11 Kawasan Wisata Di Swiss, Mengecap Keindahan The Land Of Milk And Honey

Tempat wisata di Swiss populer sebagai lokasi liburan ekspresi dominan masbodoh paling indah di dunia. Negeri yang populer sebangai penghasil Susu dan Madu terbaik di eropa ini, memiliki Jajaran pegunungan Alpen sebagai spot utama wisata alamnya. Swiss juga punya objek lain, ialah bangunan bersejarah.

Tempat wisata di Swiss terkenal sebagai lokasi liburan musim dingin paling indah di dunia, Jajaran pegunungan Alpen dengan resort Ski bintang lima yang bertaburan mengukuhkan reputasi ini.
Tempat Wisata di Swiss. Image via: planetware.com

Sekilas Soal Swiss

Swiss, secara resmi Konfederasi Swiss yakni negara federal berisi 26 kanton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein, dan Austria. Sebagian besar wilayah terdiri dari Pegunungan Alpen.

Swiss mempunyai lebih dari 1500 danau, dengan 6% cadangan air tawar Eropa. Danau dan gletser menutupi sekitar 6% dari wilayah negara. Danau terbesar yaitu Danau Jenewa, di Swiss barat bersama dengan Prancis.

Iklim Swiss umumnya beriklim sedang, tetapi dapat sangat bervariasi antara tempat, dari kondisi glasial di puncak gunung sampai iklim Mediterania di ujung selatan Swiss. Ada beberapa kawasan lembah di bagian selatan Swiss di mana beberapa pohon kelapa cuek ditemukan.

Musim acuh taacuh kurang berair di pegunungan dapat melihat interval panjang kondisi stabil selama berminggu-minggu, sementara tanah yang lebih rendah cenderung menderita inversi, selama era ini, sehingga melihat tidak ada matahari selama berminggu-ahad.

Transportasi bagi pengunjung paling baik yakni Kereta Api. Selain nyaman, pemandangan, aktivitas penduduk di kawasan-kawasan yang dilewati kereta, dan cerita yang ”dikemas” membuat perjalanan sendiri menjadi sebuah aktivitas wisata.

11 Tempat Wisata di Swiss

  1. The Matterhorn

Gunung ini merupakan gunung yang sudah terkenal di tingkat dunia dengan ketinggian 4.478 meter, namun gunung ini buka gunung tertinggi di Swiss.
The Matterhorn. Image via: matadornetwork.com

Simak juga: kawasan wisata di Amsterdam

Gunung ini merupakan gunung yang sudah terkenal di tingkat dunia dengan ketinggian 4.478 meter, namun gunung ini buka gunung tertinggi di Swiss. Bagi pengunjung yang suka bepergian daerah ini sangat cocok dan akan menunjukkan pengalaman yang sangat ahli kepada anda.

Berlokasi di puncak Alpen Pennine, tak jauh dari Kota Zermatt, Klein Matterhorn populer sebagai destinasi olahraga animo masbodoh dunia. Pengunjung yang tiba ke daerah wisata di Swiss sini biasanya melakukan ski atau pendakian di lerengnya yang dibuka sepanjang tahun.

Kereta gantung yang dibuka di Klein Matterhorn merupakan yang tertinggi di dunia dan bakal melintasi perbatasan antara Swiss dan Italia, atau yang disebut dengan Piccolo Cervino. Kereta gantung bernama Matterhorn Glacier Ride ini mampu ditumpangi turis dari kota Zermatt ke puncak Klein Matterhorn.

Dalam perjalanan selama sembilan menit di tempat wisata di Swiss ini, kereta gantung akan meluncur sejauh 900 meter dengan ketinggian 170 meter yang melintasi bukit dan pegunungan. Gerbongnya juga dirancang khusus dengan lantai beling sehingga penumpang bisa menikmati kengerian sembari meluncur.

  1. Jungfraujoch: The Top of Europe

Salah satu tempat favorit di Jungfraujoch adalah istana es. Di tempat wisata di Swiss ini pengunjung dapat melihat aneka jenis ukiran yang terbuat dari es.
Jungfraujoch: The Top of Europe. Image via: viator.com

Jungfraujoch yaitu cekungan dataran salju kekal Alpen yang diapit dua puncak gunung, ialah puncak Jungfrau dengan tinggi 4.158 mdpl dan Moench, 4.170 mdpl. Tempat kawasan wisata di Swiss ini pun terletak di ketinggian 3.454 mdpl.

Perjalanan ke Jungfraujoch mampu dilalui dengan kereta listrik, yaitu Jungfraubahn. Kereta ini melintasi pegunungan Eiger sampai ke puncak Jungfraujoch. Sepnajang perjalanan kereta pengunjung mampu menyaksikan pemandangan yang sangat manis. Harga untuk naik kereta listrik ini sekitar 120 Euro.

Setibanya di Jungfraujoch, hamparan salju putih nan cuek akan terlihat sejauh mata memandang. Salah satu daerah favorit di Jungfraujoch adalah istana es. Di tempat wisata di Swiss ini pengunjung mampu melihat aneka jenis goresan yang terbuat dari es.

Waktu yang sempurna untuk mengunjungi daerah ini yakni ketika bulan April dan Mei. Saat itu kondisi salju tidak berbahaya, serta para wisatawan dapat mencoba olahraga ski dan snowboarding. Pengalaman yang tentu sulit didapatkan.

Beberapa penginapan, rumah makan, dan toko souvenir di Jungfraujoch akan membuat perjalanan Anda berasa lebih nyaman. Jangan lupa untuk memakai jaket yang tebal dan perhatikan terus peringatan dari petugas keamanan.

  1. Lake Lugano

Danau Lugano adalah tempat wisata di Swiss berupa sebuah danau glasial yang terletak di perbatasan Swiss dan Italia, tepatnya di antara Danau Como dan Lago Maggiore
Lake Lugano. Image via: juliasalbum.com

Simak juga: kawasan wisata di Belanda

Danau Lugano yaitu tempat wisata di Swiss berupa sebuah danau glasial yang terletak di perbatasan Swiss dan Italia, tepatnya di antara Danau Como dan Lago Maggiore. Sebanyak 63% bab danau, ialah sekitar 48,7 km2, masuk ke wilayah Swiss.

Air danaunya begitu jernih, dengan warna biru yang akan terlihat berkilauan saat tertimpa sinar matahari. Banyak wisatawan berkunjung ke Danau Lugano alasannya suasananya yang benar-benar tenang dan nyaman, cocok untuk bersantai dan merilekskan badan serta pikiran.

Berbagai acara seru juga bisa dilakukan, mulai dari menyewa bahtera untuk mengelilingi danau, bersepeda di sekitar Danau Lugano, sampai hiking di bukit atau pegunungan terdekat. Danau Lugano menawarkan nuansa alam yang tak hanya anggun, tapi juga mengundang orang untuk menikmatinya.

Kecantikan nuansa alam di Danau Lugano tak terlepas dari pemandangan di sekitarnya. Danau yang mempunyai kedalaman maksimal 288 meter ini dikelilingi oleh Pegunungan Lugano Prealps. Tidak ketinggalan banyak sekali daerah wisata terkenal lain yang berada di tepi danau.

Perpaduan Danau Lugano dan barisan pegunungan inilah yang membuat suatu pemandangan alam mengesankan. Lingkungan tempat wisata di Swiss ini pun begitu nyaman, membuat banyak orang betah menghabiskan waktu di Danau Lugano dan membuat mereka merasa lebih fresh setelahnya.

  1. Lake Geneva

Terdapat 3 bagian di kawasan tempat wisata di Swiss Danau Geneva ini. Haut Lac, Grand Lac, dan juga Petit Lac.
Lake Geneva. Image via: mary-shelley.fandom.com

Danau Geneva ini memiliki panjang sekitar 73 km dan lebar 14 km. Terdapat 3 bab di kawasan kawasan wisata di Swiss Danau Geneva ini. Haut Lac, Grand Lac, dan juga Petit Lac. Haut Lac berada di tempat timur. Grand Lac  bab terbesar dari danau Genevai. Petit Lac  berada di daerah Geneva.

Kawasan wisata danau Geneva memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Pegunungan menjadi salah satu pemandangan alam yang mampu pengunjung lihat dikala mengunjungi daerah tempat wisata di Swiss tersebut.

Ada banyak kegiatan yang mampu pengunjung lakukan di obyek wisata ini. Jika mendekati demam isu panas dan juga animo gugur, tidak jarang ada banyak wisatawan yang akan berenang di sekitar obyek wisata alam ini.

Selain berenang, menikmati sore dikala matahari akan tenggelam juga menjadi aktivitas favorit yang dilakukan oleh penduduk Geneva dan para pengunjung tersebut.Kegiatan lain yang juga sering dilakukan disini ialah hiking, ski, dan juga menikmati perlombaan yacht.

Kesan klasik dan juga nuansa Eropa pada periode pertengahan semakin terasa dengan adanya Chateau De Chillon dan juga menara mercu suar di salah satu sudut dari danau Geneva ini.

  1. Interlaken

Kecantikan kota tempat wisata di Swiss, Interlaken, tak juga pupus oleh waktu.
Interlaken. Image via: detourswithdaisey.com

Simak juga: kawasan wisata di Istanbul

Interlaken, kota itu, terhampar di antara dua lembah kaki-kaki Gunung Eiger dan Mönch. Di antara dua puncak gunung, yang termasuk rangkaian pegunungan Alpen, itu tampak pula top of Europe Jungfaujoch yang populer.

Kecantikan kota kawasan wisata di Swiss, Interlaken, tak juga pupus oleh waktu. Dua danau, Thun dan Brienz, akrab mengapit kota tempat wisata di Swiss ini. Warnanya membiru dibercaki warna putih yang memantul dari gunung-gunung bersalju yang mengitarinya.

Nama Interlaken dari bahasa Latin inter lacus, yang artinya di antara dua danau. Sungai Aare yang menghubungkan dua danau itu membelah kota, menambah syahdunya Interlaken. Bangunan-bangunan rumah, pertokoan, hotel yang tertata rapi, ataupun kapal yang mengitari Danau Thun mirip lukisan pemandangan.

Pengunjung yang hobi bersepeda mampu mengelilingi Danau Brienz selama 4 jam, dan berkunjung ke air terjun Giessbach di tengah jalan. Dari Interlaken, pengunjung mampu bersepeda ke Lauterbrunnen dengan waktu tempuh selama 2 jam untuk melihat pribadi gerojokan Trummelbach yang indah.

Tidak seperti kota-kota lainnya di Swiss, tempat wisata di Swiss Interlaken disebut-sebut sebagai kota yang juga ramah anggaran bagi wisatawan kelas backpacker. Kota ini menunjukkan penginapan dengan biaya murah.

  1. Lucerne

Menjelajahi danau Lucerne dengan menggunakan perahu adalah aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi tempat wisata di Swiss ini.
Lucerne. Image via: 123rf.com

Lucerne adalah kawasan teratas bagi pengunjung diantara tempat wisata di Swiss lainnya. Kota ini Terkenal alasannya konser musik. Pusat Kebudayaan dan Konvensi kota ini adalah rumah bagi salah satu ruang konser terkemuka di dunia.

Danau biru berkilauan dikelilingi pegunungan, sebuah kota kurun pertengahan yang bebas mobil, jembatan tertutup, daerah pejalan kaki di tepi danau, bangunan bersejarah, dan plaza dengan air mancur yang menggelegak. Itulah citra dari kota tempat wisata di Swiss ini.

Menjelajahi danau Lucerne dengan memakai perahu ialah kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi daerah wisata di Swiss ini. Pada bulan Mei sampai September pengunjung bisa mengeksplorasi keindahan pemandangan danau dengan bahtera dayung.

Setelah puas menikmati keindahan alam, pengunjung bisa beralih menjelajah ke dalam kota. Berjalan-jalan santai di sepanjang tembok kota renta dan menjelajahi banyak menara yang ada sepanjang jalan tersebut. Setiap menara dirancang oleh arsitek dan seniman yang berbeda-beda.

Di sini juga ada banyak kawasan yang memungkinkan untuk menyeberang di bawah tembok dan menjelajahi kedua sisinya. Pengunjung juga mampu menyaksikan pemandangan pedesaan yang menakjubkan dari sini.

  1. Chateau de Chillon

Kastil wisata di Swiss ini memiliki 3 halaman yang sangat luas dengan rimbun pepohonan.
Chateau de Chillon. Image via: peaktransfer.com

SImak juga: tempat wisata di Turki

Chateau De Chillon. Tempat wisata di swiss ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Swiss yang memberikan pemandangan yang menyenangkan dan juga indah. Terletak di Danau Geneva, Chateau De Chillon sangat pas mencari ketenangan.

Kastil wisata di Swiss ini memiliki 3 halaman yang sangat luas dengan rimbun pepohonan. Selain itu, bangunan yang didirikan pada tahun 1150 oleh Dukes of Savoy ini memiliki 4 ruangan yang juga cukup luas. Terdapat prasasti yang menceritakan sejarah Chateau De Chillon.

Di lobi utama, interior megah bisa pengunjung saksikan saat memasuki Chateau De Chillon tersebut. Di dinding-dinding bangunan daerah wisata di Swiss ini terdapat  lukisan-lukisan dari era ke 14 masih terpajang di sana.

Yang menarik tentu saja di area penjara bawah tanah. Suasana senyap dengan kesan periode pertengahan sangat terasa. Ditambah lagi ada beberapa benda peninggalan yang sengaja dipamerkan di sini.

Ttiket masuk ke Chateau De Chillon ini yakni CHF 12 untuk pengunjung dewasa dan CHF 6 untuk pengunjung berusia 6 – 16 tahun. Bulan April – September dibuka mulai pukul 09.00 hinnga 19.00. Bulan Oktober dari pukul 09.00 sampai 18.00.

  1. Sankt Moritz

Di tempat wisata di Swiss ini ada objek Danau Silvaplana. Danau di lembah Upper-Engadine di Grisons, Swiss dan termasuk danau terbesar di Grisons.
St. Moritz. Image via: alpineanswers.co.uk

Sankt Moritz yakni sebuah kotadi Lembah Engadin, Distrik Maloja, Kanton Graubuenden, Swiss. Pada isu terkini acuh taacuh, Kota St. Moritz merupakan destinasi wisata paling favorit bagi masyarakat Eropa.

Di tempat wisata di Swiss ini ada objek Danau Silvaplana. Danau di lembah Upper-Engadine di Grisons, Swiss dan termasuk danau terbesar di Grisons. Di demam isu dingin, dikala danau membeku, beliau digunakan untuk ski lintas alam, jalan setapak, dan layang-layang di atas salju.

Ada juga danau lain di kawasan wisata di Swiss ini, yaitu Danau St. Moritz. Sebuah danau dengan luas hanya 0,78 km². Meski ditutupi slaju, danau ini kerap dijadikan sebagai daerah untuk pagelaran pertandingan kuda.

Ada juga objek Piz Nair. Ini yakni gunung Alpen Albula di Swiss, yang menghadap St. Moritz di kanton Graubünden. Puncaknya mudah diakses dari desa dengan kereta kabel.

Yang paling terkenal tentu saja tempast Ski. Corviglia merupakan nama area ski sempurna di puncak Kota St. Moritz. Area ini adalah area ski terbesar di Engadin. Area kerap menjadi kawasan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Ski.

  1. Bern

Kota Bern merupakan salah satu kota tempat wisata di Swiss yang indah dan wajib untuk dikunjungi ketika berada di Eropa
Bern. Image via: airpano.com

SImak juga: daerah wisata di Ho Chi Minh

Kota Bern merupakan salah satu kota kawasan wisata di Swiss yang indah dan wajib untuk dikunjungi saat berada di Eropa. Kota ini terkenal sebagai salah satu kota terindah di dunia. Saat ini menjadi ibu kota negara Swiss yang merupakan salah satu negara yang berada di Eropa Tengah.

Bern sendiri berasal dari bahasa Jerman yang berarti beruang. Oleh sebab itu, jikalau diperhatikan dengan seksama bahwa simbol kota Bern yaitu beruang.

Kota daerah wisata di Swiss ini mempunyai banyak bangunan kuno yang dibangun sejak tahun 1100 hingga 1700-an yang sampai dikala ini masih bangun kokoh dan dijaga kelestariannya. Salah satu bangunan yang menjadi icon kota ini sekaligus populer oleh para wisatawan adalah Katedral Bern.

Wisata lainnya dari kota yang indah ini yaitu sisa gerbang kota bau tanah. Gerbang kota renta ini mempunyai menara yang di atasnya terdapat jam. Jam tersebut terpasang sejak tahun 1530 yang sampai saat ini masih berfungsi sebagai penunjuk waktu kota tersebut.

Gedung-gedung pemerintahan di kota renta ini juga dibangun pada tahun 1902. Di dalamnya terdapat banyak gambar dan patung yang mengisahkan beberapa kejadian penting kota Bern yang pernah diabadikan.

  1. Zurich

Bukti tertua berdirinya Kota tempat wisata di Swiss ini bertahun 929 masehi.
Zurich. Image via: pocketmags.com

Kota Zurich yang berada di tepi danau Zurich ini termasuk kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Dibandingkan dengan Berlin, Paris, Hamburg, Amsterdam dan Bruessel, kota terbesar di Swiss berpenduduk sekitar 365 ribu jiwa ini tak terlalu besar, namun dia mempunyai keunikan ala mediteran.

Bukti tertua berdirinya Kota daerah wisata di Swiss ini bertahun 929 masehi. Tahun 1351, Zurich bergabung dengan Konfederasi Swiss. Di tahun 1519, di bawah pimpinan Huldrych Zwingli, Zurich menjadi sentra gerakan Reformasi Swiss.

Ketika mengunjungi tempat kota renta, pengunjung bisa melihat suasana khas abad pertengahan dan juga jaman renaissance yang sangat kental. Bukan hanya bangunan saja, namun jalanan dan juga rambu-rambu sendiri masih menggunakan rambu-rambu khas era pertengahan.

Pengunjung mampu melihat salah satu gereja tertua di Zurich, St Peter’s Church dan juga Framunster. Di gereja St Peter’s ini, ada salah satu jam terbesar di Eropa. Di menara gereja, jam tersebut masih aktif sampai ketika ini.

Di kota tempat wisata di Swiss ini, ppengunjung dapat mengunjungi beberapa butik yang menjual aneka pakaian dan juga aksesoris. Selain butik, pengunjung mampu mencoba bersantai sembari menikmati pemandangan di kota bau tanah di sekitar cafe-cafe di pinggir jalan.

  1. Grendelstrasse Shopping Street

Toko jam terkenal di shopping street di Luzern memang 'The Bucherer'. Tetapi itu memang toko jam2 mahal. Seperti Rolex yang terkenal sebagai salah satu jam termahal di dunia.
Casagrande Gift Shop. Image via: inyourpocket.com

Simak juga: daerah wisata di Vietnam

Karena Swiss tidak dikenal dengan barang2nya, shopping Street nya pun tidak terlalu di blow-up. Tokonya sederhana dan minimalis, kecuali di ‘pintu gerbang shopping streetnya, di Plaza Schwanenplatz, di jalan Grendelstrasse.

Swiss sendiri terkenal dengan ‘kota jam’ nya. Dimana jam dari Swiss benar2 sangat manis, dan banyak memiliki merk populer didunia dan sangat mahal.

Toko jam populer di shopping street di Luzern memang ‘The Bucherer’. tempat wisata di Swiss berupa toko jam inim khusus menjual jam-jam mahal. Seperti Rolex yang populer sebagai salah satu jam termahal di dunia.

Toko souvenir populer di area daerah wisata di Swiss ini, Casagrande. Segala macam souvenir dan jam2 Swiss yang tidak terlalu mahal ada disana. Sebuah toko besar, dengan rak2 putar untuk memajang kartupos yang berada dari luar hingga dalam.

Souvenir khas Swiss yakni pisau lipat dan jam ‘kuk-kuk’, selain jam tentunya. Sehingga pisau2 lipat ‘Swiss Army’ pun terpajang di rak putar di luar toko.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni