11 Wisata Masakan Jakarta Unik Yang Lagi Hits

Kuliner Jakarta sungguh beraneka ragam. Mungkin ini cerminan dari keanekaragaman insan insan Jakarta. Sebagai ibukota negara, manusia dari berbagai penjuru ada di jakrta. Orang Betawi sendiri, orang-orang dari seluruh kawasan Indonesia, maupun dari luar negeri.

kuliner jakarta memiliki ragam yang kaya mulai dari jenis menu sampai jenis suasana lokasi makan
Kuliner Jakarta. Image via: indonesia.tripcanvas.co

Wisata kuliner Jakarta tidak bisa lagi hanya sekedar dan lezat. Karena jikalau berbicara yummy dan yummy, orang-orang sibuk dengan UMR tertinggi di Indonesia ini, mungkin mampu memperolehnya setiap hari. Yang mereka perlukan adalah pengalaman berbeda dikala menikmati masakan.

Pengalaman berbeda dalam wisata masakan Jakarta itu mereka peroleh ketika mereka makan di daerah-kawasan yang unik. Misalnya panorama hutan, padahal sedang di dalam kota. Atau merasakan kembali kesuasana di desa di rumah eyang dikala mudik lebaran dengan makan di bawah pohon. Hal-hal mirip inilah yang mewarnai masakan Jakarta yang hits simpulan-selesai ini.

 Pilihan Lokasi Kuliner Jakarta

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner Jakarta yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa Ibu Kota Negara ini.

  1. Take A Bite Café

Take A Bite, kuliner jakarta yang mengambil tema Kampus hogwart dunia harry Potter
Take A Bite Café. Image via: myfunfoodiary.com

Simak juga: Lokasi masakan terkenal di bali.

Buat penggemar dongeng Harry Potter, tidak perlu lagi pergi jauh ke Osaka ataupun London. Di Jakarta pun mampu mencicipi pengalaman unik berada di atmosfer sihir asing. Bahkan pengalaman itu dikemas dalam bentuk wisata kuliner Jakarta, yang menunjukkan pengalaman santap berkesan dengan suasana Kampus Hogwarts.

Di lokasi masakan Jakarta ini, pengunjung bisa berburu foto dengan tema Harry Potter di seluruh sudutnya, termasuk replikas peron 9 ¾.Sekilas, cafe ini terlihat mirip kedai Three Broomsticks di Diagon Alley, lengkap dengan lampu temaram, dingklik-kursi kayu, hingga poster sihir yang tertempel di pilar-pilar.

Bukan hanya desain asitekturnya saja yang kental akan penggambaran dunia Harry Potter, melainkan juga gugusan menu lezat yang ditawarkannya. Tersedia Butterbeer yang jadi favoritnya para penghuni Hogwarts. Untuk sajian makanannya, ada bermacam-macam, seperti olahan nasi, mie, dan camilan kekinian.

Alamat : Jl. Pluit Permai No.10, RT.1/RW.7, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

Jam Buka : setiap hari, pukul 21.00 – 22.00

Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Arborea Café

Arborea, kuliner jakarta yang didesain menyatu dengan alam
Di tengah lebat hutan. Image via: beritahati.com

lokasi kuliner Jakarta satu ini berada di kawasan hutan milik Kementerian Lingkungan Hidup. Memiliki lingkungan sekitar yang begitu asri dengan pepohonan rindang berasa di hutan. Hal ini memebuat hawa terasa sejuk, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai kawasan relaksasi dan menghilangkan rasa penat.

Terdiri dari 3 lantai, namun untuk menuju Rooftopnya harus melalui tangga putar besi. Hampir semua meja terletak di Open Space, yang beberapa area ada yang kebagian sejuk dan panas. Di lantai 2 tersedia ruangan ber AC yang kecil. Hanya ada 2 meja dan beberapa dingklik Bar.

Aafe masakan Jakarta Arborea Jakarta menjadi daerah favorit bersantai, nongkrong bareng teman-sobat, hunting foto atau pun sekedar menikmati lingkungan sekitar.

Cafe hits di Jakarta ini menyajikan banyak sekali sajian makanan-minuman ringan seperti jus buah, soft drrink, coffe, teh dan aneka snack.

Alamat : Manggala Wanabakti complex, Jl. Gatot Subroto No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Jakarta Pusat

Jam Buka : Senin-Jumat pukul 07.30 – 20.00, Sabtu-ahad pukul 11.00-19.00

Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. Rabit Cafe

Rabbit-cafe, kuliner jakarta yang mengajak para pencinta kelinci untuk masuk ke dunia imajinasinya
Makan bersama Kelinci. Image via: connietsangphotos.com

Hadir dijakarta, lokasi masakan Jakarta yang bernuansa kelinci. bar ini ialah yang pertama di Indonesia yang benar-benar bernuansa rabbit café Jepang, adalah MyBunBun Rabbit Café. Kafe ini berlokasi di lantai 3, dengan lantai 1 dan 2 menjadi kawasan pet shop dan grooming.

Di lokasi kuliner Jakarta ini pengunjung bisa leluasa bermain bersama kelinci sekaligus menikmati menu di kafetaria yang bertema serba kelinci. Selain itu, pengunjung juga boleh membawa kelinci peliharaannya atau binatang kecil yang akrab dengan kelinci, seperti anjing kecil jenis tertentu yang jinak dan tidak mengejar-ngejar kelinci.

Mengenai hidangan yang ditawarkan lokasi kuliner Jakarta yang unik ini, tidak terlalu banyak. Makanan yang disediakan terbatas untuk kue dan minuman mirip kopi teh dan jus. Untuk makanan beratnya ada lasagna, macaroni schotel.

Alamat : Jalan Pantai Indah Utara 2, Ruko The Plaza Blok 9AJ Lantai 2, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara,

Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 21.00.

Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. The Barkbershop Pet Grooming & Café

Barkbershop, kuline rjakarta yang ditujukan untuk para penyayang binatang bsia hangout bareng anggota keluarga ke dua itu
The Barkbershop Pet Grooming & Café. Image via: architizer.com

Simak juga: Kuliner instagramable di Semarang

The Barkbershop ialah kafetaria dan salon ramah hewan peliharaan yang terletak di daerah Puri. Sama mirip kuliner Jakarta umumnya, bar ini tempatnya besar dan nyaman ditambah dengan desain yang cukup modern. Pengunjung bisa betah berlama-usang sembari main sama anjing kesayangan atau sekedar foto-foto aja.

Untuk menu yang ditawarkan lokasi masakan Jakarta yang sayang binatang ini, terbatas saja, Mungkin alasannya ide dasarnya yaitu tempat menunggu selama perawatan binatang. Menunya tergolong camilan seperti kudapan manis dan minuman mirip kopi teh dan jus. Untuk kuliner beratnya ada produk olahan spagethi dan pasta.

Alamat : Rukan Puri Mansion Blok B9, RT.2/RW.1, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat

Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 18.00.

Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. The Garden Cafe

The Garden, kuliner jakarta yang megajak untuk makan di antara bunga bunga taman
The Garden Café. Image via: @mimi.leslie

Ketika mengunjungi lokasi masakan Jakarta, pengunjung sering mempertimbangkan Desain interior dan suasana. Cafe dengan desain bunga sebagai tema hiasannya bukanlah hal yang baru, namun keunikan desain bisa menimbulkan cafe tersebut pilihan. Seperti yang diusung oleh The Garden, ruangan dari cafe ini didominasi dengan pohon serta bunga yang menyegarkan mata.

Karena ramainya pengunjung, kalau ingin makan siang di tengah “taman”sebaiknya datang lebih awal sekitar pukul 11 pagi Dan tentunya jangan lupa membawa kamera, sebab banayks ekalai sudut elok yang bsia dipakai latar foto instagramable di café ini

Tak hanya desainnya menarik, tetapi cafe masakan Jakarta ini juga menawarkan kuliner yang tak kalah nendang dengan cafe lainnya dan tentunya siap menggoyang lidah pengunjung. Beberapa diantaranya salted choco fondant, honey prawnstar, dan aneka hidangan lain yang siap jadi teman ngopi sore hari.

Alamat : Rukan Garden House Blok B no 28, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.7/RW.2, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara

Jam Buka : Minggu-Kamis, 11.00 – 22.00, Jumat-Sabtu, 11.00 – 02.00

Harga per Orang: Rp 100.000- Rp 300.000

  1. Paradigma Cikini

paradigma-kafe-rsz, kuline rjakarta mengusung konsep ruanng terbuka secara frontal
Ngafe di taman. Image via: blackxperience.com

Kehadiran Kuliner Jakarta ini layaknya oase di tengah gurun pasir. Mengusung konsep ruang terbuka hijau, kafemenarik untuk dikunjungi. Tidak ada pintu di kafetaria ini, sebab sengaja dibiarkan terbuka. Dindingnya sengaja tidak dicat, dan lantainya dibiarkan tidak berubin. Beberapa sudut restoran pun mempunyai ciri khas berbeda.

Pengunjung mampu memilih spot di bagian pinggir dengan kursi yang dibuat dari semen, bab depan dengan konsep lesehan, atau bagian tengah kafe dengan dingklik yang terbuat dari kayu. Ciri unik kita dari konsep mengusung ruang terbuka hijau, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan Instagramable.

Ketika melihat daftar menu, pengunjung akan dimanjakan dengan menu-menu Nusantara dari Sabang hingga Merauke mulai dari kudapan, menu utama hingga minuman. Ada tersedia Ayam Bakar Madu, Tempe Mendoan, Nasi Goreng Buntut hingga Sup Garang Asam. Untuk minumannya, Garry menyampaikan Es Bunga Telang dan Es Tropis Cikini.

Alamat : Gedung DPD Golkar DKI, Jl. Pegangsaan Barat No. 4, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Jam Buka : Setiap hari, 11.30 – 23.00.

Harga per Orang: Rp 50.000- Rp 100.000

  1. Giyanti Coffee Roastery

Giyanti kuliner jakarta tempat ngopi santai yang meghadirkan keakraban dan kedekatan
Giyanti Coffee Roastery. Image via: majalah.ottencoffee.co.id

SImak juga: Kuliner Hits Sekitar Bogor.

Giyanti Coffee Roastery sendiri tidak terlalu luas. Kuliner Jakarta kopi ini dibagi menjadi dua area, smoking and non-smoking. Meski begitu kawasan ini sangat homey dan cozy.Banyak kostumer yang berlalu-lalang membeli coffee to-go dan bangku-bangku kayu pun dipenuhi mereka yang menikmati afternoon coffee dengan nikmat.

Giyanti Coffee Roastery menunjukkan kenikmatan yang tak mampu diragukan lagi. Jika ingin nongkrong bareng teman sebaiknya duduk di bab outdoor alasannya adalah lebih luas sehingga bisa lebih nyaman. Sedangkan kalau ingin menikmati kopi sendirian, pilih di kursi dengan jendela bagian indoor, nikmati kesendirian bersama kopi yang menyenangkan.

Seperti kafe kopi lainnya, Giyanti Coffee Roastery ini nggak menjual kuliner berat seperti spaghetti, pizza, dan semacamnya. Mereka juga menjual aneka macam jenis kopi dan masakan pendamping ringan seperti slices of cake, pie, atau brownies.

Alamat : Jalan Surabaya No. 20 Menteng, Jakarta Pusat

Jam Buka : Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00.

Harga per Orang: Rp 50.000- Rp 100.000

  1. Winners Cofee

Winners Cofee, kuliner jakarta codee shop yang jadi oase peristirahatand iantara himpitan gedung gedung tinggi jakarta
Winners Cofee. Image via: zomato.com

Coffe shop ini lokasinya di depan hotel Alia Cikini. Sebenarnya agak susah dilihat alasannya terselip diantara ramainya gedung. Namun karenapopularitasnya, coffee ini teap ramai. Tempatnya terbagi ruangan non smoking di bab dalam dan smoking area di ruangan dalam dan di bab luarnya.

Menunya tidak begitu banyak, dan menunya di tulis di papan tulis. Menu main coursenya hanya ada 7 macam dan tidak semua ada setiap hari. Jadi mampu lihat di papan sajian yang ada checklistnya. Diantara yang sering tersedia adalah Beef Yakiniku, Cakalang dan Yakitori.

Menu otentik di coffee shop ni Dolce Winners. Itu salah satu signature coffeenya mereka, yang yaitu gabungan dari kopi Arabica nya Aceh Gayo. rasanya pasti seperti sama Asian Dolce Latte nya Sbux.

Alamat : Jl. Cikini Raya No. 77, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Jam Buka : Rabu-Sabtu,pukul 09.30 – 17.30.

Harga per Orang: Rp 50.000- Rp 100.000

  1. Camden Cikini

camden, lokasi kuliner jakarta yangmenampilkan suasana bar inggris yang santai dan penuh rasa persahabatan
Camden Cikini. Image via: tripadvisor.com

Camden, yang berarti “rumah yang dikelilingi pepohonan”. Memang sesuai dengan masakan Jakarta satu ini. Bar ini desainnya seperti Camden Bar Bandung. Interior dan perabotnya yang sama-sama mengusung gaya kafetaria Britania Raya. Bendera Inggris, dingklik-bangku kayu, tanaman hijau yang berdesakan menutupi tembok area luar ruangan

Keunggulan Camden Cikini, daerah yang lapang. Ada kawasan nongkrong di luar ruangan yang seperti dengan taman hijau. Menyeruput minuman dengan ditemani sepiring makanan ringan combo platter yakni pengusir penat yang ampuh. Ditambah alunan musik Britpop yang terdengar tak terlalu kencang di area luar ruangan.

Pengunjung mampu menemukan aneka macam snack di lokasi kuliner Jakarta ini. Salah satunya Fried Tofu yang menjadi favorit pengunjung di Camden Bar. Untuk masakan berat ada sop buntut sapi yang mampu menghangatkan Anda ketika malam hari. Sedangkan minumannya, pengunjung mampu memilih aneka macam gugusan cocktail sesuai selera.

Alamat : Jl. Cikini 2 No.1, RT.12/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Jam Buka : Setiap hari,pukul 17. – 02.30.

Harga per Orang: Rp 50.000- Rp 100.000

  1. Twin House Coffee & Kitchen

twin, kuline rjakarta yang mengajak unutk pulang ke rumah eyang di kampung
Makan di halaman rumah eyang. Image via: https://woop.id/life/food-review-twin-house-fatmawati-jwyz2nji

Simak juga: Kuliner Legendaris di Bandung.

Tempat masakan Jakarta ini cocok untuk yang ingin memanjakan pengecap sembari menikmati asrinya alam di tengah hiruk pikuk ibukota. Hal unik lainnya, selain di dalam ruangan, pengunjung mampu bersantap secara lesehan bak piknik di halaman ‘rumah’ yang asri dipayungi pepohonan rindang.

Area makan di dalam ruangan memiliki daya tarik tersendiri berkat desain interior yang mengawinkan nuansa rustic dan vintage. Kesan itu sangat kentara pada dinding watu-bata yang dibiarkan tampil apa adanya dalam baluran cat putih. Bangku-bangku juga dibiarkan bebas dari polesan cat final sehingga meninggalkan kesan rustic.

Menu masakan Jakarta ini cukup bermacam-macam, mulai dari yang bercitarasa western sampai eastern. Dari sajian pembuka, menu utama, sampai epilog. Apalagi di sini pengunjung tidak perlu merogoh kocek banyak, harga masakan utama berkisar mulai dari Rp 45.000.

Alamat : Jalan Cipete Raya No.4B, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan

Jam Buka : Setiap hari,pukul 17. – 02.30.

Harga per Orang: Rp 50.000- Rp 100.000

  1. omah sendok

omah sendok, kuliner jakarta yang mengajak untuk kembali ke halaman belakang rumah di kampung
Ngadem di bawah mangga. Image via: omahsendok.com

Lokasi kuliner Jakarta satu ini punya kawasan yang luas, sejuk dan asri. Ini menciptakan Omah Sendok cocok dijadikan tempat dinner bersama pasangan. Banyak juga pasangan yang mengadakan acara lamaran, pre-wedding session, bridal shower, sampai pesta ijab kabul di sini.

Tempatnya lucu, classic tapi sangat nyaman, Kalau mau suasana yang agak berbeda kita mampu duduk di area taman belakang yang open air di pinggir bak renang. Ada pepohonan yang rindang serta dengan pelayanan baik dan sigap.

Berbagai makanan tradisional yang lezat disajikan di resto kuliner Jakarta ini. Mulai dari Bandeng Priyayi, Soup Gurame, Ayam Bakar, Soto Tangkar, Bestik Jawa, Gado-Gado, Karedok, Tahu Telur, Tahu Cocol, Sate Ponorogo, Iga Bakar dan sebagainya. Selain itu, ada pula dessert dan masakan khas tradisional seperti Kue Pancong, Bubur Sumsum, Wedang Ronde, Bir Pletok dan sebagainya.

Alamat : Jl. Taman MPU Sendok No.45, RT.8/RW.3, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

Jam Buka : Setiap hari,pukul 10.00 – 22.00.

Harga per Orang: Rp 100.000- Rp 150.000

Itulah sebelas tempat makan istimewa dengan hidangan dan suasana istimewa yang cocok anda kunjungi ketika bertualang kuliner di Ibu Kota Negara. Selamat menikmati.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni