11 Tempat Wisata Di Taipei Yang Membuat Liburan Penuh Kenangan

Banyak daerah wisata di Taipei yang populer yang menjadi destinasi wisata favorit bagi pengunjung dari seluruh dunia. Tempat wisata di Taipei selalu ramai dikunjungi para wisatawan, mulai dari wisata air hingga dengan wisata kuliner Taipei.

Banyak tempat wisata di Taiwan yang terkenal yang menjadi destinasi wisata favorit bagi pengunjung dari seluruh dunia.
Tempat Wisata di Taipei. Image via: tripadvisor.in

Simak: daerah wisata di Taiwan

Sekilas Soal Taipei

Taipe merupakan ibukota sementara Republik Tiongkok dan juga merupakan kota terbesar di Taiwan. Kota Taipei terletak di dataran rendah Taipei, dikelilingi oleh pegunungan terutama di bagian utara, timur dan tenggara. Titik tertinggi di dalam wilayah Kota Taipei adalah puncak Gunung Qixing.

Taipei juga kaya dengan banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang menarik untuk dikunjungi diantaranya ialah Yangmingshan National Park, Menara Taipei 101, dan lain sebagainya.

Bus-bus di Kota Taipei melayani rute dalam kota, antar kota via jalan provinsi dan antar kota via jalan negara. Sistem bus dalam kota dihubungkan dengan sistem TCM dengan perencanaan teratur mirip pembayaran yang dapat dilakukan dengan kartu pra-bayar TCM atau diskon biaya bus jika melakukan transit dari stasiun TCM.

Taksi di Taiwan bercat kuning dan berplat dasar putih dengan goresan pena merah. Biaya minimum taksi yakni NTD 70 untuk 1.5 meter pertama dan NTD 5 untuk setiap 300 meter serta NTD 5 untuk durasi 2 menit dengan kecepatan di bawah 5 km/jam.

11 Tempat Wisata di Taipei

  1. Taipie 101

Dari dek observasi di tempat wisata di Taipei ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Taipei dari ketinggian dan membeli beberapa makanan dan suvenir untuk dibawa pulang.
Observasi Outdor lantai 91 Taipie 101. Image via: thetowerinfo.com

Saat berkunjung ke Taipei 101, pengunjung dapat menyalurkan hobi dalam berbelanja. Di kawasan wisata Taipei ini terdapat ratusan toko di dalam menara tersebut. Berbagai macam restoran dengan beragam tema juga tersedia di sini.

Pengunjung juga mampu mencicipi sensasi menaiki lift tercepat di dunia Taipei 101. Kecepatan lift ini mencapai 60 km/jam. Selain itu, pengunjung juga mampu menuju ke dek observasi di lantai 89 (indoor) dan 91 (outdoor). Dek observasi di lantai 89 dilengkapi dengan panduan bunyi dalam delapan bahasa. Suasananya sangatlah nyaman.

Dari dek observasi di kawasan wisata di Taipei ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Taipei dari ketinggian dan membeli beberapa makanan dan suvenir untuk dibawa pulang. Dek observasi indoor di lantai 88 juga merupakan tempat diadakannya banyak sekali macam pekan raya.

Dek observasi indoor dibuka setiap hari pukul 09.00 sampai 22.00. Sementara dek observasi di lantai 91 dibuka pada waktu yang sama. Akan tetapi, jikalau keadaan cuaca jelek, ruang observasi di lantai 91 akan ditutup.

Untuk tiket masuk, pengunjung mampu membelinya di lantai 5 tepatnya di shopping mall. Harga tiketnya sekitar TWD 450.

  1. National Palace Museum

Tempat wisata di Taipei ini Lantai pertama, kedua dan ketiga digunakan sebagai ruang pameran
National Palace Museum. Image via: traveller.com.au

Simak juga: daerah wisata di Shenzhen

Museum seluas 198 are ini mengadopsi arsitektur Forbidden City di Beijing. Selain itu, arsitekturnya juga merepresentasikan desain arsitektur Cina tradisional pada era feodalisme. National Palace Museum memiliki empat lantai dengan fungsinya masing-masing.

Tempat wisata di Taipei ini Lantai pertama, kedua dan ketiga digunakan sebagai ruang pekan raya. Sementara di lantai empat terdapat ruang kalem yang mampu diguna kan pengunjung untuk beristirahat. National Palace Museum di Taipei mempunyai ribuan koleksi artefak dan karya seni semenjak dinasti-dinasti terdahulu.

Koleksi-koleksi paling populer yang dipamerkan di daerah wisata di Taipei ini meliputi Jadeite Cabbage, Meat-Shaped Stone, Agate Finger Citrons, White Jade Branch of Elegant Lychee, T’ien-huang Stone Miniature Mountain dan Jadeite Screen Insert.

Terdapat taman Chih-shan di sebelah kiri aula yang memamerkan seni berkebun tradisional ala Cina. Di dalam taman terdapat paviliun, jembatan kecil, jalan setapak dan pepohonan yang berkolaborasi menciptakan suasana tenang.

National Palace Museum dibuka sepanjang tahun dengan jam buka pukul 09.00-17.00 pada hari biasa dan pukul 17.00-20.30 pada hari Sabtu. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mampu masuk ke museum ialah TWD 160.

  1. Sun Yat-Sen Memorial Hall

Tempat wisata di Taipei ini mempunyai banyak fungsi. Selain sebagai monumen peringatan, Memorial Hall tersebut juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran budaya
Sun Yat-Sen Memorial Hall. Image via: en.wikipedia.org

Sun Yat Sen Memorial Hall dibangun untuk mengenang Dr. Sun Yat Sen. Dr. Sun Yat Sen adalah presiden pertama Republik Cina yang menerima julukan “The Founding Father” Republik Cina.  Dr. Sun dikatakan sebagai salah satu pemimpin terhebat pada kala Cina modern.

Gedung Memorial Hall tersebut berlokasi Taipei, tepatnya di distrik Xinyi dan dekat dengan pusat pemerintahan Taipei. Tempat wisata di Taipei ini mempunyai banyak fungsi. Selain sebagai monumen peringatan, Memorial Hall tersebut juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran budaya, sumber penelitian akademik dan rekreasi.

Di dalam gedung Sun Yat Sen Memorial Hall terdapat perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1 juta eksemplar.  Selain itu,tempat wisata di Taipei ini juga  memajang barang-barang yang berafiliasi dengan sejarah Dr. Sun Yat Sen. Jika pengunjung ingin berkeliling, tersedia pemandu yang mampu berbahasa Inggris

Setelah lelah berkeliling di Memorial Hall, pengunjung mampu beristirahat di taman tengah kota yang sejuk ini. Sun Yat Sen Memorial Hall buka pada jam 09.00 hingga jam 17.00.

  1. Chiang Kai-Shek Memorial Hall

Tempat wisata di Taipei ini dibangun untuk mengenang mantan presiden Cina, Chiang Kai-shek.
Chiang Kai-Shek Memorial Hall. Image via: whentobewhere.com

Simak juga: kawasan wisata di Guangzhou

Tempat wisata di Taipei ini dibangun untuk mengenang mantan presiden Cina, Chiang Kai-shek. Ada dua gerbang yang dapat dilalui untuk dapat masuk ke Chiang Kai-shek Memorial Hall. Kedua gerbang berada disisi utara (Xinyi Road) dan selatan (Ai Guo East Road).

Bangunan Chiang Kai-shek Memorial Hall dibangun sarat dengan filosofi dan nilai-nilai kebudayaan Cina. Hal itu mampu dilihat dari arsitektur bangunan yang didesain secara matang. Monumen Memorial Hall dibangun memakai watu marmer putih.

Atap bangunan berbentuk segi delapan dan diberi warna biru. Delapan sisi pada atap melambangkan angka 8 yang dalam filosofi Cina merepresentasikan kelimpahan rejeki dan nasib baik. Secara keseluruhan, adonan warna putih, biru dan merah merupakan simbol mulut semangat kebebasan, persamaan dan persaudaraan yang tercermin di bendera nasional Cina.

Di lantai bawah Chiang Kai-shek Memorial Hall terdapat museum yang menampilkan semua hal wacana Chiang Kai-shek mulai dari seragam militer, medali-medali sampai lukisan-lukisan dan manuskrip.

Tempat wisata di Taipei ini buka setiap hari pukul 09.00 hingga 18.30. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk bila ingin berkunjung ke sini.

  1. Yangmingshan National Park

Tempat wisata di Taipei ini jugamemeiliki situs sejarah. Ada ada Chung Shan Hall yang berlokasi di tengah Yangmingshan National Park.
Yangmingshan National Park. Image via: travel.taipei

Taman Nasional Yangmingshan terletak di sebelah utara kota Taipei dan dapat dengan gampang diakses dari sentra kota. Daerah ini mempunyai banyak taman-taman, jalur pendakian, tumbuh-flora yang menarik, satwa liar  dan pemandian air panas yang terkenal secara internasional.

Menariknya dari tempat wisata di Taipei ini, masing-masing trend menawarkan keindahan tersendiri untuk kawasan ini. Pada bulan Februari dan Maret, yaitu musimnya bunga-bunga bermekaran, bunga yang populer ialah bunga sakura. Pada ekspresi dominan panas membawa angin dari barat daya dengan hujan dan guntur sesekali di sore hari, menciptakan efek cuaca yang menakjubkan di pegunungan.

Pada bulan Oktober, gunung-gunung ditutupi rumput perak dan warna merah keemasan daun maple. Pelangi mampu terlihat sehabis ekspresi dominan gugur yang berkabut. animo dingin juga menciptakan pemandangan yang unik alasannya monsun membawa gerimis hambar yang menciptakan lautan awan yang terlihat mirip dunia fantasi, dengan kemungkinan salju turun pada hari-hari yang dingin.

Tempat wisata di Taipei ini jugamemeiliki situs sejarah. Ada ada Chung Shan Hall yang berlokasi di tengah Yangmingshan National Park. Dulunya dipakai untuk pertemuan majelis nasional, tetapi kini dibuka untuk umum dan menjadi tempat wisata.

  1. Daan Forest Park

daan-park-taipei
Daan Forest Park. Image via: alamy.com

Simak juga: tempat wisata di Beijing

Taman Hutan Daan adalah taman umum di dekat pusat Distrik Daan Taipei, Taiwan. Taman ini menempati dua puluh enam hektar dan berbatasan dengan utara, selatan, timur dan barat dengan Jalan Xinyi, Jalan Heping, Jalan Jianguo, dan Jalan Xinsheng.

Taman kawasan wisata di Taipei ini dipakai oleh penduduk setempat sebagai ruang aktivitas hijau dan untuk berbagai acara di luar ruangan. Taman ini dibuat pada 1994.

Taman Hutan Daan dimaksudkan untuk memainkan peran yang sama dengan taman kota besar lainnya mirip Central Park Kota New York dan Taman Hyde London. Taman bertindak sebagai “paru-paru kota Taipei” dan sebagai kelonggaran bagi penduduk dari hiruk pikuk kehidupan di Taipei.

Taman daerah wisata di Taipei ini yakni rumah bagi banyak sekali macam hewan termasuk bajing, dan beberapa spesies bebek, kuntul, dan kura-kura.

Taman Hutan Daan berisi dua kolam, beberapa paviliun, dan jalan setapak, serta kemudahan rekreasi budaya mirip amfiteater, taman bermain belum dewasa, lintasan joging, dan arena seluncur es. Ini juga berisi garasi parkir bawah tanah.

  1. Benteng San Domingo

Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Teipei ini bebas berjalan-jalan ke dalam benteng. Fort San Domingo mempunyai arsitektur yang menarik.
Benteng San Domingo. Image via: en.tshs.ntpc.gov.tw

Fort San Domingo mengalami kala jatuh bangun dan berganti penguasa yang cukup sering. Bangunan yang ada sekarang merupakan hasil pemugaran yang dilakukan oleh pemerintah Taiwan. Bentuknya berupa segi empat dan berwarna merah.

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata di Teipei ini bebas berjalan-jalan ke dalam benteng. Fort San Domingo mempunyai arsitektur yang menarik.  Benteng ini memiliki tembok tebal. Sebuah bangunan besar terletak bersebelahan dengan benteng.

Bangunan itu dulunya ialah sebuah kantor yang dioperasikan oleh Inggris. Gedung bergaya barat ini memiliki dua lantai dan merupakansalah satu dari tiga kantor konsulat Inggris yang dibangun di Taiwan. Konstruksinya merupakan adonan dari berbagai budaya.

Fort San Domingo di Tamsui terletak di area perbukitan yang menghadap sungai Tamsui. Dari sana, pengunjung mampu melihat pemandangan kota di bawah dan juga menikmati sunset di sore hari. Area Fort San Domingo pun sangat higienis dan rapi.

Tempat wisata di Taipaei ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 sampai 17.00. Lewat jam 17.00, pengunjung hanya diperbolehkan berjalan-jalan di area luar benteng. Untuk mampu masuk ke sana, tidak dikenakan biaya apapun.

  1. Kebun Binatang Taipei

tempat wisata di Taipei ini memiliki berbagai macam pusat pembelajaran seperti insektarium, koridor konservasi, teater anak, ruang pameran khusus, rumah konservasi energi
Kebun Binatang Taipei. Image via: en.wikipedia.org

SImak juga: daerah wisata di Hongkong

Taipei Zoo merupakan kebun binatang terbesar di daerah Asia. Lokasi daerah wisata di Taipei ini  berada di kawasan perbukitan dan didesain dengan indah.

Di Taipei Zoo ada sekitar 12 arena outdoor dan sekitar 10 area indoor. Arena yang ada di luar mencakup Fern Garden, Insect Valley, Children’s Zoo, Asian Tropical Rainforest Animals, Water Garden, Australian Animals, Desert Animals, African Animals, Bird World, Temperate Zone Animals dan Wetland Park.

Sementara untuk arena indoor, daerah wisata di Taipei ini mempunyai banyak sekali macam pusat pembelajaran seperti insektarium, koridor konservasi, teater anak, ruang bazar khusus, rumah konservasi energi dan tidak lupa banyak sekali macam hewan yang ditempatkan dalam sangkar indoor.

Arena-arena yang ada  di kebun hewan tidak hanya memamerkan berbagai jenis binatang dari segala penjuru dunia, namun juga merupakan area konservasi sekaligus ekshibisi aneka macam jenis flora.

Tempat wisata di Taipei ini buka setiap hari pukul 09.00 sampai 17.00. Tiket masuk ke Taipei Zoo mampu dibeli dengan harga  NT$ 60  untuk pengunjung cukup umur dan NT$30 untuk anak-anak. Tiket kereta untuk berkeliling kebun binatang dijual seharga NT$5.

  1. Wufenpu

Tempat wisata di Taipei ini merupakan pusat grosir pakaian di Taipei. Baju-baju yang dijual disana sangat beragam jenisnya.
Wufenpu. Image via: justgola.com

Wufenpu terletak di distrik Xinyi, Taipei. Lokasinya di kaki bukit Gunung Shishou. Tempat wisata di Taipei ini merupakan sentra grosir pakaian di Taipei. Baju-baju yang dijual disana sangat beragam jenisnya. Tidak hanya fashion wanita, tetapi juga baju-baju untuk laki-laki, bawah umur, bahkan untuk anjing.

Barang-barang yang dijual di Wufenpu terhitung sangat murah. Lebih asyiknya lagi, pengunjung tidak perlu khawatir koleksi yang dibeli ialah koleksi pasaran. Barang-barang fashion di Wufenpu berganti jenis setiap minggunya. Pengunjung tidak akan menemukan barang yang sama bila berkunjung lagi ke sana.

Di daerah wisata di Taipei ini terdapat lebih dari 1000 toko yang menjual banyak sekali macam barang. Jika berencana untuk membeli barang dalam grosir, sebaiknya tiba pada hari Senin. Di Wufenpu, hari Senin dikhususkan untuk pembeli partai besar.

Wufenpu buka setiap hari. Walaupun tidak ada jam buka yang niscaya, Wufenpu mulai beroperasi sesudah tengah hari sampai setelah tengah malam. Pada hari Minggu akan tutup lebih awal sekitar pukul 21.00.

  1. Tamsui Old Street

Di tempat wisata di Taipei ini menu yang tidak boleh lewat adalah Ah Gei. Dibuat dengan bahan dasar tahu, Ah Gei tidak hanya sekedar tahu biasa.
Tamsui Old Street. Image via: travel.taipei

SImak juga: kawasan wisata di Shnaghai

Bagi yang ingin mencoba masakan otentik Taiwan, Tamsui Old Street atau Gongming Street ialah lokasi yang wajib dikunjungi. Makanan di tempat wisata di Taipei ini diolah dengan higienis.Di Tamsui, ada beberapa toko yang dilarang dilewatkan. Semuanya menjual menu khas Taiwan.

Di kawasan wisata di Taipei ini hidangan yang tidak boleh lewat yakni Ah Gei. Dibuat dengan bahan dasar tahu, Ah Gei tidak hanya sekedar tahu biasa. Ada isian misua di dalamnya. Ada juga sate telur puyuh khas Taiwan, yang disajikan dengan cara digoreng dan disiram saus kental.

Makanan lain yang harus dicoba di Tamsui ialah iron egg. Telur direbus dalam waktu lama dan dicampur dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan tekstur yang berbeda. Warnanya kehitaman dan teksturnya lebih keras dari telur rebus biasa. Makanan yang satu ini tersedia dalam kemasan kedap udara sehingga mampu Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Beberapa makanan di atas hanyalah sedikit acuan dari yang ada di tempat wisata di Taipei ini. Masih banyak macam-macam lainnya yang bisa Anda cicipi. Di jalan renta ini, selain menyantap banyak sekali kuliner kecil. Pengunjung juga mampu membeli macam-macam suvenir untuk dijadikan buah tangan.

  1. Raohe Night Market

Tempat wisata di Taipei ini juga menjadi pangkalan terakhir bagi pengunjung yang sebelumnya telah mengunjungi beberapa tempat wisata di Taiwan
Raohe Night Market. Image via: traveloka.com

Raohe Night Market berlokasi di Rahoe St, Songsan Distric, Taipei City. Pasar malam ini merupakan pasar malam tertua di Taiwan. Lokasinya hanya bersebelahan dengan pasar grosir WuFenPu. Jadi, tidak hanya puas berbelanja saja namun kamu juga akan puas berwisata masakan di pasar malam ini.

Tempat wisata di Taipei ini juga menjadi pangkalan terakhir bagi pengunjung yang sebelumnya telah mengunjungi beberapa tempat wisata di Taiwan. Raone Night Market menjadi tujuan kuliner setelah berburu oleh-oleh khas Taiwan. Di sini dijual masakan khas Taiwan yang mampu anda beli dan anda bawa pulang ke penginapan.

Ada banyak sajian kuliner yang dijual di kawasan wisata di Taipei ini. Makanan yang paling terkenal dan menjadi incaran para pecinta kuliner ialah Black Pepper Buns dan Okonomiyaki. Pengunjung merasa nyaman mengunjungi Raohe Night Market, terlebih dengan adanya gemerlap cahaya lampu di sana.

Raohe Night Market dibuka mulai hari Selasa – Minggu, dimana khusus hari Sabtu dibuka mulai pukul 16.00 sampai 01.00. Untuk hari Minggu, kawasan ini dibuka mulai pukul 16.00 hingga 24.00.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni