11 Kawasan Wisata Di Dubai, Kemilau Kemewahan Kota Emas

Tempat wisata di Dubai yang memiliki keunikan dan keindahan masing-masing di daerah wisata sehingga wajib untuk dikunjungi. Kekuatan wisata ditunjang oleh kemampuan keuangan yang melimpah. Sehingga memungkinkan membangun tempat wisata terbesar dan ter-mewah di dunia. Pantas kalau kota ini dijuluki Kota Emas.

Tempat wisata di Dubai yang memiliki keunikan dan keindahan masing-masing di tempat wisata sehingga wajib untuk dikunjungi
Tempat Wisata di Dubai. Image via: wanitaindonesia.co.id

Sekilas Soal Dubai

Dubai ialah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA). Terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab. Kotamadya Dubai kadang-kadang disebut Kota Dubai untuk membedakannya dari emirat.

Dubai terletak langsung di Gurun Arabia. Tetapi, topografi Dubai sedikit berbeda dari bab selatan UEA. Sebagian lanskap Dubai dipenuhi pola gurun berpasir, sementara gurun berminyak mendominasi sebagian besar wilayah selatan negara ini.

Pasirnya terdiri dari kerang hancur dan koral dan halus, bersih dan putih. Di timur kota, daratan pantai bergaram, dikenal sebagai sabkha, memperlihatkan jalan menuju bentangan gundukan pasir utara-selatan. Lebih jauh ke timur, gundukan pasir semakin besar dan berwarna merah akhir besi oksida.

Dubai memiliki iklim panas dan, pada beberapa waktu, berair dengan banyak bulan mencatat temperatur di atas 40 °C. Temperatur tertinggi yang pernah tercatat di Dubai adalah 47.3 °C. Curah hujan sangat sedikit, dengan rata-rata 150 mm per tahun.

Untuk transportasi, dubai memiliki sistem bus besar yang melayani 69 rute. Meskipun mode transportasi utama di Dubai yakni melalui kendaraan eksklusif, Dubai juga memiliki sistem taksi yang besar.

11 Tempat Wisata di Dubai

  1. Burj Khalifa

Tempat wisata di Dubai paling menonjol mungkin adalah Burj of Khalifa. Bangunan setinggi 163 lantai dan memiliki tinggi 828 meter ini telah menjadi ikon dari Dubai dan Uni Emirat Arab.
Burj Khalifa. Image via: viator.com

Simak juga: kawasan wisata di India

Tempat wisata di Dubai paling menonjol mungkin ialah Burj of Khalifa. Bangunan setinggi 163 lantai dan memiliki tinggi 828 meter ini telah menjadi ikon dari Dubai dan Uni Emirat Arab. Bangunan yang diresmikan pada 4 Januari 2010 silam tersebut telah dilabel sebagai bangunan tertinggi di dunia.

Desain gedung ini merupakan abstraksi dari bunga Hymenocallis, ialah salah satu jenis bunga bakung atau Amaryllidaceae. Menaranya meruncing ke atas, kelopaknya mengupas beberapa bagian, dan alhasil benang sari baja tunggal menjulang.

Area observasi tertinggi di dunia di Tempat wisata di Dubai ini ada di lantai 148. Ada daerah duduk yang tersedia di tengah maupun di dekat pinggir beling. Ada juga area observasi di luar ruangan dengan lantai kayu.

Di area lantai 125 juga ada area observasi, namun sepenuhnya dalam ruangan. tersedia teropong semacam alat pemindai jarak jauh yang bisa menampilkan aneka ragam Kota Dubai mulai dari kala saat ini maupun lampau. Ada juga toko suvenir yang ada di lantai 124 maupun 125 serta layanan fotografi yang mampu didapatkan dengan biaya aksesori.

Waktu tour di menara ini mulai pukul 09.30 hingga pukul 18.00 yaitu waktu prime time kelas VIP yang bisa dikenakan biaya 500 dirham Uni Emirat

  1. Palm Jumeirah

The Palm Jumeirah merupakan pulau buatan tempat wisata di Dubai yang berbentuk pohon palem dengan cakupan sebuah batang, sebuah mahkota dengan 17 daun,
Palm Jumeirah. Image via: focus.de

The Palm Jumeirah merupakan pulau buatan kawasan wisata di Dubai yang berbentuk pohon palem dengan cakupan sebuah batang, sebuah mahkota dengan 17 daun, dan sebuah pulau berbentuk sabit yang mengelilingiya dan membentuk 11 kilometer pemecah gelombang.

Pulau mahkota dihubungkan dengan Dubai oleh sebuah jembatan sepanjang 300 meter dan pulau sabit dihubungkan dengan ujung atas palem oleh terowongan bawah bahari. The Palm Jumeirah mampu dikatakan sebagai salah satu resor utama dunia.

Hampir 30 hotel pinggir pantai telah di buka. Juga ada beberapa vila glamor dikembangkan di pulau ini. David Beckham dan Michael Owen merupakan dua pemain sepak bola yang telah membeli rumah peristirahatan di salah satu villa di palm jumeirah.

Pengunjung daerah wisata di Dubai ini mampu menikmati pantai dan belanja souvenir di pasar sekitar Palm Jumeirah. Karena  Pantai Palm Jumeirah ini sangat indah dan anggun sekali Anda pun jikalau berkunjung kesana pasti akan betah sekali bahkan tidak  mau pulang. Sungguh benar-benar sangat indah dan mempesona daerah ini.

  1. Jumeirah Beach

Tempat wisata di Dubai satu ini juga merupakan spot yang baik untuk melihat Burj Al Arab, bangunan ikonik Dubai sekaligus satu-satunya hotel bintang 7 yang ada di dunia.
Jumeirah Beach. Image via: bark.ch

SImak juga: kawasan wisata di London

Jumerah Beach adalah pantai paling populer di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Pantai populer ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan. Pantai dengan pasir lembut berwarna keemasan dan biru warna maritim yang dapat memanjakan mata, niscaya menyenangkan untuk dijadikan tempat liburan.

Lokasi Jumeirah Beach tidak jauh dari sentra kota Dubai, hanya sekitar 20 menit perjalanan. Tempat wisata di Dubai ini mampu dicapai memakai transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya berdekatan dengan Dubai Canal, Sunset Mall, Mercato Shoping Mall dan Dubai Zoo.

Pantai Jumeirah mampu menjadi salah satu alternatif daerah wisata di Dubai jikalau anda bosan mengunjungi obyek-obyek wisata yang memberikan kemewahan. Jika ingin menikmati liburan murah di kota Dubai maka jangan lewatkan untuk mengunjungi Jumeirah Beach.

Tempat wisata di Dubai satu ini juga merupakan spot yang baik untuk melihat Burj Al Arab, bangunan ikonik Dubai sekaligus satu-satunya hotel bintang 7 yang ada di dunia.

  1. Bastakia Quarter

Bastakia Quarter adalah sebuah kota tua yang memiliki banyak sekali musem, terutama di daerah Al Fahidi. Di tempat wisata di Dubai ini pengunjung bisa belajar banyak hal mengenai budaya, kostum, dan tradisi lokal
Bastakia Quarter. Image via: travelandleisure.com

Di balik dunia modern Dubai, ada daerah wisata di dubai yang bersejarah eksotis dan memesona. Ialah Bastakia Quarter yang namanya berasal dari Bastak, Iran. Di mana lokasi itu menjadi daerah tekstil dan mutiara pertama kali diperdagangkan.

Bastakia Quarter yaitu sebuah kota renta yang mempunyai banyak sekali musem, terutama di tempat Al Fahidi. Museum yang mampu dikunjungi oleh pengunjung mencakup museum kopi, museum perangko, museum koin, dan masih banyak lainnya.

Sebelum dijadikan museum, daerah ini merupakan benteng Al Fahidi yang dibangun sekitar 1787. Saat itu, benteng dibangun untuk mempertahankan area dari suku asli, dan sekeligus dipakai sebagai istana Ruler.

Di tempat wisata di Dubai ini pengunjung bisa berguru banyak hal mengenai budaya, kostum, dan tradisi lokal. Pengunjung juga bisa menyicipi kuliner tradisional orisinil Timur Tengah, yang mantap dan gurih. Pengunjung juga bisa melihat karya-karya terbaik hasil seniman lokal.

Berbagai museum di daerah wisata di Dubai tersebut tentunya sangat menarik untuk memahami perkembangan dan sejarah Dubai. Berkunjung ke Bastakia Quarter mampu dilakukan baik pada siang ataupun malam hari.

  1. Big Red

Al Hamar adalah tempat wisata di dubai yang sangat populer bagi penduduk setempat dan wisatawan yang berjiwa petualang.
Big Red. Image via: oddviser.com

Simak juga: daerah wisata di Inggris

Dengan berkendara menyusuri jalan Dubai-Hatta menuju gurun, pengunjung akan melihat Mars di Bumi. Yaitu bentang alam berupa gundukan pasir Big Red. Bagi penduduk setempat, Big Red dikenal dengan nama Al Hamar.

Al Hamar yakni tempat wisata di dubai yang sangat terkenal bagi penduduk setempat dan wisatawan yang berjiwa petualang. Bukit pasir setinggi 100 meter menjadi arena sempurna untuk pendakian bukit pasir, sand-boarding, dan aktivitas ekstrem lainnya.

Namun, gundukan pasir Big Red lebih dari sekadar taman bermain bagi penggemar olahraga gurun. Warna gundukan merah kecokelatan akhir oksida besi yang tinggi, mengakibatkan Big Red sebagai latar belakang yang sangat memukau berfoto.

Bagi pecinta kegiatan wisata yang menantang adrenalin, daerah wisata di Dubai Big Red menjadi pilihan yang sangat sempurna.Pengunjung bisa melakukan Sand-Boarding, atau anda juga mampu menyewa quad-bikes untuk bertualang dan beberapa aktivitas lainnya.

Ingatlah untuk membawa air yang cukup dan menjelajahi Big Red saat pagi-pagi sekali untuk menghindari sengatan matahari.

  1. Dessert Safari

. Di tempat wisata di Dubai itu disediakan motor-motor padang pasir, onta, burungelang untuk berfotoria.
Dessert Safari. Image via: getyourguide.com

Jika berkunjung ke Gurun Dubai, pengunjung mampu mencicipi sensasi pengalaman untuk berekreasi sekaligus wisata masakan di tengah gurun pasir. Selain itu, pengunjung juga mampu melaksanakan perjalanan yang mampu memicu adrenalin dengan menunggang unta.

Dalam perjalanan safarai di Padang pasir Tempat wisata di Dubai selama 20-30 menit, para pengunjung di ajak menaiki kendaraan LandCruiser hingga puas dan mual perutnya. Sang sopir sudah mempunyai keahlian khusus membawa wisatawan menyusuri gurun pasir dengan kecepatan tinggi, tanpa khawatir kecelakaan.

Sesekali sang sopir menaiki gundukan gurun pasir yang menantang, sehingga kendaraan beroda empat terasa terbalik. Semakin tinggi gundukan pasir, semakin tinggi pula lompatan mobil. Itulah sensasi Safari Desert yang membuat setiap pengunjung ingin mengulang kembali.

Setelah rampungsafari desert, semua wisatawan di ajak ke sebuah kawasan khusus untuk menyaksikan sebuah pertunjukan TarianAla Badui Arab, sekaligus menikmati makan-makan khas mereka. Di kawasan wisata di Dubai  itu disediakan motor-motor padang pasir, onta, burungelang untuk berfotoria.

  1. Dubai Museum

Galeri-galeri di tempat wisata di Dubai ini menciptakan kembali rumah-rumah lokal bersejarah, masjid, souk, kebun kurma, kehidupan gurun, dan laut.
Dubai Museum. Image via: citymaxhotels.com

Simak juga: daerah wisata di Jerman

Dubai Museum memiliki diorama warna-warni serta banda festival bersejarah yang mencerahkan. Bertempat di Benteng Al Fahidi, ini merupakan bangunan tertua yang ada di kota ini, serta yang wajib dikunjungi untuk menikmati Dubai era lampau.

Dibangun pada 1787, benteng daerah wisata di Dubai ini pernah menjadi sentra kerajaan, pertahanan, gudang senjata, dan penjara, sebelum direnovasi pada pemerintahan Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum. Pada 1971, tahun yang sama ketika Uni Emirat Arab dibuat, benteng ini kembali dibuka sebagai Dubai Museum.

Galeri-galeri di tempat wisata di Dubai ini membuat kembali rumah-rumah lokal bersejarah, masjid, souk, kebun kurma, kehidupan gurun, dan bahari. Menunjukkan sejarah Dubai serta peninggalan aslinya. Pengunjung dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari sebelum ditemukan minyak.

Anda juga mampu menjelajahi kekayaan sejarah selam mutiara di daerah ini, termasuk timbangan yang benar-benar dipakai di kurun itu. Malah, benda-benda dari 3000 SM ditampilkan, dipelihara dengan hati-hati dan dirawat untuk memastikan mampu bertahan lebih lama.

  1. Dubai Miracle Garden

Miracle Garden terdiri dari 45 juta bunga asli yang ditanam dengan luas 72.000 meter persegi.
Dubai Miracle Garden. Image via: idntimes.com

Dubai Miracle Garden merupakan taman bunga di Dubai yang resmi dibuka pada hari Valentine, tepatnya tahun 2013. Jauh mirip taman bunga di negara lain, Miracle Garden terdiri dari 45 juta bunga orisinil yang ditanam dengan luas 72.000 meter persegi.

Taman bunga Tempat wisata di Dubai ini hanya buka pada ekspresi dominan acuh taacuh, adalah mulai pertengahan November sampai pertengahan Mei. Saat animo panas yakni Juni-Agustus, temperatur udara bisa mencapai 52 derajat Celcius sehingga taman harus ditutup.

Taman Tempat wisata di Dubai ini berbentuk outdoor dengan berbagai replika megah keajaiban dunia dan tiruan benda-benda unik berdesain vertikal dan horisontal, yang bikin lebih takjub ialah semuanya terbuat dari bunga.

Rangkaian bunga di Dubai Miracle Garden tak hanya dibiarkan tumbuh alami di tanah. Banyak rangkaian bunga raksasa dengan aneka bentuk, mulai dari kucing, gajah, Teddy Bear, Mickey Mouse.

Yang paling spektakuler adalah rangkaian bunga berbentuk Emirates Airbus 380, salah satu armada pesawat terbesar di dunia. Pesawat itu hadir dengan ukuran bahu-membahu dan berbalut bunga aneka warna.

Untuk menikmati Dubai Miracle Garden, tiket masuk untuk orang remaja sebesar 50 Dirham dan 40 Dirham untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

  1. Dubai Aquarium

Tempat wisata di subai Akuarium ini menampung lebih dari 33.000 ribu hewan air. Lebih dari 300 hiu hidup di akuarium ini, dan memiliki koleksi hiu macan pasir terbesar di dunia.
Dubai Aquarium. Image via: dubai-online.com

SImak juga: tempat wisata di Paris

Dubai Mall adalah rumah bagi akuarium terbesar di dunia, Dubai Aquarium. Akuarium yang sangat besar ini memiliki lebih dari sepuluh juta liter air dan mempunyai ukuran 32 meter kali 8 meter. Karena dimensi yang sangat besar ini, dinding beling setebal 75 sentimeter dari akuarium ini menjadi panel kaca terbesar di dunia.

Akuarium Tempat wisata di Dubai ini menampung lebih dari 33.000 ribu binatang air. Lebih dari 300 hiu hidup di akuarium ini, dan memiliki koleksi hiu macan pasir terbesar di dunia. Akuarium ini ialah rumah bagi ribuan ikan raksasa dan sekolah besar spesies ikan yang paling beragam.

Jika Anda ingin melihat akuarium lebih dekat atau bila Anda ingin berjalan melalui terowongan di akuarium Anda akan memerlukan tiket untuk Kebun Binatang Bawah Air. Iketnya sebesar $ 33.

Di sebelah Akuarium Tempat wisata di Dubai yakni Kebun Binatang Bawah Air, kebun hewan bawah maritim dengan sejumlah besar akuarium. Di Kebun Binatang Bawah Air pengunjung akan menemukan puluhan akuarium berisi ribuan ikan, termasuk sekolah besar piranha.

Jika mencari adrenalin, pengunjungbisa berenang di akuarium di antara banyak hiu dan pari. Kegiatan ini ada tiketnya tersendiri. Untuk snorkeling Anda membayar 161 dolar, menyelam di sangkar di akuarium 184 dolar.

  1. Dubai Mall

Bagi pecinta mode kelas atas, di tempat wisata di dubai ini dapat menikmati koleksi terbaru dari desainer dan merek terkenal seperti Versace, Burberry, dan banyak lagi
Dubai Mall. Image via: harpersbazaararabia.com

Dubai Mall yakni mall raksasa yang akan dibangun di Dubai, sebagai bab dari proyek “Dubai Baru”. Mall ini mengklaim diri sebagai mall terbesar di dunia. Mall mencakup area lebih dari 12 juta ft² , dengan 10 – 15 mall kecil dibangun di dalamnya.

Dalam empat tahun terakhir, tempat wisata di Dubai ini dikunjungi lebih dari 80 juta orang tiap tahunnya. Angka ini membuat pusat perbelanjaan terbesar kedua di dunia itu menjadi mal yang paling banyak dikunjungi. Bahkan US News & Report menganugerahi Dubai Mall sebagai atraksi utama di Dubai.

Selain ruang berbelanja, mal ini juga menyediakan bermacam-macam atraksi. Salah satunya adalah taman hiburan indoor yang baru saja dibuka pada awal tahun 2018. Sesaat sesudah dibuka, taman hiburan ini langsung menjadi atraksi favorit pengunjung.

Menampilkan lebih dari 1.200 toko ritel, dua sentra perbelanjaan pendukung, dan ratusan gerai makanan dan minuman, Dubai Mall mencakup lebih dari 1 juta meter persegi – area yang setara dengan 200 lapangan sepak bola.

Bagi pecinta mode kelas atas, di tempat wisata di dubai ini mampu menikmati koleksi terbaru dari desainer dan merek populer mirip Versace, Burberry, dan banyak lagi. Juga mampu menemukan pemanis emas terbaik di Souk Emas serta sepatu terbaru di Level Shoes.

  1. Naif Market

Naif Market adalah tempat wisata di Dubai untuk pengunjung yang gemar berbelanja barang dengan harga miring
Naif Market. Image via: discover-dubai.ae

Simak juga: tempat wisata di Perancis

Naif Market yakni kawasan wisata di Dubai untuk pengunjung yang gemar berbelanja barang dengan harga miring. Pasar ini menyiapkan media untuk bereksplorasi. Pasar ini secara otomatis akan mengingatkan akan pasar Tanah Abang yang ada di Jakarta di mana barang dagangan apa saja ada dan sama sekali tidak mahal.

Kebutuhan sandang apa saja ada di pasar ini dan dijual dengan harga murah yang niscaya tidak akan membuat kantong kering. Oleh alasannya itu, kawasan ini lebih disarankan bagi yang ingin membeli oleh-oleh.

Lebih dari itu, penjual-penjual yang ada di area pasar ini pun akan dengan ramah menyapa para pengunjung yang wajahnya kelihatan melayu. Sapaan sederhana dengan Bahasa Indonesia pun akan terlontar dari lisan mereka, untuk menarik lebih banyak pembeli.

Barang yang menjadi daya tarik para pengunjung biasanya ialah Abaya. Di Tempat wisata di Dubai ini pengunjung mampu menemukan banyak sekali macam Abaya yang manis-cantik dengan harga murah. Juga pernak pernik khas arab yang tentunya mampu dijadikan oleh-oleh untuk sahabat di tanah air.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni