11 Kawasan Wisata Di Malaysia Yang Seru Untuk Liburan

Malaysia, negara yang posisinya berbatasan eksklusif dengan Indonesia. Tempat wisata di Malaysia juga banyak menjadi pilihan pagi pengunjung Indonesia yang ingin jalan jalan ke luar negeri. Bahasa pengantar Melayu-nya yang gampang dimengerti, jadi salah satu alasan pemilihan Malaysia sebagai tujuan kunjungan wisata.

Tempat wisata di Malaysia ramae dikunjungi warga Indonesia, selaind ekat juga kesamaan bahasa.
Tempat wisata di Malaysia. Image via: wisatamu.com

Simak juga: Tempat Wisata di Singapura.

Alternatif Tempat Wisata di Malaysia

Pada bab berikutnya kami akan coba bahas 11 diantara banyak kawasan wisata yang ada di Malaysia.

  1. Menara Kembar

tempat wisata di Malaysia paling populer menara kembar petronas
Menara kembar. Image via: bp-guide.id

Menara Kembar Petronas merupakan salah satu ikon Negara Malaysia. Tempat wisata di Malaysia ini pernah tercatat menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998 sampai tahun 2004. Peringkat menara tertinggi tersebut risikonya direbut oleh Dubai atas gedung Burj Khalifa-nya dan Taiwan oleh menara Taipei 101-nya.

Menara Kembar Petronas memberikan sebuah atraksi, yaitu jembatan udara yang letaknya di lantai 41 dan 42 dengan ketinggian 170 meter yang mana jembatan tersebut menghubungkan kedua menara.

Menara Kembar Petronas buka dari hari Selasa sampai Minggu yang artinya setiap Senin menara ini akan tutup. Jam kunjungan yaitu dari jam 9 pagi hingga 9 malam. Khusus pada hari Jumat, pelayanan tutup dari jam 1 siang sampai setengah 3 siang.

Pengunjung di Tempat wisata di Malaysia, unatuk dewasa dikenakan biaya RM 84.80 atau sekitar Rp 271 ribu, sementara untuk pengunjung belum dewasa dikenakan RM 31.80 atau sekitar Rp 102 ribu.

  1. Batu Caves

batu caves salah satu wisata spiritual popoler diantara beberapa tempat wisata di malaysia lainnya
Batu Caves. Image via: klikhotel.com

Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam Batu Cave, bangunan kuil agama hindu, serta galeri seni yang terdapat di salah satu gua. Bahkan di Tempat wisata di Malaysia ini pengunjung juga mampu melihat secara eksklusif pekan raya tahunan Batu Cave, yaitu Thaipusam.

Di daerah ini terdapat lebih kurang 272 anak tangga untuk memudahkan akses menuju Kuil. Di daerah ini juga terdapat beberapa gua yang dapat dikunjungi di antaranya yaitu Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum.

Selain gua, pengunjung juga dapat melihat kegiatan dari salah satu binatang primata yakni Monyet. Biasanya para pengunjung akan memperlihatkan sejumlah makanan kepada kawanan Monyet tersebut, namun tetap dalam kewaspadaan.

Biasanya tempat Tempat wisata di Malaysia ini dibuka mulai pukul 06.00 pagi dan akan ditutup pada pukul 09.00 malam waktu setempat.

Untuk mampu menikmati panorama alam batu cave beserta kuil-kuil, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun (alias gratis).

  1. Jalan Alor

jalan alor, tempat wisata di malaysia yang menawarkan lokais belanja kuliner murah meriah
Jalan Alor. Image via: javafun.id

Jalan ini ada di kota Kuala Lumpur dan menjadi salah satu tempat wisata populer yang memperlihatkan beraneka ragam jenis masakan, mulai dari camilan sampai masakan berat yang bakal membuat perut kenyang setengah mati.

Cita rasa dari makanan-kuliner tersebut juga tidak usah diragukan lagi karena semuanya nikmat di lidah. Bagi yang ingin menikmati seafood, tanya dulu ke sang penjual perihal harganya dan cobalah untuk melakukan perundingan harga sebelum order masakan.

Harga makanan di Tempat wisata di Malaysia ini termasuk yang erat untuk ukuran kota besar sekaliber Kuala Lumpur. Satu sajian kuliner bisa didapat dengan harga mulai 5-15 Ringgit Malaysia atau setara dengan sekitar Rp 20.000 sampai Rp 60.000. Minumannya banyak berkisar 2-3 Ringgit Malaysia atau setara dengan sekitar Rp 7.000 sampai Rp 10.000.

Kuliner jalan Alor baru mulai dibuka sore menjelang malam dan hingga tengah malam.

Untuk mengunjungi Tempat wisata di Malaysia ini pengunjung tidak dikenakan pungutan tiket.

  1. Bukit Bintang

bukit bintang, tempat wisata di malaysia yang menawarkan lokasi pusat perbelanjaan
Bukit Bintang. Image via: bhayubajra

Area Bukit Bintang merupakan sebuah area yang cukup luas yang dimulai dari Jalan Bukit Bintang (Raja Chulan Road) dan berakhir di Jalan Pudu.

Tempat wisata di Malaysia ini merupakan Times Square ala New York bagi Malaysia, tempat yang populer akan daerah hiburan dan pusat perbelanjaan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tidak hanya turis aneh, wisatawan lokal sampai warga Kuala Lumpur sendiri datang ke sini untuk berbelanja. Mulai dari barang dengan harga miring yang mampu ditawar, sampai barang branded internasional dapat ditemukan di Bukit Bintang.

Beberapa daftar mall yang mampu dikunjungi di sini yaitu Berjaya Times Square, Starhill Gallery, Pavilion Kuala Lumpur, Fahrenheit 88 dan masih banyak lagi.

Kawasan Tempat wisata di Malaysia bukit bintang terbuka 24 jam sehari. Untuk mengunjungi Kawasan Bukit Bintang pengunjung tidak dikenakan pungutan tiket.

  1. Sri Mahamariamman Temple

tempat wisata di malaysia yang menawarkan suasana ala India, Sri Mahamariamman Temple.
Sri Mahamariamman Temple. Image via: thousandwonders.net

Mahamariamman merupakan kuil India tertua di Malaysia dan banyak dikunjungi oleh umat Hindu juga kalangan wisatawan baik domestik maupun asing.

Struktur kuil Tempat wisata di Malaysia ini mirip bentuk manusia yang berbaring dengan posisi kepalanya berada di Barat dan kakinya di Timur. Tak lupa pula ada menara yang berbentuk Piramida yang dihiasi dengan patung ilahi dan dewi diukir oleh pengukir dari India bagian Selatan. Bangsa Tamil memandang bahwa Sri Mahamariamman sebagai wakil dari Parvati atau Dewi Ibu.

Sri Mahamariamman buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga setengah 9 malam (pada hari Sabtu sampai jam 9 malam dan pada hari Jumat hingga jam setengah 10 malam).

Pengunjung Tempat wisata di Malaysia ini tidak perlu membayar tiket masuk, namun khusus bagi yang ingin menyimpan sepatu di daerah yang aman ketika memasuki wilayah kuil, harus merogoh beberapa Ringgit Malaysia untuk membayar. Hal ini disebabkan para pengunjung dilarang masuk bila tidak melepas bantalan kaki.

  1. National Palace Royal Museum

National Palace Royal Museum, tempat wisata di Malaysia yang memebrikan pengetahuan mengenai sejarah perkembangan malaysia
National Palace Royal Museum. Image via: travelerstars.com

The Royal Museum ini berada di lokasi Istana Negara yang usang dan bangunan ini bangkit di sebuah lahan yang begitu luas dengan struktur dan desain yang megah serta pagar yang tinggi. Seperti layaknya Istana Ratu Inggris, penjaga yang ada di Tempat wisata di Malaysia ini juga menaiki kuda.

Sekarang, museum menjadi rumah bagi banyak sekali pameran yang menggambarkan sejarah latar belakang negara. Pameran dilakukan berdasarkan giliran, jadi sebaiknya hubungi museum terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sedang dipamerkan.

National Palace Royal Museum buka setiap hari dengan jam operasional dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

Pengunjung Tempat wisata di Malaysia ini yang berusia dewasa dikenakan RM 10 atau sekitar Rp 32 ribu, sementara pengunjung bawah umur dengan usia antara 6-12 tahun dikenakan RM 5 atau sekitar Rp 16 ribu.

  1. Danau Dan Masjid Putrajaya

tempat wisata di malaysia ini berupa MAsjid negara yang berada bersebelahand engan kantor perdana menteri
Danau Dan Masjid Putrajaya. Image via: wisatainternasional.web.id

Letak Masjid Putrajaya ini sendiri bertemu dengan Danau Putrajaya dan kantor pemerintahan Perdana Menteri Malaysia, Perdana Putra. Masjid Tempat wisata di Malaysia ini sendiri diberi nama Masjid Putra yang di ambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. M

Arsitektur bangunan ini dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan Islam, seperti pintu masuk utama terinspirasi dari pagar bangunan wilayah Persia, menara setinggi 116 meter terinspirasi dari menara Syaikh Omar di Baghdad, dinding basement yang terinspirasi dari Masjid Sultan Hassan di Maroko, dan hampir seluruh bangunan serta kubahnya terbuat dari susunan batu granit berwarna rose.

Pada bab depan masjid Tempat wisata di Malaysia ini terdapat sebuah gerbang besar yang bergaya khas masjid-masjid di Casablanca, Maroko. Gerbang depan ini terbuat dari batuan granit berwarna krem yang nampak kokoh dan diperindah dengan seni kaligrafi di bab atasnya.

Seperti umumnya masjid, masjid inipun terbuka 24 jam. Untuk memasuki masjid indah ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

  1. Genting Highlands

tempat wisata di malaysia yang menawarkan resort mewahd engan berbagai fasilitas di dataran tinggi
Genting Highlands. Image via: travelerstars.com

Berada di tempat pegunungan yang tinggi dengan udara di sini sangat acuh taacuh. Lokasi Genting Highlands ini seperti dengan Puncak atau Lembang. Di Tempat wisata di Malaysia ini ada banyak sekali tempat bermain baik untuk bawah umur sampai cukup umur. Ada permainan yang outdoor juga indoor.

Salah satu cara paling mudah dan menyenangkan menikmati liburan dataran tinggi di sini yakni dengan naik Awana SkyWay. Jika ingin pengalaman naik Awana SkyWay yang lebih menyenangkan, cobalah naik gondola yang lantainya berupa kaca bening atau glass floor gondola.

Awalnya mungkin agak seram alasannya layarnya cuma beling. Tapi lama-usang akan menjadi seru, mampu melihat pribadi ke bagian bawah. Apalagi ketika Tempat wisata di Malaysia sedang berkabut. Rasanya mirip sedang melayang di atas awan.

Tiket Awana Skyway ini valid sampai 72 jam semenjak dibeli, untuk harga tiket Awana SkyWay seharga 8 ringit Malaysia.

  1. Jembatan Putra Jaya

tempat wisata di malaysia ini terletak di ibukota negara menjadi sarana transportasi juga spot foto yang indah
Jembatan Putra Jaya. Image via: javawisata.com

Jembatan Putrajaya jadi ikon Malaysia, jembatan ini merupakan sebuah mahakarya seni yang membuat semua orang terkagum sebab dibangun dengan lampu-lampu menarik yang dipadukan secara tepat dan cantik. Jika ingin mengunjungi Tempat wisata di Malaysia ini, disarankan Travelers datang pada malam hari sebab akan lebih indah momen yang mampu diabadikan.

Jembatan yang lokasinya bisa ditemukan di kawasan kompleks Putrajaya yang dikenal sebagai area pemerintahan Malaysia ini mempunyai konsep bangunan yang sangat Islami. Bila mencari lokasi ini dengan bertanya pada warga sekitar, gunakan nama Jambatan Putra semoga lebih mudah mendapat panduan.

Untuk menikmati keindahan jembatan secara paripurna bisa dengan cara mengambil  tur wisata menelusuri Jembatan Putrajaya yang hanya perlu membayar RM 1.

Tur wisata ini tersedia di setiap tamat pekan, yakni Sabtu dan Minggu jam 11 siang atau 3 sore masing-masing memakan waktu 2 jam.

  1. Gedung Sultan Abdul Samad

tempat wisata di malaysia ini merupakan gedung bersejarah peninggalan SUltan Abdul Samad
Gedung Sultan Abdul Samad. Image via: sevenpie.com

Gedung Sultan Abdul Samad merupakan salah satu kawasan wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi. Letaknya tidak jauh dari Daratan Merdeka membuat pengunjung mudah untuk menuju ke objek wisata ini.

Bangunan tua Tempat wisata di Malaysia ini bergaya Maroko, dengan ciri khas berupa kubah dari tembaga dan dinding unik dari bata mata, selain itu juga terdapat sebuah menara jam yang dipajang sempurna di tengah gedung menciptakan Gedung Abdul Sultan Samad terlihat seperti Big Ben versi Malaysia.

Arsitektur dan interior bangunan gedung ini membuat wisatawan khususnya penggemar fotografi untuk beramai-ramai mengambil objek bertema klasik. Pengunjung juga mampu memotret setiap sudut bangunan atau berselfie Gedung Abdul Sultan Samad sebagai bab dari wisata unik ke kawasan instagramable di Malaysia.

Gedung bersejarah ini terbuka 24 jam. Utuk mengunjungi lokasi ini, pengunjung tidak dikenakan tiket, Gratis.

  1. KL Bird Park

kl bird park adalah tempat wisata di malaysia yang mengajak unutk mnegenal lebih dekat burung dan beebrapa spesies lain
KL Bird Park. Image via: star2.com

Taman Burung KL (KL Bird Park) berada di Taman Botani Perdana (Perdana Botanical Gardens) yang damai dan permai, 10 menit dari sentra kota Kuala Lumpur. Tempat ini dihuni lebih dari 3.000 ekor 200 jenis burung lokal dan aneh, fitur utama yang membedakan Taman Burung KL (KL Bird Park) dengan taman burung lainnya yakni konsep terbang bebas.

Berjalan di dalam taman Tempat wisata di Malaysia ini pengunjung mungkin akan melihat bebek Mandarin, elang, burung rangkong, burung unta, dan burung lainnya. Tempat ini begitu pas untuk liburan bersama belum dewasa. Tidak hanya mampu melihat-lihat burung yang ada, pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan burung-burung yang ada.

KL Bird Park mulai buka dan melayani pengunjung pada jam 9 pagi setiap harinya dan tutup pada jam 6 petang. Bahkan taman ini tetap buka di hari libur nasional sekalipun.

Pengunjung dewasa dikenakan biaya RM 50 atau sekitar 160 ribu, sedangkan pengunjung anak-anak dengan usia antara 3-11 tahun dikenakan biaya RM 41 atau sekitar Rp 131 ribu.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni