11 Tempat Wisata Cilacap, Muara Percampuran Budaya Banyumasan Dan Sunda

Tempat wisata Cilacap Jawa mempunyai keunikan dari tempat lain. Cilacap memiliki wisata alam, pantai, sejarah, religi, yang merupakan wisata Cilacap yang populer. Keberadaan Pulau Nusakambangan menawarkan warna tersendiri pada tempat ini.

Tempat wisata Cilacap Jawa memiliki keunikan dari daerah lain. Cilacap memiliki wisata alam, pantai, sejarah, religi, wisata Cilacap yang populer
Tempat Wisata Cilacap. Image via: netralnews.com

Sekilas Soal Cilacap

Kabupaten Cilacap yakni salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya yakni Kota Cilacap. Kabupaten ini berbatasan dengan  Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Berbatasan pribadi dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap merupakan daerah pertemuan budaya Jawa Banyumasan dengan budaya Sunda.

Kabupaten Cilacap tercatat memiliki beberapa objek wisata yang kerap dikunjungi, baik oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Dari sisi budaya, setiap tahun Kabupaten Cilacap menyelenggarakan ritual Sedekah Laut yang diikuti oleh ribuan nelayan setempat, dan dihadiri oleh ratusan ribu orang dari banyak sekali tempat di Indonesia.

Dapat dikatakan, Kabupaten Cilacap memiliki sarana transportasi cukup lengkap, alasannya adalah infrastruktur jalannya meliputi jalan darat (kereta api dan mobil/motor), laut (kapal), dan udara (pesawat terbang). Kabupaten Cilacap dilalui jalan negara lintas selatan Pulau Jawa. Stasiun Kroya adalah stasiun yang terbesar di Kabupaten Cilacap.

11 Tempat Wisata Cilacap

  1. Benteng Pendem

Bangunan tempat wisata Cilacap ini dahulu digunakan sebagai Kantor pemerintahan Hindia Belanda dan markas pertahanan Kolonial Belanda
Benteng Pendem. Image via: majalahpajak.net

Simak juga: 11 daerah wisata Pasuruan

Benteng Pendem merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada masa ke 18. Tepatnya pada tahun 1816 oleh pemerintahan hindia Belanda. Sebelum dijuluki dengan nama benteng pendem nama orisinil dari kawasan ini yakni Kustbatterij op de landtong te cilacap.

Bangunan tempat wisata Cilacap ini dahulu digunakan sebagai Kantor pemerintahan Hindia Belanda dan markas pertahanan Kolonial Belanda. Berdiri di luas lahan 6,5 ha dan kala pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 18 tahun. Digunakan sebagai markas penuh pada tahun 1879.

Dinamakan dengan benteng pendem alasannya adalah, benteng tempat wisata cilacap ini letaknya berada di dalam tanah. Benteng ini dahulu sangat terbengkalai, tidak layak sebab, tertutup oleh pasir pantai. Maklum saja, eksistensi dari benteng dekat dengan pantai teluk penyu.

Ada hal unik yang bisa didapatkan disini, dimana ada sebuah lorong yang akan menghubungkan benteng dan goa yang berada di sekitar bangunan ini. Tetapi, pengunjung tidak bisa mengunjungi tempat ini, alasannya adalah goa-goa ini sudah terendam air laut.

Benteng kawasan wisata cilacap ini sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar banyak sekali macam program seru. Hal ini karena kawasan benteng ini memiliki tanah lapang, yang cukup untuk menampung beberapa orang dalam jumlah yang cukup banyak.

Alamat:  Jl. Benteng, Sentolokawat, Cilacap, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Curug Penampen

pengunjung tempat wisata cilacap ini bisa berdiri dan merasakan langsung air yang mengalir dari atas tebing dengan naik ke atas undakan tebing
Curug Penampen. Image via: lifestyle.okezone.com

Curug Penampen, sebuah teladas bagus di Cilacap yang belum begitu populer. Kondisi ini membuat kawasan wisata cilacap ini masih asri dan alami. Keberadaan curug ini memang kalah populer dibandingkan dengan curug lain. Hal itu alasannya adalah masalah Akses.

Curug Penampen terlihat lebih lebar dari dua curug lainnya. Dengan tebing berwarna hitam yang lebar dan membentuk garis lengkung berpola, air mengalir melalui beberapa garis seperti sebuah tirai putih dan transparan.

Karena anutan airnya yang tak begitu deras, pengunjung daerah wisata cilacap ini mampu bangun dan merasakan langsung air yang mengalir dari atas tebing dengan naik ke atas undakan tebing. Tapi lakukanlah dengan hati-hati.

Alamat: Mendala, Jeruklegi 53274, Cilacap, Jawa Tengah.

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-17.00

  1. Curug Cimandaway

Keunikan curug tempat wisata Cilacap ini adalah sumber airnya berasal dari Sungai Singaraja dan airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang berada di bawahnya.
Curug Cimandaway. Image via: tripzilla.id

Simak juga: 11 daerah wisata Pacet

Curug Cimandaway yang berada di perkebunan karet milik Perhutani Banyumas Barat ini, memiliki lima tingkatan dengan total ketinggian sekitar 100 meter tetapi yang terlihat terperinci hanya 75 meter. Curug ini merupakan penderasan tertinggi di Kabupaten Cilacap.

Keunikan curug daerah wisata Cilacap ini yakni sumber airnya berasal dari Sungai Singaraja dan airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang berada di bawahnya. Kalau momennya pas, pengunjung akan melihat pancaran pelangi di bawah air terjunnya.

Wisata Curug Cimandaway di Dayeuhluhur Cilacap menyuguhkan pemandangan yang indah. Suasana yang masih alami dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan area persawahan menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan jikalau anda mengunjungi curug ini.

Dari kejauhan sudah mulai terdengar gemuruh dan desiran air yang jatuh dari atas dan ajaran sungai yang sangat deras. Jika anda sudah berada sempurna di pinggiran teladas, maka anda akan terpesona melihat keajaiban alam.

Ada mitos yang berkembang di masyarakat setempat bahwa Curug daerah wisata Cilacap ini adalah air yang mempesona. Membuat wanita terkesima. Sehingga berdasarkan keyakinan masyarakat setempat, bilamana ada pasangan yang tiba mengunjungi curug tersebut maka akan berjodoh.

Alamat: Serang, Datar, Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Curug Pengantin

Debit air tempat wisata Cilacap ini tergantung dari musim dan cuaca. Apabila musim hujan maka debit air akan semakin deras
Curug Pengantin. Image via: madiunjasa.com

Curug Penganten Cilacap ini berada di desa jambu sari Kab. Cilacap. Tempat wisata Cilacap satu ini masih jarang dikunjungi, alasannya berada jauh dari jalan utama jeruk legi. Curug penganten sendiri memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Debit air tempat wisata Cilacap ini tergantung dari ekspresi dominan dan cuaca. Apabila ekspresi dominan hujan maka debit air akan semakin deras sedangkan sebaliknya apabila musim kemarau curug ini akan kering hanya pancuran kecil dari curug ini.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun keindahan curug ini sangat menawan. Selain itu keindahan alam sekitar curug yang berupa hutan pinus dan perkebunan warga menambah keunikan curug tersebut. Angin segar sekitar curug akan memanjakan para pengunjung yang hadir di sana.

Mereka biasanya menghabiskan hari libur di Curug Penganten dengan mandi di curug, selfie, maupun menikmati alam dengan jogrogan atau duduk santai.. Objek wisata alam yang murah meriah, namun mampu menghilangkan kejenuhan.

Banyak muda-mudi yang tiba mengisi liburan dengan menikmati keindahan kawasan wisata cilacap ini. Mereka menikmati curug, maupun pemandangan alam yang ada di sekitar curug Penganten Cipicung

Alamat:  Igir Curug Sawer, Bengbulang, Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Kemit Forest

Di tempat wisata Cilacap ini terdapat wahana swing shaker, paint ball, archery, flying fox, sepeda udara, ayunan gantung, permainan anak-anak sampai the lounge.
Kemit Forest. Image via: tokoilmukita

SImak juga: 11 daerah wisata Aceh

Kemit Forest Sidareja sekarang menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin berlibur menikmati suasana baru di kawasan hutan. Tempat wisata Cilacap Kemit Forest ini berisi berbagai pohon pinus yang tinggi menjulang.

Dengan suhu udara yang sejuk dan ditambah dengan hembusan angin sepoi, maka menciptakan pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di sana. Ada banyak wahana kekinian yang disediakan oleh pihak pengelola.

Di daerah wisata Cilacap ini terdapat wahana swing shaker, paint ball, archery, flying fox, sepeda udara, ayunan gantung, permainan bawah umur hingga the lounge. Perpustakaan berikut taman bacanya, dan kekhasan lokasi untuk swafoto juga menjadi pemikat lainnya.

Lokasi selfie dengan latar belakang alam terbuka, sudah disiapkan kawasan dan peralatan pendukungnya. Pihak Pengelola Kemit Forest Education, Adhy Andriwiguna menyampaikan, perpaduan lokawisata alam dengan wahana permainan edukatif, menjadi bentuk penemuan dari pihaknya

Agar pengunjung tidak cepat bosan, dan terkesan untuk datang lagi, pengelola melakukan  langkah pembaharuan pada wahana aktif.Inovasi itu lalu mendongkrak minat pengunjung, terutama dalam sejumlah libur hari besar dana khir pekan.

Alamat: Jalan Srikaya Karanggedang, Karanggedang, Sidareja, Area Kebun, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 20.000

Jam Buka: 19.00-18.00

  1. Gunung Selok

Tempat wisata cilacap Gunung Selok menawarkah wahana baru yang berada di puncak gunung.
Gunung Selok. Image via: travelingyuk.com

Gunung Selok sebenarnya yakni wisata alam yang berupa hutan gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Wisata alam yang terletak di ketinggian 150 km di atas laut ini memiliki luas area sampai 236,7 Ha.

Gunung Selok Cilacap kerap dijadikan destinasi wisata spiritual oleh beberapa pengunjung. Mereka melaksanakan acara-kegiatan mirip ziarah atau semedi di petilasan dan goa yang memang ada di daerah ini. Jambe Pitu, dianggap yang paling keramat.

Tempat wisata cilacap Gunung Selok menawarkah wahana gres yang berada di puncak gunung. Bagi kaum muda, wahana yang biasa disebut wahana Selfie Deck ini, yakni spot yang wajib dikunjungi. Walaupun untuk menuju wahana ini anda harus berjalan beberapa ratus meter menyusuri pepohonan mahoni, tapi semua itu terbayar dikala sampai di Selfie Deck.

Wahana yang satu ini menyuguhkan keindahan alam berlatar belakang hamparan sawah, hutan, dan Samudera Hindia. Pada spot tersebut tersedia view deck yang berada di atas pohon dan dilengkapi dengan jembatan gantung penghubung dua pohon.

Alamat: Sawah,Ladang, Karangbenda, Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Segara Anakan

Kawasan tempat wisata Cilacap Segara Anakan, merupakan tempat bertemunya 3  sungai besar.
Segara Anakan/ Image via: mongabay.co.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Wonogiri

Segara Anakan adalah laguna raksasa yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa di perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Segara Anakan merupakan laguna di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Kawasan daerah wisata Cilacap Segara Anakan, merupakan daerah bertemunya 3  sungai besar. ialah Sungai Citanduy, Sungai Cibereum dan Sungai Cikonde serta sungai-sungai kecil lainnya. Kawasan ini juga menjadi penghubung pergerakan ekonomi dan sarana transportasi air masyarakat.

Menyusuri Segara Anakan Cilacap, pengunjung akan seperti berada di labirin air dengan tanaman mangrove di kanan dan kiri sejauh mata memandang. Potensi sumberdaya alam bahari dan ekosistemnya ini mampu dikembangkan sebagai daya tarik wisata laut sekaligus wisata edukasi.

Alternatif lain dari acara di tempat wisata Cilacap ini ialah menyusuri Segara Anakan eksklusif menuju ke salah satu desa di kampung Laut. Kemudian melakukan kegiatan bersama masyarakat Kampung Laut. Akan lebih memuaskan lagi kalau bermalam di Kampung Laut.

Pengunjung bisa melihat dan terlibat langsung dengan acara keseharian masyarakat di sana mirip memancing, mencari kepiting, menanam bibit Mangrove, bertani padi, menciptakan gula kelapa, dan menyaksikan kesenian tradisional masyarakat Kampung Laut.

Alamat: Cilacap

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

  1. Benteng Karang Bolong

Tempat wisata Cilacap Benteng Karangbolong terletak di sisi paling timur Pulau Nusakambangan atau sebelah timur dari Benteng Klingker.
Benteng Karang Bolong. Image via: yukepo.com

Tempat wisata Cilacap Benteng Karangbolong terletak di sisi paling timur Pulau Nusakambangan atau sebelah timur dari Benteng Klingker. Jarak benteng ini dengan benteng terdekat adalah Benteng Klingker berkisar 1,6 Km dan mampu ditempuh dengan perjalanan darat dan bahari.

Benteng Karangbolong termasuk benteng langka alasannya adalah ia merupakan satu-satunya benteng jenis 1811 Model-Tower yang ada di Indonesia. Jenis benteng 1811 Model-Tower lebih dikenal dengan nama Napoleon Tower karena teknologi benteng itu dikembangkan oleh Napoleon Bonaparte, sang penakluk dari Perancis.

Benteng Karang Bolong yang bangun semenjak tahun 1716 ini terdiri dari beberapa bangunan yang tersebar. Benteng tersebut punya ruangan barak prajurit, ruang tahanan, ruangan logistik, bangunan pengintai, gudang amunisi, daerah meriam, aula dan ruang mangkir untuk para prajurit Belanda.

Usai melewati gerbang, rombongan harus naik ke bangunan utama benteng. Di sana, ada tempat yang konon lokasi pembantaian pekerja paksa. Konon, saat kala penjajahan dulu, pekerja paksa yang sudah bau tanah dan sakit-sakitan sehingga tidak mampu lagi untuk bekerja eksklusif dibantai, bukannya diobati.

Alamat: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Teluk Penyu

Di Pantai Teluk Penyu tempat wisata Cilacap ini, pengunjung bisa bermain air laut atau ombak laut.
Pantai Teluk Penyu. Image via: Lyric

Simak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Pantai Teluk Penyu, yang berada di Cilacap bagian selatan, dan berdekatan dengan Pulau Nusakambangan. Pantai yang satu ini memang memiliki pasir berwarna coklat, akan tetapi pemandangan di pantai ini sangat indah.

Dahulu, masyarakat percaya bahwa bahwa pantai ini merupakan rumah yang nyaman bagi para penyu. Dahulu juga banyak sekali penyu yang berkembang biak dan bertelur disini. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan Cilacap, penyu ini menentukan untuk bermigrasi.

Di Pantai Teluk Penyu kawasan wisata Cilacap ini, pengunjung bisa bermain air laut atau ombak laut. Jika pengunjung belum dapat berenang, ada baiknya jikalau cukup bermain di sekitar tepi pantai atau hanya sekedar bermain pasir.

Untuk pengunjung tempat wisata cilacap ini yang hobi memancing, pantai ini juga termasuk dalam spot terbaik. Banyak sekali warga sekitar yang datang untuk mencari ikan di pantai ini. Spot favorit para mancing mania ini berada erat jembatan yang berada di tengah pantai ini.

Fasilitas Pantai Teluk Penyu di Cilacap ini cukup lengkap. Terdapat banyak sekali akomodasi pendukung wisata. Di pantai ini juga terdapat mercusuar yang semakin menciptakan pantai ini lebih menarik bagi wisatawan.

Alamat: Pantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Kali Kencana

Pantai tempat wisata Cilacap ini layak mendapatkan julukan salah satu hidden paradisenya Nusakambangan
Pantai Kali Kencana. Image via: ngadem.com

Pantai Kali Kencana ini menghadap pribadi ke Samudra Hindia. Makara tidak heran jikalau ombaknya sangat besar. Kiri kanan pantai ada tebing dan kerikil yang besar, di tengah agak ke sebelah kanan juga ada watu besar menjulang ke atas. Tepian pantainya berpasir bubuk-bubuk, putih sekali tidak, hitam pekat pun tidak.

Pantai tempat wisata Cilacap ini layak menerima julukan salah satu hidden paradisenya Nusakambangan. Karena pantai yang begitu indah dan alami termasuk jarang dikunjungi. Sebab medan menuju pantai ini tidak mengecewakan berat, naik turun bukit Nusakambangan,

Pantai Kali Kencana berbentuk cekungan dalam yang tidak terlalu besar berkarakter karang di sisi kiri dan kanan.  Serta berpasir putih ini sangat cocok kegiatan memancing, camping, trekking dan lain-lain. Di pantai tempat wisata Cilacap ini juga ada gerojokan atau curug di sisi sebelah kanan.

Di pantai ini juga terdapat beberapa gubuk untuk sekedar menginap atau bermalam yang dibangun oleh para pemancing dan nelayan udang lobster. Jika butuh infomasi lebih lebih ihwal pantai Kali Kencana pengunjung mampu beramah-tamah dengan para nelayan lobster.

Alamat: Jl. Nusakambangan, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Waduk Kubangkangkung

Tempat Wisata Cilacap Waduk Kubangkangkung ini tergolong unik karena letaknya yang berada di tengah hutan karet dan pinus.
Waduk Kubangkangkung. Image via: joss.co.id

Simak juga: 11 daerah wisata Ubud Bali

Terletak di Kecamatan Kawunganten terdapat waduk sekaligus desa bernama Kubangkangkung. Tempat ini bukan kubangan berlumpur yang penuh dengan tanaman kangkung namun sebuah waduk anggun yang konon dibangun pada era kolonial Belanda sebagai sumber penyimpanan air higienis.

Tempat Wisata Cilacap Waduk Kubangkangkung ini tergolong unik karena letaknya yang berada di tengah hutan karet dan pinus. Terdapat mitos yang menyebutkan bahwa air pada Waduk Kubangkangkung dari zaman dahulu hingga sekarang tidak pernah kering, meskipun dalam demam isu kemarau yang panjang.

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati dari Waduk Kubangkangkung ini yakni terdapat perahu dan kano yang dapat digunakan untuk berlayar mengelilingi waduk. Selain itu terdapat taman dinosaurus, kawasan bermain belum dewasa, flying fox, refleksi kaki menggunakan ikan, arena outbond, serta spot selfie unik.

Bagi pengunjung daerah wisata Cilacap ini yang hobi kuliner di sekitar tempat wisata ini juga terdapat banyak warung makan berjajar. Menu-hidangan masakan khas dari Cilacap sampai kabupaten tetangga, Banyumas tersedia di komplek masakan Kubangkangkung. Traveler bisa merasakan tempe mendoan, tahu brontak, bakwan dan es kelapa muda.

Alamat: Sokawera, Kubangkangkung, Kawunganten, Cilacap, Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni