11 Tempat Wisata Di Seoul, Yang Mengingatkan Pada Romantisnya Drama Korea

Tempat wisata di Seoul memang sangat bermacam-macam dan menarik untuk disimak. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan dari mancanegara berkunjung ke sini yaitu tempat ini yang sangat ramah akan wisatawan. Tidak hanya dari akomodasi, namun juga penduduk lokal yang selalu menerima dengan terbuka.

Tempat wisata di Seoul memang sangat beragam dan menarik untuk disimak. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan dari mancanegara berkunjung ke sini adalah tempat ini yang sangat ramah akan wisatawan.
Tempat Wisata di Seoul. Image via: qgs.global

Simak juga: tempat wisata di Korea

Sekilas Soal Seoul

Seoul yakni ibu kota Korea Selatan yang berusia lebih dari 600 tahun. Seoul terletak di barat laut negara, di bab selatan DMZ Korea, di Sungai Han. Kota ini yaitu sentra politik, budaya, sosial dan ekonomi di Korea Selatan dan Asia Timur.

Dengan 10 juta penduduk terdaftar yang hidup dalam area sebesar 605.21 km², Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia. .Terdapat dua bandara yang melayani penerbangan dari dan ke Seoul, yakni Bandar Udara Internasional Incheon yang merupakan bandara terbaik se-dunia dan Bandar Udara Internasional Gimpo.

Iklim di Seoul dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia dan memiliki 4 trend. Di Seoul Musim Dingin biasanya terjadi pada Desember hingga Februari, dengan suhu paling rendah pada Januari yang mencapai minus 3 sampai 6 derajat Celcius.

11 Tempat Wisata di Seoul

  1. Namsan Seoul Tower

Di tempat wisata di Seoul ini terdapat Namsan Seoul Tower Hanbok Culture Experience Center. Di sini pengunjung dapat menyewa pakaian tradisional Korea (Hanbook) dan berfoto dengan nuansa kerajaan.
Namsan Seoul Tower. Image via: agoda.com

Menara Namsan ini awalnya yaitu untuk penyiaran radio dan televisi. N sekarang digunakan sebagai menara observasi dan juga untuk wisata. Karena terletak di atas bukit, maka pemandangan dari area Namsan Tower saja sudah indah, apalagi jikalau naik ke atas menaranya, maka pengunjung mampu melihat panorama kota Seoul.

Di daerah wisata di Seoul ini terdapat Namsan Seoul Tower Hanbok Culture Experience Center. Di sini pengunjung dapat menyewa pakaian tradisional Korea (Hanbook) dan berfoto dengan nuansa kerajaan. Harga sewanya mulai dari KRW 18.000 belum termasuk foto.

Bagi pengunjung yang suka foto-foto, tempat ini mempunyai banyak spot foto untuk diabadikan. Ada juga

Proposal Staircase. Sebuah lokasi romantis, dengan pemandangan yang bagus, juga dikelilingi dengan gembok cinta para pasangan yang berjanji akan setia.

Masuk ke area Tempat wisata di Seoul Namsan Tower tidak dipungut biaya, tapi jikalau ingin naik ke menara observatorinya, maka perlu membeli tiket seharga KRW 10,000 untuk dewaasa dan KRW 8,000 untuk anak-anak. Juga tersedia paket yang dikombinasikan dengan N-Burger resto atau dengan popcorn.

  1. National Folk Museum of Korea

Di bagian depan tempat wisata di Seoul ini terdapat gerbang masuk ke Area ini, bebrbentuk seperti Benteng, begitu masuk ada halaman luas, dengan taman-taman yang dipenuhi pohon dan bunga berwarna warni.
National Folk Museum of Korea. Image via: theseoulguide.com

Simak juga: tempat wisata di Perth

Museum Nasional Rakyat Korea ini mengoleksi alat-alat yang dipakai oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai kini dan sebanyak 2.240 artefak. Tentunya di Museum ini ada banyak replika benda-benda bersejarah untuk menggambarkan sejarah kehidupan tradisional masyarakat Korea.

Di bagian depan kawasan wisata di Seoul ini terdapat gerbang masuk ke Area ini, bebrbentuk seperti Benteng, begitu masuk ada halaman luas, dengan taman-taman yang dipenuhi pohon dan bunga berwarna warni. Pertama kali akan disuguhkan patung-patung dari batu yang semuanya berasal dari jaman kuno.

Museum Rakyat Nasional Korea memiliki tiga ruang pameran utama dengan lebih dari 98.000 artefak dan beberapa fasilitas pemanis lain untuk para pengunjung museum seperti ruang kuliah berkapasitas 230 kursi, perpustakaan, cafetaria, dan toko–toko cindera mata.

Bangunan museum Nasional Rakyat Korea Tempat wisata di Seoul didesain mengikuti arsitektur bangunan-bangunan kuil Buddha terkenal di Korea. Contoh arsitektur tradisional Korea ada pada bagian atap gedung yang termasuk beberapa bab tertinggi di kompleks istana.

Bagian utama bangunan adalah pagoda kayu lima tingkat yang ibarat Aula Palsang di Kuil Beopju.

  1. Istana Deoksugung

Selain bangunan istana tradisional tempat wisata di Seoul ini juga memiliki taman hutan, patung Raja Sejong Agung dan Museum Seni Nasional, yang menyelenggarakan pameran khusus
Istana Deoksugung. Image via: english.visitkorea.or.kr

Deoksugung juga dikenal sebagai Gyeongun-gung, Istana Deoksugung, atau Istana Deoksu yang juga merupakan kompleks istana bertembok di Seoul yang dihuni oleh anggota keluarga kerajaan Korea selama monarki Joseon hingga kurun kolonial sekitar pergantian abad ke-20.

Selain bangunan istana tradisional tempat wisata di Seoul ini juga mempunyai taman hutan, patung Raja Sejong Agung dan Museum Seni Nasional, yang menyelenggarakan pekan raya khusus. Istana ini terletak di dekat Stasiun Balai Kota. Istana Deoksugung mampu dibilang lebih istimewa di antara istana Korea.

Pada salah satu sudut istana terdapat paviliun bergaya Korea-Barat untuk perjamuan kerajaan yang didesain oleh arsitek Rusia AI Sabatin sekitar tahun 1900. Paviliun ini menggunakan batu imitasi sebagai epilog bab luar pondasi dan memiliki beranda pada ke empat sisinya.

Keunikan istana ini bertambah berpengaruh dengan eksistensi Seokjojeon yang murni gaya barat neoklasik dengan struktur bangunan watu tiga lantai dan lanskap Eropa karya G.R. Harding dari kekaisaran Inggris Raya.

Ketika melihat ke dalam ruang tahta, terlihat dekorasi sepasang naga yang menghiasi kanopi di atas tahta. Hiasan berbentuk Naga yang terlihat juga di langit-langit merupakan hiasan khas dari Istana Deoksugung.

  1. K-Star Road

K Star Road menjadi salah satu tempat wisata di Seoul yang pas untuk dikunjungi para penggemar K Pop
K-Star Road. Image via: @bangtanuk

Simak juga: tempat wisata di Canberra

K Star Road menjadi salah satu daerah wisata di Seoul yang pas untuk dikunjungi para penggemar K Pop. Di sini banyak patung-patung atau statue yang menggambarkan apa itu K Pop.

Tentu saja ada banyak kawasan yang pas untuk dijadikan ajang berfoto. Baik itu selfie atau wefie. Dijamin K Star Road memberikan suasana tersendiri yang cukup memuaskan para turis.

K-Star Road yakni proyek khusus dari Gangnam-gu untuk wisatawan gila yang menyayangi budaya Pop-Korea dan para bintang nya. Di tempat wisata di Seoul ini terdapat toko-toko yang sering dikunjungi oleh bintang Korea di sekitar Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Sinsa-dong, dan tempat Nonhyun-dong.

Dari bab barat Apgujeong ada Galleria Department Store di sepanjang jalur 400 meter yang mengarah ke markas SM Entertainment. Pengunjung mampu melihat patung lucu yang bergaya bintang K-pop populer seperti TVXQ, SNSD, SHINee, EXO, 4 Minute, FT Island , Super Junior, CN Blue, dan 2 PM.

Tidak hanya itu, Apgujeong Rodeo Station dihiasi dengan seni grafiti, serta dinding dan lantai dihiasi dengan karya seni dan nama khusus dan lempengan dari bintang Pop Korea.

  1. Namsangol Hanok Village

Di tempat wisata di Seoul ini, setiap minggu digelar sedikitnya tiga upacara pernikahan tradisional.
Namsangol Hanok Village. Image via: visitkorea.or.kr

Namsangol Hanok Village adalah sebuah desa tradisional mini yang terdiri dari 5 rumah bergaya tradisional Korea. Di kawasan ini Anda akan melihat taman dan rumah tradisional, termasuk rumah milik Ratu Yoon, Permaisuri dari Sungjeonghyo.

Di tempat wisata di Seoul ini, setiap ahad digelar sedikitnya tiga upacara ijab kabul tradisional. Namsangol Hanok Village menampilkan berbagai barang rumah tangga dan barang-barang lainnya yang diatur sama mirip pada kurun kala Dinasti Joseon berlangsung.

Taman tradisional di desa tempat wisata di Seoul ini dihiasi dengan pohon-pohon orisinil yang tumbuh di Namsan. Sebuah lembah yang dimana airnya mengalir secara alami, sebuah paviliun dan bak. Di daerah ini, pengunjung mampu menikmati aneka macam budaya tradisional Korea seperti drama, tari serta permainan rakyat.

Hal menarik lain, di salah satu rumah tradisional itu pengunjung mampu minum teh tradisional sama persis seperti tatanan dan rasa teh pada ratusan tahun silam. Pengunjung juga bisa menengok dapur dan beberapa gentong yang dipakai untuk memasak Kimchi, masakan tradisional Korea Selatan.

Jika kita ingin memiliki barang-barang seperti yang dipamerkan dalam rumah-rumah tersebut, mampu mampir ke pekan raya yang ada di kawasan ini. pengunjung bisa membeli souvenir, seperti piring dan teh tradisional.

  1. Gwanghwamun Square

Di area Tempat wisata di Seoul ini terdapat Patung Admiral Yi Sun-Shin. Yi Sun-Shin adalah seorang laksamana yang sangat terkenal jasanya dalam sejarah Korea.
Gwanghwamun Square. Image via: koreatodo.com

Simak juga: kawasan wisata di New South Wales

Gwanghwamun Square juga dikenal sebagai Gwanghwamun Plaza. Gwanghwamun Square yakni ruang terbuka publik yang berada di Sejongno, Jongno-gu di Seoul, Korea Selatan. Dulu area ini ialah daerah yang penuh dengan kemacetan, namun sekarang sudah menjelma tempat yang asri yang penuh dengan isu sejarah dan budaya.

Di area Tempat wisata di Seoul ini terdapat Patung Admiral Yi Sun-Shin. Yi Sun-Shin adalah seorang laksamana yang sangat terkenal jasanya dalam sejarah Korea. Ia meraih kemenangan dalam Perang Imjin pada periode Dinasti Joseon melawan Jepang.

Di bawah patung Laksamana Yi Sun Shin di area bawah tanah, akan terlihat galeri Haechi Madang. Haechi ialah simbol yang menjaga kota Seoul, diambil dari hewan mitos perpaduan antara Unicorn dan Singa. Haechi dipercaya menjaga kota Seoul dari kekuatan roh jahat.

Ada juga Patung Raja Sejong. Raja Sejong ialah raja keempat pada kala Dinasti Joseon dan salah satu dari dua raja yang mendapat gelar “The Great”. Ia memerintah pada tahun 1418 sampai 1450. Raja Sejong mencatat banyak prestasi besar semasa kepemimpinannya. Salah satu yang paling utama adalah beliau membuat huruf Korea yang berjulukan Hangul.

  1. Cheonggyecheon Stream

tempat wisata di Seoul Cheonggyecheon Stream terdapat puluhan jembatan cantik. Yang paling terkenal ada Narae Bridge yang merepresentasikan kupu-kupu terbang
Cheonggyecheon Stream. Image via: visitseoul.net

Cheonggyecheon ialah sungai sepanjang 8,4 km yang mengalir melalui sentra kota Seoul. Cheonggyecheon Stream terdapat puluhan jembatan bagus. Yang paling terkenal ada Narae Bridge yang merepresentasikan kupu-kupu terbang. Gwanggyo Bridge yang melambangkan keharmonisan era kemudian dan masa depan.

Cheonggye Plaza terletak di titik awal Cheonggyecheon Stream. Alun-alun, dibuat menurut desain bojagi Korea tradisional, menampilkan keindahan elegan dari batu tradisional yang penuh warna namun halus. Plaza ini juga mencakup model Cheonggyecheon.

Di plaza, ada plakat yang memberikan komentar terang wacana 22 jembatan yang membentang di sungai, serta sejumlah air mancur bagus yang menambah suasana daerah. Daerah ini melambangkan pertemuan, keharmonisan, kedamaian, dan persatuan.

Yang paling menarik dari tempat wisata di Seoul ini ialah Candle Fountain, dengan jeram dengan ketinggian 4 meter. Di sepanjang kedua sisi penderasan yakni sumur Palseokdam  terbuat dari 8 kerikil yang berbeda dari masing-masing dari 8 provinsi negara.

Di bulan November, kawasan wisata di Seoul ini dijadikan lokasi pameran Lentera Seoul. Di tengah gemericik air, pengunjung mampu menikmati lentera-lentera berdesain manis dengan tema Sejarah dan Budaya Tradisional Seoul.

  1. Seoullo 7017

Tempat terbaik untuk mengambil foto di tempat wisata di Seoul ini adalah Alun-Alun Stasiun Seoul.
Seoullo 7017. Image via: mvrdv.nl

Simak juga: daerah wisata di Melbourne

Seoullo 7017 merupakan jembatan layang khusus pejalan kaki. Awalnya dibangun sebagai jembatan layang lalu diubah menjadi jalur pejalan kaki, yang diberi julukan romantis “taman langit.”

Seoullo 7017 meliputi jarak yang tidak mengecewakan pendek, dan biasanya hanya memerlukan 30 menit untuk menjelajahi kawasan ini. Meskipun begitu, di dalam area terkonsentrasi ini terdapat beberapa kawasan wisata di Seoul yang terkemuka.

Jalan ini melalui Alun-alun Stasiun Seoul, Menara Seoul Namsan, Gerbang Sungnyemun, dan Alun-alun Seoul. Objek-objek wisata ini mempunyai tampilan yang sama sekali gres jikalau dilihat dari titik pengamatan yang berada di seluruh Seoullo 7017, meskipun hanya satu lantai lebih tinggi dari permukaan tanah.

Tempat terbaik untuk mengambil foto di kawasan wisata di Seoul ini adalah Alun-Alun Stasiun Seoul. Dengan latar belakang hiruk pikuk Stasiun Seoul yang ramai. Tempat-daerah foto terkenal lainnya termasuk observatorium Alun-Alun Rose dan Teater Ivy di dekatnya.

Sepanjang jalan Seoullo 7017 dihiasi segala jenis tanaman, diatur dalam urutan abjad Korea. Ada lebih dari 50 jenis bunga dan 228 spesies pohon, menyerupai arboretum luar ruangan. Mawar-mawar cerah yang ditanam di Alun-alun Rose khususnya menciptakan suasana romantis.

  1. Namsan Park

Tempat wisata di Seoul ini selalu terlihat indah dan bagus untuk foto-foto pada musim apapun.
Namsan Park. Image via: patuffel

Namsan Park yang ada di Ibukota Korea Selatan, Seoul. Taman ini terletak di Gunung Namsan, salah satu gunung yang paling terkenal di Korea Selatan. Di puncak gunung ini, terdapat aneka macam kawasan wisata yang selalu ramai pengunjung. Misalnya saja ada Palgakjeong, Seoul Tower, Aquarium Maritime, air mancur, dan Perpustakaan Namsan.

Namsan Park merupakan tempat yang bersejarah bagi Bangsa Korea Selatan. Di tempat ini ada Bonghwadae alias gundukan suar yang pernah digunakan sebagai pusat pemberian kota sebelum kesannya diganti ke Hanyang dan Seoul.

Tempat wisata di Seoul ini selalu terlihat indah dan cantik untuk foto-foto pada isu terkini apapun. Ketika ekspresi dominan panas, pepohonan berwarna hijau segar. Supaya tidak kepanasan, bawa payung dan pakai topi. Ketika ekspresi dominan semi, banyak bunga-bunga bermekaran dan berwarna-warni yang menghiasi taman. Suasana taman terlihat sangat ceria.

Ketika isu terkini gugur dedaunan yang rontok dan berwarna coklat keemasan terlihat sangat indah. Membuat suasana terkesan romantis. Sedangkan dikala trend hambar, salju yang menghiasi taman menciptakan pemandangan berwarna putih bersih. Pakailah baju yang tebal semoga kau tidak menggigil.

  1. Dongdaemun Market

Tempat wisata di Seoul ini menjadi surga belanja bagi pecinta fashion. Produk fashion yang dijual di Dongdaemun Market merupakan tren terbaru dengan kualitas terbaik.
Dongdaemun Market. Image via: travelvui.com

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Dongdaemun Market adalah perpaduan antara pasar modern dan pasar tradisional. Beberapa toko masih mempertahankan bangunan lamanya. Tempat wisata di Seoul ini menjadi surga belanja bagi pecinta fashion. Produk fashion yang dijual di Dongdaemun Market merupakan tren terbaru dengan kualitas terbaik.

Berbelanja di Dongdaemun pengunjung bisa melakukan tawar menawar harga. Hampir semua toko buka 24 jam. Di pasar ini pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman dengan sistem “one-stop shopping“, ialah hanya di satu kawasan saja alasannya adalah disini terkumpul begitu banyak gedung daerah perbelanjaan.

Jika malam hari datang, daerah kawasan wisata di Seoul ini masih tetap ramai. Banyak anak muda berkumpul dan melakukan kegiatan hingga dini hari. Itulah alasannya adalah mengapa Dongdaemun Market juga menjadi salah satu jantung kehidupan malam hari di Seoul.

Sudut yang tampak ramai di Dongdaemun walau malam belum begitu larut yakni Migliore. Khususnya setiap hari Jumat, tempat ini selalu disesaki anak muda yang mempertontonkan keahliannya menari. Lewat tengah malam pun, pasar ini juga tak kunjung sepi.

Para penjual biasanya lebih suka kalau pengunjung membayar dengan uang tunai dan mereka akan memberukan harga penawaran yang lebih bagus.

  1. Kawasan Hongdae

Selain budaya seni indie, tempat wisata di Seoul ini juga merupakan rumah bagi kios pakaian independen dan toko-toko vintage.
Kawasan Hongdae. Image via: pinterest.com

Hongdae ialah sebuah wilayah di Seoul, Korea Selatan akrab Universitas Hongik. Hongdae merupakan tempat yang dikenal dengan suasana yang muda dan romantis, budaya underground, dan kebebasan mengekspresikan diri.

Cafe unik, live kafetaria dan klub, pasar seni, toko-toko aksesoris, galeri yang nyaman, toko-toko fashion, dan restoran gourmet yang membuat kawasan ini menjadi terkenal sebagai daerah hang-out untuk anak muda setempat dan juga kawasan ini menarik untuk berjalan-jalan.

Selain budaya seni indie, daerah wisata di Seoul ini juga merupakan rumah bagi kios pakaian independen dan toko-toko vintage. Selain itu, ada kafetaria tema kitsch dan eklektik untuk karakter dan binatang peliharaan. Pada 2016, Hongdae menduduki peringkat salah satu lingkungan paling unik di dunia.

Lokasi di tempat wisata di Seoul ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan yakni Hongdae Playground, kawasan bermain bawah umur yang juga terkenal akan street marketnya. Karena daya tariknya, area ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting.

Seni Jalanan di Hongdae menambah banyak semangat, warna, dan kehidupan dalam suasana distrik artistik ini di Seoul.  Gambar-gambarnya mencekam. Artis mengatakan kata-kata mereka dan seniman lain memerciki emosi mereka sendiri atas ucapan itu.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni