11 Wisata Kuliner Surabaya, Dari Indoor Hingga Bernuansa Alam Romantis

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya tentu penuh dengan geliat aktifitas. Tidak tertinggal dari kota lain, Surabaya juga ramai dengan acara wisata masakan Surabaya nya.

kuliner surabaya menyediakan pilihan mulai dari berkonsep indor, keluarga, sampai alam yang romantis
Kuliner Surabaya. Image via: idntimes.com

Kuliner Surabaya memenuhi aneka macam segmen kebutuhan, sesuai dengan segmen masyarakat Surabaya yang memang bermacam-macam. Ada pusat kuliner yang menekankan pada hidangan yang murah meriah. Ini biasanya menyasar segmen mahasiswa dan muda mudi.

Ada pula masakan Surabaya yang menekankan pada keromantisan kawasan nya, dengan tetap menjual kuliner berharga terjangkau. Ada pula yang menekankan pada wisata masakan keluarga, yaitu lokasi kuliner yang ramah anak dan bahkan menciptakan anak betah di daerah itu.

Intinya, kuliner Surabaya melayani semua cita-cita dan semua kondisi kebutuhan.

Pilihan Lokasi Kuliner Surabaya

Berikut ini beberapa tempat wisata masakan Surabaya yang mampu dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Pahlawan.

  1. Warung Apung Rahmawati

warung apung rahmawati dengan konsp restoran terbuka di atas kolam
Warung Apung Rahmawati. Image via: docplayer.informasi

Simak juga: Ragam masakan Jogja hits.

Warung Apung Rahmawati sudah usang dikenal sebagai rumah makan berkonsep tradisional dengan beragam menu terdahsyat yang cocok dengan selera keluarga Indonesia. Selain harga yang sesuai dan pelayanan yang berkesan, Warung Apung Rahmawati juga memiliki interior yang begitu memanjakan mata serta pikiran.

Saung-saung yang disediakan serta bak di bawahnya membuat rumah makan seolah terapung diterpa angin sepoi-sepoi. Di tengah kesibukan dan padatnya aktivitas, Anda bisa mampir sejenak bersama orang-orang tersayang untuk menghabiskan quality time. Suasana sejuk menenangkan bersama menu mengenyangkan adalah dua hal yang tidak bisa dilewatkan.

Kuliner Surabaya satu ini mengklaim sebagai Spesialis Ayam Bakar Terdahsyat Sedunia​.

Selain makan, kuliner Surabaya ini juga bersedia melayani acara dan memfasilitasi acara cooking class, senam sehat, meeting, ulang tahun, rapat kantor, dan lain sebagainya.

Alamat : Jl. Rungkut Alang Alang No. 167, Rungkut, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 09.00 hingga  22.00.

Harga per Orang: Rp. 50.000 – Rp. 100.000

  1. Bebek Tepi Sawah

bebek tepi sawah menghadirkan suasana ubud pada kuliner surabaya
Bebek Tepi sawah. Image via: julajuli.com

Berwisata kuliner di tempat yang berorientasi pada tema alami yaitu hal yang banyak dicari dikala ini. Saat di Surabaya coba sempatkan untuk berwisata kuliner di warung makan Bebek Tepi Sawah. Kuliner yang berasal dari bali ini, olahan menu yang utama di sana yaitu olahan kuliner dari daging bebek. Kuliner Surabaya ini khas pedesaan dengan pondok kayu dan tanaman yang asri.

Berbagai menu angsa ditawarkan, seperti Bebek Tepi Sawah Crispy dengan rasa enak serta crunchy atau Girl Duck dengan bumbu kecap yang meresap ke seluruh daging angsa. Menu ini  menjadi sajian favorit pengunjung. Ada juga Bebek Betutu, Sate Ayam Lilit, Ayam Asap Goreng dan masih banyak yang lainnya.

Dengan daerah nyaman serta ditemani musik rintik khas Bali, BTS akan membawa pengunjung dengan nuansa mirip berada di Pulau Dewata. Tersedia juga dua ruangan VIP dengan kapasitas 6-8 orang.

Alamat : Jl. Darmokali No. 50, Wonokromo, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 10.00 hingga  22.00.

Harga per Orang: Rp. 100.000 – Rp. 200.000

  1. Palacio Chapel View

Palacio Chapel View, kuliner surabaya romantis lokasi foto prewedding
Palacio Chapel View. Image via: inovasee.com

Makan malam di lokasi romantis dengan harga terjangkau, tentu menjadi keinginan dan kesukaan semua muda-mudi. Kuliner Surabaya Palacio, cocok dijadikan daerah makan yang memenuhi kebutuhan itu. Bahkan, alasannya adalah suasana romantisnya,  tempat makan ini cocok dijadikan pilihan foto prawedding berkelas.

Tidak usah keder dengan mewahnya penampilan restoran ini. Walau suasana sangat glamor, namun masakan Surabaya ini tergolong terjangkau oleh kantong siswa dan mahasiswa.

Beragam  hidangan disajikan di masakan Surabaya ini. Mulai dari ayam bakar kemangi, Spagethi, WGL Fried Rice, Vampire Haters Crispy Chicken dan Mandarin Oriental Wings. Dari semua  menu ini, yang paling unik yaitu si vampir. Ternyata nama ini hdir alasannya ayamnya berbumbu  secara umum dikuasai bawang putih yang merupakan hal yang ditakuti vampire.

Alamat : Ruko Citypride Jl. Nginden Semolo No. 42W, Semolowaru, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 16.00 sampai  23.00.

Harga per Orang: Rp. 50.000 – Rp. 100.000

  1. Warung Babe

warung babe surabaya, kuliner surabay murah meriah dengan interior cantik
Warung Babe. Image via: jejakpiknik.com

Simak juga: masakan Bandung terpopuler.

Tidak Semua daerah makan yang berdekorasi elok harus berharga mahal. Di masakan Surabaya warung babi, pengunjung dapat menikmati kuliner lezat dengan harga terjangkau sengan lokasi makan Yang instagramable. Berbagai dekorasi lucu dan kesan mewah mendominasi interior restoran ini.

Warung babe Selalu ramai buka siang hari sampai malam hari

Menu yang disajikan oleh pengelola diantaranya martabak mee, mee saus telur asin, Noodle Soup with Lime, meelky cheese dan bermacam menu lainnya. Untuk menu favorit di kawasan ini ialah nasi aneh, berupa nasi ayam telor sosis dan mentega yang dimasak dengan bumbu kecap.

Alamat : Surabaya Town Square, Lantai Plaza, D’ Kampoeng, Jl. Adityawarman No. 55, Wonokromo, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, 24 jam.

Harga per Orang: Di bawah Rp. 50.000

  1. Localist Coffee Bistro

Localist Coffee Bistro, kuliner surabaya yang menyatukan seluruh keluarga .
Localist Coffee Bistro. Image via: arifsetiawan.com

Bila selama ini bar identik dengan anak muda, maka kehadiran The Localist Coffee & Bistro, Café ramah anak di Surabaya akan memberi solusi orangtua yang ingin merasakan hangout tanpa meninggalkan buah hati di rumah.

Di lokasi kuliner Surabaya ini, ayah bisa minum kopi dengan nikmat, ibu mampu menikmati jus buah yang menyegarkan, dan anak-anak dimanjakan dengan hidangan yang sweet and savory, Localist tempat yang pas. Di dalam ruangan yang sama dengan kawasan orang bau tanah makan, bawah umur bisa mempunyai meja sendiri daerah mereka berkreasi dengan balok, pensil warna, krayon dan mainan lain.

Localist dulunya berjulukan Coffee Corner yang tentu saja menyajikan beragam pilihan kopi, sehingga bisa dipastikan kualitas racikan kopi di kawasan ini tidak usah diragukan lagi. Mulai dari espresso sampai frappe, semuanya ada di Localist.Untuk makanan tersedia pilihan mirip pancake, steak dan bubur ayam yang niscaya disukai oleh Anda dan belum dewasa.

Alamat : Jl. Arief Rahman Hakim No. 40, Sukolilo, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 08.00 hingga  22.00.

Harga per Orang: Rp. 50.000 – Rp. 100.000

  1. Chipmunks Playland and Café

Chipmunks Playland and Café, kuliner surabaya yang mengutamakan kegembiraan anak anak.
Chipmunks Playland and Café. Image via: beritasurabaya.net

Kuliner Surabaya satu ini memang surganya anak-anak. Franchise playground dari New Zealand ini dilengkapi juga dengan cafe. Di sini, bawah umur usia balita hingga 14 tahun mampu bermain bebas di perosotan, terowongan, jembatan dengan jaring pengaman, rumah-rumahan, komedi putar mini, trampolin dan masih banyak lagi. Semuanya tentu saja higienis dan aman.

Chipmunks juga rajin mengadakan workshop untuk si kecil. Misalnya workshop membuat pudding, menari, menyanyi dan menciptakan kerajinan tangan. Jadi tidak hanya menyenangkan tetapi juga mempunyai nilai edukasi.

Alamat : Jl Tunjungan Plaza 5, Jl. Basuki Rahmat No.8-12, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 10.00 sampai  22.00.

Harga per Orang: Rp. 100.000 – Rp. 200.000

  1. Boncafe

boncafe kuliner surabaya legendaris, yang mamapu mengakomodasi anak muda
Black pepper steak Boncafe. Image via: boncafellas.com

Simak juga: Armor kopi Bandung.

Kuliner surabaya satu ini cocok untuk seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak, sampaumur, hingga orang tua lanjut usia. Selain menunya yang enak, restoran ini memang sudah sangat terkenal di Surabaya sehingga masuk dalam kategori restoran legendaris.

Walaupun legendaris, mereka tidak ketinggalan jaman. Boncafe telah membuka beberapa cabang di Kota Surabaya dengan sentuhan modern walaupun tetap memiliki nuansa jadul. Restoran ini mempunyai banyak pelanggan setia yang mereka sapa dengan sebutan Boncafellas.

Menu yang disajikan masakan Surabaya ini, tidak berubah dari dahulu. Tetap otentik dan membawa pengunjung ke kurun lalu. Ada Menu steak Spicy Tender dan Mixed Grill atau sajian mudah mirip Corn with Butter and Cheese. Untuk dessert-nya ada berbagai pilihan es, seperti Es Soursop Jelly dan Es Jagung yang sajiannya sangat menarik hati.

Alamat : Jl. Raya Gubeng No. 46, Gubeng, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 09.00 sampai  23.00.

Harga per Orang: Rp. 100.000 – Rp. 200.000

  1. Sky 36

Sky 36, kuliner surabaya yang memebrikans ensasi makan di atas ketinggian kota
Makan di langit Surabaya. Image via: syafiradp

Kuliner Surabaya SKY36 restoran menunjukkan keromantisan yang bakalan membuat kencan berkesan dan Istimewa. Mengusung tema indoor dan outdoor SKY 36 ini berada di lantai 14 apartemen Sumatra. Kaprikornus jikalau pengunjung memesan kawasan outdoor, akan mampu  menikmati gemerlap kota Surabaya dari atas. Sangat romantis.

Waktu yang paling tepat untuk datang kesini ialah mulai sore hari sampai matahari terbenam, alasannya adalah selain bisa menikmati menu, dari lokasi kuliner Surabaya ini pengunjung juga mampu menikmati senja yang mempesona di atas langit Surabaya.

Menu di sini yakni sajian western. Dengan konsep fun dining. Menyantap sajian nggak hanya formal, melainkan bisa santai. Beberapa hidangan diantaranya Fettucine Carbonara, Squid Ink Fettucine, Spaghetti Aglio Olio Mushroom, dan Spaghetti Alla Bologna. Untuk desserts tersedia Warm Chocolate Lava Cake dan sajian lain.

Alamat : Apartement Sumatra 36, Lantai D. Jl. Sumatera No. 36, Gubeng, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 16.00 hingga  22.00.

Harga per Orang: Di atas Rp. 200.000

  1. Kebon Kota

Kebon Kota, lokasi kuliner surabaya yang memebawa kebun ke tengah kota.
Kebon Kota. Image via: https://www.gotravelly.com/blog/tempat-makan-bernuansa-alam-di-surabaya/

Dari namanya sudah tergambar, jika lokasi masakan Surabaya satu ini sudah pasti suasananya hijau nan alami. Semakin sempurna dengan masakan yang lezat, mampu membuat pengunjung semakin bahagia berlama-lama berada di sana.

Kuliner Surabaya Kebon kota Restaurant menyediakan tempat lesehan dan non – lesehan dengan konsep Nuansa alam tropis dan rimbun.

Beberapa hidangan yang disediakan kuliner Surabaya ini diantara nya adalah : chinese food, western food, serta sajian sajian tradisional Indonesia. Penyajian hidangan dilakukan dengan berbagai cara penyajian mulai dari buffe, dan table manner. Unutk table manner dilayani oleh tenaga profesional yang tentu nya bisa menciptakan pengalaman makan lebih menyenangkan.

Alamat : Jl. Raya Menganti No. 112, Wiyung, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 10.00 sampai  22.00.

Harga per Orang: Di bawah Rp. 50.000

  1. Zona Alam Resto & Café

Zona alam, kuliner surabaya yang mengajak untuk menikmati makand negan penuh kesantaian
Pancing, kemudian makan di kawasan. Image via: almakmun83

Desain yang unik, suasana asri dan terbuka yang menyatu dengan alam, ditambah dengan akomodasi kolam pancing. Demikianlah gambaran dari kondisi masakan Surabaya satu ini. Hal ini menyebabkan kawasan ini sebagai pilihan tepat untuk bersantai bersama keluarga, kerabat, sobat, serta hubungan.

Bagian dalam resto dibagi jadi pondokan-pondokan yang bersusun menghadap 2 bak pemancingan. Dua bak itu terdiri dari satu kolam Nila, dansatu lagi Gurame. Tiap pondokan mampu dapet 2 buah pancingan, tapi perlu bayar 5 ribu untuk memperoleh umpan. Ikan yang diperolehd ari memancing, mampu langsung dimasak.

Unutk sajian ada pilihan menu Indonesian fresh food, serta sajian khas minuman Zona Alam. Yang unik disini yaitu Kepiting Soka Telur Asin yang disajikan berbeda dengan resto lain. Kepiting disini bisa dimakan tanpa dikupas lagi cangkangnya. Kulitnya udah lunak & crispy.

Alamat :  Jl. Raya Sambikerep Gg. Langgar, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 11.00 sampai  22.00.

Harga per Orang: Rp 100.000-Rp 200.000

  1. Platinum Grill

Platinum Grill, kuliner surabaya eksklusif di tengah lapangan golf
Platinum Grill. Image Via: inovasee.com

Simak juga: Kuliner Kampung Daun.

Salah satu Kuliner Surabaya romantis yaitu Platinum Grill. Platinum Grill sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana malam dengan pemandangan lapangan golf yang diterangi cahaya lampu. Kalau pagi sampai sore, pemandangan hijau ini juga bisa menjadi teman makan steak yang yummy.

Untuk pengunjung yang gemar makan daging, Kuliner Surabaya satu ini sangat cocok. Platinum Grill merupakan sebuah resto yang menyajikan kuliner Eropa dan juga Amerika. Bukan hanya sekedar makanannya saja, layanan dan suasana restoran yang kental membuat pengunjung dimanjakan ketika berada di restoran ini.

Mengenai hidangan, yang paling favorit di lokasi masakan Surabaya ini yakni Wagyu Burger dan Egg Benedict-nya. Telurnya matang sempurna dan meleleh ketika dipotong, saus Hollandaise yang disediakan juga yummy. Duck Liver Pate-nya cukup unik, untuk pendamping hati angsa diberi tiga potong toast, selai dan peanut butter.

Alamat :  Golf Graha Famili dan Country Club Jl. Raya Golf Graha Famili, Dukuh Pakis, Surabaya

Jam Buka : setiap hari, mulai 09.00 sampai  13.00. Dan Jam 18.00 hingga 23.00

Harga per Orang: Rp 100.000-Rp 200.000

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni