. Oleh karena itu, tak heran bila di kompleks candi terdapat beberapa patung.
Candi Gedong Songo. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Pasuruan

Candi Gedong Songo berasal dari bahasa jawa. Gedong artinya yakni bangunan, dan Songo yang berarti Sembilan. Jadi, nama gedong songo berarti bangunan yang berjumlah Sembilan sesuai dengan jumlah yang ditemukan.

Candi tempat wisata Ungaran ini dibangun sebagai tujuan pemujaan terhadap para dewa. Oleh alasannya adalah itu, tak heran jika di kompleks candi terdapat beberapa patung. Seperti siwa mahakala, siwa mahaguru, Ganesha dan beberapa patung yang kuasa lain.

Saat berjalan diantara Gedong 4 dengan Gedong 5, pengunjung akan menemukan sebuah tempat welirang yang baunya memang masih menyengat. Di tempat ini pula ada sebuah pemandian air hangat yang mengandung belerang.

Di tempat wisata Ungaran ini, pengunjung juga bsia menyewa kuda. Saat menyewa kuda, pengunjung didampingi oleh seorang guide yang akan menjelaskan bagaimana sejarah lengkap dan keindahan dari kawasan ini.

Saat ini di kawasan Gedong Songo terdapat wahana wisata gres yakni taman Ayana. Dimana Sobat Native mampu berfoto-foto. Karena, mampu dibilang tempat ini menyediakan arena spot foto yang menarik tidak dimiliki oleh taman yang lainnya.

Lokasi: Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Tiket: 6.000

Jam Buka: 06.30-18.00

  1. The Fountain Water Park

The Fountain Ungaran, adalah taman tempat wisata ungaran yang nyaman dikunjungi bersama keluarga
The Fountain Water Park. Image via: mytrip123.com

The Fountain Ungaran, ialah  taman tempat wisata ungaran yang nyaman dikunjungi  bersama keluarga. Destinasi ini menyuguhkan beragam wahana permainan air menarik yang membuat pengunjung betah.

Empat pilar kokoh dengan air pancur mengalir dari atapnya, itulah ikon The Fountain. Ikonnya berwarna kecoklatan, dengan pilar-pilar yang disusun membundar, menampakkan kesan Eropa dalam desainnya. Air mancurnya sendiri mengguyur para pengunjung yang duduk di bawah.

Hal yang unik di The Fountain yaitu kolamnya yang menyesuaikan usia. Ada empat jenis bak di kawasan wisata Ungaran ini. Setiap kolam memiliki kedalamannya sendiri dan didesain terpisah. Hal ini membuat orangtua dapat menentukan bak yang paling aman untuk buah hati.

Dalam kolam anak, ada dua buah wahana permainan. Keduanya mempunyai permainan mirip panjat tali kecil, terowongan, dan perosotan. Yang paling seru, ada permainan Ember Tumpah. Ketika volume bejana penuh, pengunjung akan dihibur dengan guyuran air mirip hujan.

Bagi pengunjung yang tiba untuk acara sekolah atau kantor, ada area rumput yang luas. Lahan tersebut mampu dipakai untuk melakukan Team Building, dan ragam permainan melatih kepemimpinan. Pun, ada Joglo, gazebo yang dipakai untuk piknik bersama. Bahkan kawasan wisata Ungaran ini memiliki wahana Flying Fox.

Lokasi: Jalan Bima Sakti Raya No.16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 10.000

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Masjid Agung Ungaran

salah satu acara yang cukup menarik di masjid tempat wisata Ungaran ini adalah diselenggarakannya acara Khitmul Qur’an Kebangsaan
Masjid Agung Ungaran. Image via: regional.kompas.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pacet

Masjid kawasan wisata Ungaran ini dibangun tahun 2010 di atas lahan seluas 1.550 meter persegi. Luas bangunan 3.200 meter persegi. Sebagai masjid agung kabupaten Semarang masjid ini dibangun menghadap ke Alun Alun Kabupaten Semarang yang lebih dikenal dengan nama alun-alun Asmara.

Bangunan Masjid Agung Al-Mabrur beserta Alun-Alun Asmara pernah di renovasi ulang pada tahun 2014 semoga terlihat lebih rapi dan indah. Bangunan yang ditambahkan pada Masjid Agung Al-Mabrur adalah beberapa lengkungan yang mirip dengan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), dan diletakkan pada sisi kiri dan kanan masjid.

Sebagai masjid agung kabupaten, masjid Agung Al-Mabrur di Ungaran ini menjadi sentra kegiatan ke-Islaman tingkat kabupaten Semarang. salah satu acara yang cukup menarik di masjid kawasan wisata Ungaran ini yaitu diselenggarakannya program Khitmul Qur’an Kebangsaan pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke 72 yang lalu.

Masjid Agung Al-Mabrur juga menyelenggarakan pendidikan untuk anak anak melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an di masjid ini yang mengajarkan baca tulis Al-Qur’an untuk anak anak, tersedia juga kelas untuk penghafal Al-Qur’an. (dari aneka macam sumber).

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Putotan, Sidomulyo, Kec. Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni