11 Tempat Wisata Pasuruan, Yang Terindah Dan Terpopuler 2020

Berbagai macam tempat wisata Pasuruan memiliki kesan unik dan instgaramable. Mulai dari wisata pantai, teladas, cagar budaya, daerah bersejarah, Taman bermain air, hngga wisata keluarga malam hari.

Berbagai macam tempat wisata Pasuruan memiliki kesan unik dan instgaramable. Mulai dari wisata pantai, air terjun, cagar budaya, tempat bersejarah, Taman bermain air, hngga wisata keluarga malam hari.
Tempat Wisata Pasuruan. Iamge via: @yoiki_pasuruan

Sekilas Soal Pasuruan

Kabupaten Pasuruan adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan  Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di Timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat.

Kabupaten Pasuruan dikenal sebagai tempat perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata. Kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan. Wilayah timur Kabupaten Pasuruan termasuk ke dalam wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Bagian barat wilayah kabupaten ini ialah dataran tinggi yang cukup sejuk, dan merupakan salah satu tempat tujuan wisata utama Jawa Timur. Kawasan tersebut terdapat villa-villa peristirahatan, dan sejumlah perumahan elit.

Kabupaten Pasuruan memiliki beberapa kuliner khas. Diantaranya Nasi Punel Bangil, Rawon Nguling, dan Sate Kelinci Tretes.

Pasuruan dilintasi jalur pantura Surabaya-Banyuwangi. Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api lintas timur Pulau Jawa serta menuju Malang, Blitar dan Kertosono. Di Stasiun Bangil terdapat persimpangan jalur tersebut.

11 Tempat Wisata Pasuruan

  1. Agrowisata Bhakti Alam

Tempat wisata Pasuruan Agrowisata Bhakti Alam menawarkan kesejukan di alam terbuka dan teduhnya tanaman tropis.
Agrowisata Bhakti Alam. Image via: brobali.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Pacet

Tempat wisata Pasuruan Agrowisata Bhakti Alam memberikan kesegaran di alam terbuka dan teduhnya tanaman tropis. Bhakti Alam Agrowisata menunjukkan berbagai acara dan wahana bagi pegunjung. Baik untuk orang akil balig cukup akal maupun ana-anak.

Banyak acara yang mampu dilakukan di taman wisata alam ini. Terutama aktivitas yang berafiliasi dengan peternakan dan perkebunan. Kegiatan seperti memerah susu sapi, merasakan buah segar yang sedang panen, atau berkunjung ke pabrik susu pasteurisasi.

Pengunjung kawasan wisata pasuruan ini bisa mengikuti tour singkat berkeliling kebun. Waktu yang dihabiskan sekitar 40 menit memakai kereta wisata mini yang disediakan pengelola. Pemandu wisata akan mendampingi dan menjelaskan perihal tanaman dan kebun selama tour.

Selain kebun sayur dan buah taman rekreasi ini wisatawan juga mampu berkeliling taman bunga. Beragam bunga warna-warni ditata rapi dan manis. Bisa menjadi objek wisata foto yang cantik bagi penyuka fotografi.

Di bhakti alam terdapat kolam mini yang khusus untuk anak-anak. Kolam warna-warni dengan pancuran air yang pasti sangat menghibur untuk anak-anak. Ada juga Kegiatan Outbond seru lainnya, yaitu menyewa ATV. Moto roda 4 yang mampu berjalan dipermukaan jalan yang tidak mulus.

Alamat: Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: 50.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Kebun Raya Purwodadi

Bagi pecinta tanaman Anggrek, tempat wisata Pasuruan ini memilki rumah kaca yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini.
Kebun Raya Purwodadi. Image via: hargajoss.com

Kebun raya purwodadi, merupakan tempat wisata Pasuruan yang didirikan sejak tahun 1941. Kebun mempunyai beberapa area tematik sesuai jenis tumbuhan yang dikembangkan. Beberapa spot juga dibuat khusus sebagai area rekreasi.

Taman Bougenville menjadi salah satu area favorit pengunjung sebab memang mempunyai pemandangan yang menarik terutama untuk berfoto. Bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan orange nampak begitu mencolok diantara hijaunya flora di sekitarnya.

Tumbuhan khas daratan Meksiko mirip jenis kaktus-kaktusan juga menjadi koleksi di KRP. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, flora yang berukuran besar di area kering ini menjadi sangat menarik perhatian.

Bagi pecinta tumbuhan Anggrek, kawasan wisata Pasuruan ini memilki rumah beling yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini. Terdiri dari 319 jenis, dimana 7 diantaranya merupakan anggrek endemik Jawa Timur. Beberapa koleksi juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka.

Hal yang cukup unik dari KRP yaitu adanya bak renang anak. Pengunjung yang membawa bawah umur bisa mengajak anaknya bermain air di bak renang. Lokasi bak yang berada di dalam kebun raya memiliki suasana yang khas dikelilingi rimbun pepohonan.

Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang No.KM. 65, Sembung Lor, Purwodadi, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 07.30-16.00

  1. Danau Ranu Grati

Tempat wisata Pasuruan ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur.
Danau Ranu Grati. Image via: obyekwisata.org

Simak juga: 11 daerah wisata Aceh

Danau yang lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman warga ini memiliki luas sekitar 1.085 hektare. Tempat wisata Pasuruan ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur.

Ranu Grati merupakan danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Bentuknya yang mirip corong dengan dasar danau yang dalam dan mengandung sedimen mineral, menjadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Ranu Grati menampakan keindahan pemandangan matahari terbenamnya yang menawan. Hembusan semilir angin, anak-anak yang sedang bermain, dan jejeran pemuda yang tepekur serius menunggu jorannya tersangkut ikan menjadi pemandangan syahdu sore hari di Ranu Grati.

Banyak acara wisata yang mampu dilakukan di kawasan wisata pasuruan ini. Mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, sampai memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau.

Keberadaan Ranu Garti juga tidak lepas dari legenda yang melingkupinya. Legenda berlatar belakang Kerajaan Majapahit ini menceritakan wacana amarah Begawan Nyampo kepada masyarakat yang telah membunuh puteranya yang berwujud ular bernama Baru Klinting.

Alamat: Jl. Alpukat Cukurgondang, Desa Ranu Klindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan

tiket: 3.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Wisata Tretes Prigen

. Daerah tempat wisata PAsuruan ini terkenal sebagai daerah wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.
Wisata Tretes Prigen. Image via: adventurose.com

Tretes berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang. Daerah kawasan wisata PAsuruan ini populer sebagai tempat wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Surabaya sebab kesegaran dan keindahan alamnya.

Kata Tretes berasal dari kata air yang menetes berbunyi tes tes tes. Hal ini dapat dilihat dengan adanya sebuah sumber air yang menetes di celah–celah dinding kerikil di tempat Dong Biru. Berada di erat wilayah kawasan wisata Kakek Bodo.

Beberapa pariwisata yang populer di Tretes ialah jeram Kakek Bodo, Finna Golf, dan Taman Safari Indonesia 2. Pusat daerah wisata ini berada di wilayah Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen,  Pasuruan.

Kebudayaan masyarakat di wilayah Tretes sebagian besar bercorak kebudayaan Jawa. Kesenian kawasan yang sering dipentaskan di Tretes yakni Bantengan. Sebuah atraksi di mana para pemain biasanya akan menjadi kesurupan. Biasanya Bantengan ini ditampilkan dalam program iring-iringan atau hajatan.

Tidak banyak sejarah kawasan wisata Pasuruan ini yang mampu diketahui. Salah satu kawasan yang menjadi saksi bisu sejarah adalah adanya makam kuno di Gang Kramat. Setiap menjelang selesai tahun biasanya diadakan program Sedekah Desa yang biasanya dipusatkan di punden Pesanggrahan.

Alamat: Jalan Raya Trawas, Dusun Sumber Wekas, Desa Lumbangrejo, Prigen, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Hutan Mangrove Nguling

Keberadaan tempat wisata Pasuruan berupa Hutan Mangrove ini berawal dari kepedulian seorang warga pesisir timur yang bernama Pak Mukarim
Hutan Mangrove Nguling. Image via: wisatasia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Wonogiri

Keberadaan daerah wisata Pasuruan berupa Hutan Mangrove ini berawal dari kepedulian seorang warga pesisir timur yang berjulukan Pak Mukarim. Pada tahun 1982 Pak Mukarim berinisiatif untuk menanam, pohon bakau di sepanjang bibir pantai desanya, hingga terciptanya sabuk hijau seluas 175 hektar.

Kurang lebih 123 jenis tumbuhan bakau yang ditanam di hutan mangrove ini, diantaranya Rhyzapora Mucronata, Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata, Alasina Marina. dan yang paling menarik kawasan ini menjadi percontohan hutan-hutan mangrove di seluruh indonesia.

Fauna hutan mangrove Nguling ada empat belas spesies yang terdiri dari bandeng, belanak, glodok, keong, tiram, kerang hijau, kadal, biawak, ular, burung kuntul putih, kepting bakau, udang putih, rajungan, dan capung.

Banyak sekali keindahan yang dapat diabadikan bagi pengunjung yang berlibur ke tempat wisata ini. Misalnya berfoto dengan beckground lautan bebas yang berwarna biru atau dengan background hutan bakau yang berwarna hijau.

Selain pengunjung domestik, banyak juga tamu-tamu dari luar negeri berkunjung ke hutan mangrove daerah wisata Pasuruan ini untuk mencar ilmu. Mereka diantaranya berasal dari Jepang, Norwegia, daerah Britania Raya (Inggris dan Scotlandia), Malaysia, Australian dan beberapa negara lainnya.

Alamat: Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Masjid Cheng Ho

Tempat wisata Pasuruan, Masjid Chen Ho dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter persegi, dengan luas bangunan masjid 550 meter persegi
Masjid Cheng Ho. Image via: travel.detik.com

Tempat wisata Pasuruan, Masjid Chen Ho dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter persegi, dengan luas bangunan masjid 550 meter persegi. Masjid ini mempunyai dua lantai. Lantai bawah untuk ruang pertemuan dan lantai atas khusus untuk sholat.

Arsitektur bangunan masjid yang seperti rumah peribadatan Khing Hu Chu terlihat unik dan artistik. Memadukan unsur-unsur budaya Islam, Jawa dan Tiongkok. Masjid dicat dengan sentuhan warna-warna cerah mirip warna jelas hijau, kuning, dan merah.

Interior Mesjid juga mempunyai motif dan ornamen yang merupakan perpaduan dari tiga unsur Islam, Jawa dan Tiongkok. Perpaduan tersebut diaplikasikan pada Langit-langit yang menjulang tinggi mengikuti bentuk struktur atap yang ditunjang tiang-tiang yang dicat kuning keemasan.

Dari luar, bagian atap Masjid kawasan wisata Pasuruan tersebut menampakkan gaya arsitektur khas bangunan menara di Tiongkok yang berlapis-lapis. Cat hijau muda di genting dan warna merah pada setiap tepian atap serta warna emas di puncaknya menimbulkan bangunan terlihat mencolok dan atraktif. Sebagai kawasan persinggahan, Masjid Cheng Ho Pandaan ini menjadi pilihan yang tepat. Karena selain mampu memanfaatkan fungsi utamanya sebagai kawasan sholat yang bersih, pengunjung juga mampu menikmati keramaian di sekitarnya dan pemandangan alam pegunungan sebagai latar belakangnya..

Alamat: Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

  1. The Pines Taman Dayu

Tempat wisata Pasuruan Rumah Pohon The Pines Taman Dayu Pandaan merupakan konsep rumah kayu yang sangat menyatu dengan alam.
The Pines Taman Dayu Image via: indonesia-tourism.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Ambarawa

Rumah Pohon Taman Dayu adalah rumah pohon yang benar-benar rumah di atas pohon. Tempat wisata Pasuruan Rumah Pohon The Pines Taman Dayu Pandaan merupakan konsep rumah kayu yang sangat menyatu dengan alam.

Rumah pohon di tempat wisata Pasuruan ini, berada di ketinggian sekitar 3 m di atas pohon pinus. Rumah pohon di sini ialah rumah kayu yang berdiri di atas pohon pinus pilihan ialah pohon pinus yang umurnya sudah renta dan sangat berpengaruh. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir soal keamanan.

Ada beberapa rumah pohon yang disediakan dengan ukuran yang berbeda dengan kapasitas 6 orang maksimal 8 orang. Terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Luasnya sekitar 6 x 4 m, berlantai kayu dan ada sebuah panggung kayu yang digunakan untuk duduk dan tidur.

Di dalam rumah pohon di tengah hutan pinus ini hanya sebuah ruangan dengan bantal dan matras di dalamnya. Menginap di rumah pohon Taman Dayu ini yaitu pengalaman menginap di tengah hutan. Jika ingin ke kamar kecil, harus turun dan ke toilet umum yang menjadi satu dengan rumah pohon lain.

Alamat: Bulukandang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Saygon Waterpark

Area bermain di tempat wisata Pasuruan ini cocok untuk bersantai.
Saygon Waterpark. Image via: wisata-tanahair.com

Tempat wisata pasuruan, Saygon Waterpark mempunyai wahana permainan seperti kolam arus, kolam ombak dan water slide bahkan wahana simulasi Pesawat Boeing 737 seri 400 bisa ditemui. Tidak ketinggalan bermacam-macam permainan air lainnya.

seperti kebanyakan waterpark yang ada, Saygon juga tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan wahana water slide. Meluncur dengan kecepatan tinggi di tube yang terbuka maupun tertutup pasti akan menambah keceriaan bermain bersama keluarga.

Kalau mau bermain dengan ombak tidak perlu repot ke pantai. Karena di sini pengunjung mampu menikmati kolam ombak dengan simulasi ombak buatan seperti dilaut tanpa taku tenggelam tentunya.

Yang paling menarik di Waterpark ini tentu wahana yang satu ini. Pengunjung mampu mencicipi pribadi pengalaman demo naik pesawat mirip aslinya. Dan lebih seru lagi sebab disediakan juga Cockpit dengan simulasi film 3D.

Ada juga kolam Arus. Area bermain di daerah wisata Pasuruan ini cocok untuk bersantai. Wahana yang ibarat sungai berarus ini akan membawa pengunjung mengitari banyak sekali wahana di Saygon Pasuruan.

Alamat: Sengon, Desa, Pucangsari,,Purwosari ,Pasuruan ,Jawa Timur

Tiket: 35.000

Jam Buka: 09.00-17.00

  1. Bromo Forest Area

Tempat wisata Pasuruan ini ada di lereng Gunung Bromo. Lokasi pegunungan ini, menyuguhkan panorama alam yang mampu memanjakan mata.
Bromo Forest Area. Image via: tempatpopuler.com

Simak juga: 11 daerah wisata Ubud Bali

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam dengan sensasi pegunungan dan cuaca yang cukup acuh taacuh, mampu tiba ke Bromo Forest Area. Tempat wisata Pasuruan ini ada di lereng Gunung Bromo. Lokasi pegunungan ini, menyuguhkan panorama alam yang mampu memanjakan mata.

Spot wisata kekinian tersebut juga menjadi kawasan menarik untuk acara outdoor mirip outing dan sebagainya. Pasalnya, pengelola   menyediakan aneka macam wahana yang patut dicoba. Ada Pinus Swing, Air Bike dan Sky Bridge. Yang tak kalah menariknya yaitu Air Ballon yang disediakan khusus bagi para pecinta foto selfie.

Penataan taman hutan ini memang maksimal. Deretan tangga dengan tumbuhan bunga di kedua sisinya membuat Bromo Forest Area semakin cantik. Apa lagi, ada Forest Cafe. Pengunjung yang lelah setelah memutari area hutan mampu beristirahat sambil menikmati beragam camilan khas Pasuruan yang tersedia.

Untuk tiba ke lokasi daerah wisata PAsuruan ini, pengunjung bisa datang bersama keluarga menuju Kecamatan Tosari. Sebelum masuk Tosari, akan ditemui lokasi Bromo Forest tersebut. Untuk dikala ini, belum tersedia angkutan umum, hanya saja para pengunjung bisa bawa kendaraan beroda empat eksklusif.

Alamat:  Area Hutan, Baledono, Tosari, Pasuruan, Jawa TImur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Kebun Pak Budi

Suasana pedesaan yang asri akan menyambut pengunjung begitu memasuki kawasan tempat wisata Pasuruan, Kebun Pak Budi
Kebun Pak Budi. Image via: nyero.id

Suasana pedesaan yang asri akan menyambut pengunjung begitu memasuki kawasan tempat wisata Pasuruan, Kebun Pak Budi. Sejauh mata memandang, banyak sekali tanaman hijau tersaji dengan indahnya. Dari flora hidroponik sampai mini sawah, tersaji semua di sini.

Kebun Pak Budi berorientasi pada pendidikan lingkungan dan teknologi terbarukan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia konservasi satwa. Dan tetap tidak meninggalkan fungsi rekreasi dari objek wisata itu sendiri.

Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di sini ialah seputar perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan. Ada aktivitas bercocok tanam, dari menanam sampai proses panen. Begitu juga pada aktivitas peternakan, dari perawatan hewan sampai mengambil hasil dari hewan.

Kebun Pak Budi menyediakan sawah untuk edukasi bercocok tanam. Sawah ini tidak terlalu luas, namun cukup untuk kegiatan pembelajaran. Ditambah lagi, sawah juga dilengkapi dengan orang-orangan sawah yang siap menakuti burung.

Jika ingin berguru beternak, pengunjung kawasan wisata PAsuruan ini mampu mendatangi peternakan sapi. Di sini, akan dijelaskan mengenai cara perawatan sapi, sampai memanen hasil dari sapi. Bisa berupa susu bagi sapi perah, ataupun daging bagi sapi pedaging.

Alamat: Sekar Mojo,Purwosari,Pasururan,Jawa Timur

Tiket: 35.000

Jam Buka: 09.00-17.00

  1. Saygon Night Park

Saygon menarik perhatian dengan membuat tempat wisata pasuruan baru bernama Saygon Night Park.
Saygon Night Park. Image via: radarmalang.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Probolinggo

Masih di kawasan yang sama, rupanya Saygon masih tak puas dengan wahana air yang menarik untuk keluarga. Saygon kembali menarik perhatian dengan membuat tempat wisata pasuruan baru berjulukan Saygon Night Park. Wahana wisata keluarga yang buka di malam hari.

Saygon Night Park sendiri adalah wahana wisata yang buka pada malam hari dan terletak di tempat Sengon Purwasari kota Pasuruan, wahana wisata ini hampir sama dengan wahana wisata yang buka pada malam hari lainnya, misalnya saja Batu Night Spektakuler yang sudah sangat terkenal.

Puluhan wahana menarik mampu dimainkan di Night Park Saygon. Wahana mirip Simulasi Penerbangan Pesawat, Bioskop 6 Dimensi, Flying Fox, Bumper Car dan bahkan Trampolin terbesar di Jawa Timur mampu dicoba di sini.

Untuk bisa mencoba banyak sekali wahana seru, pengunjung tempat wisata Pasuruan ini diwajibkan memiliki tiket masuk atau tiket akses. Anak-anak tinggi tubuh dibawah 90 Cm Gratis berlaku hanya untuk TIKET MASUK. Tiket Terusan sudah termasuk Tiket Masuk dan Gratis bermain semua Wahana.

Alamat: Sengon, Purwosari Pucanganom, Pucangsari,Purwosari,Pasuruan,Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 16.00-22.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni