11 Kawasan Wisata Pacet, Menyegarkan Hati Bawah Bayangan Penanggungan

Kota Mojokerto populer dengan daerah wisata Pacet nya. Kecamatan itu mempunyai destinasi wisata yang banyak. Mulai dari wisata yang berada di kota, wisata alam, wisata masakan, dan juga wisata alam buatan yang di perbarui.

Kota Mojokerto terkenal dengan tempat wisata Pacet nya. Kecamatan itu memiliki destinasi wisata yang banyak.
Tempat Wisata Pacet. Image via: tamanwisataku

Sekilas Soal Pacet

Pacet adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Wilayah Pacet berada di kaki dan lereng Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan, dengan ketinggian rata-rata 600 meter di atas permukaan bahari.

Posisi geografis Pacet menempatkan Pacet sebagai salah satu daerah wisata yang diperhitungkan di Jawa Timur. Pemandian air panas, kolam renang, dan arung teladas mampu ditemukan di tempat ini. Air terjun dan wana wisata merupakan pilihan lain yang juga tersedia.

Pacet selain sebagai kawasan wisata juga merupakan tempat pertanian yang sangat subur sebab terletak di antara tiga gunung berapi. Pacet pernah menjadi salah satu daerah penghasil bawang putih terbesar di Jawa Timur sehabis Batu.

Selain menyimpan destinasi keindahan alam, Pacet juga mempunyai beberapa kuliner khas yang melegenda. Olahan Ketan Ireng (hitam) namanya.

Tranposrtasi ke Pacet mampu ditempuh dengan kendaraan langsung maupun umum. Pacet mudah dijangkau dari Mojokerto, Jogja, maupun Surabaya. Untuk pengunjung luar provinsi, mampu memakai pesawat, dengan tujuan Bandara Juanda Surabaya.

11 Tempat Wisata Pacet

  1. Hill Outdoor Park

tempat wisata Pacet ini udaranya berasa sejuk. Dari lokasi ini, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Mojokerto dari ketinggian secara langsung.
Hill Outdoor Park. Image via: pasberita.com

Simak juga: 11 daerah wisata Aceh

Letak dari pacet hill ini di ketinggian lebih dari 1200 mdpl. Oleh karena itu, daerah wisata Pacet ini udaranya berasa sejuk. Dari lokasi ini, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Mojokerto dari ketinggian secara eksklusif.

Wisata perbukitan terlihat lebih romantis jikalau dibandingkan wisata alam lainnya. Kawasan Pacet di kota Mojokerto lebih dikenal semenjak dulu oleh para pengunjung, mengusung konsep alam terbuka. Belum lagi adanya beberapa deck view atau gardu pandangan yang baru-baru ini dibentuk oleh pengelola wisata.

Karena mempunyai pemandangan yang menakjubkan dan mampu melihat pemandangan lebih bebas, maka kawasan wisata Pacet ini cocok sebagai spot foto bersama sahabat dan keluarga. Bahkan di lokasi wisata pacet hill park telah disediakan banyak sekali macam spot foto.

Diantara sekian banyak spot foto di daerah wisata pacet ini, beberapa yang populer meliputi: tanda love yang terbuat dari ranting dahan kreatif, rumah pohon dan bermacam-macam spot foto kece lainnya.

Seperti nama wisata ini yaitu Pacet Hill outdoor park, tidak hanya disediakan banyak spot foto keren namun terdapat beberapa wahana permainan outdoor mirip rafting, fun offroad, paket outbound, paintball dan fasilitas camping ground.

Alamat: Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Claket Adventure Park

di tempat wisata Pacet Claket Adventure Park, pengunjung disambut dengan pemandangan asri yang hijau dan angin pegunungan yang sejuk.
Claket Adventure Park. Image via: travpackerindonesia.com

Sesampainya di daerah wisata Pacet Claket Adventure Park, pengunjung disambut dengan pemandangan asri yang hijau dan angin pegunungan yang sejuk. Pemandangan alam bener-bener indah, dengan ada banyak pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Claket Adventure Park menyediakan bermacam-macam spot foto yang cantik dan pastinya Instagramable. Cukup bayar biaya sekitar 10 – 15 ribu aja, sudah mampu foto-foto di spot-spot yang ternyata ngga cuma keren tapi juga cukup memacu adrenalin.

Ragam spot foto yang ada disini antara lain Undak Wolu, Lembah Cinta, Hammock dan Ayunan. Undak Wolu merupakan rumah pohon atau gardu pandang. Spot mirip ini memang lagi hits di banyak sekali kawasan.

Dari rumah pohon di daerah waisata Pacet ini, pengunjung bisa berfoto dengan pemandangan alam yang hijau dan indah sebagai latar belakangnya. Dari ketinggian ini, pengunjung bisa melihat hamparan perbukitan dan hutan yang keren.

Spot lain yang tidak kalah indah yakni ayunan. Ayunan di kawasan wisata Pacet ini cukup menantang, sebab pengunjung akan diayun di atas ketinggian yang tidak mengecewakan bikin kaki merinding. Pemandunya pun ramah dan mau fotoin dengan sabar.

Alamat: alan Raya Claket-Trawas KM. 03 Dusun Claket, Desa, Dusun Sembong, Claket, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Puthuk Panggang Welut

Saat menginjakkan kaki di pintu masuk tempat wisata Pacet ini, pengunjung disuguhi gerbang melingkar dengan warna-warna indah. Namanya Gerbang Apache
Puthuk Panggang Welut. Image via: explorewisata.com

SImak juga: 11 daerah wisata Wonogiri

Tempat wisata Pacet outdor belakangan makin diminati. Khususnya oleh kawula muda. Banyak spot foto apik dan kekinian tersaji di Puthuk Panggang Welut. Lokasinya berada di dataran tinggi sampai mampu hadirkan panorama bagus dan hawa sejuk memanjakan.

Saat menginjakkan kaki di pintu masuk daerah wisata Pacet ini, pengunjung disuguhi gerbang melingkar dengan warna-warna indah. Namanya Gerbang Apache dan diberi sebutan demikian alasannya adalah bentuknya mirip hiasan kepala suku indian.

Keberadaan payung gantung warna-warni selalu mampu menarik perhatian wisatawan . Usai melewati Gerbang Apache, akan terlihat jalan kecil berkelok dengan hiasan payung aneka warna. Sentuhan kreatif ini bakal menghiasi perjalanan pengujung selama menjelajah sekitar hutan.

Spot ‘Love’ kerap jadi favorit para pengunjung di tempat wisata Pacet ini. Terlihat sangat alami lantaran dibentuk dari rangkaian bunga cantik. Diletakkan di balik watu besar sampai menambah kesan romantis. Tak jarang, spot ini menjadi jujugan untuk lokasi foto pre-wedding.

Tak hanya memberikan deretan spot foto indah, destinasi ini juga sudah mempunyai kemudahan memadai. Selain beberapa tempat duduk, Puthuk Panggang Welut juga menyediakan gazebo nyaman.

Alamat: Nogosari, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 8.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Brambang Outdoor

Meski matahari sedang terik-teriknya, namun suhu di tempat wisata Pacet ini cukup dingin. Sesekali angin dari puncak lembah semilir menerpa wajah.
Brambang Outdoor. Image via: travpackerindonesia.com

Brambang Outdoor ini yakni sebuah daerah wisata yang berada di daerah Perum Perhutani KPH Pasuruan yang dimana di tempat ini anda mampu mengabadikan pose terbaik anda dengan view pemandangan alam yang begitu mempesona.

Suasananya di wisata itu sangat asri. Banyak pohon-pohon pinus begitu rindang dan sejuk bahkan cenderung bersuhu basah. Suasananya di wisata itu sangat asri. Banyak pohon-pohon pinus begitu rindang dan sejuk bahkan cenderung bersuhu basah.

Meski matahari sedang terik-teriknya, namun suhu di tempat wisata Pacet ini cukup cuek. Sesekali angin dari puncak lembah semilir menerpa wajah. Suasana seperti itu bakal menciptakan siapa saja betah untuk berlama-usang.

Rata-rata anak muda Ngabuburit sambil berfoto-foto di area wisata Boss yang berada di daerah lembah Brambang.

Tempat wisata Pcet indah ini mempunyai 15-20 spot selfie menarik di atas ketinggian 600-700 mdpl. Semuanya bisa digunakan untuk pengambilan foto yang menawan.

Spot foto paling terkenal di tempat wisata Pacet ini ialah Love Boss. Di kawasan itu terdapat papan kayu membentuk huruf Love yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Tempat Love Boss berada di lokasi yang lapang. Dari situ mampu melihat panorama pohon-pohon pinus dan hamparan ladang suasana Pacet.

Alamat: Nono, Jl. Pacet, Susuk, Sajen, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Tiket: 10.000

Jam Buka:06.00-18.00

  1. Petung Sewu

Sampai di lokasi tempat wisata Pacet ini, lelah pengunjung akan terbayar dengan indahnya panorama ribuan pohon bambu yang rimbun dan hijau.
Petung Sewu. Image via: news.detik.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Ambarawa

Wisata Panorama Petung Sewu patut dicoba bagi para pecinta petualangan di alam. Udaranya yang sejuk dan panorama alam yang indah, menciptakan wisata hutan bambu ini cocok untuk kamping bersama keluarga atau sekadar berswafoto.

Tempat Wisata Pacet yang satu ini terletak di lereng Gunung Welirang. Untuk menjangkaunya, dibutuhkan tubuh yang fit alasannya adalah harus menyusuri jalan setapak yang membelah hutan selama sekitar 30 menit.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi hijaunya hutan belantara di Taman Raya Raden Soerjo yang masih asri. Udaranya yang sejuk khas pegunungan, bakal memanjakan para pengunjung. Medan jalan setapak ini kebanyakan landai.

Gemuruh ajaran sungai akan menuntun pengunjung ke area hutan Petung Sewu. Sampai di lokasi daerah wisata Pacet ini, lelah pengunjung akan terbayar dengan indahnya panorama ribuan pohon bambu yang rimbun dan hijau.

Bambu yang tumbuh subur di hutan ini hanya jenis Betung atau Petung. Oleh alasannya itu, pengelola menamai wisata alam ini dengan Petung Sewu, atau Petung Seribu. Bentuk bambu yang tumbuh lurus, menciptakan panorama yang menawan.

Ditambah lagi tanah hutan di bawahnya kebanyakan tertutup rerumputan yang hijau menjadi permadani alami di lokasi wisata ini.

Alamat: Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, tepatnya di jalur Cangar, Desa Sendi, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Sendi Adventure Pacet

Sendi Adventure Park merupakan tempat wisata Pacet yang berada di perbukitan dengan pemandangan yang menarik
Sendi Adventure Pacet. Image via: travelingyuk.com

Sendi Adventure Park merupakan daerah wisata Pacet yang berada di perbukitan dengan pemandangan yang menarik. Pengunjung mampu berselfie ditempat yang keren kemudian dengan backgroud lanscape indahnya pemadangan perbukitan.

Selain berbagai spot wisata yang ditawarkan, alam di sekitaran Sendi Adventure ini memang begitu asri dan hijau. Letaknya berada di ketinggian akan memperlihatkan udara yang sejuk. Enak dilihat mata dan sejuk dirasakan. Tiket

Salah satu spot foto yang wajib anda coba di kawasan wisata Pacet ini adalah spot saung pohon. Dimana spot ini dikelilingi oleh taman bunga warna warni, romantis bukan buat berfoto bersama. Selain itu, masih ada banyak pilihan spot lainnya.

Spot jembatan dengan lansekap pegunungan, banyak menarik minat pengunjung. Jembatan ini terbuat dari bambu dan di atas ketinggian. Jika beruntung, pengunjung akan seperti berada di atas awan, saat sedang kabut. Lokasi ini memang benar-benar istimewa.

Hal unik lainnya yakni miniatur Menara Eifel yang terbuat dari bambu. PEngunjung bisa berfoto di atasnya ataupun sebagai latar belakang. Sama-sama elok karenanya. Dipadukan dengan alam sekelilingnya, tambah cantik lagi. Maka dari itulah, jangan lewatkan jalan-jalan ke wisata Pacet, Mojokerto ini.

Alamat: Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka:07.00-17.00

  1. Air Terjun Coban Canggu

tempat wisata Pacet ini memberikan suasana sejuk alami dengan udara yang dingin.
Air Terjun Coban Canggu. Image via: lifestyle.okezone.com

SImak juga: 11 daerah wisata Ubud

Berada di lereng Gunung Welirang, kawasan wisata Pacet ini menunjukkan suasana sejuk alami dengan udara yang masbodoh. Menuju lokasinya, anda harus naik anak tangga yang menanjak dan tidak mengecewakan banyak jumlahnya.

Meski harus berjalan jauh dengan melalui anak tangga menuju lokasi air terjun Coban Canggu, hal itu tidak akan terasa capek. Itu karena selama perjalanan akan disuguhi banyak sekali pemandang alam pegunungan serta pemandangan alam pertanian yang indah.

Di coban Canggu, pengunjung diperbolehkan mandi ataupun bermain air di coban sambil melihat keriuhan kera-kera yang berayun di dahan pohon. di dekat jeram itu juga terdapat sumber air yang diyakini warga sekitar memiliki kegunaan untuk enteng jodoh.

Sejuknya sekitar lokasi juga akan menciptakan betah ditempat ini. Anda mampu berfoto dengan latar belakang penderasan. Selain itu juga bisa bermain air atau berendam di kolam penampungan yang ada di bawh jeram canggu mojokerto.

Selain spot utama adalah riam, akomodasi yang ada di kawasan wisata Pacet ini juga telah disediakan Gazebo untuk yang ingin bersantai atau berteduh. Ada pula kamar mandi, toilet, mushola sudah disediakan. Makara anda tidak perlu khawatir akan ganti pakaian atau ibadah.

Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

tiket: 7.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Air Terjun Grenjengan

Sepanjang perjalanan, pengunjung tempat wisata Pacet ini akan dimanjakan dengan suasana pegunungan
Air Terjun Grenjengan. Image via: Irene Tjahjadi

Air terjun Grenjengan, daerah wisata di Pacet yang mampu menjadi alternatif tujuan wisata yang bisa dikunjungi di kawasan lereng Gunung Merbabu. Selain sejuknya udara khas pegunungan, pengunjung juga akan disuguhkan dengan segarnya ajaran riam.

Sepanjang perjalanan, pengunjung tempat wisata Pacet ini akan dimanjakan dengan suasana pegunungan. Wisatawan dapat melihat rindangnya pohon pinus yang tersebar. Selain itu, terdapat sangkar rusa yang dipelihara oleh Perhutani setempat mengingat kawasan tersebut juga kawasan konservasi.

Suasana semakin alami kalau kita berjalan lebih jauh meninggalkan loket. Pengunjung mampu menjumpai banyak flora paku yang besar dan suasananya membawa kita mirip ditengah hutan. Wisatawan akan banyak mengenal macam-macam tanaman.

Lokasi berfoto yang ada di kawasam Grenjengan Kembar bukan hanya di titik teladas saja. Ada beberapa spot foto yang berada di sepanjang jalan setapak. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang hutan pinus.

Untuk berfoto, hingga ketika ini tidak ada jasa foto yang tersedia. Pengunjung harus membawa perangkat fotografi sendiri. Jika ingin berfoto, kamu disarankan berhati-hati semoga perangkat foto seperti kamera tidak hingga tercebut ke air.

Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 7.000

Jam Buka: 09.00-18.00

  1. Pemandian Air Panas Padusan

Kelebihan lain dari tempat wisata Pacet ini adalah keindahan alam yang hijau serta udara yang sejuk dan asri.
Pemandian Air Panas Padusan. Image via: wartapalaindonesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Probolinggo

Kawasan pemandian air panas ini berada pada ketinggian 800 mdpl di bawah kaki Gunung Welirang. Suhu rata-rata 20 Celsius memebuat tempat ini sejuk. Kelebihan lain dari kawasan wisata Pacet ini yakni keindahan alam yang hijau serta udara yang sejuk dan asri.

Karena kandungan sulfur dan zat kimia berguna lainnya, air panas ini memiliki khasiat media. Sumber air panas di kawasan wisata Lejja disebut mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit rematik dan gatal-gatal.

Selain berendam, tempat wisata Pacet ini juga mampu dijadikan spot keren hunting foto bertema alam. Berjalan menyusuri jalan setapak di sebelah bak, pengunjung akan menemukan sebuah sungai kecil yang berasal dari sumber mata air panas.

Panorama Alam yang indah, sejuk dan Masih Alami. Keindahan alam tercermin dari sumber air panas yang melimpah serta pepohonan yang rindang di sekitar objek wisata merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sedikit tips untuk memaksimalkan nikmat mengunjungi pemandian air panas ini, datanglah untuk berendam pada waktu pagi hari. Karena pada ketika pagi udaranya cukup acuh taacuh sehingga akan terasa sangat nikmat kalau berendam di air hangat.

Alamat: Jl. Pemandian Air Panas Blok NO. 02 Pandusan, Padusan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 7.500

Jam Buka: 09.00-23.00

  1. Joglo Park

Di dalam tempat wisata Pacet ini banyak terdapat ornamen berbentuk Joglo. Sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata juga mendapatkan edukasi tentang bangunan Joglo.
Joglo Park. Image via: explorewisata.com

Sesuai dengan namanya Joglo Park Mojokerto ini memiliki konsep bangunan berupa rumah joglo. Di dalam kawasan wisata Pacet ini banyak terdapat ornamen berbentuk Joglo. Sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata juga mendapatkan edukasi ihwal bangunan Joglo.

Daya tarik wisata Joglo Park Pacet Mojokerto ini terletak pada nuansa alamnya yang sangat indah. Tempat wisata Pacet ini terletak di atas pegunungan. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari gunung walirang, gunung Penanggungan, dan pegunungan Raden Suryo.

Di samping pemandangan yang indah Joglo Park Pacet Mojokerto ini juga memiliki warna-warna unggulan lainnya seperti gedung pertemuan, kolam renang, flyimg fox, columbus, dingklik terbang, atv, bioskop 3D, bugie car.

Untuk wahana kolam renang yang ada di Joglo Park Pacet Mojokerto ini terbilang cukup lengkap. Tempat wisata Pacet ini mempunyai 3 bidang bak renang yang terpisah. Di mana masing-masing kolam renang yang mampu dinikmati oleh belum dewasa, cukup umur, sampai akil balig cukup akal.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana lain, bisa mencoba wahana flying fox. Flying fox di joglo park ini ada 2 line ialah untuk anak dengan panjang ± 90 meter dan untuk cukup umur dengan panjang ± 200 meter.

Alamat:  Jl. Pacet No.KM.3, Dusun Randegan, Warugunung, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tiket: 50.000

Jam Buka: Sabtu-Kamis. 08.00-16.00

  1. Pacet Mini Park

Satu lagi wahana di tempat wisata Pacet yang dapat memacu adrenalin pengunjung, ATV. Dengan mobil offroad, pengunjung akan diajak melintasi jalur-jalur buatan yang menegangkan.
Pacet Mini Park . Image via: tips-indonesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Bantul

Pacet Mini Park taman rekreasi yang menawarkan aneka macam kegiatan wisata yang cukup lengkap. Mulai dari wisata kegiatan outbond hingga water park yang tidak kalah serunya. Sejuknya udara serta fasilitas yang lengkap menyebabkan tempat wisata ini sangat cocok untuk semua kalangan.

Di daerah wisata Pacet ini ada dua bak renang yang disediakan untuk pengunjung. Meski hanya dua, kolam-kolam ini cukup luas. Pengunjung mampu bebas berenang, dan mengajak buah hati bermain. Kolam-bak itu tidak begitu dalam, sehingga aman untuk belum dewasa selama dalam pengawasan.

Yang Istimewa, di tempat wisata Pacet ini ada Flying Fox Thunder. Wahana ini berbeda dengan Flying Fox pada umumnya. Ada rintangan yang perlu dilalui sebelum menaikinya. Pengunjung terlebih dahulu harus menguji ketangkasan di tangga tali dan jembatan goyang.

Satu lagi wahana yang mampu memacu adrenalin pengunjung, ATV. Dengan kendaraan beroda empat offroad, pengunjung akan diajak melintasi jalur-jalur buatan yang menegangkan. Istimewanya, anak-anak pun sudah boleh memainkan wahana satu ini.

Setelah lelah bermain, pengunjung tempat wisata Pacet ini bisa mengisi perut. Di sini terdapat restoran yang siap memanjakan lidah pengunjung dengan sajian khasnya. Ada gurame bakar, ayam goreng, urapan, dan lain-lain yang semuanya diramu bumbu istimewa.

Alamat: Jalan Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung, Pacet, Dusun Patinam, Warugunung, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

tiket: 10.000

Jam Buka:08.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni