11 Tempat Wisata Di Guangzhou Yang Wajib Dikunjungi Ketika Ke Tiongkok

Tempat wisata di Guangzhou variatif dan menarik. Mulai alam, budaya, religi, belanja, masakan, hingga hiburan malam. Kota Guangzhou Lokasinya berada di ujung selatan Tiongkok, sangat strategis alasannya adalah menghadap langsung ke Laut Tiongkok Selatan.

Tempat wisata di Guangzhou variatif dan menarik. Mulai alam, budaya, religi, belanja, kuliner, hingga hiburan malam
Tempat Wisata di Guangzhou. Image via: lifeofguangzhou.com

Simak juga: tempat wisata di China

Sekilas Soal Guangzhou

Guangzhou terletak terutama di tepi utara Sungai Mutiara. Distrik Yueh Hsiu di lokasi renta tetap menjadi sentra perdagangan dan kedudukan pemerintahan. Gedung pencakar langit, taman, dan jalan raya mendominasi pemandangan kota.

Di antara monumen terbaik di distrik ini adalah Museum Pemerintah Kota Guangzhou, mengambil kawasan di sebuah pagoda merah semenjak 1380, Lembaga Gerakan Petani, terletak akrab pusat kota, dan Masjid Huai Sheng yang merupakan masjid tertua di Cina.

Guangzhou memiliki iklim yang menyenangkan. Dengan animo panas yang lembap dan ekspresi dominan hambar yang kering. Suhu dan cuaca di sangat dipengaruhi geografis sekitarnya, contohnya gunung Baiyun di utara, sungai Pearl River yang membelah kota serta. Suhu rata-rata tahunan di gz ialah 22o Celcius dengan suhu terendah 150 dan suhu tertinggi 30o.

Untuk sistem tranportasi, Kota Guangzhou sudah mempunyai Kereta MRT dan sisstem angkutan kota berupa Bis.

11 Tempat Wisata di Guangzhou

  1. Canton Tower

Tempat wisata di Guangzhou ini adalah salah satu menara tertinggi di Asia. Jika digabungkan dengan antena yang menjulang di bagian paling atas, Canton Tower memiliki tinggi sampai 600 meter.
Canton Tower. Image via: chinaexpeditiontours.com

Canton Tower atau biasa juga disebut Guangzhou Tower. Bangunan ini mempunyai tinggi hingga 428 meter dan terdiri dari 107-108 lantai. Tempat wisata di Guangzhou ini ialah salah satu menara tertinggi di Asia. Jika digabungkan dengan antena yang menjulang di bagian paling atas, Canton Tower mempunyai tinggi hingga 600 meter.

Menara yang dibangun di area seluas 114 meter persegi ini didesain seperti jam pasir. Bagian tengah menara lebih kecil dari bab atas dan bawah. Menara terdiri dari 5 bab. Di dalamnya terdapat food court, ruang ekspo, observatorium, ruang konferensi, toko, dan wahana permainan komputer.

Di salah satu bab menara tempat wisata di Guangzhou ini, ada wahana spider walk di mana pengunjung bisa berjalan di pinggir tower menggunakan pengaman. Sehingga, bila penumpang tergelincir, maka aman dan tidak akan jatuh. Kemudian, ada wahana Bubble tram yang berbentuk bulan dan mampu berputar 360 derajat sehingga keseluruhan Guangzhou bisa terlihat.

Menara ini buka pada pukul 10.00-21.30 waktu setempat. Untuk bisa naik ke menara, pengunjung diharuskan membayar 200 Yuan per orang.

  1. Candi Enam Pohon Beringin

. Kuil tempat wisata di Guangzhou ini awalnya disebut dengan kuil Baozhuangyan. Tetapi sastrawan Shi Su menyebut kuil ini dengan nama “Liu Rong” yang artinya Six Banyan Trees.
Candi Enam Pohon Beringin. Image via: chinatouradvisors.com

Simak juga: tempat wisata di Beijing

Kuil Enam Pohon Beringin atau Six Banyan Trees yakni sebuah kuil kuno yang dibangun sekitar tahun 537 selama abad Dinasti Liang. Kuil kawasan wisata di Guangzhou ini awalnya disebut dengan kuil Baozhuangyan. Tetapi sastrawan Shi Su menyebut kuil ini dengan nama “Liu Rong” yang artinya Six Banyan Trees.

Setelah melalui gerbang utama tempat wisata di Guangzhou ini, yang pertama kali pengunjung lihat yakni aula Tianwang. Pagoda ialah sudut yang menjadi daya tarik utama kawasan ini. Ada sembilan lantai dengan warna merah dan putih. Atap pagoda dicat merah.

Ruang utama pagoda disebut dengan aula Daxiong Baodian yang memilihi tiga patung tembaga Buddha ialah Amitabha Buddha, Sakyamuni Buddha dan 1 patung Buddha lainnya.

Kuil Six Banyan Trees tidak hanya menjanjikan pesona tempat ibadah selama yang sudah berdiri selama ribuan tahun. Pada ketika ekspresi dominan semi tiba yakni sekitar bulan April, kuil tempat wisata di Guangzhou ini menggelar Festival Musim Semi Cina dan Festival Lentera.

Pengunjung bisa memulai berwisata ke kuil sejak pukul 08.00 hingga 17.20, dengan membayar tiket 10 Yuan.

  1. Chen Clan Academy

Tempat wisata di Guangzhou ini dibangun dengan gaya simetris tradisional Tiongkok dan ruang utama disebut Juxian Hall yang digunakan sebagai ruang leluhur.
Akademi Chen Clan. Image via: m.visitourchina.com

Ancestral Temple of the Chen Family juga disebut Chen Clan Academy atau Chen Lineage yang merupakan kuil sebagai tempat persembahan kepada leluhur. Chen Clan Ancestral Temple  terdapat di Kota Guangzhou sebagai Kuil Leluhur  di Kota Foshan, bekas Kediaman Sun Yat-sen di Kota Zhongshan.

Tempat wisata di Guangzhou ini dibangun dengan gaya simetris tradisional Tiongkok dan ruang utama disebut  Juxian Hall yang digunakan sebagai ruang leluhur. Atraksi yang paling mengesankan di kuil ini yakni berbagai gesekan yang luar biasa menggambarkan memuji alam.

Ukiran indah dalam media bentuk kayu, watu bata, tembikar, kerikil, dan kapur di kawasan Guangzhou ini sepenuhnya menawarkan prestasi besar seni ukir di Provinsi Guangdong.

Kuil daerah wisata di Guangzhou ini terdiri dari sembilan ruang, enam halaman dan sembilan belas bangunan yang dihubungkan oleh koridor, semua dipisahkan oleh dinding dari dunia luar. Sepasang drum kerikil terdapat di depan pintu masuk, berukuran 2.55 meter tingginya dan dua gambar dewa berwarna terdapat di pintu sekitar empat meter tingginya.

Kuil Buka pukul: 08:30 -17: 30, dengan Tiket masuk 10 Yuan.

  1. Mausoleum Raja Nanyue

, tempat wisata di Guangzhou ini juga menjadi salah satu dari 80 museum paling terkenal di dunia dengan luas 14.000 meter persegi meliputi 10 ruang pameran.
Mausoleum Raja Nanyue. Image via: tanndy.com

Simak juga: daerah wisata di Hongkong

Mausoleum of The Nanyue King yakni makam Dinasti Han yang paling bau tanah dan terbesar. Tidak hanya makam, daerah wisata di Guangzhou ini juga menjadi salah satu dari 80 museum paling terkenal di dunia dengan luas 14.000 meter persegi meliputi 10 ruang festival.

Raja dari Dinasti Han yang dikuburkan di sini yaitu Raja Zhao Mei (206 SM- 24 M). Kuburan berada di kedalaman 20 meter. Makam ini terbuat dari 750 watu dengan mural yang berwarna-warni.

Museum daerah wisata di Guangzhou ini berisi 1.000 benda peninggalan budaya. Khususnya yang terbuat dari perunggu dan tanah liat serta perlengkapan dari Yue, Cina Selatan. Selain peninggalan dari Cina Selatan, jejak sejarah Cina Tengah, Cina Barat, tempat padang rumput dan bahkan budaya gila.

Koleksi yang menarik di Mausoleum of The Nanyue King adalah pakaian sutra  giok yang terdiri dari 2.291 lembar giok. Batu giok itu dirangkai dengan memakai sutra dan merupakan satu-satunya pakaian yang menggunakan giok di dunia.

Pengunjung mampu mengunjungi tempat wisata di Guangzhou berupa Mausoleum of The Nanyue King ini pada jam 09.00 sampai 17.00, dengan membayar tiket 12 Yuan.

  1. Kuil Gungxiao

tempat wisata di Guangzhou kuil Guangxiao berdiri sebuah pagoda yang memiliki setinggi 7.69 meter dan memiliki 7 lantai
Kuil Gungxiao. Image via: justgola.com

Kuil Guangxiao berumur lebih renta dari kota Guangzhou. Itu sebabnya keberadaannya sangat dihargai dan menjadi bab dari sejarah Provinsi Guangdong. Tempat wisata di Guangzhou ini juga kediaman dari biksu-biksu populer pada masanya yang memberikan pengajaran di kuil ini.

Pada dikala Periode Tiga Kerajaan (220-228) seorang komandan berjulukan Yu Fan mengalami penurunan jabatan dan dibuang ke Guangzhou. Ia kemudian bermukim di kota ini dan mulai memperlihatkan ceramah di kuil.

Saat mengunjungi kuil daerah wisata di Guangzhou ini, pengunjung akan melihat aula utama kuil dibangun dengan pondasi yang lebih tinggi dan diapit lonceng. Di dalam aula ini terdapat 3 patung Buddha yang berukuran besar. Mereka ialah Sakyamuni, Buddha dan Samantabhadra.

Selain ketiga patung tersebut, di Guangxiao bangkit sebuah pagoda yang  mempunyai setinggi 7.69 meter dan  memiliki 7 lantai. Uniknya, seluruh sisi bangunan pagoda tertutupi oleh lebih kurang 900 gesekan Buddha yang berjajar rapi.

Kuil tempat wisata di Guangzhou ini terbuka untuk umum semenjak pukul 06.30 hingga17.00. Pengunjung diminta untuk membayar tiket masuk seharga 10 Yuan.

  1. Kebun raya Cina Selatan

Tempat wisata di Guangzhou ini berisi bermacam-macam species tanaman.
Kebun raya Cina Selatan. Image via: christant

Simak juga: daerah wisata di Shanghai

Kebun Raya Cina Selatan atau South Cina Botanical Garden merupakan kebun raya tertua dan terbesar di Cina. Berada di 8 km utara Guangzhou , kebun raya ini menempati area seluas 741 hektar. Kebun Raya Cina Selatan ini dikenal juga dengan nama Tropical and Sub-tropical Botanic Museum.

Tempat wisata di Guangzhou ini berisi beragam species tanaman. Secara umum kebun raya memiliki 3 bagian utama adalah zona pembibitan dan festival (Nursery and Exhibition Zone), zona riset dan residensial (Research and Residential Zone) serta cagar alam.

Selain 3 zona itu, pengunjung daerah wisata di Guangzhou ini juga bisa mengunjungi beberapa titik yang menjadi favorit wisatawan. Misalnya Long Dong Magic Forest yang terpilih menjadi salah satu dari 8 daerah indah di Guangzhou. Di kawasan ini terdapat dua semenanjung dan satu danau buatan.

Yang menciptakan Long Dong Magic Forest dijuluki sebagai tempat yang indah alasannya adalah pemandangan selalu berubah setiap trend berganti. Pemandangan masing-masing musimnya memiliki pesona yang berbeda.

Pengunjung daerah wisata di Guangzhou ini mampu berkunjung pada jam operasional, yaitu sejak pukul 07.30 pagi 17.30,dengan tiket seharga 50 Yuan.

  1. Pearl River

Cara terbaik menikmati keindahan tempat wisata di Guangzhou ini adalah dengan naik kapal yang mengarungi perairan sungai .
Pearl River Night Cruise. Image via: viator.com

Sungai Pearl juga disebut dengan sungai Guandong atau Canton. Dengan panjang 2.214 km, sungai Pearl yakni sungai terbesar ketiga di Cina sekaligus menjadi yang terbesar di Guangzhou. Dinamakan Pearl sebab ada sebuah batu besar di sungai ini berbentuk bundar, halus sehingga tampak mirip mutiara (pearl).

Jika sungai-sungai lainnya menyuguhkan pemandangan alam, sungai kawasan wisata di Guangzhou ini justru menunjukkan pesona khas tempat perkotaan modern. Ketika malam tiba, sungai menebarkan kecantikan. Jembatan dihiasi warna-warni lampu neon tampak seperti pelangi yang menghiasi sungai. Air sungai merefleksikan segala warna lampu yang bersinar di atasnya.

Cara terbaik menikmati keindahan kawasan wisata di Guangzhou ini adalah dengan naik kapal yang mengarungi perairan sungai . Bermacam-macam kapal yang disewakan ini mampu menampung hingga 300 pengunjung.

Tiket kapal susur sungai berkisar  48 – 78 Yuan per orang tergantung jarak dan kapal yang dipilih. Kapal-kapal ini melayani para penumpang semenjak pukul 6 sore sampai 11 malam. Dengan mengikuti kapal-kapal ini, pengunjung bisa melihat formasi bangunan yang ditata apik. Pengunjung juga mampu menikmati hembusan angin yang sejuk nan lembut.

  1. Gunung Baiyun

. Puncak tertinggi tempat wisata di Guangzhou ini bernama Moxing, yang berdiri di tengah gunung dengan ketinggian 380 mdpl.
Gunung Baiyun. Image via: airfrance.it

Simak juga: tempat wisata di Kyoto

White Cloud Mountain atau disebut juga dengan gunung Baiyun terletak di pinggiran utara Guangzhou, tepatnya sekitar 7,5 km dari kota. Puncak tertinggi daerah wisata di Guangzhou ini berjulukan Moxing, yang bangun di tengah gunung dengan ketinggian 380 mdpl.

White Cloud Mountain memiliki pemandangan yang indah. Sebuah taman dengan bukit-bukit dan perairan yaitu pemandangan yang bisa kita lihat di tempat wisata di Guangzhou ini. Ada beberapa zona wisata yang telah dikembangkan, diantaranya menara mingzhu, bukit moxing, bukit santai, lembah mingchun, bukit fei’e, danau luhu dan kebun Yuntai.

Saat pengunjung memasuki kebun Yuntai, pengunjung akan melihat layaknya kota bunga. Berbagai jenis bunga mekar dengan indahnya memanjakan mata pengunjung.  Selepas dari Yuntai pengunjung mampu melihat sangkar burung terbesar di Cina dengan mengunjungi Bird Spring Valley Park.

Jika menginginkan melihat keseluruhan pemandangan kawasan wisata di Guangzhou ini, pengunjung mampu naik cableway.

Untuk masuk ke kawasan White Cloud Mountain pengunjung harus membayar tiket seharga 5-25 Yuan tergantung banyaknya destinasi yang dikunjungi. Area ini dibuka sejak pukul 06.00 hingga 17.00.

  1. Chimelong Tourist Resort

Chimelong Resort adalah tempat wisata di guangzhou yang menggabungkan hotel, hiburan dan rekreasi dalam satu wadah.
Chimelong Tourist Resort. Image via: klook.com

Chimelong Resort adalah destinasi unik yang menggabungkan hotel, hiburan dan rekreasi dalam satu wadah. Disini Pengunjung mampu menjelajahi Chimelong Paradise, Chimelong International Circus, Chimelong Water Park, Xianjiang Safari Park, Chimelong Golf Park dan Guangzhou Croco Park.

Di Chimelong Xianjiang Safari Park terdapat 20.000 binatang dari 460 species yang berbeda. Sebagian besar koleksi taman safari ini yaitu binatang-hewan langka yang termasuk kedalam daftar hampir punah. Seperti, beruang kutub, panda raksasa, trenggiling, singa, kuda nil, harimau dan beruang. Pengunjung mampu menikmati tempat wisata di Guangzhou ini dengan bersepeda.

Untuk belum dewasa mampu mampir ke Chimelong Water park yang merupakan taman air terbesar di Asia. Semua permainan yang memanfaatkan air ada disini. Pengunjung mampu menikmati wahana menyenangkan mirip angin puting-beliung atau family boomerango bersama belum dewasa.

Zona Chimelong Paradise di tempat wisata di Guangzhou ini memiliki 70 wahana yang berbeda. Yang paling populer yakni roller coaster 10 lingkaran yang dianggap sebagai roller coaster kedua terbaik se-dunia.

Tempat wisata di Guangzhou ini bisa dikunjungi semenjak pukul 09.00 hingga 21.30 malam. Tiket masuk seharga 180 Yuan.

  1. Katedral Hati Kudus

Gereja tempat wisata di Guangzhou ini mengingatkan pada katedral di Eropa dengan Jendela tinggi dan melengkung khas tempo dulu.
Katedral Hati Kudus. Image via: chinachristiandaily.com

Simak juga: daerah wisata di Osaka

Katedral Hati Kudus dibangun pada tahun 1800 oleh Kaisar Perancis berhubungan dengan pemerintahan Perancis dan Gereja Katolik. Gereja kawasan wisata di Guangzhou ini mengingatkan pada katedral di Eropa dengan  Jendela tinggi dan melengkung khas tempo dulu. Konon arsitektur katedral ini diilhami dari kemegahan Basilika St Clotide di Perancis.

Bangunan tempat wisata di Guangzhou ini Luas bangunanya mencakup 2.754 meter persegi . Sedangkan ruang di tengah katedral tingginya mencapai 27 meter. Dinding dan langit-langit katedral dicat berwarna-warni. Kondisi ini diperindah dengan kaca patri yang menyebabkan kesan klasik.

Dari luar pengunjung bisa melihat dua menara setinggi 58,5 meter. Di menara yang sebelah barat terdapat jam produksi Cina yang berukuran besar. Sedangkan menara yang berada di sisi timur berfungsi sebagai menara lonceng. Loncengnya terbuat dari perunggu yang dikirim eksklusif dari Perancis pada masa ke-19.

Pengunjung bisa mengunjungi daerah wisata di Guangzhou ini semenjak pukul 08.00 sampai 17.30. Pengunjung  tidak perlu membayar tiket masuk di gereja ini alias Gratis.

  1. Pasar Obat Qing Ping

Tempat wisata di Guangzhou ini adalah pusat perdagangan terbesar dan pusat distribusi obat herbal tonik di Cina selatan.
Pasar Obat Qing Ping. Image via: sfgate.com

Didirikan pada tahun 1979, Pasar Qingping terletak di tepi Sungai Pearl. Dengan panjang 1000 meter, pasar mengkhususkan diri dalam produk pertanian dan sampingan serta obat-obatan. Berbagai produk dan fitur pasar tradisional menarik pengunjung untuk merasakan “pengalaman kasatmata Tiongkok”.

Pasar Obat Herbal Cina Qingping, satu dari 17 pasar obat herbal Cina yang disetujui oleh negara pada tahun 1996. Pasar ini ialah satu-satunya kawasan perdagangan obat herbal Cina yang sah di Guangzhou dan satu-satunya pasar obat herbal Cina di kawasan pusat metropolitan di Tiongkok.

Tempat wisata di Guangzhou ini adalah pusat perdagangan terbesar dan pusat distribusi obat herbal tonik di Cina selatan. Pelaku bisnis tiba dari banyak tempat dan produk dijual ke daratan, Hong Kong, Makau, Taiwan, Asia Tenggara dan negara-negara lain. Qingping Pharmaceutical Center yakni bangunan landmark dari pasar ini.

Ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan ketika mencoba berbelanja di kawasan wisata di Guangzhou ini. Diantaranya: Saat membeli obat, bandingkan kualitas dan harga pada beberapa toko,  Jangan percaya barang dengan harga terlalu rendah, hati-hati biar tidak membeli barang palsu, Sebaiknya pergi bersama ahli obat untuk pergi bersama.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni