11 Kawasan Wisata Situbondo, Menikmati Safari Savana Di Kota Santri

Karena tidak berstatus sebagai Kota Wisata, Situbondo cenderung tidak terlalu sering dikunjungi oleh wisatawan luar kawasan. Padahal kawasan wisata situbondo tidak kelah dibanding tempat lain. Di sini ada hutan nasional baluran, gunung Argopuro, pantai-pantai indah, hingga Savana Bergaya Afrika.

tempat wisata situbondo tidak kelah dibanding tempat lain. Di sini ada hutan nasional baluran, gunung Argopuro, pantai-pantai indah, hingga Savana Bergaya Afrika.
Tempat Wisata Situbondo. Image via: intipersadamultitama.com

Sekilas Soal Situbondo

Kabupaten Situbondo ada di jawa timur, dengan sentra pemerintahan dan ibu kota kabupaten terletak di Kecamatan Situbondo. Kabupaten ini terletak di tempat pesisir utara pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda. Dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan.

Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, acara perekonomiannya tampak aktif. Situbondo memiliki pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial.

Tradisi Ojung merupakan tradisi unik di Situbondo. Tradisi ini berupa pertarungan saling pukul badan dengan memakai senjata rotan yang dimainkan oleh dua orang. Kedua peserta Ojung saling bergantian memukul badan lawannya. Jika peserta satu memukul, maka lawannya akan berusaha menangkis dan menghindar.

Mayoritas warga Situbondo ialah suku Madura, maka bahasa yang dipakai di tempat kabupaten Situbondo yakni bahasa Madura. Tapi ada juga yang memakai bahasa Jawa, sekitar 20% warga Situbondo memakai bahasa Jawa.

11 Tempat Wisata Situbondo

  1. Kampung Kerapu

Atraksi utama tempat wisata Situbondo ini adalah puluhan keramba Kerapu. Selain puluhan keramba ikan ada juga dermaga apung berbentuk melingkar di atas air.
Kampung Kerapu. Image via: idntimes.com

Simak juga: 11 daerah wisata Tretes

Atraksi utama daerah wisata Situbondo ini ialah puluhan keramba Kerapu. Selain puluhan keramba ikan ada juga dermaga apung berbentuk melingkar di atas air. Bentuknya dibentuk sangat instagenic, terlebih jika dilihat dari arah atas.

Dermaga yang menjorok ke tengah maritim dengan panjang sekitar 300 meter tersebut terbuat dari kayu. Pengunjung bisa berjalan-jalan di atas dermaga tersebut sambil melihat puluhan keramba dengan lebih dekat. Jangan lupa untuk ambil foto dengan latar belakang perairan yang damai.

Waktu terbaik untuk datang ke sini pada sore hari. Karena pengunjung kawasan wisata Situbondo ini bisa mengabadikan sunset dengan sangat anggun dalam sebuah foto.

Tempat wisata Situbondo inijuga dilengkapi dengan akomodasi perahu wisata. Dengan menaiki perahu wisata, Teman Traveler bisa mengunjungi keramba-keramba yang ada di tengah air. Selain itu, pengunjung juga bisa memancing berbagai ikan yang dibudidayakan. Objek wisata Kampung Kerapu ini memang dibentuk dengan tujuan untuk mengenalkan sumber daya perairan dan konservasi hayati.

Kawasan Kampung Kerapu Situbondo juga dilengkapi dengan Pedestrian Gundil Situbondo sepanjang kira-kira 30 meter. Yaitu, kawasan penunjang bagi pengunjung yang ingin menikmati lokasi wisata sambil berjalan kaki.

Lokasi: Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Tiket: 35.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Kampung Blekok

Di tempat wisata Situbondo ini banyak burung blekok sawah. Tapi juga ada jenis lain.
Kampung Blekok. Image via: @trisulaphotography

Namanya memang Kampung Blekok. Di Tempat wisata Situbondo ini Suasana nyaman kental terasa. Hal itu eksklusif terasa begitu menginjakkan kaki di kampung yang berjarak 10 kilometer dari Kota Situbondo.

Tidak hanya bahari yang indah, hijaunya mangrove yang merupakan habitat bermacam-macam burung air membuat kita betah selama mungkin di sini. Sejak Tahun 2017, menurut Peraturan Bupati Situbondo, daerah ini ditetapkan sebagai daerah ekowisata mangrove dan burung air.

Di daerah wisata Situbondo ini banyak burung blekok sawah. Tapi juga ada jenis lain. Blekok sawah merupakan burung berukuran 45 sentimeter, bersayap putih. Hidupnya di sawah atau kawasan lembap, sendirian maupun kelompok. Kebiasaannya berdiri diam sembari menunggu mangsa. Setiap sore terbang berpasangan atau berkelompok menuju kawasan istirahat.

Burung-burung di daerah wisata Situbondo ini biasanya beterbangan mencari makan jam 5 pagi dan kembali ke sarang sekitar pukul 5 sore. Mereka terbang dalam beberapa kelompok. Bila pengunjung ingin melihat burung air itu memenuhi langit, dua waktu tersebut saat yang tepat.

Lokasi: Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

tiket: 5.000

Jam Buka: 05.00-18.00

  1. Klenteng Poo Tong Biaw

klenteng Poo Tong Biaw, tempat wisata Situbondo ini juga memiliki arsitektur yang menawan.
Klenteng Poo Tong Biaw. Image via: ihategreenjello.com

Simak juga: 11 daerah wisata Kendari

Selayaknya bangunan peribadatan uamat Tri Dharma lain, klenteng Poo Tong Biaw, kawasan wisata Situbondo ini juga memiliki arsitektur yang menawan. Walau dari sisi ukuran, klenteng ini bangunannya tidak terlalu besar. Dengan balutan warna merah yang mayoritas selayaknya Kelenteng pada umumnya.

Di pintu masuk terpajang rapi benda-benda khas agam bhuda, mulai dari patung naga, ornamen relief tuhan, hingga ember kawasan dupa. Semua terlihat rapi dan enak dipandang. Di dalam bangunan nampak banyak lilin menyala yang dijaga dan diganti rutin oleh penjaga kelenteng.

Tempat peribadatannya pun ditata rapi sehingga orang yang ingin beribadah dapat dengan mudah masuk dan berlalu lalang. Dengan pentaan yang rapi ini pula, walau bangunan kelenteng Poo Tong Biaw ini tidak terlalu besar namun terasa cukup luas dan tidak sempit.

Lokasi: Besuki, sekitar 35 Km dari kota Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah pantai tempat wisata Situbondo yang terletak di Selat Madura. Pantai ini memiliki pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai
Pantai Pasir Putih. Image via: alampriangan.com

Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah pantai kawasan wisata Situbondo yang terletak di Selat Madura. Pantai ini mempunyai pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini memperlihatkan sejuta panorama yang menakjubkan.

Ketika berkunjung ke wisata ini wisatawan akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Ombak nya yang damai memperlihatkan pesona tersendiri dan memungkinkan pengunjung untuk ber-eksplorasi melihat lihat pemandangan di bawah bahari. Di sekeliling pantai ini terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga wisatawan yang berkunjung pada siang hari dapat berteduh di rimbun nya pepohonan ini.

Pada ketika animo liburan, di wisata Pasir Putih ini sering diadakan aneka macam macam event, mulai dari konser musik, lomba bahtera, memancing dan lain lain.

Lokasi: desa Kembang Sambi Kecamatan Bungatan , kabupaten Situbondo , provinsi Jawa Timur

Tiket: 6.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Pantai Pathek

Pantai Pathek terletak di Desa Gelung, karenanya pantai tempat wisata Situbondo ini juga dikenal dengan nama Pantai Gelung
Pantai Pathek. Image via: faktualnews.co

Simak juga: 11 daerah wisata Demak

Pantai Pathek terletak di Desa Gelung, balasannya pantai kawasan wisata Situbondo ini juga dikenal dengan nama Pantai Gelung. Lokasi geografisnya yang berada di jalur pantura, menciptakan Pantai Pathek kerap disinggahi para pengendara untuk sekadar beristirahat sambil melihat suasana pantai yang teduh.

Pantai ini menjadi spot favorit bagi para pemancing tradisional untuk melempar pancing. Dengan teknik merendam setengah badan di pantai, para pemancing tradisional banyak terlihat di siang hari.Sebagai pantai nelayan, Pantai Pathek menjadi lokasi bersandar banyak perahu nelayan.

Di sore hari, pemandangan pantai kawasan wisata Situbondo ini didominasi oleh kegiatan nelayan yang ingin mencari ikan diperairan Selat Madura. Meskipun dikenal sebagai pantai nelayan, Pantai Pathek juga dilengkapi oleh banyak sekali kemudahan penunjang wisata, seperti penginapan dan rumah makan dengan sensasi terapung.

Selain itu, Pantai Pathek juga dilengkapi pendopo di sepanjang garis pantainya. Menikmati masakan khas pesisir sambil merasakan keteduhan Pantai Pathek menjadi salah satu kegiatan favorit yang banyak dilakukan pengunjung. Tidak mengherankan bila Pantai Pathek menjadi salah satu alternatif destinasi wisata pantai yang selain murah, juga menunjukkan kemeriahan bagi pengunjungnya.

Lokasi: Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Tamporah

Pantai tempat wisata Situbondo ini memiliki pasirn putih, air lautnya juga jernih, ada batu karang dab rumput laut yang bertebaran
Pantai Tamporah. Image via: panduanwisata.id

Pantai kawasan wisata Situbondo ini mempunyai pasir putih, air lautnya juga jernih, ada kerikil karang dab rumput bahari yang bertebaran. Pemandangan alam yang disajikan di pantai Tanporah ini pun tidak mengecewakan indah.

Pantai Tampora yang terletak di Desa Tampora tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang tapi mempunyai pasir pantai yang sangat putih serta terdapat tebing bebatuan.

Pantai Tampora yang berjarak setengah jam dari terminal Besuki, Situbondo ini memang tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang tapi mempunyai tebing bebatuan ini mampu dibilang masih alami dan sepi pengunjung, jadi kau tidak perlu khawatir kehabisan kawasan parkir.

Selain infrastruktur jalan sudah bagus, di sekitar lokasi pantai dikala ini juga telah dibangun fasilitas dan sarana dan prasarana pendukung, seperti toilet, kawasan peristirahatan pengunjung, musholla dan gazebo.

Lokasi:  Desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Waduk Bajul Mati

Waduk Tempat wisata Situbondo ini Bukan tempat baru, Waduk Bajulmati ini sebelumnya digunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk pengairan, pelabuhan, pembangkit listrik mikrohidro, dan juga untuk wisata.
Waduk Bajul Mati. Image via: catatannobi.com

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Waduk Bajulmati ini berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo. Waduk Tempat wisata Situbondo ini Bukan tempat gres, Waduk Bajulmati ini sebelumnya digunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk pengairan, pelabuhan, pembangkit listrik mikrohidro, dan juga untuk wisata.

Waduk dengan luas 91hektar ini, pada musim liburan, menjadi salah satu destinasi yang cukup hits dan banyak mengundang wisatawan. Banyak yang tiba ke sini karena ingin melihat pemandangan atau mengabadikan keindahannya. Karena tak bisa dipungkiri Waduk Bajulmati ini sangat memikat hati.

Saat menjejakkan kaki di tempat wsiaat Situbondo Waduk Bajulmati, hal pertama yang bakal dirasakan yakni kesejukan alam dan bunyi aliran air dan semilir angin. Panoramanya penuh dengan panorama hijau. Karena lokasinya yang cukup atau bisa dibilang sangat lebar, perlu untuk menyusurinya dengan motor atau kendaraan beroda empat.

Lokasi ini disebut miniatur Raja Ampat alasannya memang banyak gundukan-gundukan perbukitan tidak terlalu besar yang tersebar di Waduk Bajulmati. Kalau dibandingkan dengan Raja Ampat memang masih kalah jauh, tapi panoramannya akan membuai para wisatawan yang tiba.

Lokasi: Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Tempat wisata Situbondo Pantai Bama, lokasinya yang berada di ujung taman nasional Baluran.
Pabtai Bama. Image via: jejakbocahilang

Tempat wisata Situbondo Pantai Bama, lokasinya yang berada di ujung taman nasional Baluran. Ini menciptakan pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Positifnya, biota lautnya tumbuh dengan baik, bahkan terumbu karang di Baluran terbilang istimewa.

Setiba di Pantai Bama, wisatawan bakal dimanjakan pemandangan hutan bakau. Di hutan bakau yang lebat itu, monyet liar dan burung tampak di pepohonan mangrove. Inilah yang menjadi keunikan hutan bakau Pantai Bama.

Untuk menikmati hutan bakau, wisatawan meniti jembatan yang dibangun di sela-sela hutan bakau – yang berfungsi sebagai jalan setapak. Berjalan ke barat menyusuri jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan detail tanaman mangrove berujung pada jembatan pandang.

Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai, yang ingin melaksanakan acara memancing.

Meski terdapat di ujung taman nasional, Pantai Bama layak disebut sebagai harta karun Taman Nasional Baluran. Fasilitas penjunjang tempat wisata Situbondo ini juga lengkap, mirip kamar bilas, rumah makan, dan daerah istirahat.

Lokasi: TamanNasional Baluran, Situbondo, Jawa TImur

Tiket: –

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Bekol Savannah

banyak yang menyebut tempat wisata Situbondo ini sebagai miniatur Afrika di Jawa Timur.
Bekol Savannah. Image via: febridwicahya.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Sabang

Bekol Savannah merupakan objek wisata alam andalan di Taman Nasional Baluran. Padang rumput yang luas yang terdapat di savana ini seperti dengan alam liar yang ada di Afrika, dalam film tarzan. Karena kesamaan tersebut, banyak yang menyebut kawasan wisata Situbondo ini sebagai miniatur Afrika di Jawa Timur.

Setelah tiba di lokasi Bekol Savanna pengunjung akan disambut oleh padang rumput yang sangat luas yang membuat mata tidak pernah bosan melihat. Gunung Baluran ialah latar belakang pemandangan yang akan kita lihat, yang terlihat sangat elok dan anggun.

Sekitar Bekol Savanna pengunjung dapat menemukan aneka macam hewan liar yang hidup di sekitar taman nasional mirip Rusa, kerbau liar dan aneka macam jenis burung. Keberadaan tanaman liar Acacia nilotica membuat pemandangan di sekitar Bekol Savanna menjadi semakin menarik dan benar-benar alami.

Jika ingin menerima pengalaman yang luar biasa di daerah wisata Situbondo Bekol Savanna, usahakan datang di sana pada waktu fajar untuk melihat matahari terbit nan indah. Percikan sinar matahari yang menyinari rumput sekitar savana ialah pemandangan yang benar-benar membuat mata tidak ingin berkedip.

Lokasi: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

tiket: 10.000

Jam Buka: 07.30-16.30

  1. Puncak Rengganis Argopuro

Gunung tempat wisata Situbondo ini memiliki ketinggian 3.088 Meter yang merupakan bagian dari pegunungan yang yang berada di Kabupaten Probolinggo.
Puncak Rengganis Argopuro. Image via: Asteknoedia 

Gunung Argopura merupakan bekas gunung berapi aktif yang terletak di Situbondo. Gunung tempat wisata Situbondo ini memiliki ketinggian 3.088 Meter yang merupakan bab dari pegunungan yang yang berada di Kabupaten Probolinggo.

Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak. Salah satunya yakni puncak Rengganis. Selain mempunyai daya tarik khas puncak gunung, di Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya.

Puncak Dewi Renganis ini, konon merupakan bekas kawah welirang dan menggandung nilai sejarah yang masih belum terungkap. Pada hari-hari biasa  Gunung Argopuro memang jarang pengunjungnya, namun pada waktu liburan sekolah puncak Rengganis ramai dikunjungi pendaki.

Keelokan panorama kawasan wisata Situbondo Puncak Rengganis ini tak kalah dibandingkan puncak-puncak gunung lain yang ada di Wilayah Jawa Timur. Selain pemandangan alam, puncak Dewi Rengganis ini mengandung nilai historis, pemandangan alamnya masih ‘perawan’ atau asri.

Lokasi: Desa Baderan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air terjun Talempong

Konon lumut di tempat wisata Situbondo ini bukan sembarang lumut. Lumut itu merupakan lumut ajaib yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu
Air terjun Talempong. Image via: liputan6.com

Simak juga: 11 daerah wisata Banyumas

Air Terjun Talempong di Situbondo, Jawa Timur, bisa menjadi tujuan daerah wisata Situbondo baru bagi masyarakat setempat maupun luar tempat. Menikmati teladas di sini dikala pagi hari sangat menyegarkan siapa pun yang datang.

Udara sejuk dan air yang sangat masbodoh tentu juga mampu menyegarkan wisatawan dari kepenatan usai beraktivitas selama seminggu. Selain air yang menyegarkan, banyak lumut hijau yang menyelimuti bebatuan di dasar air terjun ini.

Konon lumut di tempat wisata Situbondo ini bukan sembarang lumut. Lumut itu merupakan lumut asing yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Wisata di penderasan ini memang menyenangkan. Banyak pemandangan indah yang masih sangat alami tersaji di sini. Bahkan, dikala memasuki gapura Desa Talempong, udara masbodoh sudah menyambut. Belum lagi pepohonan kesambi yang tumbuh di kanan kiri jalan menuju penderasan juga menjadi objek keindahan tersendiri.

Sampai di lokasi, menu gemercik riam mengundang  pengunjung  termakan menyentuhnya. Bahkan tak segan wisatawan menceburkan diri di ‘kolam’ gerojokan ini. Di samping itu, lokasi wisata ini juga sangat keren untuk dijadikan latar untuk foto bersama atau foto sendiri.

Lokasi:Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni