11 Kawasan Wisata Jombang, Menengok Tanah Kelahiran Nahdiyin

Ada banyak pilihan kawasan wisata jombang yang bisa dikunjungi. Di tanah yang menjadi inkubator kelahiran NU ini, hampir semua jenis daerah wisata ada. Kecuali pantai tentunya, alasannya tempatnya memang di tengah-tengah Jawa Timur.

Ada banyak pilihan tempat wisata jombang yang bisa dikunjungi. Di tanah yang menjadi inkubator kelahiran NU ini, hampir semua jenis tempat wisata ada
Tempat Wisata Jombang. Image via: sarofudin

Sekilas Soal Jombang

Kabupaten Jombang ialah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Jombang juga dikenal dengan sebutan Kota Santri, alasannya adalah banyaknya pesantren di wilayahnya. Bahkan ada pameo yang menyampaikan Jombang yakni pusat pondok pesantren di tanah Jawa.

Pameo ini muncul alasannya adalah hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah mencar ilmu di Jombang. Di antara pondok pesantren yang populer yakni Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan Darul Ulum.

Konon, kata Jombang merupakan kependekan dari kata berbahasa Jawa adalah ijo dan kakak. Ijo mewakili kaum santri dan kakak mewakili kaum abangan. Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan, dan serasi di Kabupaten Jombang.

Kabupaten Jombang memiliki posisi yang sangat strategis, karena berada di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa (Jogjakarta-Surabaya-Bali). Selain itu, Kabupaten Jombang juga merupakan persimpangan jalur menuju Kediri, Malang, serta  pantura.

Unutk bandara, jombang bisa dicapai melalalui Bandara Internasional Juanda. Kabupaten Jombang juga dihubungkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa dengan menggunakan jalur kereta api. Stasiun Jombang merupakan stasiun utama,

11 Tempat Wisata Jombang

  1. Kedung Cinet

Karena memiliki keindahan yang bisa dibilang sangat eksotis, tempat wisata Jombang ini diburu oleh para fotografer untuk diabadikan lensa kamera
Kedung Cinet. Image via: wisataexpo.com

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk berburu spot foto Grand Canyon. Cukup mendatangi Kedung Cinet, maka sudah mampu menemukan pesona keindahan Grand Canyon Mini yang alami ala Jombang. Lokasi daerah wisata jombang ini jauh dari jalan raya, jadi sepi dan nyaman.

Keindahan Kedung Cinet ini terselubung di balik lebatnya hutan. Pengunjung tempat wisata Jombang ini perlu menyusuri jarak tempuh sekitar 10 kilometer untuk menjangkaunya. Sepanjang perjalanan pengunjung dihibur oleh hijaunya hutan jati, sawah dan perkebunan milik penduduk.

Karena mempunyai keindahan yang bisa dibilang sangat eksotis, tempat wisata Jombang ini diburu oleh para fotografer untuk diabadikan lensa kamera. Memang benar, keindahan yang ditawarkan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Kelokan bebatuan, rerimbunan peohonan, serta birunya air turut menyumbang keindahan dari Kedung Cinet ini. Kondisi alamnya sangat alami, cocok sekali dikunjungi untuk melepas penatnya isi kepala.

Pada era Lalu, kawasan wisata Jombang ini konon merupakan sungai yang menjadi tempat pemandian oleh penghuni kerajaan di zaman kerajaan Mojopahit. Kondisi airnya jernih, serta banyak panorama alam sekitar yang sangat menawan. Banyak pepohonan yang rindang lezat banget dipandang, sangat memanjakan mata tentunya.

Lokasi: Pojok Klitih, Plandaan, Tanggungan, Klitih, Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 07.00-16.00

  1. Kampoeng Djawi

Selain kental dengan properti Jawa, tempat wisata Jombang ini berbagai jenis tanaman yang ada memberikan kesan teduh dan sejuk
Kampoeng Djawi . Image via: gpswisataindonesia

Kali pertama masuk ke Kampoeng Djawi, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang Jawa banget. Properti yang digunakan sengaja didatangkan pribadi dari Lamongan, Pasuruan, Jombang, Kediri, dan beberapa daerah lain bekas kerajaan Mojopahit.

Selain kental dengan properti Jawa, daerah wisata Jombang ini banyak sekali jenis flora yang ada memperlihatkan kesan teduh dan sejuk. Tersedia juga fasilitas  bak renang  dengan latar belakang pemandangan sawah dan hutan begitu indah.

Puas berkeliling, namun ingin merasakan sensasi menikmati alam lebih lama, pengunjung mampu bermalam. Ada sembilan rumah joglo, masing-masing berisi empat kamar yang ditawarkan. Perorang dikenakan biaya 330 ribu rupiah termasuk makan tiga kali dan bebas menggunakan seluruh akomodasi.

Selain akomodasi penginapan, ternyata daerah wisaja Jombang Kampoeng Djawi ini juga biasa dipakai untuk outbound.

Kampoeng Djawi menjadi bagian dari kenduri durian. Biasanya, sehari sebelum kenduri durian digelar, di Kampoeng Djawi ada konser musik jazz di amphitheatre yang menghadirkan musisi jazz lokal dan artis ibu kota.

Lokasi: Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: 50.000

Jam Buka: 09.00-16.00

  1. Air Terjun Tretes

Setiba di tempat wisata Jombang ini, pengunjung disambut dengan sejuknya angin yang berhembus dari tumpahan air terjun
Air terjun Tretes. Image via: lensaindonesia.com

Simak juga: 11 daerah wisata Pemalang

Air Terjun Tretes merupakan penderasan tertinggi di Jawa Timur dan sangat indah dengan dua aliran jeram sekaligus yang mengalir ke bawah.  Air terjun ini mempunyai ketinggian 158 meter, terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air bahari dan merupakan hulu sungai Sumber Watu Bonakah.

Air terjun ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro (2277 m). Kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya.

Setiba di tempat wisata Jombang ini, pengunjung disambut dengan sejuknya angin yang berhembus dari tumpahan gerojokan. Makin akrab ke teladas, udara dan angin sepoi-sepoi makin terasa meyapa kulit. Meski cuaca panas, di area riam Tretes masih tetap sejuk.

Kesejukan itu, selain dari hembusan angin air terjun, juga alasannya matahari tertutup rapatnya hutan dan tingginya tebing yang menjulang. Di daerah wisata Jombang ini, pengunjung biasanya berendam ke bak. Atau pengunjung bisa berswafoto.

Lokasi: Wilayah TAHURA R. Soerjo, Area Sawah/Kebun, Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket:

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Taman Ponggok

Tempat wisata Jombang ini cocok dimanfaatkan lokasi berfoto dan berselfie ria.
Taman Ponggok. Image via: warungwisata.com

Taman Ponggok Banjarsari memperlihatkan jenis bunga marigold atau bunga gumitir dengan warna kuning-orange. Bunga bunga di wisata taman Jombang di tata sedemikian rupa hingga menjadi spot kece. Tempat wisata Jombang ini cocok dimanfaatkan lokasi berfoto dan berselfie ria.

Walaupun lokasi taman Ponggok perak cukup terik karena tak ada pepohonan rindang, hal itu tak menyurutkan niat pengunjung melakukan hunting foto. Taman Ponggok Bandar Kedungmulyo, sangat cocok sebagai tujuan wisata liburan semua kalangan.

Di lokasi tempat wisata jombang ini, pengunjung mampu berjalan-jalan mengelilingi area taman dan melihat keindahan bunga-bunga. Berbagai bunga warna-warni elok, tertata dengan rapi sedemikian rupa, agar yummy dipandang mata. Panorama hijau area sawah akan menjadi latar belakang sempurna.

Tempat wisata Jombang, taman bunga Ponggok, mempunyai luas area sekitar 5 hektar. Tidak hanya menampilkan bunga-bunga bermekaran saja, namun juga terdapat tower setinggi 3 meter memudahkan pengunjung lebih menikmati keindahan taman dari atas dan berfoto atau selfie ria.

Berada di wisata taman Ponggok cukup membuat nyaman. Pengunjung bisa mencicipi suasana khas pedesaan, sangat tradisional dan alami. Aktivitas favorit para pengunjung ketika berada di lokasi wisata ialah berselfie ria.

Lokasi: Banjar Sari, Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 07.00-19.00

  1. Banyumili Eco Tourism

Mengusung tema ekowisata, tempat wisata Jombang, Banyumili dibangun di tengah perkebunan kakao rimbun untuk menimbulkan kesan alami
Banyumili Eco Tourism. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: 11 daerah wisata Bojonegoro

Banyumili Eco  berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Jombang.  Area sempurna wisata Jombang ini sudah tidak mengecewakan populer di Jombang. Selain itu, udara daerah Wonosalam yang sejuk juga menimbulkan kawasan ini cepat dikenal oleh masyarakat dan dijadikan wisata favorit.

Banyu Mili ini memiliki daerah yang luas, terdapat beberapa bagian taman dan warung warung. Selain itu, fatwa sungai yang ada di bawah lokasi tentunya bikin pengunjung pensaran dan pengen nyobain juga explore sungainya.

Mengusung tema ekowisata, kawasan wisata Jombang, Banyumili dibangun di tengah perkebunan kakao rimbun untuk mengakibatkan kesan alami. Pohon kakao tidak semuanya ditebang. Sebagian dibiarkan tumbuh di sekitar kanal, sementara sebagian lainnya difungsikan sebagai kanopi dan sekaligus menambah keindahan daerah sekitar.

Ada dua rumah hobbit di taman ini. Satu rumah hobbit yang agak sedikit lebih besar dan satu lainnya lebih sederhana. Ukuran keduanya dibentuk lebih kecil dari tinggi insan normal biar makin seperti dengan Hobbit Hole yang memang mempunyai ukuran  skala belum dewasa. Jadi, Liang Hobbit ini mirip rumah kecil yang begitu imut, dan menjadi kegemaran bawah umur dan spot foto favorit pengunjung.

Lokasi: Carangwulung, Wonosalam, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Goa Sigolo Golo

Tempat wisata jombang ini cukup populer di kalangan warga Jombang dan sekitarnya. Hal itu karena memiliki pemandangan indah dan cerita mistis yang menaunginya.
Goa Sigolo Golo. Image via: wisatapro.com

Nama Goa Sigolo-golo memang tidak sepopuler Goa Gong di Pacitan atau Goa Maharani di Lamongan. Tempat wisata jombang ini cukup terkenal di kalangan warga Jombang dan sekitarnya. Hal itu karena memiliki pemandangan indah dan kisah mistis yang menaunginya.

Goa kawasan wisata Jombang ini tidak seperti umumnya goa, yang dikunjungi alasannya adalah keindahan Bagian dalam goa. Kebanyakan pengunjung yang tiba ke goa Dogolo-golo mengincar pemandangan alam sekitarnya ketimbang masuk ke dalam. Termasuk juga para muda-mudi yang menikmati kebersamaan sambil memandang hijaunya alam.

Pemandangan indah di kawasan ini, bukan lorong-lorong goa penuh formasi batuan berwarna-warni atau sungai bawah tanah. Justru pemandangan alam yang terlihat dari depan verbal objek wisata Jombang ini yang memebuat lokasi ini terkenal.

Kebnayakan pengunjung yang tiba memilih untuk menghabiskan waktu di luarnya untuk menikmati keindahan alam di sana dan sesekali memfotonya. Kalau mau masuk ke dalam goa juga mampu. Ukuran objek wisata Jombang ini tidak terlalu besar dan hanya berupa lorong yang tidak terlalu dalam.

Ketimbang keindahannya, goa daerah wisata Jombang ini malah lebih tenar dengan cerita mistis yang menaunginya.

Lokasi: Segolo-golo Eco Park, Area Sawah/Kebun, Dusun Kraten, Panglungan, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: –

jam Buka: 08.30-17.00

  1. Wana Wisata Sumber Biru

 

Yang menjadi poin plus dari tempat wisata Jombang satu ini, adalahdesain tempat yang sangat unik. Di sini pengelola mendesain meja dan kursi di tengah sungai
Wana Wisata Sumber Biru. Image via: phinemo.com

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Yang menjadi poin plus dari tempat wisata Jombang satu ini, adalah desain daerah yang sangat unik. Di sini pengelola mendesain meja dan kursi di tengah sungai sehingga pengunjung mampu merasakan makan di atas sungai yang masih jernih.

Bukan hanya itu saja, jembatan pun dihias dengan warna-warni cat sehingga elok dikala diabadikan. Apalagi saat siang hari atau ketika matahari sedang cerah-cerahnya.

Jangan takut kehabisan momen instagenik di tempat wisata jombang ini, bahkan dikala malam hari. Ada hiasan bagus lampu yang disiapkan untuk pengunjung  yang tiba ketika malam menjelang. Suasananya amat romantis, apalagi ditambah dengan udara yang sejuk dan air yang jernih khas destinasi ini.

Selain destinasi instagenik, di sini pengunjung juga bisa mampir ke daerah sejarah Tapak Seno yang merupakan jejak kaki tokoh pewayangan bernama Seno. Lokasinya masih dalam lokasi wisata Sumber Biru dan menjadi satu paket wisata.

Untuk yang takut basah-basahan jangan khawatir, karena ada banyak spot menarik lainnya yang ada di sekitar Wana Wisata Sumber Biru. Seperti kebun yang juga telah disiapkan oleh pengelola.

Lokasi:  Dsn Wonotirto, Ds, Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka:08.00-20.00

  1. Bale Tani Jombang

banyak area keren yang bagus dijadikan latar belakang berfoto di tempat wisata Jombang ini
Bale Tani Jombang. Image via: wartawisata.id

Bale tani menyajikan konsep lain berwisata sekaligus mencar ilmu pertanian. Selain tempatnya yang asri, banyak area keren yang bagus dijadikan latar belakang berfoto di kawasan wisata Jombang ini. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari kalangan milenial.

Sebagai wisata edukasi, pengunjung tempat wisata Jombang ini akan menikmati bermacam-macam hasil pertanian dari aneka macam teknik. Ada teknik holtikultura, bertani di sawah, budidaya ikan air tawar hingga peternakan. Konsep agrowisata yang unik ini membuat pengunjung datang dari banyak sekali rentang usia.

Sebelum menjadi agrowisata seperti ini, bale tani merupakan sebuah pusat training pertanian. Sebetulnya tak hanya pertanian, tapi juga kebun, peternakan dan penggilingan beras. Berbagai sentra pembinaan tersebut dimulai semenjak tahun 2006.

Layaknya agrowisata pada umumnya, ada banyak tanaman di sini. Jenis tanamannya mulai dari tanaman buah sampai tanaman hias. Di antara tanaman-flora tersebut disediakan tempat untuk menikmati keasrian atau sekedar berkumpul.

Yang menarik dari bale tani adalah tunjangan nama untuk kawasan-tempat di sana. Setiap tempat diberi nama bale, yang berarti balai atau kawasan pertemuan. Setiap bale memiliki keunikan tersendiri yang bisa dipilih pengunjung sesuai kebutuhan.

Lokasi: Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-16.00. Jumat Tutup

  1. Taman Keplaksari

Di taman tempat wisata Jombang ini tersedia aneka spot seperti, rumah-rumahan teletubies, danau buatan, patung kreatifitas dari bahan bekas dan masih banyak lainya.
Taman Keplaksari. Image via: hargatiketwisatakita.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Ungaran

Taman Keplaksari atau taman Kebon Ratu merupakan taman kota yang berada di Jombang yang tempatnya tidak jauh dari terminal Jombang.

Bisa dikatakan, daerah wisata Jombang satu ini yakni obyek wisata pendidikan. Sekaligus bisa menjadi daerah rekreasi paling tepat untuk liburan keluarga atau bersama sobat-sobat. Di dalamnya terdapat puluhan patung hewan dengan ukuran asli sesuai besarnya badan satwa tersebut. Beberapa diantaranya yaitu patung gajah, jerapah, harimau, kuda dan sebagainya.

Selain adanya patung-patung unik yang terbuat dari materi bekas, di taman keplaksari juga ada danau buatan. Danau ini tidak terlalu besar dan di tengahnya ada air mancur. Di dalam danau juga ada berbagai ikan mas.

Pengunjung taman tempat wisata jombang ini bisa memberi makan ikan eksklusif dengan pakan yang bisa diperoleh dari pengelola taman Keplaksari.

Soal spot foto kekinian, taman keplaksari menyediakan berbagai spot foto. Di taman tempat wisata Jombang ini tersedia aneka spot mirip, rumah-rumahan teletubies, danau buatan, patung kreatifitas dari materi bekas dan masih banyak lainya.

Tempatnya yang sejuk di tengah perkotaan menjadi tujuan faforit masyarakat setempat, sekedar bermain bersama keluarga, atau sahabat atau mungkin juga bisa mengajak pasangan anda karna keplaksari tempatnya sangat cocok untuk bersantai.

Lokasi: Keplaksari, Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tiket:-

jam Buka: 24 Jam

  1. Goa Jepang

Di tempat wisata Jombang ini, pengunjung bisa bersantai di tengah hutan jati sembari menikmati panorama hijau nan elok dan jurang yang curam.
Goa Jepang. Image via: faktualnews.co

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Meski tergolong baru dikembangkan, Wana wisata alam Goa Jepang, yang berlokasi di Alas (Hutan) Gedangan sudah memperoleh popularitasnya. Tempat wisata jombang ini menjadi pilihan alternatif lokasi jujugan wisatawan domestik.

Di kawasan wisata Jombang ini, pengunjung bisa bersantai di tengah hutan jati sembari menikmati panorama hijau nan manis dan jurang yang curam. Sebelum ke lokasi goa, tepatnya di bibir tebing bukit, juga terdapat beberapa lokasi buatan berbentuk bunga matahari, lingkaran, love. Semua spot itu terbuat dari papan kayu.

Di lokasi buatan ini, banyak pengunjung berburu untuk berfoto selfie atau tolong-menolong. Bahkan, lokasi ini juga menarik pecinta dan pekerja fotografi untuk dijadikan spot foto pre-wedding.

Sementara untuk ke lokasi Goa Jepang sendiri, pengunjung tempat wisata Jombnag ini harus menyusuri kemiringan tebung yang cukup curam. Dari lokasi spot foto ke goa, berjarak sekitar 50 meter dengan kecuraman sekitar 45 derajat.

Goa itu sendiri belum terpetakan sepenuhnya. Menurut pengelola, ada kemungkinan go aitu jauh lebih besar dari yang sudah diketahui saat ini. Pada abad lalu goa itu berfungsi untuk menyimpak logistik pertempuran.

Lokasi: Kedunglumpang, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur

Tiket: 2.000

Jam Buka: 07.30-17.00

  1. Candi Rimbi

Candi Arimbi memang memiliki pemandangan yang indah. Sehingga banyak menarik pengunjung untuk datang ke tempat wisata Jombang ini.
Candi Rimbi. Image via: publiksatu.com

Berada di kaki Gunung Anjasmoro, Candi Arimbi memang mempunyai pemandangan yang indah. Keindahan itu menarik pengunjung untuk tiba ke kawasan wisata Jombang ini. Lokasinya yang tepat berada di tepi jalan raya, sangat mudah diakses oleh pengunjung.

Nama Candi Arimbi sendiri sebagai nama salah satu tokoh pewayangan Mahabarata adalah Dewi Arimbi. Istri dari sodara ke-2 Pandawa, Bima Sena atau Werkodoro. Konon Dewi Arimbi yang merupakan adik dari Raja Raksasa Prabu Arimbo ini dimakamkan di salah satu kawasan di  dusun tersebut.

Candi Rimbi menghadap ke arah barat. Kondisinya dikala ini telah runtuh, tinggal menyisakan bab kaki candi dan separuh tubuh candi. Atap candi telah hilang sama sekali. Bangunan yang masih ada kini memiliki ukuran panjang 13.24 m, lebar 9.10 m, dan tinggi 12 meter.

Saat ditemukan, di tempat wisata Jombang ini ditemukan pula beberapa arca bercorak Hindu seperti arca Dewi Parwati. Arca-arca tersebut kini disimpan di Museum Nasional dan Museum Trowulan. Keberadaan arca Dewi Parwati tersebut diduga merupakan perwujudan Tribhuwana Tunggadewi, Ratu Majapahit yang memerintah pada 1328 – 1350 M.

Lokasi: Ngrimbi, Bareng, Jombang, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 08.00-16.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni