11 Tempat Wisata Ambarawa, Menikmati Alam Sembari Mengenang Palagan Ambarawa

Tempat Wisata Ambarawa punya banyak Spot objek wisata keren. Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , hingga air terjun yang sangat memanjakan mata.

Tempat Wisata Ambarawa punya banyak Spot objek wisata keren. Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.
Tempat Wisata Ambarawa. Image via: localguidesconnect.com

Sekilas Soal Ambarawa

Ambarawa  yakni sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pada kala kerajaan kerajaan Mataram kawasan ini berjulukan Limbarawa. Dulu Ambarawa pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang.

Ambarawa juga disebut sebagai kota Palagan Ambarawa, dan terdapat Musium Palagan Ambarawa, Musium Kereta Api Ambarawa dan Benteng Willem I.

Ambarawa mempunyai curah hujan yang signifikan di hampir sebagian besar bulan, dengan ekspresi dominan kemarau singkat. Suhu rata-rata tahunan yaitu 23.8 °C. Curah hujan paling sedikit pada Agustus. Pada Maret, presipitasi mencapai puncaknya, dengan rata-rata 338 mm.

Menuju Ambarawa dengan pesawat terbang, maka terlebih dahulu harus menuju bandara Ahmad Yani di Semarang. Kemudian dilanjutkan memakai BRT yang haltenya sekitar 200 meter dari terminal bandara di erat rel kereta.

Menuju Ambarawa dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Semarang atau sekitar dua jam dari Yogyakarta. Terminal bus di Ambarawa yaitu Terminal Bawen. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus Terboyo. Pergi ke Ambarawa, bus biasanya terus Yogyakarta.

11 Tempat Wisata Ambarawa

  1. Monumen Palagan Ambarawa

Di monumen tempat wisata Ambarawa ini, pengunjung dapat menemukan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda.
Monumen Palagan Ambarawa. Image via: gambarviralhd

Simak juga: 11 kawasan wisata Ubud Bali

Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945. Pasukan TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu. Kini diperingati sebagai Hari Infanteri.

Dilengkapi dengan museum yang menyimpan banyak sekali koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

Di monumen daerah wisata Ambarawa ini, pengunjung dapat menemukan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda. Pengunjung dapat melihat seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain.

Pengunjung mampu juga menemukan beberapa tank kuno, kendaraan angkut personil dan meriam yang dipakai dalam pertempuran tersebut. Yang paling menarik yakni mampu menemukan pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh di Rawa Pening.

Dengan bentuk bangunan joglo sesuai arsitektur budaya Jawa Tengah, Museum tempat wisata Ambarawa ini menjadi objek wisata yang menyediakan wisata edukasi. Pengunjung dapat memahami sejarah sambil mengenang jasa para hero yang telah berjuang mempertahankan Negara tercinta ini.

Alamat: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Benteng Willem

Benteng tempat wisata ambarawa ini dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845.
Benteng Willem. Image via: phinemo.com

Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa ialah bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa.  Benteng tempat wisata ambarawa ini dibangun pada tahun 1834 dan akhir 1845.

Kondisi kawasan wisata ambarawa berupa benteng ini, sebelah utaranya masih otentik. Keaslian bangunan masih tetap sama seperti zaman dahulu. Benteng ini memiliki dua tingkat, tetapi pengunjung hanya mampu menjangkau lantai dasar.

Memang kondisi benteng sisi utara sudah rapuh dan termakan usia. Selesai dibangun pada tahun 1845, usia benteng ini sekarang sudah lebih dari satu kurun. Namun satu hal aktual yaitu sebagian arsitektur tempat wisata ambarawa ini masih asli sejak pembangunannya.

Pengunjung pun seolah kembali ke masa kolonial Belanda dikala memandang pribadi bangunan benteng bau tanah ini. Keunikan inilah yang membuat banyak pengunjung gemar berfoto dengan latar belakang arsitektur unik khas Belanda.

Tak hanya itu, Benteng Pendem Ambarawa juga cukup sering digunakan untuk sesi foto model atau foto pre wedding. Berfoto di antara reruntuhan benteng renta ini akan memunculkan sisi estetiknya yang khas.

Alamat: Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tiket: Gratis

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Pengunjung tempat wisata Ambarawa ini bisa merasakan pengalaman naik kereta api Uap.
Museum Kereta Api Ambarawa. Image via: sindonews.com

Simak juga: 11 tempat wisata Probolinggo

Pada 21 April 1978, Museum Kereta Api Ambarawa resmi dibuka dan mulai menyelenggarakan angkutan kereta api wisata uap. Museum itu sekarang bahkan menjadi salah satu lokawisata yang cukup menarik minat wisatawan, khususnya pencinta wisata sejarah dan perkeretaapian.

Sesuai dengan namanya, segala hal tentang kereta api ada di Museum Kereta Api Ambarawa. Mulai dari sejarah kereta api beserta jalurnya di Indonesia, replika bagian kereta api dari berbagai zaman, halte kereta api tempo dulu, hingga turn table atau alat pemutar gerbong kereta

Di Museum Kereta Api Ambarawa ada beberapa halte kereta api yang didatangkan dari banyak sekali wilayah. Usianya sudah puluhan sampai ratusan tahun, lo. Halte-halte itu dipindahkan ke museum biar tetap terjaga kelestariannya.

Pengunjung daerah wisata Ambarawa ini mampu merasakan pengalaman naik kereta api Uap. Pengunjung mampu menentukan rute Ambarawa-Bedono atau Ambarawa-Tuntang, dengan agenda keberangkatan yang dibagi menjadi tiga sesi. Yakni pukul 10.00, 12.00, dan 14.00.

Di kawasan wisata Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa ada banyak banget spot foto cantik. Misal, pengunjung bisa berfoto di gerbong kereta api, tengah rel kereta api, atau foto berlatar dinding halte.

Alamat: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Candi Gedong Songo

jika suhu di tempat wisata ambarawa ini sangat sejuk. Yakniberkisar diantara 19 – 27 celcius.
Candi Gedong Songo.Image via: tribunnews.com

Kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Yaitu pada ketinggian 1.200 mdpl. Tidak heran, bila suhu di daerah wisata ambarawa ini sangat sejuk. Yakni berkisar diantara 19 – 27 celcius.

Pengunjung dapat menaiki candi mulai dari Candi I sampai seterusnya. Setiap candi memberikan pemandangan yang berbeda – beda. Semakin tinggi, pemandangan akan semakin indah, ditambah kabut tipis yang menyelimuti.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan lingkungan yang hijau. Pepohonan tinggi berjajar membentuk barisan rapi. Pelatarannya pun ditumbuhi rumput segar serta bunga warna – warni yang menghiasi semak.

Bagi pengunjung tempat wisata ambarawa ini yang enggan berjalan kakai, bisa menyewa kuda. Di pintu masuk area candi, pengunjung akan ditawari persewaan kuda. Pengunjung pun mampu memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Di sekitar tempat candi juga terdapat pemandian air panas. Ketika menuju candi IV dan V, pengunjung akan menemui sumber mata air. Sumber mata air ini mengandung welirang yang asapnya mengepul tebal.

Alamat: desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 10.000

Jam Buka: 06.30-18.00

  1. Danau Rawa Pening

Luas danau tempat wisata ambarawa ini 2.670 hektar. Danau ini pun ditumbuhi dengan beberapa enceng gondok
Danau Rawa Pening. Image via: @ajieaerial

Simak juga: 11 kawasan wisata Bantul

Rawa pening diambil dari dua kata ialah, rawa dan pening. Kata pening diambil dari nama Bening. Luas danau daerah wisata ambarawa ini 2.670 hektar. Danau ini pun ditumbuhi dengan beberapa enceng gondok.

Kawasan ini merupakan sebuah kampung rawa. Di tengah-tengah lokasi ini terdapat sawah-sawah yang hijau dan menyejukan. Kemudian, di sisi selatan objek wisata kampung rawa terdapat pemandangan epik gunung merbabu dan juga gunung telomoyo. Luar biasanya sekali pemandangan gunung ini.

Tempat wisata ambarawa ini mempunyai wahana yang sangat menarik yakni dengan hadirnya ATV, bahtera karet, becak mini dan bebek air, rasakan keseruannya ketika bermain-main wahana yang sudah disediakan ini.

Rawa Pening ini sangat digemari sebagai tempat memancing, menyegarkan pikiran sampai daerah favorit berburu foto. Hunting foto di danau ini paling seru dikala pagi dan sore hari, dengan obyek paling utama tentu warga setempat yang sedang menjala ikan dengan background sunrise atau sunset.

Alamat: Jalan Ligkar selatan kilometer 3 ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa tengah.

Tiket: 2.500

Jam Buka: 08.00-21.00

  1. Goa Maria Ambarawa

Di tempat wisata Ambarawa ini juga ada kapel dan beberapa perhentian jalan Salib yang digunakan untuk ziarah Umat Katolik.
Goa Maria Ambarawa. Image via: trepelin.com

Gua Maria ini mulai didirikan semenjak tahun 1954 dan terus dikembangkan dan dipelihara dengan baik sampai ketika ini. Patung Bunda Maria bangkit dengan indah dan menjulang setinggi 42 meter. Dengan tinggi patung 23 m + penopang 19 m. Di bab bawah patung terdapat lukisan kehidupan Yesus.

Patung tersebut dibuat dari bahan resin dan pasir kwarsa yang pembuatan membutuhkan waktu lebih dari setahun. Mulai dikerjakan pada pada 15 Agustus 2014, final pengerjaan pada 27 April 2017 serta diberkati pada 15 Agustus 2015.

Di daerah wisata Ambarawa ini juga ada kapel dan beberapa perhentian jalan Salib yang digunakan untuk ziarah Umat Kristen. Taman dengan watu jalan setapak sangat indah dipandang. Dan pengunjung dapat berkeliling sambil melihat diorama dari beberapa kisah yang diambil dari Alkitab.

Di tempat wisata Ambarawa ini tersedia toko yang menjual souvenir dan barang-barang rohani. Toko itu berjajar rapi di bersahabat kawasan parkir. Juga ada beberapa toko yang menjual makanan & minuman. Toilet juga tersedia, walaupun ukurannya cukup kecil.

Alamat: Jl. Tentara Pelajar No.88, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka: 08.00-21.00

  1. Wana Wisata Penggaron

Jika camping di tempat wisata ambarawa ini, di pagi hari akan melihat beberapa kabut yang mengelilihin hutan ini.
Wana Wisata Penggaron. Image via: exploresemarang.com

Simak juga: 11 daerah wisata Madura

Tempat wisata Ambarawa ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jateng. Beragam jenis acara mampu dilakukan di kawasan ini, seperti jungle tracking, outbound pembinaan, olah raga, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi hingga penelitian.

Wanawisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus. Selain lokasinya yang sangat bersahabat dengan kota, Wanawisata Penggaron juga memiliki koleksi hidupan liar terutama burung yang cukup banyak dan menarik.

SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam wanawisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik mirip Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Untuk mengelilingi Wana WIsata Penggaron, pengunjung mampu memakai motor roda dua dengan model motor seperti tril. Pengunjung akan melewati hutan yang sangat lebat dengan puncak bukit yang sangat indah. Berbagai jenis pohon mirip pinus dan pohon lainnya menjulang tinggi sampai 10 meter.

Jika camping di tempat wisata ambarawa ini, di pagi hari akan melihat beberapa kabut yang mengelilihin hutan ini. Semilir angin pagi yang hambar bertiup lembut disertai sambutan mentari akan membuat traveller seolah-olah benar menyatu dengan alam.

Alamat: Desa Susukan, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Susukan, Kec. Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 6.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Bandungan

Di tempat wisata Ambarawa ini terdapat objek Gunung Ungaran. Lokasi ini cocok untuk wisata pendakian pemula.
Bandungan. Image via: liburmulu.com

Wisata Bandungan adalah sebutan untuk Daerah dataran tinggi indah yang berada di Semarang. Tempat ini mempunyai pemandangan yang indah dipadukan dengan suasana sejuk dan hambar tentunya sangat mengasyikkan sebagai kawasan berlibur keluarga.

Area daerah wisata Ambarawa ini menyimpan aneka macam pesona alam yang mempesona. Namun demikian, sebagian dari objek itu masih belum begitu terkenal. Itu membuat masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tempat keren yang ada di kompleks Bandungan.

Di daerah wisata Ambarawa ini terdapat objek Gunung Ungaran. Lokasi ini cocok untuk wisata pendakian pemula. Objek wisata bandungan ini tidak jauh dari kota, gunung ini juga tidak tinggi. Kaprikornus cocok untuk pendakian rekreasi yang tidak punya banyak waktu.

Selain itu ada juga Curug 7 Bidadari. Curug 7 Bidadari memiliki tiga tingkatan dengan 7 curug dan 7 kolam yang terbentuk dengan alami. Ketujuh curug ini mempunyai tingkatan yang berbeda-beda, seperti pada jeram tingkat 1 dan tingkat 2 mempunyai jarak sekitar 6.

Alamat: BAndungan, Semarang, Jawa Tengah

Tiket:10.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Pemandian Muncul

Di tempat wisata Ambarawa berupa pemandian alam ini secara rutin diadakan acara budaya berupa ritual Padusan
Pemandian Muncul. Image via: potensijateng.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Karanganyar

Kawasan Pemandian Alam Muncul ini disamping dimanfaatkan sebagai objek wisata air juga menyediakan area pembibitan dan pemancingan ikan dengan panorama hamparan sawah dan sungai yang indah.

Di daerah wisata Ambarawa berupa pemandian alam ini secara rutin diadakan program budaya berupa ritual Padusan yang dilaksanakan satu tahun sekali menjelang Ramadan. Acara ritual Padusan tersebut sangat menarik para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut.

Pemandian air alam yang populer ini dibangun sekitar tahun 1987 dan berasal dari sumber mata air yang keluar pada jaman Belanda dulu. Pemandian air alam yang berbentuk kolam renang ini mempunyai kualitas air yang sangat elok dengan sirkulasi air yang terjaga karena sumber air berasal dari dalam tanah.

Lokasinya sangat nyaman dengan adanya beberapa bak renang dengan banyak sekali kedalaman serta adanya loncatan di beberapa titik bak renang. Titik lompat mampu dimanfaatkan oleh pengunjung untuk meloncat dan berenang di kolam renang dalam.

Selain bak renang dengan airnya yang jernih, beberapa kemudahan juga sudah tersedia di daerah wisata ambarawa ini. Seperti fasilitas took-toko makanan ringan dan masakan berat sudah berada di sekitar lahan pemandian air alam Muncul, serta lahan parkir yang nyaman dan tidak mengecewakan luas.

Alamat: Jalan Raya Muncul, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah

Tiket: 20.000

Jam Buka: 05.00-17.00

  1. Eling Bening

ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di tempat wisata Ambarawa ini. Mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang
Eling Bening. Image via: @agendasolo

Eling Bening sejatinya sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Eling Bening menunjukkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening. Keindahan itu disempurnakan lagi dengan  adanya background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang terlihat bangkit dengan gagah.

Tak hanya makan saja, ada banyak aktivitas yang mampu kita lakukan di kawasan wisata Ambarawa ini. Mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di bak renang. Dengan aneka macam macam fasilitas yang tersedia, Eling Bening kini menjadi salah satu kawasan wisata favorit di Kabupaten Semarang.

Lokasi daerah wisata Ambarawa ini yang berada di dataran tinggi, menimbulkan udara di daerah Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari. Setiap harinya Eling Bening tak pernah sepi dari wisatawan, terutama kalangan anak muda yang mencari pemandangan alam indah sebagai background fotonya.

Pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan memukau saja. Kolam renang yang eksklusif menghadap pegunungan. Sungguh lokasi yang sempurna untuk menghilangkan penat dan sejenak menjauh dari padatnya kota Semarang.

Alamat: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang, Jawa Tengah

Tiket: 18.000

Jam Buka:08.00-18.30

  1. Pasar Kriya

Sebagai pusat belanja berbagai macam kerajinan, di tempat wisata ambarawa ini banyak sekali ditemui berbagai macam hasil karya atau kerajinan Jawa Tengah
Pasar Kriya. Image via: limakaki.com

Simak juga: 11 daerah wisata Kaliurang

Pasar Kriya Jawa Tengah merupakan pusat tempat belanja banyak sekali macam kerajinan asal Jawa Tengah. Karena keberadaannya yang terletak di tepi jalan jalur utama Semarang – Solo menciptakan pasar ini selalu ramai dan hampir tak pernah tutup dalam setiap harinya.

Sebagai sentra belanja banyak sekali macam kerajinan, di kawasan wisata ambarawa ini banyak sekali ditemui berbagai macam hasil karya atau kerajinan Jawa Tengah. Mulai dari batik, kerajinan anyaman bambu, anyaman eceng gondok, aneka macam kerajinan bunga, kerajinan dari kuningan, sampai aneka mainan mobil-mobilan.

Bahkan ditempat ini juga ada berbagai macam peralatan rumah tangga seperti wajan untuk menggoreng, peralatan untuk menyambal (cowek dan munthu) sapu bahkan kentongan yang terbuat dari akar bambu, atau banyak sekali macam kerajinan yang terbuat dari akar bambu.

Tempat wisata Ambarawa, Pasar Kriya mampu ditempuh dari kota Ungaran hanya berjarak kurang lebih 17 KM, dari Kota Salatiga hanya berjarak sekitar 7 KM. Sedangkan dari tempat wisata Kota Ambarawa mirip Museum Kereta Api dan Monumen Palagan Ambarawa hanya berjarak sekitar 10 KM.

Alamat: Jln. Fatmawati no.163, Desa Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Buka: 06.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni