11 Tempat Wisata Madura, Pesona Keindahan Alam Pulau Garam

Walau tempat wisata di Madura mungkin tidak setenar di Bali, Lombok atau bahkan Surabaya. Namun tidak sedikit daerah wisata di Madura yang asyik, murah dan Instagramable. Madura memiliki kawasan Wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, dan Danau.

tidak sedikit tempat wisata Madura yang asyik, murah dan Instagramable. Madura memiliki tempat Wisata Alam, Wisata Keluarga, Wisata Anak, Air Terjun, dan Danau.
Tempat Wisata Madura. Image via: tripzilla.id

Sekilas Soal Madura

Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 , dengan penduduk hampir 4 juta jiwa. Pulau Madura bentuknya seakan mirip badan sapi. Suku Madura terkenal alasannya adalah gaya bicaranya yang blak-blakan, Masyarakat Madura juga dikenal irit, disiplin, dan rajin bekerja keras.

Sebutan Pulau Garam disematkanpada Pulau ini. Tambak garam yang dimilikinya sebanyak 4.572 petak dengan wilayah-wilayah utama penghasil garam antara lain Sumenep, Pamekasan, dan Sampang.

Kondisi geografis pulau Madura dengan topografi yang relatif datar di bab selatan. Semakin ke utara tidak terjadi perbedaan elevansi ketinggian yang begitu mencolok. Curah hujan yang rendah malah kekurangan, menyebabkan Madura kurang mempunyai tanah yang subur.

Karapan sapi merupakan acara budaya yang paling populer. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik kereta dari kayu laga cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter.

Untuk menuju pulau ini, ada beberapa pilihan sarana transportasi. Bus Masuk Madura melewati Jembatan Suramadu. Untuk jalur Udara, dilayani di Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep. Untuk transportasi Kapal Laut, bisa dinikmati dengan layanan rute Jangkar – Kalianget ataupun Ujung-Kamal.

11 Tempat Wisata Madura

  1. Masjid Agung Sumenep

. Lokasi tempat wisata madura ini tepat di depan alun-alun, dan tak jauh juga dari keraton.
Masjid Agung Sumenep. Image via: kontraktorkubahmasjid.com

SImak juga: 11 daerah wisata Karanganyar

Terkenal dengan sejarah Kesultanan Sumenep, Sumenep banyak peninggalan bersejarah yang menarik untuk disinggahi. Salah satu ialah Masjid Agung Sumenep. Dibangun pada 1779-1787, dulu dikenal sebagai Masjid Jamik Sumenep. Kini menjadi Masjid Agung Sumenep.

Dibangun oleh pihak keraton sebagai  kawasan ibadah keluarga Kesultanan Sumenep. Lokasi kawasan wisata madura ini tepat di depan alun-alun, dan tak jauh juga dari keraton.

Di halaman, ada dua pohon yang menyebar keteduhan, yaitu pohon sawo dan tanjung. Keduanya mengandung filosofi tersendiri. Potongan makna dari nama dua pohon itu digabungkan dan menyiratkan pesan: Salat lima waktu jangan ditinggalkan, sebagai tanda menjunjung tinggi agama Allah.

Gapuranya berupa atap bersusun yang kental dengan budaya Tiongkok. Arsitektur salah satu masjid tertua di negeri ini memang memadukan beragam budaya; Cina, Eropa, Jawa, dan Madura. Arsitekturnya berdarah Tionghoa, yakni Lauw Piango.

Sebagai kota yang menjadi tujuan wisata religi, penziarah dari berbagai kawasan terus berdatangan. Masjid tua kawasan wisata Madura ini pun selalu disinggahi pengunjung. Tak hanya warga Sumenep yg berbondong-bondong datang ketika azan dikumandangkan. Penziarah pun menyempatkan singgah untuk menunaikan ibadah.

Alamat: Dalem Anyar, Bangselok, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Jaddih

Tebing-tebing kapur di tempat wisata Madura ini tidak terbentuk secara alamiah. Namun diakibatkan oleh pahatan perjuangan para penambang kapur
Bukit Jaddih. Image via: roragusdo.com

Seperti namanya yang ala Timur Tengah, kawasan tersebut merupakan bekas tambang kapur yang disulap menjadi tempat wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi. Tempat wisata Madura ini, dari sentra utama Kabupaten Bangkalan hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja.

Di lokasi wisata alam Bukit Jaddih ini, pengunung akan disuguhkan oleh pemandangan menarik dari bongkahan – bongkahan bahkan guratan – guratan dari kapur putih yang berukuran besar atau raksasa.

Tebing-tebing kapur di kawasan wisata Madura ini tidak terbentuk secara alamiah. Namun diakibatkan oleh pahatan perjuangan para penambang kapur putih. Mereka bekerja dan mengais rezeki di Bukit Jaddih ini selama bertahun – tahun lamanya. Proses itulah  yang membentuk keelokan tebing raksasa ini.

Pemandangan daerah wisata Madura yang artistik pun akan sangat menarik untuk berfoto ria dan di unggah ke sosial media. Sehingga pengunjung ikut berpartisipasi dalam menyebarluaskan dan membuat popular kawasan wisata alam bekas tambang kapur putih ini.

Selain itu di sebelah utara bukit ini, pengunjung juga mampu menjumpai sebuah bak renang dengan nama Goa Potte yang terbentuk secara alami. Kolam ini berada sempurna di tengah-tengah bukit kapur putih yang mengelilinginya.

Alamat: Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

Tiket: 5.000

Jam Buka:  08.00-17.00

  1. Gili Labak

Objek Wisata Pantai Gili Labak menawarkan begitu banyak hal yang bisa dilakukan, sembari menikmati keelokan tempat wisata Madura ini
Gili Labak. Image via: ksmtour.com

SImak juga: 11 daerah wisata Kaliurang

Objek Wisata Pantai Gili Labak memperlihatkan begitu banyak hal yang bisa dilakukan, sembari menikmati keelokan tempat wisata Madura ini. Aneka kegiatan Pantai yang bisa dilakukan di tempat ini.

Pantai ini sangat cocok untuk melaksanakan acara fotografi. Selain pemandangan sekitarnya yang sangat anggun, hamparan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini mampu menjadi latar belakang tepat yang menyegarkan bagi penikmatnya.

Pemandangan bawah laut sekitar tempat wisata Madura ini sangat mempesona. Di sana telah tersedia penyewaan alat menyelam. Para nelayan biasanya dengan bahagia hati mengantarkan pengunjung menuju spot menyelam yang populer.

Pantai daerah wisata Madura ini juga mengijinkan berkemah. Pengunjung mampu menikmati Pantai pada malam hari bersama taburan bintang. Pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise jikalau bermalam di daerah ini.

Pengunjung dapat juga mengelilingi pulau bagus kawasan wisata Madura ini. Pengunjung bisa menyewa perahu milik nelayan. Air Pantai Gili Labak sangat jernih, berada di atas kapalpun masih memungkinkan melihat ikan-ikan dan karang di dalamnya.

Alamat: Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 80.000

Jam Buka: 24 jam

  1. Gili Genting

Tempat wisata Madura terkenal di pulau ini adalah Pantai Sembilan. Dulunya, Pantai Sembilan merupakan sebuah pelabuhan kecil.
Gili Genting. Image via: wisataid.com

Pulau ini merupakan pulau yang berada di kawasan Kabupaten Sumenep dan terletak sebelah tenggara Pulau Madura dengan luas mencapai 30,31 km persegi. Gili Genting merupakan sebuah kecamatan. Tempat wisata Madura populer di pulau ini adalah Pantai Sembilan.

Dulunya, Pantai Sembilan merupakan sebuah pelabuhan kecil. Tempat bersandar perahu-bahtera penyeberangan yang menghubungkan antara Pulau Gili Genting dengan pulau yang ada di seberangnya. Kini, Pantai Sembilan telah berubah drastis menjadi salah satu kawasan wisata Madura yang terkenal.

Daya tarik utama Pantai Sembilan berupa gundukan pasir yang terbentuk sendiri dan ibarat angka hoki, adalah sembilan. Pantai ini sendiri menyuguhkan pemandangan yang sangat memesona, dengan pasir pantai berwarna putih bersih dan deburan ombak serta angin yang bertiup pelan.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Sembilan, juga terdapat tempat wisata Madura lainnya. Yaitu Pantai Miring dan Pantai Wangi. Sama mirip Pantai Sembilan, kedua pantai ini juga masih memiliki nuansa alam yang asri sehingga bisa dijadikan destinasi wisata alternatif ketika berkunjung ke Pulau Madura.

Alamat: Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Gili Iyang

Tempat wisata Madura Gili Iyang punya daya pikat sebagai wisata kesehatan. Pasalnya, pulau tersebut terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yakni 21,5 persen.
Gili Iyang. Image via: portalwisata.co.id

SImak juga: Floating MArket Lembang

Tempat wisata Madura Gili Iyang punya daya pikat sebagai wisata kesehatan. Pasalnya, pulau tersebut populer dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yakni 21,5 persen.

Pengunjung mampu melaksanakan aneka macam kegiatan menyenangkan di Pulau daerah wisata Madura ini. Mulai dari menyelam, bersantai di pantai berkarang, atau bermain-main di pantai dengan pasir yang indah.

DI pantai di Gili Iyang dipenuhi dengan hiasan bebatuan karang. Dari celah-celah batu karang ini, pengunjung mampu menyaksikan sinar matahari pagi atau sore yang cantik.

Salah satu pantai yang menjadi rujukan banyak wisatawan di pulau tempat wisata Madura ini yaitu Pantai Ropet. Berkunjung ke pantai ini, sebaiknya tiba pagi-pagi sekali. Setelah sunrise keluar aib-malu, pengunjung akan disuguhi sarapan oleh ibu-ibu sekitar. Sarapan mampu disantap di balai khusus untuk makan.

Selama berada di Gili Iyang, pengunjung bisa menuju sejumlah destinasi wisata lainnya, seperti ke goa di tepian pantai Gili Iyang. Ada sejumlah goa yang mampu dikunjungi wisatawan. Ada 7 goa di Desa Banra’as dan 3 goa di Desa Bancamara

Alamat: Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 40.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Rongkang

Di Tempat wisata Madura ini juga terdapat bukit karang yang tingginya sekitar 20 hingga 25 meter.
Pantai Rongkang. Image via: wisatalova.com

Pantai daerah wisata Madura ini mempunyai karateristik tutupi oleh kerikil-batu. Warga menamakan Pantai ini dengan sebutan “ Rongkang “ dikarenakan banyaknya kerikil-batuan dan karang yang berlubang-lubang di sepanjang bibir Pantai.

Batu-batu karang ini diakibatkan oleh proses alam yaitu erosi air laut. Di Tempat wisata Madura ini juga terdapat bukit karang yang tingginya sekitar 20 sampai 25 meter. Banyak pengunjung yang tiba untuk  mengabadikan momen dengan berfoto anda dapat memanfaatkan gundukan bukit.

Dari pantai ini, pengunjung mampu melihat jembatan Suramadu. Jika mengunjungi Pantai kawasan wisata Madura ini saat malam hari, akan dapat melihat indahnya gemerlap lampu yang berada di jembatan Suramadu.

Pada waktu senja dan malam hari, terlihat kilauan sinar dari lampu kapal-kapal yang berlayar di selat madura jadi pemandangan yang sangat menarik dan pantulan sinar-sinar lampu di permukaan air yang memantul dari arah kota Surabaya menambah keindahan di sekitar pantai yang menciptakan hati merasa takjub.

Banyak keluarga yang bertamasya kesini untuk menaiki bahtera hingga tengah kemudian kembali lagi. Di jalan menuju Pantai ini banyak pohon yang membentuk lorong yang elok untuk dijadikan foto prewed.

Alamat: Kejawan, Kwanyar Bar., Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Arosbaya

Tempat wisata Madura ini memiliki warna yang merah merona menambah keunikan Bukit Kapur Arosbaya.
Arosbaya. Image via: tempo.co

Simak juga: 11 kawasan wisata Belitung

Bukit Kapur Arosbaya merupakan bekas penambangan kapur tulis yang telah lama non-aktif. Sudut-sudut bukit yang tidak beraturan balasan penambangan menambah sisi keunikan bukit yang terletak di Bangkalan itu.

Tak hanya bekas pahatannya saja yang unik. Tempat wisata Madura ini mempunyai warna yang merah merona menambah keunikan Bukit Kapur Arosbaya. Warga sekitar mengenal kawasan tambang ini dengan sebutan “Bedel”.

Hamparan bukit kapur yang berwarna coklat jelas kemerahan itu membentuk lorong dan gua-gua yang menarik untuk dieksplorasi. Maka tak heran banyak wisatawan dari luar pulau yang mencapai Bukit Arosbaya untuk hunting foto.

Pemandangan disekitar daerah tempat wisata Madura, Bukit kapur Arosbaya, sangat menggumkan. Pahatan bekas galian terlihat hampir disemua kawasan. Setiap sudut-sudut ada bekas goa-goa yang sudah digali. Perbukitan bekas sisa galian-galian inilah yang terlihat sangat unik dan instagramable.

Karena matahari bersinar sangat terik dan temperatur di Pulau Madura cukup tinggi, disarankan untuk membawa payung atau topi. Jangan lupa juga memakai krim sunscreen. Jika kulitmu sudah terlindungi, sesi foto-foto pun akan lebih nyaman.

lokasi Bukit kapur Arosbaya ini bersebelahan dengan objek wisata religi yang cukup terkenal yakni makam para Raja Bangkalan “Air Mata Ibu”

Alamat: Plalangan, Madura, Buduran, Arosbaya, Kab. Bangkalan, jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 09.00-17.00

  1. Boekit Tinggi Daramista

Di tempat wisata Madura dataran tinggi ini, pengunjung dapat menikmati kota Sumenep dari atas Ketinggian.
Boekit Tinggi Daramista. Image via: radarbali.jawapos.com

Di daerah wisata Madura dataran tinggi ini, pengunjung mampu menikmati kota Sumenep dari atas Ketinggian. Pengunjung juga mampu melihat moment matahari terbit dan karam dengan bebas.

Tempat wisata Madura ini kaya akan lokasi Selfie. Lokasi-lokasi untuk selfie mempunyai nama-nama yang unik seperti Home Love, Bird’s Nest, Zona Kece and Hits, Hometrees, Happy Swing, Sweet Town, dan Zona Warrior yang terdiri dari flying fox dan flying bike.

Pengunjung bisa menikati indahnya pemandangan kota Sumenep dengan latar belakang lautan dari kawasan ini. Mengunjungi tempat ini pada waktu selesai pekan dan merasakan hembusan angin dan segarnya udara yang masih bersih, bisa membuat pikiran dan tubuh rileks sesudah sepekan beraktifitas kerja.

Di kawasan wisata Madura ini terdapat warung yang menyediakan berbagai macam kuliner. Pengunjung mampu makan sembari duduk-duduk di gubug-gubung kecil untuk menikmati keindahan pemandangan alam dari atas bukit ini.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan bukit ini ketika malam datang. Suasana damai dan cahaya lampu yang menghampar menjadi pemandangan indah tersendiri yang mampu dilihat dari atas Bukit.

Alamat: Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-22.00

  1. Bukit Lampion Beramah

Di tempat wisata Madura ini terdapat sebuah panggung yang terbuat dari kayu dengan berbentuk hati
Bukit Lampion Beramah. Image via: indonesia.travlr.com

Simak juga: 11 daerah wisata Sragen

Tempat wisata Madura, Bukit Lampion Beramah, memberikan hal yang unik bila dibandingkan dengan wisata alam lainnya yang ada di sekitar Kabupaten Bangkalan. Bukit Lampion Beramah ini berbeda. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Tapi juga dilengkapi dengan dekorasi lampion yang berwarna warni.

Adanya Lampion yang berwarna warni membuat pemandangan menjadi lebih indah dan menarik. Tidak heran meskipun masih baru dibuka namun tempat wisata ini sudah terkenal dan menjadi perbincangan. Banyak pengunjung, terutama kalangan muda, tertarik datang untuk berfoto.

Di daerah wisata Madura ini terdapat sebuah panggung yang terbuat dari kayu dengan berbentuk hati. Tepat di bawah panggung tersebut eksklusif menuju jurang yang cukup dalam dari atas bukit. Panggung didesain besar lengan berkuasa sedemikian rupa supaya aman untuk dipijak. Spot inilah yang menjadi favorit bagi sebagian besar pengunjung.

Satu lagi spot foto yang unik disini adalah ayunan yang seperti mirip sangkar burung. Di daerah wisata Madura ini juga punya spot foto yang unik lainnya, adalah rumah pohon. Konsep dari rumah pohon ini pun disulap dengan dekorasi kekinian.

Alamat: Tengginah, Daleman, Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: 05.00-16.30

  1. Air Terjun Toroan

Tempat wisata Madura Air terjun Toroan Sampang adalah satu-satunya air terjun yang berada di Madura.
Air Terjun Toroan. Image via: explorewisata.com

Tempat wisata Madura Air terjun Toroan Sampang ialah satu-satunya air terjun yang berada di Madura. Air terjun setinggi 20 meter ini berlokasi berdampingan dengan sebuah pantai. Hal inilah yang mengakibatkan penderasan ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Suasana di sekeliling Air Terjun Toroan juga masih sangat natural. Di sekitar lokasi tempat wisata Madura ini, tidak ada bangunan yang merusak kealamian. Hal itulah yang menyebabkan jeram  ini seakan mempunyai “jiwa” yang masih hidup.

Air yang mengalir dari atas air terjun pribadi menyatu dengan air laut yang berada di sebuah muara. Keunggulan dari kawasan wisata Madura ini yakni kesejukan air yang dimiliki. Aliran air ini berasal dari sungai Payung.

Di lokasi tempat wisata Madura ini terdapat batu-batuan yang unik dan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Di sore hari, selain dapat bermain main dengan gerojokan, setiap pengunjung juga mampu menikmati sunset.

Gemericik air, bunyi ombak, dan view matahari sore yang berwarna kemerah-merahan membuat setiap pengunjung yang datang betah untuk tetap duduk-duduk di pantai seakan enggan untuk meninggalkan daerah tersebut.

Alamat: Desa Ketapang Daya, Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Bukit Geger

Bukit tempat wisata Madura ini memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Letaknya sekitar 30 Km dari kota Bangkalan
Bukit Geger. Image via: wisatalengkap.com

Simak juga: 11 daerah wisata Blora

Bukit Geger ialah salah satu kawasan wisata Madura yang paling tinggi di Pulau Garam. Di Madura hanya ada 2 saja Gunung / Bukit yang tinggi. Satu di tempat ujung timur Kabupaten Sumenep yakni Bukit Payudan, lalu yang satunya Geger.

Bukit kawasan wisata Madura ini mempunyai ketinggian 200 meter di atas permukaan maritim. Letaknya sekitar 30 Km dari kota Bangkalan. Karena keindahan alam dan luasnya area Geger, biasanya pada waktu-waktu tertentu dijadikan kawasan untuk penjelajahan para akseptor kemah dalam acara pramuka sekolah

Bukit ini dikelilingi oleh flora kayu Mahoni yang masih dalam hutan lindung. Untuk menaiki Bukit Geger ini, pengunjung melewati banyak anak tangga yang melewati suasana alam yang asri. Ketika sudah sampai di atas pengunjung akan lupa sebab tersihir oleh keindahan alam yang masih alami.

Di hutan Gunung Geger banyak terdapat binatang-hewan liar. Seperti monyet, burung, ular, ayam hutan, dan beberapa jenis satwa liar yang keberadaannya tidak boleh diganggu. Pengunjung tidak diperkenankan memberi kuliner kepada kawanan monyet alasannya adalah dikhawatirkan akan terus diikuti, kecuali pada waktu-waktu tertentu.

Alamat: Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Tiket: 2.000

Jam Bukan: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni