11 Kawasan Wisata Magetan, Menyelami Pesona The Nice Of Java

Mari datang ke Magetan, ada banyak sekali daerah wisata Magetan yang mampu dieksplorasi. Semuanya memberikan keindahan yang tiada duanya. Sebagian besar objek wisata tentu bernapaskan Dataraan tinggi. Ini sesuai dengan reputasi Magetan Sebagai Kota di Kaki Gunung.

ada banyak sekali tempat wisata Magetan yang bisa dieksplorasi. Semuanya menawarkan keindahan yang tiada duanya. Sebagian besar objek wisata tentu bernapaskan Dataraan tinggi.
Tempat Wisata Magetan. Image via: exploretripjatim

Sekilas Soal Magetan

Kabupaten Magetan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Gunung Lawu (3.265 m) terdapat di bagian barat Kabupaten Magetan, yakni perbatasan dengan Jawa Tengah. Di tempat pegunungan ini terdapat Telaga Sarangan (1000 m dpl), salah satu daerah wisata andalan kabupaten ini.

Magetan memiliki beberapa julukan, yaitu The Nice of Java. Hal ini sebab Magetan terkenal dengan wisata gunung yang indah, berhawa sejuk, dengan panorama alam yang memukau. Juga ada yang menyebut Magetan dengan Kota Kaki Gunung. Ini karena letak geografis di lereng Gunung Lawu.

Oleh-oleh khas Magetans alah satunya jenang Candi. Makanan khas ini berasal dari nama desa Candi. Jenang ini disebut juga jenang dodol oleh warga setempat. Hingga dikala ini telah menjadi oleh-oleh khas Magetan yang cukup melegenda.

Kabupaten Magetan dilintasi jalan raya utama Surabaya-Madiun-Yogyakarta dan jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa. Satu-satunya stasiun kereta yang berada di wilayah kabupaten Magetan yaitu Stasiun Barat yang terletak di wilayah Kecamatan Barat.

11 Tempat Wisata Magetan

  1. Green Garden Magetan

Agrowisata Green Garden adalah salah satu tempat wisata Magetan berjenis edukasi. Objek wisata ini menonjolkan pembudidayaan berbagai macam tanaman
Green Garden Magetan. Image via: milesia.id

Simak juga: 11 kawasan wisata TUban

Agrowisata Green Garden yaitu salah satu kawasan wisata Magetan berjenis edukasi. Objek wisata ini menonjolkan pembudidayaan banyak sekali macam flora sehingga pengunjung bisa menikmati indahnya flora sekaligus membeli bibitnya jika menginginkan.

Tanaman budidaya yang paling hits di sini yakni Bunga Matahari. Selain itu juga terdapat flora buah-buahan seperti pepaya, nanas, pisang dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, pengunjung juga mampu menggunakan spot selfie yang tersedia.

Salah satu spot selfie yang disediakan yakni bangunan yang terbuat dari bambu. Ada beberapa tangga yang harus dilewati untuk menuju ke puncak bangunan. Setelah sampai di puncak bangunan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan tempat Agrowisata Green Garden secara keseluruhan.

Pengunjung daerah wisata Magetan ini mampu berfoto selfie dengan background Gunung Lawu. Berbagai macam permainan anak juga tersedia di kawasan ini, mirip jungkat-jungkit, ayunan dan masih banyak lagi. Hal yang terbaru yaitu kolam renang yang ketika ini masih dalam proses pembuatan.

Fasilitas objek wisata ini sudah cukup memadai mirip tersedianya toilet, mushola, warung, kawasan parkir dan gazzebo yang tidak mengecewakan banyak. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi dikala liburan simpulan pekan bersama keluarga, sobat ataupun bawah umur.

Alamat: Truneng, Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah telaga tempat wisata Magetan yang terbentuk secara alami. Danau ini berada di ketinggian 1.200 mdpl.
Telaga Sarangan. Image via: wikipedia.org

Telaga Sarangan ialah telaga tempat wisata Magetan yang terbentuk secara alami. Danau ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tepatnya berada di lereng Gunung Lawu. Luas dari telaga ini mencapai 30 hektar, dengan kedalaman danau 28 meter.

Dengan kondisi Alam yang begitu indah dan asri, air danau sangat jernih dan higienis. Di sekeliling danau terdapat pegunungan dan pepohonan yang hijau dan tinggi. Bahkan, terkadang gunung, pepohonan, dan langit memantul dengan indah di permukaan danau.

Pengunjung kawasan wisata Magetan ini dapat menikmati serunya berkeliling Telaga Sarangan dengan speedboat. Untuk satu kali putaran, dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per kapal. Sementara kalau ingin mencicipi tiga putaran langsung, dapat membayar sebesar Rp 150.000. Kapasitas kapal isi 3-4 orang.

Jika ingin berkeliling danau dengan santai dan tidak menantang, pengunjung dapat mencoba bahtera dayung. Selain itu, ada juga bahtera kayuh yang berbentuk angsa. Pengunjung mampu berkeliling danau dengan kalem sambil menikmati pemandangan sekitar.

Tidak hanya mampu berkeliling di perairan, pengunjung juga mampu berkeliling di daratan. Dapat dengan berjalan kaki ataupun dengan berkuda. Di sini, tersedia kuda – kuda yang disewakan.

Alamat: Ngluweng, Sarangan,Plaosan,Magetan,Jawa Timur

Tiket: 15.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Kampoeng Pinus Sarangan

. Tempat wisata Magetan ini didesain untuk rekreasi liburan serta beberapa program outbound.
Kampoeng Pinus Sarangan. Image via: kampoeng-pinus-sarangan.business.site

Simak juga: 11 kawasan wisata Cilacap

Kampoeng Pinus Sarangan merupakan wahana wisata alternatif. Tempat wisata Magetan ini didesain untuk rekreasi liburan serta beberapa program outbound. Kegiatan ini berkhasiat untuk menguatkan komunikasi, membangun empaty serta menyatukan persepsi kelompok. Baik dalam organisasi, keluarga, atau perusahaan.

Dengan wahana dan program yang ada di Kampoeng Pinus Sarangan, pengunjung tempat wisata Magetan ini dibutuhkan bisa menikmati dan merencanakan liburan. Sekaligus mencapai harapan menerima liburan yang rekreatif dan edukatif.

Di daerah wisata MAgetan ini tersedia wahana ATV. ATV dirancang menaklukkan medan jalan naik dan turun bertanah, dengan fun. Kegiatan ini untuk memunculkan adrenalin dalam berkendara sepeda motor roda 4. Wahana didesain untuk melatih otot dan otak dengan kalem.

Camping Ground di kawasan wisata Magetan ini anggun untuk berlibur dan bermalam. Dengan lokasi berada di kaki Gunung Lawu, pengunjung mampu menikmati bersantai dan menikmati suasana tenang. Fasiliats ini sangat manis untuk memebrikan pengalaman bermalam untuk sekedar rekreasi di alam terbuka.

Ada juga wahana High Rope. Wahana bermain lintasan remaja yang harus melalui 15 rintangan. Untuk mencapai titik finish, pengunjung diajak mencicipi adrenalin dan sensasi berjalan diatas tali dengan ketinggian mencapai 10 meter di atas tanah.

Alamat: Jl. Raya Sarangan No.KM.0,5, Sarangan I, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 20.000

Jam Buka: 07.00-17.00. Minggu 24 Jam

  1. Mojosemi Forest Park

Tempat wisata Magetan Mojosemi Forest Park menawarkan beragam wahana seru yang menguji adrenalin untuk pengunjung.
Mojosemi Forest Park. Image via: pesona.travel

Tempat wisata Magetan Mojosemi Forest Park memberikan beragam wahana seru yang menguji adrenalin untuk pengunjung. Baik anak-anak ataupun sampaumur. Bagi yang suka petualangan bisa mencoba wahana flying fox dan high rope adventure.

Masih ada juga wahana lain seperti skywalk, yakni jembatan antar pohon yang mampu menguji kekuatan fisik. Tidak ketinggalan airsoft zone dan paintball zone untuk yang suka uji ketangkasan. Pengunjung bisa bermain dalam tim untuk melatih kerjasama dengan anggota tim lainnya.

Bagi yang ingin mencoba panahan, daerah wisata Magetan ini memilki wahana archery. Ini yaitu wahana yang cocok untuk melatih fokus dan kekuatan tangan.

Kalau mau berkeliling tempat Mojosemi Forest Park, pengunjung mampu menentukan dengan cara berkuda, menaiki ATV, atau tur memakai mobil jeep. pengunjung mampu berkeliling sambil menikmati suasana hutan alam di Mojosemi Forest Park.

Jika sudah puas bermain, pengunjung daerah wisata Magetan ini bisa mengunjungi titik-titik yang khusus dibentuk untuk berswafoto. Ada Argo Sungging Selfie Deck, jalan setapak dengan hiasan payung warna-warni, bangku-dingklik bagus di tengah alam, tangga berundak, hingga patung kayu dinosaurus.

Alamat: Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 20.000

Jam Buka: 09.00-16.00

  1. Desa Wisata Wonomulyo

Lokasi geografis tempat wisata MAgetan ini diapit beberapa pegunungan. Hal ini menjadikan dusun wonomulyo memang sesuai untuk menenangkan fikiran.
Desa Wisata Wonomulyo. Image via: weebly.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Pasuruan

Bukit wonomulyo yakni satu lanscape yang menjadi daya tarik dusun ini yang mana sering dikaitkan dengan New Zealandnya Indonesia. Lokasi geografis kawasan wisata MAgetan ini diapit beberapa pegunungan. Hal ini mengakibatkan dusun wonomulyo memang sesuai untuk menenangkan fikiran.

Dusun wonomulyo berada di ketinggian kurang lebih 1300 Mdpl dengan suhu berkisar 16 – 23 celcius. Dengan dikelilingi beberapa gunung,  dusun wonomulyo menjadi sebuah area lembah yang adem. Area yang menentramkan hati.

Selain pemandangan alam, daerah wisata magetan ini mempunyai daya tarik berupa rumah hobbit yang terbuat dari kayu. Rumah Hobbit Wonomulyo memang terlihat instagramable. Sehingga usai didirikan pribadi menjadi ajang foto para anak muda kekinian.

Pemandangan pegunungan nan hijau dan udara yang sejuk akan memanjakan setiap pelancong yang datang. Di erat lokasi rumah hobbit ini juga terdapat sebuah air terjun, epatnya di Argo Tengah.

Perpaduan antara pemandangan alam, objek kreatif, dan sejuknya udara serta panorama alam pegunungan yang tampak indah, desa wisata Wonomulyo menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar fotografi.

Alamat: Wonomulyo, Genilangit, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Taman Genilangit

Fasiltas untuk anak di tempat wisata MAgetan ini juga tersedia. Ada berbagai berbagai wahana seru seperti flying fox, taman bunga, dan taman bermain anak.
Taman Genilangit. Image via: @shintadewi79_

Taman tempat wisata Magetan ini juga dikenal dengan nama Taman Bedengan. Taman ini menunjukkan area hutan pinus di ketinggian yang sejuk dan asri. Saat berada di sana, angin acuh taacuh dan hijaunya perbukitan langsung menyapa mata.

Dijamin bikin betah berlama-lama sambil menikmati pemandangan yang serba asri di sana. Salah satu spot foto yang populer berupa sebuah ayunan di ketinggian, lalu ada juga wahana yang menyerupai ujung bahtera di tebing dan sepeda layang.

Selain itu, ada banyak wahana seru yang bisa pengunjung jajal. Misalnya Rumah Hobbit, Tree House, Mini Trail, atau All Terrain Vehicle (ATV). Karena tempat ini dikelilingi persawahan dan perkebunan penduduk, pengunjung juga mampu melihat-lihat sambil mencicipi aneka buah dari kebun mereka.

Fasiltas untuk anak di daerah wisata Magetan ini juga tersedia. Ada berbagai berbagai wahana seru seperti flying fox, taman bunga, dan taman bermain anak.

Di tepat wisata MAgetan ini juga ada lokasi outbond, kolam renang, dan camping ground bagi yang ingin bermalam sambil menyatu dengan alam. Tidak perlu lagi risau ketika membawa keluarga untuk berlibur di sini sebab fasilitasnya serba lengkap dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Alamat: Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Puntok Geneng

Tempat wisata Magetan Puntok Geneng High Land, menawarkan keindahan alam pegunungan. Dilengkapi juga dengan spot keren berupa gardu pandang
Puntok Geneng. Image via: tripjalanjalan.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pacet

Tempat wisata Magetan Puntok Geneng High Land, menawarkan keindahan alam pegunungan. Dilengkapi juga dengan spot keren berupa gardu pandang yang kini sedang menjadi ekspresi dominan di aneka macam tempat.

Di Puntok Geneng Poncol ini tersedia bermacam-macam model gardu pandang yang unik dan cakep. Diantaranya mirip : gardu pandang dengan model bintang, gardu pandang model lambang cinta, gardu pandang biasa, gardu pandang model bulan, spot sarang burung, dan lain sebagainya.

Setelah dibangunnya aneka spot foto tersebut semakin menciptakan pengunjung tertarik untuk berkunjung ke sana. Tentunya, berselfie ialah aktiftas yang paling favorit bagi para pengunjung kawasan wisata MAgetan ini.

Puntok Geneng menjadi kawasan yang pas banget untuk bersantai atau refreshing. Tempat ini sangat bagus buat yang merasa penat dengan aktifitas di perkotaan. Bila tertarik untuk berlibur ke sana, lokasinya hanya 15 km dari sentra kota Magetan.

Alamat: Gonggang, Poncol, Kopen, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 2.000

Jam Buka: 06.00-16.00

  1. Bukit Sekitran

, tempat ini cocok banget buat
Bukit Sekitran. Image via: bawaransel.com

Terletak di daerah perbukitan, tentu saja udara di kawasan wisata Magetan ini cukup sejuk. Bagi Pengunjung yang berangkat dari solo atau tempat lain, tempat ini cocok banget buat “ngadem”. Menyegarkan kembali fikiran yang sudah suntuk akhir kegiatan sehari hari.

Bukit sekitran ini juga menyuguhkan spot foto dengan latar belakang perbukitan hijau. Di lokasi bukit sekitran janggan ini, pengunjung bisa menemukan spot spot foto seperti bulan sabit, burung, goresan pena i love u dan lain sebagainya.

Tidak ketinggalan, sign board bertuliskan “bukit sekitran” juga sering menjadi incaran para pengunjung untuk bernarsis ria. Menariknya di spot spot foto tersebut terdapat goresan pena goresan pena yang unik mirip ” dipekso rabi”, “maaf lagi tiba bulan mas” dan lain sebagainya.

Menariknya di Desa Janggan Poncol, ini juga terdapat beberapa tempat wisata. Di sekitar bukit kawasan wisata Magetan ini, pengunjung juga mampu menemukan spot spot lainya mirip wisata Ujung Kulon, Taman Wisata bedengan, dan juga Punthuk Geneng.

Selain spot foto yang keren dan unik, Bukit Sakitran Janggan meskipun masih terbilang baru, fasilitas disini sudah cukup lengkap dan memadai, mirip toilet dan gazebo untuk bersantai-santai.

Alamat: Janggan, RT. 12/05, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka:07.00-17.00

  1. Ujung Kulon Janggan

Ujung Kulon Janggan merupakan tempat wisata Magetan berupa perbukitan dengan unggulan spot foto selfi kekinian.
Ujung Kulon Janggan. Image via: wisatakaka.com

Simak juga: 11 daerah wisata Aceh

Ujung Kulon Janggan merupakan daerah wisata Magetan berupa perbukitan dengan unggulan spot foto selfi kekinian. Tempat yang kini Hits Magetan ini merupakan tempat favorit untuk hunting foto. Disini Alam yang benar-benar asri, udara sejuk serta panorama memukau berpadu jadi satu.

Bagi pengujung dari daerah kota akan terkesima kalau melihat keindahan lereng gunung lawu ini. Terbentang jauh mata memandang hamparan sawah menguning kolam lukisan. Udara sejukpun akan menambah suasana yang masih asri dan alami,

Tempat wisata Magetan yang berada di kaki Gunung Lawu ini semakin mempesona karena warga terus berbagi dan memfasilitasi wisata tersebut. Selain alamnya yang menyegarkan, di lokasi ini juga telah tersedia aneka macam spot foto kekinian ala instagram.

Spot Foto Di Ujung Kulon antara lain ada ayunan, meja terbang, Gardu pandang dan yang paling menantang ada spot sepeda terbang.

Setelah puas berkeliling pengunjung dapat bersantai menikmati alam Kabupaten Magetan. Pengunjung juga mampu memesan sajian masakan di lokasi ini. Pengelola juga telah membangun cafe di area wisata ini dengan harga yang terjangkau

Alamat: Janggan, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Sumber Sejok

Wisata sejok ini adalah tempat wisata magetan berupa mata air yang berasal dari sumber murni perut bumi.
Sumber Sejok. Image via: travelingyuk.com

Wisata sejok ini yakni daerah wisata magetan berupa mata air yang berasal dari sumber murni perut bumi. Lokasi ini cocok buat yang suka berenang. Kedalaman sumber sejok kurang lebih 3m. Dengan kedalaman air yang cukup itu, pengunjung mampu terjun dari tebing dengan kondusif.

Di obyek wisata ini pengunjung mampu melihat pemandangan alam yang indah nan asri dipadu dengan sumber mata air. Perpaduan keindahan di daerah wisata Magetan ini  yang mampu menciptakan segala penat hilang dari pikiran.

Sumber mata air ini juga bisa pengunjung gunakan untuk bermain atau mandi alasannya airnya jernih dan segar eksklusif berasal dari pegunungan. Dijamin pengunjung dan keluarga akan betah berlama-usang berendam dan berfoto-foto di sana.

Untuk terusan ke lokasi daerah wisata MAgetan ini , dari kota Magetan bisa gunakan angkot atau kendaraan langsung baik orda dua atau roda empat. Jarak dari kota megetan -+ 10km. Kurang lebih 4 km dari gerbang dusun Ngeblak .

Alamat: Desa Krajan, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan

Tiket:Gratis

Jam Buka:24 Jam

  1. Air Terjun Tirtasari

Tempat wisata Magetan Air Terjun Tirtasari memiliki ketinggian 50 meter, dan berada di 1.200 mdpl.
Air Terjun Tirtasari. Image via: berkeliling.com

Simak juga: 11 daerah wisata Wonogiri

Tempat wisata Magetan Air Terjun Tirtasari mempunyai ketinggian 50 meter, dan berada di 1.200 mdpl. Maka tak heran udara di sekitarnya terasa sejuk dan cuek. Legenda mengatakan, jika membasuh muka pada pemikiran gerojokan tersebut akan menciptakan kulit menjadi awet muda.

Air Terjun Tirtosari merupakan salah satu tujuan wisata yang masih ada di dalam daerah Telaga Sarangan. Meski letaknya sedikit tersembunyi, namun tetap membuat pengunjung ingin tau untuk mengunjungi daerah ini.

Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata MAgetan ini, pengujung disambut dengan formasi perkebunan warga dan hutan pinus kehijauan yang sangat menyejukkan mata. Di Air Terjun Tirtosari aneka macam spot yang mampu dijadikan kawasan mengambil foto.

Tempat ini sangat cocok banget buat pengunjung yang hobi photography. Atau sekedar berswafoto dengan pemandangan yang sangat asri. Meskipun harus menempuh jalur tracking yang cukup melelahkan. Pengunjung harus menaiki puluhan anak tangga untuk mampu melihat teladas dari dekat.

Perjuangan menuju Tirtosari memang menciptakan berkeringat. Namun jika dibandingkan jeram lain, bisa dibilang air terjun ini lebih mudah. Meskipun harus menaiki puluhan anak tangga, namun lelahnya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alami dari Air Terjun Tirtosari yang tersembunyi ini.

Alamat: Sampe, Ngancar, Plaosan, Magetan, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka:  06.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni