11 Tempat Wisata Probolinggo, Menyejukkan Hati Di Bawah Rindang Daun Mangga Dan Anggur

Sebagai tempat wisata favorit, terdapat bermacam-macam alternatif daerah wisata Probolinggo. Probolinggo mempunyai banyak daerah wisata menarik. Mulai dari pantai hingga gunung, semua tampak sama menawannya.

Sebagai daerah wisata favorit, terdapat beragam alternatif tempat wisata Probolinggo. Mulai dari pantai hingga gunung, semua tampak sama menawannya.
Tempat Wisata Probolinggo. Image via: wisatalengkap.com

Sekilas Soal Probolinggo

Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara. Probolinggo merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur. Kota ini menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Hampir semua orang mengenal mangga Probolinggo. Rasanya manis dan segar. Saat musim mangga bulan Mei-Oktober, mangga Probolinggo akan membanjiri pasar sampai ke Jakarta. Di Probolinggo sendiri harganya murah sehingga banyak yang membawanya sebagai buah tangan.

Probolinggo beriklim tropis dengan Curah hujan tertinggi pada umumnya terjadi pada bulan Desember, sedangkan hujan terendah terjadi pada bulan Agustus. Temperatur rata-rata terendah mencapai 26 °C dan tertinggi mencapai 32 °C.

Pada bulan Juli hingga dengan September di Kota Probolinggo terdapat angin kering yang bertiup cukup kencang, dengan kecepatan dapat mencapai 81 km/jam. Angin  bertiup dari arah tenggara ke barat bahari. Angin ini populer dengan sebutan ”Angin Gending” .

Terminal Bayuangga merupakan terminal terbesar di Kota Probolinggo yang memiliki 6 shelter. Terminal ini melayani beberapa armada bus antar kota dalam provinsi. Stasiun Probolinggo merupakan stasiun kereta api kelas I yang dioperasikan oleh Daerah Operasional IX Jember.

11 Tempat Wisata Probolinggo

  1. Gunung Bromo

Gunung tempat wisata Probolinggo ini mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter.
Gunung Bromo. Image via: travelblog.id

Simak: 11 tempat wisata Bantul

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pegunungan ini memiliki lautan pasir dan kawah yang sangat eksotis, serta pemandangan matahari terbit yang indah. Kawasan Bromo terletak pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan bahari.

Bentuk badan Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung daerah wisata Probolinggo ini memiliki sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter.

Salah satu keindahan yang paling menarik dan dirasakan di kawasan wisata Probolinggo ini adalah Matahari terbit. Keindahan tersebut bisa dinikmati pada sebuah tanjakan yang disebut sebagai Puncak Pananjakan.

DI kawasan wisata Probolinggo ini terdapat lokasi yang disebut Bukit Tetubbies. Berupa padang rumput sabana. Di bukit itu mampu menikmati keindahan hamparan bunga-bunga yang cukup luas. Bukit ini menunjukkan pemandangan yang menakjubkan. Ketika siang hari, bukit ini tampak cantik dengan hamparan rumput hijau.

Upacara Kasada merupakan hari raya etika Suku Tengger yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan Jawa. Saat upacara itu, suku Tengger melempar aneka sesajen yang berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak, dan bahkan, uang ke kawah Gunung Bromo.

Alamat: Probolinggo

Tiket: 27.500

Jam Buka: 24 jam

  1. Gunung Argopuro

Di Puncak gunung tempat wisata probolinggo ini, pengunjung bisa mencium bau belerang karena terdiri atas batuan kapur.
Gunung Argopuro. Image via: travelingyuk.com

Gunung Argapura  yaitu sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal berjulukan Puncak Rengganis. Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argopuro.

Gunung Argopuro juga sangat populer sebagai gunung yang memiliki trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa ialah sekitar 40 km. Trek yang panjang ini tentunya membutuhkan waktu pendakian yang tidak singkat dan persiapan yang matang sebelum menetapkan untuk mendaki Gunung Argopuro ini.

Di Puncak gunung daerah wisata probolinggo ini, pengunjung mampu mencium busuk belerang alasannya terdiri atas batuan kapur. Dari puncak ini pengunjung juga mampu menyaksikan savanna, lubang kawah dan lautan awan yang eksotis dari jalur pedakian yang sebelumnya dilewati.

Puncak Rengganis di daerah wisata probolinggo ini memiliki sebuah situs peninggalan periode purbakala. Peninggalan jaman purbakala ini ialah teras atau punden berundak yang terdiri atas 3 kompleks area yang di dalamnya terdapat 5 bekas bangunan.

Alamat: Probolinggo

Tiket: 20.000

Jam Buka:  24 jam

  1. Pantai Bentar

Bila beruntung, pengunjung tempat wisata Probolinggo ini akan dapat melihat rombongan hiu paus di pantai bentar probolinggo
Pantai Bentar. Image via: wisata-nusantara7

Simak juga: 11 daerah wisata Madura

Keindahan pantai kawasan wisata probolinggo ini mampu membius setiap pengiunjung yang tiba dan membutuhkan daerah untuk menghabiskan waktu liburnya. Suguhan tempat ini memang esoktis dengan pesona maritim yang luar biasa. Bahkan, banyak sekali titik spot yang bisa dimanfaatkan.

Sejuknya angin tidak lepas dari banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi. Pepohonan ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena, wisatawan mampu duduk-duduk santai dan menikmati segala potensi yang ada disini.

Pantai Bentar Probolinggo mempunyai banyak wahana permainan. Tempat ini mampu dibilang sebagai surganya keluarga dalam berwisata. Keberadaan Permainan ini salah satu alasan mengapa banyak sekali pengunjung tiba ke kawasan ini.

Salah satu akomodasi pantai bentar ialah jembatan kayu yang memiliki pesona. Jembatan ini membentang panjang dengan sebuah gazebo yang dibentuk dari serabut kelapa. Gazebo ini memang dibangun, supaya pengunjung yang tiba kesini mampu menikmati indahnya pemandangan probolinggo.

Bila beruntung, pengunjung tempat wisata Probolinggo ini akan mampu melihat rombongan hiu paus di pantai bentar probolinggo. Rombongan ini memang terkadang terlihat sehingga, menambah daya pikat daerah pantai bentar.

Alamat: Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Kec. Gending, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 4.000

Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Pulau Gili Ketapang

Pengunjung tempat wisata Probolinggo ini dapat menggunakan kapal motor kecil untuk sampai kesana.
Pulau Gili Ketapang. Image via: giliketapangadventure.com

Pulau Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak 5 Mil di tengah bahari dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Pengunjung kawasan wisata Probolinggo ini dapat memakai kapal motor kecil untuk hingga kesana.

Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, di lengkapi dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air maritim yang nampak biru, serta warga setempat yang ramah membuat suasana Wisata pulau Gili Ketapang terasa sangat tenang dan menyenangkan.

Karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini sangat sepi, alias belum banyak pengunjung yang singgah. Mayoritas penduduk yang menghuni pulau ini sebagian besar yakni keturunan Madura yang berprofesi sebagai nelayan.

Menurut legenda setempat, pulau daerah wisata Probolinggo ini dulunya menyatu dengan daratan Pulau Jawa. Kemudian secara gaib bergerak lamban ke tengah laut, alasannya adalah gempa yang dahsyat akibat letusan Gunung Semeru. Nama Gili Ketapang berasal dari bahasa Madura, gili yang artinya mengalir, dan Ketapang merupakan nama asal desa tersebut.

Alamat: Ketapang, Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 90.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun madakaripura adalah tempat wisata Probolinggo berupa air terjun, yang memiliki pesona magis yang begitu kuat
Air Terjun Madakaripura. Image via: kumparan.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Karanganyar

Air terjun madakaripura yaitu daerah wisata Probolinggo berupa teladas, yang memiliki pesona magis yang begitu berpengaruh. Pesona ini membuat siapa pun merasa ingin tau dan ingin mengunjungi kawasan ini.

Menurut kisah warga sekitar, patih gajah mada menghabiskan sisa hidupnya di daerah wisata Probolinggo ini. Bahkan, sampai patih itu meninggal. Dia tetap berada disini untuk merenungi apa yang telah dilakukannya.

Air terjun madakaripura mempunyai ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. dengan ketinggian ini, menciptakan suasana di sekitar riam begitu sejuk dan teduh. Siapa pun akan terhipnotis dengan nuansa yang berbeda dari jeram yang lainnya.

Air terjun ini turun dengan bentuk acuan anutan radial sentrifugal. Artinya, satu titik yang menyebar. Jadi, jika kita lihat lebih dalam, penderasan ini akan menyebar. Sehingga seperti air hujan. Mengesankan sekali memang. Apalagi, ketika matahari mencoba menyinari kawanan air hujan ini.

Di sekitar air terjun terdapat sebuah pemandangan hijau yang menawan. Pemandangan hijau ini ada karena banyaknya air yang turun dari atas ke bawah. Sungguh, tempat yang mungkin cocok dijadikan sebagai kawasan untuk mengambil foto dan gambar.

Alamat: Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 08.00-19.00

Jam Buka: 5.000

  1. Air Terjun Umbulan

Kawasan tempat wisata Probolinggo, air terjun Umbulan ini, relatif belum tersentuh. Keelokan alamnya yang begitu natural, mampu memanjakan pengunjungnya
Air Terjun Umbulan. Image via: viva.co.id

Air Terjun Umbulan termasuk primadona di Probolinggo. Lokasinya akrab dengan Madakaripura atau berjarak 15 menit perjalanan. Meski begitu, jalurnya tidak gampang ditempuh. Butuh tenaga ekstra dan pastinya semangat yang menggelora. Rasa lelah akan terbayarkan begitu kau hingga di wisata yang masuk dalam tempat Desa Sukapura ini.

Kawasan kawasan wisata Probolinggo, penderasan Umbulan ini, relatif belum tersentuh. Keelokan alamnya yang begitu natural, bisa memanjakan pengunjungnya. Untuk sekedar bersantai sembari menikmati gemericik air.

Daya tarik utama wisata umbulan terletak pada komposisi batuannya. Sangat alami, seolah masuk ke zaman purbakala saat berada di areal wisata ini. Sebelumnya, lokasi ini dipakai oleh PDAM untuk mengambil air bagi warga di bawahnya.

Daya tarik jeram umbulan tak kalah dengan Madakaripura. Lokasinya yang lebih erat, suasananya yang masih alami, merupakan nilai lebih. Sementara penderasan Madakaripura, walaupun manis tapi agak sulit untuk dijangkau.

Pengelolaan daerah wisata probolinggo teladas umbulan memang tengah dirintis. Guna mendukung acara tersebut, dibentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) di masing-masing desa.

Alamat: Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Danau Ronggojalu

Di sekitar Danau tempat wisata Probolinggo ini dilengkapi dengan gazebo untuk duduk duduk santai,
Danau Ronggojalu. Image via: pesonajatim.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Kaliurang

Danau Ronggojalu Probolinggo yakni sebuah wisata danau yang mempunyai panorama alam yang sangat indah. Selain sebagai daerah wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air higienis yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan industri setempat.

Nama Ronggojalu diambil dari dongeng Ki Ronggo dan Ki Jalu. Konon, pada zaman dahulu, Ki Ronggo dan Ki Jalu yang sesungguhnya masih bersaudara terlibat perebutan kekuasaan. Pertengkaran mereka karenanya ditengahi oleh seorang pertapa.

Pada tepi danau tempat wisata Probolinggo tersebut, terdapat dua buah makam berwarna oranye. Makam yang mempunyai pagar hampir roboh itu sempurna berada di bawah pohon rindang dan diyakini sebagai makam Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Selain panorama yang mempesona dan suasana di lokasi yang sangat sejuk, di Danau Ronggojalu Probolinggo juga terdapat banyak sekali wahana dan banyak sekali fasilitas yang memadai. Salah satu wahana paling favorit di danau Ronggojalu yaitu bak renang.

Di sekitar Danau kawasan wisata Probolinggo ini dilengkapi dengan gazebo untuk duduk duduk kalem, dan warung warung yang menjual jajanan khas Probolinggo.

Alamat: Tegalsiwalan, Leces, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 5.000

Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Danau Ranu Agung

Danau tempat wisata Probolinggo ini menjadi habitat ikan mujair.
Danau Agung. Image via: play303news.com

Danau Ranu Agung mempunyai kedalaman kurang lebih 40 meter. Danau daerah wisata Probolinggo ini menjadi habitat ikan mujair. Sehingga jangan heran jika pengunjung banyak melihat ikan mujair yang berenang dalam Danau Ranu Agung.

Danau Ranu Agung sangat cocok untuk liburan bersama keluarga teman dan pasangan atau pacar karena selain danau ranu agung memilki cuaca yang sejuk dan juga memilki view pegunungan yang snagat indah.

Danau yang juga dijuluki Ranu Tebing ini asal-usulnya adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari Gunung Lamongan yang masih aktif. Namun seiring berjalannya waktu, gunung tersebut sudah tak aktif lagi dan berubah menjadi sebuah danau yang indah dengan pemandangan eksotis.

Salah satu pemandangan yang mencuri perhatian di daerah wisata probolinggo ini, yakni adanya dinding bebatuan sepanjang 70 meter yang membentang di sepanjang Ranu Agung. Pemandangan tak biasa itulah yang menyedot banyak perhatian wisatawan untuk datang ke Ranu Agung.

Pengunjung juga bisa mencoba sensasi naik ayunan bambu dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Ranu Agung.  Bagi pengunjung yang ingin sekadar duduk-duduk sembari berfoto ria juga sudah disediakan akomodasi berupa kawasan duduk untuk menunjang kenyamanan.

Alamat: Ranu Agung, Tiris, Krajan, Andungsari, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

BJBR termasuk salah satu tempat wisata probolinggo favorit.
Wisata Mangrove BJBR Probolinggo. Image via: hargawisataterbaru

Simak juga: wisata Floating Market Lembang

Wisata BJBR Probolinggo atau yang juga dikenal dengan sebutan Mangrove Beejay Bakau Resort yakni sebuah wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang terletak di pesisir pantai. BJBR termasuk salah satu kawasan wisata probolinggo favorit.

Hutan bakau muara kali Banger ini pada mulanya yakni sebuah daerah kumuh yang dipenuhi dengan sampah. Berkat 3 cowok brilian, kawasan ini disulap menjadi sebuah daerah wisata yang eksotis. Apresiasi besar terhadap ketiga sosok tersebut karena telah mengubah sesuatu negatif menjadi sesuatu yang bernilai.

Pengunjung tempat wisata Probolinggo ini mampu berjalan jalan mengelilingi hutan mangrove melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasana yang ada membuat pengunjung betah untuk berlama lama ditambah dengan semilir angin yang sangat sejuk. Juga terdapat bangku kursi kecil disetiap sudut belokan yang dapat dipakai untuk bersantai.

BJBR Probolinggo sangat bagus untuk dijadikan objek Fotografi. Keindahan pohon mangrove yang disertai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu, sangat pas untuk di jadikan latar belakang foto pra-wedding atau sekedar foto selfie bersama dengan pasangan.

Alamat: Pelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Mangunharjo, Mayangan, Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka:08.00-22.00

  1. Museum Probolinggo

Pengunjung museum tempat wisata Probolinggo ini disuguhi dengan beragam patung replika yang merupakan benda-benda peninggalan sejarah
Museum Probolinggo. Image via: 1000wisata

Gedung Panti Budaya sebagai gedung yang akil balig cukup akal ini dijadikan sebagai Museum Probolinggo telah menjadi ikon pariwisata di Kota Probolinggo. Sebagai sentra sejarah dan budaya, museum Probolinggo memegang peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran bagi para wisatawan.

Museum ini mempunyai arsitektur bangunan yang khas peninggalan Belanda mengakibatkan Museum ini sangat kental dengan suasana era lampau. Bangunan Museum ini dulunya merupakan sebuah Gedung Societiet Gebow Harmony yang difungsikan sebagai Ballroom (Kamar Bola).

Pengunjung museum tempat wisata Probolinggo ini disuguhi dengan bermacam-macam patung replika yang merupakan benda-benda peninggalan sejarah. Beberapa patung tersebut berbentuk replika patung Ganesha, Maha Surya, Bima, nandi, Dwarapala dan Arjuna Wiwaha.

Apabila menyusuri ruangan demi ruangan, anda akan menerima berbagai isu dan mampu melihat gambar-gambar Probolinggo tempo dulu. Ada juga sebuah gambar lengkap dengan info mengenai sejarah Pemerintahan Probolinggo ( Gemeente  ) dari jaman Belanda .

Selain itu di tempat wisata probolinggo ini juga dipamerkan sebuah replika patung wanita membatik yang dilengkapi dengan kain Batik Manggur, Batik Khas Probolinggo Juga dipamerkan transportasi modern mirip vespa dan pakaian-pakaian yang biasa dikenakan oleh masyarakat Probolinggo pada dikala ini.

Alamat: Jl. Suroyo No.25, Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: Selasa-Minggu. 08.00-22.00

  1. Candi Jabung

Material bangunan candi tempat wisata probolinggo ini berupa batu bata merah berkualitas tinggi
Candi Jabung. Image via: @khoirulsetiaku 

Simak juga: 11 tempat wisata Belitung

Berlokasi di Probolinggo, terdapat Candi Jabung yang berwarna merah. Diketahui, candi ini merupakan peninggalan Majapahit yang masih tersisa. Menurut sejarah, Candi Jabung dibangun pada tahun 1354 Masehi, tepatnya pada kala kebesaran Kerajaan Majapahit.

Material bangunan candi kawasan wisata probolinggo ini berupa kerikil bata merah berkualitas tinggi. Yang lalu diukir dalam bentuk relief. Struktur bangunan candi yang hanya dari bata merah ini bisa bertahan ratusan tahun.

Candi utama ini terbuat dari batu merah dengan ukuran panjang 13,11 meter, lebar 9,58 meter dan tinggi 15,58 meter. Ditinjau dari sudut arsitektur Candi Jabung sangat menarik, alasannya adalah bab tubuhnya berbentuk bundar . Berdiri di atas bagian kaki Candi bertingkat tiga berbentuk persegi.

Bagian atap candi kawasan wisata Probolinggo ini berbentuk stupa. Letak pintu bilik Candi berada disebelah barat, maka Candi Jabung menghadap ke barat.

Di sebelah Barat Daya halaman candi utama terdapat bangunan candi yang lebih kecil. Fungsinya sebagai embel-embel bangunan induk Candi Jabung. Candi ini juga terbuat dari bahan kerikil bata merah. Bangunan candi tersebut berukuran tiap-tiap sisi 2.55 meter dan tinggi 6 meter

Di sekitar Candi Jabung banyak sekali dijumpai pohon Maja dengan buahnya yang berwarna hijau, berukuran sebesar melon, dan rasanya yang pahit. Kaprikornus teringat asal-undangan dan arti nama Majapahit, ialah buah Maja yang pahit.

Alamat: Dusun Candi, Jabung Candi, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur

Tiket: Gratis

Jam Buka: 06.00-18.00

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni