11 Kawasan Wisata Di Italia, Mengagumi Tanah Leluhur Spaghetti

Tempat wisata di Italia sejak lama sudah terkenal sebagai rujukan wisatawan internasional. Berbagai objek sejarah monumental mulai dari Coloseum, Negara Vatikan, dan kota venesia, adalah objek-objek  di negara asal Spaghetti ini. Objek tersebut dikenal oleh hampir seluruh penduduk bumi.

Tempat Wisata di Italia. Image via: 1zoom.me

Sekilas Soal Wisata di Italia

Republik Italia terletak di jantung Laut Mediterania. Italia berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria, dan Vatikan. Italia meliputi area seluas 301.338 km² dan dipengaruhi oleh iklim sedang dan iklim mediterania.

Dilihat dari bentuk geografi, wilayah Italia berbentuk mirip sepatu bot atau di Italia sering disebut lo Stivale. Dengan jumlah penduduk mencapai 61 juta jiwa, Italia merupakan negara anggota UE keempat yang paling banyak penduduknya.

Di dalam kota umumnya terdapat jaringan bus, tram, dan metro. Hal ini berlaku untuk kota besar mirip Roma, Milan, Turin, Genoa, Catania. Kereta merupakan transportasi terkenal antar kota. Jaringan kereta terbesar dikelola oleh Trenitalia, untuk rute dan tarif bisa dicek di www.trenitalia.com.

Uang tip seringkali dianggap sebagai salah satu unsur watak dari sebuah pelayanan, namun hal itu tidak berlaku di Italia. Di sana ‘Servizo’ tertera dalam tagihan. Itu artinya pengunjung sudah memperlihatkan 10 sampai 20 persen dari total tagihan untuk si pelayan.

11 Tempat Wisata di Italia

  1. Colosseum

Colosseum menjadi salah satu tempat wisata di Italia terpopuler. Bangunan ini dianggap karya terbaik dari warisan arsitektur Romawi kuno.
Colosseum. Image via: swedishnomad.com

Simak juga: tempat wisata di Spanyol

Bangunan yang dalam bahasa italia ini sering disebut sebagai Colosseo ini merupakan sisa reruntuhan gedung pertunjukan terbuka. Ini menjadi salah satu kawasan wisata di Italia terpopuler. Bangunan ini dianggap karya terbaik dari warisan arsitektur Romawi kuno.

Amfiteater terbesar di dunia yang diperkirakan bisa menampung 50.000 penonton ini berada di sebelah timur Roman Forum, yakni bekas alun-alun yang penuh puing-puing bangunan kuno yang juga menjadi salah satu destinasi wisata popular lain di Roma.

Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha menciptakan Colosseum terlihat begitu megah. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir.

Bentuk elips Colosseum berkhasiat untuk mencegah para pemain melarikan diri ke arah sudut dan menjaga penonton tetap berada di wilayah yang kondusif. Tempat duduk dibagi menjadi tingkatan berbeda menurut status sosial dalam masyarakat Romawi.

Tempat wisata di Italia ini di buka pada 08.30 dan biasanya ditutup satu jam sebelum matahari terbenam. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat yang diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini, biaya tiketnya €15,5

  1. Museum Vatikan

Tempat wisata di Italia ini menampilkan karya-karya terbaik milik Gereja Katolik Roma.
Museum Vatikan. Image via: domradio.de

Museum yang dalam bahasa Italia dikenal dengan nama Musei Vaticani ini merupakan kumpulan beberapa museum kesenian publik dan patung di Kota Vatikan. Tempat wisata di Italia ini menampilkan karya-karya terbaik milik Gereja Katolik Roma.

Puncak dari Museum Vatikan ialah Kapel Sistina yang diresmikan tahun 1482. Kapel itu dibangun pada abad pemerintahan Paus Sixtus IV di abad XV, Baccio Pontelli. Konsepnya yaitu “kapel dari segala kapel”. Memang, dari segi arsitektur, inilah kapel terindah dengan plafon melengkung.

Kapel Sistina tak hanya masyur oleh arsitektur dan lukisannya, namun juga populer akan suasana kotanya yang nyaman untuk dijadikan sebagai daerah wisata di Italia.

Tempat yang kerap disebut-sebut sebagai museum terbesar ini juga dikenal sebagai salah satu museum dengan harga tiket masuk termahal di dunia. Untuk mampu masuk Anda harus membayar sekitar €15 (15 Euro) per orang atau setara dengan US$ 21 (Rp 208.000).

Jam kunjungan di Museum ini bervariasi, tetapi umumnya mulai dibuka dari pukul 08.45 pagi sampai sore hari setiap hari Senin hingga Sabtu. Pada hari Minggu Anda masih bisa berkunjung ke dalam Museum Vatikan, tetapi pasti ditutup pada beberapa hari suci umat Katholik sepanjang tahun.

  1. Castle Sant’ Angelo

tempat wisata di Italia Castel Sant’Angelo sendiri terletak di tepi kanan sungai Tiber. Dibangun sekitar tahun 134 Masehi. Bentuknya memang unik, seperti  bulat dan silinder.
Castle Sant’ Angelo. Image via: mylittleadventure.com

SImak juga: kawasan wisata di Rusia

Tak jauh dari Vatican terdapat sebuah kastil berjulukan Saint Angelo. Saint Angelo Castle dibangun pada masa Hadrian sekitar 123-139 AD. Kastil ini diperuntukkan sebagai makam Hadrian dan keluarganya. Kastil ini terlihat jelas dari kejauhan dengan bentuk melengkung. Kastil ini terbuat dari bata.

Castel Sant’Angelo sendiri terletak di tepi kanan sungai Tiber. Tempat wisata di Italia ini dibangun sekitar tahun 134 Masehi. Bentuknya memang unik, seperti  bulat dan silinder.

Hal menarik di Saint Angelo Castle, di daerah wisata di Itali ini lantai paling atasnya terdapat museum. Museum itu dipajang dalam satu ruangan. Di dalam museum juga terdapat baju perang dari baja. Dari atas juga kawasan terbaik melihat Vatican.

Dari Castle Saint Angelo merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan kota. Di Puncak Saint Angelo Castle terdapat patung Michael Archangel yang dimodelkan oleh Peter Anton von Verschaffelt tahun 1753. Mungkin dari situ nama kastil ini diambil.

Unutk memasuki kawasan wisata di Italia ini pengunjung diinta membayar tiket seharga €10.

  1. Vasilica Santa Maria Maggiore

. Gereja tempat wisata di Italia ini memiliki dua pintu masuk yang dapat di akses dari kawasan Piazza Duomo dan Via Arena di Città Alta.
Vasilica Santa Maria Maggiore. Image via: gonomad.com

Basilika Santa Maria Maggiore didirikan pada tahun 1137 untuk melengkapi gereja lain yang telah ada sejak periode ke-8 yang didedikasikan untuk St Mary. Gereja St Mary ini dibangun di atas sebuah kuil Romawi Clemence.

Basilica di Santa Maria Maggiore merupakan salah satu gereja penting di Bergamo. Gereja tempat wisata di Italia ini mempunyai dua pintu masuk yang dapat di kanal dari tempat Piazza Duomo dan Via Arena di Città Alta.

Santa Maria Maggiore dibangun mirip bentuk salib Yunani. Tempat wisata di Italia ini dilengkapi dengan beberapa fine Flemish dan dekorasi karya seni yang menghiasi setiap ruangannya, Basilica di Santa Maria Maggiore juga memiliki interior kubah besar dari kala ke 16.

Di bab belakang gereja terdapat monumen marmer putih yang dirancang oleh Vincenzo Vela. Bangunan ini menandai keberadaan makam komposer populer Italia kelahiran Bergamo, Gaetano Donizetti. Di sisi makam terdapat sebuah monumen yang didedikasikan untuk gurunya, Simon Mayr.

Basilika ini dibuka dari hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-12.30, lalu dibuka kembali pukul 14.30 hingga 17.00. Basilika Santa Maria Maggiore tidak dibuka saat dipakai sebagai kawasan beribadah. Pengunjung tidak dipugut biaya.

  1. Pantheon

Pantheon adalah tempat wisata di Italia yang dibangun pada tahun 27 Sebelum Masehi (SM) sebagai kuil besar di pusat kota Roma.
Pantheon. Image via: romeonsegway.com

SImak juga: kawasan wisata di Yunani

Pantheon adalah tempat wisata di Italia yang dibangun pada tahun 27 Sebelum Masehi (SM) sebagai kuil besar di sentra kota Roma. Nama “Pantheon” berasal dari istilah Yunani “Pantheion” yang berarti “rumah para ilahi”.

Pada tahun 609 saat Roma berada dibawah kekuasaan kekaisaran Byzantium, Kaisar Phocas menyerahkan Pantheon kepada Paus Boniface IV dan mengubahnya menjadi gereja Kristen. Fungsi Pantheon sebagai gereja bertahan sampai saat ini.

Kubah tempat wisata di Italia ini merupakan fitur bangunan Pantheon yang paling menarik perhatian, dan disebut sebagai “Mata Pantheon” atau “Oculus.” Kubah Pantheon merupakan yang terbesar. Diameter kubahnya seluas 43.3 m.

Kubah Pantheon mampu bangun kokoh dan seimbang berkat insinyur zaman Romawi yang merancangnya semoga dibuat dengan materi ringan dan tipis. Sementara itu, oculus atau mata kubah ini berdiameter 7.8m dan merupakan satu-satunya sumber cahaya bagi bangunan ini.

Fasad Pantheon terdiri dari beberapa pilar model Corinthian yang diimpor dari Mesir. Pilar-pilar tersebut masing-masing berdimensi tinggi 11.8m, diameter 1.5m dan bobot seberat 60 ton. Pilar-pilar itu menyokong atap yang mempunyai tulisan Bahasa Latin “M.AGRIPPA.L.F.COS.TERTIUM.FECIT” yang berarti “Dibangun oleh Marcus Agrippa dalam konsulat ketiganya”.

  1. Trevi Fountain

Air mancur tempat wisata di Italia ini mempunyai tinggi 26,3 m dan lebar 49,5 m dengan banyak patung-patung yang menambah eksotisme air mancur.
Trevi Fountain. Image via: wantedinrome.com

Trevi Fountain merupakan air mancur bergaya Baroque Style terbesar di Ibu Kota  Italia. Air mancur ini sangat kental dengan seni arsitektur Eropa pada abad 17. Hal tersebut terlihat dari banyaknya detail hiasan-hiasan berupa goresan dan patung-patung di sekitarnya.

Air mancur kawasan wisata di Italia ini mempunyai tinggi 26,3 m dan lebar 49,5 m dengan banyak patung-patung yang menambah eksotisme air mancur. Patung bercerita mengenai “Taming of The Waters” atau kisah tentang seseorang yang menjinakkan air.

Di bab tengah air mancur digambarkan Neptunus atau Poseidon sang tuhan maritim, sedang menaiki kereta tempur berbentuk kerang. Kereta tersebut ditarik oleh dua ekor monster bahari berbentuk kuda yang dikemudikan oleh triton, ilahi bahari berekor ikan.

Di satu sisi terlihat kuda yang tenang dan patuh, sementara di sisi lain terlihat kuda yang sedang gelisah dan terkesan ingin membelot. Hal ini sesuai dengan sifat laut yang terkadang bersahabat namun dapat pula bermetamorfosis berbahaya.

Daya tarik utama dari kawasan wisata di Italia ini adalah mitos melemparkan koin ke dalam air kolamnya. Cara melempar dengan membelakangi mancur. Jika berhasil  jatuh ke dalam kolam maka dipercaya bahwa suatu ketika kita akan kembali lagi ke kota penuh sejarah ini.

  1. Piazza Novona

Suasana piazza pada sore hari menjadi daya tarik utama di tempat wisata di Italia ini. Di kanan kiri piazza berjajar gedung-gedung megah yang berasiktektur indah khas Eropa
Piazza Novona. Image via: fromhometorome.com

SImak juga: kawasan wisata di Myanmar

Suasana piazza pada sore hari menjadi daya tarik utama di daerah wisata di Italia ini. Di kanan kiri piazza berjajar gedung-gedung megah yang berasiktektur indah khas Eropa. Selain itu juga terdapat restoran-restoran jikalau kita ingin menikmati suasana piazza sambil makan.

Piazza Navona mempunyai 3 buah air mancur yang sangat indah dan cukup terkenal di Kota Roma selain Trevi Fountain. Air mancur tempat wisata italia ini, yang berada di tengah adalah Fountain of the Four Rivers karya Gian Lorenzo Bernini, pada puncaknya terdapat patung Obelisk of Domitian.

Dua air mancur lain yakni Fontana del Moro dengan bak yang terdapat empat Tritons (ilahi laut yang mempunyai tubuh bab bawah mirip lumba-lumba) dan Fountain of Neptune karya Giacomo della Porta.

Di sekeliling tiap air mancur kawasan wisata di Italia ini, disediakan kawasan untuk duduk-duduk bagi para pengunjung untuk menikmati suasana piazza sambil mengagumi keindahan arsitektur masing-masing air mancur ini.

Piazza yang terutama pada sore hari digunakan masyarakat Roma maupun para turis untuk bersantai ini juga menyajikan banyak hal menarik. Di sepanjang sisi piazza, banyak dijumpai seniman-seniman jalanan dengan kostum dan dandanan yang abnormal-asing.

  1. Venice

Kota Venice yang terkenal sebagai the city of water atau kota terapung menggunakan perahu sebagai transportasi utama warganya.
Venice. Image via: besthqwallpapers.com

Kota Venice yang terkenal sebagai the city of water atau kota terapung memakai bahtera sebagai transportasi utama warganya. Mudah tidak ada jalan raya di atol (kepulauan) yang dikenal juga dengan nama Venezia ini.

Semua orang disini memakai perahu, speed boat, gondola, atau vaporetto (bus air) untuk melakukan aktivitasnya. Ibu kota Regione Veneto dan Provinsi Venesia ini merupakan kepulauan dengan jumlah penduduk sekitar 280.000 jiwa dan terletak di sebelah utara Italia.

Banyak sekali daerah-kawasan menarik di kota yang dikunjungi hampir 250.000 wisatawan setiap harinya ini. Salah satunya ialah Piazza San Marco yang merupakan salah satu simbol kota Venice dengan adanya menara setinggi hampir 100 meter dan diramaikan oleh ratusan burung merpati.

Lokasi berikutnya yakni Rialto Bridge alias Jembatan Rialto. Jembatan daerah wisata di Italia ini menghubungkan dua daerah yang terpisah oleh susukan besar. Tempat lainnya yang juga menarik dikunjungi adalah Murano yang merupakan pusat perbelanjaan.

Pengunjung kota tempat wisata di Italia ini juga mampu mengunjungi Doge’s Palace, sebuah istana megah yang menjadi landmark utama kota ini. Pengunjung juga mampu mengunjungi St. Mark Basilica yang menjadi kawasan wisata favorit wisatawan mancanegara.

  1. Taman Vertikal

keberadaan ruang terbuka hijau tempat wisata di Italia tersebut memiliki fungsi yang lebih vital, yaitu untuk daerah resapan air serta penyediaan udara bersih.
Taman Vertikal. Image via: 500eco.com

Simak juga: tempat wisata di Laos

Fiordaliso Shopping Center memang sengaja menciptakan taman vertikal dengan memanfaatkan dinding yang ada di salah satu sisinya. Taman seluas 1.263 m2 ini ditumbuhi lebih dari 44.000 tumbuhan dari banyak sekali jenis.

Rekor sebelumnya dipegang taman sejenis di Madrid yang memiliki luas 844 meter persegi. Tempat wisata di Italia ini yaitu sebuah arsitektur berkelanjutan, yang menggabungkan keindahan dengan penghematan energi yang ramah lingkungan.

Selain mempercantik wajah kota, keberadaan ruang terbuka hijau kawasan wisata di Italia tersebut memiliki fungsi yang lebih vital, adalah untuk kawasan resapan air serta penyediaan udara bersih. Keberadaan taman vertikal juga membantu mengendalikan suhu.

Taman ini juga menjaga penggunaan energi tetap dalam tingkat yang sangat rendah. Tumbuhan di taman itu juga menyerap karbondioksida dan mampu meredam bunyi.

Taman vertikal Fiordaliso Shopping Center berkembang menjadi menjadi salah satu destinasi wisata favorit pelancong mancanegara untuk sekedar berfoto atau bersantai di sekitarnya. Kebanyakan pengunjung ingin tau ingin melihat dari bersahabat bentuk taman vertikal terbesar di dunia.

  1. Rabit Beach

Rabbit Beach di pesisir barat daya Sisilia, Italia, dipilih sebagai pantai terindah di dunia tahun 2013.
Rabit Beach. Image via: traveldigg.com

Rabbit Beach di pesisir barat daya Sisilia, Italia, dipilih sebagai pantai terindah di dunia tahun 2013. Poling yang diikuti oleh jutaan orang di seluruh dunia tersebut, menentukan Rabbit Beach karena memiliki suasana pantai khas Mediterania yang menjadi idaman.

Tempat wisata di Italia Rabbit beach digemari alasannya adalah mempunyai keunikan habitat bagi ratusan kelinci yang hidup bebas di sekitar pantai. Kelinci-kelinci tersebut telah hidup semenjak puluhan tahun yang lalu dan merupakan alasan mengapa nama Rabbit Beach diberikan.

Selain keberadaan kelinci-kelincinya, pantai Rabbit sangat popular alasannya keindahan alam bahari yang masih sangat terjaga. Kawasan pantai ini belum banyak terjamah aktivitas manusia. Selain kelinci, pengunjung juga dapat dengan menemukan kura-kura.

Dengan cuaca laut Mediterania yang hangat, pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk berjemur sembari menikmati desiran ombak pantai Rabbit. Pulau Lempedusa memang merupakan salah satu kawasan wisata di Italia yang ramai dikunjungi.

Para pengunjung biasanya mengunjungi pantai Rabbit pada siang hari dan kembali ke kota-kota besar Italia memakai kapal menjelang malam hari. Pulau Lampedusa memang dapat bisa diakses memakai kapal feri dari daratan utama Italia.

  1. Molfetta Outlet Fashion District Italy

Fashion District Molfetta Outlet adalah bagian dari proyek
Molfetta Outlet Fashion District Italy. Image via: https://id.pinterest.com/pin/219339444326833206/?lp=true

SImak juga: daerah wisata di Kanada

Fashion District Molfetta Outlet dibuka pada tanggal 29 September 2005. Terletak sepanjang jalan Strada Statale 16 bis Adriatica, hanya 20 Km dari Bari, ini yakni Factory Outlet Center pertama di selatan Italia.

Tempat wisata di Italia Fashion District Molfetta Outlet saat ini mempunyai lebih dari 130 toko. Bagian II sekitar isu terkini gugur 2008 dibuka dengan ekstra 50 toko terbentang seluas 40.000 m2 dan parkiran sebanyak 2.500 mobil.

Fashion District Molfetta Outlet ialah bab dari proyek “Molfetta City’s Permanent Equipped Park”, di mana termasuk mencakup 12- screen multiplex cinema dan sebuah Family Entertainment Center. Bulan Maret 2009, “Giants Land” theme park yang baru telah dibuka untuk wisata keluarga. Taman ini mempunyai luas 100.000 m2.

Merk-brand yang tersedia di tempat wisata di Italia ini mencakup: Papermoon, Pollini, La Perla Fashion Group, Mötivi, The End, Gabel, Kallisté, Playlife, Freddy, Del Mare 1911, Lee, Tailor Club, Le Full, Abital, Docksteps, Timberland, Bags, Nike, Panepiero, Kiko, Brics, Brums, Guess, Bormioli, Overkids, John Barritt, Lindt, La Casa Italiana, Goldenpoint, Clarks, Calzedonia, Frette, Adidas, Baldinini, Slam, Stonefl.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni