11 Kawasan Wisata Di Jerman, Pesona Tanah Penyair Dan Pemikir

Tempat wisata di Jerman cukup beragam, mulai dari wisata sejarah yang menawan hingga wisata alam yang tak kalah manis. Bila  berencana menghabiskan liburan dengan pergi ke Jerman, waktu 2-3 hari tidak akan cukup menjelajahi objek wisata di Negara itu asal para pemikir terbesar di dunia ini.

Tempat wisata di Jerman cukup beragam, mulai dari wisata sejarah yang menawan hingga wisata alam yang tak kalah cantik.
Tempat Wisata di Jerman. Image via: prettywildworld.com

Sekilas soal Jerman

Jerman disebut juga sebagai Das Land der Dichter und Denker atau yang berarti ‘negara penyair dan pemikir‘. Hal tersebut memang sangat beralasan karena banyaknya tokoh pemikir dan seniman sastra yang berasal dari Jerman, seperti Albert Einstein dan Goethe.

Nama negara ini dalam bahasa Inggris, Germany, berasal dari nama Latin yang dipakai oleh orang-orang Romawi untuk wilayah di sekitar Sungai Rhein, yaitu Germania sejak kala ke-3 SM. Ada kemungkinan orang Romawi mengadopsi dari sebutan orang Kelt di Galia untuk masyarakat di sana yang berarti “tetangga”.

Untuk masakan, Jerman punya segala macam roti dan sosis yang jenisnya mampu mencapai puluhan. Untuk  Makanan Halal, di Jerman juga banyak masakan yang telah berasimilasi dengan kuliner khas Turki yang dibawa oleh pendatang ke negara ini, yang disajikan bersama nasi dan french fries.

Jerman ialah negara empat demam isu dengan keadaan cuaca yang berbeda. Untuk tempat selatan Jerman seperti Bavaria salju akan sangat tebal di demam isu cuek sebab wilayahnya berbatasan pribadi dengan pegunungan Alpen. Sementara di wilayah utara saljunya tipis alasannya adalah akrab dengan bahari Baltic.

Untuk transportasi Jerman sangat unggul dalam hal ini. Berbagai layanan transportasi umum, baik dalam kota mirip  underground train, overground train, dan tram. Untuk antarkota ada maskapai Flixbus yang punya banyak destinasi dan juga kereta DB Bahn yang super cepat dan nyaman.

11 Tempat Wisata di Jerman

  1. Bradenburg Gate

Tempat wisata di jerman Brandenburg Gate terletak di sebelah barat alun-alun Pariser Platz, Persimpangan Unter Den Linden dan Ebertstrabe.
Bradenburg Gate . Image via: visitberlin.de

Simak juga: daerah wisata di Paris

Brandenburg Gate yakni gerbang kota yang menjadi monumen sekaligus landmark dan ikon paling terkenal dari negara Jerman. Gerbang bergaya neo klasik ini dibangun oleh raja Prussia Frederick William II pada tahun 1791 sebagai lambang perdamaian.

Tempat wisata di jerman Brandenburg Gate terletak di sebelah barat alun-alun Pariser Platz, Persimpangan Unter Den Linden dan Ebertstrabe. Brandon bracket merupakan gerbang kota sekaligus pintu masuk ke untar den linden.

Ketika melewati gerbang ini, pengunjung akan melihat jalan lebar yang di samping kiri kanan ditanam pohon linden. Dengan mengikuti jalan setapak ini, pengunjung mampu pribadi menuju ke Berlin City Palace.

Arsitek Carl Gotthard Langhans membangun Gerbang Brandenburg terinspirasi oleh pintu gerbang Akropolis di Athena, Yunani.   Yang unik dan jadi penanda untuk mengenal Gerbang Brandenburg yaitu eksistensi Patung Quadriga yang dibentuk pematung Johann Gottfried Schadow tahun 1793.

daerah wisata di jerman, Brandenburg Gate tidak hanya populer alasannya arsitekturnya yang klasik saja. Terdapat cukup banyak nilai sejarah yang ada di Brandenburg Gate. Gerbang kota ini menjadi taksi bisu sejarah yang penuh gejolak. Saat perang dunia ke-2 berlangsung, gerbang ini sudah selesai dibangun.

  1. Holstentor

Tempat wisata di Jerman ini merupakan benteng dari Abad Pertengahan kota Lübeck di Jerman.
Holstentor . Image via: lonelyplanet.com

Holstentor ialah sebuah gerbang bata bergaya Gothik, dan salah satu gerbang yang masih bertahan selain Burgtor. Tempat wisata di Jerman ini merupakan benteng dari Abad Pertengahan kota Lübeck di Jerman.

Bangunan ini terdiri dari dua menara berbentuk bundar di utara dan selatan dengan gerbang berbentuk arka. Bangunan ini berlantai empat. Saat ini Holstentor dianggap sebagai Land Mark  yang terbesar di Lübeck.

Hiasan nonfungsional yang paling mencolok adalah dua garis terakota yang mengelilingi bangunan. Ini terdiri dari ubin individu, yang sebagian besar berbentuk bujur sangkar dengan sisi 55 sentimeter. Setiap ubin memiliki satu dari tiga ornamen yang berbeda: baik susunan empat lili heraldik, kisi simetris, atau representasi dari empat daun thistle.

Garis-garis terakota diperbaiki selama pekerjaan restorasi antara tahun 1865 dan 1870. Hanya tiga dari ubin orisinil yang dipertahankan sebagai spesimen museum. Ubin gres mendekati desain sebelumnya, meskipun kebebasan diambil selama restorasi. Misalnya, desain motif elang heraldik sama sekali bukan refleksi dari aslinya.

Kedua interior menara daerah wisata di Jerman ini memiliki desain yang sama. Lantai dasar dan lantai atas pertama memiliki langit-langit tertinggi, sedangkan lantai di atas jauh lebih rendah. Dua tangga spiral sempit berliku ke atas berada sentra menara.

  1. Rhine – Romantic River

Sungai tempat wisata di Jerman ini mengukir jalan di kota ini melalui kebun anggur yang tertutup atasnya dengan istana yang tak terhitung jumlahnya serta reruntuhan kota peninggalan sejarah.
Rhine – Romantic River . Image via: amazingcentral.com

Simak juga: tempat wisata di Perancis

Sungai Reihn mempunyai panjang sekitar 1.233 kilometer. Sungai ini melewati beberapa negara yang ada di Eropa yaitu mulai dari Swiss tempat bagian Grisons bab tenggara Pegunungan Alpen sampai ke Jerman, sungai ini juga mengalir di North Sea, Belanda.

Romantic Rhine yakni bagian paling populer dari kota Rhine. Sungai daerah wisata di Jerman ini mengukir jalan di kota ini melalui kebun anggur yang tertutup atasnya dengan istana yang tak terhitung jumlahnya serta reruntuhan kota peninggalan sejarah.

Sungai ini merupakan jalur perdagangan penting ke Eropa Tengah semenjak zaman kuno dan sejumlah kota kecil yang telah tumbuh di sepanjang tepi. Kota-kota ini dibatasi dalam ukuran, banyak kota-kota renta di kawasan ini yang masih mempertahankan bentuk bangunan yang masih tetap asli.

Sungai Reihn menjadi tempat tempat wisata di Jerman yang populer. Karena menawarkan panorama alam yang menawan. Sepanjang sungai anak backpacker akan melihat perbukitan hijau yang mengapit sungai yang sangat penting di Eropa ini.

Warga Jerman pun sering mengunjungi sungai Reihn ini untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan alam yang adai di sungai Reihn. Hawa di sungai ini sangat sejuk menciptakan siapapun yang mengunjungi akan betah berlama-usang bersantai di sekitar sungai ini.

  1. Frauenkirche

Gereja ini sebetulnya merupakan pembesaran dari Gereja Zu unser lieben Frauen yang berasal dari abad 11 dan sudah tak dapat lagi menampung jemaat Dresden
Frauenkirche . Image via: getyourguide.com

Gereja ini sesungguhnya merupakan pembesaran dari Gereja Zu unser lieben Frauen yang berasal dari kurun 11 dan sudah tak dapat lagi menampung jemaat Dresden. Pada Tahun 1945 Gereja Tempat wisata di Jerman ini runtuh. Baru pada tahun 1993 pembangunan ulang itu akhirnya terlaksana kembali.

Reruntuhan kerikil yang masih utuh lalu digunakan kembali, warnanya yang kehitaman menjadi pembeda dari susunan kerikil yang gres. Ruang tengahnya berbentuk melingkar dikelilingi galeri setinggi empat lantai dengan inner dome bagus yang penuh lukisan.

Altar Gereja daerah wisata di Jerman ini didominasi warna putih bersih dan baru direkontruksi pada tahun 2000. Di atas altar terdapat organ gereja yang cukup impresif dengan ornamen khas barok. Dekorasi barok yang menghiasi altar semakin mempertegas nuansa sakral dalam bangunan bersejarah tersebut.

Pengunjung tak hanya mampu menikmati interior saja, tetapi juga dapat naik ke atas kubah dan melihat pemandangan memesona akan kota Dresden serta Sungai Elbe.

Kunjungan ke atas kubah mampu dilakukan setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 10.00 – 18.00 dan Minggu pada pukul 12.30 – 18.00. Tetapi di trend masbodoh pemandangan dari kubah hanya dapat dinikmati sampai pukul 16.00.

  1. Cologne Cathedral

Layaknya ciri khas bangunan gotik, katedral ini pun berbentuk tinggi mengerucut dengan puncak yang runcing
Cologne Cathedral . Image via: fwtmagazine.com

Simak juga: daerah wisata di Swiss

Kölner Dom atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cologne Cathedral dapat terlihat dari setiap penjuru kota Köln. Katedral satu-satunya yang bangun gagah mencakar langit kota ketika kota Köln rata akhir pemboman Perang Dunia II.

daerah wisata di jerman, Mahakarya gotik ini bangkit tepat di jantung kota Köln dan termasuk bangunan tertinggi ke dua di Köln sehabis menara telekomunikasi dan merupakan katedral tertinggi ketiga di dunia. Butuh 6 era untuk menuntaskan bangunan gigantik ini,

Layaknya ciri khas bangunan gotik, katedral ini pun berbentuk tinggi mengerucut dengan puncak yang runcing. Tinggi menara mencapai 157 meter, dari platform menara pengunjung mampu menikmati pemandangan kota Köln beserta sungai Rheinnya. Namun untuk menikmati pemandangan elok tersebut, pengunjung harus menaiki sebanyak 509 anak tangga.

Di dalam Katedral terdapat Treasury Chamber yang mencakup daerah Dreikönigsschrein, Gero Cross yaitu salib tertua yang dibuat dari kayu oak pada tahun 976, dan Milan Madonna. Milan Madonna berupa pahatan kayu dari masa ke – 13.

Memasuki Gereja kawasan wisata di jerman ini tidak dipungut biaya. Namun memasuki Treasury Chamber dipungut biaya sebesar € 5 dan naik ke menara €2,50. Gereja dibuka mulai pukul 6.00 – 19.30 setiap hari, kecuali saat menyelenggarakan pelayanan gereja ditutup untuk wisata.

  1. Neuschwanstein

bertetangga dengan danau Alp atau Alpsee. Kastil tempat wisata di Jerman ini persis seperti di cerita dongeng.
Neuschwanstein. Image via: civitatis.com

Neuschwanstein Schloss atau kastil Neuschwanstein bangkit megah dikelilingi pegunungan alpen dan bertetangga dengan danau Alp atau Alpsee. Kastil daerah wisata di Jerman ini persis seperti di kisah kisah.

Keindahan Neuschwanstein sudah terlihat semenjak menginjakan kaki di loket penjualan tiket. Neuschwanstein bangkit megah di kejauhan di atas bukit. Keindahan landscape yang mengelilingi bangunan kastil bergaya romantik itu selalu membuat setiap pengunjung menahan nafas.

Dinding-dinding dalam kastil dihiasi lukisan mural yang terinspirasi opera karya Richard Wagner, Raja Ludwig II memang fans berat komposer Richard Wagner. Neuschwanstein secara harfiah berarti ‘Kastil Angsa Baru’, mengacu pada tokoh dalam salah satu opera Wagner yakni Lohengrin si ksatria belibis.

Dapat menemukan banyak chandelier dan patung berbalut emas di dalam Neuschwanstein, selain itu terdapat taman yang dikelilingi dinding serta gua buatan. Berbalut gaya romantik abad pertengahan, kastil ini mampu dibilang cukup canggih.

Loket kawasan wisata di Jerman ini buka mulai pukul 8.00 hingga 17.00 pada bulan April – 15 Oktober dan pukul 9.00 sampai 15.00 pada 16 Oktober hingga bulan Maret. Harga tiket sebesar € 1,80 per orang. Setelah membeli tiket pengunjung kembali naik bus hingga halte terdekat kastil.

  1. Heidelberg Old City

Ikon tempat romantis di Jerman ini merupakan tempat wisata di Jerman paling populer, dengan 3 juta kunjungan per tahun.
Heidelberg Old City. Image via: theculturetrip.com

Simak juga: daerah wisata di Amsterdam

Kota Heidelberg berada di salah satu lokasi terindah Jerman, yakni lembah Sungai Neckar, di bawah bukit Königstuhl, di negara bagian Baden-Württemberg. Ikon daerah romantis di Jerman ini merupakan daerah wisata di Jerman paling terkenal, dengan 3 juta kunjungan per tahun.

Kota bau tanah ini mempunyai banyak pesona yang mampu menghipnotis siapapun yang tiba berkunjung. Keindahan alam luar biasa, latar hutan legendaris Odenwald dan Sungai Neckar.

Di bawah puncak bukit Königstuhl tersisa reruntuhan kastil manis, Heidelberger Schloss yang tersohor itu. Ia menjulang 80 meter di atas sungai Neckar, di bawahnya tak kalah indah sebuah jembatan batu tua. Persis seperti setting kisah di buku kisah.

Arsitektur bangunan beratap merah dengan gaya barok, jalan sempit berkelok, dan warisan-warisan peradaban kuno masih terjaga sampai saat ini. Kota terbesar kelima di Baden-Württemberg ini merupakan rumah dari universitas tertua Jerman, Ruprecht-Karls.

Di sentra kota daerah wisata di Jerman ini, pengunjung mampu mengunjungi gereja-gereja renta menawan, pasar tradisional, sampai toko dalam bangunan elegan. Kawasan belanja utama Heidelberg, Hauptsrasse, membentang sepanjang 1,6 kilometer.

Area tersebut ialah pedestrian terpanjang di Jerman. Tak ada satu pun kendaraan bermotor yang diizinkan melalui Hauptstrasse. Restoran, café, bar, nightclub, juga bioskop ikut menghiasi tempat bagus bersejarah, Altstadt.

  1. Lindau

tempat wisata di Jerman Lindau adalah sebuah pulau mungil di timur laut Bodensee yang dihubungkan oleh jembatan dengan daratan Jerman. Hampir seluruh pulau penuh dengan bangunan abad pertengahan dan setengah kayu
Lindau. Image via: adler-lindau.de

Kota bersejarah ini terletak di erat titik pertemuan perbatasan Austria, Jerman dan Swiss di bagian timur Danau Constance. Kota wisata di Jerman berpenduduk sekitar 25.000 jiwa ini, ini terhubung dengan daratan dengan jembatan dan kereta api.

Sebenarnya, Lindau ialah sebuah pulau mungil di timur maritim Bodensee yang dihubungkan oleh jembatan dengan daratan Jerman. Hampir seluruh pulau penuh dengan bangunan kurun pertengahan dan setengah kayu. Lindau menjadi kawasan wisata di Jerman yang cukup populer.

Di pelataran pelabuhan juga mampu dijumpai beberapa pedagang kaki lima yang menjual lukisan dan cenderamata. Di lisan pelabuhan, terdapat mercu suar yang dibangun pada periode ke-13. Dengan membayar 1 Euro pengunjung mampu mendaki anak tangga putar menuju puncak mercu suar setinggi 33 meter itu.

Bagi anak muda, daerah wisata di Jerman ini snagats esuai. Terdapat Lindau Park-Camping di pinggir Bodensee yang berbatasan dengan Austria. Kawasan camping ini cukup terkenal bagi kaum muda, dengan membayar 5,3 Euro per orang mereka dapat bermalam di sana dengan menyewa tenda 3,5 Euro.

  1. Rugen Cliffs

Karena terletak di pulau Rugen, dalam bahasa Inggris tempat wisata di Jerman ini familiar disebut Rugen Cliffs.
Rugen Cliffs. Image via: natureflip.com

Simak juga: tempat wisata di Belanda

Tebing kapur berjulukan der Königsstuhl (singgasana raja) terletak di area Stubbenkammer, bab dari Taman Nasional Jasmund, Pulau Rügen. Der Königsstuhl merupakan puncak tertinggi di pulau Rügen. Karena terletak di pulau Rugen, dalam bahasa Inggris kawasan wisata di Jerman ini familiar disebut Rugen Cliffs.

Tangga-tangga sempit dari batuan granit raksasa yang menjadi jalan menuju Rugen Cliffs terletak di bersahabat situs sejarah dari zaman perunggu. Situs tersebut berupa tumulus atau gundukan tanah dan kerikil yang dibangun di atas makam.

Pengunjung harus membeli tiket seharga € 15 untuk remaja, tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk dan bus menuju Hagen. Dari Hagen pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan trekking sepanjang 2,5 km melalui danau Herthasee dan menembus hutan.

Bagi pengunjung yang hobi petualangan boleh mencoba trekking sepanjang 10 km di kawasan wisata di Jerman ini. Dengan menyusuri pantai sampai menembus rimba Stubnitz. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan bahari Baltik dan tebing kapur Wissower Klinken

  1. Herzogenaurach

. Ada 6 pusat penjualan pabrik dengan lokasi berdekatan di kota tempat wisata di Jerman ini.
Herzogenaurach. Image via: intellegens.com.br

Sejak periode 19, Herzogenaurach sangat beken sebagai kota sentra pembuat sepatu. Saat ini, kota di negara bab Bavaria ini menjadi pusatnya Puma dan Adidas. Ada 6 sentra penjualan pabrik dengan lokasi berdekatan di kota daerah wisata di Jerman ini.

Suatu tempat belanja menyenangkan bagi pecinta olah raga khususnya sepak bola. Dibanding di toko biasa, harga barang disini dijual dengan cuilan 20 sampai 70 persen. Selain Puma dan Adidas, ada Sport Hoffmann, Nike, Teamsport, dan Mahr, sebuah pabrik produsen sepatu.

Kota tempat wisata di Jerman ini tidak terlalu besar dengan populasi juga yang tidak begitu padat. Kota ini kota yang nyaman dengan tidak ada kemacetan kemudian lintas dan kondusif. Angkutan umum di kota ini juga sangat nyaman dan sempurna waktu, jadi pastikan selalu tiba 15 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Jika tertarik untuk belanja buah tangan mampu lanjut ke Neuremberg, dengan kereta biayanya 4.20 euro sekali jalan. Di neuremberg pada hari sabtu ada weekend market yang menjual banyak sekali macam barang mulai dari bratwurst, souvenir kota ini, sampai dengan peralatan rumah tangga.

  1. Ingolstadt

Outlet di kota tempat wisata di Jerman ini adalah surga bagi pencari barang murah namun pingin dari merek yang terkenal.
Ingolstadt. Image via: orangesmile.com

Simak juga: tempat wisata di Istanbul

Kota di tengah-tengah negara bagian Bavaria, tak jauh dari Munich ini punya tempat sentra belanja bernama Ingolstadt Village. Dengan lebih dari 80 butik penjual barang milik desainer internasional mirip Aigner, Bally, MCM, Steiff, Wolford, dan masih banyak lagi.

Outlet di kota kawasan wisata di Jerman ini yakni nirwana bagi pencari barang murah namun pingin dari merek yang terkenal. Produk keluaran dari Lacoste, Adidas, Armani, Hugo Boss, Calvin Klein, Pepe Jeans, Tommy Hilfiger, Desigual, Levis dan banyak lainnya, koleksi tahun sebelumnya dijual dengan pecahan hingga 60 persen.

Pusat belanja di tempat wisata di jerman ini terdiri dari gang-gang dan banyak kawasan untuk melepas lelah. Tempat parkir, Restoran dan bar untuk melepas lelah juga banyak tersedia. Para pelanggan bisa mendapatkan Oberbayern card secara gratis, untuk tambahan cuilan harga pembelian barang sebesar 10 persen lagi.

Rasa nyaman pengunjung dapatkan disana untuk melaksanakan blusukan alasannya tidak terganggu kemudian lalang sepeda maupun mobil. Seakan berada di mal namun di daerah terbuka dan mampu menghirup udara segar. Bagaikan jalan-jalan di kampung yang dipenuhi oleh toko-toko di pinggiran jalan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni