11 Tempat Wisata Di Vietnam, Menjelajahi Negeri Vietnam Rose

Tempat wisata di Vietnam mulai banyak digemari masyarakat Indonesia. Tempat wisata Vietnam semakin terkenal alasannya biaya yang tidak begitu mahal untuk berlibur kesana. Walaupun terbilang cukup murah untuk dijadikan destinasi liburan, namun bukan berarti wisata Vietnam tidak menarik.

Tempat wisata Vietnam semakin populer karena biaya yang tidak begitu mahal untuk berlibur kesana. Walaupun terbilang cukup murah untuk dijadikan destinasi liburan, namun bukan berarti wisata Vietnam tidak menarik.
Tempat Wisata di Vietnam. Image via: vietnam-guide.com

Sekilas Soal Vietnam

Vietnam ialah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan.

Masakan Vietnam menggunakan sedikit minyak dan banyak sayuran. Makanan utama sering terdiri atas beras, kecap asin dan kecap ikan. Karakter rasanya yaitu elok (gula), pedas (serrano peppers), asam (jeruk nipis), umami (kecap ikan) dan aneka macam rasa dari mint dan kemangi.

Kereta api ialah transportasi paling populer. Sepeda, sepeda motor dan bus umum tetap sebagai transportasi jalan paling terkenal di kota-kota dan pedesaan Vietnam. Juga ada lebih dari 17.000 kilometer jalur air bernavigasi yang memainkan peran penting dalam kehidupan khususnya daerah desa.

Vietnam mempunyai iklim monsoon tropis, dengan kelembaban rata-rata 84% sepanjang tahun. Tetapi, alasannya perbedaan pada garis lintang dan keanekaragaman topografi, iklim cenderung sangat bervariasi dari satu tempat terhadap daerah yang lainnya.

11 Tempat Wisata di Vietnam

  1. Ba Na Hills

tempat wisata di Vietnam ini berupa Sebuah gunung setinggi 1.487 meter di atas permukaan laut menjulang di sisi barat Kota Da Nang,
Ba Na Hills. Image via: vovworld.vn

Simak juga: kawasan wisata di Seoul

Sebuah gunung setinggi 1.487 meter di atas permukaan maritim menjulang di sisi barat Kota Da Nang, kota terbesar ketiga di Vietnam. Layaknya negeri cerita, di puncak gunung tersebut terdapat sebuah pemukiman yang sibuk.

Untuk masuk ke daerah wisata di Vietnam ini, pengunjung tidak perlu mendaki alasannya adalah lobi resort tersebut berada di kaki gunung. Di lobi, pengunjung membeli tiket masuk yang berlaku untuk satu hari seharga 700.000 Dong. Dengan satu tiket sakti ini, pengunjung bisa menjelajahi Ba Na Hills sepuasnya.

Ba Na Hills memiliki objek menarik, yakni Jembatan emas. Jembatan Emas terletak di kebun Thien Thai, ke desa Perancis untuk mengunjungi kebun bunga.  Dari ketinggian Jembatan Emas, para pengunjung bisa melepaskan pandangan ke seluruh Kota Da Nang dengan keindahan yang modern dan dinamis.

Di daerah wisata di Vietnam ini juga ada Desa Perancis. Pengelola membangun desa dengan bangunan-bangunan ala Prancis kuno lengkap dengan gereja, tiang lampu, dan kendaraan beroda empat antik. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan karnaval.

Salah satu taman di Ba Na Hills yang populer adalah Le Jardin D’Amour yang berarti taman cinta. Tempatnya sangat romantis.

  1. Hue

Dikenal sebagai kota bersejarah, tempat wisata di vietnam Hue memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dieksplorasi
Hue. Image via: thecrazytourist.com

Dikenal sebagai kota bersejarah, Hue mempunyai banyak destinasi wisata yang mampu dieksplorasi. Bila memiliki waktu lebih, pengunjung mampu tinggal berhari-hari untuk menikmati lebih banyak hiburan wisata disini. Karena selain memiliki banyak situs bersejarah, Hue juga memiliki alam yang indah.

Salah satu yang wajib dikunjungi di daerah wisata di Vietnam ini yaitu Citadel. Citadel atau kota benteng yang dikelilingi dengan tembok ini menjadi pusat pemerintahan dan daerah tinggal para anggota keluarga kerajaan. Bangunannya luas dan bergaya arsitektur Tiongkok. Berada di citadel serasa berada di kota terlarang Beijing versi mini.

Citadel ini terdiri dari 4 istana yaitu Imperial city, Forbidden purple city, Inner city dan Tran Binh Dai. Disini kita mampu melihat kawasan tinggal kaisar, tahta, ruang musik, taman dan museum. Tiket masuk citadel seharga 150.000 dong.

Selain Citadel, situs bersejarah lainnya di kawasan wisata di Vietnam ini yaitu makam para kaisar. Ada beberapa makam kaisar yang terletak di beberapa lokasi berbeda mulai dari tepi sungai, di bawah bukit sampai hutan pinus. Untuk mengunjungi makam kaisar Tu Duc perlu membayar tiket masuk sebesar 100.000 dong.

  1. Joseph Cathedral

Katedral St Joseph telah menjdi ikon kota sekaligus tempat wisata di Vietnam yang populer sejak lama
St. Joseph Cathedral. Image via: hanoifreelocaltours.com

Simak juga: daerah wisata di Korea

Katedral St Joseph telah menjdi ikon kota Hanoi sejak lama. Katedral yang dibangun pada simpulan masa ke-19 ini bergaya neo gothic dengan dominasi warna bubuk-debu. Katedral St Joseph sering disebut mirip dengan Notre Dame di kota Paris, Prancis.

Sebelum katedral tempat wisata di Vietnam ini dibangun, kawasan ini dulunya kuil Buddha, Pagoda Bao Thien, yang dibangun pada abad pemerintahan dinasti Ly. Namun semenjak Prancis menguasai Indochina, pagoda diruntuhkan dan diganti dengan katedral St Joseph.

Katedral St Joseph terkenal dengan menara bel kembar dan jendela beling patri di bab dalam katedral. Di halaman katedral yang luas terdapat patung Maria. Halaman dan tangga menjadi spot foto favorit para traveler. Katedral St Joseph hanya dibuka pada dikala misa dan peringatan hari keagamaan.

Saat buka, turis diperbolehkan masuk untuk mengambil foto dan mengamati keindahan arsitektur. Saat katedral tutup, turis juga bisa masuk lewat pintu samping kanan dengan memencet bel terlebih dahulu.

Karena menjadi salah satu destinasi turis dan meeting point, di sekitar katedral kawasan wisata di Vietnam ini ada banyak restoran dan bar bergaya western yang jadi daerah nongkrong anak muda Hanoi dan turis.

  1. Ha Long Bay

tempat wisata di Vietna Ha Long Bay sendiri punya luas sekitar 1.533 km persegi dan kawasan legendaris itu ialah kesatuan dari nyari 2.000 pulau-pulau kecil.
Ha Long Bay. Image via: worldnomads.com

Ha Long Bay sendiri punya luas sekitar 1.533 km persegi dan kawasan legendaris itu yakni kesatuan dari nyari 2.000 pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut kebanyakan merupakan pulau karst atau pulau batuan kapur.

Ha Long Bay pun menjadi rumah untuk 14 spesies tumbuhan endemik serta 60 spesies fauna endemik. Hal ini memebuat UNESCO kemudian mengategorikan tempat teluk ini ke salah satu daerah World Heritage Site.

Untuk menikmati keindahan kepulauan kawasan wisata di Vietnam ini, pengunjung mampu mengambil paket berlayar menggunakan kapal. Pengunjung akan diajak mengikuti perjalanan singkat, menikmati pemandangan luas Ha Long Bay menggunakan kapal tradisional yang  unik.

Cara lain menikmati keindahan kawasan wisata di Vietnam ini yakni dengan menjelajah gua Me Cung atau yang lebih dikenal dengan nama inggris Bewithching Grotto. Ketika pengunjung memasuki gua, akan disambut dengan bebatuan yang indah dan alami.

Di daerah ini pengunjung juga mampu menemui kera liar di Monkey Island yang ada di Ha Long Bay. Dengan datang ke pulau ini maka pengunjung sekaligus menikmati keindahan objek wisata Ha Long Bay. Pengunjung mampu naik perahu atau boat untuk sampai ke pulau ini.

  1. Kota Tua Hoi An

Kota Hoi An di Vietnam menjadi salah satu tempat wisata di Vietnam yang banyak menarik pengunjungkarena mendapat perdikat sebagai kota tua warisan UNESCO, yang kini dikenal sebagai “Hoi An: The Ancient Town”.
Kota Tua Hoi An. Image via: vietnam-tour.biz

Simak juga: kawasan wisata di Perth

Kota Hoi An atau sering juga disebut dengan Fai-Fo ialah sebuah kota di Vietnam yang terletak di pesisir Laut China Selatan di Provinsi Quảng Nam. Kota Hoi An di Vietnam banyak menarik pengunjung alasannya adalah menerima perdikat sebagai kota bau tanah warisan UNESCO, yang kini dikenal sebagai “Hoi An: The Ancient Town”.

Saat menelusuri Kota tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung akan menemukan banyak sekali penjual pernak-pernik khas Vietnam. Mulai dari keramik hingga baju-baju tradisional khas negara ini. Di kota ini banyak ditemukan ruas jalan yang sempit, maka paling enak untuk menikmati kota ini yakni dengan memakai sepeda.

Jika pengunjung menyusuri seputar jalan Old Town Hoi pada malam hari, akan mampu menemukan berbagai lampion-lampion terpasang di atas jalan. Suasana malam hari akan terasa lebih indah dan terasa semakin kental ala Vietnam zaman dahulu dengan alunan tembang instrumental.

Sepanjang jalan di kawasan wisata di Vietnam ini pengunjung  juga akan menemukan berbagai penjual makanan dari warung-warung makan yang berada di pinggir jalan. Biasanya beberapa penjaga restoran akan memperlihatkan untuk singgah dan menikmati hidangan sajian di restoran masing-masing.

  1. Danau Hoan Kiem

tempat wisata di Vietnam ini mnawarkan suasana tenang dan damai di danau yang dekat dengan Kuil Ngoc Son ini, banyak masyarakat Hanoi menghabiskan waktu di tempat wisata di Vietnam ini.
Danau Hoan Kiem. Image via: wikipedia.org

Danau Hoan Kiem ialah kawasan terbaik untuk menyepi dan menghindari hingar bingar kota Hanoi. Dengan memberikan suasana hening dan tenang di danau yang erat dengan Kuil Ngoc Son ini, banyak masyarakat Hanoi menghabiskan waktu di kawasan wisata di Vietnam ini.

Danau Ho Hoan Kiem memiliki arti  “Danau Pedang Yang Dikembalikan”. Menurut legenda, di daerah inilah pedang Thuan Thien dipulangkan kembali oleh Kaisar Vietnam Le Loi melalui seekor kura-kura raksasa  kepada Raja Naga.

Di Danau tempat wisata di Vietnam ini terdapat Jembatan berwarna merah yang melintas di danau. Jembatan merupakan jalan yang menghubungkan daratan dengan pulau kecil di tengah danau dimana Ngoc Son Temple berdiri.

Untuk menuju kuil, ada 3 gerbang yang harus kita lalui. Jembatan Merah dimulai setelah gerbang kedua. Sebelum menyeberangi jembatan tersebut, pengunjung harus membayar sebesar 20.000 VND. Jembatan Merah ini sendiri berakhir di gerbang kuil yang ke tiga.

Gerbang kuil ketiga ini pada dinding samping kanan dihiasi dengan gambar Kura-kura raksasa yang di punggungnya tersimpan pedang  Thuan Thien. Sedangkan disamping kiri dihiasi dengan gambar kuda Naga. Di atasnya dua ekor Burung Phoenix sedang terbang.

  1. Sapa Terraces

tempat wisata di Vietnam  Sa Pa menyuguhkan pemandangan seperti pedesaan yakni dengan ikon terasiring.
Sapa Terraces. Image via: gloob-online.com

Simak juga: tempat wisata di Canberra

Sa Pa yakni sebuah kota di Vietnam yang terletak tidak jauh dari perbatasan Cina. Sa Pa populer dengan sawahnya yang indah nan hijau. Pengunjung bisa menemukan hamparan terasering sawah super hijau di lembah Muong Hoa, antara kota Sa Pa dan Gunung Fansipan dengan background hutan bambu yang lebat.

Sa Pa menyuguhkan pemandangan seperti pedesaan yaitu dengan ikon terasiring. Untuk pengunjung yang menyukai daerah dengan pemandangan indah alami nan serasi, maka tidak salah jika menentukan untuk mengunjungi daerah ini.

Pengunjung tempat wisata di Vietnam ini bisa mengambil foto dengan latar belakang kawasan yang indah itu. Untuk hasil lebih sempurna, pengunjung bisa foto dengan mengambil kawasan yang agak tinggi sehingga latar belakang mampu terlihat dengan sangat manis.

Mengunjungi kota daerah wisata di Vietnam ini, pengunjung akan dimanjakan dengan wisata trekking melalui lembah dan lereng yang curam. Pengunjung juga berkesempatan mengetahui budaya kelompok etnis Hmong yang mendiami wilayah ini.

  1. Marble Mountains

Marble Mountain merupakan tempat wisata di Vietnam yang berupa sekelompok lima bukit batu kapur dan marmer di Distrik Ngũ Hành Sơn, bagian selatan kota DaNang.
Marble Mountains. Image via: asiatravelgate.com

Marble Mountain merupakan daerah wisata di Vietnam yang berupa sekelompok lima bukit kerikil kapur dan marmer di Distrik Ngũ Hành Sơn, bab selatan kota DaNang. Lokasi ini terkenal sebagai situs ziarah agama dengan lorong-lorong, gua-gua, kuil. dan puncaknya yang menyuguhkan pemandangan indah.

Kelima gunung ini memiliki emelem yang terdiri dari logam (Kim), air (Thuy), kayu (Moc), api (Hoa) dan bumi (Tho), dan semua gunung mempunyai sebuah pintu masuk dan terowongan yang bisa menjadi kawasan pendakian menuju puncak gunung Thuy.

Pengunjung mampu menaiki tangga kerikil yang memiliki tabrakan unik menuju situs rahasia sampai sampai ke puncak gunung. Pengunjung mampu menikmati hembusan angin alam yang menyegarkan paru-paru.

Unutk pengunjung yang enggan atau tidak besar lengan berkuasa mendaki gunung daerah wisata di Vietnam ini, pengelola Marble Mountain punya pandangan baru brilian dengan menyediakan kemudahan lift.  Dengan biaya 15.000 VND, pengunjung mampu sampai di atas dengan cepat.

Setelah puas melihat hadiah alam dari ketinggian Marble Mountain, pengunjung mampu menuruni gunung untuk melanjutkan perjalanan ke desa kerikil, daerah para pemahat lokal pembuat produk marmer.

  1. Pulau Phu Quoc

tempat wisata di Vietnam Phu Quoac Island disebut juga ” Emerald Island “  karena memiliki gugusan pulau yang cantik dengan panorama yang indah serta lokasi di tengah laut yang membari daya tarik tersendiri terhadap pulau ini.
Pulau Phu Quoc. Image via: templesandtreehouses.com

Simak juga: kawasan wisata di New South Wales

Phu Quoc island merupakan sebuah pulau terbesar di Vietnam dengan pemandangan yang sangat indah. Phu Quoac Island disebut juga ” Emerald Island “  alasannya memiliki deretan pulau yang bagus dengan panorama yang indah serta lokasi di tengah bahari yang membari daya tarik tersendiri terhadap pulau ini.

Di pulau daerah wisata di Vietnam ini pengunjung dapat menemukan pantai-pantai berpasir putih dan pulau-pulau kecil yang masih sepi. Beberapa pantai yang di rekomendasikan adalah Pantai Starfish yang populer dengan ratusan bintang laut merah yang indah.

Ada pula Ong Lang Beach, pantai dengan perairan paling jernih. Kemudian, ada pula Sunset Sanato Beach Club dengan pemandangan yang memesona. Pantai Sao mempunyai pasir putih dan air yang biru kehijauan sangat jernih.

Di pulau kawasan wisata di Vietnam ini juga kaya situs sejarah. Ada penjara yang dibangun pada 1967 oleh Perancis. Ada juga bangunan Gieng Ngu yang menjadi daerah persembunyian Pangeran Nguyen Anh dan pasukannya dari pemberontak.

Berkunjung ke Pulau Phu Quoc merupakan salah satu cara untuk merasakan budaya Vietnam. Sebab, terdapat beberapa kuil dengan arsitektur unik. Setiap kuil mempunyai daya tarik masing-masing, ada yang memiliki mercusuar, pagoda, dan sebagainya dengan bentuk khas kuil Budha.

  1. Nha Trang

Long Son Pagoda merupakan salah satu bangunan penting di Nha Trang.
Nha Trang. Image via: leeman4ever.nl

Salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi saat menyambangi Vietnam yaitu Nha Trang. Kota pantai ini mempunyai atmosfer berbeda dari kota tempat wisata di Vietnam lainnya. Banyak orang bilang, saat mengunjungi Nha Trang, bersiap-siaplah untuk dibuat jatuh cinta

Long Son Pagoda merupakan salah satu bangunan penting di Nha Trang. Pagoda tempat peribadatan umat Buddha ini dibuka untuk umum. Letaknya berada sedikit di atas bukit sehingga untuk mencapai bagian atas, pengunjung harus menaiki tangga. Di pagoda ini terdapat patung buddha besar mencapai 24 meter.

Objek lain di kota tempat wisata di Vietnam ini yakni Ponagar Cham Tower. Ini ialah candi peninggalan masa Kerajaan Champa. Usianya sudah sangat bau tanah, namun kondisinya masih sangat terawat. Warna merah bata mendominasi bangunan candi. Candi tampak megah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu unggulan wisata Nha Trang ialah mandi lumpur. Konon mandi lumpur mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Ada banyak daerah di Nha Trang yang menyediakan paket wisata mandi lumpur ini. Pengunjung bisa membeli pribadi di daerah atau terlebih dahulu memesan secara online.

  1. Han Gai Street

Tempat wisata di Vietnam yang satu ini dikenal juga dengan istilah silk street. Karena barang yang dijual kebanyakan adalah sutera.
Han Gai Street. Image via: guidevietnam.org

Simak juga: daerah wisata di Melbourne

Han Gai Street di hanoi merupakan daerah wisata di Vietnam berjenis belanja. Tempat yang satu ini dikenal juga dengan istilah silk street. Karena barang yang dijual kebanyakan yaitu sutera.

Lokasinya berada di sebelah utara dari Hoan Kiem Lake. Dulunya tempat ini hanya sering dikunjungi oleh penduduk lokal Vietnam saja. Namun lama kelamaan banyak juga wisatawan asing yang mulai berkunjung ke sana dikala berada di Hanoi. Akhirnya lambat laun jalan ini semakin populer.

Pengunjung bisa menemukan kurang lebih 90 toko di sepanjang jalan 250 meter itu. Kain yang dijual memang yakni kain sutera. Namun ada juga barang lain yang dijual di sana mirip dompet dan benda keperluan fashion lainnya. Tempat ini juga menarik untuk city tour di Hanoi.

Pengunjung yang tertarik basi juga membeli  ao dai, di tempat wisata di Vietnam ini. Ao dai ialah pakaian nasional dengan versi untuk pria dan perempuan. Topi kerucut melengkapi tampilan, dan dibuat dengan tangan dari bambu dan materi kayu lainnya.

Seperti kebanyakan outlet ritel di seluruh Vietnam, tawar-menawar juga sangat dianjurkan untuk menerima harga yang layak. Muliilah dengan belahan harga 50% dari harga yang diminta dan bayar tidak lebih dari 70%.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni