11 Kawasan Wisata Di Pattaya, Yang Asik Untuk Didatangin

Tempat wisata di Pattaya terbagi menjadi tiga area utama, adalah Naklua, Pantai Pattaya dan Jomtien. Ini jikalau hanya di Kota saja. Namun selain area kota masih ada area lain di dalam wilayah Pattaya yang juga menympak keindahan luar biasa.

Tempat wisata di Pattaya Kota Pattaya terbagi menjadi tiga area utama, yaitu Naklua, Pantai Pattaya dan Jomtien.
Tempat Wisata di Pattaya. Image via: idntimes.com

Simak juga: daerah wisata di Thailand

11 Tempat Wisata di Pattaya

Bermula dari desa nelayan kecil, konon kepopuleran kawasan wisata di Pattaya dimulai tahun 1960-an, ketika perang Vietnam.

Suatu kisah, belum diverifikasi oleh sumber terpercaya, menyebutkan bahwa semua bermula saat sekelompok tentara Amerika diarahkan ke Pattaya tanggal 29 Juni 1959 untuk beristirahat selama seminggu.

Meskipun mereka hanya tinggal sebentar, mereka merasa bahagia dan kagum dengan kawasan itu. Kabar mengenai kawasan itu menyebar ke tentara-tentara Amerika lainnya di wilayah itu dan dengan cepat daerah wisata di Pattaya menjadi alternatif daerah wisata selain Bangkok.

Berikut kami coba berikan beberapa gosip singkat mengenai daerah-daerah yang bsia dipertimbangkan ketika berkunjung ke Pattaya.

  1. Pratumnak Hill

Tempat wisata di Pattaya ini memiliki patung Buddha raksasa yang menjadi salah satu patung terbesar yang ada di Thailand.
Pratumnak Hill. Image via: tripadvisor.com

Pratumnak Hill atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan Wat Phra Yai ini akan menunjukkan budaya dari masyarakat Pattaya yang sudah turun menurun dan hingga hari ini masih menempel.

Tempat wisata di Pattaya ini memiliki patung Buddha raksasa yang menjadi salah satu patung terbesar yang ada di Thailand. Untuk bisa menginjakkan di daerah wisata ini pengunjung harus menaiki banyak anak tangga yang diapit oleh gesekan naga di samping kanan dan kiri.

Keindahan yang ada di atas puncak daerah wisata di Pattaya ini akan menciptakan waktu liburan jadi lebih berwarna. Kemegahan patung raksasa dan menikmati keindahan pemandangan indah Pattaya merupakan hal yang mampu pengunjung dapatkan ketika berkunjung ke Pratumnak Hill.

  1. Sanctuary Of Truth

Tempat wisata di Pattaya ini merupakan sebuah kuil yang seluruh bangunan dibangun dengan kayu yang diukir dengan motif dewa-dewa Hindu dan Budha.
Sanctuary Of Truth. Image via: befreetour.com

SImak juga: kawasan wisata di Bangkok

Sanctuary of Truth merupakan salah satu kuil yang berada di Pattaya. Tempat wisata di Pattaya ini merupakan sebuah kuil yang seluruh bangunan dibangun dengan kayu yang diukir dengan motif ilahi-dewa Hindu dan Budha.

Pengunjung akan terkagum-kagum dengan keindahan bangunan ini sejak pertama kali melihatnya. Ketika pertama memasuki bangunan ini terlihat 2 relief naga dan juga akan disambut oleh relief yang kuasa Shiva dan Dewi Parwati. Ukiran ini mengartikan bahwa orang bau tanah harus selalu bersatu dan mengasuh anak-anaknya.

Di salah satu dinding Sanctuary of Truth terdapat ukiran bangunan terdapat gesekan Ramayana Story. Ukiran ini menggambarkan tentang empat tangan pada kisah Ramayana Siam. Yang berbaur bersama alam dan mahluk hidup lainnya seperti kijang dan gajah. Di sisi dinding lainnya juga terdapat relief yang mencerikan kehidupan kastil Thoraban.

Ukiran indah di tempat wisata di Pattaya ini merefleksikan wacana peradaban. Bahwa kita tidak akan dapat dipisahkan dari filosofi, agama dan seni.  Ukiran yang ada di setiap detail bangunan ini memiliki arti tersendiri.

Tiket Sanctuary of Truth publish Rate Dewasa 500 baht anak-anak setengah dari itu.

  1. Coral Beach

Di tempat wisata di Pattaya itu pengunjung bisa melihat pemukiman penduduk dan segala aktivitas yang mereka lakukan.
Coral Beach. Image via: airpaz.com

Coral Island atau yang dalam bahasa Thailand biasa disebut dengan Koh Larn. Dalam perjalananmenuju daerah wisata di Pattaya itu pengunjung bisa melihat pemukiman penduduk dan segala aktivitas yang mereka lakukan.

Pantai di pulau ini cocok dipakai sebagai tempat berenang dan diving. Airnya biru, dan flora serta fauna bahari di dalamnya sangat kaya dan bermacam-macam. Jika tidak suka diving, pengunjung bisa sekedar berjemur di tepi pantai dan menikmati siraman hangat mentari.

Kesan berpengaruh dari kawasan wisata di Pattaya ini adalah romantis, nyaman, asri itulah Koh Larn. Alasan itulah yang membuat tempat indah ini menjadi target utama berbulan madu bagi pasangan pengantin gres. Berlokasi sekitar 3 kilometer di sebelah tenggara Phuket, Coral Island memiliki 2 buah pantai utama, ialah Long Beach dan Banana Beach.

Tempat wisata di Pattaya ini disebut Pulau Batu Karang karena di Banana Beach, ketika snorkeling ke arah bahari yang sedikit lebih dalam, pengunjung bisa melihat bebatuan koral yang luar biasa indah.

  1. Jomtien Beach

Di tempat wisata di Pattaya ini Pengunjung dapat berjemur di sepanjang pantai emasnya atau berlindung di tempat teduh yang disediakan oleh pepohonan di tepi pantai.
Jomtien Beach. Image via: airpaz.com

Simak juga: tempat wisata di Phuket

Membentang sepanjang enam kilometer, Pantai Jomtien ialah tempat pelarian diri dari hiruk-pikuk kota utama yang berjarak empat kilometer. Pengunjung dapat berjemur di sepanjang pantai emasnya atau berlindung di daerah teduh yang disediakan oleh pepohonan di tepi pantai.

Pecinta air mampu menikmati semua jenis aktivitas di tempat wisata di pattaya ini. Termasuk jet-ski, selancar layang, parasailing, dan selancar angin. Saat pengunjung membutuhkan penyegaran, di sini tersedia  banyak restoran dan bar di sepanjang pantai. Fasilitas itu menyajikan kuliner lokal dan kuliner maritim segar.

Pemandangan menarik di daerah wisata di pattaya ini yakni  adanya banyak yacht yang cukup besar. Dengan warna-warna yang sangat menarik dan indah banget, yang pastinya akan menjadi pemandangan khas di pantai jomtien.

Pantai ini mampu dikatakan sebagai sunset beach dengan aneka macam resor gaya bungalow dengan beberapa kelas berbintang. Dari pantai ini pengunjung mampu menyaksikan sebuah fenomena menarik yang paling menakjubkan dari terbenamnya matahari.

  1. Silver Lake

Di tempat wsata di Pattaya ini pengunjung dimanjakan dengan danau indah, taman kincir angin khas Belanda, hingga menikmati olahan buah anggur
Silver Lake. Image via: jejakvicky.com

Silver Lake adalah tempat yang akan memanjakan mata anda dengan pesona kebun anggur. Pemandangan indah dan asri ini selalu dicari banyak wisatawan yang berkunjung ke Pattaya.

Di daerah wsata di Pattaya ini pengunjung dimanjakan dengan danau indah, taman kincir angin khas Belanda, hingga menikmati olahan buah anggur. Saat mengunjungi Silver Lake ini pengunjung wajib mencoba minuman jus anggur.

Lokasi wisata di Pattaya tepian danau ini sebagian besar ialah merupakan sebuah area kebun anggur. Taman ini sengaja dibangun sebab terinspirasi oleh seorang mantan artis, sesudah sebelumnya pernah mengunjungi beberapa perkebunan anggur di Amerika. Jadilah, Silverlake Vineyard ini merupakan satu-satunya perkebunan anggur di tempat Thailand bab timur.

Di daerah wisata di pattaya ini ada sebuah Villaggio, semacam outlet dengan desain bangunan menyerupai arsitektur Italia yang berada di tengah-tengah lokasi Silverlake ini. Pengunjung mampu menikmati beberapa kudapan serta minuman anggur dan aneka macam produk terbuat dari anggur yang mampu dijumpai di Villaggio.

  1. Khao Kheow Zoo

tempat wisata di pattaya yang memungkinkan pengunjung bisa dengan nyaman melihat koleksi satwa di sini yang jumlahnya mencapai 2.800 ekor dari berbagai jenis
Khao Kheow Zoo. Image via: korinatour.co.id

Simak juga: daerah wisata di Kuching

Kebun binatang seluas 200 hektar ini dibangun pada tahun 1974 di ruang Taman Nasional Khao Yai. Tempat mwisata di Pattaya ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1978. Serta di tahun 1984, kebun binatang ini alami pelebaran hingga sampai 1000 hektar.

Namun dengan area yang sangat luas itu, bisa dipastikan pengunjung tidak akan menemukan sampah berantakan barang sebiji pun. Pemandangan kebun hewan asri, indah, dan terlebih penting lagi bersih dari sampah.

Para pengunjung pun bisa dengan nyaman melihat koleksi satwa di sini yang jumlahnya mencapai 2.800 ekor dari berbagai jenis. Tempat wisata di pattaya ini pun menjadi favorit bagi warga lokal atau turis untuk bersantai dan menikmati udara sejuk khas pegunungan.

Area yang bisa dijelajahi di tempat wisata di pattaya ini antara lain Kompleks Kucing Besar, Taman Kupu-kupu, Taman Rusa Savanna Afrika, sampai sangkar burung raksasa dan juga area parade penguin. Sungguh sangat terkelola dengan baik dan seharusnya mampu dicontoh oleh kebun binatang lain di Indonesia.

Kebun binatang anggun ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 sampai 18.00

  1. Nong Nooch Tropical Garden

Tempat wisata di Pattaya ini awalnya merupakan tempat penanaman bunga-bunga tropis dan juga sebagai wildlife conservation.
Nong Nooch Tropical Garden. Image via: klikhotel.com

Nong Nooch Village ini merupakan sebuah theme park seluas 2,4 km2 yang menyajikan daily cultural show dan banyak sekali atraksi. Tempat wisata di Pattaya ini awalnya merupakan tempat penanaman bunga-bunga tropis dan juga sebagai wildlife conservation. Nong Nooch dalam bahasa Thailand berarti “gadis elok”.

Selain cultural show, di tempat wisata di pattaya ini juga ada Elephant Show. Pagelaran pertunjukan gajah ini tak kalah menariknya dengan menonton Cultural Show. Jika mengajak putra-putri, mereka niscaya akan sangat senang. Gajah-gajah besar dan bawah umur gajah berjajar rapi lalu menari.

Ada banyak taman di kawasan wisata di Pattaya ini. Ada French Garden, European Garden, Stonehenge Garden, Cactus & Succulent Garden, Ant Tower, Buttefly Hill, Flower Valley, dan juga Orchid & Bromeliad Display Garden. Taman-taman di Nong Nooch Village ini juga dihiasi dengan patung-patung binatang yang lucu.

  1. Pattaya Floating Market

Di tempat wisata di pattaya ini, pengunjung bisa membeli produk etnis seperti produk seni ukiran kayu, tekstil, kerajinan tangan, miniatur kapal, tas asli buatan tangan pengrajin lokal.
Pattaya Floating Market. Image via: befreetour.com

Simak juga: daerah wisata di Malaysia

Pasar Terapung Pattaya atau yang lebih dikenal turis sebagai Pattaya Floating Market ini yaitu salah satu daya tarik Pattaya. Tempat wisata di Pattaya ini juga merupakan yang terbesar di kawasan timur Thailand.

Pattaya Floating Market didirikan dengan konsep mempersembahkan budaya dan tradisi dari empat kawasan Thailand: Utara, Selatan, Tengah, dan Timur Laut. Konsep ini menawarkan cara hidup orang-orang dari masing-masing tempat tersebut, aktivitas sehari-harinya dan produk-produk khas dari tiap daerah.

Di kawasan wisata di pattaya ini, pengunjung mampu membeli produk etnis seperti produk seni gesekan kayu, tekstil, kerajinan tangan, miniatur kapal, tas asli buatan tangan pengrajin lokal, sutra Thailand, dan yang lainnya. Tak mengherankan, kawasan ini memang surganya para turis untuk membeli cendera mata.

Bagi yang penat sesudah berjalan-jalan di sini, mampu juga mencoba massage atau pijatan tradisional khas Thailand. Ada juga pertunjukan sea boxing pada pukul 13:00 dan 15:00, dan tarian di atas panggung yang terapung pada pukul 14:00 dan 16:30 setiap harinya.

  1. Ripley,s Beleve It Or Not! Museum

Di tempat wisata di pattaya ini pengunjung bisa merasakan pengalaman luar biasa sesuai dengan nama museum ini.
Ripley,s Beleve It Or Not! Museum. Image via: activity.ithaka.travel

Ripley’s Believe It Or Not Museum di seluruh dunia hanya ada 4 buah. Di dalam museum ini, pengunjung mampu mencoba beberapa jenis wahana yang seru. Di tempat wisata di pattaya ini pengunjung bisa merasakan pengalaman luar biasa sesuai dengan nama museum ini.

Terdapat wahana  Infinite Maze, yang mirip dengan rumah kaca yang ada di Dunia Fantasi ( DUFAN ) yang ada di Jakarta. Pengunjung diajak memasuki labirin yang cukup luas dengan ratusan beling yang akan membuat kebingungan untuk mencari jalan keluar.

Selain itu, kalian juga mampu menikmati 3D Moving Theatre dikala mengunjungi daerah wisata di Pattaya ini. Ada beberapa jenis film yang mampu dipilih. Ketika menonton film, nantinya dingklik yang diduduki akan bergerak sesuai dengan adegan yang ada di film.

Ada juga  wahana The Vault. Disini pengunjung bertugas sebagai  seorang distributor yang harus menghindari sensor laser yang berwarna warni. Pengunjung  tidak hanya berjalan saja. Pengunjung juga diharuskan untuk merayap, berguling dan lain sebagainya.

  1. Art In Paradise

Gambar di tempat wisata di Pattaya ini dibuat oleh seniman yang bisa menghadirkan efek gambar 3D dalam ruangan
Art In Paradise. Image via: adventuretravel.co.id

Simak juga: daerah wisata di Singapura

Lokasi wisata di Pattaya ini juga disebut Museum Trickeye atau Museum 3D. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama pasangan, teman-sobat dan keluarga untuk menghabiskan waktu panjang dengan menemukan banyak gambar lucu. Terutama dikala hari-hari hujan dan pengunjung hanya mampu berwisata dalam ruangan.

Bangkok Trickeye Museum ini mempunyai banyak pilihan ruangan yang mempunyai gambar yang mengesankan. Gambar di daerah wisata di Pattaya ini dibuat oleh seniman yang bisa menghadirkan efek gambar 3D dalam ruangan. Efek 3D menciptakan pengunjung benar-benar mengagumi apa yang ada di hadapan pengunjung.

Pengunjung bisa mencoba untuk berpose di papan selancar atau di atas jurang fiksi. Untuk membantu para pengunjung, spidol dengan panah telah ditempatkan di lantai untuk memberikan sudut terbaik. Jika pengunjung sulit untuk menemukan sudut maka pengunjung bisa melihat foto yang diambil oleh pengunjung sebelumnya yang akan membantu  untuk menemukan karya terbaik dengan setiap adegan.

  1. Tiffani,s Ladyboy Cabaret

Bentuk pertunjukan para ladyboys cabaret itu family friendly, untuk semua umur dan semua kalangan bisa menonton
Tiffani,s Ladyboy Cabaret. Image via: vietlenstravel.com

Sudah bukan belakang layar lagi jika Thailand yakni gudangnya para ladyboy atau bencong alias transgender tercantik se jagad raya. Kadang susah untuk menebak apakah wanita cantik itu benar-benar perempuan asli 100% atau ternyata laki-laki.

Kecantikan para ladyboys di show Tiffani sudah tersohor, dan membuat para wisatawan dari aneka macam negara setiap hari tiba berbondong-bondong tiba untuk menontonnya. Para ladyboy ini bisa menciptakan wanita orisinil merasa minder alasannya umumnya mereka bertubuh langsing, tinggi, seksi dan mampu menggunakan high heels sambil menari.

Bentuk pertunjukan para ladyboys cabaret itu family friendly, untuk semua umur dan semua kalangan mampu menonton. Tontonan berupa lip sync atau bernyanyi dan menari yang dikemas dengan apik dengan make up tebal. Kostum yang glamor dan glamor dan tata set panggung yang megah.

Harga tiket daerah wisata di Pattaya berupa pertunjukan ini antara 700 Bat sampai 990 Bath untuk VVIP. Pertunjukan diadakan setiap hari pada jam 16.30 , 18.00 , 19.30, 21.00 selama 70 menit.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni