11 Kawasan Wisata Banjarnegara, Dari Alaminya Dieng Hingga Modernnya Water Park

Berbagai Pilihan Tempat wisata Banjarnegara merupakan destinasi yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara. Yang paling populer tentu saja Area Dataran tinggi dieng, dengan belasan spot wisatanya.

Berbagai Pilihan Tempat wisata Banjarnegara memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara. Yang paling terkenal tentu saja Area Dataran tinggi dieng, dengan belasan spot wisatanya.
Festival Dieng di Tempat Wisata Banjarnegara. Image via: kabare.id

Sekilas Soal Banjarnegara

Banjarnegara yakni sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya juga bernama Banjarnegara. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara ialah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Tradisi unik di Banjarnegara salah satunya Nyadran Gedhe. Yang dilakukan rutin tiap tahun untuk menyambut datangnya bulan suci bulan mulia. Ratusan warga berduyun-duyun membawa hasil bumi ke petilasan Girilangan di Desa Gumelem Wetan.

Persiapan untuk acara ini antara lain nasi golong menir, ambeng menir, ambeng intip, ambeng beras ketan dwiwarna, pecel ayam cemani, trancam terong aor, sayur bening daun kelor, tempe goreng adem, golong pitu, sate kambing, peyek pethek.

Banjarnegara dilalui jalan provinsi yang menghubungkan antara Banyumas dengan Semarang. Klampok merupakan persimpangan jalur menuju Purbalingga dan Banyumas. Selain itu terdapat jalan provinsi yang menghubungkan Banjarnegara dengan Batang, melintasi Dataran Tinggi Dieng. Alternatif angkutan di dalam kota Banjarnegara ialah memakai angkutan kota, becak, dan dokar.

11 Tempat Wisata Banjarnegara

  1. Candi Arjuna

Candi tempat wisata Banjarnegara ini dibangun pada 731 Caka atau tahun 808 Masehi. Prasasti tersebut merupakan prasasti tertua dengan tulisan Jawa Kuno.
Candi Arjuna. Image via: pegipegi.com

Simak juga: 11 daerah wisata Brebes

Kompleks Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare. Di kompleks ini, terdapat lima bangunan candi, adalah Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lain merupakan candi utama yang digunakan sebagai daerah bersembahyang.

Catatan prasasti yang tersimpan di Museum Nasional Jakarta, menyebut Candi kawasan wisata Banjarnegara ini dibangun pada 731 Caka atau tahun 808 Masehi. Prasasti tersebut merupakan prasasti tertua dengan goresan pena Jawa Kuno.

Melihat dari bentuk serta ornamen yang terdapat pada setiap candi, diperkirakan keempat candi tersebut dibangun pada periode yang berbeda. Candi Arjuna merupakan yang dibangun paling awal, sementara Candi Sembadra merupakan yang dibangun paling akhir.

Secara garis besar, keempat candi utama di kompleks daerah wisata Banjarnegara ini memiliki ornamen yang sama. Di setiap candi, dapat ditemukan penil , masa, makara, jalatmara, istadewata, serta antefik. Selain itu, di setiap candi, mampu ditemukan diksa .

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Pitu

Wisata Curug Pitu merupakan tempat wisata Banjarnegara yang harus dikunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Yang unik dari air terjun Curug Pitu adalah sesuai dengan namanya, Curug ini mempunyai tujuh tingkatan air terjun dari atas ke bawah.
Curug Pitu. Image via: brobali.com

Wisata Curug Pitu merupakan daerah wisata Banjarnegara yang harus dikunjungi alasannya adalah pesona keindahannya tidak ada duanya. Yang unik dari teladas Curug Pitu yaitu sesuai dengan namanya, Curug ini mempunyai tujuh tingkatan riam dari atas ke bawah.

Untuk mencapai keseluruhan tingkatan pengunjung harus berjalan kaki ke arah hulu melewati jalan setapak sempit. Hamparan sawah yang hijau dan luas akan menjadi suguhan utama bagi pwngunjung. Rasa tenang dan tentram terbersit ketika melihatnya.

Semakin kebawah, curahan penderasan kawasan wisata Banjarnegara ini semakin besar dan tinggi. Dimana curug yang paling bawah memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kolam besar di bawahnya.  Kolam ini biasa digunakan untuk mandi, berenang atau sekedar bermain menikmati cipratan gerojokan yang dingin dan sejuk.

Air terjun Curug Pitu ini menunjukkan eksotisme pemandangan yang begitu indah dan menawan. Airnya tidak terlalu tinggi. Akan tetapi bak yang berada di bawah air terjun cukup memperlihatkan sensasi kenyamanan saat berendam. Air di daerah wisata Bajarnegara ini berasal dari pegunungan, sehingga kesegarannya pun sudah tidak diragukan lagi.

Lokasi: Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjaranegara, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Sirawe

Melihat keindahan serta kesejukan air terjun tempat wisata Banjarnegara ini, umumnya pengunjung tergiur untuk bermain-main dengan air serta menceburkan diri kedalam kolam
Curug Sirawe. Image via: wisatadiindonesia.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Gresik

Curug Sirawe itu terdiri atas tiga grojogan atau riam. Lokasi ketiga air terjun itu saling berdekatan. Satu dari ketiga curug itu berupa air panas. Sumber airnya di gunung di sebelah selatan dukuh Bitingan. Air panas itu alasannya adalah proses panas bumi.

Dengan tinggi riam yang mencapai 80 meter, maka tidaklah mengherankan bila pengunjung tempat wisata Banjarnegara ini takjub melihat keindahan Objek Wisata Air Terjun Curug Sirawe ini. Air yang jatuh dari curug ini menimpa bebatuan dan membentuk bak kecil di bawahnya.

Pohon-pohon liar dapat tumbuh subur di sekitar kawasan itu. Mereka tumbuh subur akhir disiram setiap ketika oleh  cipratan jeram. Selain itu, air yang mengalir dari Air Terjun Curug Sirawe juga bening dan menjadi putih dikala harus bertabrakan dengan bebatuan yang dilewati.

Melihat keindahan serta kesejukan riam daerah wisata Banjarnegara ini, umumnya pengunjung tergiur untuk bermain-main dengan air serta menceburkan diri kedalam kolam dan pastinya untuk berfoto-foto dengan background Air Terjun Sirawe.

Lokasi: Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara, jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Muncar

Lokasi sekitar curug tempat wisata Banjarnegara ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai panjat tebing, serta area tracking yang mengasyikan.
Curug Muncar. Image via: jalanjalanenak.com

Curug Muncar mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Airnya jernih dan sejuk. Di bawah air terjun terdapat ceruk yang bisa dipakai untuk mandi atau berendam. Udara yang masih higienis serta lingkungan yang masih alami membuat daerah ini sangat nyaman untuk bersantai.

Lokasi sekitar curug kawasan wisata Banjarnegara ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai panjat tebing, serta area tracking yang mengasyikan. Pengunjung biasanya melakukan perjalanan dari Dusun 1 Jatisari Desa Pesangkalan untuk menuju ke area Curug Muncar.

Keindahan alam bebas di Curug Muncar cepat menyebar ke indera pendengaran para petualang. Hal ini terkait dengan perkembangan zaman dan sosial media. Tidak sedikit para petualang yang mengabadikan momen keindahan spot petualangan ini dan membagikannya di sosial media.

Terlebih di Instagram, kawasan wisata Banjarnegara ini  menjadi salah satu spot petualangan yang instagrammable. Banyak sekali yang suka dengan pemandangan alam bebas di Curug Muncar. Nah, hal tersebut jugalah yang menciptakan rasa penasaran para petualang untuk tiba ke sini.

Lokasi: Dusun Menggora, Desa Tanjung Tirta, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Curug Mrawu

Tempat wisata BAnjarnegara ini merupakan objek wisata yang cukup apik dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 50 meter.
Curug Mrawu. Image via: wartawisata.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Ponorogo

Curug Mrawu yang memiliki pemikiran sungai yang menyatu dan menjadi satu sebagai sumber utama dari Sungai Mrawu. Tempat wisata BAnjarnegara ini merupakan objek wisata yang cukup apik dengan ketinggian yang dimiliki sekitar 50 meter.

Dari tempat parkir menuju air terjun, pengunjung berjalan sekitar 20 menit. Jalan dilalui dengan naik turun bukit, tetapi pemandangan sekitar cukup menyegarkan mata. Sambil berjalan, pengunjung mampu menikmati kesejukan suasana pepohonan hutan yang masih alami.

Pemandangan yang indah di sisi kanan kiri jalan daerah wisata Banjarnegara ini sangat disayangkan kalau tidak diabadikan dengan kamera. Ladang kentang yang terbentang luas, sawah hijau berundak, perkebunan dan hutan merupakan kombinasi yang indah yang mampu kamu nikmati sepanjang jalan.

Curug Mrawu merupakan memiliki pemandangan alam yang indah. Kepopuleran dari Curug Mrawu ini salah satunya dikarenakan banyak keyakinan dari warga. Mereka percaya jika air yang mengalir ini bisa mengobati aneka macam macam penyakit seperti rematik dan penyakit kulit lainnya.

Lokasi: Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Sumur Jalatunda

tempat wisata BAnjarnegara sumur jalatunda lebih seperti rawa atau kolam besar alami dalam sekali dengan genangan air berwarna hijau pekat
Sumur Jalatunda. Image via: rumahmisteri.com

Kalau dilihat, kawasan wisata Banjarnegara sumur jalatunda, lebih mirip rawa atau bak besar alami yang dalam sekali. Sumur ini memiliki genangan air berwarna hijau pekat. Karena diameternya cukup luas, membuat kita gampang melihat ke bagian bawah sumur. Tapi, tidak disarankan untuk mendekati bibir sumur jalatunda.

Di lokasi tempat wisata Banjarnegara ini pengunjung disuguhi dengan pemandangan alam yang memukau. Wilayahnya masih asri, penuh pepohonan hijau. Pemandangannya menyajikan alam khas pegunungan, hawa sejuk serta udara menyegarkan.

Kawasannya sekitar menghadirkan keeksotisan alam yang terdiri dari barisan bukit-bukit hijau, ladang-ladang tanaman kentang subuh, serta beragam jenis tumbuhan liar. Panorama alamnya benar-benar indah, mampu menjadi spot foto menarik.

Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka:24 jam

  1. Kawah Sikidang

Kawah tempat wisata Banjarnegara ini dinamakan Si Kidang karena gejolak magma di kawah selalu berpindah pindah layaknya Kijang
Kawah Sikidang. Image via: ladypinem.com

Simak juga: 11 daerah wisata Kudus

Sebenernya dieng mempunyai beberapa kawah namun kawah yang paling hits yaitu kawah Si Kidang. Kawah daerah wisata Banjarnegara ini dinamakan Si Kidang alasannya gejolak magma di kawah selalu berpindah pindah layaknya Kijang. Keunikan kawah ini, ialah beliau bsia berpindah tempat.

Di Kawah Sikidang terdapat satu kawah besar dengan suhu 80-90 derajat celcius. Selain itu juga terdapat kawah-kawah kecil di sekitar lokasi objek wisata Kawah Sikidang. Beberapa pengunjung sengaja memasak telor rebus dengan cara memasukkan ke dalam keranjang.

Selain kawah, di objek wisata ini juga terdapat beberapa spot selfie dan motor cross. Hal ini, menjadi daya tersendiri bagi wisatawan yang bahagia berfoto dengan panorama alam yang manis. Ada juga  berfoto dengan burung hantu.

Tanah disekitar kawah ini pun memutih alasannya kandungan sulfurnya. Pengunjung daerah wisata Banjarnegara ini juga dapat melihat tanah tandus yang bewarna keputihan serta pohon-pohon yang telah mati di sekitar Kawah Sikidang.

Lokasi: Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Telaga Merdada

Luasnya telaga tempat wisata Banjarnegara ini  ini menjadi alasan diberikan nama “merdada”. “Merdada” merujuk pada “dada”, yang mengandung makna lapang atau luas.
Telaga Merdada. Image via: ubamizorac.tk

Inilah danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga Merdada namanya. Walau merupakan telaga terluas, telaga ini tidak mempunyai sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan.

Luasnya telaga daerah wisata Banjarnegara ini  ini menjadi alasan diberikan nama “merdada”. “Merdada” merujuk pada “dada”, yang mengandung makna lapang atau luas.

Karena telaga yang airnya merupakan tampungan air hujan, pada isu terkini kemarau, telaga ini akan kering. Bagian tengah telaga akan terlihat dengan terperinci. Tapi begitu, bukan berarti telaga ini bisa dilintasi dengan berjalan kaki. Telaga ini memiliki lumpur yang dalam sehingga berbahaya untuk dilintasi.

Telaga daerah wisata Banjarnegara seluas sekitar 25 hektare ini, dikelilingi oleh dua bukit. Yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Semurup yang sebenarnya bernama Summer Up alasannya tanah bukit ini berwarna merah dan sering terjadi kebakaran, tapi terjadi kesalahan pengucapan oleh masyarakat sekitar.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Waduk Mrica

Waduk Mrica tempat wisata Banjarnegara ini sejatinya difungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali.
Waduk Mrica. Image via: aroengbinang.com

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Waduk Mrica atau dikenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman. Waduk Mrica kawasan wisata Banjarnegara ini sejatinya difungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali. Waduk Mrica dibuat dengan membendung sungai Serayu.

Waduk Mrica  yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan fatwa air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.

Suasana di lokasi kawasan Wisata Banjarnegara ini cukup sejuk. Karena banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Pemandangan waduk juga sangat mempesona, seolah sedang berada di pinggir pantai, hamparan airnya sangat luas ujung waduk nyaris tidak nampak. Di hari biasa tidak terlalu ramai, nyaris sepi.

Naik bahtera yakni salah satu aktivitas wisata yang mampu dilakukan oleh pengunjung, selain menikmati panorama waduk, memancing, makan minum di warung dengan sajian khas Banjarnegara mirip es dawet dan serabi, melihat pertunjukan di panggung hiburan bila ada, dan anak-anak bisa bermain di taman bermain.

Lokasi: Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Gunung Lanang

Dari atas gunung tempat wisata Banjarnegara ini, pengunjung bisa menyaksikan lanskap kawasan Banjarnegara yang hijau sejauh mata memandang
Gunung Lanang. Image via: wisatadiindonesia.com

Dari atas gunung daerah wisata Banjarnegara ini, pengunjung mampu menyaksikan lanskap tempat Banjarnegara yang hijau sejauh mata memandang. Lanskap hijau yang indah ini tentu membuat mata dan perasaan hati menjadi tentram dan nyaman. Masalah hidup seolah lenyap seketika dari pikiran.

Soal asal usul penamaan Gunung Lanang, ada mitos yang beredar di masyarakat. Kata lanang dalam bahasa setempat berarti laki-laki. Gunung Lanang dahulunya yaitu seorang perjaka yang dikutuk alasannya mempertahankan cinta yang tidak restui orangtua. Gunung Tampomas yaitu pasangannya sehingga di juluki gunung wadon.

Untuk memperlihatkan kenyamanan pada pengunjung, pihak pengelola daerah wisata Banjarnegara ini menyediakan kemudahan yang cukup baik. Tersedia sarana area parkir, musala, toilet dan lainnya. Bagi yang ingin merasakan suasana malam Gunung Lanang bisa membawa perlengkapan tenda atau bermalam di penginapan yang telah disediakan.

Menghabiskan malam di alam terbuka sambil memandangi langit yang jernih yang dihiasi bintang-bintang akan membuat pengalaman rekreasimu lebih mengesankan.

Lokasi: desa wiradrana, Kecamatan bawang, Kabupaten banjarnegara, Provinsi jawa tengah

tiket:5.000

jam Buka: 07.00-18.00

  1. Surya Yudha Water Park

tempat wisata Banjarnegara ini memberikan paket lengkap hanya dengan mendatangi 1 lokasi saja.
Surya Yudha Water Park. Image via: google.co.id/maps

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Surya Yudha Park, destinasi liburan lengkap mulai dari wisata air hingga area hiburan. Tempat wisata ini cocok destinasi berlibur bersama keluarga. Bisa dikatakan tempat wisata Banjarnegara ini memperlihatkan paket lengkap hanya dengan mendatangi 1 lokasi saja.

Bagi pengunjung yang hendak melaksanakan latihan kekompakan kerjasama team, pengelola daerah wisata banjarnegara ini menyediakan area outbound. Ada zona darat dan zona basah yang bisa dijadikan arena petualangan peserta. Wahana satu ini ditunjang dengan perlengkapan outbound untuk setiap penerima.

Ada juga fasilitas waterpark. Area bermain air di sini dibagi menjadi beberapa kolam. Ada bak sedalam 10 cm untuk balita, juga kolam anak sedalam 50-80 cm. Di setiap bak disediakan aneka macam permainan air seperti perosotan dan air pancur. Pun ada wahana bejana tumpah untuk memeriahkan ke permintaan bermain air.

Tempat wisata banjarnegara Surya Yudha menyediakan juga Bioskop. Ini yakni Bioskop satu-satunya di Banjarnegara. Bioskop ini menyediakan daerah menonton nyaman dengan kapasitas luas. Disini juga menyediakan film tiga dimensi, dan kemudahan setara dengan bioskop nasional.

Lokasi: Jl. Raya Rejasa No.KM, RW.1, Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket: anak 15.000, Dewasa 25.000

Jam Buka: 07.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni