11 Tempat Wisata Di Tokyo Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Tokyo yang terkenal selalu menjadi pilihan bagi para wisatawan dari sleuruh dunia untuk melaksanakan perjalanan ke kota ini. Ada berbagai tempat wisata terkenal di Tokyo yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jepang. Mulai dari istana, kuil, gunung, Sakura, sampai Disneyland.

Tempat wisata di Tokyo yang terkenal, kerap  menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk melakukan perjalanan ke kota ini.
Tempat Wisata di Tokyo. Image via: klook.com

Simak juga: kawasan wisata di Jepang

Selintas Soal Tokyo

Tokyo  nama resminya Metropolis Tokyo, yaitu salah satu dari 47 prefektur Jepang yang menjadi ibu kota Jepang semenjak 1869. Hingga 2018, Tokyo Raya menempati peringkat pertama sebagai wilayah metropolitan terpadat di dunia.

Tokyo menjadi kawasan bertahtanya Kaisar Jepang, pemerintah Jepang, dan Diet Nasional. Tokyo mencakup sebagian dari wilayah Kanto, Kepulauan Izu, dan Kepulauan Ogasawara. Tokyo dulunya berjulukan Edo saat Shōgun Tokugawa Ieyasu menimbulkan kota ini sebagai markas besarnya pada 1603.

Kota ini berganti nama menjadi Tokyo sesudah Kaisar Meiji menjadikannya sebagai ibu kota dan memindahkan tahtanya dari Kyoto pada tahun 1868. Metropolis Tokyo dibuat pada tahun 1943 dari penggabungan bekas Prefektur Tokyodan Kota Tokyo.

Tokyo seringkali disebut sebagai sebuah kota, padahal secara resmi Tokyo merupakan sebuah “prefektur metropolitan” yang sangat berbeda dari kota biasa dan menggabungkan unsur-unsur kota dan prefektur. Sama halnya mirip Jakarta yang sering disebut Kota, padahal bantu-membantu sebuah provinsi.

11 Tempat Wisata di Tokyo

  1. Imperial Palace

Untuk melihat keindahan tempat wisata di tokyo ini juga bisa dinikmati melalui kunjungi Taman istana Kaisar, yang terletak persis di depan istana
Imperial Palace. Image via: japantimes.co.jp

Istana kekaisaran Jepang yakni tempat tinggal Kaisar dan keluarga Kaisar secara turun-menurun. Secara tradisional orang Jepang percaya bahwa Kaisar ialah keturunan matahari, sehingga orang Jepang menghormati Kaisar dan keluarga Kaisar. Istana Edo yang saat ini berada di Tokyo dibangun pada tahun 1868.

Istana tempat wisata di Tokyo ini dikelilingi oleh tembok batu yang tinggi dan Parit yang dalam, sebagai pertahanan. Karena termasuk wilayah terbatas, pengunjung tidak diijinkan untuk mendekat langsung ke Komplek istana. Istana dibuka untuk publik secara bebas dua kali setahun, adalah pada perayaan tahun baru dan pada hari ulang tahun Kaisar yang juga ialah hari libur nasional.

Namun Ada tour yang diadakan oleh rumah tangga istana untuk berkeliling di sekitar Kompleks istana. Tur berlangsung selama 75 menit dari jam 10 sampai jam 13 titik 30 setiap hari kecuali Minggu dan Senin.

Untuk melihat keindahan daerah wisata di tokyo ini juga bisa dinikmati melalui kunjungi Taman istana Kaisar, yang terletak persis di depan istana. Taman ini sangat luas mampu dinikmati dengan cara jalan kaki ataupun naik sepeda.

  1. Tokyo Tower

Tinggi keseluruhan tempat wisata di tokyo ini 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia
Tokyo Tower. Image via: japanrailpass.com.au

Simak juga: kawasan wisata di Chiang Mai

Menara Tokyo  adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhan tempat wisata di tokyo ini 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia. Menara Tokyo ini lebih populer sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsi aslinya sebagai menara antena pemancar. Pemancar  TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM.

Pengunjung daerah wisata di tokyo ini bisa membeli tiket Main Observatory Ticket dengan membayar 900 Yen. Dengan memegang tiket ini, kita mampu naik ke ketinggian 150 meter. Jika ingin naik sampai 250 meter mampu membeli tiket Special Observatory seharga 1,600 Yen.

Dua buah lantai beling sengaja digunakan di lantai 2F supaya para pengunjung mampu melihat mirip apa kondisi bawah tower. Banyak sekali pengunjung yang dibuat ngeri untuk menginjakkan kakinya di atas lantai beling ini. Mereka terlalu takut bila kaca tersebut pecah dan mereka akan terperosok.

  1. Kuil Meiji

tempat wisata di Tokyo ini dikelilingi oleh ratusan ribu jenis pohon yang berasal dari seluruh penjuru Jepang dan dunia.
Kuil Meiji, Image via: japanhoppers.com

Kuil Meiji berada di tengah-tengah distrik Shibuya yang padat oleh sentra perbelanjaan dan para turis. Bangunan nan megah ini dikelilingi oleh ratusan ribu jenis pohon yang berasal dari seluruh penjuru Jepang dan dunia. Demi menghormati kebajikan Kaisar Meiji dan Ratu Shoken, 110 ribu perjaka Jepang pundak-membahu untuk menanami area Kuil Meiji dengan 100 ribu pohon.

Tempat wisata di Tokyo ini bukan hanya menjadi simbol dari kecintaan masyarakat Jepang kepada Kaisar Meiji dan permaisurinya, tetapi juga sebagai bukti bersatunya kembali antara alam dan insan. Dalam agama Shinto, keseimbangan antara alam dan dunia memang menjadi fatwa utama. Tanah seluas 70 hektar ini ditanami oleh 300 lebih jenis pohon yang didonasikan oleh masyarakat dunia.

Tak hanya untuk beribadah, Kuil Meiji  juga menjadi spot berwisata yang digemari. Menjejakkan langkah di jalanan yang asri tanpa khawatir kepanasan. Hal ini disebabkan alasannya adalah banyaknya pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan menuju kuil.

Tempat wisata di Tokyo ini Buka Sekitar pukul 6 pagi sampai 5 sore. Tiap bulan mempunyai acara yang berbeda. Tiket masuk ke kuil Meiji Gratis.

  1. Gunung Mitake

Gunung tempat wisata di tokyo ini memiliki tinggi 929 meter di atas permukaan laut. Merupakan bagian dari Chichibu Tama National Park.
Gunung Mitake. Image via: fun-japan.jp

Simak juga: daerah wisata di Pattaya

Gunung Mitake  prefektur Yamanashi, Saitama, terletak di Ome-shi Tokyo. Gunung tempat wisata di tokyo ini mempunyai tinggi 929 meter di atas permukaan bahari. Merupakan bab dari Chichibu Tama National Park.

Di puncak gunung terdapat kuil Musashi-Mitake. Selain kuil, ada juga jalur mengarah turun ke ‘Taman Batu. Gunung Mitake memberikan pemandangan alam yang sangat indah. Terletak di wilayah Okutama, bab paling barat Tokyo, gunung mampu dicapai dalam waktu kurang dari dua jam dari sentra kota Tokyo.

Gunung ini semakin menjadi daya tarik tak tertandingi indah nya dengan warna-warni terutama ketika trend gugur, saat warna merah, oranye, dan kuning mengambil alih hutan yang biasanya berwarna kehijauan. Ada juga sebuah pekan raya setiap tahun pada tanggal 8 Mei.

Mengunjungi daerah wisata di Tokyo ini mampu dengan menaiki cable car dengan biaya untuk tiket satu kali jalan kisaran 570 yen dan tiket pulang-pergi ialah 1.090 yen untuk orang akil balig cukup akal. Sedangkan untuk anak-anak 290 yen untuk tiket sekali jalan, dan 550 yen untuk tiket pulang-pergi.

  1. Gunung Takao

gunung tempat wisata di Tokyo ini masih terletak di dalam metropolitan Tokyo dan hanya membutuhkan waktu 50 menit dari Shinjuku.
Gunung Takao. Image via: japan-guide.com

Gunung Takao adalah salah satu tempat rekreasi alam yang terletak di kota Hachioji, Tokyo. Meskipun di luar pusat kota, gunung kawasan wisata di Tokyo ini masih terletak di dalam metropolitan Tokyo dan hanya membutuhkan waktu 50 menit dari Shinjuku.

Akses berwisata di Gunung Takao tersedia juga Cable Car dan Chair Lift. Jika memakai Cable Car hanya memakan waktu sekitar 6 menit, sedangkan kalau memakai Chair Lift kita berangkat dari Stasiun Sanroku dan nanti nya akan turun di Stasun Sanjo membutuhkan waktu sekitar 12 menit.

Tempat wisata di Tokyo ini populer dengan pemandangan animo gugurnya yang sangat indah. Gunung Takao juga merupakan kawasan yang tepat untuk melihat bunga sakura. Ada beberapa pohon di sekitar dasar gunung, jalan dan puncak, tetapi daerah terbaik untuk melihat bunga sakura adalah tempat Itchodaira, yang terletak 30 menit mendaki.

Di sekitar pertengahan isu terkini salju, kita juga mampu melihat pemandangan matahari terbenam di puncak gunung Fuji membentuk pemandangan seperti kerikil permata.

  1. Islam Yokocho

Di tempat wsiaat di Tokyo ini pengunjung dapat menjumpai toko yang menjual bahan makanan halal, restoran dan tempat ibadah di sini
Islam Yokocho. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: tempat wisata di Bangkok

Tidak hanya China Town dan Korean Town saja, tetapi juga Islam Town juga mulai muncul di beberapa kota dunia, termasuk Tokyo. Salah satu Islam Town yang mampu dikunjungi ketika ke Jepang ialah Islam Yokocho yang berada di area Shin-Okubo, Shinjuku.

Di kawasan wisata di Tokyo ini pengunjung dapat menjumpai toko yang menjual materi masakan halal, restoran dan tempat ibadah di sini. Muslim dari Turki, Pakistan, India, Nepal, Malaysia hingga Indonesia memang sering terlihat beraktivitas di sini. Mereka sering berbelanja untuk memenuhi kebutuhan kuliner halal selama di Jepang.

Salah satu yang unik, di lokasi ini pengunjung dapat menjumpai restoran Indonesia di lantai 1 salah satu gedung.

Di kawasan wisata di Tokyo ini, pengunjung mampu makan nasi biryani khas India sampai sate di Nasco Food Court. Dan di gugusan selanjutnya pengunjung mampu menjumpai toko-toko halal lain yang ramai oleh penggunjung. Meski muslim menjadi minoritas di Jepang, hal ini berbeda kondisinya bila berada di Islam Yokocho.

  1. Chidorigafuchi

Tempat wisata di Tokyo utuk mengamati bunga Sakura ini berada dalam kawasan Istana Kekaisaran.
Chidorigafuchi. Image via: his-travel.co.id

Mengunjungi Jepang tentu tidak lengkap tanpa melihat pesona bunga skura yang melegenda itu. Chidorigafuchi yaitu salah satu lokasi paling ideal untuk menikmati keindahan bunga Sakura. Tempat wisata di Tokyo ini berada dalam kawasan Istana Kekaisaran. Pohon-pohon sakura ini tumbuh di pinggiran parit di sebelah barat laut Istana Kekaisaran.

Sebuah area pejalan kaki yang menghubungkan antara area pemakaman dan dermaga ditanami pohon Sakura. Area pejalan kaki sepanjang 700 meter ini akan berganti wajah saat ekspresi dominan semi tiba. Rimbun bunga Sakura menciptakan delusi berupa terowongan bunga berwarna pink.

Total terdapat sekitar 260 pohon Sakura dengan berbagai jenis di sini. Di antaranya ialah Oshima-Zakura dan Somei-Zakura. Ada budaya unik di Jepang, orang Jepang menamai tiap pohon Sakura. Umumnya, akan ada sebuah papan nama dari kayu yang dipasang di depan pohon sakura. Dari situ, pengunjung mampu tahu nama masing-masing pohon Sakura.

Salah satu cara tebaik menikmati keindahan kawasan wisata di Tokyo ini ialah dengan berperahu di sekitar parit Chidorigafuchi. Pengunjung bisa menyewa perahu dengan tarif 500 Yen sampai 800 Yen.

  1. Tokyo Disney Land

Beberapa atraksi di tempat wisata di tokyo ini adalah aneka area bertema yang ada di cerita Disney, tempat adventure, wahana permainan, parade dan pertunjukan serta fasilitas hotel dan resort.
Disney Land Tokyo. Image via: klook.com

Simak juga: daerah wisata di Thailand

Tokyo Disneyland pun menjadi Istana Disney pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat. Sejak tahun pendirian hingga sekarang, tempat wisata di Tokyo ini tumbuh menjadi taman hiburan franchasie andalan Jepang. Keberadaan taman hiburan ini menambah deret panjang daerah wisata di Jepang.

Taman hiburan ini dilengkapi dengan berbagai atraksi wisata yang bakal memanjakan kamu sekeluarga. Beberapa atraksi wisata yang bisa didatangi yaitu aneka area bertema yang ada di kisah Disney, kawasan adventure, wahana permainan, parade dan pertunjukan serta kemudahan hotel dan resort.

Beberapa teladan area di Tempat wisata di Tokyo ini adalah Tomorrowland, Toontown, Fantasyland, Critter Country, Adventureland,Westerland, dan World Bazaar.

Di Area Tomorrowland pengunjung dapat menikmati   aneka atraksi populer di area ini. Di antaranya yakni Star Tours, Space Mountain, Buzz Lightyear’s Astro Blasters. Konsep utama dari area ini adalah teknologi kurun depan dan ruang angkasa.

Di Toontown, pengunjung mampu bertemu dengan banyak aksara Disney terkenal, seperti Mickey Mouse di sini. Bisa juga dengan bermain-main di kapal Donald Duck! Paling seru yaitu bermain di arena Chip ‘n Dale’s Treehouse.

Taman ini buka setipa hari jam 08.00-22.00, dengan tiket masuk 7.400 Yen.

  1. Nakamise

Beberapa hal yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata di Tokyo lain, seperti pedang samurai, jajanan tradisional, souvenir tradisional, dan hal-hal kecil yang sangat unik dan khas Jepang.
Nakamise. Image via: en.japantravel.com

Liburan ke Tokyo tak akan lengkap tanpa berwisata belanja. Salah satu kawasan wisata di Tokyo yang cocok untuk berbelanja yakni Nakamise yang ada akrab dengan Sensoji dan merupakan sentra perbelanjaan tertua di Jepang.

Di jalan ini, pengunjung dapat menemukan hal-hal yang tidak mampu ditemukan di kawasan lain. Beberapa hal yang tidak mampu ditemukan di daerah lain, seperti pedang samurai, jajanan tradisional, souvenir tradisional, dan hal-hal kecil yang sangat unik dan khas Jepang.

Ada sekitar 90 toko dibuka di jalan tempat wisata di Tokyo ini. Warga setempat maupun wisatawan aneh pun melebur menjadi satu di tempat ini. Ciri khas Nakamise Shopping Street ini memang agak tradisional tetapi cocok buat Anda yang ingin mencicipi suasana orisinil jepang. Terlebih lagi, harga barang yang ada di sini jauh lebih murah daripada daerah belanja lain di Jepang

  1. Harajuku

Sepanjang jalan tempat wisata di Tokyo ini, pengunjung bisa belanja produk original di butik-butik keamaan, makan bareng-bareng di restoran fast food, serta cuci mata sembari menyeruput segelas Americano.
Remaja Harajuku. Image via: maridari.com

Simak juga: tempat wisata di Singapura

Kata Harajuku tentu sudah sangat sering tersnegar di Indoensia. Kata ini digunakan untuk menyebut gaya berpakaian yang suka menabrak nabrakkan warna, kahs anak muda usia belasan tahun. Kata Harajuku berasal dari nama daerah pusat mode di tokyo, di sepanjang Stasiun Harajuku hingga Omotesando. Area ini dipenuhi dengan spot belanja, butik, dan kafe.

Sebenarnya daerah wisata di Tokyo ini tak secara resmi dinamai sebagai Harajuku, Dulunya, area ini merupakan penginapan, dalam bahasa jepang disebut juku. Dari sinilah nama Harajuku berasal.

Jika dulunya menjadi tempat menginap, sekarang Harajuku menjelma kawasan berkumpulnya anak muda. Dengan mudahnya, pengunjung dapat menikmati aneka akomodasi hangout yang serba modern. Sepanjang jalan, pengunjung bisa belanja produk original di butik-butik keamaan, makan bareng-bareng di restoran fast food, serta basuh mata sembari menyeruput segelas Americano.

Tempat wisata di Tokyo ini sangat pas untuk selera anak muda yang dinamis dan fashionable. Biasanya, belum dewasa muda Jepang banyak hangout di area Takeshita Dori atau Jalan Takeshita. Jalanan sepanjang 400 meter ini menjadi area perbelanjaan favorit anak muda untuk menghabiskan waktu bersama sahabat.

  1. Ginza

Tempat wisata di Tokyo untuk belanja mode dan fashion high class adalah Ginza
Ginza. Image via: matcha-jp.com

Tempat wisata di Tokyo untuk belanja mode dan fashion high class ialah Ginza. Sebagai salah satu daerah real estate termahal di dunia, pengunjung bisa menikmati suasana mewah di seluruh area. Pada akhir pekan kawasan ini dibebaskan atau ditutup untuk kendaraan bermotor.

Berjalan kaki menjelajahi tempat Ginza, pengunjung akan merasakan pengalaman berbeda menyusuri suasana kota Tokyo. Ginza dikenal sebagai salah satu distrik perbelanjaan kelas atas di Tokyo. Di sepanjang jalan utama berjajar butik-butik dengan merek papan atas ataupun toko-toko barang kebutuhan sehari-hari.

Salah satu Toko yang melegenda di area daerah wisata di Tokyo ini ialah Ginza Wako. Toko Ciri khas toko ini yaitu menara jam di bab atas toko yang sudah ada sejak tahun 1932. Toko ini menyediakan pakaian wanita dan laki-laki, perhiasan, serta hiasan untuk di dalam ruangan yang tersedia dalam jumlah banyak.

Toko lain yang juga populer ialah toko dengan area terluas di dunia, adalah Uniqlo Ginza. Salah satu ciri khas adalah show window yang terbuat dari bahan kaca sehingga pengunjung bisa melihat produk-produk terbaru Uniqlo dari jalan utama, Chuo Dori.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni