11 Kawasan Wisata Gorontalo, Menikmati Alam Di Tanah Serambi Madinah

Tempat Wisata Gorontalo menawarkan sensasi liburan yang tidak terlupakan. Beberapa objek wisata disini bahkan mengalahkan objek wisata yang ada di Luar Negeri yang terlebih dahulu Populer. Misalnya saja Pulau cinta, yang disebut sebut menyaingi keindahan Maldives

Tempat Wisata Gorontalo menawarkan sensasi liburan yang tidak terlupakan. Beberapa objek wisata disini bahkan mengalahkan objek wisata yang ada di Luar Negeri yang terlebih dahulu Populer.
Nani Wartabone , Pegibar Sangsaka Merah Putih 1942. Image via: goodnewsfromindonesia.id

Sekilas Soal Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo di Pulau Sulawesi. Tepatnya di bab barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.166.142 jiwa

Iklim Gorontalo y cukup panas. Suhu minimum terjadi di bulan September adalah 22,8 °C. Sedangkan suhu maksimum terjadi di bulan Oktober dengan suhu 33,5 °C. Suhu rata-rata berkisar antara 26,2 °C hingga dengan 27,6 °C.

Pada dasarnya terdapat banyak bahasa daerah di Gorontalo. Namun hanya tiga bahasa yang cukup dikenal masyarakat di wilayah ini, ialah Bahasa Gorontalo, Bahasa Suwawa, dan Bahasa Atinggola. Dalam proses perkembangannya Bahasa Gorontalo lebih mayoritas.

Penerbangan komersial dikala ini telah menghubungkan Gorontalo dengan dunia luar. Penerbangan harian tersedia dari Jakarta melalui Makassar ke Bandar Udara Internasional Jalaluddin Gorontalo. Untuk transportasi dalam kota dan antar kota mampu mengguankan Bus, bemo, dan Becak motor.

11 Tempat Wisata Gorontalo

  1. Bukit Layang Gorontalo

Dari bukit tempat wisata Gorontalo ini, pengunjung dapat menikmati pemdangan kota gorontalo dari atas bukit.
Bukit Layang Gorontalo. Image via: Fatra Ligawa

SImak juga: 11 daerah wisata Pemalang

Bukit layang menyuguhkan wisata alam perbukitan yang begitu memanjakan mata. Dari bukit kawasan wisata Gorontalo ini, pengunjung dapat menikmati pemdangan kota gorontalo dari atas bukit. Bahkan pengunjung juga mampu berkemah di atas bukit untuk menikmati terbitnya matahari pada dikala pagi harinya.

Melihat pemandangan kota yang indah dari ketinggian sungguh sangat asyik dan tentu menciptakan ketagihan. Di daerah Wisata gorontalo ini, pengunjung bisa melihat pemandangan indah kota gorontalo dari ketinggian. Yaitu di bukit layang dengan ketinggian kira-kira 700 mdpl.

Dengan suasana langit biru beserta awan yang berserakan tentu akan mengakibatkan suatu pengalaman yang tak terlupakan.

Berfoto di bukit ini menjadi salah satu acara favorit. Walau di tepat wisata gorontalo ini tidak ada spot buatan, seperti lazimnya wisata dataran tinggi di Jawa. Namun eksistensi latar belakang berupa panorama alami yang membentang, justru menjadi spot foto yang tidak tergantikan.

Lokasi: Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Siendeng, Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Diyonumo

Akses yang mudah membuat pulau tempat wisata Gorontalo ini terkenal di kalangan warga sekitar dan juga turis dari luar kota maupun luar negeri.
Pulau Diyonumo. Image via: wisato.id

Pulau Diyonumo, merupakan pulau cantik di Utara Gorontalo yang berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Akses yang mudah membuat pulau daerah wisata Gorontalo ini populer di kalangan warga sekitar dan juga turis dari luar kota maupun luar negeri.

Pulau Diyonumo mempunyai struktur daratan yang mirip dengan Pulau Kenawa, NTB dengan sebuah bukit kecil di pulau tersebut. Pemandangan yang disajikan pun tidak kalah indah dari pulau-pulau elok lain di Indonesia.

Ada bukit di pulau kecil ini yang mampu didaki sampai puncaknya. Waktu trekking kurang lebih 15 menit menuju puncak bukit Pulau Diyonumo. Pemandangannya sangat indah. Di sebelah utara langsung ke laut utara Sulawesi,

Landskap pulau tempat wisata Gorontalo ini di sebelah selatan pribadi daratan Sulawesi. Air maritim yang berwarna biru muda karena perairan dangkal yang cukup luas menciptakan banyak pengunjung mampu berenang di sekitar pulau.

Dari bandara perjalanan yang kita tempuh untuk mencapai Pulau Diyonumo kurang lebih 2 jam. Patokan Pulau Diyonumo yakni ‘Rumah Makan Tepi Laut’ yang terletak bersebrangan dengan Pulau Diyonumo. Untuk ke pulau, pemilik rumah makan, menunjukkan sewa kapal berkapasitas 20 orang.

Lokasi: Desa Deme II, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Masjid Walima Emas

Salah satu daya tarik masjid tempat wisata Gorontalo ini adalah bentuk kubahnya yang terinpirasi dari walimah
Masjid Walima Emas. Image via: madiunjasa.com

Simak juga: 11 daerah wisata Bojonegoro

Nuansa Islami begitu kental terasa ketika tiba di tempat ini. Pada bagian samping kiri dan kanan tangga menuju masjid Walima Emas, terdapat balok semen yang bertuliskan nama bulan dalam kalender Islam. Sayup-sayup terdengar bunyi pengajian dari pengeras bunyi masjid membuat suasana semakin syahdu.

Salah satu daya tarik masjid tempat wisata Gorontalo ini ialah bentuk kubahnya yang terinpirasi dari walimah. Bentuk sesajian kudapan manis tradisional yang setiap tahunnya biasa disiapkan oleh warga Gorontalo pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

DI masjid kawasan wisata gorontalo ini terdapat empat kubah kecil yang mengapit satu kubah utama berukuran lebih besar berwarna emas.

Masjid yang dibangun pada 2008 itu mempunyai dua lantai. Lantai kedua biasanya menjadi kawasan favorit alasannya dari sini pengunjung dapat melayangkan pandangan ke maritim lepas. Di bab bawah masjid, pengunjung mampu menyaksikan gugusan rumah dan bahtera nelayan yang berbaris rapi di sepanjang pesisir pantai.

Tempat itu juga mempunyai beberapa spot untuk melaksanakan swafoto. Dengan latar deretan nama bulan dalam penanggalan Hijriah yang berukuran besar yang ada di kiri dan kanan tangga menuju masjid.

Lokasi: Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Wisata Pulau Cinta

Hal menonjol dari pulau tempat wisata Gorontalo ini dibandingkan pulau kecil lain adalah bentuknya. Pulau Cinta ini punya bentuk yang unik yaitu berbentuk love.
Wisata Pulau Cinta. Image via: nativeindonesia.com

Pulau Cinta yang memiliki pesona luar biasa romantis ini terletak di Gorontalo, Sulawesi. Hal menonjol dari pulau daerah wisata Gorontalo ini dibandingkan pulau kecil lain adalah bentuknya. Pulau Cinta ini punya bentuk yang unik ialah berbentuk love.

Pulau cinta awalnya merupakan pulau tak berpenghuni. Dinas Pariwisata Gorontalo mengembangkan pulau cinta menjadi objek wisata. Lokasi ini dilengkapi dengan Eco Resort yang terdiri atas 15 Cottage. Setiap cottage dihubungkan oleh jembatan kayu berbentuk hati mengelilingi pulau cinta.

Tepat di bab seberang dari Pulau Cinta terdapat area hutan rindang. Area hutan tersebut bisa dimanfaatkan untuk acara treking atau jelajah hutan. Untuk pengunjung yang menyukai aktifitas alam, aktifitas trekking ini mampu nih jadi pilihan.

Aktifitas menyenangkan selanjutnya yang bisa dilakukan di pulau tempat wisata Gorontalo ini yaitu menyusuri keidahanan yang dimiliki Pulau Cinta dan sekitarnya. Penyusuran mampu dilakukan dengan bahtera dayung kecil.

Di daerah wisata Gorontalo ini, dengan polusi optik yang sangat rendah, menyaksikan taburan bintang ketika malam hari terasa sangat luar biasa. Di daerah wisata Pulo Cinta Gorontalo, pengunjung bisa banget menyaksikan indahnya langit malam di pulau ini dengan hamparan bintang yang menyinari langit.

Lokasi: kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Desa Wisata Religi Bongo

Tempat wisata Gorontalo ini terkenal akan nilai-nilai tradisi dan budaya Gorontalo.
Desa Wisata Religi Bongo. Image via: travsharing.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Madiun

Desa Wisata Religi Bongo menampilkan keindahan pesisir Teluk Tomini. Tempat wisata Gorontalo ini populer akan nilai-nilai tradisi dan budaya Gorontalo. Ini mendorong daerah wisata Gorontalo ini cocok untuk banyak sekali kalangan.

Desa daerah wisata Gorontalo ini berdampingan dengan bukit karst besar yang biasa disebut Gunung Tidur. “Bongo” yaitu bahasa Gorontalo dari Buah Kelapa. Pegunungan di sekitar desa sering dijadikan objek perkemahan atau pun aktivitas-acara wisata mirip outbound.

Di desa ini juga terdapat lahan perkebunan yang luas, karena sebagian dari masyarakat Desa Wisata Bongo merupakan petani.  Pengunjung tempat wisata Gorontalo ini mampu menyaksikan sekaligus ikut berkebun dengan masyarakat di lahan perkebunan yang terletak di bukit-bukit desa.

Desa ini juga dikenal dengan tradisi bau tanah dalam bentuk upacara Walima yang dilaksanakan setiap Maulid Nabi Muhammad SAW. Mengiringi tradisi tersebut, seluruh masyarakat mengarak kudapan manis Kolombengi ke masjid dan dibagi kepada yang hadir. Pengunjung mampu dengan gampang menemukan replika kudapan manis tersebut yang menjadi hiasan dan ciri khas desa.

Terhampar ratusan fosil-fosil kayu berusia jutaan tahun yang ditata serupa karya instalasi seni, yang dinamakan sebagai museum fosil kayu. Pengunjung bisa melihat langsung ribuan fosil dan menyerap gosip tentang benda ini.

Lokasi: Desa wisata religius bubohu, Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo.

Tiket: –

Jam Buka: 06.30-18.00

  1. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas begitu sampai di Air Terjun tempat wisata Gorontalo ini.
Air Terjun Hiyaliyo Da’a. Image via: rekreasialam.co.id

Bagi kau para penyuka ketenangan, Air Terjun Hiyaliyo Da’a mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Karena memang gerojokan yang satu ini belum banyak terjamah oleh manusia. Yang menarik, sebelum sampai di gerojokan, kamu harus melewati hutan lindung yang cukup lebat.

Eksotisme panorama alamnya yang masih sangat alami, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang menyukai wisata wisata alam bebas. Di sepanjang jalan menuju Air terjun daerah wisata Gorontalo ini pepohonan rimbun. Hal ini mampu menstabilkan detak jantung.

Meskipun saluran jalan belum terlalu memadai, sepanjang perjalanan pengunjung akan menyebrangi dua sungai kecil dan hamparan kebun kopi milik warga setempat. Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas begitu hingga di Air Terjun daerah wisata Gorontalo ini.

Untuk mencapai penderasan ini pengunjung mesti melalui jalan setapak. Air dari penderasan ini sangat sejuk, segar, dan juga jernih alasannya berasal dari pegunungan. Tidak hanya airnya saja, namun alam di sekitar air terjun ini juga sangat memukau, sangat hijau, hening dan hening.

Lokasi: Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo

tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Kurenai

Debur ombak yang lembut di tempat wisata Gorontalo ini berpadu dengan gradasi rona air laut sangat memanjakan mata.
Pantai Kurenai. Image via: rendylhuandhy

Simak juga: 11 daerah wisata Ungaran

Karena Pantai ini merupakan salah satu daerah wisata yang berada di Gorontalo. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih. Pantai ini menjadi salah satu wisata pantai terdekat dari sentra Kota Gorontalo.

Pengunjung yang tiba ke pantai ini dapat melakukan berbagai aktifitas mirip diving, renang, dan menyaksikan keindahan sunset dan Milky Way di malam hari.

Sesungguhnya, suasana Pantai Kurenai sangat asyik. Debur ombak yang lembut di daerah wisata Gorontalo ini berpadu dengan gradasi rona air laut sangat memanjakan mata. Saat gelap tiba, Kurenai mampu menduplikasi suasana Jimbaran atau Seminyak di Bali yang sudah tersohor.

Memancing juga mampu dilakukan di pantai ini mengingat di ujung pantai terdapat dermaga kecil dan spot untuk memancing yang terdapat banyak ikannya. Itu dikarenakan terumbu karang di pantai ini masih terjaga.

Berkemah yaitu aktifitas yang paling asik dilakukan dipantai daerah wisata Gorontalo ini. Hamparan pasir putih yang luas menimbulkan pantai ini layak. Pengunjung mampu memasang hammock di pepohonan yang berada di sekitar pantai.

Lokasi: Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Dunu

Pengunjung tempat wisata GOrontalo ini biasa mandi di pantai. Ada pula yang hanya datang menikmati keindahan pulau-pulau yang terbentang di depan Pantai Dunu.
Pantai Dunu. Image via: bintalahe

Pantai Dunu berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai kawasan wisata Gorontalo ini tidak hanya menjadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara untuk menghabiskan weekend atau pun libur panjang. Masyarakat dari luar Gorontalo Utara juga tiba ke sini.

Pantai dengan ombak yang ramah ini sering dipakai oleh wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama dengan keluarga, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba.

Pengunjung kawasan wisata GOrontalo ini biasa mandi di pantai. Ada pula yang hanya datang menikmati keindahan pulau-pulau yang terbentang di depan Pantai Dunu. Ditambah, bila matahari mulai beranjak turun, suasana alam di sekitar Pantai Dunu semakin mempesona.

Pantai Dunu yang mempunyai sejuta keindahan ini sudah seharusnya dikembangkan untuk menjadi salah satu icon pariwisata di Gorontalo bab utara. Jika dikelola dengan baik, daerah wisata yang satu ini mampu memperlihatkan income terhadap pendapatan kawasan.

Lokasi: Gorontalo Utara, Gorontalo

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Taludaa

Dengan ketinggian yang mencapai 42 meter, Taludaa menjadi suatu fenomena alam yang diminati pengunjung.
Air Terjun Taludaa. Image via: jalanwisata.id

Simak juga: 11 daerah wisata Bangka

Air Terjun Taludaa terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Dengan ketinggian yang mencapai 42 meter, Taludaa menjadi suatu fenomena alam yang diminati pengunjung. Bukan hanya tingginya, habitat flora dan fauna yang ada di sekitar air terjun juga masih asri.

Selain itu, kelestarian Air Terjun Taludaa juga tidak mampu di pandang sebelah mata. Air terjun itu pun boleh dibilang masih “perawan”. Air terjun ini mempunyai air yang segar dan higienis langsung dari pegunungan. Para pengunjung mampu menikmati sensasi air terjun tersebut saat pagi maupun sore hari.

Karena berada di tempat agrowisata, maka selain air terjun, pengunjung kawasan wisata Gorontalo ini juga bisa menjumpai banyak pohon-pohon buah-buahan.

Udara di sekitar riam daerah wisata gorontalo ini sangat higienis, bebas dari polusi. Karena itu, meskipun masih harus berjalan 2 kilometer ke Air Terjun Taludaa, namun keindahan kawasan ini menciptakan pesona petualangan yang tak terlupa.

Lokasi: Taludaa, Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Danau Limboto

Para pengujung tempat wisata GOrontalo ini dapat menikmati berbagai kegiatan. Antara lain, memancing, lomba berperahu, atau berenang
Danau Limboto. Image via: sarofudin

Danau Limboto merupakan sebuah danau di Provinsi Gorontalo. Danau ini mempunyai kedalaman antara 5 hingga 8 meter. Luas Danau Limboto pada tahun 1999 berkisar antara 1.900-3.000 ha.

Para pengujung tempat wisata GOrontalo ini mampu menikmati aneka macam aktivitas. Antara lain, memancing, lomba berperahu, atau berenang. Selain itu, pengunjung juga mampu menikmati ikan bakar segar yang disediakan oleh mayarakat nelayan setempat dengan harga yang relatif murah.

Keindahan Danau Limboto semakin bertambah ketika isu terkini bunga datang. Karena tanaman-flora air yang hidup di danau ini akan berbunga serta menebarkan busuk bacin. Jika tanaman-tumbuhan tersebut merekah secara bersamaan, biasanya sebagian permukaan danau ini akan penuh dengan bunga yang menambah keindahan Danau Limboto.

Jika sore hari tiba, banyak warga berkumpul di pinggir danau kawasan wisata GOrontalo ini untuk menikmati sunset memesona. Dengan nuansa sunyi dan tenang, kau mampu melepaskan penat dipikiran dengan bersantai di sini.

Lokasi: Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo

Tiket:-

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Taman Laut Olele

Di perairan tempat wisata Gorontalo ini ada bunga karang besar bernama Salvador Dali Sponge.
Taman Laut Olele. Image via: pesona.travel

Simak juga: 11 tempat wisata Magetan

Di Gorontalo, saat menyebut Olele, setiap orang akan menyampaikan perihal keindahan bawah lautnya. Olele yakni nama sebuah desa. Letaknya di kawasan pesisir selatan Teluk Tomini. Jarak Olele dari Kota Gorontalo sekitar 30 menit hingga satu jam.

Di perairan kawasan wisata Gorontalo ini ada bunga karang besar bernama Salvador Dali Sponge. Nama ini terinspirasi dari pelukis pedoman surealis asal Spanyol, dengan nama yang sama, Salvador Dali. Bunga karang itu disebut-sebut mirip ulir lukisan Salvador Dali, yang menjadi daya tarik penyelam.

Karang yang warna-warni dengan bentuk bermacam-macam menyambut siapapun yang menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele. Di kedalaman dua meter, hamparan koral terlihat terang. Perairan daerah wisata gorontalo ini hening, alasannya adalah berada Teluk Tomini. Kaprikornus kondusif untuk menyelam hingga dasar atau snorkeling.

Di taman laut ini banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda. Spot itu yaitu Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive. Dan yang menjadi favorit para penyelam yaitu Jinn Cave. Di taman maritim ini terdapat sponge coral endemik yang tidak ditemukan di perairan manapun.

Lokasi: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Tiket:-

Jam Buka: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni