11 Tempat Wisata Di Filipina, Liburan Di Negara Lumbung Padi

Ada banyak tempat wisata di Filipina. Ini adalah negara yang terdiri dari lebih dari 7.000 pulau dan mempunyai aneka macam wisata alam yang sangat beragam. Hal spesifik dari negara ini, yaitu memilki sisitem pertanian padi yang sudah sangat renta. Salah satu situs pertanian padi yang masih aktif bahkan berusia 2000 tahun. TIdak salah jika lalu diberi gelar Negara Lumbung Padi.

Ada banyak tempat wisata di Filipina. Ini adalah negara yang terdiri dari lebih dari 7.000 pulau dan memiliki berbagai wisata alam yang sangat beragam.
Tempat Wisata di Filipina. Image via: blog.airpaz.com

Sekilas Soal Filipina

Filipina yakni sebuah negara republik sebelah utara Indonesia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, Filipina telah menyebarkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju.

Wilayah Filipina beriklim tropis sama dengan negara yang terletak di Asia Tenggara yang di lalui garis Khatulistiwa. Filipina juga memiliki curah hujan yang tinggi. Pada waktu tertentu di filipina berhembuh angin badai yang di sebut dengan taifun nina.

Untuk tranportasi mampu melakukan perjalanan melalui jalur udara, darat, maupun bahari untuk bepergian antar wilayah. Maskapai penerbangan komersial memiliki penerbangan dengan acara tetap ke berbagai pulau-pulau dan resorts, serta ke destinasi utama lainnya.

Jika ingin mengakses bus harian menuju banyak sekali wilayah dan kota-kota lain, pengunjung mampu mengaksesnya pukul 06.00-24.00. Juga mampu memakai jeepney, taksi, bus, dan transportasi umum lainnya mirip tricle, jasa penyewaan mobil dan Metro Rail Transit (MRT).

11 Tempat Wisata di Filipina

  1. Kota Tua Intramuros

Terdapat beberapa tempat penting yang ada di kota tua tempat wisata di Filipina ini, diantaranya Katedral Manila, Gereja San Augustinus, dan Fort Santiago.
Kota Tua Intramuros. Image via: theculturetrip.com

SImak juga: daerah wisata di Kamboja

Intramuros merupakan bab kota yang bersejarah di Manila, sebab di sini lah sentra kekuasaan pemerintah dan politik saat Filipina berada di bawah Kekaisaran Spanyol. Intramuros sendiri disebut juga the Walled City, yang identik dengan kota Manila.

Terdapat beberapa daerah penting yang ada di kota tua daerah wisata di Filipina ini, diantaranya Katedral Manila, Gereja San Augustinus, dan Fort Santiago.

Gereja San Augustinus merupakan salah satu Warisan Dunia UNESCO dan merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur di Intramuros dikala terjadinya Pertempuran Manila. Gereja ini memiliki museum dengan koleksi yang menarik.

Fort Santiago juga mempunyai banyak sejarah di dalamnya terutama yang berkaitan dengan satria Filipina, Jose Rizal. Sisa-sisa benteng, dengan taman dan suasana yang asri, lokasi ini jadi favorit para wisatawan termasuk saya.

Katedral Manila terletak di Plaza de Roma, merupakan gereja katolik yang dibangun pada tahun 1571. Katedral yang bergaya Neo-Romanesque ini memiliki menara lonceng seperti pagoda, yang menjadi bukti adanya imbas Tionghoa dikala itu.

Untuk keliling tempat wisata di Filipina, Intramuros, yang luasnya 0.67 km persegi ini, kita bisa berjalan kaki. Pengunjung juga bisa naik becak.

  1. Kota Tua Vigan

. Kota tempat wisata di Filipina ini merupakan kota tua peninggalan masa kolonial Spanyol. Arsitekturnya menampilkan sentuhan-sentuhan budaya asli Filipina yang dikombinasikan dengan elemen dari Cina dan Eropa.
Kota Tua Vigan. Image via: laidbacktrip.com

The Heritage City of Vigan merupakan ibu kota dari Ilocos Sur, Filipina. Kota daerah wisata di Filipina ini merupakan kota tua peninggalan kala kolonial Spanyol. Arsitekturnya menampilkan sentuhan-sentuhan budaya asli Filipina yang dikombinasikan dengan elemen dari Cina dan Eropa.

Biasanya, pengunjung datang ke tempat wisata di Filipina kota Vigan untuk menikmati suasana kota bau tanah yang tenang, sejuk, dan tenang. Ketika malam hari, Anda mampu menyaksikan air mancur menari lengkap dengan hiasan lampu-lampu di bawah air yang siap untuk menciptakan Anda takjub.

Kota ini dibangun mengikuti aturan tata kota yang ditetapkan dalam “Ley de las Indias”. Jalan-jalan dirancang dengan bentuk papan catur dengan sebuah plaza di tengahnya. Meski begitu, Vigan sedikit berbeda. Kota ini mempunyai dua alun-alun: Plaza Salcedo dan Plaza Burgos.

Plaza pertama diberi nama penakluk dari Spanyol, Juan de Salcedo, yang mengalahkan penduduk orisinil. Plaza kedua diberi nama seorang pendeta reformis, Jose P. Burgos, yang dieksekusi oleh penjajah Spanyol pada waktu itu.

Sebagai pendamai antara nama penakluk dan badung, di sudut pertemuan kedua plaza ini ada katedral.

  1. Museum Nasional Filipina

Koleksi-koleksi bersejarah yang dimiliki oleh tempat wisata di Filipina Museum Nasional ini dibagi menjadi empat kategori. Seni, etnografi, arkeologi, dan sejarah.
Museum Nasional Filipina. Image via: harindabama.com

SImak juga: daerah wisata di Dubai

Museum Nasional Filipina adalah sebuah forum pemerintah di Filipina dan menjabat sebagai lembaga pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dalam menyajikan aneka macam koleksi nasional permanen yang menampilkan antropologi, arkeologi dan seni rupa di Filipina.

Koleksi-koleksi bersejarah yang dimiliki oleh tempat wisata di Filipina Museum Nasional ini dibagi menjadi empat kategori. Seni, etnografi, arkeologi, dan sejarah.

Ada satu koleksi yang sangat populer yakni San Diego. Koleksi berupa sebuah kapal yang pada jaman kuno digunakan untuk transportasi di bidang perdagangan antara Filipina dengan Meksiko. San Diego karam itu ditemukan utuh bersama artefak di dalamnya.

Tempat wisata di Filipina ini terdapat satu ruang yang memamerkan karya dari seorang pelukis yang berjulukan Juan Luna. Pelukis tersebut mulai populer pada kurun ke 19. Tidak hanya seorang pelukis saja, Juan Luna juga dikenal sebagai pemahat sekaligus aktifis politik.

Museum ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 17.00, biaya masuknya relatif cukup murah hanya sebesar Rp 34.000 bagi orang sampaumur, sedangkan untuk anak-anak Rp 14.000 per orang. Selama di dalam museum Anda akan ditemani oleh seorang pemandu wisata.

  1. Banaue Rice Terraces

Tempat wisata di Filipina ini adalah terasering tertinggi di dunia.
Banaue Rice Terraces. Image via: southeastasiabackpacker.com

Tangga langit, begitu kebanyakan orang menjuluki salah satu tempat wisata di Filipina peninggalan menakjubkan para leluhur masyarakat Filipina ini. Terletak di dataran tinggi Luzon, tepatnya di Gunung Ifugao, Filipina,

Banaue Rice Terraces atau sawah terasering yang menjulang setinggi lebih dari seribu meter ini tampak begitu eksotis dengan liuk dan lekuk pematang mengikuti kontur yang tak beraturan namun rapi. Laksana mozaik yang terhampar sejauh mata memandang.

Tempat wisata di Filipina ini adalah terasering tertinggi di dunia. Dengan kemiringan melebihi 50 persen di beberapa bagian,  jejeran undakan sawah nan hijau itu tampak laksana tangga raksasa yang dipahat secara istimewa. Konon, bila setiap   bagian dideret lurus, total panjangnya dapat mencapai  sepuluh kali Tembok Besar Cina, bahkan dapat mencapai  20.000 kilometer alias setengah keliling bumi.

Setiap petak sawah dipagari oleh pematang dan disangga oleh dinding batu, berjajar mengikuti kontur pegunungan. Beberapa lereng berbentuk cekung, beberapa lainnya berbentuk cembung. semua itu diciptakan oleh para leluhur bangsa Filipina dengan memakai alat yang masih sederhana sekitar 2000 tahun lalu.

  1. Chocolate Hills

Tempat wisata di Filipina Chocolate Hill berupa kumpulan sangat banyak Bukit berukuran kecil. Menyembul di beberapa sudut.
Chocolate Hills. Image via: crystalgalerie.com

Simak juga: tempat wisata di India

Tempat wisata di Filipina Chocolate Hill berupa kumpulan sangat banyak Bukit berukuran kecil. Menyembul di beberapa sudut. Pengunjung mampu menemukan Chocolate Hills di tiga kota berbeda yakni Batuan, Carmen dan Sagbayan.

Chocolate Hills menunjukkan pemandangan berbeda pada trend yang berlainan. Saat trend hujan bukit akan berwarna hijau cerah. Sedangkan pada saat kemarau lanskap berubah warna menjadi coklat. Bukit-bukit itu merupakan bukit kapur yang terselimuti rumput.

Besarnya bervariasi mulai dari diameter 30-50 meter dengan tinggi 120 meter. Gundukan batu gamping ini jumlahnya hingga 1268 dan menyebar secara acak. Indah sekali. Hubungi pemandu atau warga lokal semoga Anda mendapat titik tepat yang memungkinkan pandangan leluasa menyapu seluruh tempat ini.

Di balik keindahannya, ada dongeng menarik dibalik eksistensi Chocolate Hills tersebut. Beberapa orang percaya bahwa Chocolate Hills yaitu haril karya para alien yang balasannya ditinggalkan.

Cara paling mudah untuk mencapai bukit kawasan wisata di Filipina ini dengan mengikuti paket tur yang menyediakan destinasi Chocolate Hills. Pengunjung juga bisa mengunjunginya sendiri dengan menumpang bus dari Dao menuju Carmen.

  1. Gunung Mayon

Gunung berapi tempat wisata di Filipina ini memiliki ketinggian 2.462 meter, dengan memiliki lereng yang sangat curam antara 35 sampai 40 derahat.
Gunung Mayon. Image via: philcenter.org

Gunung Mayon terletak di propinsi Albay dan merupakan salah satu gunung paling aktif. Masyarakat Filipina menganggap gunung Mayon sebagai gunung Fujinya Filipina, ini dikarenakan bentuknya yang mirip kerucut.

Pemberian nama Mayon berdasarkan cerita rakyat setempat ihwal seseorang yang dianggap sebagai hero yaitu Daragang Magayon. Selain menikmati keindahan gunung Mayon, pengunjung juga mampu jalan-jalan di kota-kota sekitar gunung untuk melihat keunikan-keunikannya.

Gunung berapi kawasan wisata di Filipina ini memiliki ketinggian 2.462 meter, dengan memiliki lereng yang sangat curam antara 35 hingga 40 derahat.

Pada tahun 1938 kawasan wisata di Filipina , gunung Mayon ini dinobatkan sebagai taman nasional yang dilindungi, lalu pada tahun 2000 berubah fungsi sebagai taman alam. Semua habitat tanaman serta hewan yang berada di sekitar gunung dilindungi.

Bagi pengunjung yang memang ingin mendaki, sebaiknya memastikan diri dalam kondisi fit dan sudah cukup berpengalaman.Hal itu disebabkan oleh aktivitasnya yang sulit untuk diprediksi. Untuk para wisatawan yang ingin melihat keindahan dari gunung Mayon juga perlu berhati-hati dan lebih baik mengajak seorang pemandu wisata.

  1. Pantai El Nido

Di sekitar tempat wisata di Filipina ini terdapat pulau-pulau kecil. Diantaranya Pulau Miniloc, Snake Island, Helicopter Island, Pulau Pangulasian, Pulau Lagen, dan Pulau Shimizu.
Pantai El Nido. Image via: gettingstamped.com

Simak juga: daerah wisata di London

El Nido dikenal hingga ke mancanegara alasannya pemandangannya yang memukau. Pantai yang terletak di Pulau Palawan ini masih jarang dijamah oleh wisatawan. Dengan kontur tebing kapur berwarna putih dan pasir putihnya menawarkan keistimewaan tersendiri.

Tempat di Filipina ini cocok untuk bersantai di tepi pantai sembari melihat pemandangan sunset. Keindahan El Nido merupakan surga bagi para pencari ketenangan. Masyarakat Filipina sendiri menganggap El Nido sebagai nirwana ke dua setelah Boracay.

Di sekitar kawasan wisata di Filipina ini terdapat pulau-pulau kecil. Diantaranya Pulau Miniloc, Snake Island, Helicopter Island, Pulau Pangulasian, Pulau Lagen, dan Pulau Shimizu. Di pantai ini pengunjung mampu menikmati wahana rekreasi seperti kayaking, berlayar, dan water sport.

Di bawah permukaan air maritim, hamparan terumbu karang terpeliharan indah. Selain terumbu karang, berbagai jenis ikan juga dapat dilihat disini mirip ikan pari, dugong, penyu, dan bahkan beberapa ikan hiu mampu terlihat di El Nido.

El Nido menyediakan restoran yang menyediakan beberapa hidangan special diantaranya Lechon, Abodo Kangkong, dan Pancit Canton. Dilihat dari namanyasudah memebuat pengunjung penasaran dengan masakan itu.

  1. Pulau Siargao

Bila datang tempat wisata di Filipina, pulau Siargao, pengunjung akan disuguhkan potensi laut yang tidak ada duanya.
Pulau Siargao. Image via: siargaostyle.com

Siargao mulai populer sejak tahun 1980, kawasan wisata ini dikenal dengan ombak yang besar. Sebelumnya destinasi wisata ini hanya dikelola dan dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Namun oleh pemerintah kota dijadikan sebagai objek wisata.

Bila tiba kawasan wisata di Filipina, pulau Siargao, pengunjung akan disuguhkan potensi laut yang tidak ada duanya.  Bagi para pengunjung yang punya hobi berenang, berselancar atau snorkeling mampu menjadikan Siargao sebagai tempat favorit.

Para surfer yang pernah mencicipi ombak dari Siargao mencicipi sensasi surfing yang berbeda dari pantai lainnya. Peselancar sering menyebut ombak di pantai ini dengan sebutan Could 9 dan sering digunakan untuk perlombaan selancar setahun sekali.

Selain wahana pantai, pengunjung juga dapat mengunjungi resort yang sudah tersedia di objek wisata ini. Resort memperlihatkan berbagai olahraga air seperti snorkeling dan mendayung.

Pengunjung tempat wisata di Filipina ini mampu menikmati sajian maritim yang sudah disediakan di restoran atau menikmati suasana malam dengan berjalan santai di tepi pantai. Jika sudah bosan, pengunjung bisa berjemur di pantai dengan menyewa pijat refleksi sambil memandang indahnya pantai Siargao.

  1. Air terjun Maria Cristina

. Air terjun Maria Cristina dikenal dengan keindahan alam dan menjadi sumber utama energi listrik untuk kota industri.
Air terjun Maria Cristina. Image via: travel-tramp.com

SImak juga: daerah wisata di Inggris

Nama daerah wisata di Filipina ini begitu menarik. Sebuah teladas yang berada di pulau Mindanao menjadi salah satu daerah wisata favorit para pengunjung. Air terjun Maria Cristina dikenal dengan keindahan alam dan menjadi sumber utama energi listrik untuk kota industri.

Air terjun yang memiliki ketinggian 98 meter ini konon memiliki legenda. Cerita yang beredar di masyarakat sudah ada sejak jaman dahulu. Diceritakan ada dua bidadari berjulukan Maria dan Cristina. Mereka bertemu, jatuh cinta, dan menikah dengan insan di penderasan ini.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan yakni berenang. Namun jikalau arus air sedang deras, pengunjung dilarang untuk berenang alasannya adalah alasan keselamatan. Disarankan bagi para pengunjung yang ingin berenang supaya mengunjungi kawasan wisata ini pada demam isu panas di bulan Maret dan April.

Sebelum masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 35 Peso untuk orang sampaumur. Sedangkan untuk bawah umur dikenakan biaya sebesar 25 Peso.

  1. Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Para penjelajah sudah memasuki goa tempat wisata di Filipina ini sepanjang 8,2 km dan hanya 4,3 km yang sudah dipetakan
Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa. Image via: viator.com

Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa ialah sebuah area dilindungi yang terletak 80 kilometer di sebelah utara Kota Puerto Princesa, Filipina. Taman nasional ini berada di Pegunungan Saint Paul, di pesisir barat pulau ini, berbatasan dengan Teluk St. Paul.

Ahli geologi menemukan sungai bawah tanah ini mempunyai lantai dua, yang menunjukkan bahwa terdapat riam kecil di dalam gua. Mereka juga menemukan kubah gua seluas 300 m di atas sungai bawah tanah.

Para penjelajah sudah memasuki goa kawasan wisata di Filipina ini sepanjang 8,2 km dan hanya 4,3 km yang sudah dipetakan. Untuk kunjungan wisata hanya 2,2 km jarak yang biasa ditempuh Dalam sehari rerata pengunjung sekitar 900 orang.

Di dalam goa terdapat ornamen-ornamen pahatan alam berupa stalagtit dan stalagmit. Beraneka macam bentuk ada di sini dan terserah orang hendak menerjemahkan apa. Ada batu bundar besar sehingga dinamakan jamur.

Ada juga bebatuan yang tampak mirip Bunda Maria, ada kerikil patah seperti lambung kapal sehingga diberi nama titanic. ada puluhan batuan yang menyerupai bentuk sesuatu benda dan inilah daya tarik dari sungai bawah tanah ini.

  1. Baguio City Market

Di pasar tempat wisata di Filipina ini buah-buahan segar dijual dengan harga yang sangat masuk akal serta sayuran segar seperti selada, kol, dan kembang kol.
Baguio City Market. Image via: lakas.com.ph

SImak juga: kawasan wisata di Jerman

Jika Pengunjung lebih suka mengeksplor sebuah kota dari sisi kultur masyarakat aslinya, pasar tradisional mungkin merupakan daerah wisata di Filipina yang paling tepat untuk dikunjungi. Jika benar demikian, salah satu pasar yang bisa dikunjungi yakni Baguio City Market.

Di daerah ini ada banyak penjual lokal yang mampu Anda jadikan tujuan belanja. Ada yang menjual kuliner, kerajinan tangan, dan sebagainya. anda yang suka dengan buah-buahan dan juga sayuran juga bisa berbelanja di sana.

Di pasar kawasan wisata di Filipina ini buah-buahan segar dijual dengan harga yang sangat masuk nalar serta sayuran segar mirip selada, kol, dan kembang kol. Untuk suvenir, ada barang-barang kerajinan mirip selimut, perabotan, dekorasi rumah, dll.

Salah satu barang paling populer yakni sapu Baguio yang populer dengan pegangan anyaman yang nyaman. Pasar Kota Baguio ialah kawasan terbaik untuk menemukan produk asli dan lokal yang dapat dibeli turis sebagai hadiah untuk keluarga dan teman-sobat mereka.

Tempat ini benar-benar merupakan pasar tradisional layaknya pasar tradisional di Indonesia. Mungkin jarang ada wisatawan dari luar yang berkunjung ke sana. Namun pengunjung tetap bisa berbelanja di sana dengan cukup nyaman.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni