11 Tempat Wisata Brebes, Menikmati Pesona Kota Telur Asin

Tempat wisata di brebes mempunyai berbagai destinasi, mulai dari objek wisata alam brebes hingga wisata buatan yang sangat menarik untuk dicoba. Sesuai dengan kondisi geografi yang berdekatan dengan gunung Slamet, brebes memliki banyak wisata dataran tinggi.

Tempat wisata di brebes mempunyai banyak sekali destinasi, mulai dari objek wisata alam brebes hingga wisata buatan yang sangat menarik untuk dicoba
Tempat Wisata Brebes. Image via: tempatwisataindonesia.id

Sekilas Soal Brebes

Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah, dan paling luas ke-2 sesudah Kabupaten Cilacap. Ibu kotanya ada di Kecamatan Brebes.

Brebes identik dengan Telur Asin. Menurut catatan daag register (catatan harian) di Pelabuhan Tegal, Brebes sudah menyumbangkan telur angsa untuk pembuatan materi dasar telur asin sejak 1820-an. Bersama dengan Tegal, Brebes tercatat sebagai produsen telur asin yang besar ke Batavia.

Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Bagian barat daya merupakan dataran tinggi. Dengan puncaknya Gunung Pojoktiga dan Gunung Kumbang. Sedangkan bab tenggara terdapat pegunungan yang merupakan bab dari Gunung Slamet.

Brebes dilalui jalur pantura, dan menjadi pintu masuk utama Jawa Tengah di sisi barat. Selain itu, juga terdapat jalan provinsi sebagai jalur alternatif menuju ke kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan. Terdapat pula Jalan Tol yang menguhubungkan provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Di wilayah kecamatan Losari, masih mampu dijumpai alat transportasi tradisional ialah Dokar atau masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Per.

11 Tempat Wisata Brebes

  1. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua, merupakan tempat wisata Brebes tepat untuk mencari udara sega. Hamparan hijau tanaman teh dengan latar Gunung Slamet, membuat jiwa merasa tenang.
Agrowisata Kaligua. Image via: kitamuda.id

SImak juga: 11 kawasan wisata Gresik

Agrowisata Kaligua, merupakan daerah wisata Brebes sempurna untuk mencari udara sega. Hamparan hijau tumbuhan teh dengan latar Gunung Slamet, menciptakan jiwa merasa damai. Kawasan wisata agro Kebun Teh Kaligua, menawarkan panorama alam yang sungguh permai.

Kebun Teh Kaligua bukan sekedar daerah perkebunan. Kawasan ini menyimpan eksotisme alam yang sungguh mempesonakan. Berada di tengah agro wisata Kebun Teh Kaligua, dikala pagi hari, pengunjung bisa mencium kesegaran di tengah panorama alam yang sungguh memesona.

Sejauh mata memandang, tetes embun terlihat melekat di dedaunan teh. Mentari pagi terlihat tumpah di lereng kaki Gunung Slamet. Semburat sinarnya mampu menerobos dinding gunung yang terjal. Sinar matahari terlihat berwarna kemilau keemasan dan tampak mirip selendang sutera.

Perempuan-wanita pemetik daun the. Dari kejauhan tampak bagai kawanan burung kecil di tengah gerumbul hamparan dedaunan teh. Gerak tangan mereka yang memetik daun teh menjadikan pohon pohon ini bergoyang-goyang lembut.

Ada beberapa objek wisata di kawasan kawasan wisata Brebes ini. Antara lain Gua Jepang, Gua Barat dan Tuk Bening. Di Tuk Bening, pengunjung selain mampu menikmati segarnya air Tuk Pitu.

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah,Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka:08.00-18.00

  1. Kalibaya Park

tempat wisata brebes, Kalibaya Park di Brebes menawarkan suasana pegunungan dan hamparan pohon-pohon hijau yang bisa dinikmati dari ayunan menantang di atas ketinggian.
Kalibaya Park. Image via: jadiberita.com

Kalibaya Park di Brebes menunjukkan suasana pegunungan dan hamparan pohon-pohon hijau yang bisa dinikmati dari ayunan menantang di atas ketinggian. Kawasan daerah wisata Brebes di Lio Rimba Raya ini dibentuk dengan tujuan untuk mengurangi kebakaran hutan.

Saat datang ke kawasan wisata Brebes ini, pengunjung mampu merasakan sensasi naik ke atas gunung. Kawasan Lio Rimba Raya ini berada di puncak Gunung Lio, salah satu gunung yang populer di Jawa Tengah.

Sejauh mata memandang pohon-pohon hijau terhampar luas dan menyejukan mata. Pengunjung dapat merasakan hembusan angin sepoi-sepoi. Di atas puncak ini, pengunjung juga mampu melihat keindahan Waduk Malahayu yang tidak kalah eksotisnya.

Pengunjung daerah wisata Brebes ini bsia mencoba wahana permainan yang tidak biasa. Kalibaya Park menawarkan wahana permainan atau berfoto di atas ayunan. Ayunan ini dapat menciptakan pengunjung mencicipi sensasi terbang di angkasa.

Kalibaya Park juga menyediakan spot-spot foto yang sangat disayangkan apabila terlewatkan. Setelah puas berfoto dengan latar belakang alam hingga permainan-permainan ekstrim, pengunjung mampu berfoto di Taman Jomblo. Spot ini merupakan kawasan berfoto favorit untuk para lajang di daerah wisata Brebes ini

Lokasi:  Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah

tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Pabrik gula Jatibarang

Tempat wisata Brebes berupa pabrik gula berusia 177 tahun ini masih beroperasi. Namun karena penyusutan lahan tebu, pabrik hanya beroperasi  selama 4 bulan dalam setahun
Pabrik gula Jatibarang. Image via: ilovebeerbrewing.com

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Pabrik Gula Jatibarang dibangun perusahaan swasta Belanda, NV Mijtot Exploitile der Surker Onderneming, pada tahun 1842. Dan berperan penting menggiling tebu dari perkebunan-perkebunan di wilayah Brebes dan Tegal.

Tempat wisata Brebes berupa pabrik gula berusia 177 tahun ini masih beroperasi. Namun sebab penyusutan lahan tebu, pabrik hanya beroperasi  selama 4 bulan dalam setahun. Yakni ketika isu terkini giling panen tebu pada sekitar bulan Mei hingga Agustus.

Dari sisi arsitektur maupun ukuran, stasiun lori PG Jatibarang merupakan yang terbesar dan termegah dibandingkan dengan PG lainnya yang dibangun di periode cultuurstelsel. Selain stasiun, remise juga sebagai daerah menginap loko. Bangunan remise PG Jatibarang kondisinya masih cukup baik.

Lokomotif dari lori tebu yang masih mampu dipakai, disulap jadi kereta wisata yang menjadi daya tarik bagi daerah wisata brebes ini. Rumah Mbesaran yang pada zaman Hindia Belanda digunakan sebagai kawasan tinggal keluarga Belanda yang jadi pimpinan pabrik, ketika ini masih aktif dipakai sebagai rumah dinas.

Lokasi: Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Panenjoan Salem

Gardu pandang adalah yang biasanya menjadi obyek favorit di lokasi tempat wisata Brebes satu ini.
Panenjoan Salem. Image via: @panenjoan_salem

Nama Bukit Panenjoan, berawal dari kata Nenjo dalam bahasa Sunda yang diartikan dalam bahasa Indonesia Nejo berarti melihat. Sehingga apapun yang terlihat disana bisa dinikmati siapapun yang berkunjung ke bukit indah tempat wisata Brebes ini.

Bukit Panenjoan Salem ini menyajikan panorama alam yang sangat indah, sebab lokasinya berada di kawasan perbukitan. Pengunjung mampu melihat banyak sekali pemandangan alam, bukit-bukit, hutan pinus, dan pemandangan pemukiman penduduk dari atas bukit.

Bukit Panenjoan Salem mempunyai sejumlah akomodasi, beberapa di antaranya; bangku duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Gardu pandang inilah yang biasanya menjadi obyek favorit di lokasi kawasan wisata Brebes satu ini.

Bukit Panenjoan Salem juga merupakan tempat strategis untuk melihat sunrise yang sangat indah. Sunrise di tempat wisata Brebes ini umumnya hadir sekitar setengah enam pagi. Selain itu, pengunjung juga mampu menikmati pemandangan terasering pesawahan yang mirip kupu-kupu.

Perjalanan menuju bukit Panenjoan Salem membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 KM atau sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Brebes.

Lokasi: Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Ranto Canyon

Pengunjung tempat wisata Brebes ini dapat mengikuti aktivitas menarik seperti body rafting, cliff jumping atau pun sekedar berenang
Ranto Canyon. Image via: inibaru.id

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Ranto Canyon Brebes yang merupakan kawasan rekreasi alam menyediakan banyak sekali kegiatan liburan bekerjasama demgan Sungai. Pengunjung tempat wisata Brebes ini dapat mengikuti aktivitas menarik seperti body rafting, cliff jumping atau pun sekedar berenang dengan background wisata alam menakjubkan.

Kebanyakan pengunjung berlibur disana, hendak menikmati objek wisata di Brebes ini dengan aliran air sungai yang indah dari atas. Aliran air tersebut berasal dari sebuah sungai windusari merupakan nama sebuah kawasan di sekitar objek wisata.

Tempat wisata brebes satu ini cocok buat pengunjung yang merindukan suasana alami. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati butiran-butiran air jatuh. Begitu mempesona dan juga keindahan alam yang mampu menghilangkan rasa penat sehabis dibuat sibuk aktivitas di tempat perkotaan.

Di kawasan wisata Brebes ini, pengunjung bakal diajak menyusuri aliran sungai kurang lebih sepanjang 770 meter. Selama menyusuri fatwa sungai, pengunjung disajikan pemandangan keindahan tebing-tebing kokoh yang letaknya mengapit di kedua sisi dari sungai. Ada pula keragaman formasi bebatuan.

Tiap pengunjung selalu mengabadikan tiap momen mereka disana melalui lensa kamera, supaya kelak mampu mengingat momen mereka melalui sebuah foto dan juga menikmati segala acara yang tak mampu ditemukan di tempat perkotaan.

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Tiket: –

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Curug Rambukasang

Letak tempat wisata Brebes ini yang di dataran tinggi, di lereng gunung Kumbang,  membuat udaranya masih suci dari polusi.
Curug Rambukasang. Image via: gramho.com

Curug Rambukasang yang mempunyai ketinggian 10 meter ini menyimpan potensi wisata alam yang menyejukkan. Letak tempat wisata Brebes ini yang di dataran tinggi, di lereng gunung Kumbang,  menciptakan udaranya masih suci dari polusi.

Air yang meluncur di antara bebatuan jatuh di sebuah bak yang lebar. Air terjun berdinding pahatan watu yang kokoh. Kolam sedalam 4 meter di bawah riam kolam sebuah telaga.

Beda banget sama udara Kota Brebes yang terasa lebih panas dan lebih banyak polusinya. Wisata ini cocok banget pokoknya buat yang ingin sekedar bersantai sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Apalagi tempatnya yang ngga terlalu ramai.

Jalan untuk mencapai ke lokasi daerah wisata Brebes ini membutuhkan fisik yang prima. Jalan setapak melewati sawah, ladang, dan semak belukar. Tak ada satu pun penunjuk arah yang yang terpasang. Sehingga banyak pengunjung yang tersesat.

Lokasi: Dukuh Grogol Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka:24 Jam

  1. Curug Putri

Bebatuan alam yang ada disekitar curug tempat wisata Brebes ini tersusun rapi, sapai sampai seperti buatan tangan manusia.
Curug Putri. Image via: jomblopiknik

Simak juga: 11 kawasan wisata Lumajang

Memiliki ketinggian sekitar 35 meter,  Curug Putri menjadi magnet yang menarik banyak sekali perhatian para petualang dengan berbagai keindahannya. Dahulu, curug kawasan wisata Brebes ini mempunyai dua aliran yang jatuh ke sungai yang ada di bawahnya.

Namun, dengan segala faktor alam, aliran kedua tersebut kesannya berhenti dan kini hanya satu pancuran yang masih dilewati oleh debit air yang cukup deras. Selain dari debit airnya yang indah, bebatuan yang ada disekitar curug juga menjadi daya tarik tersendiri.

Bebatuan alam yang ada di sekitar curug tempat wisata Brebes ini tersusun rapi, sampai sampai seperti buatan tangan manusia.Tidak ada yang menduga bila keindahan tersebut adalah proses alam. Bebatuan yang rapi ini menjadi salah satu faktor keindahan dari Curug Putri.

Bebatuan tersebut juga ditumbuhi aneka macam tanaman seperti lumut, sehingga menciptakan warna bebatuan tersebut dengan apik berkombinasi dengan warna lain sehingga menciptakan pemandangan yang indah di Curug Putri tersebut.

Ada sebuah dongeng mitos dan legenda yang kental di spot kawasan wisata brebes ini. Masyarakat sekitar percaya, bahwa Curug Putri adalah salah satu kawasan persinggahan para bidadari kayangan.

Lokasi: Dukuh Padanama, Desa Mendala, Sirampog. Brebes. Jawa tengah

Tiket:-

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Tukung

Panorama alam yang tersaji di tempat wisata Brebes satu ini sangatlah menawan. Tampak jelas panorama pemukiman penduduk di Brebes dari ketinggian
Bukit Tukung. Image via: ruangdiary.com

Meskipun wisata Bukit Tukung Sirampog ini tak sepopuler Bukit Baper, tetapi apa yang suguhkan untuk para pengunjung tidaklah kalah. Panorama alam yang tersaji di tempat wisata Brebes satu ini sangatlah menawan. Tampak terang panorama pemukiman penduduk di Brebes dari ketinggian

Suasana di wisata alam ini tenang dan berhawa sejuk. Ditambah lagi dengan banyaknya pohon hijau yang menciptakan asri suasana. Menambah daya tarik lagi, terdapat aneka spot foto kekinian di sana. Gardu pandang model tangan, panggung model I LOVE U, akar sarang burung, dan lain sebagainya.

Adanya spot foto inilah yang menimbulkan daerah ini begitu favorit bagi para pengunjung untuk berswafoto. Banyak juga wisatawan yang tiba dari luar Brebes untuk menikmati masa liburan di Bukit Tukung ini sob.

Unutk pengunjung yang hobi berburu foto selfie kekinian, maka daerah wisata Brebes ini mampu menjadi destinasi liburan yang menarik sob. Tempat ini bisa didatangi bersama sobat-sahabat. Pasti sangat seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa ABtur Sari, Kecamatan Sirampong, Brebes, Jawa Tengah

Tket: 5.000

Jam Buka:07.00-18.00

  1. Waduk Penjalin

Beragam spot foto yang hits tersaji indah di tempat wisata Brebes ini. Keberadaan Spot ini tentunya akan menambah keseruan berkunjung.
Waduk Penjalin. Image via: bonvoyagejogja.com

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Waduk Penjalin ialah sebuah waduk yang berada di Kecamatan Paguyangan sekitar 12 Km dari Bumiayu. Penjalin dalam Bahasa Jawa berati rotan. Waduk ini dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu.

Air waduk ini dipersiapkan untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan areal persawahan seluas 29.000 hektar. Selain itu warga sekitar memanfaatkan kekayaan alam sekitar waduk sebagai daerah mencari nafkah.

Waduk dimanfaatkan warga untuk mencari ikan, memelihara keramba apung. Saat isu terkini liburan warga menyewakan bahtera untuk rekreasi air keliling waduk. Sekarang, waduk itu banyak dimanfaatkan warga kota untuk berlibur dan bersantai seperti pengunjung.

Beragam spot foto yang hits tersaji indah di daerah wisata Brebes ini. Keberadaan Spot ini tentunya akan menambah keseruan berkunjung. Alas kayu berbentuk love, bunga-bunga sakura buatan tersebar anggun, hingga jalan anakan tangga yang dicat warna-warni, siap untuk menjadi background.

Sembari menikmati panorama yang indah di waduk ini, tak lengkap rasanya kalau tak menaiki bahtera kayu mengelilingi waduk. Pengunjung akan dikenakan tarif IDR10.000 per orang, yang muat untuk 7-10 orang termasuk pengemudi kapal.

Lokasi: Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Baper

Bukit tempat wisata Brebes yang sangat indah dan sejuk ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 1200 mdpl.
Bukit Baper. Image via: dolanyok.com

Bukit Baper ini memiliki nama lain yang juga keren yakni Bukit Batusari Perkemahan. Bukit tempat wisata Brebes yang sangat indah dan sejuk ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 1200 mdpl. Bukit ini terletak diperbatasan Brebes dan juga tegal.

Dengan tiket masuk yang murah pengunjung mampu menikmati indahnya bukit baper ini bersama keluarga, teman dan sobat tercinta. Wisata Bukit Baper mengusung konsep gardu pandang atau spot selfie. Dengan landscape kota Tegal-Brebes, perbukitan, perpohonan hijau dan hamparan persawahan.

Lalu, juga menampilkan bukit baper yang diselimuti kabut awan putih, menu alam langka. Kalau sedang berkabut, kelihatan mirip di wisata Goa Kreo. Karena itu beberapa orang menamai objek daerah wisata brebes ini dengan Negeri Sepantaran Awan.

Selain sebagai spot selfie, Bukit daerah wisata Brebes ini juga dimanfaatkan sebagai spot camping. Juga bisa dipakai untuk spot hiking untuk para pendaki pemula. Ada sensasi membahagiakan dikala pagi tiba, ketika di mana hawa hambar, kabut tebal dan cahaya langit jingga keemasan menyelimuti sekitar Bukit Baper.

Lokasi: Desa Batusari kecamatan Sirampog kabupaten Brebes Jawa Tengah

tiket: 6.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Taman Mangrove Pandansari

Trekking Hutan Mangrove merupakan wahana favorit dan menjadi andalan di tempat wisata Brebes ini.
Taman Mangrove Pandansari. Image via: wisatatempatku.com

Simak juga: 11 daerah wisata Jombang

Lokasi ini sebenarnya menjadi lokasi ekowisata ‘secara tidak sengaja’. Berawal dari terjangan abrasi pada tahun 1990. Warga Desa Pandansari lalu berusaha melakukan operasi penyelamatan pantai dengan menanam pohon mangrove untuk mencegah hal yang sama terulang kembali.

Pengunjung yang ingin menjelajah kawasan tempat wisata Brebes berjenis ekowisata ini, mungkin memerlukan waktu seharian alasannya adalah cukup luas. Selain itu wahana yang disediakan cukup banyak. Namun semuanya akan terasa menyenangkan dan penuh wawasan.

Trekking Hutan Mangrove merupakan wahana favorit dan menjadi andalan di kawasan wisata Brebes ini. Pengunjung umumnya puas sesudah mengunjungi tempat ini pasca melaksanakan trekking di hutan Mangrove. Setelah naik kapal menuju ke sini, pengunjung mampu menikmati suasana hutan yang asri.

Sebagai wisata edukasi yang sedang berkembang. Di lokasi pariwisata ini pun sedang dikembangkan Taman Kupu-Kupu. Walaupun tidak terlalu besar sebab lokasi ini memang merupakan kawasan Hutan mangrove.

Bagi pencinta foto-foto, salah satu kawasan foto ikonik di kawasan wisata Brebes ini ialah jembatan pink. Selain tentu saja jalur trekking yang terbuat dari kayu-kayu yang ditutupi rimbunnya tamanan bakau.

Lokasi:  Dukuh Pandansari, Kaliwlingi,Brebes,Brebes,Jawa Tengah,

Tiket: 20.000

Jam  Buka: 08.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni