11 Tempat Wisata Kendal, Menyelami Lebih Jauh Keindahan Kota Santri

Tempat Wisata Kendal sangat bermacam-macam. Kabupaten ini memiliki pesona panaroma alam yang banyak diantaranya masih tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kendal.

Tempat Wisata Kendal sangat beragam. masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kendal.
Tempat Wisata Kendal. Image via: mytrip123.com

Sekilas Soal Kendal

Kabupaten Kendal terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya yaitu Kendal dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat. Kendal juga dikenal dengan Kota Santri. Terdapat ribuan Pesantren di kabupaten ini. Selian itu juga dikenal dengan Kota Seni dan Budaya.

Kabupaten Kendal kaya dengan aktivitas budaya baik yang bersifat tradisional maupun agamis. Diantaranya Syawalan Kaliwungu, Tari Rodhat, Sedekah Laut Tanggul Malang, Pesta Laut Tawang dan Pantai Bandengan.

Kendal bab utara berdekatan dengan Laut Jawa, maka kondisi iklim di tempat tersebut cenderung lebih panas dengan suhu rata-rata 27 °C. Sedangkan wilayah selatan yang merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi, kondisi iklimnya cenderung lebih sejuk dengan suhu rata-rata 25 °C.

Kendal berada di jalur pantura yang sangat ramai. Angkutan umum antarkota pada umumnya dilayani oleh bus. Kendal juga dilintasi jalur kereta api, ada tiga stasiun Kereta, yakni Weleri, Kalibodri dan Kaliwungu. Kebanyakan kereta api jarak jauh tidak singgah di stasiun Weleri.

11 Tempat Wisata Kendal

  1. Pantai Ngebum

pantai tempat wisata kendal ini sangat cocok sebagai alternatif wisata untuk yang berada di Semarang dan Kendal.
Pantai Ngebum. Image via: ihategreenjello.com

Simak juga: 11 Tempat Wisata Wonosobo

Berada di pesisir utara jawa serta di sebelah timur kabupaten kendal, pantai Tempat Wisata Kendal ini sangat cocok sebagai alternatif wisata untuk yang berada di Semarang dan Kendal. Pantai ini ini juga akrab dengan jalan pantura semarang – kendal. Makara buat anda yang sedang bepergian ke luar kota bisa mampir.

Pantai yang sangat luas terbentang dari timur berbatasan dengan Pabrik kayu lapis. Sebelah barat nun akrab disana terlihat dermaga Kota Kendal yang mengagumkan. Karena kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti  kebanyakan pantai selatan jawa, pengunjung bisa lebih leluasa untuk berenang.

Namun tidak di anjurkan untuk terlalu jauh menuju laut. Apabila tidak cendekia berenang atau membawa anak-anak, bisa menyewa pelampung ban yang banyak disediakan di pinggir pantai. Tinggal menentukan ukuran ban yang besar atau kecil, suka-suka saja.

Di Tempat Wisata Kendal ini juga disediakan penyewaan ban pelampung, tikar serta dingklik-kursi pantai. Untuk berbilas sehabis berenang juga ada. Saat lapar pun tidak perlu khawatir. Ada banyak warung yang menjual jajanan khas pantai. Sangat mengasikkan jika anda ke sini bersama keluarga, sahabat atau pacar.

Alamat: Mororejo, Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia

Tiket: Rp 3.000

Jam Operasional: 24 Jam

  1. Desa Wisata Kartika Beach

Hal yang menarik dari tempat wisata kendal ini adalah Pengunjung dapat menikmati suasana pantai berpadu mangrov e.
Desa Wisata Kartika Beach. Image via: ihategreenjello.com

Desa Wisata Kartika Beach merupakan daerah wisata dengan konsep bahari, Desa Wisata Kartika beach berlokasi di Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon kabupaten kendal.

Hal yang menarik dari kawasan wisata Kendal ini yaitu Pengunjung mampu menikmati suasana pantai berpadu mangrov dan juga pengunjung dapat menikmati berbagai masakan kuliner yang berbahan dasar ikan segar yang merupakan hasil dari produksi warga sekitar.

Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon rupa-rupanya punya potensi wisata yang elok. Selain ada sungai Lingen yang bisa dibentuk wahana pemancingan, ada pula pulau Tirang yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Wisata Kartika Beach ialah wisata semua ada, pantai dan sungai yang indah, dan kuliner khas yang tidak ada di tempat lain. Apalagi dengan sungai Lingen yang berfungsi sebagai jalur transportasi menuju Tirangan.

Selain itu, Lingen juga mampu menjadi wahana pemancingan komersial, termasuk outbond. Lebar sungainya delapan sampai 10 meter. Selain pemancingan, di Tempat Wisata Kendal ada sudut untuk berjualan makanan ringan mirip olahan bandeng dan mangrove, yang selama ini sudah dikenal.

Alamat: Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam operasional: 24 jam

  1. Pantai Jomblom

Puncak kaindahan tempat wisata kendal ini bisa ditemui saat sunset.
Pantai Jomblom. Image via: andriksetyopurwoko12

Simak juga: 11 Tempat Wisata Tawangmangu

Pantai Jomblom memiliki panorama alam indah. Puncak kaindahan Tempat Wisata Kendal ini bisa ditemui saat sunset. Banyak pengunjung yang tiba hanya untuk sekedar menikmati saat-dikala matahari terbenam. Tiupan angin pantai yang sepoi-sepoi semakin memanjakan para pengunjung untuk refreshing sejenak dari rutinitas.

Di bawah tahun 1990 Jomblom adalah satu daerah tujuan wisata pantai di pesisir utara Kendal khususnya di Kecamatan Cepiring. Di atas tahun 1990 sampai kini, pantai Jomblom terkena efek erosi yang jago. Beberapa tambak hilang sebab erosi ini. Dari tahun ke tahun terjadi daratan terkikis.

Ombak di pantai Tempat Wisata Kendal ini cukup besar. Oleh alasannya ombaknya yang cukup besar, banyak pohon bakau ditanami disekitar pantai. Penanaman pohon bakau ini mencegah terkikisnya tanah balasan pengikisan air maritim. Karena faktor ombak, dalam kondisi hujan atau air pasang tidak boleh pegi pengunjung untuk mandi di maritim ini.

Alamat: Jl. Laut, Tegalan, Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam operasional: 24 jam

  1. Curug Semawur

Berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, tempat wisata kendal curug Semawur membius para wisatawan yang mengunjunginya.
Curug Semawur. Image via: aslibatang.com

Berada di tempat tinggi pegunungan, tepatnya curug Semawur menyimpan segudang keajaiban. Berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, Tempat Wisata Kendal curug Semawur membius para wisatawan yang mengunjunginya.

Bagi pecinta alam yang senang dengan beragam tantangan dan terjalnya wisata gunung, Semawur dapat Anda pilih untuk berwisata. Menurut warga sekitar, penderasan Semawur tidak pernah kering sepanjang tahun

Curug Tempat Wisata Kendal ini terdiri dari 8 tingkat dengan airnya yang jernih dan tidak pernah kering di musim kemarau. di tingkat pertama air mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, dan tingkat kedua berketinggian 50 meter.  Dari dasar lembah, hanya tiga tingkat penderasan yang bisa dilihat.

Untuk menuju Lokasi Curug semawur perlu berjalan kaki sekitar 1 jam dari desa terdekat. Perjuangan ke Curug Semawur akan ditemani keindahan alam. Nulai dari hamparan ladang warga, rerimbunan pohon, semak belukar, bunyi burung liar sampai suara jenggeret.

Perjuangan keras akan terbayar saat mendapat sambutan selamat datang dari Curug Semawur. Melalui bunyi gemuruh air yang meluncur deras serta deburan butir-butir air yang semawur menghampiri pengunjung.

Alamat: Kejiwan, Blumah, Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Tiket: Rp 5.000

Jam Operasional: 24 jam

  1. Curug Sewu

Keunikan tempat wisata kendal ini adalah ketinggiannya yang bertingkat-tingkat dari yang paling tinggi 40 meter, 15 meter, dan kemudian 20 meter
Curug Sewu. Image via: brobali.com

SImak juga: 11 daerah wisata Cibubur

Keunikan Curug Sewu ini adalah ketinggiannya yang bertingkat-tingkat dari yang paling tinggi 40 meter, 15 meter, dan lalu 20 meter. Untuk mencapai riam Tempat Wisata Kendal ini, pengunjung harus berjalan menuruni anak tangga yang cukup curam di beberapa bagian.

Saat menyisir obyek wisata ini, pengunjung uga akan menemukan kebun binatang. Berbagai binatang yang biasa hidup di hutan dapat dilihat, contohnya, gajah, buaya, orangutan, kancil, kijang, dan beberapa jenis burung.

Hamparan hutan dan sawah yang hijau dan indah mampu dilihat dari ketinggian. Di Tempat Wisata Kendal ini juga terdapat gardu pandang untuk melihat pesona alam. Atau pengunjung mampu melihat dari bibir bukit. Keamanan tentu sangat diperhatikan pengelola obyek wisata.

Di sekeliling bibir jurang telah dipasang pagar pembatas agar pengunjung merasa kondusif saat melihat perbukitan atau pun area pertanian. Dan, dari bibir bukit inilah, mata wisatawan akan dimanjakan. Lembah sedalam ratusan meter pun dapat terlihat jelas.

Aliran air yang mengalir di sungai dan jatuh di tebing bukit, terlihat sangat gamblang, walau agak tertutup pepohonan. Jika tidak puas melihat teladas setinggi 45 meter ini dari ketinggian, pengunjung bisa berjalan turun ke kaki bukit.

Alamat: Remboko, Curugsewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Rp 5.000

Jam Operasional:08.00-18.00

  1. Curug Glawe

Curug tempat wisata Tegal setinggi lebih dari 20 meter ini terbagi menjadi dua tingkat air terjun.
Curug Glawe. Image via: @nurfatonii

Curug setinggi lebih dari 20 meter ini terbagi menjadi dua tingkat gerojokan. Tingkat yng pertama tidak banyak lebih tinggi serta tingkat kedua lebih rendah. Diantara kedua tingkat riam ini terdapat bak berdiameter sekitar 3 meter yang dengannya kedalaman sekitar 1,5 meter.

Curug Tempat Wisata Kendal ini mengalir pada sebuah tebing bebatuan andesit yang lebar. Tebing ini seolah membentuk dinding yang miring yang melebar dari kanan ke kiri. Sebagian besar air mengalir di sisi sebelah kiri. Sedang dinding sebelah kanan biasanya bila tidak animo penghujan cenderung kering oleh air.

Pengunjung Tempat Wisata Kendal ini bisa duduk di kursi-dingklik dari kayu yang telah tersedia. Pengunjung tidak akan pernah bosan menikmati panorama dan suasana alam dari curug ini.  Pemandangan air terjun yang membentuk kolam kecil berpadu dengan batu kerikil sungai dan tanaman hijau seolah membentuk kesatuan yang tak terpisahkan.

Air yang jatuh mengalir di antara watu-watu dengan ukuran yang bervariasi. Membentuk air terjun-jeram kecil nan manis. Dari jeram-gerojokan ini kemudian terbentuk curug-curug kecil yang kemudian menghasilkan bak-bak kecil dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Alamat: Cening Kidul, Cening, Singorojo, Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Rp 5000

Jam Operasional: 08.00-17.00

  1. Gua Kiskendo

Di tempat wisata Tegal ini ditemukan pula stagnit dan stalagtit. Kalau pengunjung melangkah jauh ke dalam, pada bagian ujung gua bakal dijumpai sungai yang mengalir, menembus perut bumi.
Gua Kiskendo. Image via: life.108jakarta.com

Simak juga: Wisata Sekitar Gunung Kelud

Goa beserta dongeng-dongeng yang menyertainya menjadi daya tarik terbesar obyek wisata ini. Goa Tempat Wisata Kendal ini konon sudah ditemukan 2 masa silam. Para leluhur terdahulu memanfaatkan untuk mencari ketenangan batin dan pencerahan lewat bertapa.

Pada hari Sabtu dan Minggu Gua ramai dikunjungi oleh muda-mudi. Di sini ditemukan pula stagnit dan stalagtit. Kalau pengunjung melangkah jauh ke dalam, pada bab ujung gua bakal dijumpai sungai yang mengalir, menembus perut bumi.

Memasuki gua, para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan bebatuan yang bagus berupa stalagtit dan stalagmit. Di dalamnya terdapat 15 ruangan dengan dongeng mitos yang berbeda-beda pula. Beberapa di antaranya seperti Lidah Mahesosuro, Pertapaan, Pertapaan Santri, Pertapaan Subali, Suumelong, Lumbuk Kampek, dan lain-lain.

Goa Tempat Wisata Kendal ini mempunyai panjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh. Ada dua percabangan besar di dalamnya dan mengarahkan pengunjung pada bekas daerah banyak orang di masa lalu dalam melakoni pertapaan.

Alamat: desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, provinsi Jawa Tengah.

Tiket: RP 5.000

Jam Operasional: 07.00-17.00

  1. Pemandian Air Panas Nglimut

di tempat wisata Tegal ini Ada kolam air dingin yang letaknya tidak jauh dari kolam air panas
Pemandian Air Panas Nglimut. Image via: masyog.com

Sesuai dengan namanya, bahwa salah satu daya tarik dari wisata pemandian air panas Nglimut ialah terdapat kolam air panas yang mengandung sulfur. Air welirang sendiri dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit, dan menciptakan relaksasi.

Di Tempat Wisata Kendal ini. ada juga bak air hambar yang letaknya tidak jauh dari kolam air panas. Makara, bagi yang tidak suka dengan panasnya air belerang, mampu berenang di kolam air cuek.

Dalam area pemandian air panas juga banyak terdapat permainan bawah umur, mirip : ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya. Permainan yang masih digemari anak-anak tersebut dirawat dengan baik oleh pihak pengelola sehingga penampilan dan keamanannya tentu sangat terjaga.

Bagi yang suka berburu foto, tempat wisata pemandian air panas Nglimut juga terdapat banyak spot foto. Lingkungan yang masih alami ini terdapat aneka macam jenis tumbuhan yang berwarna-warni. Selain spot foto yang alami, pengelola juga menyediakan spot foto dengan background settingan.

Apabila pengunjung Tempat Wisata Kendal ini lapar dan haus, di area wisata terdapat beberapa warung makan yang menyediakan beberapa sajian menganyangkan. Seperti mie rebus, mie goreng, Mie ayam, nasi goreng, gorengan dan aneka minuman yang lain.

Alamat: Nglimut, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal Jawa Tengah

Tiket: Rp 15.000

Jam Operasional: 07.00-18.00

  1. Promas Greenland

Didukung oleh pemandangan indah serta udara yang sejuk, daya tarik tenpat wisata Tegal ini dikembangkan dengannya adanya cafetaria, kolam renang serta ruang-ruang berendam privat.
Promas Greenland. Image via: @promasgreenlandnglimut

Simak juga: Indahnya Wisata Pabangbon

Promas Greenland yaitu wisata alam yang terdapat di lereng gunung Ungaran yang mempunyai beberapa sumber air panas. Didukung oleh pemandangan indah serta udara yang sejuk, daya tarik Tempat Wisata Kendal ini dikembangkan dengannya adanya cafetaria, bak renang serta ruang-ruang berendam privat.

Daya tarik lainnya, lokasi wisata ditata cukup apik sehingga kesan asri dan bersih demikian mencuat, menciptakan wisatawan betah tinggal seharian penuh. Terlebih lagi udara sekitar yang senantiasa berkabut, sejuk dengan pemandangan natural perbukitannya yang masih perawan menjadi nilai plus tersendiri.

Di bak air hangat maupun acuh taacuh,  tersedia kedelaman dangkal untuk anak-anak dan kedalaman agak dalam untuk dewasa. Fasilitas lainnya ada selucuran di bak renang dangkal. Selain itu, disebelah bak renang ada kamar mandi dengan air hangat atau acuh taacuh.

Ada juga fasilitas perkemahan. Pengunjung yang berkemah biasanya dari Komunitas Pecinta Alam atau Pramuka yang memang sengaja tiba berkemah. Enaknya berkemah di Tempat Wisata Kendal ini karena perpaduan lokasi yang alami, tapi masih disediakan kemudahan yang modern.

Alamat: Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Rp 10.000

Jam Operasional: 07.00-18.00

  1. Kampung Djowo Sekatul

Dengan luas sekitar 12 hektar, tempat wisata Kendal ini menyajikan nuansa seperti seperti berada di pedesaan tempo dulu.
Kampung Djowo Sekatul. Image via: jatengprov.go.id

Desa Wisata Kampoeng Jowo Sekatul yaitu kawasan wisata agro dengan nuansa pedesaan tradisional Jawa Kuno dengan bangunan bangunan berbentuk joglo. Dengan luas sekitar 12 hektar, Tempat Wisata Kendal ini menyajikan nuansa seperti mirip berada di pedesaan tempo dulu.

Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul awalnya adalah kebun teh. Sekitar tahun 2005 sebagian tanahnya dibentuk pemancingan. Karena banyak seruan dari pengunjung, lalu kawasan pemancingan itu dibuatlah tempat wisata dan rumah makan. Ada juga kawasan outbound-nya, bak renang, flying fox dan penginapan Joglo.

Pada hari hari tertentu, live music berupa sinden serta musik tradisional gamelan menyambut. Pengunjung tidak dikenakan biaya. Biaya gres dibayarkan jikalau memakai kemudahan lanjutan yang ada. Seperti berenang, bermain flying fox, atau memesan kuliner untuk dinikmati di gazebo.

Nama Sekatul berasal dari kata “Katul”. Pada jaman penjajahan Jepang, penduduk sangat sulit masakan, hingga terpaksa makan katul. Dan untuk mengenang masa era sulit serta mengingatkan anak cucu di era akan datang supaya ingat sejarah, maka kawasan Tempat Wisata Kendal ini diberikan nama “Sekatul”.

Alamat: Desa Mergosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Operasional:08.00-16.00

  1. Pasar Karetan

selain penjual memakai pakaian tradisional untuk membangun kesan jadul, penyajian aneka jajanannya pun menggunakan peralatan tradisional seperti daun, anyaman maupun tembikar.
Pasar Karetan. Image via: padek.co

Simak juga: Keunikan Desa Wisata Tembi

Pasar Karetan merupakan kawasan yang menjual berbagai materi kuliner, lokasi beralamatkan di. Tak sampai di situ, pasar ini ialah daerah yang instagramable dengan suguhan hutan karet, sawah, lengkap dengan aneka macam fauna mirip belibis, burung, dan sapi di dalam sangkar.

Uniknya, untuk bertransaksi di pasar Tempat Wisata Kendal ini, pengunjung diharuskan untuk menukarkan uang terlebih dahulu uang rupiah menjadi girik yang dikelola oleh pengurus. Karena seluruh transaksi di pasar karetan ini menggunakan girik.

Terdapat gubuk-gubuk yang tersebar di kawasan pasar karetan ini memberikan aneka jajanan tradisional. Yang unik, selain penjual memakai pakaian tradisional untuk membangun kesan jadul, penyajian aneka jajanannya pun memakai peralatan tradisional seperti daun, anyaman maupun tembikar.

Selain mampu jalan-jalan di hutan karet dan mencoba berbagai jajanan tradisional tempo doeloe, di Pasar Karetan pun terdapat berbagai wahana permainan anak. Bukan permainan modern yang identik dengan kecanggihan teknologi, tapi permainan zaman dahulu mirip ayunan, hulahop dari kayu dan egrang.

Sekeliling hutan karet Tempat Wisata Kendal ini juga dihiasi dengan pernak-pernik menarik yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto selfie. Ada payung warna-warni, panggung kayu mini, dan kursi kayu.

Alamat: Dusun Segrumung, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiket: Gratis

Jam Operasional: Hari Minggu Saja. 07.00-12.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni