11 Tempat Wisata Di Perancis, Menikmati Pesona Kota Mode

Liburan ke Tempat Wisata Di Perancis, seakan telah menjadi definisi bagi sebuah perjalanan romantis. Perancis dikenal sebagai pusat keromantisan dunia, baik objek wisata-nya maupun penduduk-nya. Objek wisata Perancis ada di Paris dan juga tersebar di kota- kota lainnya seperti Lyon , Nice dan tempat lainnya.

Liburan ke Tempat Wisata Di Perancis, seakan telah menjadi definisi bagi sebuah perjalanan romantis
Tempat Wisata di Perancis. Image via: oxfordstudent.com

Sekilas Soal Perancis

Republik Prancis yakni sebuah negara yang terletak di Eropa Barat dan juga mempunyai aneka macam pulau dan teritori seberang maritim yang terletak di benua lain. Prancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara.

Orang Prancis sering menyebut Prancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” alasannya adalah bentuk geometris teritorinya. Prancis ialah sebuah republik kesatuan semi-presidensial. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.

Prancis terletak di zona beriklim utara. Wilayah utara dan barat bahari mempunyai iklim sedang, sementara adonan efek bahari menghasilkan banyak sekali iklim di seluruh Prancis. Di tenggara iklim Mediterania terjadi. Di barat, iklim didominasi bahari dengan curah hujan tinggi, trend acuh taacuh sejuk hingga musim panas hangat.

Jaringan rel kereta api Prancis, yang membentang 31.840 kilometer adalah yang terpanjang di Eropa Barat. Rangkaian rel menghubungkan negara tetangga di Eropa, kecuali Andorra. Hubungan dalam kota juga dibuat dengan layanan bawah tanah dan trem yang dilengkapi dengan layanan bus.

11 Tempat Wisata di Perancis

  1. Eiffel Tower

Hingga tahun 1930 menara tempat wisata di Perancis itu merupakan bangunan tertinggi di dunia sebelum akhirnya dikalahkan Chrysler Building di New York City
Eiffel Tower. Image via: viator.com

Simak juga: kawasan wisata di Swiss

Menara Eiffel. Bangunan tersebut merupakan salah satu struktur paling populer di dunia. Hingga tahun 1930 menara daerah wisata di Perancis itu merupakan bangunan tertinggi di dunia sebelum akhirnya dikalahkan Chrysler Building di New York City.

Menara Eiffel dibangun memakai 10.000 ton material, 7.300 ton diantaranya merupakan besi. Monumen yang dalam pembuatannya melibatkan 300 orang pekerja itu tamat dibangun tahun 1889. Menara itu diresmikan sebagai pintu masuk “Pameran Universal” pada tanggal 31 Maret 1999.

Di awal pembangunan, Menara Eiffel sempat dianggap  tidak memiliki nilai seni. Bentuk meruncing ke atas memang sengaja untuk menghindari hembusan angin yang mampu meruntuhkan menara. Hasilnya, menara setinggi 325 meter masih bangkit kokoh sampai sekarang.

Sebenarnya bangunan daerah wisata di Perancis di tepi Sungai Seine itu hanya memiliki izin berdiri selama 20 tahun sampai kala 1909. Namun pemerintah kota Paris membatalkan niat untuk membongkar Menara Eiffel alasannya menara tersebut mampu memberikan pengaruh nyata.

Menara Eiffel juga menyumbangkan penghasilan besar dari sektor wisata. Bangunan tertinggi kelima di Prancis tersebut merupakan struktur yang paling banyak dikunjungi di dunia. Hingga tahun 2000 tercatat dua ratus juta orang dari seluruh dunia sudah mengunjungi tempat wisata di Perancis ini.

  1. Basilica of Sacred Heart of Paris

Basilika tempat wisata di Perancis ini terletak di puncak bukit dan menjadi titik tertinggi ketiga setelah menara Eiffel dan Mantparnasse Tower.
Basilica of Sacred Heart of Paris. Image via: discoverwalks.com

Basilica Secre Coeur sering disebut juga dengan Basilica of the Sacred Heart yang artinya basilika hati yang suci. Salah satu ikon wisata di kawasan Montmartre ialah Basilica Secre Coeour. Sebuah basilika yang dibangun untuk menghormati 58.000 korban perang Fraco-Prussia.

Basilika tempat wisata di Perancis ini terletak di puncak bukit dan menjadi titik tertinggi ketiga sehabis menara Eiffel dan Mantparnasse Tower. Basilika ini termasuk bangunan muda jikalau dibandingkan dengan Kathedral Notre Dame karena dibangun pada tahun 1875.

Pembangunan Basilica Secre Coeourmenggunakan batu khusus bernama Chateau Landon. Jika terjadi hujan, watu tersebut akan mengeluarkan zat kapur yang berfungsi sebagai pemutih sehingga warna basilika ini tetap putih bersih hingga sekarang.

Selain berkeliling, pengunjung mampu menikmati keindahan bangunan masa 19 ini dengan bersantai di sederetan anak tangga. Tangga yang menjulang tersebut merupakan salah satu titik favorit pengunjung untuk mengabadikan moment ketika sedang menikmati puncak tertinggi di bukit Montmartre.

Landmark tempat Montmartre inidibuka semenjak pukul 06.00 pagi hingga pukul 22.30 malam. Anda tidak perlu membayar tiket masuk kalau ingin menikmati basilika unik ini.

  1. Pont Du Gard Bridge

Jembatan tempat wisata di Perancis ini memiliki tiga tingkatan lengkungan, dengan ketinggian 48,8 m, dapat menyalurkan sekitar 200 juta liter air setiap hari
Pont Du Gard Bridge. Image via: avignon-et-provence.com

SImak juga: tempat wisata di Amsterdam

Pont du Gard dibangun oleh Marcus Vipsanius Agrippa (63 – 12 BC) menantu dari Caesar Augustus. Bangunan ini terdiri dari tiga tingkatan, yang paling atas adalah jalan masuk air walaupun tampak bagaikan jembatan.

Pont Du Gard merupakan bab dari terusan air kuno yang melintasi Uzès dan Nîmes di Selatan Perancis. Terletak di Vers-Pont-du-Gard akrab Remoulins. Saluran air ini dibangun oleh bangsa Romawi pada kurun pertama. Saluran ini adalah jembatan saluran air Romawi tertinggi dan terbaik sesudah Aqueduct of Segovia.

Jembatan kawasan wisata di Perancis ini memiliki tiga tingkatan lengkungan, dengan ketinggian 48,8 m, dapat menyalurkan sekitar 200 juta liter air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air warga Nîmes dan sekitarnya. Saat ini, Pont du Gard merupakan salah satu tujuan wisata Perancis yang banyak dikunjungi wisatawan.

Selama kunjungan ke kawasan wisata di Perancis ini, pengunjung bis amelakukan hiking, berjalan, dan relaksasi, di alam terbuka yang asyik. Pengunjung mampu berjalan-jalan dan berpiknik di tepi air. Lintasan yang ditandai tersedia di sepanjang sisa-sisa akses air Romawi dan kawasan pengamatan.

  1. Arc De Triomphe

Bangunan tempat wisata di Perancis ini memiliki banyak patung yang menggambarkan peristiwa revolusi serta masa kekaisaran.
Arc De Triomphe. Image via: discoverwalks.com

Menumen Arc de Triomphe  merupakan salah satu kawasan populer di Paris. Monumen ini terdapat di tengah Place Charles de Gaulle, di penghujung barat Champs Elysees. Monumen Arc de Triomphe bagi orang Perancis ialah untuk memperingati prajurit pendekar perang.

Bangunan daerah wisata di Perancis ini memiliki banyak patung yang menggambarkan peristiwa revolusi serta era kekaisaran. Ada juga api baka dan museum yang menyimpan sejarah bangunan. Bagian atas bangunan menunjukkan pemandangan Paris yang mengagumkan.

Monumen Arc de Triomphe dikeliling dengan bundar jalan raya yang besar. Bila ingin ke lokasi tersebut pengunjung dapat memakai jalan bawah tanah. Sampai di Monumen, pengunjung dapat menaikinya hingga ke lantai yang di atas untuk melihat pemandangan kota paris.

Lokasi daerah wisata di Perancis ini kerap dijadikan daerah bila ada pawai atau parade yang lewat. Tempat untuk berfoto-foto. Didekat monumen Arc de Triomphe ini juga terdapat halte bus wisata tur lokal. Jadi tidak salah bila lokasi ini benar-benar menjadi sentra keramaian dari kota Paris.

  1. Verdon Gorge Canyon

Tempat wisata di Perancis ini merupakan ngarai sungai yang sangat spektakuler, bahkan sering dianggap sebagai salah satu tempat terindah di Eropa.
Verdon Gorge Canyon. Image via: finduslost.com

SImak juga: tempat wisata di Belanda

Gorge Verdon, sebuah ngarai yang menyajikan pemandnagan indah di Prancis. Tempat ini dijuluki Grand Canyon ala Eropa. Gorge Verdon atau lebih dikenal dengan Gorges du Verdon terletak di bagian selatan Prancis, tepatnya di antara Alpes de Haute Provence dan Var.

Tempat wisata di Perancis ini merupakan ngarai sungai yang sangat spektakuler, bahkan sering dianggap sebagai salah satu kawasan terindah di Eropa. Ngarai ini memiliki panjang 25 kilometer dengan tinggi 700 meter dan lebar bervariasi, antara 6-100 meter di bab bawah dan 200-1500 meter di tepinya.

Dinding watu kapur tempat wisata di Perancis yang mempunyai panjang ratusan meter ini, seringkali menarik minat para pemanjat tebing. Tempat ini dianggap sebagai tujuan yang luar biasa untuk multipitch climbing. Terdapat lebih dari 1.500 rute hiking yang berbeda di sekitar jurang ini.

Gorge Verdon menjadi tujuan favorit nelayan, terutama untuk acara memancing. Selain acara hiking, masih banyak aktivitas lain yang mampu dilakukan di daerah ini, seperti berjalan kaki menikmati pemandangan, berkano, paralayang, arung gerojokan, dan mendaki.

  1. Chateau De Chambord

Kawasan tempat wisata di Perancis itu dibangun untuk Raja Francois I sebagai pondok berburu
Chateau De Chambord. Image via: countrylife.co.uk

Sebuah Chateau yang belum selesai di lembah Loire, di Perancis tengah. Ini yakni acuan terbaik dari arsitektur renaisans Perancis. Yang unik, seluruh rumah bangsawan dikelilingi oleh taman hutan terbesar di negara ini.

Di Loire Valley pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah layaknya sebuah kisah yang ada di dalam dunia kisah. Disini daerah  ini terdapat istana-istana megah, kebun anggur, dan kebun bunga matahari.

Waktu terbak untuk datang yaitu di ekspresi dominan semi. antara bulan april hingga oktober. Pada animo semi pengunjung mampu menikmati buah anggur yang langsung bisa anda petik dari kebunnya. Juga mampu menikmati indahnya pesona kebun bunga matahari.

Kawasan tempat wisata di Perancis itu dibangun untuk Raja Francois I sebagai pondok berburu. Sekarang ini ialah salah satu tempat wisata di Perancis terpopuler. Istana mulai konstruksi pada tahun 1519, tapi tidak pernah final setelah revolusi Perancis.

Ada 440 kamar, 80 tangga dan 280 perapian di chateau De Chambord. Istana juga menampilkan berbagai jenis menara dan cerobong asap. Tur berpemandu di chateau memberikan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi semua bab penting dalam chateau.

  1. Saint Michel

Biara tempat wisata di Perancis ini terletak di tengah-tengah pulau Mont Saint Michel, dikelilingi oleh sebuah desa kecil dengan restoran dan toko-toko suvenir
Saint Michel. Image via: nationalgeographic.com

Simak juga: kawasan wisata di Istanbul

Mont Saint-Michel yaitu sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Prancis di lisan sungai Couesnon erat Avranches. Mont Saint Michele, sebuah pulau misterius yang mengapung di laut. Pulau kecil seluas 1 kilometer ini menarik banyak pengunjung setiap tahun.

Sejarah Mont Saint Michel berawal dari tahun 708, dikala Malaikat Michael muncul dalam mimpi Aubert, Uskup Avranches, tiga kali dalam waktu yang berbeda. Setelah mimpi-mimpi ini, Saint Aubert memutuskan untuk membangun biara di Mont Saint Michel, yang sebelumnya dikenal sebagai ‘Mont-Tombe’.

Biara tempat wisata di Perancis ini terletak di tengah-tengah pulau Mont Saint Michel, dikelilingi oleh sebuah desa kecil dengan restoran dan toko-toko suvenir. Untuk mengakses pulau, pengunjung harus menyeberangi jembatan tua. Jembatan ini dibangun pada tahun 1879 untuk memudahkan para peziarah.

Kemegahan dan keindahan gereja serta bangunan tua tempat wisata di Perancis ini yang masih dipertahankan membuat pengunjung serasa memasuki masa pertengahan begitu menginjakan kaki ke dalam kota ini.

Dan salah satu yang membuat Le Mont Saint Michel begitu terkenal karena situs ini dikelilingi oleh lautan, dengan pasang surut terbesar di Eropa.

  1. The Louvre

Museum ini sangat besar dengan 5 lantai dan memiliki 3 sayap, yaitu Denon, Richelieu, dan Sully.
The Louvre. Image via: traveloka.com

Museum Louvre terletak di Rive Droite Seine atau tepi Sungai Seine, Arondisemen pertama di Paris. Dari Notre-Dam, pengunjung bisa berjalan kaki ke Musee du Louvre alasannya adalah jaraknya tidak jauh. Cukup menyusuri jalan tepian sungai Seine.

Museum ini sangat besar dengan 5 lantai dan memiliki 3 sayap, ialah Denon, Richelieu, dan Sully. Museum Louvre memang salah satu museum terbesar di dunia. Musee Du Louvre mempunyai sekitar 35 ribu benda seni dari mulai zaman prasejarah hingga era ke-19.

Koleksi museum ini dibagi menjadi 8 bab, adalah bab Mesir Kuno, benda purbakala dari Timur Dekat, Yunani, Etruskan, Romawi. Selain itu ada seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis dan juga Seni Gambar dan Cetakan.

Koleksi paling populer tentu saja ialah Monalisa. Luisan ini yang terletak di lantai satu. Lukisan Monalisa ini dilindungi oleh beling yang cukup tebal. Diberikan batas berupa pagar kayu agar lukisan ini terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Museum tempat wisata di Perancis ini buka setiap hari, kecuali Selasa, dari pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Tiket masuk museum ini 12-16 euro untuk pengunjung berumur 18 tahun ke atas dan gratis di bawah usia itu.

  1. Palace of Versailles

Istana ini memiliki 700 kamar, jendela 2.153, 68 tangga dan taman indah seluas 2000 hektar. Saat ini istana Versailles menjadi tempat wisata di Perancis yang utama
Palace of Versailles. Image via: france-privatetravels.com

SImak juga: daerah wisata di Turki

Istana Versailles adalah istana terbesar di Perancis, juga dikenal sebagai chateau de Versailles. Bagian pertama dari istana ini dibangun oleh raja Louis XIII pada tahun 1624 sebagai pondok berburu. Kemudian Louis XIV, penerus Louis XIII memperluasnya sebagai istana terbesar di negara itu.

Istana ini mempunyai 700 kamar, jendela 2.153, 68 tangga dan taman indah seluas 2000 hektar. Saat ini istana Versailles menjadi kawasan wisata di Perancis yang utama. Di dalam istana kamar-kamar memiliki ukuran dan gaya yang berbeda, berbeda-beda berdasarkan tingkat orang yang tinggal di sana.

Ruangan megah di istana tempat wisata di Perancis yang sangat terkenal bernama Royal Opera. Ruangan ini digunakan Louis XIV untuk menikahkan Marie Antoinette. Keseluruhan ruangan ini terbuat dari kayu. Hal tersebut menjadikan Royal Opera dikenal dengan sebutan the most acoustically theater in the world.

Ada pula sebuah tempat di Palace of Versailes yang cukup menarik perhatian wisatawan, yaitu The Geometric Garden. Sebuah taman seluas 100 hektar yang di dalamnya terdapat jalan, semak-semak, bunga dan pohon yang dibuat dengan contoh geometris. Taman indah ini ialah karya Andre Le Notre.

  1. Disneyland

Pengunjung tempat wisata di Perancis ini berkesempatan untuk berfoto dengan Mickey, Donald, dkk, lalu menyaksikan parade di siang hari dan firework di malam hari.
Disneyland Perancis. Image via: popsugar.com

Disneyland Paris memiliki 2 park: Disney Park dan Walt Disney Studio. Jika di peak season antrian membludak sebaiknya Anda cukup beli tiket 1-day 1-park atau 2-day 2-park.

Tempat wisata di Perancis Disney Park isinya mirip mirip Disneyland Hong Kong. Ada macam-macam wahana untuk renta muda. Sedangkan Walt Disney Studio lebih ke arah pertunjukan. Hampir semua pertunjukan ditampilkan dalam bilingual Perancis dan Inggris.

Pengunjung tempat wisata di Perancis ini berkesempatan untuk berfoto dengan Mickey, Donald, dkk, kemudian menyaksikan parade di siang hari dan firework di malam hari. Bagi yang belum pernah mengunjungi Disneyland, sisihkan 1 hari di Paris untuk ke kawasan ini.

Disneyland Paris juga mengimplementasikan FastPass sehingga pengunjung tidak perlu antri bangun usang di tiap wahana. Cukup tiba ke wahana yang diinginkan, ambil tiket FastPass dan perhatikan jam giliran main, kemudian pengunjung mampu pergi main di wahana lain dulu.

Disneyland tutup jam 7-8 malam. Harga normal tiket masuk ke 1 park yakni  £35. Sedangkan non-peak season apalagi animo cuek, pengunjung mampu coba 1-day 2-park (Discovery Ticket) alasannya harganya murah dan bisa bebas keluar-masuk ke dua taman itu.

  1. Faubourg Saint-Honore

Tempat wisata di Perancis ini merupakan destinasi terbaik pengunjung untuk menemukan berbagai rancangan busana Creme de la creme, furnitur unik, dan kosmetik dengan kualitas terbaik
Hermes di Faubourg Saint-Honore. Image via: parisselectbook.com

SImak juga: daerah wisata di Ho Chi Minh

Faubourg Saint-Honore merupakan salah satu pusat mode di Paris. Tempat wisata di Perancis ini merupakan destinasi terbaik pengunjung untuk menemukan aneka macam rancangan busana Creme de la creme, furnitur unik, dan kosmetik dengan kualitas terbaik.

Distrik ini sebagian besar dikembangkan setelah redefinisi batas kota pada tahun 1860. Arondisemen ke-8 ningrat mulai dikembangkan pada periode ke-18 dan ke-19 dengan kualitas baik. Rumah-rumah megah banyak berdiri di are ini. Bangunan itu berkontribusi terhadap warisan arsitektur Paris yang luar biasa.

Merek-merek terkenal yang melegenda untuk komplemen dan barang-barang kulit membuka gerai di kawasan wisata di Perancis ini. Semua itu akan mempesona, bahkan untuk fashionista yang paling berpengalaman sekalipun.

Berlokasi di lingkungan Louvre-Tuileries dan hanya terletak beberapa blok dari Opera Garnier dan Paris department store di Boulevard Haussmann. Di Saint-Honore pengunjung mampu menemukan banyak sekali macam brand fashion klasik kelas atas seperti Versace, Hermes, Yves Saint Laurent, dan Colette.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni