11 Tempat Wisata Wonosobo, Surga Bagi Para Pencinta Dataran Tinggi

Tempat wisata Wonosobo selalu identik dengan Gunung Dieng. Padahal Wonosobo juga punya banyak tempat-tempat menarik. Kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan banyak tempat indah yang layak diperhungkan untuk dikunjungi.

tempat wisata Wonosobho, sebuahnkabupaten di dataran tinggi di tengah-tengah pula jawa
Tempat Wisata Wonosobo. Image via: mytrip123.com

Sekilas Soal Wonosobo

Wonosobo, merupakan sebauah kabupaten kecil yang terletak persis di tengah tengah pulau jawa. Wonosobo juga merupakan kota tujuan wisata kedua sesudah magelang dengan borobudur sebagai wisata andalanya di jawa tengah.

Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa Wanasaba, yang secara harafiah berarti “tempat berkumpul di hutan”. Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari bahasa Sanskerta: vanasabhā yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: Sabhaparwa dan Wanaparwa.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah kawasan pegunungan. Bagian timur terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro 3.136 mdpl dan Gunung Sumbing  3.371 mdpl. Daerah utara merupakan bab dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu 2.565 mdpl. Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Ada dua cara menuju Dieng dari kota-kota lain menggunakan transportasi umum. Yakni menggunakan kereta yang disambung bus, dan yang kedua yaitu memakai bus eksklusif ke Wonosobo.

11 Tempat Wisata Wonosobo

  1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi dieng salah satu tempat wisata wonosobo yang paling populer di indonesia dan dunia
Dataran Tinggi Dieng. Image via: lonelyplanet.com

Simak juga: 11 kawasan wisata di Tawangmangu

Keindahan alam Dieng Plateau menjadi anugerah yang tak ternilai harganya. Sebagai Tempat wisata Wonosobo andalan di Jawa Tengah, dataran tinggi Dieng yang masuk dalam ranah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Kawasan Tempat wisata Wonosobo ini menunjukkan lebih dari 37 obyek wisata yang telah diakui Dunia. Dieng dengan segala fenomena alam dan budayanya mengakibatkan siapapun yang berkunjung merasa kagum. Jaman dulu kurun beberapa warga berkebangsaan Belanda sering mendatangi Obyek Wisata Dieng.

Bahkan mereka berani mempromosikan ke Negara-negara Eropa agar mau mengunjungi Dataran Tinggi Dieng. Gabungan antara keindahan panorama alam dan keagungan budaya sisa peninggalan masa lalu menyebabkan Dieng memiliki nilai tambah tersendiri dibanding dengan yang lain.

Banyak orang yang telah mengunjungi aneka macam kawasan wisata diseluruh pelosok dunia, dan jarang ada yang mirip Dieng. Terlebih lagi dalam soal jarak, tempuh antar obyek, hampir semua obyek wisata yang ada di Tempat wisata Wonosobo ini saling berdekatan dengan wilayah porosnya.

Lokasi: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari 08:00 – 17:00

Tiket Masuk: Rp 10.000,- dengan biaya tiket masuk bervariasi di setiap objek wisata

  1. Candi Dieng

tempat wisata wonosobo salah satunya candi dieng. salah satu candi tertua di Jawa yang diketahui saat ini.
Candi Dieng . Image via: thejakartapost.com

Berkunjung ke Candi Dieng tidak akan menjadi pengalaman yang biasa-biasa saja. Pasalnya, candi ini ialah candi tertua di Jawa. Candi Dieng sendiri merupakan sebuah tempat yang berisikan sekumpulan candi peninggalan umat Hindu dengan nilai sejarah yang tinggi.

Kumpulan candi Tempat wisata Wonosobo ini merupakan saksi bisu pesatnya perkembangan agama Hindu di Jawa pada kurun kemudian. Kompleks Candi Dieng ini mempunyai usia yang sudah sangat bau tanah karena pembangunannya telah dimulai pada tamat kala ke 8. Tak heran bila kompleks candi ini memegang titel sebagai salah satu candi tertua di Jawa.

Suasana yang tenang dan asri akan menyambut pengunjung saat memasuki daerah candi ini. Pemandangan istimewa yang akan didapatkan di sini berupa paduan bangunan. Perpaduan antaranilai sejarah dan keindahan alam di sekitarnya.

Pemandangan istimewa Tempat wisata Wonosobo ini menarik para wisatawan untuk berkunjung dan mengambil foto-foto bagus.

Kompleks candi yang mempunyai luas keseluruhan mencapai 1,8 x 0,8 km persegi ini memiliki penamaan yang berasal dari tokoh-tokoh dalam kisah wayang yang diadopsi dari Kitab Mahabrata.  Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati, hingga Bima.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 15.000,-

  1. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang merupakan danau buatan yang juga difungsikans ebagai salah satu tempat wisata di wonosobo
Waduk Wadaslintang. Image via: diarykeluarga

Simak juga: 11 daerah wisata di Cibubur

Waduk yang mempunyai luas sampai dengan 2.626 hektar ini layak masuk ke dalam daftar objek wisata di Wonosobo yang harus dikunjungi. Pasalnya, waduk ini dikelilingi dan dihiasi panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah nan eksotis.

Waduk Tempat wisata Wonosobo ini dibangun di tengah-tengah perbatasan dengan memindahkan beberapa desa. Suasana di waduk ini masih alami, udara sejuk  menguar dari sela- sela pepohonan. Dengan panorama khas pegunungan membuat waduk ini menjadi primadona banyak wisatawan, baik wisatawan lokal atau luar kota.

Beberapa area Waduk Wadaslintang sepertinya cocok dipakai untuk berburu foto sebab pemandangannya luas dan alami. Pemandangan kontur pegunungan yang ada di belakangnya membuat kesan bahwa waduk ini dikelilingi oleh gugus pegunungan yang luas.

Keindahan waduk Tempat wisata Wonosobo ini akan terlihat lebih mengagumkan ketika pagi hari atau sore hari. Ketika matahari mengenai gunung. Selain itu dari pihak pengelola juga memaksimalkan dengan membuka wisata air berupa keliling dengan kapal naga.

Di Waduk Wadaslintang  terdapat perahu mesin dan bahtera dayung. Wisatawan pada Waduk Wadaslintang mampu menyewa perahu dayung secara harian atau bisa juga naik perahu bermesin dengan membayar perorang.

Lokasi: Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 4.000,- (dewasa) dan Rp 3.000,- (anak di bawah 5 tahun)

  1. Pemandian Air Hangat Kalianget

tempat wisata wonosobo juga memilki pemandian air hangat. salah satunya adalah pemandian kalianget wonosobo
Pemandian Air Hangat Kalianget. Image via: tribunnews.com

Wisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kalianget Wonosobo Jawa Tengah merupakan Tempat wisata Wonosobo yang harus anda kunjungi alasannya adalah pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan aneh.

Air panas tersebut ditampung dalam dua kolam berukuran kurang lebih 20 x 5 meter dengan kedalaman setengah sampai satu meter. Sensasi nyaman dan rileks akan anda rasakan ketika berendam di bak air hangat tersebut, terlebih di tengah hawa dingin yang ada di Wonosobo.

Kandungan mineral dari air panas Kalianget mampu mengobati dan menyembuhkan penyakit kulit, pegal-pegal, dan capek. Tidak sedikit orang yang memakai air panas Kalianget untuk terapi pengobatan dan wisata penghilang rasa stres.

Bagi pengunjung Tempat wisata Wonosobo ini yang mengajak anak kecil mampu menyewa ban dan beredam bersama buah hati anda. Air hangat tidak hanya bisa anda nikmati di kedua bak tersebut, pihak pengelola juga menyediakan beberapa ruangan layaknya kamar mandi yang berisikan air panas. Makara pengunjung bisa menikmati sensasi mandi air panas secara lebih privat.

Lokasi: Jalan Raya Wonosobo-Dieng Km. 3, Wonosobo, Indonesia

Jam Operasional: Setiap Hari 7:00 – 19:00

Tiket Masuk: Rp 3.000,-

  1. Curug Sikarim

wisata wonosobo yang belum begitu populer, air terjun
Curug Sikarim. Image via: jateng.tribunnews.com

Simak juga: Ragam wisata gunung Kelud

Terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, ada sebuah teladas yang tidak hanya menyajikan pesona keindahan alam tapi juga keindahan suara alam. Berlatar belakang Bukit Sikunir, Curug Sikarim menyajikan pengalaman yang berbeda kepada setiap pengunjung yang datang.

Tiba di Tempat wisata Wonosobo Curug Sikarim, pengunjung akan disajikan pemandangan air yang mengalir deras menyusuri tebing kerikil. Aliran air terbagi menjadi dua jalur anutan. Tidak puas dengan pemandangan dari kejauhan, berjalanlah mendekat melalui jalan setapak.

Semakin dekat ke jeram, bunyi air yang jatuh dari ketinggian menjadi simfoni alam yang tidak akan terlupakan. Aliran deras yang jatuh bertemu dengan batu-kerikil dan genangan di bawahnya menjadi layaknya orkestra alam. Luangkan waktu sejenak untuk duduk di sekitar air terjun sambil menikmati udara sejuk yang menyelimuti daerah ini.

Jika ingin kesegaran lebih, pengunjung mampu menikmati derasnya air yang mengalir deras di sekujur badan. Hanya saja, sebagai pengingat, suhu air di sini sangat acuh taacuh. Jadi, kalau ingin mandi di Tempat wisata Wonosobo teladas ini, siapkan kondisi tubuh.

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 6.000,-

  1. Lubang Sewu

di tempat wisata wonosobo ini Bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik inilah yang banyak dicari oleh pemburu destinasi wisata.
Lubang Sewu. Image via: antarafoto.com

Pada salah satu bagian dari tepian waduk ini yaitu Desa Ororejo, Kecamatan Wadaslintang. Ada satu pesona tersembunyi yang ternyata tersimpan di kawasan ini. Saat musim kemarau tiba dan air waduk akan surut, maka terlihatlah bongkahan kerikil-kerikil putih nan eksotik, dengan berbagai lubang di permukaannya. Itulah Tempat wisata Wonosobo Lubang Sewu.

Masyarakat menamainya demikian alasannya adalah begitu banyak lubang ada di batu-batu putih itu, Lubang Sewu artinya yaitu Lubang Seribu. Batu-batuan alam yang berwarna putih indah ini juga yang menjadikan Lubang Sewu di juluki Grand Canyon mini ala Wonosobo.

Tempat wisata Wonosobo Wisata Lubang Sewu Erorejo memang tergolong gres. Lokasi ini dikenal daribanyaknya foto pengunjung yang datang ke kawasan tersebut dan disebar ke media sosial. Banyak kalangan muda yang datang ke destinasi wisata Erorejo karena keindahan batu karangnya.

Bebatuan yang membentuk seribu lubang bagus inilah yang banyak dicari oleh pemburu destinasi wisata. Pemandangan bertambah indah ketika pemandangan matahari karam di sore hari menciptakan wisata Erorejo lebih bagus nan indah.

Lokasi: Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 10.000,-

  1. Curug Winong Kaliwiro

Curug Winong Kaliwiro, salah satu air terjun dari skeian bnayak objek pilihan tempat wisata wonosobo
Curug Winong Kaliwiro. Image via: @aditya_kurniawan_96

Simak juga: Wisata dataran tinggi Pabangbon

Sebenarnya, keberadaan Tempat wisata Wonosobo curug Winong sudah diketahui warga sejak lama. Tapi memang gres-baru ini keberadaanya mulai dikenal oleh masyarakat luas karena para cowok yang sering berkunjung ke kawasan ini.

Curug Winong memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dan memiliki tebing unik. Banyaknya bebatuan besar di sekitar curug menjadi salah satu keunikan dari curug ini. Jika kita dapat melihat pemandangan dari atas batu ini maka akan terlihat keindahannya.

Curug Winong mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter dan mempunyai tebing unik. Banyaknya bebatuan besar di sekitar curug menjadi salah satu keunikan dari curug ini. Jika kita mampu melihat pemandangan dari atas batu ini maka akan terlihat keindahannya.

Salah satu keunikan dari batu-batu besar di Tempat wisata Wonosobo ini yakni adanya kerikil yang ditumbuhi oleh pohon cukup besar. Terdapat kerikil yang disebut sebagai Watu Kelir, yakni sebuah bebatuan memanjang yang bentuknya mirip kelir dalam pertunjukan wayang kelir.

Sebelah kanan dan kiri Watu Kelir tersebut ditumbuhi pohon seperti tiang kelir yang disebut sebagai Wunung. Konon, pohon ini termasuk dalam kategori langka. Keadaan curug penuh dengan keunikan ini menyebabkan ingin tau mengenai mitos-mitos yang terdapat di kawasan wisata ini.

Lokasi: Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364

Jam Operasional: 07:00 – 20:00

Tiket Masuk: Rp 2.000,- (Senin – Jumat), Rp 3.000,- (tamat pekan)

  1. Telaga Menjer

Telaga menjer menjadi salah satu tempat wisata wonosobo yang serng dipilihs ebagai lokasi pemotretan foto preweding
Telaga Menjer. Image via: wisatadipemalang.com

Telaga Menjer merupakan danau terluas di wilayah kabupaten Wonosobo dan letaknya berada di kaki pegunungan atau dataran tinggi Dieng. Danau yang terbentuk secara alami ini telah dibuka menjadi obyek wisata dan dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Tempat wisata Wonosobo Telaga Menjer berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan luas area sekitar 70 Ha dan kedalaman 45 m. Karena berada di ketinggian cukup tinggi, suhu di Telaga Menjer cukup sejuk dengan rata-rata 22-27°C.

Banyak orang beropini bahwa Telaga Menjer hampir sama dengan danau Bedugul di Bali. Telaga yang terletak 1300 meter dari permukaan air laut ini memiliki nuansa alam yang tenang dan asri yang akan membuat kamu betah berada di sana.

Selain itu, dikala telaga Tempat wisata Wonosobo ini sedang surut atau mengering, maka akan muncul hamparan tanah yang hijau yang mampu kau nikmati dengan tenang. Banyak juga yang menikmatinya dengan cara tiduran layaknya berada di sebuah karpet yang lembut dan empuk.

Jika kamu ingin menikmati Telaga secara erat, bisa menaiki bahtera yang tersedia di sekitar telaga. Ada cukup banyak beberapa bahtera yang stand by yang siap mengantarkan berkeliling menikmati telaga. Hanya cukup dengan membayar Rp10.000 hingga Rp20.000.

Lokasi: Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 5.000,-

  1. Curug Sirawe

tempat wisata wonosobo yang dahluhanya jadi peristirahatan para pencari kayu bakar, kini dibuat mendunia
Curug Sirawe. Image via: wisatadiindonesia.com

Simak juga: Indahnya desa wisata Tembi

Di Curug Sirawe pengunjung bisa menikmati wisata alam berupa hutan lindung dan hamparan kebun sayur di areal lereng perbukitan. Untuk sampai di Curug, pengunjung Tempat wisata Wonosobo ini harus berjalan kaki di jalan setapak sepanjang sekitar satu kilometer dari permukiman warga. Sebagian jalan setapak itu berlapis bebatuan yang licin.

Nama Curug Sirawe diambil dari asal kata “rawe” yang artinya banyak suwiran atau seperti kain yang terdapat roncenya. Ini merujuk pada Curug yang terbagi dalam tiga lokasi yang saling berdekatan. Curug yang lebih kecil berada di atas, dan satu curug lain berada di dasar lembah.

Konon Curug yang berada pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan air laut ini merupakan daerah persinggahan para dewa. Bebatuan bangunan candi Dieng konon pula diambil dari kawasan ini.

Curug Tempat wisata Wonosobo ini semula menjadi daerah istirahat dan mandi para pencari kayu atau pencari madu hutan. Sejak diketahui keberadaannya, para petualang tertarik mendatangi kawasan wisata yang sejuk ini. Pemerintah setempat kemudian menjadikan Curug Sirawe sebagai obyek wisata.

Lokasi: Bitingan, Kepakisan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 5.000,-

  1. Agrowisata Tanjungsari

berfoto dengan latar belakang Kebun Teh, menghasilkan foto yang instagramable
Agrowisata Tanjungsari. Image via: agris-sari

Agrowisata Tanjungsari adalah salah satu destinasi wisata menarik dan banyak dikunjungi di Wonosobo. Tempat wisata ini merupakan bab dari kebun teh Tembi. Selain itu, Tempat wisata Wonosobo Tanjungsari sangat tertata rapi, bersih dan indah dengan areah teh hijau yang terbentang luas.

Bagi yang hobi berselfie ria, tiba kesini dengan solo traveling atau bersama kerabat akan sangat menyenangkan. Karena, alam di sini sangat instragrammable louh. Datang ramai-ramai dengan keluarga tercinta bisa piknik-piknik asyik dan menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan.

Destinasi Agrowisata Tanjungsari pyang merupakan sebuah perkebunan ini sudah dibangun semenjak tahun 1865 ketika Indonesia masih dibawah jajahan Belanda. Mulanya perkebunan ini dinamai dengan Bagelen Thee & Kina Maatschaappij dan dikelola oleh NV John Peet di Jakarta.

Di Agrowisata Tanjungsari Wonosobo, Anda bisa loh menyaksikan atau bermain outbond pribadi. Fasilitas Agrowisata Tanjungsari lainnya yang bisa Anda nikmati adalah camping ground area, masjid, toilet/kamar mandi, kolam renang.

Selain itu, di Tempat wisata Wonosobo ini ada juga kemudahan lain mirip pondok wisata, parkir luas, dan banyak sekali penyewaan camping dan banyak lainnya lagi yang semuanya menyenangkan untuk dinikmati.

Lokasi: Jalan Raya Wonosobo – Purworejo Km 14, Sapuran, Wonosobo.

Jam Operasional: 08:00 – 22:00

Tiket Masuk: Rp 6.000,-

  1. Gua Jaran

Goa Jaran memiliki simbol kesuburan dan diperkuat dengan pahatan patung berwujud wanita membawa bunga yang dibangun di depan mulut goa.
Gua Jaran. Image via: zassionline.net

Simak juga: Pesona Desa Wisata Pulesari

Dataran tinggi Dieng seolah menyajikan keindahan alam yang tidak ada batasnya. Salah satu keindahan alam luar biasa yang ditawarkan yaitu pesona Telaga Warna. Inilah tempat wajib yang harus dikunjungi saat berwisata ke Dieng.

Namun, selain menikmati keindahan Telaga Warna dengan hidangan pemandangan yang berbeda dengan telaga lain pada umumnya. Di sekitar telaga Tempat wisata Wonosobo ini juga ada beberapa gua yang melegenda.

Goa Jaran merupakan salah satu goa yang terdapat di kawasan Telaga Warna Dieng. Sama dengan goa-goa lain yang ada didekatnya, goa jaran juga kawasan bersemedi. Goa Jaran memiliki simbol kesuburan dan diperkuat dengan pahatan patung berwujud wanita membawa bunga yang dibangun di depan verbal goa.

Ada Desas Desus yang menyampaikan , mendiang Presiden Soeharto juga pernah bertapa di salah satu Goa di kompleks Tempat wisata Wonosobo ini. Tepatnya di Goa Semar. Beliau bermeditasi untuk memperoleh wangsit demi menjalankan kekuasannya sebagai president.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket Masuk: Rp 7.000,-

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni