11 Kawasan Wisata Sumenep, Mengagumi Keindahan Ujung Timur Pulau Madura

Sebagai salah satu kabupaten di Pulau Madura, sumenep bisa dikatakan Pusat-nya Perdaban Madura. Tempat wisata Sumenep berupa warisan sejarah budaya, seperti Istana dan masjid Jami menjadi justifikasi atas hipothesa itu.

Tempat wisata Sumenep banyak berupa warisan sejarah, seperti Istana dan masjid Jami menjadi justifikasi atas hipothesa itu.
Tempat Wisata Sumenep. Image via: wikipedia.net

Sekilas Soal Sumenep

Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur Pulau Madura merupakan wilayah yang unik. Kabupaten ini  terdiri wilayah daratan dengan pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau. Jumlah pulau berpenghuni di Kabupaten Sumenep hanya 48 pulau.

Sumenep mempunyai Rujak yang Unik, Rujak Dulit. Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak Sumenep menggunakan lontong, singkong rebus, timun, irisan tahu goreng, sayur rebus yang terdiri dari kangkung, kacang panjang, dan kecambah, dengan toping keripik singkong.

Bahasa yang dipakai sehari-hari masyarakat ialah  bahasa Madura. Selain itu beberapa tempat di Pulau Sapeken dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, bahasa yang dipakai yakni bahasa Bajo, bahasa Mandar, bahasa Makasar dan beberapa bahasa kawasan yang berasal dari Sulawesi.

Sumenepp mempunyai Pelabuhan Kalianget, yang melayani penumpang dari daratan Sumenep ke wilayah Kepulauan maupun sebaliknya. Sumenep juga punya Bandara, yalni Bandar Udara Trunojoyo. Unutk angkutan darat, Sumenep memilki Terminal Bus Arya Wiraraja.

11 Tempat Wisata Sumenep

  1. Museum Keraton Sumenep

Museum tempat wisata Sumenep ini menyimpan beragam peninggalan sejarah dari Keraton Sumenep di mana sebagian besar merupakan peninggalan bangsawan Sumenep.
Museum Keraton Sumenep. Image via: festivaljalanjalan.com

Simak juga: 11 tempat wisata Sleman

Museum daerah wisata Sumenep ini menyimpan bermacam-macam peninggalan sejarah dari Keraton Sumenep di mana sebagian besar merupakan peninggalan ningrat Sumenep. Museum ini memiliki 480 koleksi yang digolongkan dalam beberapa jenis.

Luas bangunan yang diperuntukkan untuk museum yakni sekitar 2.000 m², yang terbagi menjadi tiga bab yang terletak di depan atau luar kraton dan di dalam keraton.

Setelah dijadikan museum, bangunan museum tempat wisata Sumenep ini juga ini dipakai untuk menyimpan atau memajang kereta kencana yang merupakan peninggalan Keraton Sumenep pada abad pemerintahan Sultan Abdurrachman (1812-1854).

Museum ini juga terdapat koleksi Al-Qur’an yang berukuran panjang 4 meter dengan lebar 3 meter dengan berat sekitar 500 kilogram. Kitab raksasa ini ditulis pada tahun 2005 oleh seorang perempuan bernama Yanti dari Desa Bluto dengan waktu pembuatan selama enam bulan.

Koleksi lain di tempat wisata Sumenep ini berupa peralatan upacara tradisional, pendupaan dan lampu, serta alat upacara. Ada juga perlengkapan hiasan, alat berhias, dan alat meramu jamu tradisional. Terdapat sejumlah koleksi alat kesenian tradisional maupun alat musik keislaman.

Lokasi: Jalan Dr. Sutomo nomor 6, lingkungan Delama, Pajagalan, kota Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 4.000

Jam Buka: 07.00-15.30

  1. Masjid Agung Sumenep

Masjid Jamik tempat wisata Sumenep saat ini telah menjadi salah satu landmark di Pulau Madura.
Masjid Agung Sumenep. Image via: radarmadura.jawapos.com

Masjid jamik Panembahan Somala atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu bangunan 10 masjid tertua dan memiliki arsitektur yang khas di Nusantara. Masjid Jamik tempat wisata Sumenep saat ini telah menjadi salah satu landmark di Pulau Madura.

Arsitektur bangunan masjid sendiri, secara garis besar banyak dipengaruhi unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Salah satunya pada pintu gerbang pintu masuk utama masjid yang corak arsitekturnya bernuansa kebudayaan Tiongkok.

Untuk Bangunan utama masjid kawasan wisata Sumenep ini secara keseluruhan terpengaruh budaya Jawa pada bagian atapnya dan budaya Madura pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid. Sedangkan interior masjid lebih cenderung bernuansa kebudayaan Tiongkok pada bab mihrab.

Masjid ini juga dilengkapi minaret yang desain arsitekturnya terpengaruh kebudayaan Portugis. Minaretnya memiliki tinggi 50 meter terdapat di sebelah barat masjid, dibangun pada pemerintahan Kanjeng Pangeran Aria Pratingkusuma.

Di kanan dan kiri pagar utama yang masif juga terdapat bangunan berbentuk kubah. Pada Masa pemerintahan Kanjeng Tumenggung Aria Prabuwinata pagar utama yang cenderung masif dan tertutup, di mana semula dimaksudkan untuk menjaga ketenangan jema’ah dalam menjalankan ibadah diubah total berganti pagar besi.

Lokasi: Dalem Anyar, Bangselok, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Giliyang

Tempat wisata Sumenep Gili Iyang punya daya pikat sebagai wisata kesehatan. Pasalnya, pulau tersebut terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yakni 21,5 persen.
Pulau Giliyang. Image via: tagar.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Kupang

Tempat wisata Sumenep Gili Iyang punya daya pikat sebagai wisata kesehatan. Pasalnya, pulau tersebut terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, adalah 21,5 persen.

Pengunjung dapat melaksanakan berbagai acara menyenangkan di Pulau kawasan wisata Sumenep ini. Mulai dari menyelam, bersantai di pantai berkarang, atau bermain-main di pantai dengan pasir yang indah.

DI pantai di Gili Iyang dipenuhi dengan hiasan bebatuan karang. Dari celah-celah batu karang ini, pengunjung mampu menyaksikan sinar matahari pagi atau sore yang manis.

Salah satu pantai yang menjadi acuan banyak wisatawan di pulau kawasan wisata Sumenep ini adalah Pantai Ropet. Berkunjung ke pantai ini, sebaiknya datang pagi-pagi sekali. Setelah sunrise keluar malu-aib, pengunjung akan disuguhi sarapan oleh ibu-ibu sekitar. Sarapan mampu disantap di balai khusus untuk makan.

Selama berada di Gili Iyang, pengunjung mampu menuju sejumlah destinasi wisata lainnya, mirip ke goa di tepian pantai Gili Iyang. Ada sejumlah goa yang mampu dikunjungi wisatawan. Ada 7 goa di Desa Banra’as dan 3 goa di Desa Bancamara

Alamat: Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 40.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Gili Labak

Pantai tempat wisata Sumenep ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan fotografi. Selain pemandangan sekitarnya yang sangat cantik, hamparan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini bisa menjadi latar belakang sempurna yang menyegarkan bagi penikmatnya
Pulau Gili Labak. Image via: piknikdong.com

Objek Wisata Pantai Gili Labak memperlihatkan begitu banyak hal yang bisa dilakukan, sembari menikmati keelokan kawasan wisata Sumenep ini. Aneka kegiatan Pantai yang bisa dilakukan di tempat ini.

Pantai ini sangat cocok untuk melakukan acara fotografi. Selain pemandangan sekitarnya yang sangat bagus, hamparan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini bisa menjadi latar belakang sempurna yang menyegarkan bagi penikmatnya.

Pemandangan bawah maritim sekitar daerah wisata Sumenep ini sangat mempesona. Di sana telah tersedia penyewaan alat menyelam. Para nelayan biasanya dengan bahagia hati mengantarkan pengunjung menuju spot menyelam yang populer.

Pantai kawasan wisata Sumenep ini juga mengijinkan berkemah. Pengunjung mampu menikmati Pantai pada malam hari bersama taburan bintang. Pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise kalau bermalam di daerah ini.

Pengunjung dapat juga mengelilingi pulau manis kawasan wisata Sumenep ini. Pengunjung mampu menyewa perahu milik nelayan. Air Pantai Gili Labak sangat jernih, berada di atas kapalpun masih memungkinkan melihat ikan-ikan dan karang di dalamnya.

Alamat: Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 80.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Pulau Gili Genting

Gili Genting merupakan sebuah kecamatan. Tempat wisata Sumenep terkenal di pulau ini adalah Pantai Sembilan.
Pantai 9, Gili Genting. Image via: explorewisata.com

Simak juga: 11 daerah wisata Situbondo

Pulau ini merupakan pulau yang berada di tempat Kabupaten Sumenep dan terletak sebelah tenggara Pulau Madura dengan luas mencapai 30,31 km persegi. Gili Genting merupakan sebuah kecamatan. Tempat wisata Sumenep populer di pulau ini yakni Pantai Sembilan.

Dulunya, Pantai Sembilan merupakan sebuah pelabuhan kecil. Tempat bersandar perahu-perahu penyeberangan yang menghubungkan antara Pulau Gili Genting dengan pulau yang ada di seberangnya. Kini, Pantai Sembilan telah berubah drastis menjadi salah satu daerah wisata Sumenep yang populer.

Daya tarik utama Pantai Sembilan berupa gundukan pasir yang terbentuk sendiri dan ibarat angka hoki, ialah sembilan. Pantai ini sendiri menyuguhkan pemandangan yang sangat memesona, dengan pasir pantai berwarna putih higienis dan deburan ombak serta angin yang bertiup pelan.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Sembilan, juga terdapat tempat wisata Sumenep lainnya. Yaitu Pantai Miring dan Pantai Wangi. Sama seperti Pantai Sembilan, kedua pantai ini juga masih mempunyai nuansa alam yang asri sehingga mampu dijadikan destinasi wisata alternatif saat berkunjung ke Pulau Madura.

Alamat: Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pulau Sapekan

Para penikmat pemandangan bawah laut tidak akan menyesal mendatangi Pulau Sapeken tempat wisata Sumenep ini sebagai destinasi wisata
Snorkeling di Pulau Sapekan. Image via: berbenahdiri

Sapeken Island, demikian para pengunjung menyebut pulau kecil daerah wisata Sumenep ini. Pantai sekeliling pulau mempunyai pasir putih. Pengunjung mampu terlebih dahulu menikmati pantai sebelum masuk lebih dalam menjelajahi isi pulau.

Para penikmat pemandangan bawah bahari tidak akan menyesal mendatangi Pulau Sapeken daerah wisata Sumenep ini sebagai destinasi wisata. Selain berguru mengenal alam, pengunjung juga akan dibawa berkeliling untuk melihat acara-aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat beserta budbahasa-istiadat yang berlaku di kawasan ini.

Di samping pemandangan bawah laut, terdapat hutan mangrove yang tumbuh subur di Kepulauan Kangean ini. Hutan mangrove di sini menyumbang hampir 85 persen dari seluruh hutan mangrove yang ada di provinsi Jawa Timur.

Selain sebagai hutan wisata, hutan mangrove juga menunjukkan sumbangsih terhadap pemerintah dalam bentuk kayu mangrove sebagai bahan bangunan, pupuk, kayu bakar, dan lain sebagainya. Namun, alasannya seringnya penebangan terhadap pohon ini, kelestarian dan keamanan pantai terhadap abrasi bahari semakin terancam.

Lokasi: Kepulauan Kangean, Sumenep, Jawa Timur.

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Lombang

Kegiatan favorit pengunjung pantai tempat wisata Sumenep ini adalah bermain air disepanjang Pantai.
Pantai Lombang. Image via: pesonawisatapulaumadura

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Kegiatan favorit pengunjung pantai kawasan wisata Sumenep ini yaitu bermain air disepanjang Pantai. Hal ini bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Lombang. Arus ombaknya yang cukup hening membuat Pantai ini aman untuk dijadikan tempat berenang.

Untuk menambah keseruan, tersedia juga pelampung, ban, atau Papan Surfing yang disewakan oleh penduduk sekitar. Bagi yang bahagia snorkeling, mampu melakukannya di Pantai ini.

Selain memiliki pasir putih, keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Lombang yaitu tumbuhnya Pohon Cemara Udang. Bentuk ranting-rantingnya yang membungkuk seperti udang membuat pohon ini dipanggil sebagai cemara udang. Konon katanya tidak semua Pantai bisa ditumbuhi oleh jenis tanaman ini.

Setelah berenang dan bermain di sepanjang Pantai, niscaya pengunjung tempat wisata Sumenep ini bisa mencoba kuliner khas sumenep. Di Pantai ini banyak warung-warung yang menjajakan aneka kuliner dan minuman. Adapun kuliner khas yang bisa Anda cicipi ialah Rujak Lontong Madura.

Pengunjung pantai kawasan wisata Sumenep ini mampu bermalam dengan menyewa penginapan disekitar Pantai. Pengunjung mampu menikmati keindahan Pantai Lombang dimalam hari sambil membakar ikan di tepi Pantai.

Lokasi: Pantai Lombang, Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Pantai Ambuten

Pantai tempat wisata Sumenep ini memiliki hamparan air dan pasir yang sangat luas. Masyarakat menyebutnya dengan Pantai Ambunten. Pantai indah ini belum terjamah oleh masyarakat luas.
Pantai Ambuten. Image via: mzrick27

Pantai tempat wisata Sumenep ini mempunyai hamparan air dan pasir yang sangat luas. Masyarakat menyebutnya dengan Pantai Ambunten. Pantai indah ini belum terjamah oleh masyarakat luas. Sebab, tidak banyak orang yang tahu Pantai Ambunten tersebut.

Di sebelah barat Pantai Ambunten tedapat formasi karang yang berderet di sepanjang tepi pantai bersama pohon-pohon kelapa. Gugusan karang ini oleh penduduk setempat dinamai Karang Tangis. Sementara Sungai Ambunten sering dijadikan sebagai pelabuhan bahtera-bahtera nelayan.

Perahu-perahu nelayan diikatkan pada pohon-pohon kepala yang berderat di tepi sungai, pada masing-masing pohon kelapa. Di kawasan wisata Sumenep ini  terdapat dermaga untuk jalan meniti yang terbuat dari sebilah atau dua bilah bambu yang diikat melintang di batang kelapa.

Terdapat juga panorama Goa Gambar yang terletak di Desa Tambaagung Barat, yang tidak seberapa jauh dari pantai ambuten. Juga ada beberapa sungai yang indah yang terletak di Desa Ambunten Tengah ialah Sungai Dam Pelat.

Lokasi:  Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

Tiket: 7.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Tinggi Daramista

Wisata Bukit Tinggi Daramista merupakan salah satu tempat wisata Sumenep yang menanjak popularitasnya
Bukit Tinggi Daramista. Image via: dowes29

Simak juga: 11 daerah wisata Kendari

Wisata Bukit Tinggi Daramista merupakan salah satu kawasan wisata Sumenep yang menanjak popularitasnya. Obyek wisata yang dikelola secara swadaya oleh warga sekitar ini, menyajikan panorama dataran tinggi yang manis.

Di sini pengunjung dapat menikmati kota Sumenep dari atas Ketinggian. Tak hanya itu, pengunjung juga mampu melihat moment matahari terbit dan karam dengan bebas. Meskipun jalannya masih berupa jalan desa, namun sudah cukup mulus hingga lokasi.

Pengelola bukit kawasan wisata Sumenep ini mendirikan medesain daerah ini menjadi berbeda dengan daerah-kawasan lain. Awalnya hanya beberapa gazebo saja untuk sekedar menikmati pemandangan alam. Kini berubah menjadi sebuah destinasi wisata tersendiri dengan bermacam-macam obyek yang ditawarkan.

Lokasi-lokasi untuk selfie mempunyai nama-nama yang unik seperti Home Love, Bird’s Nest, Zona Kece and Hits, Hometrees, Happy Swing, Sweet Town, dan Zona Warrior yang terdiri dari flying fox dan flying bike. Tersedia juga cafetaria untuk sekedar ngopi atau menikmati camilan sambil duduk di gubug-gubug.

Lokasi:  Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-22.00

  1. Pulau Mamburit

Luas pulau tempat wisata Sumenep ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan dikelilingi oleh pasir putih.
Pulau Mamburit. Image via: pulaukangean12

Pulau Mamburit terletak di sebelah barat Pulau Kangean dan berjarak kurang lebih 200m dan mampu ditempuh dengan bahtera tongkang dengan biaya 5rb/orang. Luas pulau tempat wisata Sumenep ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan dikelilingi oleh pasir putih.

Disini, pengunjung mudah mendapatkan Ikan laut dengan membeli pribadi ke nelayan dan jelas masih segar, beli langsung ke keramba pun bisa hehe. Dan yang memjadi populer pulau ini yaitu buah Sukun nya yang yummy besar dan elok.

Pulau Mamburit juga menjadi salah satu andalan tempat wisata Sumenep. Hanya ada puluhan kepala keluarga di Pulau Mamburit, namun semuanya mempunyai keramahan. Jumlah penduduk setempat yang hanya segelintir orang, justru bisa membuat pengunjung lebih bersahabat dengan mereka.

Waktu yang paling pas untuk mendatangi Pulau Mamburit yakni dikala matahari akan terbenam. Pancaran cahaya matahari yang membias di lautan akan menjadi pemandangan alam yang indah. Puas mengelilingi pulau, kau bisa merasakan menu khas Mamburit mirip gorengan dan kopi panas.

Disini juga ada makam yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Uniknya bila meminta permohonan pada makam tersebut, pengunjung akan menancapkan lidi seukuran jengkal. Konon Jika permohonan terkabul maka panjang lidi akan bertambah panjang dan jikalau tidak terkabul maka ukuran lidi tidak berubah.

Lokasi: Kepulauan Kangean, Sumenep, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Slopeng

Dikarenakan pantai tempat wisata Sumenep ini luas, untuk megelilinginya pengunjung disediakan fasilitas kuda yang bisa disewa oleh pengunjung
Pantai Slopeng. Image via: @amin_galery

Simak juga: 11 kawasan wisata Demak

Pantai tempat wisata Sumenep yang berbatasan dengan Kecamatan Ambunten ini mempunyai pasir pantai yang luas. Pengunjung mampu leluasa bermain dan berjalan-jalan di pasirnya yang lembut. Karena banyaknya pasir yang ada di Pantai Slopeng, memunculkan gundukan pasir setinggi 15 meter.

Gundukan pasir ini nampak menyerupai dataran pegunungan di dataran tinggi. Di atas gundukan pasir tersebut, terdapat sejumlah pohon-pohon kecil yang semakin tampak ibarat dataran pegunungan, meski lokasinya di pantai.

Dikarenakan pantai tempat wisata Sumenep ini luas, untuk megelilinginya pengunjung disediakan kemudahan kuda yang bisa disewa oleh pengunjung. Kaprikornus, pengunjung bisa puas jalan-jalan di pantai tanpa harus merasa kelelahan.

Selain itu, air dari pantai ini juga membuat para wisatawan betah berlama-usang. Disebabkan warnanya yang biru dan sangat memanjakan mata pengunjung. Kemudian, air laut ini juga sangat menarik bila dijadikan sebagai latar berfoto.

Lokasi:  Sema”an, Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket:-

Jam Buka: 08.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni