11 Wisata Kuliner Bali Favorit Incaran Para Wisatawan

Bali sebagai sentra pariwisata Indonesia, tentu memiliki aneka macam hal berkaitan dengan wisata. Termasuk tentu saja wisata masakan bali nya.

kuliner bali dengan berbagai keunikannya yang mengikuti beragamnya konsumen kuliner di pulau wisata ini
Kuliner Bali. Image via: Wayan Sidarta

Kuliner bali mempunyai spektrum yang sangat luas. Ini alasannya luasnya spektrum pasar yang ada di pulau sampaumur itu. Mulai dari turis mancanegara dari banyak sekali bagian dunia, turis domestik dari aneka macam tempat, dan tentu juga warga bali sendiri.

Untuk itulah ada banyak sekali macam jenis kawasan kuliner bali mampu ditemui. Mulai dari kuliner lokal bali, masakan nusantara sunda mang engking, dan kuliner barat macam pasta dan turunannya. Selain soal varian sajian, masakan bali juga mempunyai varian lokasi. Mulai dari dataran tinggi, sampai tepi pantai dan tepi sawah.

Pilihan Lokasi Kuliner Bali

Berikut ini beberapa daerah wisata kuliner Bali yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa di Pulau Dewata ini.

  1. Wana Restaurant

Wana resto, kuliner bali dalam suasana rimba dengan binatang buasnya
Ada yang mau ikut minum teh. Image via: kintamani.id

Simak juga: Ragam Wisata kuliner Semarang.

Kuliner bali satu ini sangat unik, pengunjung makan ditemani singa. Wana Restaurant yang mempunyai konsep cukup ekstrem. Pasalnya, restoran ini hadir dengan suasana dan pemandangan hutan, lengkap dengan binatang buas di area restoran. Bahkan dalam beberapa dikala, jarak binatang itu hanya seakan tersentuh, hanya terpisah kaca pembatas.

Terletak did alam daerah Bali Zoo, desain interior bergaya tradisonal dengan sentuhan ornamen kayu, menjadikan Wana Restaurant ini terasa nyaman dan bakal bikin kau betah belama-usang di sini.

Untuk pilihan hidangan, kuliner bali ini cukup bermacam-macam. Pengunjung bisa menjumpai masakan tradisional Indonesia mirip sop buntut serta ayam rempah. Selain itu, tersedia pula nasi goreng mawut, ikan acar kuning, dan lontong cap go meh. Karena pengunjung Bali Zoo bukan hanya orang Indonesia, pihak restoran juga menyediakan sajian internasional, mirip pizza.

Alamat : Bali Zoo, jalan Raya Singapadu, Gianyar.

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. Madu Sari Restaurant

Madu Sari, kuliner bali di kibtamani dengan view sempurna ke arah danau dan gunung batur
Madu Sari Restaurant. Image via: balimadusari

Dari namanya, tentu mampu ditebak konsep yang diusung kawasan kuliner bali ini. Restoran Madu Sari Mountain Kintamani berada di ujung kawah Gunung Batur. Saat pengunjung berada disini, akan disuguhi oleh pemandangan Gunung Batur yang begitu menawan.

Menghabiskan waktu di Madu Sari Mountain Restaurant tidak hanya sekedar mengenyangkan perut, tetapi dapat memiliki momen-momen yang berkesan. Pengunjung dapat menentukan tempat duduk di bab manapun, karena setiap sudut dari Madu Sari memiliki view yang sedap dipandang.

Kuliner bali ini menyediakana berbagai hidangan untuk sarapan dan makan siang. Aneka hidangan kombinasi antara bumbu tradisional dan modern akan memanjakan pengecap. Saat-dikala sarapan dan makan siang akan terasa spesial dengan aneka hidangan yang disajikan dengan cara buffet atau prasmanan bergaya Eropa.

Alamat : Jalan raya Penelokan, Batur, Kintamani, Bangli.

Jam Buka : setiap hari, pukul 08.00 – 16.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. The Deck Cafe

the deck, kuline rbali di pulau nusa lembongan, dengan penembaptan eksotis di atas tebing pantai
Minum di Deck Café. Image via: @thedecklembongan

The Deck Cafe Nusa Lembongan itu ialah salah satu daerah kuliner bali yang tidak hanya memperlihatkan makanan Internasional yang lezat tetapi juga menawarkan keindahan alam dikala menikmati makanannya. Tempatnya berada di dekat laut. Bahkan dikala berada di tepi café & bar itu, kita bisa langsung melihat jernih bahari.

Bertengger di lereng bukit Nusa Lembongan di sepanjang trotoar di atas pantai Jungut Batu. Ketika matahari akan tenggelam saat senja hari manambah kecantikan di kawasan kuliner bali ini. Waktu senja memanglah waktu yang paling tepat untuk menikmati sunset di The Deck Café & Bar. Perahu yang tiba dan pergi juga menambah keindahan dari arah pantai.

Menu Koktail yang dibentuk dengan teliti yakni minuman utama mereka. Semua roti yang dipanggang sendiri terbuat dari bahan local. Lalu disajikan di atas piring-piring kasual. Makanan-makanan internasional adalah sajian yang disajikan di sini.

Alamat : Batu Karang Lembongan Resort & Day Spa, jalan Danau Tambingan

Jam Buka : setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. Café Pomegranate

cafe pomegranate, kuline rbali yang benar benar di tengahs awah, sampai sampai pengujung harus berjalan kakai di pematang sawah
Café Pomegranate. Image via: cafepomegranate.org

Simak juga: Berbagai masakan romantis di Surabaya.

Kuliner bali Cafe Pomegranate berkonsep semi outdoor. Terletak benar benar di tengah sawah. Unutk mencapainya tidak bsia memakai mobil, harus jalan kakai atau ojek sepeda motor. Justru ini nilai tambah dari keseruan café ini. Ketika isu terkini panen datang, pengunjung mampu melihat kegiatan petani saat memanen padinya. Demikian juga sebaliknya dikala musim tanam padi

Di arah barat terlihat Bukit Campuhan. Pemandangan di sana sangat indah penuh dengan ilalang bersembunyi di balik formasi pohon kelapa yang rindang tepat di atas Sungai Campuhan. Saat matahari terbenam, kelap kelip lampu villa di Bukit Campuhan terlihat sangat menakjubkan menghiasi kesejukan malam di Cafe Pomegranate.

Menu di kuliner bali ini sangat variatif. Mulai dari juice, beer, salad, pizza, mie, kopi, berbagai macam desserts, dan masih banyak lagi. Masalah harga, cukup terjangkau. Bervariasi antara belasan ribu rupiah hingga mencapai angka Rp70 ribu.

Alamat : Jalan Subak Sok Wayah, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 21.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rpp 100.000

  1. La laguna

La-Laguna, kuliner bali dengan tata ruang indtagramable di daerah kuta
La Laguna. Image via: @michalzemlicka

La Laguna Canggu menjadi kafe pinngir pantai yang menarik perhatian para pengunjung. Kuliner bali ini mempunyai beragam koleksi karavan vintage yang sangat menakjubkan. Karavan ini sangat cocok dipadukan dengan pemandangan Pantai Berawa. Ada jembatan kayu besar yang membentang di atas Laguna Pantai ini menjadi fitur utama andalan La Laguna Bali

Setiap hari ada orang mengabadikan foto masa melewati jembatan ini. Spot foto di jembatan ini memang spot tepat untuk dipajang di media umum. Ada juga bnayak kawasan fotogenik di sini. Atau sebenarnya hampir setiap sudut daerah ini adalah fotogenik dan instagenic.

Kuliner bali ini menunjukkan menu Eropa. Diantaranya: Long island ice tea, Pina colada, Mojito, Softdrinks, Beef tataki, Gazpacho soup,Chicken crunch salad, Sardinas tapas, Calamari ala romana, Rib eye, The french spread, dan Seabass.

Alamat : Jalan Pantai Kayu Putih Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 24.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. Kampoeng Bali

kampoeng bali, kuline rbali otentik yang menyajikan menu bali dengan total
Menu Kampoeng Bali. Image via: thebalibible.com

Waktu terbaik untuk menyantap kuliner di masakan bali ini adalah ketika malam hari. Pengunjung tidak hanya mampu menjumpai sajian makan malam yang menggugah selera dengan beragam sajian tradisional khas Bali. Pihak restoran menyediakan pertunjukan tarian kecak yang begitu kental sebagai representasi tarian tradisional Bali.

Sebagai restoran dengan konsep terbuka, hampir semua yang ada di restoran ini dihadirkan secara terbuka. Pengunjung berkesempatan untuk melihat secara langsung proses pemasakan makanan. Konsep ini hampir begitu mirip dengan open kitchen. Hanya saja, suasana yang dihadirkan oleh Kampoeng Bali Restaurant terkesan lebih tradisional namun tetap terlihat elegan.

Menu yang ditawarkan di masakan bali ini didominasi eretan masakan tradisional khas Bali. Bagi pengunjung non muslim, jika mau, pengunjung mampu pula memesan babi guling yang disajikan dalam kondisi utuh. Selain itu, juga dapat pula merasakan kuliner khas Bali lainnya, seperti lawar, sate lilit, asinan buah, angsa betutu, tum angsa, dan lain-lain.

Alamat : RIMBA Jimbaran BALI, Jl. Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

Jam Buka : Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 06.00 – 10.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. Bele udang

Bale udang, kuline rbali yang dibangund negan inspirasi dari budaya parhiangan baik tata ruang maupun menu masakan
Bale udang. Image via: tripadvisor.com.au

Simak juga: Pilihan Wisata Kuliner HIts Jogja.

Bale Udang Mang Engking dikenal sebagai daerah makan dengan suasana yang menarik. Di sini pengunjung tidak hanya akan disuguhkan dengan sajian kuliner yang enak. Namun Juga dibarengi dengan suasana ala pedesaan yang menyegarkan pikiran. Bale Udang Mang Engking tampil beda dengan nuansa tradisional. Menawarkan alternatif suasana kuliner yang beda di Bali.

Bale Udang Mang Engking tampil beda dengan nuansa tradisional. Menawarkan alternatif suasana masakan yang beda di Bali, membuat kepopuleran resto ini terdengar di mana-mana. Bahkan sudah ada franchise yang tersebar di beberapa titik-titik di Jawa dan Bali menjadi salah satu kawasan keberadaan daerah ini.

Kuliner bali unik ini menawarkan hidangan tradisional nusantara. Diantaranya udang goreng tepung, udang bakar kecap dan udang rebus, semuanya terasa nikmat di pengecap. Ada juga gurami bakar madu, kepiting telur asin, kerang, ayam goreng serundeng, sayur asem, nasi putih. Untuk minuman ada fantafloat, jus alpukat, es kelapa, es teh cantik, es sarang singaraja dan lain-lain.

Alamat : Jl. Raya Goa Gajah, Peliatan, Ubud di Kabupaten Gianyar.

Jam Buka : setiap hari, pukul 06.00 – 10.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rpp 200.000

  1. Warung Wardani

Warung Wardani, kuliner bali legendaris sejak 1970-an favorit para pesohor negeri
Langganan para pesohor. Image via: phinemo.com

Nasi campur tak hanya gampang ditemui di pulau Jawa. Kuliner Bali Bali juga punya nasi campur berlauk komplet. Bedanya, di sana nasi campur terdiri dari nasi putih lawar sayur, ayam besisit, sate lilit, telur pindang, dan sambal.

Nasi campur milik Warung Wardani, arung makan itu sudah legendaris. Warung ini sudah ada sejak tahun 70-an. Pelayanan yang baik menjadi salah satu penunjang mengapa warung ini dipilih oleh pengunjung bahkan artis ibu kota, seperti Diah Permata Sari, Maya Estianti, Katon Bagaskara, dan masih banyak lagi artis lainnya.

Menu andalan yang ditawarkan warung masakan bali ini yaitu nasi campur ayam, nasi campur sapi dan nasi campur keduanya. Satu porsi nasi campur disajikan dengan nasi putih, ayam suir, sate lilit ayam, udang goreng tepung, telor rebus bumbu Bali, sayur kacang panjang dan sambal.

Alamat : Jl. Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Jam Buka : setiap hari, pukul 08.00 – 16.00.

Harga per Orang: kurang dari 50.000.

  1. Warung Padang Kecag

PAdang kecag, kuliner bali sederhana namun elegan di daerah timur pulau
Warung Padang Kecag. Image via: bali-indonesia.com

Sebagai sebuah warung masakan bali murah meriah, Padang Kecag Candidasa menunjukkan suasana makan yang begitu sederhana. Pengunjung akan menjumpai bangunan semi terbuka layaknya sebuah bangunan joglo yang biasa dijumpai di Jawa Tengah sebagai area makan para tamu. Pihak pengelola restoran juga menyediakan gazebo di area taman.

Meja yang menjadi daerah makan juga tidak terasa Istimewa. Meja kayu disertai dengan 2 dingklik kayu. Lantai dari warung makan ini juga hanya berupa ubin biasa, layaknya bangunan zaman dulu. Untuk mempercantik suasana interior, pihak pengelola mempercantik ruang makan dengan eksistensi flora hijau di banyak sekali penjuru.

Menu yang disediakan di masakan bali di Candidasa ini juga cukup beragam. Bebek betutu menjadi pilihan favorit para pengunjung restoran. Apalagi, belibis betutu sudah usang dikenal sebagai kuliner tradisional yang khas dari Bali. Selain itu, pihak restoran juga menyediakan gugusan sajian khas nusantara lainnya mirip sate, kuah kari, salad tradisional khas Bali, dan lain-lain.

Alamat : Jl. Mendira di Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali.

Jam Buka : setiap hari, pukul 09.00 – 21.00.

Harga per Orang: Rp 100.000 – Rp 150.000

  1. Dapur Bunda

Dapur bunda, kuline rbali yang memberikan suasana terasa di rumah orang tua
Terasa Bertamu. Image via: qraved.com

Simak juga: Demam Kuliner Telur Asin.

Konsep Dapur Bunda ini adalah tempat makan rumahan. Baik dari gaya bangunan, pelayanan, hingga menu yang ditawarkan. Kuliner bali ini menggunakan Interior classic-vintage, mirip rumah bernuansa jaman dahulu.

Restoran yang terbagi menjadi 2 bab, yakni lantai atas dan bawah ini kental suasana klasik dengan berbagai furnitur kayu serta properti antik. Ada beragam properti antik yang tampak pada restoran yang identik dengan warna biru dan coklat ini. Antara lain tv, lampu, mesin tik, radio, cermin serta properti antik lainnya.

Untuk menu di masakan bali ini pilihan nasinya ada 3 jenis, adalah nasi putih, merah, serta kuning. Lauk yang tersedia pun bermacam-macam untuk dipilih, mulai dari olahan ayam, ikan, perkedel, hingga tempe. Sajian sayurannya pun tak kalah bermacam-macam, dikarenakan restoran ini lebih ingin menonjolkan sajian sehat serta vegetarian.

Alamat : Jl. Sri Wedari No.4, Ubud, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00.

Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. Keramas Aero Park

Keramas-Aero-Park, kuline rbali inovatif yang menghadirkan boing sebagai spot dan icon dari restorannya
Di bawah sayap Pesawat. Image via: @dayuasana

Keramas Aero Park Gianyar ialah sebuah lokasi masakan bali yang tidak hanya menawarkan aneka hidangan hidangan yang yummy dan murah, tapi juga kawasan makan dengan suasana yang unik. Dimana para pengunjung mampu menikmati suasana kuliner di dalam sebuah pesawat terbang yang bahu-membahu.

Saat masuk kawasan Restoran, hal pertama yang dirasakan yaitu memasuki areal bandara. Disana terparkir sebuah pesawat Boeing 737- 400. Adanya penampakan pesawat yang telah menjadi Ikon Keramas Aero Park Gianyar yang tampak mencolok ini, maka sekaligus menjadi daya tarik banyak pengunjung yang datang ke sana.

Menu yang ditawarkan kuliner bali unik ini beraneka macam. Diantaranya Mozarella chicken steak, chicken chassseur, beef straganoff, vegetable curry, smoke salmon crepees, grill sirloin steak, nasi goreng bumbu bali, soto ayam bali. Ada juga sajian Pasta,seperti Quarto stagione pizza, carbonara pizza, balinese pizza, dan barberque pizza.

Alamat : Jl. Bay Pass Ida Bagus Mantra KM. 28, Keramas, Medahan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 100.000—Rp 200.000

Itulah sebelas kawasan makan istimewa dengan menu dan suasana istimewa yang cocok anda kunjungi saat bertualang kuliner di Pulau dewata bali. Selamat Menikmati

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni