11 Tempat Wisata Di Kuching, Kota Menengah Yang Tertata Rapi

Beraneka ragam tempat wisata di Kuching populer sebagai alternatif wisata warga negara Indonesia. Lokasi yang gampang dijangkau dari Indonesia menjadi pertimbangan lokasi ini populer sebagai tujuan kunjungan wisata. Kota yang mempunyai Icon kota berupa kucing ini, termasuk kota wisata yang hening dan cocok untuk liburan keluarga ataupun sekedar relaksasi.

tempat wisata di kuching beragam dans emuanya menyenangkan untuk dikunjungi
Tempat Wisata di Kuching. Image via: theculturetrip.com

Simak juga: daerah wisata di Malaysia

11 Tempat Wisata di Kuching.

Kuching atau Kota Kuching merupakan ibu kota Negara Bagian Serawak, Malaysia. Kota ini juga merupakan ibu kota Divisi Kuching. Kota ini terletak di Sungai Serawak di ujung barat daya negara bab Serawak di pulau Kalimantan dan mencakup area seluas 431 kilometer persegi.

Tempat wisata di Kuching bervariasi mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, daerah rekreasi konservasi, hingga wisata Belanja. Pada artikel ini kami mencoba menyusun daftar 11 kawasan wisata di kuching yang populer dan menarik untuk dikunjungi.

  1. The Astana Kuching

Tempat wisata di kuching ini merupakan tempat tinggal resmi dari Gubernur Sarawak
The Astana Kuching. Image via: panduanwisata.id

The Astana Kuching adalah sebuah istana yang ada di Kuching yang terletak di utara Sungai Sarawak. Tempat wisata di kuching ini merupakan tempat tinggal resmi dari Gubernur Sarawak.

The Astana Kuching dibangun pada tahun 1870 oleh raja putih kedua Charles Brooke sebagai hadiah untuk istrinya yang berjulukan Margaret Alice Lili de Windt. Charles Brooke dan istrinya menikah pada 20 Oktober 1869.

Arsitektur daerah wisata di Kuching ini sangat unik. The Astana Kuching terdiri dari tiga gedung yang terpisah namun ketiganya masih terhubung satu sama lain oleh semacam jembatan. Kemudian pada tahun 1883 sebuah menara jam yang anggun dan megah ditambahkan di depan istana.

Istana ini tidak dibuka untuk umum, namun tempat tamannya yang luas mampu dijangkau dengan bahtera kecil melalui Sungai Sarawak. Dari Sungai Sarawak, pengunjung bisa mengagumi betapa luas dan megah istana yang sangat berharga bagi warga Kuching ini.

  1. Forth Margherita

Tempat wisata di Kuching ini memiliki aspek kesejarahan dan makna yang sangat penting dalam pergulatan sejarah di Sarawak
Forth Margherita. Image via: java-wisata.co.id

SImak juga: tempat wisat di Phuket

Benteng ini telah berumur sangat renta, dibangun pada tahun 1879 oleh Charles Brooke yang periode itu menjabat sebagai Rajah Sarawak. Tempat wisata di Kuching ini mempunyai aspek kesejarahan dan makna yang sangat penting dalam pergulatan sejarah di Sarawak. Karena itu sampai kapanpun perlu terus dipertahankan.

Benteng ini biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang mempunyai kecenderungan terhadap pelbagai objek berbau sejarah. Tempat wisata di kuching ini di bangun di atas sebuah bukit yang menghadap pribadi ke Sungai Sarawak.

Di benteng ini dibangun tiga blok bertingkat yang meliputi sebuah lokus untuk mengamati keadaan sekeliling. Ketinggian lebih daripada bangunan lain alasannya adalah memang sengaja difungsikan sebagai menara pengawas. Di benteng ini juga ada sebuah meriam untuk menggempur musuh yang mendekat ke wilayah sekitar benteng.

Untuk hingga ke sini, pengunjung harus menyeberangi Sungai Serawak dengan memakai perahu. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak sebelum balasannya mencapai dasar benteng.

  1. Cat Museum

Cat museum merupakan tempat wisata di Kuching yang di dalamnya memiliki sejumlah koleksi yang bertema kucing.
Cat Museum. Image via: flyklia.com

Kota Kuching mengakibatkan hewan kucing sebagai lambang kota. Di Kuching ada patung kucing di tengah-tengah kota sehingga mengakibatkan keduanya: binatang kucing dan kota Kuching begitu identik. Kucing seolah tak terpisahkan dari kota yang berada di daerah Malaysia Timur ini.

Cat museum merupakan tempat wisata di Kuching yang di dalamnya mempunyai sejumlah koleksi yang bertema kucing. Di saan terdapat artefak kucing, patung kucing,  yang didatangkan dari pelbagai potongan dunia. Segala hal yang berkaitan dengan kucing, semuanya bisa ditemukan disini.

Beberapa koleksi yang banyak menarik perhatian kalangan pengunjung di daerah wisata di kuching ini yakni hello kitty, felix, garfield, whisker, friskies dan lainnya. Di museum ini juga pengunjung akan menyaksikan bagaimana binatang kucing mampu dijadikan sebagai perangko, kartu pos, poster, pakaian dan lainnya.

Museum ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 17.00.

  1. Tua Pek Kong Temple

Tempat wisata di kuching ini dibangun dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah dan menyejukkan hati
Tua Pek Kong Temple. Image via: sarawaktourism.com

SImak juga: tempat wisata di Melaka

Tua Pek Kong Temple merupakan sebuah kuil yang terletak di Kuching dan dapat menjadi salah satu tujuan wisata religi ketika berkunjung ke episentrum Sarawak ini. Banyak diantara mereka yang menganggap bahwa kawasan wisata di Kuching ini memiliki imbas dalam konteks bisnis.

Ketika pertama kali dibangun, kuil ini hanya berbentuk gubuk kecil nan sederhana. Baru terlihat megah saat renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun 1856 dimana atap dibangun permanen dengan dinding bata.

Tempat wisata di kuching ini dibangun dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah dan menyejukkan hati. Sungai dan bukit di depan kuil ini menimbulkan kuil sebagai daerah ibadah yang sarat dengan keindahan lahiriah dan batiniah. Kuil ini dibangun berdasarkan feng shui yang masih menjadi fatwa hidup kaum Tionghoa.

Kuil Tua Pek Kong berada di Jalan Tunku Abdul Rahman, Kuching, Sarawak, Malaysia. Kuil buka setiap hari.

  1. Masjid Agung Kuching

Keindahan masjid Kuching membuatnya wajib dimasukkan dalam daftar tempat wisata di kuching yang wajib dikunjungi.
Masjid Agung Kuching. Image via: bujangmasjid

Setiap negara bagian di Malaysia, mempunyai masjid agung yang dibangun di sentra kota dan selalu menjadi ikon yang wajib dikunjungi. Termasuk juga negara bagian Sarawak, yang ibukotanya di Kuching. Keindahan masjid Kuching membuatnya wajib dimasukkan dalam daftar kawasan wisata di kuching yang wajib dikunjungi.

Di halaman Masjid Agung Kuching bertebaran ribuan nisan kuno. Masjid agung kuching merupakan bangunan masjid kuno yang didirikan pada tahun 1852. Ribuan nisan kuno yang tersebar di halamannya merupakan lokasi perkuburan lama bagi masyarakat di Kampong Air.

Pada tahun 1968, bangunan masjid agung kuching mengalami pembaharuan dengan arsitektur yang sangat berbeda dari bentuk awalnya. Saat ini, Anda akan melihat kemegahan masjid agung kuching dari warna emas kubah-kubahnya. Masjid besar dengan halaman yang luas ini dicat dengan warna merah muda cerah.

  1. Kuching Orchid Garden

, di tempat wisata di kuching ini ada koleksi anggrek dalam jumlah besar.
Kuching Orchid Garden. Image via: sarawaktourism.com

SImak juga: tempat wisata di Johor Bahru

Taman kota indah ini merupakan salah satu daya tarik wisata Kuching yang di dalamnya memberikan tema wisata hortikultura dan botani. Bagi siapapun yang mencintai anggrek, di tempat wisata di kuching ini ada koleksi anggrek dalam jumlah besar.

Taman anggrek ini memiliki koleksi 79.000 flora dan terdiri dari 112 spesies dan hibrida anggrek. Taman ini sendiri dikembangkan dan dikelola oleh Balai Kota Kuching Utara. Kuching Orchid Garden ini terdiri dari Nursery dan Garden Display.

Sebagian besar koleksi tanaman yang ada di daerah wisata di kuching ini merupakan spesies Borneo yang terdiri dari epifit dan terestrial anggrek. Diantara anggrek Borneo yang sangat populer adalah Lady slipper atau nama latin Paphiopedilum Sanderium, anggrek hijau dan hitam dengan bunga uniknya, dan lainnya.

Jika pengunjung memilih untuk melakukan perjalanan dengan memakai moda transportasi sungai, mencapai lokasi taman indah daerah wisata di kuching ini hanya memerlukan waktu 15 menit saja dari sentra Kuching.

  1. Kuching Waterfront

Salah satu ikon bangunan yang sangat terkenal di tempat wisata di kuching tersebut adalah gedung Dewan Undangan Negeri Sarawak
Kuching Waterfront. Image via: amazingborneo.id

Kuching Waterfront, merupakan ikon pariwisata yang sangat populer di negara bagian Sarawak. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau. Terlebih, di sekitar kawasan wisata di Kuching tersebut bertabur penginapan dan hotel berbintang.

Kuching Waterfront, yang melapisi tepi selatan Sungai Sarawak, ialah tempat untuk merasakan getaran kosmopolitan kota. Pada siang hari, lokasi ini memberikan pemandangan Astana, Fort Margherita, dan kampung Melayu di seberang sungai. Kemudian pada malam yaitu ketika pengunjung bis amelihat daerah ini benar-benar menjadi hidup

Salah satu ikon bangunan yang sangat populer di daerah wisata di kuching tersebut adalah gedung Dewan Undangan Negeri Sarawak. Gedung DPRD itu terlihat indah, terutama pada malam hari dengan kemilau lampu.

Area sepanjang 900 meter tersebut, juga dilengkapi dengan pedestrian, daerah duduk taman, aneka jajanan dan suvenir, sampai layanan jaringan internet nirkabel gratis. Selain menikmati pemandangan dari tepi sungai, pengunjung juga bisa menggunakan kapal wisata yang disediakan pengelola.

  1. Sarawak Old Museum

tempat wisata di kuching ini digunakan sebagai pusat untuk memamerkan koleksi tentang sejarah alam Sarawak.
Sarawak Old Museum. Image via: en.wikipedia.org

SImak juga: kawasan wisata di Penang

Museum Sarawak, merupakan museum yang bisa dibilang memiliki salah satu koleksi terbaik di Asia Tenggara. Gedung museum bergaya Normandia ini menampung koleksi etnografi yang luar biasa. beberapa festival sejarah alam yang baik dan bab ihwal industri minyak di Sarawak

Bangunan Tua Museum Sarawak dibangun pada tahun 1891 dan diperluas ke bentuknya yang sekarang pada tahun 1911. Bangunan ini secara khusus dibangun untuk menampung dan menampilkan secara permanen seni dan kerajinan orisinil setempat dan koleksi binatang lokal.

Saat ini, tempat wisata di kuching ini digunakan sebagai sentra untuk memamerkan koleksi tentang sejarah alam Sarawak. Lantai dasar museum ini menyimpan koleksi sejarah alam dan spesimen fauna Sarawak – reptil, mamalia, burung, dll., Semuanya disiapkan dan dipasang secara matang untuk dipajang.

Lantai pertama menampilkan festival artefak etnografi seperti model rumah panjang dari banyak sekali kelompok etnis di Sarawak, alat musik, banyak sekali jenis perangkap ikan dan hewan, kerajinan tangan, model perahu dan lainnya.

Museum buka Senin hingga Jumat: jam 9:00 pagi – 16:45 sore. Sedangkan  hari Sabtu, Minggu, Libur Nasional: buka jam 10:00 pagi – 16:00 sore. Tiket masuk ke kawasan wisata di Kuching ini Gratis.

  1. China Town

tempat wisata di kuching ini memilki kelenteng-kelenteng ber-atap dengan nuansa oriental
China Town. Image via: en.wikipedia.org

Hampir tiap kota besar punya Chinatown, tak terkecuali Kuching di Malaysia. Walaupun punya karakteristik sama, tempat wisata di kuching ini tampil sangat bagus, higienis, dan ramah wisatawan.

Chinatown adalah salah satu tempat wisata di Kuching yang sering banyak wisatawan. Pengunjung tidak mampu melewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata di kuching ini. Selain karena kelenteng-kelenteng ber-atap dengan nuansa oriental China town juga punya banyak hal lain.

Chinatown kuching memiliki daya tarik lainnya mirip barang-barang dengan harga murah, kelimpahan Hotel akomodasi berbiaya rendah untuk resto trotoar dengan harga terjangkau.

Di sepanjang Carpenter Street terdapat hotel bujet, resto kaki lima, juga kelenteng-kelenteng China lengkap dengan pagoda dan daerah sembahyang. Wisatawan bisa memasuki kelenteng tertua yaitu Tua Pek Kong Temple, berseberangan dengan Chinese History Museum.

Untuk memasuki tempat kawasan wisata di kucging inidaapt melalui dua entri gateway. Yakni di Jala Padungan dan dekat Carpenter Street.

  1. Main Bazaar

tempat wisata di kuching yang pas sekali untuk wisata belanja dan juga kuliner
Main Bazzar. Image via: blog.airpaz.com

SImak juga: daerah wisata di Kuala Lumpur

Ketika sudah mendekati tamat periode kunjungan wisata, sudah saatnya berbelanja dan juga berburu buah tangan di Kuching. Ada satu tempat wisata di kuching yang pas sekali untuk wisata belanja dan juga kuliner ialah Main Bazaar.

Di sini pengunjung mampu melihat dan juga membeli beragam souvenir, buah tangan, dan juga kerajinan tangan. Ada banyak toko yang menyediakan bermacam-macam kerajinan dari kayu khas Kuching. Di sini pengunjung dapat menemukan banyak buah tangan yang dijual dengan harga terjangkau.

Setelah puas berburu buah tangan pengunjung mampu berwisata masakan di lokasi ini. Sebab di sini juga tersedia daerah untuk merasakan makan siang yang lezat. Paling penting bagi pengunjung Muslim cek dulu restoran yang didatangi apakah menyediakan menu makanan yang halal.

Disarankan kalau pengunjung ingin mengunjungi Main Bazaar ini, sebaiknya di sore hari. Karena keindahan Sungai Serawak akan terpancar apalagi malam hari. Pada saat itu pengunjung dapat melihat kelap-kelip yang berasal dari lampu-lampu taman.

  1. Boulevard Shopping Mall.

. Tempat wisata di kuching ini memilki ciri khas bangunan yang megah dan di dalamnya memiliki sebanyak 230 lebih gerai
Boulevard Shopping Mall. Image via: @boulevardshoppingmall

Boulevard Shopping Mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kuching. Tempat wisata di kuching ini memilki ciri khas bangunan yang megah dan di dalamnya memiliki sebanyak 230 lebih gerai aneka barang keperluan. Berbagai merk terkenal dijual disini mulai dari Vern, Shin, Trio dan aneka macam macam yang lainnya.

Penempatan setiap gerainya tertata demikian rapi sehingga menunjukkan teladan administrasi yang rapi. Hypermakret dan Departement Store ditempatkan di lantai 1, 5 dan 6. Beberapa gerai lainnya berada di lantai yang lain.

Beberapa outlet yang dapat dikunjungi disini semisal Converse, Popular Book Store, Hang Ten, Kenny Rogers, Alan Salon, Copal Digital Sushi King, Kentucky Fried Chicken dan lainnya.

Untuk Anda yang kebetulan membawa bawah umur maka jangan gundah bila sedang rewel. Bawa saja ke lantai 6 untuk menciptakan mereka bahagia alasannya lantai 6 merupakan sentra bermain belum dewasa.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni