11 Kawasan Wisata Di Spanyol, Menikmati Pesona Negeri Matador

Selain  populer dengan club Sepak Bola, Spanyol juga populer dengan daerah-tempat wisata di Spanyol yang menawan. Negara yang mendapatkan julukan sebagai negara Matador ini memiliki pantai yang indah, bangunan istana yang sangat megah, wisata belanja, dan juga wisata masakan.

Selain  terkenal dengan club Sepak Bola, Spanyol juga terkenal dengan tempat-tempat wisata di Spanyol yang menawan
Tempat Wisata di Spanyol. Image via: wallpaperplay.com

Sekilas Soal Spanyol

Kerajaan Spanyol yaitu sebuah negara di Eropa barat daya di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia Andorra. Wilayah Spanyol juga meliputi wilayah seberang, seperti Ceuta  di Afrika Utara dan Kepulauan Canary di Samudra Atlantik.

Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari daerah-daerah tersebut, mengalirlah berbagai sungai. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.

Lokasi geografis Spanyol, garis pantai yang populer, bentang daratan yang beragam, warisan sejarah, budaya yang dinamis, dan infrastruktur yang sangat baik telah menjadikan industri pariwisata internasional di antara yang terbesar di dunia.

Keadaan iklim spanyol sebelah utara dan barat maritim adalah satu-satunya tempat yang hujannya cukup memadai sedangkan di selatan iklim spanyol berubah menjadi iklim bahari tengah .

Spanyol mempunyai banyak bentuk transportasi umum, khususnya transportasi darat, mirip bus, trem, metro, kereta api dan masih banyak lainnya. Di kota-kota Spanyol penyewaan sepeda sangat cocok jika ingin berkeliling kota dengan kalem.

11 Tempat Wisata di Spanyol

  1. Alhambra Granada

Bangunan megah tempat wisata di Spanyol ini terdiri dari komplek istana dikelilingi benteng kokoh
Alhambra Granada. Image via: adventurousmiriam.com

RusiaSImak juga: daerah wisata di Rusia

Kastil Alhambra ialah peninggalan kejayaan Islam di Spanyol bab selatan, dikenal dengan sebutan Andalusia. Setelah 8 era dikuasai umat Muslim, jadinya Spanyol termasuk Alhambra kembali dikuasai kerajaan Nasrani.

Alhambra terletak di bukit La Sabica, Granada. Pertama kali didirikan oleh kaum Moor yang berasal dari Afrika Utara pada tahun 1238 – 1358. Alhambra berasal dari bahasa Arab al-hamra yang berarti ‘kastil merah’. Kastil ini memang memiliki dinding dan ubin-ubin yang kemerahan.

Bangunan megah daerah wisata di Spanyol ini terdiri dari komplek istana dikelilingi benteng kokoh. Dilengkapi taman bunga yang indah dan harum, serta Hausyus Sibb (taman singa) yang dihiasi pilar marmer.

Disebut taman singa alasannya terdapat patung-patung singa melingkari sebuah bak dan dari mulut singa-singa tersebut memancar air mancur. Istana yang paling banyak dikunjungi yakni Istana Dinasti Nazari. Kaligrafi banyak terukir pada dindingnya.

Seluruh bab istana didominasi oleh warna-warna yang menyimbolkan kehidupan berdasarkan Al-Quran. Seperti merah untuk darah, biru untuk langit, hijau untuk bumi, dan emas untuk kekayaan. Selain itu di dalam kastil bangun pula Istana Raja Charles V, Istana Raja Philip II, dan taman fenomenal Generalife.

Dari bentuk bangunannya, tempat wisata di Spanyol Alhambra ini mempunyai tiga karakter. Pertama sebagai alcazaba atau benteng pertahanan militer, kedua sebagai alcázar atau istana, dan ketiga ialah medina adalah kota kecil.

  1. Toledo

Tempat Wisata di Spanyol Toledo dijuluki sebagai Kota dengan 3 Budaya. Yaitu Kristen, Muslim, dan Yahudi
Toledo. Image via: id.hotels.com

Tempat Wisata di Spanyol Toledo dijuluki sebagai Kota dengan 3 Budaya. Yaitu Kristen, Muslim, dan Yahudi. Di tahun 542 sampai 725, Toledo merupakan ibu kota dari Kerajaan Visigothic. Tidak heran jikalau bangunan mirip gereja berkesan gothic.

Sinagoge, masjid, dan gereja bangun berdampingan di distrik sejarah Toledo sebagai saksi bisu keragaman sejarah di kota Spanyol kala pertengahan ini. Empat menara Alcazar, ialah benteng yang dibangun pada tahun 1085, mendominasi cakrawala.

Toledo dan tempat pedesaan di sekitarnya telah menginspirasi karya-karya El Greco. Lukisannya dipamerkan di berbagai tempat di kota ini, termasuk museum yang namanya diambil dari nama sang pelukis populer.

Salah satu bangunan dengan gaya gothic ialah katedral Toledo atau Catedral Primada Santa María de Toledo. Dengan tinggi 120 meter, katedral itu tak pernah sepi dari kunjungan turis dari seluruh penjuru dunia. Di tambah lagi dengan posisi yang berada di tengah kota.

Para turis Tempat Wisata di Spanyol ini mampu berfoto di pelataran dengan latar belakang katedral atau masuk ke dalamnya dengan membayar 8 Euro. Bagian dalam katedral itu dipenuhi berbagai macam ornamen bersejarah dengan tiang-tiang tinggi

  1. Almeria

kota Almería dengan sempurna memadukan keindahan historis dengan pesona modern.
Almeria. Image via: irishflights.ie

SImak juga: tempat wisata di Yunani

Terletak di Andalucía yang cerah, di selatan Spanyol, kota Almería dengan tepat memadukan keindahan historis dengan pesona modern. Di antara kawasan bersejarah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan museum bagus, kota ini memperlihatkan banyak atraksi menarik.

Alcabaza mungkin yaitu tempat wisata di Spanyol paling populer dan paling banyak dikunjungi di kota Almería. Nama benteng tua yang megah ini berasal dari bahasa Arab al-qasbah, atau kota berbenteng. Ada total tiga lapisan benteng untuk tujuan yang berbeda.

Lapisan pertama sebagai daerah berlindung bagi penduduk di ketika-ketika bahaya ekstrem. Yang kedua ialah kawasan tinggal para gubernur dan keluarga mereka, sementara yang ketiga untuk raja Isabella dari Kastilia dan Ferdinand dari Aragon.

Pantai Almeria yaitu yang paling terkenal di seluruh pantai Spanyol. Yang paling terkenal yakni Pantai Poniente . Meskipun pantai ini ramai pengunjung, masih mungkin untuk menemukan hamparan pasir yang hening di antara kerumunan.

Kunjungan ke daerah wisata di Spanyol tidak lengkap tanpa mengunjungi plaza de toros. Plaza de Toros di Almería dibangun di 1888. Plaza mampu menampung 9,000 penonton bullfights. Plaza dibangun memakai materi-materi terbaik, menghasilkan bangunan indah yang telah teruji waktu.

  1. Santiago Compostela

Katedral Santiago de Compostela merupakan tempat wisata di SPanyol yang dimana terdapat makam Santo Yakobus, semakin mempercantik kota
Santiago Compostela. Image via: clubvillamar.com

Situs warisan dunia paling terkenal di barat daya Spanyol yaitu Santiago de Compostela.  Jalanan yang terbuat dari bebatuan terlihat sangat indah ketika dibasahi hujan. Arsitektur bangunan dan monumen-monumen mencerminkan kota kuno yang kaya akan budaya.

Di tahun 754 kota ini berhasil direbut oleh Raja Asturia. Enam puluh tahun kemudian ditemukanlah jasad dari Santo Yakobus dan membuat Santiago de Compostela menjadi tujuan ziarah ratusan ribu umat Katolik. Dari event itulah kota ini mendapatkan julukan sebagai tanah suci.

Sebagai kota kuno, daerah wisata di Spanyol terdapat banyak jalanan berkelok nan sempit khas kota kurun pertengahan di Santiago de Compostela. Selain itu tanah suci umat Kristen ini juga mempunyai beberapa alun-alun bagus dan bangunan-bangunan dari batuan granit.

Katedral Santiago de Compostela, dimana terdapat makam Santo Yakobus, semakin mempercantik kota ini. Selain itu banyak pula monumen bersejarah bergaya romantik-barok maupun objek wisata seperti museum perihal penduduk Galicia hingga taman kota yang indah.

Berkeliling kota daerah wisata di Spanyol berpenduduk 100.000 orang ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki, meski terdapat juga jaringan transportasi bus. Tetapi mayoritas objek wisata berada pada wilayah walking distance.

  1. Plaza de Espana

Lukisan pada bangku tempat wisata di Spanyol ini berupa peta setiap provinsi di Spanyol. Kecantikan plaza semakin memikat karena di tengah-tengahnya, dikelilingi kanal, berdiri sebuah air mancur.
Plaza de Espana. Image via: coinlaw.io

Simak juga: tempat wisata di Myanmar

Sevilla Plaza de España terletak di tengah-tengah Taman Maria Luisa. Ruang terbuka publik ini berbentuk semi lingkaran dan disekitarnya bangkit bangunan-bangunan megah bersejarah yang sekarang ditempati kantor birokrat pemerintah dan museum.

Alun-alun Spanyol ini dibangun dalam balutan arsitektur bergaya renaissance dan neo-moorish. Ukurannya lima kali lapangan sepak bola. Gedung-gedung di sana terbuat dari bata merah yang dihiasi azulejos, seni lukis di atas keramik khas Andalusia.

Kanal berukuran 500 meter menjadi pemandangan indah di depan gedung-gedung raksasa Plaza de España. Pengunjung mampu menyewa perahu dayung untuk mengarungi kanal. Kanal yang membuat Alun-alun Spanyol Sevilla dijuluki Venesia dari Sevilla ini memiliki empat jembatan.

Keempat jembatan tersebut merepresentasikan empat kerajaan kuno Spanyol, adalah Castille, Aragon, Navarre, dan Leon. Di sepanjang dinding susukan terdapat kurang lebih 48 gua kecil dengan bangku taman yang dibentuk dari azulejos.

Lukisan pada kursi kawasan wisata di Spanyol ini berupa peta setiap provinsi di Spanyol. Kecantikan plaza semakin memikat alasannya adalah di tengah-tengahnya, dikelilingi akses, bangkit sebuah air mancur.

Alun-alun kawasan wisata di Spanyol ini i dibuka untuk umum dari hari Senin sampai Jumat setiap pukul 9.00 – 21.00. Penyewaan bahtera di €5 untuk bahtera dayung dan €9 untuk perahu motor selama 45 menit.

  1. Palacio real

Tempat Wisata di Spanyol berupa Rumah para Raja Spanyol mulai dari Raja Carlos III hingga Raja Alfonso XIII kini terbuka untuk umum.
Palacio Real. Image via: esmadrid.com

Tempat Wisata di Spanyol berupa Rumah para Raja Spanyol mulai dari Raja Carlos III hingga Raja Alfonso XIII kini terbuka untuk umum. Istana di kota Madrid tersebut yaitu salah satu yang terbesar dan terindah di Eropa.

Konstruksi bangunan tersusun dari batu kapur dan granit yang tahan api. Pembangunan berlangsung sejak tahun 1738 – 1764. Diperkirakan di lahan seluas 135,000 m2 ini terdapat 2.000 ruangan glamor dan 50 diantaranya dapat dikunjungi wisatawan.

Palacio Real mengadaptasi gaya arsitektur Istana Versailles. Bagian dalam istana dihiasi marmer Spanyol, pintu dari kayu mahogani, sampai fresco atau lukisan di atap karya dari seniman-seniman terbaik seperti Giaquinto dan Tiepolo.

Di lingkungan istana pengunjung mampu mengunjungi museum senjata yang memamerkan beragam senjata dan perlengkapan perang yang dipakai para Raja Spanyol semenjak kurun ke 13. Ada ruangan farmasi yang memajang kabinet penyimpanan obat untuk keluarga kerajaan.

Harga tiket masuk Tempat wisata di Spanyol ini € 10,00. Hari Senin sampai Kamis terdapat jam gratis, yaitu pada 2 jam sebelum waktu tutup. Istana ini dibuka pukul 10.00-20.00 sepanjang bulan April-September. Oktober – Maret waktu operasional pukul 10.00 – 18.00.

  1. Plaza  Mayor

Tempat wisata di Spanyol alun-alun Plaza Mayor luas berbentuk persegi. Dikelilingi tiga bangunan empat lantai.
Plaza  Mayor. Image via: expedia.com

SImak juga: daerah wisata di Laos

Tempat wisata di Spanyol alun-alun Plaza Mayor luas berbentuk persegi. Dikelilingi tiga bangunan empat lantai. Letaknya hanya beberapa blok dari Puerta del sol. Tempat tersebut menjadi favorit semua kalangan baik penduduk lokal maupun turis untuk berkumpul sambil ngopi di café.

Pada kala pertengahan plaza ini adalah sebuah pasar tradisional yang kemudian dirubah menjadi alun-alun berbentuk kotak atas perintah Raja Philip III. Sejak pertama kali dibangun, daerah ini menjadi pusat beragam acara. Mulai dari upacara penobatan raja sampai bullfights.

Di tengah lapangan Tempat wisata di Spanyol seluas 1000 meter itu bangkit patung Raja Philip III menunggangi kuda. Patung tersebut dipindahkan dari Casa de Campo pada tahun 1848.

Bangunan paling menonjol di Plaza Mayor ialah Casa de la Panaderia. Gedung empat lantai tersebut sudah ada di sana bahkan sebelum Plaza Mayor dirubah menjadi alun-alun. Lukisan di dinding gedung dan dua menaranya yang simetris ialah pemandangan indah di alun-alun Mayor.

Plaza Mayor juga digunakan sebagai kawasan pengadaan banyak sekali ekspo di negara Spanyol dimana salah satunya yaitu bazar De Idiro, Christmas Market dan sebagainya. Di kawasan ini, pengunjung bisa berjalan-jalan atau duduk-duduk kalem menikmati makanan yang sudah disajikan di cafe

  1. Retiro Park

Taman peninggalan keluarga kerajaan Tempat Wisata di Spanyol ini sekarang menjadi tempat pelarian Madrilenian dari kesibukan sehari-hari.
Retiro Park. Image via: wiztours.com

Taman peninggalan keluarga kerajaan Tempat Wisata di Spanyol ini sekarang menjadi kawasan pelarian Madrilenian dari kesibukan sehari-hari. Setiap weekend taman ini diramaikan oleh musisi dan seniman jalanan, peramal, jugglers, dan beragam atraksi.

Raja Phillips IV membangun taman ini pada tahun 1632 dan pada zaman itu hanya keluarga kerajaan yang boleh memasuki tempat ini. Nama Retiro berarti ‘mengasingkan diri’. Taman ini memang dibentuk untuk keluarga kerajaan beristirahat dari kehidupan kerajaan.

Di bersahabat pintu masuk sebelah utara terdapat danau besar dan patung Raja Alfonso XII. Lalu pengunjung juga mampu menemukan taman mawar Rosaleda. Di balik semak-semak mawar terdapat air mancur yang disebut Fountain of the Falling Angel.

Air terjun tersebut menggambarkan jatuhnya lucifer dari surga. Di sebelah selatan bangun Palacio de Cristal yang dibangun tahun 1887 sebagai kawasan tanaman-flora tropis. Tapi kini lebih sering digunakan sebagai ruang bazar. Museum militer dan museum lukisan periode 19 dan 20 juga ada di Retiro Park.

Tempat Wisata di Spanyol El Parque de Retiro dibuka setiap hari sepanjang tahun mulai pukul 07.00-24.00 saat trend panas, sedangkan pada animo acuh taacuh taman hanya dibuka sampai pukul 22.00.

  1. Museo Del Prado

Museum Tempat Wisata di Spanyol ini memiliki lobi yang luas, auditorium berkapasitas 438 penonton, empat ruangan untuk pameran temporari, dan ruang biara dari Gereja Los Jerónimos
Museo Del Prado. Image via: getyourguide.com

SImak juga: daerah wisata di Kanada

Museum Tempat Wisata di Spanyol ini memiliki lobi yang luas, auditorium berkapasitas 438 penonton, empat ruangan untuk ekspo temporari, dan ruang biara dari Gereja Los Jerónimos. Eksteriornya yang paling memukau ialah pintu perunggu dan Tuscan Garden.

Museum Prado mengoleksi lukisan-lukisan Spanyol terlengkap. Koleksi lukisan dari abad 11 sampai masa 18 mampu dilihat di sana. Museo del Prado pun menyajikan maha karya dari seniman-seniman terbaik mirip Goya, Bosch, Titian, El Greco, Velásquez, Rembrandt, dan Van Dyck.

Kualitas sampai ragam koleksinya menciptakan museum itu menjadi salah satu museum seni terbaik di dataran Eropa. Di sana kita dapat melihat kombinasi dari lukisan kelas atas karya seniman Spanyol populer sampai acuan lukisan dari sekolah-sekolah Inggris, Jerman, Italia, dan Perancis.

Gedung museum Tempat Wisata di Spanyol ini bergaya neo-klasik ini juga menjadi rumah untuk beragam karya pahat, skema gambar, koin, medali, sampai seni dekoratif.

Museo Del Prado buka mulai dari jam 10.00 sampai dengan jam 8 malam. Sedangkan untuk tiket masuknya yaitu sekitar 14 Euro dan jikalau mau sewa tour guide yaitu 23 Euro.

  1. Sierra Nevada

Untuk fasilitas olahraga ski, tempat wisata di Spanyol ini memiliki Pradollano. Resor ski Pradollano berada di ketinggian 2.000 meter
Sierra Nevada. Image via: civitatis.com

Pegunungan Sierra Nevada yang berselimut salju adalah puncak tertinggi di Spanyol dan memberikan pemandangan yang menginspirasi dan pelarian yang tenang ke alam. Dari November hingga Juni, Pegunungan Sierra Nevada diselimuti salju.

tempat wisata di Spanyol ini Dihiasi dengan desa-desa khas Pueblos Blancos – Moorish yang bercat putih. Terletak di kawasan hutan dan ngarai yang berat, kota-kota yang khas ini mempunyai jalur pejalan kaki yang hening, rumah-rumah berbunga-bunga, dan gereja-gereja kecil bersejarah yang sering diubah dari bekas masjid.

Desa Capileira paling terpencil dari tiga desa bercat putih di Poqueira Gorge. Desa ini memiliki jalan-jalan sempit, berliku-liku dan banyak mata air tawar yang mengalir melalui kota. Desa ini merupakan dasar yang baik untuk berjalan di alam dan mendaki di jurang serta hingga Pegunungan Sierra Nevada.

Untuk akomodasi olahraga ski, daerah wisata di Spanyol ini mempunyai Pradollano. Resor ski Pradollano berada di ketinggian 2.000 meter hingga 2.600 meter dan mempunyai sistem lift ski dan jalur kereta gantung yang luas.

Musim ski berlangsung mulai selesai November atau Desember sampai April atau Mei. Daerah ini mempunyai semua jenis akomodasi wisata chalet yang menawan, dan pondok gunung pedesaan.

  1. El Rastro Flea Market

Pasar tempat wisata di Spanyol ini berada di Madrid, Spanyol, tepatnya di kawasan Ambassador's Neighborhood
El Rastro Flea Market. Image via: alamy.com

Simak juga: tepat wisata di Brunei Darussalam

Pasar tradisional selain sebagai tempat untuk berniaga, ternyata juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik dan dikunjungi oleh banyak pengunjung. Demikian juga dengan di pasar yang berjulukan El Rastro Flea Market.

Pasar tempat wisata di Spanyol ini berada di Madrid, Spanyol, tepatnya di daerah Ambassador’s Neighborhood (Barrio de Embajadores). Pasar ini buka sepanjang tahun pada hari Minggu dan hari libur, dengan terdapat sekitar 3500 kios, dengan aneka jenis barang dagangan.

Tempat Wisata di Spanyol  ini menjual tekstil, pakaian, kuliner, suvenir, keramik, bunga segar dan sebagainya. Yang menarik yakni suvenir-nya karena ada beragam bentuk dan kaya warna. Selain barang gres, di sana wisatawan juga mampu berburu barang-barang bekas yang langka dan antik.

El Rasto Flea Market paling sibuk sekitar jam 11 siang. Untuk itu pengunjung sebaiknya datang sekitar jam 9 biar bisa menikmati asar dengan damai. Atau bila  lebih sepi bisa juga menunggu lewat tegah hari , ketika pengunjung lain sudah istirahat untuk makan siang di Bar tepi pasar.

Tempat Wisata di Spanyol El Rasto Flea Market  mulai buka pada jam 09.00 – 18.00 dan tidak dipungut biaya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni