11 Kawasan Wisata Kupang, Keindahan Kota Terbesar Di Pulau Timor

Kota ini menyimpan banyak pesona kawasan wisata Kupang. Khususnya bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan wisata Laut dan pantai. Selain itu ada juga beberapa air terjun yang fenomenal dengan bentuknya yang unik berjenjang.

Kota ini menyimpan banyak pesona tempat wisata Kupang. Khususnya bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan wisata Laut dan pantai.
Tempat Wisata Kupang. Image via: wikipedia.org

Sekilas Soal Kupang

Kota Kupang ialah sebuah kotamadya di Nusa Tenggara Timur. Kota yang terbesar di Pulau Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bab barat bahari pulau Timor. Suku yang signifikan jumlahnya di “Kota Kupang” adalah suku Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan sebagian kecil pendatang dari Bugis dan Jawa.

Tari Perang, merupakan tarian khas Kupang. Tari inimenunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag digunakan berupa cambuk dan perisai.

Kota Kupang mempunyai iklim yang tropis, dan terdapat curah hujan sepanjang tahun di Kupang. Bahkan di bulan kering masih banyak curah hujan. Bahasa daerah Kupang adalah bahasa melayu pasar, yang biasa dipakai di wilayah kota Kupang, Kabupaten Kupang dan sekitarnya.

Semua penerbangan pesawat akan mendarat di Bandara El Tari ( KOE ). Ada banyak pilihan maskapai yang melayani penerbangan ke Kupang. Untuk yang memakai jalur maritim, semua perjalanan ke Kupang dengan menggunakan kapal maritim akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Tenau Kupang.

11 Tempat Wisata Kupang

  1. Pantai Lasiana

Bila datang di pantai tempat wisata Kupang ini, pengunjung bisa menyaksikan di sepanjang pinggir pantai banyak terdapat pohon tinggi yang makin mempercantik pemandangan Pantai Lasiana
Pantai Lasiana. Image via: 17sekians.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Situbondo

Pantai Lasiana ramai di kunjungi para wisatawan dan wisatawan ajaib. Pantai daerah wisata Kupang ini akan dijadikan sebagai tempat taman budaya Flobamora. Flobamora yaitu sebutan yang mengacu pada keseluruhan suku bangsa di bersahabat Pantai Lasiana yakni Flores, Sumba, Timor dan Alor.

Di Pantai Lasiana banyak di jumpai Lopo-lopo bangunan khas timor yang beratap alang-alang atau ilalang. di Pantai Lasiana anda cocok untuk melaksanakan banyak sekali program mirip memancing, berenang, berselancar, bermain sepak bola, karaoke dan berjemur.

Pantai ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Pada bagian barat pantai terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana. Di atas lahan pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa dan juga tanaman lontar.

Bila datang di pantai tempat wisata Kupang ini, pengunjung bisa menyaksikan di sepanjang pinggir pantai banyak terdapat pohon tinggi yang makin mempercantik pemandangan Pantai Lasiana. Keindahan lainnya yang terdapat di Pantai Lasiana ini yaitu mampu melihat Sunrise dan sunset.

Lokasi: Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, NTT

Tiket: 5.000

Jam Buka:  24 Jam

  1. Pantai Batu Nona Kupang

Pada salah satu bagian pantai indah tempat wisata Kupang ini terdapat banyak pohon Lontar yang menambah keindahan pantai ini.
Pantai Batu Nona Kupang. Image via: m.tribunnews.com

Pantai Batu Nona yaitu salah satu pantai yang menjadi salah satu pilihan warga Kota Kupang untuk menghilangkan kepenatan. Pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir putih nan halus dan batu karang menghiasi bibir pantai.

Pada salah satu bab pantai indah tempat wisata Kupang ini terdapat banyak pohon Lontar yang menambah keindahan pantai ini. Di pantai ini setidaknya terdapat tiga kawasan kolam renang sesuai dengan kemampuan berenang pengunjung.

Menurut dongeng lokal, alasan penamaan pantai ini dengan batu nona, yaitu dahulu ada seorang perempuan melompat dari salah satu kerikil karang alasannya frustasi di putuskan pacarnya. Saat melompat si wanita menjelma watu yang berada persis dipinggir pantai, sayangnya kerikil ini sudah terkikis ombak.

Di pantai ini sudah ada rumah makan. Di kawasan wisata Kupang ini juga tersedia penginapan dengan harga terjangkau. Pantai ini juga memberikan sunset yang indah. Untuk menikmati keindahan Pantai Batu Nona, disarankan datang ke lokasi ketika sore hari. Selain cuaca yang teduh, juga dapat menikmati keindahan matahari tenggelam dari ufuk barat dari atas watu karang di pantai

Lokasi: Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT

Tiket: 23.000

jam Buka: 08.00-23.00

  1. Pantai Nunsui

Tempat wisata Kupang, Pantai Nunsui  adalah sebuah Pantai yang lokasinya berdekatan dengan dua obyek wisata pantai lainnya yaitu Pantai Laisana dan Pantai Manikin.
Pantai Nunsui. Image via: kbr.id

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Tempat wisata Kupang, Pantai Nunsui  ialah sebuah Pantai yang lokasinya berdekatan dengan dua obyek wisata pantai lainnya yakni Pantai Laisana dan Pantai Manikin. Tidaklah sulit menemukan pantai Nunsui ini. Dari sentra kota Kupang hanya membutuhan waktu sekitar 20 menit .

Pada waktu menunggu sunset, para pengunjung bisa menikmati sejuknya udara di pantai sambil duduk-duduk di tanggul kerikil yang memang disediakan untuk memanjakan wisatawan. Sedangkan bagi yang hobi memancing, tanggul ini sering dijadikan kawasan untuk pemancing.

Di sepanjang pantai daerah wisata Kupang ini pengunjung juga mampu melihat kegiatan penduduk kota Kupang yang sedang menikmati pantai ini. Ada yang  sedang bermain bola, mencari ikan pada waktu air bahari surut atau pun datang ke pantai ini hanya untuk bermain.

Apabila sudah lelah bermain, berenang dan menikmati keindahan Pantai Nunsui pengunjung bisa berjemur sambil menikmati jajanan yang ditawarkan pedagang yang berada di sekitar pantai. Makanan itu berupa  mirip  jagung bakar, pisang epe ataupun menikmati segarnya es kelapa muda.

Lokasi: Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT

Tiket: 5.000

jam Buka: 24 jam

  1. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu merupakan tempat wisata Kupang paling favorit. Air terjun ini yang dikelilingi oleh rerimbunan berbagai jenis pohon menjadi pilihan cocok untuk menghalau rasa gerah
Air Terjun Oenesu. Image via: backpackerjakarta.com

Banyak yang beranggapan juga kalau Air Terjun Oenesu merupakan kawasan wisata Kupang paling favorit. Air terjun ini yang dikelilingi oleh rerimbunan aneka macam jenis pohon menjadi pilihan cocok untuk menghalau rasa gerah dengan panasnya cuaca Kota Kupang pada animo kemarau.

Keunikan dari gerojokan tempat wisata kupang ini yakni dengan adanya sebuah tingkatan. Ini membedakan dengan jeram lainnya yang ada di Indonesia. Dari setiap tingkatan atau lapisan yang ada, terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah.

Air yang mengalir di dalam daerah wisata alam ini pun banyak mengandung kapur. Saat isu terkini hujan, volume air yang ada di Air Terjun Oenesu sendiri sangat berlimpah. Walaupun begitu, kondisi air yang ada di daerah ini pun tetap jernih.

Dengan keindahan alamnya yang dimiliki, orang yang memilki hobi fotgrafi tentunya bisa memanfaatkan kondisi alam yang ada di penderasan kawasan wisata kupang ini untuk menerima hasil gambar yang memuaskan.

Banyak spot-spot indah yang memiliki karakteristik alam yang cukup mengesankan apabila lo bisa menemkan momen-momen tersebut.

Lokasi: Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT

tiket: 2.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Tesbatan

Pengunjung tempat wisata Kupang berupa Air terjun ini bisa menikmati kolam pemandian alami nan indah di sini. Aliran air terjun berkumpul hingga membentuk kolam yang cukup dalam, sekitar satu setengah meter.
Air Terjun Tesbatan. Image via: awalnya

Simak juga: 11 daerah wisata Kendari

Destinasi wisata kebanggaan masyarakat Amarasi ini mempunyai ketinggian sekitar tujuh meter. Air segar mengalir turun melalui bebatuan tinggi, ciptakan pemandangan menakjubkan. Semilir angin di sekitar sini bakal menyentuh lembut Teman Traveler.

Pengunjung tempat wisata Kupang berupa Air terjun ini mampu menikmati bak pemandian alami nan indah di sini. Aliran gerojokan berkumpul hingga membentuk bak yang cukup dalam, sekitar satu setengah meter.

Soal kebersihan dan kejernihan, destinasi daerah wisata Kupang ini benar-benar tak perlu diragukan. Lokasinya berada di tengah hutan, dengan sumber air berasal dari pegunungan sehingga terlihat sangat jernih. Ketika terkena pantulan sinar matahari, warnanya terlihat hijau kebiruan.

Lokasi penderasan ini sangat strategis sebab dikelilingi pepohonan rindang. Hal ini membuat suasana sekitarnya terasa makin asri dan sejuk. Teman Traveler mampu bermain air sepuasnya sambil ditemani kicauan burung, tanpa perlu khawatir bakal terganggu teriknya sinar matahari.

Lokasi: Kecamatan Amarasi, Kupang, NTT.

Tiket: 5.000

Jam BUka: 24 Jam

  1. Bukit Cinta

karena tempat wisata Kupang ini sering dijadikan sebagai tempat memadu kasih para pemuda dan pemudi Kupang.
Bukit Cinta. Image via: telusuri.id

Hamparan bukit dengan luas sekitar belasan hektar tersebut dinamakan Bukit Cinta. Penamaan ini alasannya tempat wisata Kupang ini sering dijadikan sebagai daerah memadu kasih para cowok dan pemudi Kupang.

Setiap menjelang sore hari, bukit ini tak pernah terlihat sepi. Selalu saja dipenuhi oleh sekelompok anak muda yang terlihat memanfaatkan bukit ini sebagai area untuk sekedar berkumpul, bercengkerama dan berfoto-foto ria.

Bukit Cinta Kupang menawarkan pesona keindahan tersendiri dengan hamparan padang rumputnya kolam permadani yang berwarna hijau segar ketika trend penghujan datang. Gundukan perbukitannya juga mampu dimanfaatkan sebagai trek jogging bagi yang ingin berolah raga kalem di pagi/sore hari.

Lanksap di sekitar daerah wisata Kupang Bukit Cinta, sangat cantik apabila diabadikan oleh para pecinta fotografi. Terdapat gua-gua peninggalan periode perang yang konon katanya dipakai sebagai tempat persembunyian penjajah Jepang pada saat Perang Dunia ke-2. Gua tersebut juga terhubung eksklusif dengan salah satu gua yang berada di erat Pantai Lasiana.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Tim.

tiket: –

jam Buka: 24 jam

  1. Taman Nostalgia

Taman tempat wisata Kupang ini dihiasi oleh pepohonan dan tanaman rindang di setiap sudutnya. Seperti tanaman Bunga Bougenvile dan Flamboyan,
Taman Nostalgia. Image via: heikaku.com

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Taman Nostalgia memiliki luas area sekitar 500 m2. Taman daerah wisata Kupang ini dihiasi oleh pepohonan dan tanaman rindang di setiap sudutnya. Seperti flora Bunga Bougenvile dan Flamboyan, yang semakin menambah kesan sejuk dan asri di taman ini.

Taman Nostalgia Kupang awalnya dibangun  sebagai daerah untuk meletakkan Monumen Gong Perdamaian Nusantara (GPN) Kota Kupang.  Adanya monumen perdamaian tersebut, menjadi ciri khas tersendiri sebagai taman kota dan juga daya tarik bagi para wisatawan di luar Kota Kupang untuk mengunjungi Taman Nostalgia.

Tak hanya itu saja yang unik, di taman kota ini juga terdapat Paguyuban Pedagang Kuliner Taman Nostalgia. Dimana terdapat belasan lapak masakan yang buka dari sore sampai malam hari. Beragam makanan mirip bakso goreng, siomay, mie ayam dan jenis masakan lainnya pun tersedia di lapak kuliner tempat wisata kupang ini.

Keberadaan Taman Nasional ternyata juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai area favorit untuk sekedar bertemu, berkumpul atau bercengkerama bersama. Terlebih lagi di sore hari, area taman pun terlihat ramai dikunjungi oleh para muda-mudi Kota Kupang yang menghabiskan waktu sambil berfoto-foto ria dan juga berwisata masakan di sekitar area taman.

Lokasi: Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT

Tiket:-

Jam Buka: 24 jam

  1. Taman Rekreasi Gua Monyet

Monyet-monyet yang berkeliaran di kawasan tempat wisata Kupang Gua Monyet merupakan pemandangan keseharian bagi pengguna jalan menuju Pelabuhan Tenau-Kupang.
Taman Rekreasi Gua Monyet. Image via: travel.detik.com

Taman wisata gua simpanse ini merupakan satu dari taman wisata dengan keunikan binatang simpanse yang cukup jinak. Monyet-kera yang berkeliaran di daerah kawasan wisata Kupang Gua Monyet merupakan pemandangan keseharian bagi pengguna jalan menuju Pelabuhan Tenau-Kupang.

Perilaku monyet-kera di kawasan daerah wisata kupang ini menjadi daya tarik tersendiri. Perilaku kera yang saling berkejaran, bergelantungan dan melompat dari dahan ke dahan, saling bercengkrama dan berguling, sabung memperebutkan sesuatu, yakni pemandangan yang unik dan lucu.

Tidak heran kalau perilaku kera-kera ini menciptakan pengendara sepeda motor atau mobil eksklusif yang kebetulan melintas, berjalan perlahan atau berhenti sejenak untuk melihat perilaku binatang primata ini. Beberapa induk kera itu setia menggendong bayi mereka.

Menurut pejaga kawasan wisata Kupang ini, jumlah kera yang ada dalam kawasan ini sebanyak 327 ekor. Mereka terbagi dalam empat kelompok. Kelompok terbanyak berjumlah sekitar 180 ekor, sementara kelompok terkecil hanya sekitar 40 ekor saja.

Lokasi: Kelapa Satu, Kelurahan Alak, Kota Kupang (akrab Pelabuhan Tenau) Alak, Kota Kupang, NTT

Tiket: 2.000

jam Buka: 08.00-18.00

  1. Pantai Ketapang Satu

Pantai tempat wisata kupang ini dinamakan sebagai Ketapang karena tepat di tengah karang yang ada di lokasi pantai ini terdapat pohon Ketapang yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat berteduh
Pantai Ketapang Satu. Image via: evy900

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Selain memiliki keindahan alam berupa pemandangan sunset yang langka, Pantai Ketapang Satu daerah wisata kupang ini juga memiliki daya tarik lain. Tempat ini menjadi daerah yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama rekan-rekan setelah seharian beraktivitas.

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu sorenya di tempat ini bersama temannya sebab memang kawasan ini identik dengan tongkrongan kawula muda. Pantai Ketapang Satu menjadi salah satu tempat romantis bagi pasangan muda-mudi yang juga mengharapkan pemandangan matahari terbenam.

Pantai tempat wisata kupang ini dinamakan sebagai Ketapang alasannya adalah tepat di tengah karang yang ada di lokasi pantai ini terdapat pohon Ketapang yang biasanya dimanfaatkan sebagai kawasan berteduh. Pohon ini cukup rindang dan bisa melindungi pengunjung yang kepanasan saat terik matahari datang.

Selain itu, pihak pemerintah juga membangun daerah duduk dari tembok serta rumah kecil. Pengunjung mampu menikmati waktu bersantai dengan duduk di dingklik yang disediakan. Pemandangan pantai yang indah ditambah sejuknya angin sepoi-sepoi yang menemani seakan membuat hati merasa tentram dan akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di pantai NTT yang satu ini.

Lokasi: Jl. Sumatera, Todekisar, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim.

tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Gua Kristal

di gua tempat wisata kupang ini warna biru atau hijaunya keluar dan dasar air terlihat, saking beningnya juga bisa mendapatkan efek kristal pada air
Gua Kristal. Image via: keindahanpariwisata.home.blog

Dari muka depan, sebuah lubang selebar 2 x 1 meter menganga. Hanya sedikit matahari yang mampu menerobos masuk sampai di dalam. Pengunjung perlu berjalan menelusuri gua untuk bisa hingga di bibir mata air daerah wisata Kupang ini.

Danau di dalam gua mempunyai air yang sejuk, tidak seperti air-air di dalam gua yang biasanya memiliki air hambar. Memiliki air sedikit asin alasannya tidak jauh dari sini terdapat pantai. Selain warna biru atau hijaunya keluar dan dasar air terlihat, saking beningnya juga bisa menerima efek kristal pada air.

Itulah kenapa gua ini diberi nama Gua Kristal. Tapi ada juga sumber yang menyebutkan, dulunya stalagtit dan stalagmit di gua ini bening-bening hingga nampak mirip kristal jika kena cahaya. Tapi kerikil-batu tersebut sudah habis diambilin orang yang datang.

Kolam air di dalam gua yang memanjang dan masuk jauh ke belakang gua cukup dalam. Kaprikornus hanya yang mampu berenang saja yang boleh nyemplung ya. Jangan sedih bagi yang nggak bisa berenang, bisa tetap turun sampai ke dasar gua alasannya di bab kiri ada bebatuan yang cukup rata dan nggak digenangi air.

Lokasi: Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur

tiket:5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Kupang Waterpark

Kupang Waterpak merupakan tempat wisata Kupang yang berada di Kota Kupang. Taman bermain air ini memiliki luas mencapai 1 hektare
Kupang Waterpark. Image via: 17sekians.com

Simak juga: 11 daerah wisata Sabang

Kupang Waterpak merupakan kawasan wisata Kupang yang berada di Kota Kupang. Taman bermain air ini mempunyai luas mencapai 1 hektare. Ini menjadikan wisata air keluarga ini menjadi yang terluas di Kupang. Menginat Kupang memiliki cuaca yang panas, ekreasi air yaitu pilihan yang sangat menyenangkan.

Taman rekreasi air Kupang Waterpark bukan hanya sekedar bak renang melainkan juga bisa bermain air. Tempat wisata Kupang ini mempunyai 22 wahana permainan, yang boleh dicoba untuk segala usia. Disini terdapat kolam renang arus di mana layaknya bermain air di sungai, kolam ini bisa menciptakan arus sepanjang 100 meter.

Pengunjung juga bisa mencoba papan seluncur sejauh 8 meter melingkar mirip spiral, istana balon, three racing slide dll. Sangatlah menyenangkan untuk membawa keluarga bermain di Kupang waterpark.

Lokasi: Oebufu, Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

tiket: 40.000

Jam Buka: 09.00-18.30

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni