11 Tempat Wisata Pati, Keindahan Alam Di Antara Indahnya Gemulai Penari Ketoprak

Sedang mencari tempat wisata Pati Jawa Tengah yang layak dikunjungi? Sebenarnya ada puluhan jawaban untuk pertanyaan tu. Namun berikut ini kami kemukakan 11 diantaranya yang kiranya dipandang paling terkenal.

tempat wisata Pati beraneka ragam, ada yang wisata dataran rendah dan ada juga wisata dataran tinggi. ini sesuai dengan kondisi geografis Pati.
Tempat Wisata Pati. Image via: wisatapro.com

Sekilas Soal Pati

Kabupaten Pati Jawa Tengah berada di antara daratan rendah dan pegunungan, serta pesisir pantai bahari Jawa. Secara geografi kota Pati terletak di daratan rendah Jawa Tengah. Kawasan strategis di jalur sibuk lintas pantura jurusan Surabaya, Semarang, Jakarta.

Kabupaten Pati mempunyai aneka souvenir khas untuk oleh oleh seperti kerajinan kuningan untuk asesoris rumah.  Ada juga pilihan berupa kain Batik Bakaran, Bandeng Presto, Trasi Juwana, dan Garam Juana biasanya di produksi oleh semacam home industri.

Kesenian Ktoprak merupakan kesenian kebangaan Pati. Ada Sekitar 10 lebih rombongan Ketoprak yang aktif dan pentas secara reguler di Pati. Salah satu grup kethoprak papan atas yang ketika ini masih setia menemui penggemarnya yakni “ Siswo Budayo “ dari desa Growong Lor. Kethoprak dengan pimpinan Anom ini ada semenjak tahun 1989.

Jalur melewati Kota Pati ada dua: dalam kota dan jalur lingkar Pati. Kendaraan umum dan besar melalui jalan lingkar Pati. Sementara kendaraan eksklusif mampu menentukan antara jalan dalam kota yang cukup sempit atau jalur lingkar.

11 Tempat Wisata Pati

  1. Puncak Arga Pesona

Di tempat wisata Pati ini pengunjung tidak hanya bisa melihat hamparan daratan kabupaten Pati. Namun juga bisa melihat dengan jelas hamparan kabupaten Grobogan
Puncak Arga Pesona. Image via: seringjalan.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Sumba

Di tempat wisata Pati ini pengunjung tidak hanya mampu melihat hamparan daratan kabupaten Pati. Namun juga bisa melihat dengan terperinci hamparan kabupaten Grobogan. Di sebelah utara pandangan, terlihat hamparan kabupaten Pati hingga Kudus. Terlihat pula dengan begitu gagahnya Gunung Muria dan perbukitan di bawahnya.

Jika anda memandang ke selatan maka anda mampu melihat hamparan kabupaten Grobogan. Terlihat pula jejeran pegunungan di selatan Grobogan dan Blora. Jika cuaca mendukung, pengunjung bisa melihat Gunung Lawu. Sebelah barat, terlihat pula barisan perbukitan di area Semarang hingga Gunung Ungaran. Bahkan ketika gunung Merapi meletus, terlihat pula dari kawasan ini.

Terdapat banyak spot untuk berfoto di kawasan wisata Pati ini. Diantaranya yang begitu digemari oleh pengunjung ialah miniatur bahtera di bab tebih puncak tranggulasi. Sebuah perahu kecil dari bambu yang mampu menjadi daerah melihat panorama keindahan di sebelah selatan dan barat.

Ada pula spot-spot mirip rumah pohon, dan puncak Arga Pesona. Dimana ada susunan batu yang kokoh dengan ditumbuhi pohon-pohon besar. Di tempat wisata Pati ini pengunjung mampu mencicipi sepoi angin yang tak henti-hentinya menerpa anda.

Lokasi: Desa Beketel kecamatan Kayen kabupaten Pati, jawa Tengah

tiket: 5.000

Jam Buka: 05.00-17.30

  1. Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan adalah tempat wisata Pati berupa air terjun setinggi 75 meter. Meskipun airnya kurang jernih dan bagian bawah air terjun kurang nyaman untuk mandi dan bermain air
Air Terjun Tadah Hujan. Image via: nyero.id

Air Terjun Tadah Hujan adalah tempat wisata Pati berupa air terjun setinggi 75 meter. Meskipun airnya kurang jernih dan bab bawah teladas kurang nyaman untuk mandi dan bermain air, tetapi lokasinya yang diapit oleh tebing di kanan kirinya menimbulkan suasana yang tenang dan romantis.

Tidak jauh dari air terjun, tepatnya di sebelah barat kawasan wisata Pati ini, juga ada kolam kecil yang dibentuk warga dengan air yang lebih jernih. Di Wisata Air Terjun Tadah Hujan ini anda mampu berenang dan mandi.

Air Terjun Tadah Hujan memiliki lingkungan yang masih cukup asri dengan pohon-pohon besar yang tumbuh subur menjadikannya payung alami yang menciptakan daerah sekitar menjadi teduh.

Air Terjun Tadah Hujan mengalirkan air sepanjang tahun meski demam isu kemarau. Karena kelimpahan airnya tersebut lalu warga sekitar mengandalkannya sebagai pemasok air bersih. Pipa-pipapun dibangun untuk mengalirkan air ke desa-desa.

Lokasi: Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati Jawa Tengah

Tiket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Bukit Pandang Santa Mulyo Kayen

Di tempat wisata Pati ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan satu panorama keindahan Pegunungan Kendeng yang mempesona.
Bukit Pandang Kayen. Image via: berkeliling.com

Simak juga: 11 daerah wisata Banjarnegara

Di kawasan wisata Pati ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan satu panorama keindahan Pegunungan Kendeng yang mempesona. Dari jalan, pengunjung naik sekitar 100 meter dengan pemandangan hutan jati di kanan kiri, ikuti sampai ke puncak.

Di puncak bukit daerah wisata Pati ini, terdapat sejumlah spot menarik untuk foto-foto selfie. Mulai dari spot I Love U, rumah pohon, gazebo-gazeno menarik. Ada juga spot berupa watu menjorok yang katanya pernah jadi daerah persembunyian macan atau harimau.

Pemandangana lam di tempay wisata Pati ini juga luyar biasa. Di puncak, pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan hijaunya Gunung Kendeng. Juga terhampar daratan Kabupaten Pati dengan cakrawala maritim utara Jawa.

Pengelola disini menceritakan bila nama Ki Santamulya diambil dari seorang tokoh legendaris pada zaman Prabu Angling Dharma. Puncak bukit pandang dijadikan sebagai tempat dalam acara berkomunikasi batin dengan istrinya yang menjalani eksekusi pengasingan di Pulau Seprapat, Juwana, tempat pantai utara Jawa.

Lokasi: Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati Jawa Tengah.

Tiket: –

Jam Buka: 06.00-21.00

  1. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air terjun ini memiliki ketinggian ± 75 m. tempat wisata Pati berupaair terjun ini, bisa dikatakan sebagai air terjun terindah yang ada di jawa Tengah.
Air Terjun Grenjengan Sewu. Image via: theinsta-stalker.com

Air terjun ini mempunyai ketinggian ± 75 m. Tempat wisata Pati berupaair terjun ini, mampu dikatakan sebagai penderasan terindah yang ada di jawa Tengah. Terletak pada ketinggian 600mdpl mengakibatkan tempat ini sejuk dan berhawa hambar di mana airnya tidak akan menyusut meskipun pada isu terkini kemarau.

Pada musim penghujan jeram ini sangat deras dan lebar sehingga di juluki grenjengan seribu (sewu) . Membutuhkan Setidak-tidaknya 20 menit perjalanan kaki untuk mencapai sampai titik simpulan teladas .

Sepanjang jalan menuju daerah wisata Pati ini, pengunjung disuguhi pemandangan alam nan eksotis. Perpaduan antara daerah pegunungan dan areal persawahan yang berundak-undak menawarkan kesan alami kawasan pedesaan.

Beberapa bawah umur desa yang sedang bermain wahana ayunan menggunakan akar tanaman yang menggantung kokoh. Suasana Air Terjun yang masih sepi. Kemungkinan memang belum bisa di kelola oleh pemerintah setempat dengan baik.

Lokasi: Jrahi, Gn. wungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

tiket:3.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Gua Pancur

Tempat wisata Pati ini berada  di lereng Pegunungan Kendheng. Kedalaman gua mencapai 8,27 kilometer, tetapi yang bisa dijelajahi dengan alat seadanya kurang dari satu kilometer.
Gua Pancur. Image via: ticpati.com

Simak juga: 11 daerah wisata Brebes

Gua Pancur adalah sebuah gua besar dan panjang yang di dalamnya dialiri air setinggi orang akil balig cukup akal. Tempat wisata Pati ini berada  di lereng Pegunungan Kendheng. Kedalaman gua mencapai 8,27 kilometer, tetapi yang bisa dijelajahi dengan alat seadanya kurang dari satu kilometer.

Di Gua Pancur terdapat air yang menggenang gaess, menariknya air tersebut tidak pernah surut sama sekali. Dan jikalau menengok kedalam gua, kalian akan melihat sebuah pagar besi yang menutupinya.

Objek wisata Gua Pancur sekarang dilengkapi dengan banyak sekali wahana yang menarik. Salah satunya yaitu danau buatan yang terdapat becak air yang dipakai untuk berkeliling di danau tersebut. Pada danau buatan itu, pengunjung bisa menyewa odong-odong angsa yang mengapung  di danau mini itu.

Untuk pengunjung yang menyayangi suasana alami goa, bisa masuk ke dalam goa. Goa kawasan wisata Pati ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang cukup indah.  Jika masuk ke dalam gua sepanjang 127 meter nanti akan ada air grojokan yang sangat indah.

Lokasi: Jimbaran, Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Tiket: 20.000

Jam Buka: 09.00-18.00

  1. Waduk Seloromo

Waduk tempat wisata Pati ini pertama kali dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930.
Waduk Seloromo. Image via: inipati.id

Waduk Seloromo atau juga disebut Waduk Gembong ialah sebuah waduk yang terletak di kaki Gunung Muria. Waduk daerah wisata Pati ini pertama kali dibentuk oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930.

Danau ini merupakan danau yang ke-2 di buat sehabis GunungRoWo. Di sebelah timur bahari waduk ini juga terdapat Waduk Gunung Rowo. Waduk Seloromo merupakan salah satu kawasan wisata pati yang berjenis wisata air.

Asal-seruan nama Seloromo berasal kata “selo” yang artinya batu atau beberapa literasi berkata daerah duduk , “romo” yang berarti orang renta pria ( bapak ). Menurut dongeng setempat, pada waktu penjajahan, waduk ini dibentuk dengan sistem kerja rodi atau paksa di mana banyak korban gugur berjatuhan.

Karena lokasinya yang menawan, maka waduk daerah wisata Pati ini acapkali dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding. Juga sering digunakan sebagai kawasan camping, atau tempat nongkrong sekedar menghabiskan waktu di sore hari.

Lokasi: kecamatan Gembong kabupaten Pati, provinsi Jawa Tengah

Tiket: –

jam Buka: 24 Jam

  1. Hutan Kota Kalidoro

Suasana tempat wisata Pati berupa taman yang asri dan nyaman. Taman ini menjadi tempat pelepas lelah, juga dapat mengajak keluarga dan anak-anak.
Hutan Kota Kalidoro. Image via: wikipedia.org

Simak juga: 11 daerah wisata Gresik

Suasana kawasan wisata Pati berupa taman yang asri dan nyaman. Taman ini menjadi daerah pelepas lelah, juga mampu mengajak keluarga dan belum dewasa. Lokasi yang berada di pinggir jalan utama kota Pati menimbulkan taman ini tujuan yang tepat untuk istirahat sementara.

Terdapat bebagai macam flora dan pohon pohon. Selain itu juga terdapat aneka mainan bagi anak anak biar dapat bermain di taman dan hutan kota kalidoro ini. Khususnya di dikala pagi dan sore hari. Tempat wisata Pati ini menjadi alternatif jalan-jalan bagi masyarakat Pati, selain alun alun.

Sebagai ruang terbuka di tengah kota pati dan dijadikan taman untuk bermain, bersantai, berolah raga dengan pohon yang rimbun. tempat ini sengaja dikelola untuk kawasan bersantai yang cocok bersama sanak keluarga. Selain itu, banyak dari para pelajar juga yang meramaikan kawasan ini.

Selain menyajikan keindahannya, taman ini juga memiliki nilai kebersihan yang cukup baik. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat mengunjungi taman bermain anak untuk menyenangkan hati mereka. Untuk tempat mengobrol santai, pengunjung bisa menggunakan gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata Pati ini.

Lokasi: Jalan Kembang Joyo, Kutoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Waduk Gunung Rowo

Dengan luas areal mencapai lebih dari 320 hektar, waduk tempat wisata Pati ini mampu menampung air hingga 5,5 juta meter kubik.
Waduk Gunung Rowo. Image via: rakyat.net

Waduk Gunung Rowo di Kabupaten Pati ini merupakan waduk yang dibangun pada era pemerintahan Belanda di tahun 1928. Dengan luas areal mencapai lebih dari 320 hektar, waduk tempat wisata Pati ini bisa menampung air hingga 5,5 juta meter kubik.

Di sisi jalan sepanjang perjalanan menuju Waduk, pengunjung disuguhi pemandangan rumah penduduk berdampingan dengan aneka pepohonan. Ada pohon Jati, rambutan, durian dan pohon sejenisnya. Kawasan Bendungan juga banyak dijumpai buah jeruk bali.

Dari pinggir bendungan, tampak warga yang tengah mencari ikan di pinggir Bendungan. Baik yang telah menjala ikan, atau yang sedang memancing. Warga dari aneka macam kawasan juga tiba untuk menikmati rindangnya alam bendungan ini.

Di atas bukit, ada tulisan I Love Gunung Rowo. Tidak sedikit dari pengunjung yang berswafoto di tulisan itu. Namun tidak sedikit yang mencoba berfoto di mercusuar di sisi danau yang dibangun sejak kolonial Belanda ini.

Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan di kawasan wisata Pati ini ialah menikmati pemandangan mentari terbenam di Pati. Waduk Gunung Rowo jadi spot yang tepat. Suasananya damai dan pemandangannya begitu memanjakan mata.

Lokasi: Area Waduk Gunungrowo, Sitiluhur, Gembong, Pati, Jawa Tengah

Tiket: –

jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Banyutowo

belakangan ini pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata Pati yang ramai dikunjungi.
Pantai Banyutowo. Image via: ksmtour.com

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Pantai Banyutowo dulunya hanya dijadikan daerah untuk berlabuh kapal-kapal nelayan milik warga setempat. Namun belakangan ini pantai ini bermetamorfosis menjadi salah satu daerah wisata Pati yang ramai dikunjungi.

Salah satu keindahan yang ditawarkan Objek Wisata Pantai Banyutowo yakni pesona matahari terbit. Jika ingin menikmati hal ini, harus pergi pagi-pagi sekali sebelum terbit fajar. Pastikan membawa pakaian berlapis-lapis alasannya adalah angin yang berhembus sangat masbodoh sekali.

Pada sore hari, p[engunjung tempat wisata Pati ini juga mampu menikmati sunset. Angin sepoi-sepoi yang menerjang bisa membuat suasana romantis yang lain dari biasanya yang mungkin tidak akan pernah anda dapatkan di tempat lain.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung pantai Banyutowo juga dapat menikmati hasil bahari. Ada banyak jenis ikan yang selalu di tangkap oleh para nelayan setiap hari. Mulai dari tuna, cumi-cumi, kepiting, udang dan lain sebagainya.

Tak banyak pantai di negeri ini yang mampu menyajikan dua keindahan dalam satu tempat. Keindahan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Di tambah lagi, pasir hitamnya begitu lembut. Pantai tempat wisata Pati ini tepat sebagai lokasi wisata.

Lokasi: Dusun Seti, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah.

Tiket: 5.000

jam Buka: 24 Jam

  1. Alun-Alun Simpang Lima

Karena tempatnya yang begitu luas, tak heran jika Alun- Alun Simpang Lima tempat wisata Pati ini sering dijadikan sebagai tempat konser
Alun-Alun Simpang Lima. Image via: radarkata.wordpress.com

Alun-Alun Simpang Lima Pati memiliki keunikan tersendiri sebab masih mempertahankan wujud yang digagas sejak zaman dahulu. Di daerah wisata Pati ini terdapat masjid di sebelah barat nya, yang berjulukan Masjid Agung Baitunnur.

Di bab utara alun-alun terdapat kantor pemerintahan, yang saat ini ialah Kantor Kabupaten Pati, serta pasar di timur. Tempat nongkrong di Pati ini juga terletak di daerah yang sangat strategis sehingga mudah untuk didatangi.

Karena tempatnya yang begitu luas, tak heran jika Alun- Alun Simpang Lima kawasan wisata Pati ini sering dijadikan sebagai daerah konser. Tempat hiburan malam di Pati ini juga semakin terlihat indah ketika hari mulai gelap.

Lampu berwarna warni yang dipasang di sekeliling Alun-Alun menciptakan suasana terasa romantis. Ada banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sana dan dengan bermacam-macam pilihan makanan yang boleh Anda coba. Jadi Anda mampu menikmati malam sambil mencicipi kuliner Pati.

Lokasi: Kecamatan pati, Kabupaten pati, Provinsi awa tengah.

tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Juwana Water Fantasy

Tempat wisata Pati ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang mumpuni. Pengunjung tempat wisata Pati ini akan disambut dengan bangunan khas Eropa.
Juwana Water Fantasy. Image via: banggamenjadiwongpati

Simak juga: 11 kawasan wisata Kudus

Juwana Water Fantasy kabupaten Pati yakni salah satu bukti bagaimana wisata water boom menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi. Baik sendiri maupun bersama dengan keluarga dan orang-orang yang dicintai. Tempat wisata Pati ini dilengkapi dengan berbagai macam kemudahan yang mumpuni.

Pengunjung kawasan wisata Pati ini akan disambut dengan bangunan khas Eropa. Arsitektur ini memang sengaja dibangun untuk menarik wisatawan. Serta, menunjukkan kesan glamor dan megah. Dengan luas wilayah mencapai 5 hektar. Cukup besar juga untuk sebuah water boom.

Yang menarik dari waterboom in dibanding objek sejenis lain, yakni keberadaan lapangan futsal. Fasilitas lapangan futsal ini dikemas secara serius dengan memakai rumput sintetis. Semua fasiitasnya sudah berstandarkan internasional.

Kolam renang yang ditawarkan memiliki berbagai ragam kedalaman. Ada yang tidak terlalu dalam untuk anak-anak. Ada 1 meter dan juga 2 meter untuk orang sampaumur. Cocok untuk pengunjung yang ingin menyelam lebih dalam dan menunjukkan sedikit kemampuannya.

Lokasi: Jl. Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Batangan, Sawah, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Tiket: 30.000

Jam Buka: 08.00-17.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni