11 Kawasan Wisata Di Beijing Yang Menakjubkan Dan Instgramable

Banyak kawasan wisata di Beijing yang termasuk sebagai terpopuler di China. Selain sebagai ibu kota negara, kota ini banyak mempunyai bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Beijing yaitu salah satu kota di Cina yang selalu ramai kunjungan wisatawan alasannya adalah memiliki lokasi wisata yang indah dan eksotis.

Banyak tempat wisata di Beijing yang termasuk sebagai terpopuler di China. Selain sebagai ibu kota negara, kota ini banyak mempunyai bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik
Tempat Wisata di Beijing. Image via: tripsavvy.com

Simak juga: kawasan wisata di China

Sekilas Soal Beijing

Beijing ialah ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan salah satu kota terpadat di dunia. Beijing merupakan kota terbesar kedua di Tiongkok sesudah Shanghai dari segi populasi perkotaan dan merupakan sentra politik, budaya, dan pendidikan negara.

Kota ini populer dengan istana, kuil, taman, kebun, makam, tembok dan gerbang, pusaka seni, serta universitas telah membuatnya menjadi pusat budaya dan seni di Tiongkok. Beijing memiliki tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO yakni Kota Terlarang, Kuil Langit, Istana Musim Panas, Makam Dinasti Ming, Zhoukoudian, Tembok Raksasa, dan Terusan Besar.

Kota ini mempunyai iklim agak kering yang dipengaruhi iklim benua basah , ditandai dengan ekspresi dominan panas yang basah dan umumnya masbodoh, berangin. Musim kering acuh taacuh yang mencerminkan dampak besar Siberia anticyclone. Musim gugur, seperti musim semi, terlihat sedikit hujan, tetapi tajam dan pendek. Suhu rata-rata bulanan sehari-hari di bulan Januari adalah −3,7 °C

11 Tempat Wisata di Beijing

  1. Istana Terlarang

Istana ini terletak tepat di tengah-tengah kota kuno Beijing. Sekarang tempat wisata di China ini difungsikan menjadi museum.
Kota terlarang. Image via: airpaz.com

Selama hampir 500 tahun lamanya, Kota Terlarang Peninggalan Dinasti Ming tersebut hanya mampu diakses oleh orang-orang tertentu saja. Istana tempat wisata di beijing ini terletak sempurna di tengah-tengah kota kuno Beijing. Sekarang daerah wisata di China ini difungsikan menjadi museum.

Keseluruhan kompleks mempunyai luas kurang lebih 720.000 meter persegi dengan 800 buah bangunan dan lebih dari 9900 buah kamar. Bangunan-bangunan kuno itu dibangun dengan sangat simetris. Bangunan istana tersebut dikelilingi oleh pagar tembok dengan tinggi mencapai 8 meter. Di luar pagar tembok terdapat sungai yang memiliki lebar kurang lebih 53 meter.

Istana kekaisaran daerah wisata di China peninggalan Dinasti Ming tersebut masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO semenjak 1987.

Di dalam istana daerah wisata di beijing ini, pengunjung bisa melihat bangunan kuno yang masih kokoh, dicat dengan dominasi warna merah. Ada dua patung singa yang merupakan simbol penjaga istana di kala lampau. Kedua patung singa penjaga pintu gerbang sampai seluruh bab dalam istana, semuanya terjaga dalam keadaan yang sangat baik.

  1. Tiger Hill

tempat wisata di Beijing Tiger Hill mendapat julukan “Menara Pisa dari Timur”.  Saat mendatangi Tiger Hill, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang cantik sembari menelusuri situs sejarah di sana
Tiger Hill. Image via: tripsavvy.com

Simak juga: kawasan wisata di Hongkong

Tiger Hill juga menjadi salah satu tempat wisata di Beijing yang patut didatangi. Banyak wisatawan terpikat mengunjungi bangunan ini alasannya adalah bentuknya sepintas seperti dengan Menara Pisa di Italia. Kemiripan tersebut juga terlihat pada bentuknya yang miring beberapa derajat.

Tiger Hill menerima julukan “Menara Pisa dari Timur”.  Saat mendatangi Tiger Hill, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang anggun sembari menelusuri situs sejarah di sana. Tiger Hill yakni daerah yang sangat direkomendasikan. Di daerah wisata di Baijing ini pengunjung dapat menjumpai makam Raja Helu yang begitu tersohor di sini.

Kawasan ini mempunyai luas 20 hektar. Pagoda ini mempunyai tinggi sekitar 30 meter. Untuk melihat pagoda wisatawan berjalan menaiki anak tangga sekitar 25 menit.

Raja Helu kabarnya dikebumikan bersama 3.000 pedang serta ribuan orang yang membangun makamnya. Mereka yang mendirikan makam ini dibunuh supaya tidak ada orang yang mengetahui letak niscaya kuburan Raja Helu. Hingga sampai saat ini, belum ada pihak yang berhasil menemukan lokasi makam Raja Helu.

Pagoda di daerah wisata di beijing ini unik alasannya bangkit miring dan sudah berumur 1.200 tahun. Untuk memasuki tempat ini wisatawan dikenakan tarif 100 Yuan.

  1. Temple of Heaven

Tempat wisata di Beijing ini memiliki luas 2.700.000 meter persegi. Temple of Heaven lebih besar dari Kota Terlarang.
Temple of Heaven. Image via: chinadiscovery.com

The Temple of Heaven Park awalnya, ini ialah tempat di mana kaisar dari Dinasti Ming dan Dinasti Qing menggelar Ibadah Upacara Surga.  Temple of Heaven dibangun pada tahun 1420.

Tempat wisata di Beijing ini mempunyai luas 2.700.000 meter persegi. Temple of Heaven lebih besar dari Kota Terlarang.  Temple of Heaven ini tertutup oleh dinding panjang. Bagian utara dalam dinding melambangkan setengah lingkaran langit dan bab selatan yaitu persegi melambangkan bumi.

Temple of Heaven dibagi oleh dua dinding mengelilingi menjadi bagian dalam dan bagian luar. Bangunan utama terletak di selatan dan utara ujung sumbu tengah bab dalam. Bangunan paling megah yaitu Circular Mound Altar, Imperial Vault of Heaven  dan Aula Doa untuk Good Harvest dari selatan ke utara.

Ada lebih dari 60.000 jenis pohon di daerah wisata di Beijing ini. Pohon yang paling terkenal yakni pohon Nine-Dragon Cypress berusia 500 tahun dengan cabang mirip sembilan naga berliku satu sama lain.

Harga tiket masuk bulan November – Maret 10 Yuan, dan April-Oktober 15 Yuan. Kuil ini buka Jam 06.00-22.00.

  1. Masjid Niujie

Di tempat wisata di Beijing ini banyak kaligrafi tulisan arab yang menghiasi dinding masjid ini. Kaligrafi tersebut ditulis dengan gaya khas Tiongkok, dengan model dan warna yang unik.
Masjid Niujie. Image via: suarasiber.com

Simak juga: kawasan wisata di Shanghai

Masjid Niujie telah berumur ratusan tahun, dan menjadi penanda peradaban islam di Beijing. Tempat wisata di Beijing ini memiliki luas 7000 meter persegi, dengan gaya bangunan khas Cina. Dilihat dari jauh, masjid ini berbeda dengan masjid umumnya di Indonesia. Kubah masjid bentuknya segi enam, dengan atap genteng berwarna hijau.

Interior dari bangunan ini sangat menarik. Umumnya kawasan-tempat peribadatan kaum Tionghoa dihiasi dengan ornamen-ornamen dan relief seperti relief naga, patung, dan lain sebagainya. Namun di bangunan masjid ini tidak ada ornamen binatang atau manusia yang menempel di dinding maupun atap dari masjid.

Di daerah wisata di Beijing ini banyak kaligrafi tulisan arab yang menghiasi dinding masjid ini. Kaligrafi tersebut ditulis dengan gaya khas Tiongkok, dengan model dan warna yang unik. Warnanya bervariasi, namun dominan adalah kuning cerah.

Pada pintu masuk masjid ini dihiasi dengan dinding yang beralaskan marmer putih yang mengkilap. Lantai pada masjid ini juga terbuat dari marmer putih, yang mempunyai luas 1600 meter persegi. Di dalam areal masjid juga terdapat sebuah menara setinggi 33 meter, yang beralaskan marmer, dan atapnya dari emas.

  1. Dong Yue Miao Temple

Tempat wisata di Beijing ini merupakan kuil yang dibuat untuk menghormati Gewa Gunung Tai. Desain kuil ini mirip dengan Kuil Fahai, dengan bentuk bangunan yang hampir sama.
Dong Yue Miao Temple. Image via: asiaexplorers.com

Dong Yue Miao merupakan salah satu kuil yang berada di kota Beijing. Tempat wisata di Beijing ini merupakan kuil yang dibentuk untuk menghormati Gewa Gunung Tai. Desain kuil ini seperti dengan Kuil Fahai, dengan bentuk bangunan yang hampir sama.

Di dalam kuil ini terdapat patung Dewa Gunung Tai, yang memiliki ukuran yang cukup besar. Kuil ini menarik untuk dikunjungi sebab di dalamnya selain terdapat patung Dewa Gunung juga terdapat patung tuhan-ilahi lain seperti patung ilahi langit, dewa bumi, ilahi air dan lain sebagainya.

Kuil daerah wisata di Beijing Kuil ini mempunyai 3 halaman utama, dengan 376 kamar. Luas area kuil mencapai 4,7 hektar. Di kuil ini adalah terdapat prasasti watu, yang disusun membentuk kronologi pendiri kuil ini. Prasasti berbentuk batu-batu dengan tabrakan yang menceritakan dongeng Zhang Liusun. Parasasti disusun sedemikian rupa sehingga mampu membentuk kronologi kisah kehidupan beliau.

Kuil ini buka setiap hari kecuali Selasa, mulai jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Harga tiket masuknya sekitar 8 Yuan.

  1. Yonghe Temple

Di dalam kuil tempat wisata di Beijing ini terdapat patung budha raksasa dengan tinggi melebihi lantai dua bangunan ini atau sekitar 18 meter
Yonghe Temple. Image via: en.wikipedia.org

Simak juga: tempat wisata di Kyoto

Kuil Yonghe terletak di sebelah timur bahari Beijing. Kuil ini merupakan kuil yang sangat penting, alasannya merupakan daerah peribadatan umat Budha terbesar di Kota itu. Bangunan ini dibangun pada era Dinasti Qing, sekitar tahun 1694. Gaya arsitektur bangunan tempat wisata di Beijing ini menggabungkan antara gaya arsitektur Cina dengan Tibet.

Di dalam kuil ini terdapat ruangan persembahyangan, dengan patung budha yang terbuat dari kuningan. Patung budha tersebut ditempatkan di sebuah singgasana, mirip singgasana Kaisar. Di sisi kanan dan kiri patung budha tersebut, terdapat bangunan seperti Kuil Langit, namun ukurannya lebih kecil dan lebih banyak tingkat

Di dalam kuil juga terdapat patung budha raksasa dengan tinggi melebihi lantai dua bangunan ini atau sekitar 18 meter. Patung budha tersebut terbuat dari campuran materi logam, dan memiliki warna merah cerah. Patung ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kuil ini.

Kuil tempat wisata di Beijing ini terbuka untuk umum mulai pukul  09.00 pagi sampai pukul 17.00. Harga tiket masuknya 25 Yuan.

  1. Badaling National Forest Park

tempat wisata di Beijing Taman Hutan Nasional Badaling Beijing mencakup 56 hektar, dan ditanami lebih dari 50.000 pohon maple.
Badaling National Forest Park. Image via: en.people.cn

Taman Hutan Nasional Badaling terletak di ketinggian yang sedikit lebih tinggi dari kawasan wisata Beijing lainnya. Tempat wisata di Beijing ini populer dengan fenomena daun merah yang berlangsung di sana. Taman Hutan Nasional Badaling Beijing meliputi 56 hektar, dan ditanami lebih dari 50.000 pohon maple.

Area pemandangan Red Leaves Hill di Badaling National Forest Park ialah 500 m lebih tinggi di atas permukaan bahari. Ini lebih tinggi dari rata-rata untuk wilayah sentra kota Beijing. Selain itu, alasannya adalah imbas pendinginan yang diberikan oleh hutan lebat dan Tembok Besar di sekitarnya, Red Leaves Hill akan menjadi daerah pertama untuk mengamati dedaunan yang mengubah rona kemerahan di awal ekspresi dominan gugur.

Durasi Fenomena Daun Merah di kawasan wisata di Beijing Taman Hutan Badaling biasanya sekitar 2 ahad. Waktu terbaik untuk menonton bazar adalah dari 28 September hingga 25 Oktober.

Untuk mengunjungi daerah wisata di Beijing ini pengunjung mampu datang setiap hari pada jam 08: 00-18: 30, dengan membayar tiket 25 RMB.

  1. Longqing Gorge

Tempat wisata di Beijing ini sering dibandingkan dengan puncak-puncak air yang terjal di sepanjang Sungai Li di Guilin, Cina Selatan.
Longqing Gorge. Image via: topchinatravel.com

Simak juga: daerah wisata di Osaka

Ngarai ini hanya berjarak sekitar 85 kilometer dari sentra kota Beijing. Tempat wisata di Beijing ini sering dibandingkan dengan puncak-puncak air yang terjal di sepanjang Sungai Li di Guilin, Cina Selatan. Di selatan ngarai yaitu Tembok Besar Badaling, di sebelah barat ialah Taman Hutan Songshan, dan di barat yakni Gunung Haituo.

Hal menarik di lokasi ini ialah adanya eskalator naga. Saat memasuki gerbang Ngarai Longqing yang megah, pengunjung akan melihat seekor naga kuning besar terjulur. Beranjaklah ke kepalanya dan pengunjung akan menemukan itu yakni eskalator luar ruang sepanjang 258 m.

Di daerah wisata di Beijing ini ada juga bungee jumping. Untuk pecandu adrenalin, pelompat bungee melompat dari ketinggian 48 m di tebing dekat Kuil Jingang.

Ada juga akomodasi wisata Naik kapal pesiar. Penawaran wisata kitsch mungkin opsional, tetapi pelayaran santai di sepanjang Ngarai Longqing yang indah sepanjang 7 km yang merupakan bagian dari Bendungan Longqing yaitu suatu keharusan untuk menikmati keindahanngarai secara total.

  1. Shidu Nature Park

Puncak gunung tertinggi tempat wisata di Beijing ini adalah 1.210,8 meter di atas permukaan laut, diikuti oleh puncak gunung bernama Bull Horn Mountain dengan ketinggian 1.176,94 meter
Shidu Nature Park. Image via: tripadvisor.co.uk

Area indah bernama Shidu di Kota Shidu, Distrik Fangshan, Beijing. Jarak kawasan wisata di Beijing ini dengan pusat kota Beijing sekitar 1 jam perjalanan. Namun walau jauh, kegiatan yang mampu Anda nikmati di animo panas Beijing Akan sangat menyenangkan dan keren.

Puncak gunung tertinggi kawasan wisata di Beijing ini yaitu 1.210,8 meter di atas permukaan bahari, diikuti oleh puncak gunung berjulukan Bull Horn Mountain dengan ketinggian 1.176,94 meter. Titik terendah yaitu Zhangfang, hanya 84,2 meter di atas permukaan laut.

Lokasi ini yaitu lembah hutan watu karst terbesar di Cina utara. Ini adalah bentuk daratan dari gunung dan air yang abnormal, tebing terjal, puncak tinggi dan hutan zamrud, dan kerikil-batu indah dan gua dalam. Orang-orang di Tiongkok menganggapnya sebagai “pemandangan menakjubkan Cina utara”, “negeri kisah di bumi” dan “nirwana di luar dunia kasatmata”.

Banyak kegiatan dan taman telah didirikan di daerah wisata ini. Mulai dari lompat Bungee, Taman Hiburan Juma, Gunung Badu Tianlu, Taman Gelombang Hijau Liudu dan Desa Gunung yang Sepi.

Tiket untuk menikmati daerah wisata di Beijing ini 45 yuan.

  1. Yaxiu Market

Tempat wisata di Beijing jenis belanja ini adalah toko 4 lantai dalam ruangan, seperti Pasar Sutra.
Yaxiu Market. Image via: beijingimpression.cn

Simak juga: tempat wisata di Jepang

Pasar Yaxiu terletak di Distrik Chaoyang. Tempat wisata di Beijing jenis belanja ini ialah toko 4 lantai dalam ruangan, seperti Pasar Sutra. Ini ialah bazaar pakaian untuk penduduk lokal Beijing, sehingga harganya jauh lebih rendah.

Luas total pasar Yaxiu yaitu sekitar 27.000 meter persegi dan ruang lingkup bisnis utamanya meliputi aneka macam perdagangan luar negeri termasuk pakaian, pelengkap, kerajinan tangan tradisional, kudapan dan masakan, serta rekreasi dan hiburan.

Bersamaan dengan pasar Hongqiao dan Xiushui, Yashow yaitu salah satu pasar paling padat turis di Beijing, tetapi juga merupakan salah satu yang terbaik jika Anda menginginkan jeans, tas, sepatu, penjahit yang baik atau hadiah untuk dibawa pulang ke rumah Anda. sahabat.

Sebagian besar barang yang di kawasan wisata di Beijing ini mirip dengan yang ada di Pasar Sutra. Namun, Pasar Yaxiu jauh lebih kecil ukurannya kalau dibandingkan dengan Pasar Sutera. Sebagian besar pedagang bisa berbahasa Inggris. Tapi jikalau pengunjung berbicara bahasa lain seperti Prancis dan Spanyol, cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka yakni melalui angka kalkulator.

  1. Silk Market

Pedagang di Pasar tempat wisata di beijing ini telah menawarkan sutra berkualitas tinggi selama bertahun-tahun. Termasuk beberapa merek Cina yang sudah lama dihormati seperti Ruifuxiang, Shengxifu, dan Neiliansheng.
Silk Market. Image via: welcometochina.com.au

Silk Market yakni salah satu pusat perbelanjaan di China yang menjual sepatu dan kainnya. Tempat wisata di Beijing ini terasa antik karena didirikan pada ketika Dinasti Qing.

Meskipun ada banyak sekali barang di Jalan Xiushui, barang yang paling menarik ialah sutra. Bahkan sebuah museum sutra dibangun di lantai tiga. Pedagang di Pasar ini telah menawarkan sutra berkualitas tinggi selama bertahun-tahun. Termasuk beberapa merek Cina yang sudah lama dihormati mirip Ruifuxiang, Shengxifu, dan Neiliansheng. Ruifuxiang berspesialisasi dalam membuat sutra berkualitas tinggi.

Lantai pertama dan kedua di kawasan wisata di Beijing ini tidak boleh dilewatkan. Di dua lantai ini, pengunjung mampu melaksanakan tawar-menawar dengan bebas di Boutique Corridor. Tidak perlu merasa aib atau aib saat melaksanakan tawar-menawar dengan penjual. Ini adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di Tiongkok. Pengunjung mampu mencoba dengan memotong harga 10% sampai 30% dari penawaran mereka.

Selain sutra, artikel Cina tradisional lainnya mirip teh, porselen, lukisan dan kaligrafi Cina, kerikil giok Cina, dll. Tersedia di lantai empat. Beberapa keterampilan khas Cina dapat ditemukan di lantai ini, mirip lukisan tangan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni