11 Kawasan Wisata Tuban, Keindahan Di Area Ladang Dakwah Sunan Bonang

Destinasi kawasan wisata Tuban sangat layak untuk diperhitungkan. Pilihan daerah wisata yang tersedia pun sangat beragam mulai dari wisata alam, pantai, sampai wisata religi. Dari sekian banyak daerah wisata tersebut pada artikel ini kami akan bahas 11 diantaranya.

Destinasi tempat wisata Tuban sangat layak untuk diperhitungkan. Pilihan tempat wisata yang tersedia pun sangat beragam mulai dari wisata alam, pantai, hingga wisata religi.
Tempat Wisata Tuban. Image via: @winarto_26

Sekilas Soal Tuban

Kabupaten Tuban  ialah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Tuban mempunyai titik terendah, ialah 0 m dpl yang berada di Jalur Pantura dan titik tertinggi 500 m yang berada di Kecamatan Grabagan.

Sandur merupakan pertunjukan rakyat khas TUban yang digelar di tanah lapang atau di halaman yang bersifat komunal. Penonton duduk di sekeliling pementasan. Lagu Tombo Ati, merupakan lagu ciptaan Sunan Bonang dan menjadi nyanyian dan shalawatan di tempat Tuban pada kala penyebaran Agama Islam.

Ketinggian daratan di Kabupaten Tuban bekisar antara 0 – 500 mdpl. Sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan kondisi bervariasi dari agak kering sampai sangat kering yang berada di 19 kecamatan, sedangkan yang beriklim agak basah berada pada 1 kecamatan.

Tuban memiliki letak yang strategis, adalah di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama Kerajaan Majapahit.

11 Tempat Wisata Tuban

  1. Pantai Boom

Tempat wisata Tuban, Pantai Boom terdapat banyak perahu yang bersandar. Perahu-perahu inilah yang menambah esoktisnya tempat ini
Pantai Boom. Image via: tripadvisor.co.za

Simak juga: 11 daerah wisata Cilacap

Tempat wisata Tuban, Pantai Boom terdapat banyak perahu yang bersandar. Perahu-bahtera inilah yang menambah esoktisnya daerah ini. Selain itu, bentuknya yang landai, menciptakan tempat ini bisa digunakan sebagai kawasan wisata yang ramah keluarga.

Menikmati daerah ini mampu dengan berbagai macam. Salah satunya yaitu dengan duduk di gazebo-gazebo yang sudah disesdiakan. Berada disini, hati menjadi hening, teduh dan juga hening. Apalagi, dikala berkunjung kesini ditemani dengan orang-orang yang dicintai.

Selain itu, pengunjung tempat wisata TUban ini juga bisa memakai perahu nelayan ini sebagai salah satu spot foto. Perahu ini juga mampu digunakan untuk mengantar pengunjung berkeliling di sekitar pantai. Merasakan bagaimana sejuknya angin pantai yang berhembus.

Warga sekitar daerah wisata tuban ini ramah dan bersahaja. Pada dikala diantar berperahu, pengunjung mampu bercengkrama dengan nelayan. Rasanya, mirip bercengkrama dengan saudara sendiri yang lama tidak bertemu.

Waktu yang tepat untuk datang ke tempat ini adalah pagi dan juga sore hari. Jika, di pagi hari, bisa menikmati segarnya udara segar. Kualitas udara di tuban memang masih baik. Sehingga, pagi adalah waktu yang sempurna untuk mencari udara segar.

Alamat: Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 2.500

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Sowan

Pantai tempat wisata Tuban ini memiliki areal yang luas. Keunikan pantai Sowan adalah luasnya area yang ditumbuhi berbagai jenis pohon.
Pantai Sowan. Image via: kangrey.com

Pantai daerah wisata Tuban ini memiliki areal yang luas. Keunikan pantai Sowan adalah luasnya area yang ditumbuhi berbagai jenis pohon. Wisatawan yang bermain di pantai ini akan merasa lebih teduh akhir lindungan pepohonan yang berukuran besar.

Pohon yang tumbuh bermacam-macam jenis. Mulai dari pohon trembesi, klampis sampai mahoni. Ada juga pohon tapis yang menghasilkan buah seperti asam. Pohon-pohon tersebut sangat membantu dalam menghijaukan pemandangan di pantai ini.

Pengunjung yang ingin berjalan-jalan menyusuri hutan juga diperbolehkan. Menyusuri hutan ini termasuk acara yang aman, alasannya terdapat jalan setapak kecil di sekitar hutan. Di dalam hutan pun tidak terdapat satwa liar sehingga memungkinkan untuk mengajak anak kecil.

Layaknya pantai pada umumnya, pengunjung pantai kawasan wisata Tuban ini bisa berpiknik di sini. Pengunjung bisa membawa makanan dan tikar sendiri kemudian memulai piknik di atas pasir pantai yang putih. Biasanya disertai dengan bermain musik bersama sobat dan anggota keluarga.

Berfoto di area wisata ini ialah aktivitas yang wajib dilakukan. Banyak daerah menarik yang bisa digunakan untuk berfoto.Ada sepeda gantung yang mampu dipakai sebagai ajang untuk berfoto. Selain itu ada juga karpet terbang yang unik dijadikan kawasan berfoto.

Alamat: Bogoran, Bancar, Bogoran, Bogorejo, Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 8.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Cemara

Sesuai dengan namanya, tempat wisata Tuban Pantai Cemara ini memiliki keunikan yaitu dengan keberadaan pohon-pohon cemara yang hijau nan rindang.
Pantai Cemara. Image via: caripantai.com

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata Tuban Pantai Cemara ini mempunyai keunikan ialah dengan eksistensi pohon-pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawah pohon-pohon cemara terasa begitu sejuk di tengah teriknya cahaya matahari.

Tempat yang seperti ini sangatlah cocok untuk makan-makan bersama sahabat-sobat atau keluarga. Dengan menggelar tikar di antara sela-sela pohon cemara. Jika tidak membawa tikar, pengunjung mampu juga bersantai di gazebo-gazebo kecil atau yang biasa di sebut bilik cinta.

Untuk pasir pantai, daerah wisata Tuban ini mempunyai pasir berwarna putih kecokelatan. Air lautnya cukup jernih, dengan ombak yang terbilang cukup hening. Pantai ini cukup aman dipakai untuk bermain air dan bermain pasir.

Di tempat wisata TUban ini pengunjung dapat menunggang kuda ataupun menaiki delman untuk menyusuri bibir pantai. Selain kuda terdapat pula ATV yang dapat sahabat sewa untuk bersenang-bahagia.

Berwisata nampaknya kurang lengkap jika belum berfoto-foto atau berselfie ria. Dengan berfoto di pantai ini pengunjung akan terpuaskan dengan landscape panorama pantainya yang indah. Tak hanya background panorama alami pantai, pengunjung juga mampu berfoto di spot-spot foto kekinian yang disediakan oleh pengelola pantai.

Alamat: Jln. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Kelapa

Penamaan Tempat wisata Tuban ini berdasarkan fakta daerah di wisata ini yang banyak dikelilingi oleh pohon kelapa.
Pantai Kelapa. Image via: jornaldabahia.net

Pantai Kelapa atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Panyuran. Penamaan Tempat wisata Tuban ini berdasarkan fakta tempat di wisata ini yang banyak dikelilingi oleh pohon kelapa. Untuk memudahkan para wisatawan dalam mengingat kawasan wisata ini, maka penamannya pun disebut Pantai Kelapa.

Tempat wisata Tuban ini memiliki lingkungan yang higienis. Sehingga orang-orang yang tiba ke tempat ini ketagihan untuk tiba. Di sekitarnya juga ada hutan bakau yang menciptakan lingkungan makin asri.

Tidak hanya hutan bakau saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Kelapa ini. Di sekitar pantai terdapat pepohonan cemara yang rindang. Pengunjung bisa menikmati rindang naungan pohon cemara ketika siang hari.

Pantai Kelapa ini memang cocok jadi destinasi segala usia. Anak-anak hingga remaja bisa tiba berkunjung. Buat kau yang hobi fotografi, tempat ini banyak menyediakan beragam spot selfie yang manis.

Tak hanya panoramanya yang istimewa, di sekitar daerah wisata Tuban ini juga banyak kuliner di pinggir pantai. Jadi, setelah berlelah-lelah bermain di sekitaran Pantai Kelapa, pengunjung bisa mencicipi berbagai kuliner yang ditawarkan. Liburan jadi makin menyenangkan dan berkesan.

Alamat: Jl. Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Goa Ngerong

Tempat wisata TUban Goa Ngerong, memiliki lobang dengan panjang 1,8 km. Potensinya dapat mencapai 30 km.
Goa Ngerong. Image via: beldexintravel

Simak juga: 11 kawasan wisata Pacet

Tempat wisata TUban Goa Ngerong, memiliki lobang dengan panjang 1,8 km. Potensinya mampu mencapai 30 km. Goa ini ialah goa air yang hanya mampu diarungi dengan bahtera karet. Pada kedalaman 1000 meter dapat ditemui teladas di dalamnya.

Di dalam goa Ngerong tersebut terdapat bak kecil yang di dalamnya terdapat banyak sekali ikan Tawes, ikan Bader (Punctius Javanicius), ikan Nila dan kura-kura. Jutaan kelelawar terlihat spektakuler saat beriringan keluar pada jam 5 sore.

Di tempat wisata Tuban ini, pengunjung bisa merasakan asyiknya memberi makan ribuan ikan rakus yang selalu menyambut setiap jenis kuliner. Ikan-ikan yang dikeramatkan warga sekitar ini, tidak pernah menolak masakan. Apapun yang dilempar pengunjung akan selalu disambut ramai-ramai

Sambil berlibur, pengunjung dan keluarga bisa melakukan terapi pengobatan dengan cara berendam di antara ribuan ikan lapar. Ikan-ikan keramat yang selalu rakus tersebut akan menyantap sel kulit mati pada tubuh anda. Selain ikan keramat yang bisa menjadi tontonan pengunjung.

Warga sekitar mempercayai akan mitos apabila ada orang mengambil maupun mengkonsumsi ikan dan kelelawar tersebut maka keburukan akan menimpa pada orang dan keluarga yang mengambil tersebut baik itu kesialan, didatangi dedemit, sampai sakit, bahkan sampai kematian.

Alamat: Jl. Raya Barat No.155, Dusun Gembong, Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Goa Akbar

Goa Akbar, tempat wisata Tuban ini unik dari sisi lokasinya. Goa ini terletak di tengah kota kabupaten Tuban.
Goa Akbar. Image via: tubannow.com

Goa Akbar, daerah wisata Tuban ini unik dari sisi lokasinya. Tidak seperti goa pada umumnya yang terletak di pinggiran kota, goa ini terletak di tengah kota kabupaten Tuban. Objek wisata ini terletak di jalan Semarang-Surabaya, tepatnya di belakang Pasar Baru Tuban.

Goa Akbar ini merupakan situs purbakala yang sudah ada semenjak Jutaan tahun kemudian. Hal itu diperkuat dengan adanya fosil biota laut seperti Kerang bahari di dinding tembok Goa Akbar ini. Goa Akbar atau Goa Fosil ini memang masih menjadi PR besar bagi para arkeolog untuk menguak misteri kala lalu goa ini.

Daya tarik dari wisata Goa Akbar Tuban ini sendiri adalah terletak dari kemegahan serta keindahan dalam Goa yang begitu menakjubkan, Goa ini terbilang sangat luas karena didalamnya terdapat kolam ikan koi yang jernih dan merupakan spot foto instagrammable para wisatawan.

Adanya lubang-lubang di langit-langit gua menciptakan cahaya matahari mampu masuk. Stalaktit dan stalagmit yang ada juga seakan menjadi hiasan ruangan. Ditambah dengan adanya batu-kerikil besar yang terletak di bab depan ruang tersebut yang seperti sekali podium bagi pembicara.

Alamat: Semanding, Jarkali, Gedongombo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 4.000

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Air Terjun Nglirip

Pengunjung tempat wisata Tuban ini bisa melihat uniknya warna Air Terjun Nglirip pada musim kemarau.
Air Terjun Nglirip. Image via: @airterjunnglirip

Simak juga: 11 kawasan wisata Aceh

Air terjun Nglirip Tuban ini sangat bagus dan mempesona dengan airnya yang berwarna hijau tosca. Ketinggian mencapai 40 meter yang bersumber dari Hutan Karawak. Rimbunnya pepohonan di sekitar teladas juga menambah daya pesona tersendiri.

Air terjun nglirip mempunyai tinggi sekitar 25 meter, tidak cukuo tinggi memang, tapi alasannya adalah berada di tebing dengan lebar sekitar 20 meter dan berada di cekungan maka menciptakan teladas ini memiliki keindahan yang berbeda dari riam lain.

Salah satu daya tarik yang luar biasa dari daerah wisata TUban ini yaitu pemandangannya yang hijau mempesona. Pengunjung akan melihat pemandangan yang alami di sekeliling. Tidak hanya itu, pengunjung juga  mampu menikmati kesejukan dan sejuknya udara yang ada di sekitar.

Air Terjun Nglirip ini mempunyai bentuk seperti seorang putri yang seperti sedang membatik. Bentuk yang unik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini. Bentuknya lain daripada jeram lainnya.

Pengunjung kawasan wisata Tuban ini bisa melihat uniknya warna Air Terjun Nglirip pada ekspresi dominan kemarau. Warnanya akan menjadi biru tosca dan terlihat begitu manis dan unik. Itulah mengapa tempat wisata ini memiliki pengunjung dalam jumlah yang cukup banyak.

Alamat: Nglirip, Singgahan, Sawah, Tingkis, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-17.00

  1. Pemandian Bektiharjo

Sumber air di tempat wisata TUban ini terdiri dari beberapa mata air. Sebagian masih berupa sumber air alami yang digunakan oleh warga setempat untuk berbagai keperluan seperti untuk air bersih.
Pemandian Bektiharjo. Image via: bektiharjo.com

Pemandian dengan sumber mata air alami peninggalan Raden Danur Wendo dari kadipaten Tuban itu semenjak masa XIII terletak sekitar 5 Km dari Kota Tuban. Sumber air di kawasan wisata TUban ini terdiri dari beberapa mata air. Sebagian masih berupa sumber air alami yang dipakai oleh warga setempat untuk berbagai keperluan mirip untuk air bersih.

Pemandian Bektiharjo ini juga memiliki area bermain untuk anak-anak. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika tiba ke daerah wisata ini ketika bersama anak-anak.

Lingkungan sekitar pemandian masih sangat alami. Banyak terdapat pohon pohon besar menaungi daerah wisata TUban ini. Walaupun sudah mengalami beberapa kali renovasi, keberadaan pohon besar itu tetap dipertahankan.

Pemandian ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin melewati waktu dengan berenang dan atau hanya sekadar rekreasi keluarga. Yang menarik dari pemandian ini yaitu, adanya monyet-simpanse jinak di sekitar kolam.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang keramaian di tempat wisata tersebut. Juga mampu mengambil beberapa foto ketika berada di kawasan pemandian ini. Juga bisa mengambil foto ketika berenang.

Alamat: Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban. Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya tempat wisata Tuban berupa museum. Lokasi Museum berdekatan dengan makam Sunan Bonang,
Museum Kambang Putih. Image via: pradyasuara.tubankab.go.id

SImak juga: 11 kawasan wisata Wonogiri

Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya tempat wisata Tuban berupa museum. Lokasi Museum berdekatan dengan makam Sunan Bonang, Alun-alun dan juga Pantai Boom. Cukup banyak koleksi benda-benda bersejarah di museum Kambang Putih.

Diruang pertama museum daerah wisata TUban ini terdapat Museum Koes Plus Bersaudara. Mereka ialah grup band legendaris Indonesia yang berasal dari Tuban. Di ruangan ini disuguhkan koleksi kaset-kaset dan juga foto-foto Koes Plus.

Diruang berikutnya, dipajang uang-uang kuno baik yang berbahan kertas maupun koin dari masa XIX-XX. Dirungan ini juga terdapat peralatan nelayan tradisional mirip dayung, jala atau jaring, tempat menyimpan ikan dan juga sepasang sandal yang terbuat dari kayu.

Di museum Kambang Putih juga menyimpan barang yang merupakan bab dari kebudayaan masyarakat Tuban yang sudah langkah ditemui di Tuban, yakni Ongkek. Ongkek merupakan alat untuk mewadahi Legen yang merupakan minuman tradisional khas Tuban.

Selain Ongkek, terdapat juga benda-benda peninggalan kerajaan seperti Arca Mahakala yang merupakan salah satu perwujudan ilahi Siwa sebagai yang kuasa penjaga pintu masuk bangunan suci dalam agama Hindu serta Lingga Yoni dan keris-keris kuno.

Alamat: JL. Kartini No.03, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 07.00-14.00

  1. Masjid Agung Tuban

Aristektur masjid Agung tempat wisata Tuban ini memadukan ragam budaya dari berbagai negara. Seperti Arab, Turki, dan India.
Masjid Agung Tuban. Image via: republika.co.id

Aristektur masjid Agung kawasan wisata Tuban ini memadukan ragam budaya dari aneka macam negara. Seperti Arab, Turki, dan India. Secara umum bangunan masjid ini terdiri dari bangunan utama masjid yang diapit oleh empat menara di masing masing empat penjuru masjid.

Dua bangunan serambi di sisi depan bagian kiri dan kanan serta ditambah dua menara yang lebih tinggi dari empat menara lainnya. Penggunaan aneka warna terperinci sangat besar lengan berkuasa menonjolkan bangunan masjid ini ditengah tengah kota Tuban.

Kubah utama pada masjid kawasan wisata Tuban ini, yang diapit dua kubah lainnya diantara enam menaranya yang menjulang memebrikan sensasi tersendiri. Seakan akan menghadirkan suasana negeri dongeng dalam kehidupan positif di kota Tuban.

Masjid Jami’ Tuban pertama kali dibangun pada masa ke-15 Masehi, yaitu pada era pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo, Bupati Tuban ke-7. Letaknya tidak jauh dari kompleks makam Sunan Bonang.

Bentuknya tidak terpengaruh dengan kebiasaan bentuk masjid di Jawa yang atapnya bersusun tiga. Arsitektur masjid ini justru terpengaruh oleh corak Timur Tengah, India, dan Eropa. Sekilas tampak ada kemiripan dengan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, terutama bentuk berandanya.

Alamat: Jl. Bonang, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

  1. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio merupakan klenteng tempat wisata TUban yang ramai dikunjungi etnis Tionghoa yang ingin beribadah
Klenteng Kwan Sing Bio. Image via: https://travelingyuk.com/wisata-tuban/8764/

Simak juga: 11 daerah wisata Ambarawa

Klenteng Kwan Sing Bio merupakan klenteng kawasan wisata TUban yang ramai dikunjungi etnis Tionghoa yang ingin beribadah. Klenteng ini juga diklaim sebagai klenteng di Indonesia yang eksklusif memghadap ke lautan lepas. Inilah daya tarik utama dari klenteng dan tempat wisata tersebut.

Begitu masuk ke area klenteng tempat wisata Tuban ini, pengunjung disambut dengan kepiting besar yang ada di atas gapura. Ada juga patung naga yang bisa dilihat di beberapa bagian dari bangunan tersebut, tepatnya di bagian pemujaannya.

Di samping bangunan ada sentra pembelajaran bahasa Mandarin dan kantor sekretariat. Sedangkan di bab belakang ada sebuah hall. Ada juga bangunan yang dibangun di atas danau, lengkap dengan jembatan penyeberangan yang ada di sana.

Ada juga bagunan serbaguna dengan 4 lantai yang terlihat megah. Bangunan ini sering dijadikan kawasan perayaan. Bangunan ini yaitu bangunan terbesar. Wisatawan bisa naik ke atasnya dan melihat pemandangan tempat klenteng dari ketinggian.

Ada banyak perayaan yang bisa dilihat di waktu-waktu tertentu di tempat wisata TUban ini. Misalnya perayaan kembang api, atraksi kungfu, atau pagelaran barongsai. Festival itu sendiri merupakan tontonan gratis untuk warga dan pengunjung.

Alamat: Jalan R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 07.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni