11 Kawasan Wisata Ngawi, Dari Taman Tepi Riam Hingga Fosil Insan Purba

Ada bermacam-macam pilihan kawasan wisata Ngawi Jawa Timur, yang menarik untuk dikunjungi dikala liburan. Objek wisata Ngawi tersedia mulai dari berupa gerojokan, taman pemandian, kuliner, danau, benteng kuno, hingga museum purbakala.

Ada beragam pilihan tempat wisata Ngawi Jawa Timur, yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.
Tempat Wisata Ngawi. Image via: travel.kompas.com/

Sekilas Soal Ngawi

Kabupaten Ngawi terletak di wilayah barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan eksklusif dengan Provinsi Jawa Tengah. Luas wilayah Kabupaten Ngawi yaitu 1.298,58 km2, di mana sekitar 40 persen atau sekitar 506,6 km2 berupa lahan sawah.

Kata Ngawi berasal dari kata awi, bahasa Jawa Kuno yang berarti bambu. Kemudian menerima imbuhan kata ng sehingga menjadi Ngawi. Dulu Ngawi banyak terdapat pohon bambu. Ngawi memberikan suatu daerah yang di sekitar pinggir Bengawan Solo yang banyak ditumbuhi bambu.

Makanan Khas Asli kota Ngawi Adalah Tepo Tahu, kemudian Wedang Cemue. alasannya adalah rasanya yang yummy banyak tempat lain mengklaim cemue berasal dari wilayahnya, tapi Cemue ialah benar-benar Asli kota Ngawi. Sate ayam Ngawi juga memiliki rasa yang berbeda dengan sate ayam kawasan lain.

Kabupaten Ngawi dilintasi jalur utama Surabaya-Yogyakarta, dan menjadi gerbang utama Jawa Timur jalur selatan. Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api Jakarta-Yogyakarta-Bandung, namun tidak melewati ibu kota kabupaten. Stasiun kereta api terdapat di Geneng

11 Tempat Wisata Ngawi

  1. Benteng Van den Bosch

benteng Van Den Bosch dijadikan sebagai salah satu tempat wisata ngawi di bidang sejarah.
Benteng Van den Bosch. Image via: idntimes.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Jombang

Benteng Van Den Bosch atau yang lebih dikenal dengan benteng Pendem adalah sebuah benteng yang terletak di Ngawi. Letak benteng kawasan wisata Ngawi ini sangat strategis, karena hanya berjarak sekitar 1 km ke arah timur laut dari kantor Pemerintahan Ngawi, tepatnya di jalan Untung Suropati.

Keunikan dari benteng Van Den Bosch ini terlihat mirip dipendam. Hal ini alasannya adalah sengaja dibangun lebih rendah dari tanah sekelilingnya. Pada era ke-19 sebelum benteng ini dibangun, tempat ini merupakan pusat pertahanan belanda ketika perang Diponegoro. Juga menjadi sentra perdagangan di Jawa Timur.

Kini benteng Van Den Bosch dijadikan sebagai salah satu kawasan wisata ngawi di bidang sejarah. Jika berkunjung ke benteng ini,pengunjung akan merasakan suasana kemegahan. Bangunannya pun terlihat artistik dan menggambarkan kejayaannya di kala lalu.

Benteng Van Den Bosch sangat cocok untuk yang ingin berburu foto instagramable dan mencar ilmu sejarah.

Di sebelah selatan bangunan benteng Van Den Bosch terdapat dua buah sumur yang konon dipakai Belanda untuk membuang mayat korban tahanan dan para pekerja rodi sehingga menjadi kuburan massal pada kurun itu.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Pelem, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Bukit Kerek Indah

Pengunjung tempat wisata Ngawi ini dapat menyaksikan hamparan hutan tropis, berpadukan liukan sungai Bengawan Solo di belakangnya.
Bukit Kerek Indah. Image via: @rendijuliusf

Bukit Kerek Indah atau dikenal sebagai jembatan selfie Desa Kerek, merupakan spot selfie terbaik di Kabupaten Ngawi. Pengunjung kawasan wisata Ngawi ini dapat menyaksikan hamparan hutan tropis, berpadukan liukan sungai Bengawan Solo di belakangnya.

Tempat wisata Ngawi ini berawal pada ketika pemuda Desa setempat yang bermain di atas bukit. Lalu mengabadikan pemandangan lereng dengan berselfie ria dan menguploadnya ke media umum. Pemandangan yang tak biasa di Kota Ngawi tersebut berhasil menarik minat pengunjung, untuk mendatangi tempat wisata tersebut untuk sekedar berselfie.

Menyadaripotensi yang ada, masyarakat secara gotongroyong membuat spot foto. Beberapa diantaranya berupa ayunan, tulisan I love U, love, jembatan kayu, plang jalan dengan kata humor dan sebagainya.

Dengan desain karya masyarakat setempat, kesannya tempat wisata ngawi ini memebnagun spot iconiknya. Yakni jembatan kayu. Spot ini  dengan biaya awal dari patungan yang disumbangkan masyarakat secara swadaya.

Wisata Bukit Kerek Indah juga menyediakan warung makan sederhana yang berjejer menjual masakan atau minuman. Selain itu, ada gazebo atau saung yang disediakan dapat dipakai untuk bersantai secara gratis.

Lokasi: Jl. Bojonegoro – Ngawi, Napel, Kerek, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket: 2.000

Jam Buka: 09.00-17.00

  1. Kebun Teh Jamus

Pengunjung tempat wisata ngawi ini juga dapat melihat proses pengolahan teh. Mulai dari awal pengangkutan teh ke rumah olah, sampai dengan teh siap minum.
Kebun Teh Jamus. Image via: madiunjasa.com

SImak juga: 11 kawasan wisata Gorontalo

Kebun Teh Jamus Jatim memiliki luas wilayah sebesar 478.2 hektar. Luas tanah yang ditanami teh seluas 460 hektar, sedangkan sisanya, ialah 60.2 hektar, ditumbuhi oleh tumbuhan pohon dengan batang kayu besar. Hal itu membuat kawasan wisata Ngawi ini terasa sejuk dan rindang.

Di kebun teh ini, pengunjung akan menerima pengalaman baru seputar berkebun di perkebunan teh yang amat luas ini. Bila Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan proses pemetikan daun teh yang dilakukan oleh para petani.

Pengunjung daerah wisata ngawi ini juga mampu melihat proses pengolahan teh. Mulai dari awal pengangkutan teh ke rumah olah, hingga dengan teh siap minum. Sebagai buah tangan,pengunjung juga mampu membeli teh yang diperjualbelikan di sekitar lokasi perkebunan.

Ada banyak macam teh yang bisa dinikmati di lokasi Kebun Teh Jamus Ngawi ini. Ada black tea (teh hitam), white tea (teh putih), green tea (teh hijau), dan benalu teh yang terkenal berkat kemampuannya sebagai obat. Ada pula aneka macam jenis madu yang bisa dicoba.

ada bagian perkebunan yang Unik Berupa bukit kecil yang ditempati oleh puluhan tumbuhan teh berbentuk piramida. Pohon teh tertata rapi dengan hijaunya, serta jalan-jalan setapak di samping kiri kanannya yang terlihat coklat. Sekilas piramida ini berbentuk mirip Candi Borobudur.

Lokasi: Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Ngawi, Jawa Timur.

Tiket: 8.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Air Terjun Pengantin

Air terjun tempat wisata Ngawi ini memiliki keunikannya tersendiri. Memiliki dua sumber yang berbeda, satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lain dari sumber mata air setempat
Air Terjun Pengantin. Image via: @mbolangjatim

Air Terjun Pengantin memiliki tinggi sekitar 12 meter. Air terjun daerah wisata Ngawi ini memiliki keunikannya tersendiri. Memiliki dua sumber yang berbeda, satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lain dari sumber mata air setempat.

Dari keunikan dan keberadaannya yang bersandingan mirip halnya laki-laki dan wanita itulah, naka mengapa masyarakat setempat menamai jeram tersebut sebagai Air Terjun Pengantin ‘ATP’.

ATP memberikan pemandangan berbeda. Kawasan tempat wisata Ngawi ini benar-benar masih alami dengan nuansa yang sejuk, asri, dan nyaman. Orang menjuluki ATP sebagai pesona perawan nan agung. Bahkan pengunjung seakan mampu mendengar gemercik bunyi airnya yang seolah mengajak berbicara.

PEngunjunbg mampu mandi dan berenang di bawah teladas serta menikmati suasana hutan di sekitarnya. Juga mampu memandang langit biru bersama dengan kicauan merdu burung yang menari-nari di pepohonan sekitar air terjun daerah wisata Ngawi ini.

ATP semakin populer dikalangan masyarakat sesudah dirilisnya film bergenre horor dengan judul ‘Air Terjun Pengantin’. Film ini dimainkan oleh aktor dan artis papan atas Indonesia, seperti Tamara Blenzyski dan Stefan William.

Lokasi: Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket: 6.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Air terjun Srambang

Di tempat wisata Ngawi ini pengunjung bisa jalan-jalan merasakan suasana yang asyik dan nyaman.
Air terjun Srambang. Image via: travel.detik.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Air terjun Srambang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Ngawi yang berupa penderasan. Tempat wisata ngawi ini berlokasi di kaki gunung Lawum sekitar 5 km ke selatan dari pasar Jogorogo. Ketinggian teladas ini hampir mencapai 25 m.

Selain membasuh muka tak jarang pengunjung yang membawa botol dan diisi dari gerojokan Srambang Park untuk dibawa pulang. Diyakini oleh para nenek moyang, jikalau di penderasan itu yang ada pemikiran sungai di bawahnya, digunakan mandi para bidadari dari Kayangan, termasuk Dewi Nawang Wulan.

Wilayah sekitar air terjun dikembangkan sebagai kawasan wisata Srambang Park. Wisata Srambang Park menjadi objek wisata favorit bagi warga sekitar. Memang tempatnya sangat nyaman, pas banget sebagai tempat untuk menghabiskan moment liburan.

Bila merasa penat dengan aktiftas sehari-hari di Jota, maka libran yang pas yaitu dengan refreshing di Srambang Park Ngawi ini. Di daerah wisata Ngawi ini pengunjung mampu jalan-jalan mencicipi suasana yang asyik dan nyaman.

Selain menikmati keindahan alam yang memanjakan mata, pengunjung juga bisa berburu foto selfie yang keren. Di sana tersedia aneka spot foto yang cakep dan kekinian. Mulai dari Sign Board Srambangan, Framo Love, Rumah Pohon, Jembatan, Aneka Payung Warna-Warni, dan lain sebagainya.

Lokasi: Girimulyo, Jogorogo, Ngawi, Jawa TImur

Tiket:15.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Air Terjun Suwono

Mengunjungi tempat wisata Ngawi Air terjun Suwono, pengunjung akan disajikan dengan panorama alam yang asri dengan vegetasi yang tumbuh subur
Air Terjun Suwono. Image via: @dodie_christ

Mengunjungi  kawasan wisata Ngawi Air terjun Suwono, pengunjung akan disajikan dengan panorama alam yang asri dengan vegetasi yang tumbuh subur. Udara yang sejuk seketika menyerbu kulit karena lokasi gerojokan yang bereda di kawasan pegunungan.

Pepohonan pinus yang tumbuh menjulang mendominasi tempat ini. Nuansanya mirip tengah menyusuri hutan-hutan di derah subtropis. Sementara air terjunnya sendiri menunjukkan pemandangan yang tak kalah menarik hati.

Di tempat wisata Ngawi ini air jatuh di antara flora hijau yang tumbuh merambat memenuhi tebing. Jatuhnya air pun bukan menuju bak,  melainkan pecah di atas  struktur bebatuan bentukan alam dan menghasilkan percikan ke segala arah.

Dari area parkir, pengunjung daerah wisata Ngawi ini mesti berjlaan sekitaran 600. Di perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah di sepanjang jalan yang dikerumuni pohon pinus dan karet ditambah suara-suara binatang yang khas.

Lokasi: Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur

Tiket:3.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Hutan Pinus Suwono

Tempat wisata Ngawi satu ini memang memberikan kesan mendalam. Di tanah lapang tak jauh dari jalan masuk hutan,pengunjung banyak memanfaatkannya untuk berfoto.
Hutan Pinus Suwono. Image via: infongawiku

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Hutan pinus bukit Suwondo menyimpan sejuta kesegaran. Angin berembus sepoi membelai dedaunan pohon pinus yang bangun menantang langit. Ranting-ranting turut bergoyang. Ribuan pohon pinus setinggi lebih dari 10 meter tertata rapi membuat interior alam.

Dedaunan pepohonan yang rimbun memayungi dataran.Kicau burung bersahutan. Lirih, tetapi menghanyutkan perasaan kurun mata terpejam. Tempat wisata Ngawi satu ini memang menunjukkan kesan mendalam.

Di tanah lapang tak jauh dari terusan hutan,pengunjung banyak memanfaatkannya untuk berfoto.

Pesona hutan pinus di bawah naungan Perum Perhutani itu telah memikat hati banyak pengunjung. Keteduhan kawasan wisata Ngawi ini memberikan ketenangan. Pengunjung membutuhkan pengalaman rindang di kawasan ini untuk mengusir penat dan mengobati kerinduan akan rasa hening.

Menapaki jalan setapak diantara rimbunnya hutan pinus akan memberikan sensasi liburan yang berbeda. Perjalanan yang melelahkan akan segara berganti dengan decak kagum melihat keindahan riam nan eksotis di depan mata.

Lokasi: Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timu

Tiket: –

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Taman Wisata Tawun

pengunjung yang datang ke tempat wisata Ngawi ini bisa melihat binatang bulus yang jumlahnya sekitar ribuan
Taman Wisata Tawun. Image via: ngawitawun

Di Taman Wisata Tawun terdapat empat kawasan wisata pilihan yang dikemas dalam satu lokasi. Di antaranya ialah danau buatan dengan persewaan bahtera dayung, fasilitas bak renang yang nyaman bagi bawah umur serta panggung hiburan terbuka.

Selain keempat kawasan yang sangat menarik, para pengunjung yang datang ke tempat wisata Ngawi ini bisa melihat hewan bulus yang jumlahnya sekitar ribuan. Bulus ini hidup secara bebas di salah satu bak yang ada di dalam lokasi wisata itu.

Di tempat wisata Ngawi ini juga ada bak kawasan pemancingan ikan. Yang tempatnya bersebelahan dengan kolam renang. Dalam bak ini banyak ikan lele yang sudah disiapkan bagi siapapun yang ingin mencoba memancing di sana. Jadi untuk anda yang ingin daerah rekreasi komplit untuk keluarga.

Di Taman Wisata Tawun, ada banyak spot foto menarik yang mampu anda manfaatkan untuk latar belakang foto. Seperti kolam pemancingan yang ada di sana, bak renang, patung bulus besar dan lain-lain. Pemandangan di sekitar yang asri dan banyak pepohonan yang tumbuh juga bisa menjadi target bidikan kamera.

Lokasi: Jl. Sunan Lawu, Dari, Tawun, Kasreman, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Waduk Pondok

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata Ngawi ini pada sore hari, untuk menikmati sunset.
Waduk Pondok . Image via: beritasatu.com

Simak juga: 11 daerah wisata Madiun

Obyek wisata ini menunjukkan keindahan panorama air dan perbukitan. Selain sebagai kawasan rekreasi bagi keluarga, kawasan wisata Ngawi ini juga merupakan tempat hiburan bagi pemancing. Di waduk tersebut banyak ditemukan aneka macam jenis ikan mirip ikan tawes, ikan tombro dan ikan bandeng.

Hamparan air seluas 2.596 hektar ini telah mengundang banyak wisatawan untuk datang dan menikmati suasana Waduk Pondok Ngawi yang luar biasa indah.Hijaunya pepohonan hutan mahoni dan jati disekeliling lokasi wisata ini sangat menyegarkan mata.

Disekitaran waduk juga ada tebing-tebing alami untuk acara alam. Tak jarang dapat dilihat anak-anak Pramuka sedang melaksanakan kegiatan refling disini. Kegiatan itu untuk persiapan mendaki gunung.

Pengunjung bisa datang ke kawasan wisata Ngawi ini pada sore hari, untuk menikmati sunset. Pemandangan disini disaat matahari tenggelam sangat indah.  Para penggemar fotografi niscaya akan senang untuk berburu foto atau gambar Waduk Pondok disaat sunset tiba.

Disini juga sering diadakan lomba memancing secara terpola. Lomba memancing ini banyak diikuti oleh para peserta tidak hanya dari Ngawi, teapi juga dari luar tempat Ngawi.

Lokasi: desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket:-

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Waduk Sangiran

keunggulan waduk sangiran tempat wisata Ngawi ini terletak pada kesejukan kondisi alamnya.
Waduk Sangiran. Image via: hotelklodran

Jika dilihat secara keseluruhan, keunggulan waduk sangiran kawasan wisata Ngawi ini terletak pada kesegaran kondisi alamnya. Pengunjung yang berasal dari kota besar pastilah sangat dimanjakan ketika tiba kemari

Segala kepenatan kegiatan pastilah akan hilang ketika berlibur kemari. Jika dilihat dari pinggir, waduk sangiran memang seperti kebanyakan waduk lain. Namun, keunggulan waduk sangiran terdapat pada sebuah taman di tengah waduk.

Taman di tengah waduk kawasan wisata Ngawi ini dikenal dengan sebutan taman bambu air. Jika berfoto di taman apung tersebut, pastilah akan bisa menghasilkan gambar menarik. Pengunjung bsia menuju ke sana dengan menggunakan bahtera.

Selain dengan pergi ke taman apung tersebut, seorang pengunjung juga bisa menentukan untuk berkeliling di waduk tersebut. Mungkin, akan sangat menarik bila berkeliling sambil menyewa bahtera.

Apabila hobi memancing, waduk tempat wisata Ngawi ini juga merupakan sebuah tempat yang akan sangat cocok. Selain terkenal alasannya keindahan wisatanya, waduk sangiran juga terkenal sebagai lokasi memancing. Setiap pengunjung yang pernah melepas umpan di waduk sangiran tidak pernah merasa rugi.

Lokasi:  Sumber Bening, Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Museum Trinil

Fosil yang ada di Museum tempat wisata Ngawi ini adalah fosil manusia purba, dengan bentuk yang belum sempurna seperti sekarang.
Museum Trinil. Image via: faktualnews.co

SImak juga: 11 tempat wisata Ungaran

Museum Trinil Ngawi berdiri di tahun 1891. Museum ini dibangun oleh Eugene Dubois. Museum Trinil menyimpan ribuan fosil binatang termasuk fosil insan Pithecanthropus Erectus. Museum  tempat wisata ngawi ini terletak 15 kilometer dari sentra Kota Ngawi ini.

Sejarah berdirinya Museum Trinil berawal dari inovasi fosil Pithecanthropus Erectus oleh Eugene Dubois, seorang pejabat kedokteran tentara kolonial Belanda. Untuk memperingati peristiwa tersebut, dibuatlah tugu berisi gambar anak panah dengan arah timur laut yang bertuliskan P.e 175 m.

Dalam museum terpajang estalase yang di dalamnya berisikan benda-benda fosil. Di antaranya fosil tulang panggul gajah jenis Stegodon trigonochepslus, serta fosil tulang pengumpil gajah. Untuk fosil Pithecanthropus Erectus hanya berupa replika, sedangkan yang orisinil di bawa ke tempat asal temuan di Pacitan.

Fosil yang ada di Museum tempat wisata Ngawi ini yaitu fosil insan purba, dengan bentuk yang belum sempurna mirip sekarang. Ada pula fosil satwa mirip fosil tanduk kerbau, fosil tanduk banteng, fosil gading gajah zaman purba, fosil gigi geraham bab atas pada gajah purba, fosil tulang rahang bawah macan purba, dan masih ada beberapa lagi lainnya yang bisa Anda jumpai di kawasan ini.

Lokasi: Pilang, Kawu, Kedunggalar, Wonokerto, Ngawi, Jawa Timur.

Tiket: –

Jam Buka: 08.00-20.00. Senin Tutup

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni