11 Tempat Wisata Tretes, Tempat Sejuk Yang Populer Semenjak Zaman Pra-Kemerdekaan

Sejam periode sebelum kemerdekaan, tempat wisata Tretes suah populer sebagai lokasi peristirahatan Favorit. Tretes dikenal sebagai daerah peristirahatan penduduk Surabaya sebab kesejukan dan keindahan alamnya.

Sejam masa sebelum ekemrdekaan, tempat wisata Tretes suah populer sebagai lokasi peristirahatan Favorit
Tempat Wisata Tretes. Image via: jatim.tribunnews.com

Sekilas Soal Tretes

Tretes yakni sebuah tempat wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Terletak 60 km sebelah selatan Surabaya, Wilayah Tretes berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang.

Kata Tretes berasal dari kata air yang menetes berbunyi tes tes tes. Hal ini merujuk pada sumber air yang menetes di celah–celah dinding batu di daerah Dong Biru. Sejak periode kolonial  wilayah Tretes dikenal sebagai daerah peristirahatan.

Kebudayaan masyarakat di wilayah Tretes sebagian besar bercorak kebudayaan Jawa. Kesenian daerah yang sering dipentaskan di Tretes ialah Bantengan, sebuah atraksi di mana para pemain biasanya akan menjadi kesurupan. Biasanya Bantengan ini ditampilkan dalam program iring-iringan atau hajatan.

Menuju ke tempat kawasan wisata tretes bisa memakai Bus di Terminal Bus Pasuruan. Dari Terminal Bus Pasuruan bisa melanjutkan ke Prigen dengan memakai angkutan kecil. Mobil Pribadi, juga mampu dipilih. Pengunjung bisa menentukan jalur sesuai dengan cita-cita dan kondisi jalan pada waktu tersebut, jalur selatan atau jalur utara.

11 Tempat Wisata Tretes

  1. Candi Jawi

Di antara ratusan candi yang ditemukan di kompleks tempat wisata Tretes ini, Candi Jawi merupakan candi yang diketahui namanya
Candi Jawi. Image via: bobo.grid.id

Simak juga: 11 kawasan wisata Kendari

Di antara ratusan candi yang ditemukan di kompleks tempat wisata Tretes ini, Candi Jawi merupakan candi yang diketahui namanya. Dalam kitab Nagarakretagama, candi ini disebut  Jawajawa atau Jajawi. Dari Jajawi, nama tersebut lalu bermetamorfosis Jawi.

Candi ini tampak belang. Bagian kaki dan selasar memakai batuan berwarna gelap. Sedangkan bab badan candi memakai batu putih. Para mahir menduga, tak usang sesudah disambar petir, Candi Jawi dibangun kembali menggunakan batu putih.

Candi Jawi menempati lahan yang cukup luas, sekitar 40 x 60 m2, yang dikelilingi oleh pagar bata setinggi 2 m. Bangunan candi dikelilingi oleh parit yang ketika ini dihiasi oleh bunga teratai. Ketinggian candi ini sekitar 24,5 meter dengan panjang 14,2 m dan lebar 9,5 m. Bentuknya tinggi ramping seperti Candi Prambanan dengan atap yang bentuknya merupakan paduan antara stupa dan kubus bersusun yang meruncing pada puncaknya.

Posisi Candi Jawi tempat wisata Tretes ini yang menghadap ke timur menguatkan dugaan bahwa candi ini bukan kawasan pemujaan, karena candi untuk peribadatan umumnya menghadap ke arah gunung, daerah bersemayam kepada Dewa.

Lokasi:  Area Tretes, Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: 3.000

Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Air terjun Kakek Bodo

tempat wisata Tretes ini juga menyediakan taman yang pas untuk selfie. Selain itu, pemandangan sekitar memang aduhai.
Air terjun Kakek Bodo. Image via: nativeindonesia.com

Pegunjung akansangat menikmati berwisata di penderasan yang memiliki tinggi 40 meter. Berada di 850 mdpl, membuat siapa pun pasti akan terpesona dan terbuai oleh nuansanya. Uniknya objek wisata ini memiliki 3 pintu masuk sekaligus.

Selain kawasan air, kawasan wisata Tretes ini juga menyediakan taman yang pas untuk selfie. Selain itu, pemandangan sekitar memang aduhai. Pepohonan yang menjulang tinggi, serta kicauan burung yang bernyanyi, menambah eloknya pemandangan di Lereng Gunung Arjuna ini.

Air terjun ini bersumber dari sungai kaligetik yang terus mengalir sepanjang animo. Kaprikornus, tidak perlu takut kehabisan air jikalau datang ke daerah ini waktu demam isu kemarau. Hanya saja, debitnya yang tidak terlalu banyak. Berbeda bila, sahabat native tiba ketika isu terkini penghujan yang sangat melimpah.

Di kawasan tempat wisata Tretes ini tepatnya di bawah curahan gerojokan terdapat sebuah bak alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Inilah kolam renang alami yang sering digunakan pengunjung untuk mandi atau sekedar berenang. Biasanya, sehabis para pendaki yang turun pribadi menyerbu air ini tanpa pikir panjang.

Lokasi: Jalan Taman Wisata No. 541, Prigen, Semeru, Pasuaruan , Jawa Timur

Teket: 5.000

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Putuk Truno

Ada mitos mengenai, mengunjungi air terjun tempat wisata Tretes ini sekaligus berendam di bawah Air Terjun, akan mendapatkan keabadian cinta
Air Terjun Putuk Truno. Image via: tabloidwisata.com

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Air Terjun Putuk Truno menjadi salah satu air terjun pujian warga Pasuruan. Terbukti setiap simpulan pekan tiba, kawasan wisata Tretes ini selalu dipenuhi pengunjung lokal maupun dari banyak sekali daerah. Keindahan yang ditawarkan terasa mensugesti dan enggan beranjak pulang.

Saat air jatuh ke dalam bak yang berwarna bening, rasanya ingin menceburkan diri ke kolam. Dengan memiliki tinggi 45 meter, Air Terjun Putuk Truno menjadi salah satu jeram terindah di Jawa Timur. Jernihnya air yang mengalir menambah daya tarik tersendiri.

Jika beruntung, pengunjung bisa melihat penampakan pelangi dari jarak akrab. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain eksklusif di kolam. Tentunya, harus berhati-hati apalagi ketika demam isu hujan telah tiba. Sebaiknya urungkan niat Teman Traveler untuk berenang.

Ada mitos mengenai, mengunjungi riam tempat wisata Tretes ini sekaligus berendam di bawah Air Terjun, akan mendapatkan keabadian cinta. Dengan kata lain hubungannya dengan kekasih akan abadi atau langgeng.

Lokasi: Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: 10.000

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Air Terjun Alap-Alap

Tempat wisata Tretes Air Terjun Alap-Alap berada di area pegunungan Arjuno-Welirang, berada diatas air terjun Kakek Bodo.
Air Terjun Alap-Alap. Image via: manusialembah.com

Tempat wisata Tretes Air Terjun Alap-Alap berada di area pegunungan Arjuno-Welirang, berada diatas teladas Kakek Bodo. Air Terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan memiliki tiga tingkatan. Debit air terjunan tidak terlalu besar, mengalir melewati cela-cela tebing batu.

Di bawah terjunan terdapat kolam yang menampung air dan mempunyai luas sekitar 60 m2. Untuk mencapai teladas Alap-Alap kita mampu berjalan kearah selatan sejauh 6 km dari bumi Perkemahan Kakek Bodo, menembus hutan melalui jalan setapak menaiki dan menuruni tebing batu.

Sepanjang perjalanan menuju jeram Alap-Alap kawasan wisata Tretes ini, tidak jarang menemui beberapa satwa. Seperti kera, beberapa jenis burung dan serangga yang menghuni wilayah hutan ini. Jalan setapak yang ditumbuhi berbagai vegetasi khas hutan hujan tropis akan menambah segar pandangan mata.

Karena penderasan Alap-Alap terdiri dari tiga tingkatan trap dari puncak hingga ke dasar, gemuruh air terjunan tidak seperti jeram pada umumnya. Gemuruh teladas Alap-Alap terdengar lebih unik. Alam yang masih asri dan jauh dari keramaian akan menciptakan siapapun yang mengunjungi riam ini merasa hening.

Lokasi: desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Kebo Glundung

Objek ini berada di kawasan Tempat Wisata Tretes, diketinggian 850 meter dpl. Hawanya sejuk
Air Terjun Kebo Glundung. Image via: Andi Farinsah

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Air terjun yang berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini memang belum begitu terkenal bila dibandingkan dengan Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun Alap-Alap, dan Air Terjun Kakek Bodo. Walaupun begitu, keindahan Coban Kebo Glundung patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Objek ini berada di kawasan Tempat Wisata Tretes, diketinggian 850 meter dpl. Hawanya sejuk.   Hutan daerah gerojokan ini berada termasuk dalam kawasan hutan lindung RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, KPH Pasuruan.

Untuk  mencapai lokasi jeram kawasan Wisata Tretes ini, pengunjung perlu berjalan melewati jalan setapak yang layak. Banyak kelokan tapi tidak terlalu menanjak.  Di kiri kanan ada taman-taman asri. Pohon-pohon Pinus usia puluhan tahun kokoh menanungi pelataran.

Canopy pohon-pohon hutan itu menanungi sepanjang jalan. Teduh dan tak menciptakan lelah ketika melangkah. Air berkecipak merdu disahuti suara burung liar. Benar-benar suasana yang pas untuk merefresh jiwa. Apalagi  warna hijau juga mendominasi  di setiap penjuru.

Lokasi: Kecamatan Pringen, Kabupaten Pasuruan, Jawa TImur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Coban Lowo

Tempat wisata Tretes Coban Lowo dengan ketinggian kira-kira 10 meter, jatuhnya air dibawahnya membentuk kubangan.
Coban Lowo. Image via: sinyoureh

Coban Lowo yang merupakan jeram terletak di antara dua Dusun yang membagi antara Dusun Ngampir dengan Dusun Kasin. Warga kampung menyebut Air terjun dengan Coban Lowo atau Kelelawar, di alasannya adalah di sekitar Coban  banyak kelelawarnya.

Tempat wisata Tretes Coban Lowo dengan ketinggian kira-kira 10 meter, jatuhnya air dibawahnya membentuk kubangan. Parkir kendaraan di titipkan warga setempat, setelah parkir kendaraan, jalan awal menuju kesana melewati pematang sawah, sesudah itu memasuki hutan bambu yang menurun jalannya, agak curam jalannya, tapi udah ada jalan setapaknya.

Jalan menurun menuju kawasan wisata Tretes ini sekitar 15 menitan. Suara gemericik air terasa erat dan track yang di lalui berubah menjadi sungai/melawan arus sungai sekitar 25 menit lagi. Kunjungan tidak disarankan pada isu terkini hujan. Kawatirnya debit airnya semakin banyak, arus sungai semakin deras.

Sebelum sampai di cobannya udah tercium anyir kotoran kelelawar yang menyengat. Karena itu pengunjung daerah wisata Tretes ini  Kalau mau ke sana bawa masker, di karenakan bacin kotoran kelelawar yang menyengat.

Lokasi: Desa Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur

Tiket:-

Jam Buka: 24 Jam

  1. Taman Safari Indonesia 2

Taman Safari Prigen tempat wisata Tretes ini merupakan salah satu dari tiga Taman Safari terbesar yang ada di Indonesia
Taman Safari Indonesia 2. Image via: id.wikipedia.org

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Taman Safari Prigen tempat wisata Tretes ini merupakan salah satu dari tiga Taman Safari terbesar yang ada di Indonesia. Kedua Taman Safari lain yakni Bali Safari and Marine Park yang berlokasi di Bali, serta Taman Safari Cisarua yang berlokasi di Bogor.

Taman Safari Prigen mempunyai luas sampai 350 hektar. Taman Safari Prigen memiliki sebutan lain yakni Taman Safari Indonesia 2. Dinamakan Taman Safari Indonesia Prigen karena Taman Safari ini memiliki kawasan yang berokasi di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen.

Ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati serta wahana yang mampu dicoba di Taman Safari tempat wisata Tretes ini. Selain melihat-lihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, pengunjung juga dapat menikmati aneka macam atraksi satwa. Bagi pengunjung yang ingin melepas lelah, mampu juga mencoba zona Waterpark serta wahana ekstrim.

Aktifitas terpopuler yakni Safari Tour. Pengunjung mampu melihat banyak sekali macam satwa dari beberapa negara di dunia, lengkap dengan habitat buatan. Safari Adventure sendiri terbagi menjadi tiga kategori, yaitu satwa Amerika, satwa Asia, dan satwa Afrika.

Lokasi:  Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: 80.000

Jam Buka: 08.30-16.45

  1. Taman Candra Wilwatikta

Tempat wisata Tretes ini dahulu merupakan petilasan tempat berlatihnya prajurit-prajurit Majapahit
Taman Candra Wilwatikta. Image via: travelblog.id

Taman Candra Wilwatikta merupakan taman budaya. Tempat wisata Tretes ini dahulu merupakan petilasan daerah berlatihnya prajurit-prajurit Majapahit. Oleh alasannya itulah tempat ini bernama Candra Wilwatikta yang mempunyai arti Sinar Majapahit.

Taman Candra Wilwatikta menempati lahan seluas 12,3 hektare. Dari tahun ke tahun taman budaya ini berusaha berbenah, baik memperbaiki maupun memperbaruhi fasilitasnya untuk menarik pengunjung. Salah satu spot yang baru saja direnovasi adalah pendoponya yang dipercantik dan kini berjulukan Graha Wilwatikta.

Taman ini mempunyai sebuah ampiteater atau panggung terbuka yang mampu menampung pengunjung hingga 15 ribu orang. Panggung megah di Taman Candra Wilwatikta ini berlatar belakangkan Gunung Penanggungan yang indah. Panggung ini pernah digunakan untuk pentas pertunjukan skala nasional maupun internasional.

Keindahan ampiteater daerah wisata Tretes Taman Candra Wilwatikta ini, membuatnya sering dijadikan oleh para fotografer sebagai daerah pengambilan foto, baik foto model maupun prewedding. Di ampiteater yang memiliki Arca Dwarapala di sisinya ini juga sering diadakan pementasan sendra tari.

Lokasi: Jl. DR. Soetomo, Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

tiket: –

Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Masjid Cheng Ho

Masjid tempat wisata Tretes ini dibangun dengan arsitektur perpaduan unsur budaya China, Budaya Jawa dan tentu saja dengan Budaya Islam
Masjid Cheng Ho. Image via: widiutami.com

Simak juga: 11 kawasan wisata Banyumas

Masjid Cheng Ho di Pasuruan merupakan masjid unik. Masjid tempat wisata Tretes ini dibangun dengan arsitektur perpaduan unsur budaya China, Budaya Jawa dan tentu saja dengan Budaya Islam. Masjid ini yakni salah satu dari tiga Masjid Cheng Ho yang ada di Indonesia, selain di Surabaya dan Palembang.

Lantai dasar Masjid Cheng Hoo Pandaan dipakai untuk ruang pertemuan yang disewakan, namun bagi jamaah yang ingin tidur sejenak dipersilahkan di ruang tersebut. Lantai dua khusus sholat dan dilarang dipakai untuk tiduran.

Ukuran keseluruhan masjid dua lantai ini adalah 50 x 50m. Masjid yang juga menjadi icon pariwisata di Pasuruan ini berbeda dengan dua masjid Cheng Ho lainnya yang dibangun oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, masjid Cheng Ho di Pasuruan dibangun dengan biaya pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Maksud dan tujuan dipilihnya bentuk masjid dengan bentuk pagoda atau kelenteng yang identik dengan daerah ibadah bagi ummat Tridharma itu hendak menunjukkan kepada masyarakat ihwal universalitas Islam.

Lokasi: Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

  1. Sien Orchid

Sien Orchid adalah sebuah tempat wisata Tretes berupa perkebunan Anggrek dengan konsep wisata agro
Sien Orchid. Image via: eastjava.com

Sien Orchid ialah sebuah daerah wisata Tretes berupa perkebunan Anggrek dengan konsep wisata agro. Koleksi dari Sien Orchid ini sangat lengkap dan bervariatif. Anggrek-anggreknya banyak di cari oleh wisatawan lokal maupun luar tempat Pasuruan dan Surabaya.

Sien Orchid memiliki lahan sekitar 2 hektar dengan koleksi anggrek kurang lebih 10.000 species anggrek yang sebagian besar berasal dari luar negeri. Sebagian koleksinya merupakan hasil percobaan dan penelitian pengembang biakan sendiri, yang memakan waktu 10 tahun untuk tiap spesiesnya.

Panorama warna-warni yang berasal dari hamparan anggrek di kawasan wisata Tretes ini bisa memukau mata pengunjug. Apalagi saat penjelajahan kebun anggrek ini mulai dilakukan, pengunjung mampu mempelajari seluk beluk budidaya anggreknya.

Pengelola kawasan wisata Tretes ini juga menyediakan bermacam-macam anggrek yang dijual agar bisa dibawa pulang. Sedangkan bagi yang ingin berlama-usang di area wisata ini, tersedia pula homestay yang biaya sewanya terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Ngemplak No.6, Plembon, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: –

jam Buka: 24 Jam

  1. Kawasan kuliner Hotel Surya

Semakin larut malam, kuliner tempat wisata Tretes ini makin ramai saja
Kawasan masakan Hotel Surya. Image via: portaltiga.com

Simak juga: 11 daerah wisata Bintan

Tepatnya di depan hotel Surya. Berada di tepi jalan, puluhan warung berjejer siap menyambut pengunjung kawasan wisata Tretes ini. Warung-warung ini menyediakan hidangan masakan spesial yang mengundang nafsu makan.

Ada sate Kelinci, sate ayam, bakso, nasi goreng dan lainnya. Jika pengunjung ingin menghangatkan badan, bisa minum jahe, teh hangat, ronde dan angsle. Dua sajian minuman terakhir ini, merupakan jenis makanan/minuman khas orang Surabaya.

Harganya juga terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Cukup mengeluarkan uang Rp 12 ribu, sudah mampu menyantap satu porsi ronde dan angsle.

Semakin larut malam, masakan tempat wisata Tretes ini makin ramai saja. Saking ramainya, pengunjung tak kebagian kawasan. Mereka harus antri cukup lama untuk mampu menikmati masakan di warung itu.

Lokasi: Jl. Taman Wisata, Trawas, Prigen, Semeru, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Tiket: –

Jam Buka: 24 Jam

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni