11 Wisata Kuliner Bogor Yang Instagramable Dan Menggoyang Pengecap

Dunia kuliner Bogor sedang menggeliat. Di Bogor banyak bangun kafetaria unik dan restoran keren yang menarik untuk dikunjungi. Ketika berkunjung ke Bogor, menjadi kewajiban untuk mencicipi aneka masakan enak atau sekadar bersantai sembari menikmati secangkir kopi.

kuliner bogor kerap kal menyatukana ntara usnur alam, kreatifitas desain arsitektur, dan keindahan alam bogor
Kuliner Bogor. Image via: datawisata.com

Siapapun yang pernah berkunjung ke Bogor pasti oke kalau kota ini begitu menawan. Meskipun hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Jakarta, namun Bogor memperlihatkan suasana yang sangat jauh berbeda. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan singkat di akhir pekan.

Sebagai tujuan wisata, kuliner tentu tidak bsia dipisahkan dari kota ini. Kuliner Bogor memang sangat bermacam-macam pilihannya. Tak hanya untuk warga Bogor, banyak juga wisatawan luar kota yang sengaja berakhir pekan ke Bogor untuk berburu kuliner yang sudah teruji tahan terhadap serangan kuliner kekinian.

Pilihan Lokasi Kuliner Bogor

Berikut ini beberapa kawasan wisata kuliner Bogor yang mampu dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Hujan ini.

  1. Popolo Coffee

Popolo Coffee taman budaya, dengan konsep indoor rasa outdorr melalui aplikasi dinding kaca
Popolo Coffee. Image via: @popolocoffee

Simak juga: ragam wisata kuliner surabaya.

Kedai ini muncul sebagai daftar teratas yang ramai direkomendasikan pengguna sosial media ketika bertanya ‘dimana kedai kopi yang oke di Bogor?’ Nama masakan bogor Popolo, berasal dari bahasa Italia, yang artinya People atau Orang-Orang.

Lokasi masakan Bogor ini berada di dalam Taman Budaya dengan pemandangan sekeliling pohon-pohon dan tumbuhan hijau. Popolo yang menempati rumah kaca mungil ini pun terasa begitu asri. Apalagi di siang hingga jelang sore, ada bonus cahaya matahari alami yang menembus kaca.

Untuk kopi, Popolo menunjukkan cukup banyak pilihan. Mulai dari espresso, latte, cold brew latte, caffe cubo, sampai avocado coffee. Harga yang ditawarkan tak terlalu mahal, berkisar dari Rp 18.000 sampai Rp 32.000.

Pilihan lain adalah ragam teh artisan, green tea latte, Baileys latte, Nutellachino, dan banyak sekali minuman masbodoh lain. Tak ketinggalan makanan ringan dari kategori ‘Snack & Sweets’ dalam pilihan brownies, pastry, lasagna, dan affogato.

Alamat : Taman Budaya Sentul, Jl. Siliwangi No. 1, Sentul

Jam Buka : Senin-Sabtu, mulai buka dari pukul 08.00 – 18.00.

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

  1. Warung Kopi Nako

Kuliner Bogor Warung Nako, memebawa masa 80-an  melalui penggunaan kaca nako
Jendela Kaca Nako. Image via: @warungnako

Tren kuliner makin hari memang makin bermacam-macam dan ada saja yang menghadirkan penemuan gres. Tidak terbatas makanan kelas atas yang penyajiannya dimodifikasi sedemikian rupa, kuliner sehari-hari pun mampu jadi istimewa dan modern. Kuliner bogor Warung Nako mengusung konsep tersebut, ialah menjadikan masakan rumahan lebih modern tapi tetap ramah di lidah penikmatnya.

Suasana warung ini terinsipirasi oleh bangunan ‘Warung Tegal’ alias Warteg di Indonesia pada umumnya. Yang biasanya menggunakan beling-kaca nako. Nah, nama Warung Nako sendiri bergotong-royong merupakan akronim dari Warung Nasi dan Kopi. Supaya makin sesuai dengan konsep daerah ini, yaitu sebagai warung nasi sekaligus coffee shop.

Untuk menu masakan yang dihidangkan, kuliner Bogor Warung Nako menyediakan hidangan prasmanan ala warteg yang bisa dipilih sendiri oleh pelanggan. Lauk-pauk yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari tempe orek, cumi asin, ayam bakar, balado kentang, lengkap dengan tiga jenis sambal yang bisa dipilih sesuai selera.

Alamat : Jl. Pajajaran Indah V No. 7, Bogor Timur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 08.00 – 24.00.

Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. Ngopi Doeloe

kuliner bogor ngopi doeloe menggunakan kesanklasik pada bangunan khususnya zona outdoor
Ngopi Doeloe. Image via: coffeejournalyfe

Kuliner Bogor satu ini menyuguhkan konsep dekorasi Western dan konsep era kini, sehingga membuat setiap pengujungnya menjadi lebih nyaman berlama-lamaan. Pada zone outdoor  konsepnya seperti ke arah Belanda alasannya banyak lukisan-lukisan dan interior kayu, sedangkan di indoor lebih santai dan cozy.

Selain itu yang membedakan kafe ini dengan kafe lainnya yakni, hampir seluruh ruangan memiliki unsur vintage. Dan kondisi di luar ruangan didominasi dengan waran putih sehingga menciptakan para pengujung menjadi lebih sejuk. Dan sangat cocok sekali kalau daerah ini dijadikan tempat kongko bersama teman ataupun keluarga.

Meski nama kafe ini Ngopi Doeloe bukan berarti kuliner bogor ini hanya menawarkan kopi. Banyak menu kuliner yang ditawarkan, dari hidangan nusantara sampai ke menu Western. Salah satu yang menjadi favorit ialah nasi sop buntut merah. Dengan komposisi tomat, kentang, serta daging buntut merah yang ditenggelamkan dalam kuah enak ala kafetaria tersebut

Alamat : Jl. Ciheuleut Pakuan, Bogor Timur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 09.00 – 24.00.

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

  1. Kajoemanis Nusantara

Kuliner bogor Nasi Tumpeng Kajoemanis, menu unik dneganmemadukan maknaan traisional dari berbagai daerah di nusantara
Nasi Tumpeng Kajoemanis. Image via: @kajoemanis.nusantara

Simak juga: Kuliner Jogja yang lagi hits.

Kuliner Bogor Kajoemanis Nusantara termasuk salah satu restoran keluarga bergaya rumahan dengan sajian tradisional. Lokasi ini mengusung konsep restoran keluarga. Interior kekinian dan kapasitas daerah duduk yg banyak juga memungkinkan buat event, private party maupun sekedar ngumpul bareng keluarga.

Kajoemanis berlokasi di dalam area kota wisata. Kuliner bogor ini tempatnya cantik. Dari luar tampak menarik dengan eksteriornya yang modern. Di dalamnya besar juga ada 2 lantai. Lantai 2 jauh lebih luas dari lantai 1. Ada outdoor area yang mampu untuk smoking. Secara keseluruhan kawasan ini nyaman.

Kajoemanis Nusantara Food Exterience Restaurant, kami menyediakan aneka kuliner Khas Nusantara dengan sajian andalan kami mulai dari, aneka Sate, Iga Bakar, Nasi Bakar, Empal Gentong dll.

Menu nasi andalan di sini, Nasi Tumpeng Mini Kajoemanis. Berupa tumpeng mini dengan lauk komplet. Nasi kuning, dengan ayam tangkap, urap, tempe orek, sampai cakalang rica-rica. Menu ini laris dipesan, karena porsinya yang banyak, dan pilihan lauk yang beragam.

Alamat : Kota Wisata Cibubur, Cluster Virginia, Blok L6 No. 8. Jl. Raya Kota Wisata, Cibubur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 09.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

  1. Royale Bakery Café

Royale cafe, salahs atu kuliner bogor yang mengusung tema roof top
Lantai dua Royale. Image via: @royalebogor

Dari luar memang tampak tak ada yang istimewa dengan lokasi kuliner Bogor ini. Padahal interior ruang makan sangat memanjakan mata. Lantai bawah dipenuhi dengan ragam pilihan cake, pastry, roti, dan cookies layaknya toko roti kebanyakan. Interiornya dibuat amat kekinian dengan penggunaan wallpaper menggemaskan dengan aneka peralatan pembuat kudapan manis sebagai pajangan.

Spot paforit café ini ada di area santap lantai dua. Di sini lebih modern dan manjakan mata. Bahkan ada area santap luar yang asri dengan paduan kursi putih dan meja kayu cokelat. Di area ini, pengunjung mampu melihat pemandangan asri Kota Bogor.

Menu unik di kuliner Bogor café ini salah satunya Burger hitam. Tampilan bun burger benar-benar hitam legam. Isianya sendiri berupa selembar selada, beef patty, saus creamy mushroom, dan selembar keju cheddar. Beef pattynya terasa gurih empuk juicy.

Alamat : Jl. Siliwangi No. 65, Bogor Timur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 10.00 – 23.00.

Harga per Orang: Rp 50.000 – Rp 100.000

  1. Kluwih

kluwih adalah lokais kuliner bogor yangmengusung tema sentral masakan sunda asli
Makan indoor di bawah pohon. Image via: tripadvisor.co.id

Bagi penggemar masakan Sunda, mengunjungi kuliner bogor Kluwih Sunda Authentic mestilah pernah, walau hanay seklai seumur hidup. Kluwih Sunda Autenthic, daerah makan yang sajikan menu khas Sunda dengan bangunan megah dan apik. Ketenaran restoran satu ini bahkan hingga ke pendengaran Presiden.

Restoran Kluwih Sunda Autenthic dibangun di atas lahan yang memiliki pohon besar. Alih-alih ditebang. pohon tersebut justru dibiarkan berpadu apik dengan area tempat makan. Terlihat sangat pas dengan interior yang didominasi kayu. Kehadiran tanaman ‘raksasa’ di tengah-tengah tempat makan juga menimbulkan suasana lebih sejuk. Unik sekali.

Sesuai namanya, masakan Bogor satu ini menyajikan aneka macam hidangan khas Sunda, dari masakan hingga minuman. Tak tanggung-tanggung, Kluwih Sunda Autenthic mempunyai lebih dari 300 varian sajian dengan aneka macam paket, dari ala carte, buffet, bancakan sampai box.

Alamat : Jl. Bina Marga No. 12, Bogor Timur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 09.00 – 23.00.

Harga per Orang: kurang dari Rp 50.000

  1. Bittersweet Bistro

Bittersweet meletakkan pohon cukup besar di dalam ruangan untuk menyejukkan suasana di lokasi kuliner bogor satu ini
Ngadem di pohon Bittersweet. Image via: rinamutiadewi.com

Simak juga: Indahnya ngopi di Laja House.

Kuliner Bogor satu ini mempunyai interior yang elok, higienis dan unik. Dinding berwarna putih, dipadukan dengan meja bangku kayu yang berwarna gelap menjadi salah satu favorit restoran abad kini. Terdapat pohon hijau yang menunjukkan kesan segar dalam ruangan. Spot ini sering dipakai untuk foto lalu dipasang di instagram.

Menu yang ditawarkan cukup variatif dan menarik. Terdapat Menu western dan indonesian food. Beberapa menu itu seperti pannacotta, bakwan jagung, ayam penyet, ayam bakar, dan Duck Confit w/ Orange.

Di antara semua kuliner tersebut yang menjadi favorit di masakan Bogor ini ialah pannacotta. Dessert dingin ini disajikan dengan rasa earl grey yang begitu nikmat. Selain itu tekstur yang lembut namun padat memperlihatkan cita rasa pannacotta yang sebetulnya.

Alamat : Jl. Dr. Sumeru No. 100C, Bogor Barat, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 10.00 – 24.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. The Lake House – Pesona Alam Sedayu Hotel

kuliner bogor satu ini mengusung tema penyatuan antara makanan, air dan alam.
The Lake House. Image via: @andi.benjamin

Wisata masakan Bogor satu ini Instagramable banget buat pengunjung yang hobi foto. Terdiri dari tiga lantai, resto ini menyediakan daerah outdoor maupun indoor untuk para pengunjung. Meskipun terletak di dalam area Vila Pesona Alam, pengunjung tidak harus menginap untuk menikmati sajian makanan yang ada di The Lake House.

The Lake House Pesona Alam Sedayu bukanlah resto biasa yang hanya mengandalkan sajian khasnya. Tempat ini menarik alasannya adalah memiliki area makan outdoor yang sangat keren. Resto berada di tengah-tengah kolam yang bersih. Di sekelilingnya, banyak pepohonan hijau yang menciptakan kesan alami.

Untuk sajian makanan dan minumannya, kuliner bogor ini cocok untuk belum dewasa sampai orang renta. Bertemakan Asian dan Western food, menu favorit yang mampu dinikmati antara lain Herb BBQ chicken wing dan Chicken Ngohiang. Bagi pengunjung yang hanya ingin ‘ngopi manis’ The Lake House juga memiliki sederet minuman kopi panas maupun dingin.

Alamat : Pesona Alam Sedayu Hotel Jl. Taman Safari No. 101, Puncak, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 10.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Reindeer Coffee And Kitchen

Raindear, wisata kuliner bogor yang terlihat indah cocok untuk spot foto instagramable
Reindeer coffee and kitchen. Image via: Eka Wirya

Raindear terlihat indah cocok untuk spot foto instagramable. Bagian outdoor menjadi spot untuk berfoto sebab adanya tangga berundak yang lebar dengan rerumputan. Bersih, nyaman, adem, luas, itulah kesan pertama dirasakan saat memasuki pintu utama.

Design bangunan lokasi kuliner bogor ini beling dengan rangka besi hitam yg cukup artistik. Interior indoor bergaya sedikit classic,dengan sofa kulit panjang di sisi ruangan. Ada smoking area dengan ac di lantai 2 dan ada smoking area tanpa ac di outdoornya.

Untuk sajian, lokasi kuliner bogor ini menyediakan aneka macam sajian western dan nusantara. Diantaranya pizza, bolognese fries, dan chocolate cake yang bentuknya lucu. Untuk pizzanya tipenya yang tipis garing. Chocolate cake di sini rasanya lezat banget, luarnya agak keras tapi ternyata dalemnya lembut banget mirip mousse

Alamat : Jl. Bina Marga No. 7,Baranangsiang,  Bogor Timur, Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 10.00 – 23.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Cimory Mountain View

kuliner bogor yang berbasis dari pabrik susu
Cimory Mountain View. Image via: @awkarin

Simak juga: Ngopi romantis di Bumi Kiwari.

Lokasi kuliner Bogor Cimory Mountain View yakni restoran dan pabrik susu Cimory.  Dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk,Cimory pilihan yang pas untuk mengisi perut sambil  relaksasi. Cimory Mountain View  mempunyai beberapa area,  mulai dari resto kawasan bersantap, mini market, juga area permainan yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

Restonya sendiri terletak di bagian atas yang pribadi menghadap ke pemandangan alam yang sangat indah. Kapasitas yang dapat ditampung pun cukup banyak. Lebih yummy datang saat pagi, karena biasanya saat weekend Cimory Resto ini sering penuh.

Menu kuliner Bogor ini tidak jauh dari olahan sapi  dan  ayam dan disajikan ala western dan Indonesia. Untuk masakan western, mirip spiral chiken sausage sosis dengan panjang 30cm yang disajikan dengan kentang dan sayuran, chiken Gordon blue, burger, pasta. Untuk hidangan Indonesia juga lengkap seperti sate, nasi goreng, sop dan soto.

Alamat : Jalan Raya Puncak – Cianjur KM.77 No.415, Cisarua,  Bogor

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 08.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Level 03 Rooftop & Grill by Two Stories

kuline rbogor pertama yang mengusung konsep roof top.
Dalam romatisme Senja. Image via: @lvl.03

Sebuah lokasi masakan bogor dengan nama yang lucu Lantai 3. Memang lokasi restorant ini ada di lantai 3 nya restoran Two Stories Resto. Kalau lagi weekend, lokasi ini ramae hingga harus antri. Untuk keluarga ngumpul di lantai 1 alias indoor, Lalu belum dewasa ngahooll di lantai 2, ada yang indoor ada yang outdoor. Kalau di lantai 3, beda management, inilah yang namanya Level 03 Resto.

Level03  yaitu kelanjutan dongeng dari dua lantai sebelumnya dan tingkatan ketiga ini yaitu tingkatan lebih tinggi dan menuju keabadian sehingga tema hitam dan putih, ruang terbuka untuk mata memandang langit dan udara segar untuk dihirup adalah representasi dari tingkatan Level03 yang merupakan konsep selanjutnya dari Two Stories.

Untuk menu, lokasi kuliner Bogor satu ini memanjakan pengunjung dengan aneka macam macam menu grill dari Daging, Ayam, Ikan Salmon dan Dori sampai pilihan sajian lainnya. Ditambah dengan sajian minuman dari jajaran mocktail, cocktail hingga berbagai pilihan beer pasti akan membuat Level03 yaitu tujuan yang sempurna untuk dikunjungi.

Alamat : Jl. Pajajaran Indah V No.7, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 16.00 – 24.00.

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni